Friday, March 1, 2019

Posong : Paduan Sempurna Spot Golden Sunrise dan Citarasa Kopi Unik

Kabut pagi cukup tebal masih terlihat menyisakan pemandangan indah tersendiri di sepanjang rute jalur terjal berkontur bebatuan berkelok dan mendaki yang masih tampak sedikit basah, sisa hujan semalam. 
Samar - samar tipisnya kabut menutup sebagian pemandangan kiri dan kanan rute perkebunan palawija dan perkebunan kopi ditempuh sejauh sekitar 3, 5 kilometer dari jalan raya utama Temanggung - Wonosobo menuju ke lokasi wisata alam Posong di kaki gunung Sindoro, tepatnya berada di desa Tlahab, kecamatan Kledung, kabupaten Temanggung ... , seolah menyambut kedatangan kami, aku dan Usep berlibur di gunung yang memiliki ketinggian 3150 mdpl dan dikenal sebagai spot golden sunrise dan pusat penghasil kopi khas Temanggung.


Trip Of Mine
Spot dak jembatan gantung Posong area bawah ini sepertinya jadi spot ketje nunggu kemunculan golden sunrise


Mengejar kemunculan golden sunrise

Jaket tebal, sarung tangan juga syal untuk mengantisipasi terpaan dinginnya udara pagi yang akhir - akhir ini seringkali terjadi bertekanan cukup kencang, telah kami persiapkan di malam sebelum jadwal keberangkatan dan kami kenakan selama di perjalanan menembus gelapnya subuh dini hari pukul 03. 45 dari kota tempat kami tinggal.

Terpaan dinginnya udara iklim pancaroba atau memasuki musim peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau selama di perjalanan terasa cukup membuat badan terasa mengigil kedinginan, tak pelak membuat kami memilih menepikan kendaraan beristirahat sejenak untuk ngopi di sebuah warung kucingan di trotoar persimpangan jalan besar di Parakan. Tampak di dalam warung bertenda, 2 orang pemuda juga berjaket tebal duduk menikmati panasnya seduhan kopi untuk mengurangi udara dingin. 
Setelah bertegur sapa sekilas, meski kami tak saling kenal sebelumnya, tak lama kemudian 2 pemuda itu meninggalkan warung dan melanjutkan laju truknya ke arah Wonosobo. 

Sementara kami terus sibuk membicarakan hal lain, termasuk saling bercerita tentang pengalaman travelling masing - masing. 
Karena kami keasikan bertukar cerita tak terasa cukup lama kami menghabiskan sekian menit sendiri berada di warung, sadarnya setelah aku melirik ke arlojiku ..., aduh waktu sudah mepet untuk tiba di Posong menunggu kemunculan golden sunrise. 

Setelah membayar apa yang kami pesan, kami segera melajukan kendaraan cukup kencang, tapi masih dalam batas normal kecepatan mengemudi. 
Bukan ugal - ugalan atau ala - ala aksi laga super heroes melajukan kendaraan super kencang di film action, atau juga ala Valentino Rossi melibas rival di lintasan sirkuit adu balap dengan kecepatan maksimal 😅 ... .


Jika di Dieng ada bukit Sikunir dan di Magelang ada gunung Andong untuk melihat kemunculan golden sunrise menakjubkan..., di Temanggung Posonglah tempatnya.

Meskipun letak Posong kecamatan Kledung berada di kabupaten Temanggung, letaknya cukup jauh ditempuh dari pusat kota Temanggung. Titik koordinat kecamatan Kledung berada di dekat perbatasan gapura besar antara kabupaten Wonosobo dan kabupaten Temanggung.
Ditambah pula rute jalan pegunungan yang menanjak dan berkelok - kelok setelah melewati pasar Parakan hingga tiba di kecamatan Kledung, membutuhkan jarak waktu tempuh yang cukup terasa lebih lama dibandingkan melewati rute jalan mendatar biasa. 

Gapura kecil bertuliskan Posong di sebelah kanan jalan sebagai penanda bahwa kami akan mulai memasuki kawasan kaki gunung Sindoro dan lokasi akhir, spot utama area Posong.
Hampir pukul 06. 00 kami tiba di gerbang tiket, dan itu artinya ... , kami telah ketinggalan waktu melihat fenomena kemunculan matahari terbit atau golden sunrise dari balik gunung Sumbing.

Kecewa juga, tapi apa mau dikata jika jarak waktu tempuhnya tak memungkinkan untuk itu. 
Ya sudahlah, tak mengapa ... .
Kelak di saat musim kemarau nanti, akan kucoba bermalam dalam tenda disana dan di malam harinya melihat kemunculan penampakan fenomena alam yang tak kalah memukau, tampak jelas milyaran bintang Milky Way muncul diatas langit Posong. 
Atau juga, kelak berangkat dan tiba lebih awal lagi di Posong untuk melihat indahnya mentari keluar perlahan dari peraduannya.


Trip Of Mine
Jalur rute Posong kawasan lereng gunung Sindoro.
Foto diambil saat perjalanan pulang

Dengan membayar tiket masuk area 10K perorangnya, kami melanjutkan perjalanan melewati jalur rute terjal berkontur bebatuan sejauh 3, 5 kilometer daaan ... , hanya penampakan sisa bias sinar golden sunrise berwarna keemasan dan penampakan kabut tipis eksotis itulah bonus pemandangan yang kami peroleh di sepanjang perjalanan sekitar 1 jam menuju ke lokasi akhir Posong sebagai pelipur lara mengobati kekecewaan tak berkesempatan melihat kemunculan sang surya perlahan muncul dari gunung Sumbing yang berhadapan dengan gunung Sindoro ... .


Menikmati cita rasa kopi unik khas Temanggung

Area wisata Posong terbagi menjadi 2 area, satu area berada dibawah dan satu lagi area berada diatasnya, hanya terpisah beberapa meter jaraknya.
Berada di area bawah yang dilengkapi beberapa gazebo untuk menunggu kemunculan golden sunrise dan spot dak gantung, pengunjung tidak dikenai beaya tambahan untuk memasuki areanya. Cukup membayar 10K di gerbang tiket awal memasuki kawasan gunung Sindoro.
Berbeda dengan ketentuan memasuki area atas, Taman wisata Alam Posong, untuk memasuki areanya pengunjung dikenai beaya tambahan sebesar 10K.


Trip Of Mine



Saat kami memasuki area Taman Wisata Alam Posong melewati gapura berkonsep traditional Bali, kami sempat kagum melihat kerapihan penataan taman dan kebersihan areanya. 
Disana tertata rapi kedai kopi, gazebo - gazebo yang tersebar di tengah taman dengan masing - masing gazebo diberi nama - nama gunung, juga seperti pada umumnya tampilan penataan taman sekarang, dilengkapi tulisan Posong berukuran besar dan beberapa spot selfie ketje


Trip Of Mine



Gazebo bernama gunung Merbabu kami pilih untuk bersantai melepaskan penat setelah mengitari area bawah sebelumnya dan berjalan kaki dari area bawah ke area atas, Taman Wisata Alam Posong. 


Trip Of Mine



Setelah dirasa cukup waktu beristirahat sejenak dan mempersiapkan diri untuk mendokumentasikan diri berfoto di lokasi, kami melanjutkan ke area taman berikutnya melewati jalan setapak yang ditata berundak mengikuti kontur tanah pegunungan.


Trip Of Mine



Sesampai di sudut area taman, kekaguman semakin bertambah melihat bentangan taman dan bukaan pemandangan alam sangat indah tersaji di depan mata ..., lekukan - lekukan bumi terlihat begitu memukau. 
Disertai sinar cahaya golden sunrise dan samudera awan, pemandangan alam tampak semakin dramatis. 
Selintas pemandangan alamnya seperti di belahan negara Eropa. 


Trip Of Mine



Rasanya tak afdol, jika berada di Posong tak menikmati sajian minum kopi khas Temanggung yang hasil perkebunan kopinya merupakan hasil dari penanaman sistem tumpangsari atau ditanam diantara jenis tanaman lainnya, diantaranya tanaman tembakau yang memang jadi komoditas utama petani Temanggung.
Awalnya, tanaman kopi jenis Arabika dan jenis Robusta di desa Tlahab hanyalah ditanam sebagai pagar antara jenis tanaman satu dan jenis tanaman lainnya, juga sebagai pembatas jarak perkebunan milik antar warga. 
Dan dulu batang pohon kopi hanya difungsikan sebagai kayu bakar untuk keperluan memasak warga, dan biji kopinya hanya diolah sederhana dan dikonsumsi pribadi. 

Tapi siapa nyana, berkat kuatnya aroma tanaman tembakau tersisa, meski sedang tak lagi pada musim tumbuhnya, aroma kuat tembakau meninggalkan dan menciptakan keunikan cita rasa khas pada biji kopi yang tak dapat ditemui di daerah lain. 
Kekhasan aroma dan keunikan rasa kopi bercampur tembakau ini sempat menghantarkan kopi khas Temanggung meraih beberapa penghargaan kejuaraan festival kopi di Indonesia dan mulai pada tahun 2000 menembus pasar ekspor.

Seiring waktu permintaan pasar, pengolahan kopi Arabica dan Robusta khas Temanggung dibuat bermacam varian rasa, diantaranya : kopi excelso, kopi robusta, kopi arabika green coffee, kopi arabika honey dan beberapa varian rasa lainnya dengan tetap mempertahankan cita rasa khas Temanggung ..., kopi berasa dan beraroma tembakau.

Dua cup berbeda kopi arabika tubruk dan kopi robusta tubruk masing - masing seharga 10K, sengaja kami pesan dari pilihan varian rasa lainnya yang disediakan kedai taman Posong, vietnam drip dan french press, untuk mencoba bagaimana cita rasa kopi asli khas Temanggung.


Trip Of Mine

Saat diseruput ..., hmmm aroma tembakaunya terasa dan memang benar cita rasa kopi Temanggung ini punya keunikan karakter khas tersendiri, berbeda dengan cita rasa kopi dari daerah lainnya. Nikmat kopinya terasa asam yang tertinggal lama dimulut. 


Lokasi :
Posong
Desa Tlahap, kecamatan Kledung, kabupaten Temanggung

Tiket :
Area kawasan lereng gunung Sindoro, berikut souvenir stiker dan area Posong bawah 10K


Trip Of Mine
Souvenir stiker

• Area Taman Wisata Alam Posong, berikut souvenir stiker 10K
[Info harga tiket dan kondisi sewaktu - waktu dapat berubah]

Jam operasional :
• Gerbang tiket area 03. 30 - 23. 00
• Taman Wisata Alam Posong 07. 00 - 17. 30

Tips berlibur di Posong :
• Jaket dan pelengkapnya wajib dimasukkan dalam daftar perbekalan, terutama bermalam dan kedatangan dini hari.
• Perbekalan makanan dan minuman sebaiknya ikut masuk dalam tas perbekalan, mengingat warung di Posong buka sekitar jam 07. 00.
• Jika berburu kemunculan golden sunrise, sebaiknya memulai start jam 04. 00 subuh dini hari dari gerbang tiket dan sekitar jam 05. 00 sudah berada di area Posong.
• Siapkan kamera SLR / DSLR, atau juga kamera smartphone dan tripod untuk berburu foto.


258 comments:

  1. Waaaalaahh keasyikan di warung kucingan sampai telaaat mengejar matahari ...belum jodoh, Kak. BTW kok ketokmen asik tenan yo alamnya...kopinya pun menarik minat hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jodoh pasti bertemu ...
      Haiiissh apaan sih jawabanku, kayak judul lagu aja hahaha :D.
      Ntar kapan semoga kekejar waktunya berburu matahari terbit.

      Alamnya betulan ketje, terutama di bentangan taman area atas .., wow pemandangannya amazing gitu, kak Agustina ..
      Udah gitu rasa kopinya unik :)

      Delete
    2. Saya penasaran banget dengan rasa kopinya itu. Kapan bisa kesana ya, tapi ah bedannya berkelok-kelok itu lo.

      Delete
    3. Iya mas rute jalannya terjal mendaki berkelok juga belum diaspal.
      Entah memang dipertahankan begitu agar terkesan alami atau memang belum masuk program pembangunan jalan, entah aku kurang tau hal itu.
      Kuperhatikan di sepanjang jalan raya utama Temanggung~Wonosobo juga ngga terlihat ada kedai kopi khas Temanggung, adanya cuma di Posong ini.

      Delete
  2. Keren ini tempatnya mas. Tapi kalok bawa balita susah ya hehehe.. btw itu emang nggaj ngepasin sunrise/sunset?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat aku kesana kulihat ada juga keluarga yang bawa balita kok, kak :).
      Kaminya telat ngejar waktu lihat sunrise, tapi ngga apa~apa toh udah lihat bias sinar golden sunrisenya.

      Delete
    2. Ah shiaaap! Kapan-kapan bisa deh melipir ke sini. Thanks for sharing!

      Delete
  3. tempatnya cocok banget buat libura, tapi apa daya liburan sudah pergi -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh,
      Kelak liburan akan datang kembali.
      Tetap semangat, kak Inia :)

      Ntar kalo liburan sudah datang kembali, cobain ngopi unik disana :)

      Delete
  4. Wauduhhh POSONG,
    aku sepertinya gerak lambat nih ahhaa
    belum pernah kesiniiii masss
    liburku sebagai kuli terbatas:(
    gak kayak dulu bisa kemana2 bebas hikss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keep spiriiiit, mas Aldhi ..
      Next pasti kesampaian kok ke Posong.
      Kalo ntar kesana, persiapkan dulu kondisi kendaraan dengan baik agar maksimal dibawa.
      Akupun saat ini masih seperti mas Aldhi, pekerja harian, belum usaha mandiri atau juga freelance blogger.
      Semoga ya kelak kita bisa jadi fulltime blogger dan berkesempatam mengulas banyak destinasi untuk dipublikasikan.

      Delete
    2. iya mas, klo misal udah lepas baru bisa bebas.. pengennya sih gitu cuma blm bisa keluar dr zona nyaman heheh.
      Medannya agak berat ya mas ke Posong,
      apakah ini di dekat situs liyangan mas?

      Delete
    3. Ohh, jadi yang dimaksud zona nyaman di keterangan info di Blogger itu .. jadi freelance blogger hehehe.
      I see now that reason dan itu juga harapanku ;)

      Medan lumayan berat tapi menurutku ngga seberapa, kok.
      Cuma kalau pas musim penghujan kudu ektra hati-hati karena bebatuan jadi licin dilalui.
      Lokasi Posong ini masih cukup jauh dari situs Liyangan di daerah Bulu, mas.

      Delete
    4. iya mas zona nyaman yg belum bisa ditinggalkan,
      tapi suatu saat aku pengen lepas bebas hehehe
      oh jauh toh, kirain deket mas.
      itu Liyangan pusat kerajaan mataram kuno pada jaman dulu katanya ya?
      hehehe

      Delete
    5. Ikut kudoakan kelak kesampaian apa yang diharapkan mas Aldhi, amin.
      Seingatku Liyangan itu tempat lokasi jatuhnya meteor cukup besae, mas ..., disana ada monumennya.
      Entah kalau disana juga dulunya adalah pusat kerajaan Mataram Kuno.
      Yuk kita kesana ..., coba mengorek infonya, mas ;)

      Delete
    6. AMin mas hehehe
      liyangan itu ditemukan artefak mas, seperti jalanan komplek dan umpag,, mungkin dahulu oermukiman sih sepertinya
      kuy kapan? kapan tapi aku ga ada libur wkwkw

      Delete
    7. Waahh, menarik dikunjungi dan dieksplore tuh ..
      Jujur aku baru tau infonya dari mas Adhi kalau di Liyangan juga perkampungam peradaban masa silam.
      Selama ini ngertinya Liyangan cuma tempat lokasi jatuhnya meteor.

      Ngga ada libur kerja ?.
      Wouw, kerja dibidang apa kuy mas ?.
      Lembur maksimal yaa kkwwkk :D

      Delete
  5. Cocok juga nih menikmati alam sambil minum kopi.. Apalagi bisa melihat mentari, semakin klop menikmati alam :)

    Oiya mas, ternyata jaket merahnya bagus juga. Soalnya saya jarang pilih warna merah kalau mau pake jaket, biasanya pilih warna hitam dan abu-abu. Jadi pingin coba deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul banget, mas Risal.
      Kebetulan pula area ini selain memang perkebunan kopi hasil tumpangsari juga punya pemandangan ketje ...,
      Jadi rasanya klop banget mandangin pemandangan sambil ngopi :)

      Warna merah atau warna ngejreng lainnya, keren buat property foto, mas.
      Tampilan foto jadi lebih eye catching.
      Ayok cobain pakai kostum atau jaket warna meriah, mas .. ;)

      Delete
  6. hehehe sekilas bacanya Pocong wkwkwkwkw :D
    Kereeenn, tapi itu aksesnya kecil gitu, kalau dilewatin malam demi mengejar sunrise jadinya serem juga ya hahaha

    Tapi bagus banget pemandangannya, sejuk eh dingin ya hehehe.
    Pemandangan cantik dan kopi enak.
    Nikmatnyaaaaaa..

    Alam Indonesia emang selalu menyimpan keindahan yang tiada tara, sampai2 rasanya pengen keliling Indonesia dulu sebelum ke luar negeri hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diiih, jangan horor mbak. takut yg berpikir ke sana.

      Delete
    2. Wwwkkk kok, pocong, kak ...
      Kalo anak batita kayaknya sih bakalan ngucapinnya kayak gitu, ya :D

      Kalo takut berangkat dini hari atau bermalam di tenda disana, sebaiknya berangkat bareng rame-rame sama teman, rombongam gitu hehehe :)

      Keinginan kak Rey sama seperti keinginanku nih, aku juga pengiiin banget bisa menjelajah ke semua lokasi wisata di seluruh pelosok bahkan lokasi terpencil di Indonesia.
      Karena ... betul banget Indonesia itu punya buanyaaak banget destinasi wisata.
      Semoga ya keinginan kita bisa keliling Indonesia terpenuhi ya kak, amiin ...

      Delete
    3. wkwkwkw iyaaa kan Posong wakakak

      Waahhhh aamiin aamiin ya Allah, semoga kita bisa keliling Indonesia ya.
      Dirimu bisa banget nih peluangnya besar untuk dapetin sponsor untuk itu.
      Jangan bosan untuk terus update postingan wisatanya.

      Di antara travel blog lainnya, saya rasa blog ini punya banyak ciri khas unik yang bikin pembaca betah.

      Kalau saya kayaknya tunggu anak-anak gede dulu, minimal udah lebih mandiri lah kalau diajak traveling, kalau enggak? mamak lelah ngurusnya wakakak

      Delete
    4. Amiiin ..., amiiin .. , semua kata dan doa dari kak Rey yang baik hati ini diamini dan kelak betulan terlaksana agar kita bisa keliling Indonesia dari sponsor.

      Terimakasih buat opini dan doanya kak Rey :)

      Delete
    5. Sama-samaaa..
      Nanti kalau udah jadi travel blogger kondang, jangan lupa ama kite2 yak hahahaha

      Ayo semangat cari sponsor :D

      Delete
    6. Siap dan pastinya, kak Rey.
      Sudah jadi kewajiban buat kita semua untuk tidak melupakan orang yang pernah mendoakan dan mensupport kita ;)

      Nulis gini sambil bayangin seandainya kelak betulan terlaksana hihihi :)

      Delete
    7. saya juga yach....jng dilupakan klu dah tenar, bila perlu catat nama saya didindng kamarnya.hahahahah

      Delete
    8. Saya juga, jangan dilupakan....pengen ikutan keliling Indonesia bareng...nama saya juga dicatet yaa

      Delete
    9. @ Kang Nata =

      Pastinya, kang.
      Nama kang Nata akan kucatat di selembar kertas terus kutempelkan di dekat tempat tidurku.
      Biar keinget gitu ..., ini loh sosok yang pernah mengulas namaku secara khusus.
      Tapiii ... aku juga maunya foto asli kang Nata ikut kutempel di dinding kamarku.
      Boleh yaaa ;) ?.
      Kirimin aku fotonya kang Nata hehehe

      @ Lantana Magenta Hermosa =

      Siaap, mrs. Lantana ;)
      Senang rasanya bisa keliling Indonesia barengan sama teman-teman blogger keren-keren ..
      Semoga Tuhan mewujudkan semua ini, amin.

      Delete
  7. mantap sekali tempatnya mas apalagi yang saat santai duduk itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, lokasi foto pertama yang aku duduk santai itu di spot dak gantung, mas.

      Dari atas sana pemandangan gunung Sumbing tempat kemunculan golden sunrise terlihat sangat lapang, tanpa ada penghalang apapun :)

      Delete
  8. pokoknya kalau daerah temanggung itu memang suasana puncak yang masih asri. pernah kesana sekali dulu mas, tapi dinginnya minta ampyun dah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga daerah pegunungan pasti ya dingindingin kayak di dieng itu.

      Delete
    2. @Mbah Dinan & @Beny Oki =

      Iya, mas.
      Di pegunungan udaranya memang lebih dingin dibanding di pedesaan yang berdekatan dengan perkotaan.
      Kapan kalau mbah Dinan kesampaian ke pegunungan di kabupaten Temanggung, juga mas Beny .. jangan ketinggalan tuh bawa jaket.
      Sarung juga boleh hahaha :D

      Delete
  9. beli tiket juga dapet stiker juga. pengen lihat aku mas. he he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, mas Beny penasaran pengin lihat stikernya, ya hehehe ... :)

      Stiker areanya bergambar pendaki dan adventure gitu, mas.
      Karena kami datangnya berdua, oleh petugasnya dikasi stiker bergambar berbeda.
      Kalo stiker taman wisata alam posongnya bergambar sama, gunung Sindoro pas saat golden sunrise.

      Delete
  10. Foto pertama paling atas itu bikin ngiri, nyante bener..;)
    Yess, lekuk lukuk bumi yang mengagumkan plus kopi double pahit...wow banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kusengaja berpose seperti itu, kak .., biar kak Lantana ngiri terus liburan kesana deh wwwkk :D

      Apa kabar, kak ?.
      Udah lama menghilang, lagi sibuk ya akhir~akhir ini ?.

      Delete
    2. Kabar baik, saya happy banget bisa aktif ngeblog dan blog walking lagi..;)
      Btw, itu sayap kupu-kupu gde banget yaa..

      Delete
    3. Ikut senang kabarnya kak Lantana baik dan juga ikut senang sudah punya waktu ngeblog lagi :)

      Itu namanya giant butterfly, kupu~kupu terbesar yang pernah ada ... , just kidding kaaak hahaha :D

      Delete
    4. Kalo kupu-kupunya sebesar itu gimana kepompongnya yaa?? Caterpillar-nya pasti menakutkan...
      hihihi...kidding also...;)

      Delete
    5. Bhua..hahaha...
      Ternyata kak Lantana ini bisa bercanda juga ya :D

      Kepompongmya segede traktor, kaaak ... kkwwkk

      Delete
  11. Pemandanganya bagus, saya jadi ingin kesana. Enak ya, kalau liburan kesana bersama keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok kapan punya waktu luang, ngopi sambil liburan disana, mas Roli :)

      Delete
  12. Tampilan alam lebih dominan seperti Villa yaa mas..Meski itu taman atau tempat Rekreasi. Memang lebih asik ngopi sambil berinspirasi buat tulisan ditempat itu mas..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pemandangan alamnya mirip-mirip dengan area villa atau resort.
      Mungkin nantinya disana kelak dibangun villa buat tambahan sarana :)
      Iya ya mas, lihat pemandangan alam yang asri tenang begitu, terus dibarengi ngopi ..., inspirasi tulisan di kepala langsung ngalir gitu saja :)

      Delete
  13. Hijau-hijau seger di mata... Suka kalo pergi ke tempat ginian.

    --apalagi kalo diajak + ditraktir. Wowkowkwowkwowkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwwwkkkkk ...
      Kamu tuh yaa, Mikeee :D
      Tinggal datang nikmatin liburan gitu, aku juga ... mauuu ;)

      Delete
  14. Akses jalannya itu lo, ngeri sekali 3,5 K, bebatuan seperti itu. Kenapa belum ada pengerasan sajalan atau diaspal, kasihan roda bannnya. Bisa kena bocor ditengah perjalan tu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendapat mas DB juga sama seperti pendapat salah satu adikku setelah lihat foto kondisi jalan bebatuan begitu.
      Takutnya ditengah perjalanan ada paku atau ngalami kebocoran ban.
      Semoga nantinya diaspal ya, mas.

      Delete
    2. Betul, kan lumayan bisa menambah pendapatan daerah juga.

      Delete
  15. Baru tau kalo temanggung punya yg kaya gini..

    Daerahnya cukup sejuk dan tamannya menarik, ada penginapannya juga..

    Ndak sia sia dini hari menerjang kabut dan angin utk bisa menikmati wisata indah ini ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya penginapan belum tersedia di area ini, mas.
      Kalau bermalam cukup bertenda atau juga bermalam di gazebo area Posong bawah.
      Tentunya dengan seijin petugas di gerbang tiket terlebih dahulu.

      Betul, mas kedinginan ditengah perjalanan dan datang jauh-jauh dari kota tempat kami tinggal, terbayar lihat pemandangan alam sekeren itu :)

      Delete
  16. Butuh perjuangan untuk bisa sampai kesana. Tapi, foto-fotonya keren cuy. Perjalanan yang sangat keren mas!

    ReplyDelete
  17. Saya gagal fokus lihat jaket merahnya keren banget serasa lagi berpose di pegunungan eropa ya mas hehe. Btw Keren banget ya pemandangan alam Posong ini, lihat sawah yang berjejer rapi,suasana sekitar yang asri,dan awannya sangat dekat lagi jadi tambah mempesona buat saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe terimakasih opininya ya, kak Iid :).
      Kapan punya waktu luang, ajak keluarga cobain liburan kesana, kak.
      Jangan ketinggalan bawa kostum ketje buat acara fefotoan, ya :)

      Delete
    2. Pengen banget kesana, fefotoan yang kece2 trus update di IG #lah

      Delete
    3. Semoga terwujud keinginan kak Iid, eh# kak Hydriani, amiiiin :)

      Delete
  18. Pertama kali yang tertangkap mata adalah jaket pink yang menarik perhatianku dengan style yang rileks dan look so comfort.. Sedang pemotretan iklankah atau majalah ini? wkwkwkwk..

    Olala berangkatnya dari rumah pagi banget yak jam 3.45 agar bisa ngejar golden sunrise ya?
    Ooh tapi sayangnya sampai di sana nggak bisa ngejar golden sunrise ya karena telat nyampainya. Nggak apa-apa next mungkin datang ke sana harus tengah malam sekalian bermalam biar bisa ngejar golden sunrise ya?
    Wah di Temanggung punya wisata dataran tinggi yang kece dan keren ya?
    Taman yang luaa dan view perbukitannya yang cantik jadi ngingetin Selecta, Cangar, Songgoriti di Batu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe .., gimana menurut pendapat sista tentang gayaku berfoto di post kali ini :) ?.
      Jadi kayak berpose untuk majalah dan media iklan ya ?.
      Sebisa mungkin, meski kadang terasa udah lelah sesampai di lokasi wisata, aku tetap berusaha mencoba berfoto sebaik mungkin hohoho ..., ya buat tampilan post gitu, biar kelihatan maksimal dilihat.
      Pernah loh di suatu lokasi wisata saat itu lagi panas-panasnya cuaca, kucoba beberapakali foto karena belum sreg lihat hasilnya daan .. tau-tau mau pingsan wwkkwwk :D
      Oh, itu jaket bukan pink warnanya, tapi merah membara hehehe

      Oh, pemandangan alam Selecta itu seperti pemandangan alam di Posong ini, ya ?.
      Mungkin udara disana dingin juga ya kayak diarea ini, sista ?.
      Moga kelak kesampaian ke Selecta, Cangar juga Songgoriti :)

      Delete
    2. My opinion about your style... pakai bahasa Inggris segala ya? Wkwkwkwk..:D
      Menurutku gaya brader boleh juga.. keyen buat foto majalah tapi kalau iklan lebih oke lagi kalau pakai kostum cowboy n topi cowboy jadi kayak iklan rokok dari luar gitu.. Marlb**** :D

      Ouw.. punya pengalaman saat cuaca panas-panas sampai di lokasi wisata trus selfie, saat dilihat hasilnya mau pingsan? What happen? Kenapa mau pingsan?

      Ouw iya warna jaket bradbrader itu merah membara ya bukan pink? Hihihi salah lihat nich, soalnya aku cuma perhatikan di foto pertama, ternyata di foto terakhir jaketnya warna merah... Jadi maluku Wkwwkwk..:D

      Kalau di Batu yang paling dingin di daerah Cangar karena kita bisa melihat view kota batu dari atas ketinggian Cangar. Iya semoga suatu saat brader bisa kesampaian ke Selecta, Cangar dan Songgoriti yang ada onzen nya. :)

      Ooh Kopi dari Temanggung ini terkenal ya sampai dapat penghargaan.
      Ternya kopi Temanggung punya ciri khas beraroma tembakau? Wah unik banget ya? Jadi pingin tahu sensasi kopi dengan rasa dan aroma tembakau. Apakah kopinya harus kopi tubruk biar kerasa aroma tembakaunya? Kalau aku suka coffee 2 in 1 or 3 in 1.
      Kopi arabica dan robusta itu beda rasa dan teksturnya ya brader? Di Temanggung apa ada kopi Luwak juga?






      Delete
    3. Bagus kok itu, sesekali menyelipkan bahasa Inggris dalam percakapan keseharian atau juga dikomentar..., itung~itung kan sekalian practise, biar fasih cas cis cuuuus ngomong bahasa bule hehehe :).
      Oh gitu ya pendapat sista tentang style pose fotoku, cocok buat style komersial rokok, terimakasih ya .. jadi tersandung, eh# tersanjung dech ;).
      Betewe, saat aku nyoba style pose itu aku reflek saja idenya, langsung geserin kursi yang ada disana, terus angkat kaki satu sambil mandangin pemandangan arah matahari terbit.
      Lihat hasil fotonya, malah aku langsung kebayang kok kayak style rapper negro hahaha .. duduk santai seenaknya gitu :D

      Sista mungkin masih ingat foto postku di pantai Ngrumput GunKid yang aku bergaya lari di dekat batu karang gede itu, nah disanalah aku sempat nyaris mau pingsan saat nyoba foto berulang di kawasan pantainya .. masalahnya saat itu terasa puanaas banget.
      Akhirnya kami milih ngaso di warung sekitaran dan tiduuuur hahaa ..

      Oh, berarti lokasi Cangar itu tinggi juga,yaa .. sampai kelihatan view kota Batu tempat berkumpulnya taman kekinian.
      Ngomongin ketinggian kok jadi kayak lokasi liburanku kemarin ..., eh# kok kubocorin disini .., ntar kurang surprise bacanya dong yaaa wwwkkk :D

      Kopi rasa khas Temanggung ini sayangnya kok belum didistribusikan di banyak kota di Indonesia, dikotaku pun kucari2 di store ngga ketemu.
      Padahal packagingnya sudah bagus, warna kemasannya disesuaikan dengan jenisnya.
      Sepertinya lebih banyak diekspor dan dikhususkan dijual di kedai kopi Posong saja.
      Rasa robusta menurutku lebih soft rasa asamnya dibandingkan dengan Arabika.

      Delete
    4. Betul aku setuju juga bila sesekali harus menyelipkan bahasa Inggris dalam percakapan sekalian latihan practising to fluent English corversation. Ntar daripada lupa kan? Hehehe..

      Iya sama-sama. Picture pertama dengan duduk santai memang style nya kayak iklan rokok dulu, bedanya di sini kostumya pakai Jaket, yang iklan rokok pakai kostum cowboy.
      Lho kok tersandung? ntar kalau tersandung jatuh, bisa gagal dech pemotretan iklannya hehehe.. :)
      Iya style nya kayak rapper negro juga yang duduk nyantai.. Wkwkwkwk.. :D

      Ooh artikel yang fotonya di pantai dengan 2 batu karang besar banget iya aku ingat itu. OojOoh saat foto-foto di pantai Ngrumput gun kid tsb brader sampai hampir pingsan karena kepanasan?.Astaga.. ! Untung nggak diteruskan dan segera istirahat di gazebo. Mungkin karena panas teriknya matahari bikin orang jadi dehidrasi dan pusing ya? Di samping itu bikin kulit jadi gosong.

      Iya benar lokasi Cangar lebih tinggi dari Batu dingin sekali di sana selain taman banyak juga perkebunan sayur dan kebun buah. Kalau Selecta dan Songgoriti letaknta lebih tinggi sedikit dari Batu. Tapi Cangarlah yang lebih tinggi dari semuanya.
      Ooh jadi kemarin travelling ke lokasi ketinggian juga ya? Nah bocor dikit info nya hehehe.. Jadi penasaran artikel berikutnya Hehehe...

      Oh Kopi Temanggung belum dipasarkan meluas ke seluruh Indonesia ya? Mungkin memang sengaja untuk pasaran ekspor. Malah mungkin kopi Temanggung aroma tembakau ini lebih populer di luar negeri ketimbang dalam negeri.
      Oh jadi kopi Arabika rasa asamnya lebih strong ya daripada kopi Robusta.
      Sekarang juga ada jenis green coffee apa lebih soft dari kedua jenis kopi di atas? apakah enak juga ? Suatu merk kopi di iklan tv katanya green coffee bikin awet muda? bukannya green tea yang bisa bikin awet muda? Hehehe..

      Delete
    5. Yups, aku sependapat.
      Bukan bermaksud sok kebarat-baratan sesekali ngobrol atau nulis komentar menyelipkan pakai bahasa Inggris.
      Syukur-syukur sesekali juga menyelipkan bahasa daerah dan bahasa negara lain ..., kesemua itu jadi nambah wawasan dan nambah pengetahuan kita.
      Iyo tow, bener ora ?, hahaha ...

      Iya, aku pribadi ngelihatnya kok gaya fotoku duduk itu lebih kayak para nigga..., kesannya cuek betulan nikmati pemandangan tanpa peduli orang sekitar dengan gaya duduk seenaknya kayak gitu.
      Tapi di kenyataan sehari-hari aku kalau duduk ngga kayak gitu, loh ..., tetap selalu duduk sopan.
      Itu cuma aksi foto hahaha :D

      Wuah aku ngebayanginnya Cangar itu pasti asik alamnya .. dingin,asri,berkabut juga bisa lihat aktivitas khas warga pedesaan gitu ..
      Jadi pengin nggunung menèh hehehe :)

      Kebetulan waktu itu aku ngga nyobain citarasa green coffee, jadi ngga tau rasanya kayak gimana.
      Oh iya tow kopi hijau juga bikin awet muda ?, aku baru toh loh commercial brand satu itu ..

      Delete
    6. Iya benar sependapat dengan sesekali menyelipkan kata-kata dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya ke dalam komentar selain bisa melancarkan juga untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Siapa yang boleh ngelarang hayoo?? Kalau ntar ada ngelarang aku pelototin. Wkwkwkwk..:D

      Jadi style duduk cuek seperti foto di atas hanya di depan kamera aja ya? nggak diaplikasikan dalam keseharian.. Right coz style duduk ala rapper begitu mungkin nggak biasa di negara kita kalau negara luar nggak ada masalah. That's why aku lihat style duduk seperti itu mirip banget iklan rokok didi tv dan bintang iklannya orang bule dengan kostum cowboy.

      Iya benar daerah Cangar terletak di ketinggian cuacanya dingin dan berkabut, aku dulu pernah melewatinya berhenti melihat pemandangan perjebunan buah dan sayur, suasanya dingin mendung seperti nggak ada mentari padahal dilihat ke bawah kota batu disinari matahari. Di daerah Cangar ada pemandian air panas dan nggak ada wahananya. Lain dengan Songgoriti dan Selecta yang masih terdapat wahana.
      Kalau di wusata Posong ini juga ngga terdapat wahana ya? yg ada spot selfie.

      Bentangan taman-taman rerumputan terbuka di atas ketinggian seperti perbukitan kecil tsb mirip dengan lahan taman di Selecta yang juga ada gazebo nya.
      Oh ya ditulus di atas masuk ke area atas ada tambahan biaya lagi 10K ? Maksudnya ke area di taman terbuka ini ya brader?

      Aku juga tahu nya dari iklan di tv saat itu katanya dalam iklan suatu brand coffee bahwa green coffee alias kopi hijau itu mengandung antioksidan yang kita tahu bahwa antioksidan sendiri bisa bikin awet muda hehehe.

      Delete
    7. Kwwwkkk..., tiati .., melototnya ngga pakai acara bola mata muter kayak film 'The Mask' yang dibintangi Jim Carrey, kaaan .., bisa muter 360 derajat :D

      Aku kok jadi penasaran pengin lihat gaya duduk cowboy di iklan rokok brand International.
      Pastinya ketje ya pemandangamnya karena brand satu itu selalu bikin commercial terkesan eksklusif.

      Wuih di Cangar ada pemandian air panasnya ..., ketje ituuu.
      Amazing pastinya ya pemandangannya di ketinggian lokasi seperti itu.
      Berkabut dan sesekali tampak pemandangan kota dibawahnya terlihat terang terkena sinar matahari..

      Betul, untuk masuk ke area yang ada taman terbuka itu pengunjung dikenai beaya 10K.
      Dan disitulah lokasi taman yang ada tulisan Posong.
      Kalau di area bawah tanpa perlu bayar lagi, cukup sekali bayar di gerbang tiket.
      Di area bawah juga banyak gazebo dan salah satu spot ketjenya spot dak jembatan yang kududukin itu.

      Mungkin benar adanya ya kalau kandungan kopi juga mampu untuk antioksidan.
      Selama ini aku taunya teh dan cokelat.

      Delete
    8. Hehehe.. Jadi ingat film the Mask Jim Carey yang matanya melotot muter-muter bahkan matanya sampaimatanya mencolot keluar. Wuiidiih. rada kayak.monster dong??Wkwkwkwk.. :D Nggak dong, ntar melototnya cukup mendelik aja sebentar atau di setting ala angry bird. Wkwkwkwk..

      Hehehe jadi penasaran pingin lihat iklan rokok itu ya? Udah agak lama sich seingatku iklan rokok tsb tayang di TV lebih dari 10 thn yg lalu. Kenapa aku masih ingat? Karena aku terkesan dan suka pas lihat iklan rokok tsb, style dudukna hampir sama seperti foto brader di atas tapi bule ciwboy di iklan itu kakinya diangat lebih tinggi lagi dengan posisi kaki hampir sama tinggi dengan kepala, atau mungkin kursinya yang disetting lebih rendah. Wah pokoknya keren dan kece dech iklan rokok tsb. Cowboy duduk dengan style demikian di teras rumah ditemani anjing berbulu lebat dan pemandangannya dan suasananya semua serba country khas American Village. Keren banget.

      Iya di Cangar ada pemandian air panas, cuaca dingin anyep berkabut. Waktu aku ke cangar tanpa jaket jadi terasa banget dinginnya. Nggak lama-lana hanya lewatdan lihat pemandangan di perkebunan sayur dan buah trus turun lagi ke Batu

      Oh jadi area atas itu yang terdapat taman terbuka rerumputan dan bisa lihat view pegunungan ya? Jadi harus bayar lagi 10K. Kalau taman Vietnam Trip dan French press itu lokasinya di area atas juga ya tempat brader saat menikmati kopi aroma tembakau?

      Iya selama ini aku juga tahunya coklat dan green tea aja yang mengandung antioksidan ternyata green cofee juga.

      Delete
    9. Bhahahah .. iya loh kemarin aku langsung konek kebayang adegan bola mata The Mask bisa muter asik 360° itu :D.
      Ternyata cuma mendelik sekedepan terus berubah ekspresi ala manuk merah angry bird ... hohoho..

      What, 10 years ago ?.
      Lama sekali tahun tayangnya commercial brand itu, sista ..
      Kok ya masih hafal betul sih adegannya ... ckckck ..
      Diceritain setting lokasinya begitu langsung kebayang pemandangan alamnya yang ketje plus style kostumnya si cowboy ..., sayangnya aku belum pernah lihat iklan yang dimaksud.
      Coba nanti kusearching di internet barangkali ada.

      Ya sayang yaa ..
      Kok sista saat ke Cangar ngga sekalian nyoba berendam air panas ?.
      Padahal kan banyak manfaatnya loh, bisa ngilangin pegal badan juga bagus buat kesehatan kulit.
      Malu yaaaa rendaman rame-rame ... kkwwwkkkk :D

      Wow, jenis vietnam drip dan french press itu jenis varian raa kopi yang disediain kedai kopi, sista ....
      Bukan nama lokasi.

      Delete
  19. Wah... Ini di Jawa Tengah ya? Keren Kak. Tapi, sayang golden sunrise-nya tidak terkejar.
    Ada di alam memang paling nikmat sambil ngopi.
    Pengen ngincip kopinya juga, apalagi kopinya di tanam di antara tanama-tanaman.
    Kayaknya lebih mantap kopinya.

    Happy holiday Kakak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, lokasi pemandangan alam keren ini adanya di Jawa~Tengah, kak Einid.

      Yok masukin wishlist liburan kak Einid selanjutnya dan wajib icip-icip rasa kopinya yang unik ;)

      Happy holiday juga ya buat kak Einid ..

      Delete
    2. mmmmm...... ini koment atau nulis sich...kok saling panjangi tulisannya.Kayak kacang panjang.hahahhah....

      Delete
  20. Sumpeh, aku jdi bayangin aroma kopi arabikanya😍seger, hangat, manis, aah... Knpa jadi berimajinasi *emot tutup mata😅

    Aroma kembang kopi saat berbunga juga wangi, segar, dan menimbulkan rasa dingin hihi.. Ya pegunungan banget. Inget di kampung deh...

    Btw, salfok sama foto pertama. Enak bingit yak nyantai😑gak ajak-ajak😪

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bintaaang ...
      Cuuuz ambil kopi di lemari dapur, terus tuang dalam gelas ..., terus seduh daaan .. nikmatilah kopinya sambil ngebayangin rasa kopi tembakau di post ini xixixi :)
      Ntar daripada cuma ngebayangin, tanpa sengaja air liur mendadak menetes tetiba loooh ... wwwkkk :D

      Oh, iya aku jadi ingat di Lampung ngga cuma terkenal duriannya, tapi juga kopinya.
      Aku pernah ngerasin nikmatnya kopi Lampung ..., pekat rasanya ya :)
      Bintang penyuka kopi juga ya ?.

      Bintang jauh sih tinggalnya, kalo dekat ayooook kita travelling barengan :)

      Delete
    2. Hu'um bang.... Mau bikin wedhang kopi sayangnya lagi nguli. Jadi belum bisa hehe...

      Iyaa nikmat banget sih kayaknya. Bang Himawan kan suka pamerin Bintang😪😪

      Hihi iya kopi lampung emang terkenal. Kalo di rumah, Bintang gak beli kopinya. Metik sendiri, terus diolah sendiri hehe.jdi lebh mantaps..


      Iya aku suka banget sama kopi n coklat hangat hihi...

      Iyaa jaraknya jauh pdhal pen banget ikut trav trav begitu. Kayaknya seru deh😍

      Delete
    3. Loh, Bintang tuh udah kerja toh ?. Kirain masih duduk di bangku sekolah, loh :o

      Wuah kok asik yaa .. punya kebun kopi sendiri, lalu panen sendiri terus ngolah kopi sendiri.
      Mau dong ajakin metik kopi, Biiin ... , pasti seru ya blusukan ke kebun kopi dan lihat cara metiknya.

      Delete
    4. Ini kan hari minggu bang😅sekolah libur kwkwkwkw....

      Hihi asik? Belum tau ternyata. Pohon kopi banyak semut hitamnya. Kalo kena bau semut hitam, bisa pedih di mata, hidung juga jd gak enak kwkwkw...

      Trus tangannya panas pas metik. Pohonnya agak tinggi. Jd pakai tangga😂😂😂
      Tau merica? Itu dri buah Lada. Bintang kalo panen, manjat pohon pake tangga setinggi 6 sampai 7 M 😅😅

      Delete
    5. Karena sekarang hari Selasa dan aku baru sempat balas komentarnya sekarang berarti Bintang pagi ini lagi mantengin pelajaran sekolah, nih ...
      Ngga mungkin kan lagi sibuk-sibuknya nyimak pelajaran sekolah, eh malah asik blogging :D

      Oyaaa, banyak semut hitam pohon kopinya ?.
      Waktu di Posong ini aku jelalatan ngeliatin biji kopi di pohonnya kok ngga kelihatan para kawanan semutnya, yaà ....?.
      Apa lagi pada ke supermarket *lol*

      Woouw .. yakiiin niih berani manjat pakai tangga setinggi itu ? ..
      Teryata Bintang jagoan juga, yaaa .. brani2nya cewek manjat2 pohon :D

      Aku tetep pengin nih ikutan blusukan manen kopi dan ikutan manjat pohon ladaaa ..., itu sesuatu banget namanya ;)

      Delete
    6. Aku dh lulus sekolah bang😅ihihi kalo lagi sekolah mah, pastinya fokus. Soalnya dari kecil suka banget nulis dan ngerangkum penjelasan guru hihi

      Hemm dia emang gak sering muncul bang. Jdi dia ada di dalam gerombolan kopi. Kan kopi buahnya gak hanya satu dua, tapi banyakan... Hihi kalo ke mall, dia paling juga beli masker, biar gak flu kwkwkw


      Berani atuh bang. Kan kewajiban kalo panen lada mah. Kalo gak ikut manjat, nanti gak dpt lada. Kalo gitu bisa gak dpt jatah jajan dong kekek.. Kalo bantuin kan lumayan dpt seseran, bisa buat ganti lensa kacamata hihi...

      Lagian gede di desa dh biasa kaya gtu bang. Matahin ranting" pohon juga hihi kalo habis ditebang, rantingnya kan kudu dipatahin😅

      Hehe main ke Lampung, kita ke kebun karet, ke kebun lada, ke kebun kopi, pisang, dll hihi...

      Delete
    7. Yeiii sebelumnya Bintang bilang 'ini hari Minggu, sekolah libur' 'kan gambaranku si Bintang masih sekolah, eh ngga taunya bilang 'udah ngga sekolah' ...ckckck.
      Dari situ aku tau nih ;)
      Sebenarnya bintang adalah ... seorang guru atau pengajar, kaaaan ?.
      Hayooo bilang aja iya ..hahaha :D

      Ohh, pantesan para semut sukanya ngumpet dalam gerombolan kopi .., pantesan kulihatin kok ngga kliatan, tau gitu waktu itu kucobain kugoyang2in biar pada keluar wwwkkkk

      Salut, Bin ...
      Itu tandanya kamu anak berbakti.
      Mau membantu ortu memanen lada dan hasil kebun lainnya.

      Delete
    8. Kalo aku guru, mana mungkin aku nguli kekwkw... Aku bukan siapa" bang. Bintang masih belom cukup umur kwkwkw... Kok bsa nebak kalo aku guru? Hihi tapi sayangnya salah hehe


      Hemmm jangan coba" goyangin dan ganggu semut hitam perih jadinta kwke..


      Heheh.. Iya krna kewajiban. Jdi ya kudu bantuin hehe...
      Lagian kalo gadis, trus nganggur drumah, dan cuma nyantai sedangkan orang tua capek ke kebun, masa sih iya mau tega. Kan ya kasihan orang tua hehe

      Delete
    9. Yuh, tebakanku salah ternyata :(.
      Profesinya Bintang bukanlah seorang guru.
      Jadi apa nih profesinya, penulis buku freelance ya :) ?.

      Delete
    10. Hihi salah semua. Tapi, semoga perkataan bang Himawan jadi sebuah doa dan semoga terkabulkan. Keduanya impian aku hihi... Makanya skrang belajar nulis meski acak"an hehe..

      Delete
    11. Amiiin terlaksana, ikut mendoakan cita~cita Bintang kelak terlaksana.
      Doain aku juga ya :)

      Delete
    12. Aamiin. Iya bang.
      Hihi emangnya pingn jadi apa? Traveller terkenal kah? Atau apa hehe

      Delete
    13. Salahsatunya itu, Bintang.
      Bisa dapat sponsor keliling Indonesia untuk mengulas seluruh kekayaan alam budaya dan lokasi-lokasi wisata.
      Bukan cuma sekedar bersenang~senang jalan~jalan tapi juga ikut mempromosikan lokasi wisata agar lebih dikenal dan dikunjungi banyak orang.

      Delete
    14. Waaaah seru juga ya kalo dpt sponsor buat trip. Apalagi kalo ngenalin wisata Indonesia hemmm aku aja tau ada tempat" bgini krna mbaca artikel sih hihi..

      Btw, boleh dong bang kapan" kasih selipan video suasananya... Jadi biar makin menarik.. Siapa tau ada yg tertarik sana bentuk videonya.. Nah bisa dpt sponsor deh. Biasanya orang" kan liat suasananya juga dri video .... Nah dari situ kita bsa narik minat orang"... Kalo bnyak yg lbh minat, siapa tau aja ada rezekinya... Dan jdi jalan untuk dpt apa yg diinginkan...

      Delete
  21. ngga nyangka kalau ada tempat seperti ini di wonosobo! masuk bucket list banget nih... htm nya juga murah. denger namanya pertama kali, aku kira ini di sulawesi, ternyata di jawa tengah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kak Agi lokasi taman di lembah pegunungan ini letaknya di Jawa-Tengah.
      Tepatnya bukan di kabupaten Wonosobo sih, kak tapi di kabupaten Temanggung.

      Delete
  22. Weeh tempatnya nyaman banget, gazebonya bikin betah tuh buat ngopi sambil ngobrol ngalor ngidul, apa lagi kalo di temenin anu , bisa seharian betah walau cuma ngopi doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uhuk, ditemeni anu siapa tuuh .. hahaha :D
      Mas Budi jadi berimajinasi nih berduaan bareng yayangnya ngopi disana ...

      Delete
    2. Anu mas Budi ya siapa lagi kalo bukan rongdo, mana hawa dingin lagi.😂

      Delete
    3. Anu mas Budi ya siapa lagi kalo bukan rongdo, mana hawa dingin lagi.😂

      Delete
    4. Hadeh masih aja ngerongdo sampek sini😫

      Maafkan tetua-tetua saya yak bang Himawan😂😂mereka emang suka konslet👻👻

      Delete
    5. @ Agus Warteg dan @ Bintang =

      Bhahahahaha ...
      Kayak~kayaknya istilah itu lagi diminati para tetua Satria cs.
      Sampai-sampai muncul dimana~mana hahaha :D

      Delete
    6. Ahaha kayaknya iya 😂😂mereka kan lagi eror kuadrat😎

      Delete
    7. Dan akhirnya Bintang pun ikut error alias oleng xixi

      Delete
    8. Bhahaha aku kapan pernah normal yak? 😂😂

      Delete
  23. Saya baru tau mas ada kopi dengan aroma tembakau. Apa karena sistim tanam tumpangsari ya jadi aromanya terbawa..... Jadi penasaran dgn kopi robusta dan juga seberapa kuatnya kopi arabikanya dan pasti nikmat kalau di minum di tempat yg dingin dgn view yg cantik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mas.
      Berkat sistem tanam tumpangsari antara pohon kopi dan tanaman lainnya, termasuk tembakau pada musimnya.. aroma kuatnya tembakau ikut nempel di biji kopi.
      Karena keunikannya itulah, sampai sekarang penanaman pohon kopinya tetap dipertahankan demikian, tetap hanya sebagai pembatas satu ladang dengan ladang lainnya.

      Jangan lupa ya, ntar mas Aris kesana nyobain kopinya, mas .. betulan unik rasanya.
      Awal nyeruputnya ada sensasi rasa kaget gitu ngerasainnya hehehe .. ,setelah itu langsung suka :)

      Delete
    2. Kalau suatu saat bisa ksana pasti dong pengin nyoba kopinya,...btw mas Himawan masih konsisten pesan kopi ya selama blogging hehehe

      Delete
    3. Wwwwkkk .,,, mas Aris kok hafal ya kebiasaanku ngopi saat liburan sekaligus meliput lokasi wisata :D

      Adakalanya kubatasi juga ngopinya , mas.
      Karena aku pernah dinasehati dokter untuk ngurapi ngopi karena punya riwayat maag.
      Tapi ya gitu, sampai dilokasi selalu tergodaaaah ... ngopi lagi dan lagi :D

      Delete
  24. waduh bisa nikmati kopi ditambah pemandangan seindah ini nikmat Tuhan yang luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mas.
      Sejauh ini aku baru nemu spot sunrise yang sekaligus areanya menghasilkan komoditas tertentu.
      Biasanya hanya berupa spot sunrise saja tanpa ada hasil komoditas spesifik di areanya.

      Delete
  25. Wah, cuma bisa ngeliat aja, karena ga ada duit buat jalan-jalan. Lagian mau ke temanggung juga jauh dari Banten..😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah jangan sedih :).
      Saat ini akupun juga cuma sebatas baru bisa lihat foto-foto lokasi wisata di Banten :( .
      Pernah sih ke Carita, tapi itu udah lamaaaa banget.

      Delete
  26. Gak papa gak dapet golden sunrise tapi pemandanagannya dan suasananya sangat menentramkan ya mas, perlu di coba ini, kalau kesana sama keluarga pasti juga seru sambil menikmati kopi khas temanggung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kak Kurnia.
      Beruntung kekecewaan ngga kekejar lihat penampakan kemunculan bola matahari pagi terobati lihat pemandangan alam sekeren itu.

      Siip, kelak lokasi di lereng gunung Sindoro ini jadi lokasi liburan kak Kurnia sekeluarga.
      Ikut senang menginspirasi kak Kurnia :)

      Delete
    2. siap mas himawan nanti dijadwalkan ke sana ya mungkin rencana bulan ini karena kayaknya sudah gak sabar pengen ke sana hehehehe

      Delete
    3. Ya, kak hehehe.
      Semoga nanti disana jadi liburan berkesan ya.
      Happy travelling :)

      Delete
  27. Beberapa kali nyobain kopi temanggung emang sedikit beda dari kopi lainnya, Mas Himawan. Saya pikir ya mungkin karena tanahnya aja beda. Tapi ternyata karena di sekitarnya banyak tembakau ya, jadi tumbuhan kopi disitu terpengaruh.

    ReplyDelete
  28. Iya, bang Doel berkat kuatnya aroma tanaman tembakau disekitaran pohon kopi, aromanya ikut nempel di biji kopi dan bikin rasa kopinya jadi berbeda.

    Bang Doel beli kopi Temanggung dimana ya ?.
    Kucari dikotaku kok ngga ketemu, tau gitu pas kesana beli satu kemasan sekalian hehehe.

    ReplyDelete
  29. lihat jaket yang dikenakan mas Himawan sudah terbayang deh dinginnya spt apa...Ngopi terus dong....disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kok mas Dwi, seiring menjelang siang udara disana ngga begitu kerasa dingin banget.
      Sejuk sih tetap iya.
      Pakai jaket tebal buat antisipasi udara dingin di perjalanan dan di lokasi saat pagi hari.

      Delete
  30. Dari kemaren suka penasaran apa setiap wisata mas Himawan suka bawa tukang foto yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aseeek, aku berhasil membuat penasaran BD hehehe :) ..

      Bawa fotografer khusus sih belum pernah, BD.
      Kadang bergantian menfoto dengan orang lain atau juga kadang motret sendiri pakai timer.
      Dan kalau dilihat hasil gambar bidikan kamera kurang sreg, kuulang lagi dan lagi sampai nemu yang bagus menurutku :)

      Delete
  31. Wahhh ak dah pernah kesini dong wuehehe, ini kek nama blog ku dulu yaaaa, hayo tau gak nama blog ku dulu wuehehe ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren .., ternyata mas Andrie udah duluan nyampe ke Posong :).

      Sik ya coba sambil kuingat~ingat nama blog lamanya mas Andrie apa, ya ...
      Ada kata posong ?.

      Delete
  32. hmmm, aku penasaran rasa kopi dgn aroma tembakau .. :). mungkin kopi yg begini cocok utk para perokok yg pengen berenti :). jd mereka bisa stop rokok, tapi aroma tembakau yg bikin nagih ttp didapet ;p.

    sayang banget ya mas ga dpt sunrise.. tp berarti lain kali kamu hrs dtg lagi kesana :).. aku juga paling seneng liat sunrise.. penah sekali melihat di puncak sikunir.. itu perasaan lgs merinding yaaa liat matahari perlahan naik.. kebayang sih bgsnya kalo dilihat dr posong ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah itu dia, kaaak ...
      Aku juga pengin banget ngerasain sensasi merinding lihat proses bola matahari naik perlahan, terus pelan~pelan sinarnya membuka pemandangan demi pemandangan ... wuaah itu luar biasaaaaa menurutku.
      Betapa senangnya kak Fanny udah kesampaian lihat golden sunrise di bukit Sikunir ..., aku kapan yaa huhuhu :(

      Ayok kak cobain kopi rasa tembakau ;).
      Mungkin bisa jadi benar adanya ya, kalo seseorang pengin mencoba bisa berhenti ngerokok perlu dicoba terapi ngopi rasa tembakau hehehe :)
      Tapi kok ya, kulihat petani2 yang ada di perkebunan sana saat nglewatin rute bebatuan itu banyak yang pada ngerokok tuh ...
      Mungkin memang mereka perokok berat ya hehehe :)

      Delete
  33. Kalau denger Temanggung, yang pertama terlintas di pikiran saya, ya, kopi dan "mbako". He.

    Sayang banget, padahal dari rumah udah berangkat gelap-gelapan dini hari. E, malah kelamaan di angkringan dan ceritaz-cerita. Gagal ketemu sunrise di Posong. Pan-kapan di baleni main ke Posong e, Mas Him.

    Itu jalanannya memang susunan batu gitu? Belum aspalan kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha kuylah akibatnya gegara keasikan ngobrol, malah berujung ketinggalan nonton moment sunrise ... Wis rapopo, next kudu dibaleni meneh :)

      Iya, mas Tri kondisi rute jalannya kayak gitu, bebatuan.
      Belum diaspal.
      Naik kendaraan jadi berasa naik kuda ..., ajrut~ajrutan cihuyyy ;)

      Delete
  34. Mantap pemandangannya mudah mudahan bisa kesitu suatu saat nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut kudoakan agar dirimu kelak kesampaian liburan ke Posong, kawan.
      Amin ..., semangat ya :)

      Delete
  35. saya nampak suasana kelilingnya sejuk dan dingin. kalau musim hujan rasanya lebih dingin barangkali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thats right, jika musim penghujan udaranya terasa lebih dingin.
      Enaknya berselimutkan tebal sambil duduk memandangi kegelapan malam dan tetesan air di jendela .., aduh kenapa dan ada apa iniiii .... saya mendadak jadi romantis beginiiii ... , hahhaa :D

      Delete
    2. ngak bangun solat subuh hahaha

      Delete
  36. Jaketnya keren, Mas. Warna merah dan sepertinya sangat hangat dan tebal, adi di sana suhunya berapa? Jaket demikian hanya untuk suhu yang dingin banget sampai ke titik b\nyaris nol derajat.
    Kalimat pembuka dalam paragraf pertama puitis, ha ha. Baguislah, karena bisa memaparkan bagaimana deskripsi latar dan suasana. Penting banget bagi narablog yang mengulas perjalanan untuk memilih bahasa agar bisa terasa mewakili tempat yang dikunjunginya. Saya mana pernah melakukan perjalanan dini hari jadi penasaran bagaimana suasananya.
    Kayaknya Mas Hino harus nabung banyak agar bisa ke Wonosobo, untuk bensin dan bekal di jalan, juga untuk memasuki tempat wisatanya. Syukurnya Posong murah, pun kopinya. Cuma, saya tak doyan kopi hitam, he he. Meski tahu banget bahwa kopi hitam adalah kopi sejati tetap ngeyel dengan kopi yang berperisa kayak Good Day. Mungkin karena saya tak kuat dengan kafein jadi cari yang ringan. Kalau suami mah suka.
    Semoga di lain waktu Mas Hino bisa kesampaian ke Posong lagi dan bisa menyaksikan matahari terbit keemasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, kak Rohyati :).
      Aku lupa lihat penanda suhu di layar smartphone,jadi ngga ingat berapa pastinya suhu udara disana hehehe.
      Kalau dibandingin dengan suhu udara di Dieng yang berada di perbatasan kabupaten Wonosobo & kabupaten Banjarnegara, suhu udara di Posong ini lebih terasa hangat, kak.
      Aku pernah meringkuk duduk menggigil kedinginan banget saat di Kawah Sikidang Dieng karena dibarengi hujan sangat besar ..., sampai tangan tampak pucat.
      Wah, kalo gitu kesukaan suami kak Rohyati sama kesukaanku penyuka kopi hitam nih ..., siapa tau ya suatu saat bisa ketemu dan ngopi bareng, terus kak Rohyati milih kopinya yang udah diolah varian rasa agar kafeinnya tak begitu tinggi.
      Ya, kak semoga lainkali bisa kekejar waktunya lihat sunrise di pegunungan dan kuulas di artikel :)

      Delete
  37. ku kira mas him muncak ke sindoro. eh, ternyata di kaki gunung nya aja yaa.. cantik juga ya lokasi nya, sejuk. sayang banget mas him gak dapet sunrise.

    duh aku jadi teringat dulu pernah punya cita-cita mau naik ke sindoro-sumbing tapi sampai skrg blm kesampean juga. Apalagi udah punya anak, udh gak mgkn naik gunung lg kayaknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya nih kak belum sempet ngerasain muncak ke gunung Sindoro, baru kesampaian di lembah kaki gunungnya saja :)

      Ntar kak Thya nunggu anaknya udah remaja aja buat muncaknya, kak.
      Kalau ngga sementara ini cukup ke Posong saja :)

      Delete
    2. wah boleh juga sih mas main ke posong bawa anak yaa..
      lumayan bisa menikmati golden sunrise tanpa harus muncak.. hehe

      Delete
  38. Wahh bener kalo ke Posong bagusnya shubuh-shubuh.. masih inget waktu masih tinggal di Jogja, temenku pinjem motor jam 2 buat mau ke Posong berburu sunrise. Tapi aku ra melu karna ada kuliah :( berasa curhat. Ohiya kemaren juga pengen ke posong akhir 2017an, tapi kata temenku lagi tutup karena ada perbaikan jalan gitu mas.

    Kalo bagian kopi ku baru tau nih mas Hino, lumayan nanti di coba karena udah masuk bucketlist daerah temanggung, wonosobo dan sekitarnya. duh can't wait.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, wouw ..
      Sampai 2 kali mas Rahmat gagal ke Posong.
      Ono wae penghalangnya ya ckckck.
      Moga ketigakalinya ntar betulan terlaksana kesampaian ke Posong, syukur-syukur bisa kekejar ngeliat sunrisenya :)

      Posong still waiting you to go there, uda ;)

      Delete
    2. Hahaha iyaa mas. Skalian harus bawa barang banyak (buat ganti2 baju) kalo ke posong, biar skalian ke sekitarnya. Nanti kan di kira orang jalan-jalan terus, padahal mah skali skali jalan doang hhaaha...tempat magelang yang baru apa mas?

      Delete
    3. Yups, aku sependapat dengan ide mas Rahmat bawa perbekalan beberapa kostum.
      Selama ini akupun begitu, mas.
      Selalu bawa perbekalan beberapa baju buat berganti di lokasi lain yang ada disekitaran lokasi tujuan utama.
      Karena apa ..., bisa meringkas beaya transportasi dan waktu daripada bolak-balik lagi dari rumah kita.
      Meski kesannya kayak boyongan bawa tas ransel besar wwwwkkkk :D

      Apa ya lokasi wisata di Magelang yang baru ...,
      Kalau yang lagi sering banyak dikunjungi wisatawan, itu mas .. balkondes.
      Ada sejumlah lokasi balkondes dan bentuk bangunannya ketje2 buat liburan dan foto-foto :).
      Ayook kapan ke Magelang uda ?.

      Delete
    4. Iyo mas, kalau skali main, akutu berasa minggat :')

      hahaha main area magelang dan sekitarnya mas. Sekitarnya itu melipir sampe wonosobo, salatiga, boyolali hahaha

      Nunggu pindahan disik mas. smoga ku jadi pindahan :3

      Delete
  39. Masya Allah cakeeep banget pemandangannya.
    Tempatnya nyaman dan bersih ya kak.
    Harga terjangkau lah 10K utk masuk ke Posong.

    Kopi rasa tembakau...hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kak pemandangan alamnya ketje.
      Sebenarnya pemandangan alam seperti itu banyak juga ditemui di gunung yang lain.
      Salah satunya pemandangan alam di Delimas, kabupaten Magelang.
      Cuma bedanya kalau di taman ini areanya lebih tertata rapi dan bersih.

      Sebenarnya kalau Delimas di lereng gunung Sumbing itu digarap maksimal .. pemandangannya ngga kalah wouw.
      Ada satu spot yang bikin specless lihat pemandangannya, apalagi saat berkabut ..., super ketje.

      Delete
  40. Waduhhhh.... ini pasar atau kolom komentar sich... kok ramai sekali dari masa ke masa.ckckckckck.... kayak orang hajatan.hahahah....

    atau jangan - jangan komentator diatas adalah komentator bayaran yach....heheh..*bercanda*

    di kalimat diatas ada kata KAMI, Itu artinya Mas ada temannya donk kesana, tapi kok fotonya ngak ada ?

    hayoooo... kenapa tuch... ? hahahah

    Foto yang pakai baju Merah, kayak BOS Pemilik Villa,hahahah....kerennnnn.... !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciri khas blog ini kang, komentarnya RAMEEEEEEEEEEEE...
      Kayaknya, jarang ada artikel di blog ini yang komennya di bawah 100 hahahah

      Keren banget emang, terlalu banyak penggemarnya nih :D

      Delete
    2. @ Kang Nata =

      Wwwkkkkk ..
      Tembang Kenangan gitu, ...masa ke masa, kang ?.
      Ini bukan hajatan sunatan massal, kaaang .. tapi pasar tiban, gede~gedean sale diskonan wwwkkkk :D

      Hahaha komentator bayaran itu kayak penonton bayaran buat sorak~sorak bergembira nonton acara shooting biar kesannya rame ditonton pemirsaaaah gitu yaaa .. :D

      Fotonya ngga kusertain karena dia malu, katanya takut jadi tenar kayak akyuuu ..
      Hahaha , becanda loh ya :D

      Kang Nata loh ya yang bilang aku kayak bos pemilik villa ..., kuAMINiiii hehehe ;)
      Kelak kalau doa kang Nata dikabulkan aku jadi bos pemilik villa ...., kang Nata akan kuundang secara khusus menginap gratis plus semua makanan kutanggung selama .. seminggu full.
      Gimana, asik pedia betulan kaaan ? , hehehe :)


      @ Reyne Raea =

      Ada kok komentar postingan dibawah 100, kak Rey.
      Kebetulan saja ada yang dikomentari sebanyak itu, ngga selalu diatas 100 komentar hehehe :)

      Delete
    3. Mbak Rey 》 blog ini memang rame Mbak , apalagi pas mau tahun baruan...wuihhhh ramainya minta ampyunnn...banyak orang yg nyedot informasi dari sini.hahahah

      Hima 》 hahahahah.... ngakak dech baca komentnya..... sampai binggung mau koment apalagi..hahahah....

      Sesama Bos Villa jng saling Undang dech, ntar saling curi Ilmu...hahahah*ngayal dot com*

      jadi dia malu yach mas.?..malu atau mas yg malu ? ayoooh jujur..hahahaha. 😃😄😅

      Delete
    4. Hahahahaa ..
      Aku cuma bisa ngakak sambil gegulingan baca semua komentar balasan kang Nata ...
      Bisaan sih balas komentarnya kek gituuu ..
      Hadeuh :D !.

      Delete
  41. Waaa keyen banget pemandangannya kak himawant.. lebih keyen lagi spot foto yang kupu2 ih jadinpengen foto disana hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kak Vika.
      Sabar ya kesananya nunggu adik Cassie betah diajak jalan-jalan di pegunungam :)

      Delete
    2. Selain pgn foto di spot kupu2.. aku jd pengen coba kopinya.. nikmat yach kak?

      Delete
    3. Rasa kopinya unik gitu, kak Vika.
      Awal aku nyeruput kopinya rada kaget juga 'loh kok .. kayak gini rasanya' hahaha .. tapi setelahnya aku langsung suka.
      Terasa beda dengan kopi yang pernah kucoba selama ini.
      Semoga saja nantinya kopi khas Temanggung masuk store di Bogor, jadi kak Vika kesampaian ngerasain kopinya sebelum liburan ke Posong.

      Delete
    4. Hihi amin yra semoga bisa icip2 kak hinawant.. kalau engak tar nitip deh kak biar aku gk ngiler kak heheheeer.. aplagi kl unik bikin pengen lagi lagi dan lagiii

      Delete
    5. Baik, kak Vika.
      Ntar kapan kalau aku berkesempatan ke Posong lagi kubelikan kopinya biar mamanya baby Cassie ini ngga penasaran rasa kopinya kayak gimana :)

      Delete
  42. Hahaha. Kelewatan golden sunrise, jadinya ngopi deh. Tempatnya keren banget. Tapi kalau dari luar kota mau ke situ, harus nginep di sekitaran Wonosobo ya? (Kalau dari Jakarta, nggak mungkin berani nyetir mobil malem² lewat sekitaran situ. Serem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaahaha ..
      Tapi aku ngga menyesal parah ngga kekejar lihat golden sunrise, seengganya masih lihat sisa bias sinarnya kok, kak ..
      *Nulis gini menghibur diri biar ngga tambah kecewa*

      Nginep dipenginapannya bisa di kota Wonosobo atau juga di kota Temanggung, kak.
      Karena titik koordinat lokasi Posong ini berada ditengah kabupaten kedua kota itu, sama-sama jauhnya ditempuh dari pusat kota Wonosobo dan Temanggung.

      Delete
  43. Asli keren mas, jadi pengen liburan ke sana juga deh
    Oh iya itu kok foto dengan sayap kupu-kupu centil deh jadinya mas he he he
    Seperti biasa ulasan mas Himawan selalu menarik.. te o pe deh mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuah terimakasih sebelumnya buat opini, kak Monica Rampo yang selalu bikin angkat jempol setiap kali lihat karya fotografi kulinernya ..., plattingnya berkelas hotel bintang 5.

      Ada yang lebih centil gayaku daripada itu di spot kupu-kupu !. ... kkwwwkkk ..
      Tapi kupilihnya foto yang pose itu saja, bukan pose yang lainnya, takut ntar dikira pose alayyy :D

      Delete
  44. Saya pernah ke sini dulu tahun 2015 buat camp, masih sepi. Belum ada tulisan segede gaban begitu.
    Cuma ada gazebo gazebo aja. Itu spotnya bener bener keren buat hunting milky way, trus paginya juga syahdu buat nikmatin sunrise.
    Yang paling epic tuh dapet pemandangan sindoro sumbing ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih cerita pengalaman ngemping kak Kartika di Posong bikin tambah pengin kesana lagi.., terus malamnya mandangin milky way, subuhnya nonton sunrise.
      Sebenarnya disana sekarang ini ada tulisan Posong lebih dari ukuran gaban hahaha ..., tapi ngga kusertain di artikel ini, kak.
      Iya, pemandangan gunung Sumbing Sindoro epic banget ..., keren pisan :)

      Delete
  45. wah.. suka sekali lihat foto pemandangannya bang. yang lucu pas foto latar belakang sayap kupu-kupu. hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe :)
      Seingatku disana ada 3 spot kupu-kupu, mas.
      Semua ukurannya segede gaban gitu dan buat berfoto kudu naik panggung kecil.

      Delete
  46. Kopi saat ini lagi naik daun dan digeemari banyak orang. Wisata kebun kopi juga bermunculan di berbagai tempat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut senang baca infonya, wisata kebun kopi banyak bermunculan di banyak daerah.
      Ini tandanya jenis sektor pariwisata Indonesia semakin bertambah.

      Delete
  47. Pemandangannya sudah bagus banget tapi tulisan Posong itu kok mengganggu ya? Pasti nikmat banget dingin2 ngopi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya tulisannya ndak menggangu kok, hanya abangnya salah ambil sudut pandang untuk foto xixi

      Delete
    2. @ Lusi =

      Ada yang lebih besar ukuran tulisan Posongnya, kak.
      Adanya ditengah taman.
      Tapi ngga kusertain di artikel ini :)
      Tulisan suatu lokasi seperti itu memang lagi jadi tren, hampir di semua lokasi wisata ada tulisan besar begitu.


      @ abang Ichal =

      Aku memang sengaja berfoto di depan tulisan karena ngga mau menonjolkan tulisan itu, bang.
      Kalau aku berdirinya di pinggir pagar besi, yang fokus terlihat tulisannya.
      Lain cerita kalau aku diendorse untuk itu.

      Delete
  48. Keren,dingin-dingin ngopi,wah mantap,mandinya air hangat,wah tambah luar biasa,kerenlah pokoknya,kapan ya bisa liburan kayak akang ini,mudah-mudahan nanti saya bisa keliling indonesia juga,biar tahu rasanya negeri orang,he-he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin terlaksana keinginan mas untuk kesampaian keliling ke seluruh pelosok Indonesia.
      Doain aku juga, ya.

      O, iya ada saran sedikit buat kamu :
      Segera diganti profil G+ ke profil pengguna Blogger sebelum akun G+ resmi dinonaktifkan ya, mas.
      Aku sudah beberapakali berkunjung balik ke blognya mas tapi tidak bisa komentar karena aku sudah tak lagi pakai G+.

      Delete
  49. tamannya cantikkk
    aku suka
    duh duduk di situ asyik
    si ehem aku ajak ke sini deh
    wkwkw

    ReplyDelete
  50. Bagus banget nih lokasinya buat fotooo

    Pengen juga foto di sayap kupu-kupu itu huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ya kelak Aul kesampaian liburan ke Posong dan kesukaan Aul foto-foto terpuaskan disana :)

      Delete
  51. Banyak bgt spot instagenic, bagus2 bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya,kak Ursula.
      Areanya ditata bagus, sepertinya yang perlu dibenahi rute aksesnya.
      Bukan berbatu lagi tapi diaspal mulus biar wisatawan merasa nyaman.

      Delete
  52. Untuk menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan seperti ini memang butuh perjuangan ya. Tapi sayangny tidak dapat menyaksikan kemunculan si 'golden sunrise' karena telat tiba di lokasi hehe. Coba waktu itu Himawan pakai aksi ala ala superhero, pasti tiba tepat waktu, hahaha *bercandaaaaa*.

    Saya suka taman dengan pemandangan ke alam terbuka itu. Betul, setuju, seperti di belahan negara Eropa ya. Terutama kalau sambil ngopi (dan membaca!) aduhaiiii sedap parskali. Hehe.

    Menariknya karena tanaman kopi ini ditanam dengan sistem tumpangsari, jadi kopinya itu ada aroma-aroma tembakaunya. Jadi pengen coba hehe. Kemarin sempat rasakan kopi yang ada aroma dan citarasa brown sugar-nya di Komunitas Kopi Sokoria. Jadi mikir jangan-jangan juga termasuk tanaman yang sistemnya tumpangsari begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ..
      Iya ya semestinya ngebut ala~ala superhero kayak Batman gitu, ngebut melewati liukan jalan menanjak ..., tapi ooops takutnya malah nyungsep di aspal dan kena tilang polisi.

      Iya kak area taman terbuka itu pas banget buat nongki pagi hari atau sore hari sambil membaca atau menulis .., ditemani pula seduhan kopi.., uWaaah :).
      Tapi waktu itu aku ngga duduk disana karena kursi dan mejanya basah karena sisa hujan semalam :)

      Wah bisa jadi itu, kak ..
      Kopi Sokaria bercampur rasa cokelat itu juga hasil cara tanam tumpangsari, ditanam diantara tanaman kopi.
      Beruntung ya hampir di semua daerah di negara kita ini tanaman kopi mudah sekali tumbuh ... dan masing~masing daerah sanggup menciptakan rasa khas kopi.

      Delete
  53. Replies
    1. Absolutely, mr. Tanza.
      Ayok kita ngopi bareng :)

      Delete
  54. Asyiknya yang lagi menikmati kopi, hehehe.
    Dulu sempat heran dengan fenomena orang mengejar golden sunrise, saya pikir sama saja tuh. Matahari ya nongolnya pasti dari bawah ke atas, hahaha.
    Tapi, setelah melihat langsung proses kelahiran matahari di pagi hari via Bromo, ternyata memang menimbulkan sensasi unik yang bisa bikin rindu, terutama bagi pecinta keindahan alam. Semoga lain kali bisa menikmati golden sunrise di Posong kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe..,mari ngopi kak Qudsi :).
      Betul apa yang dikatakan kak Qudsi buat sebagian orang, khususnya yang belum pernah lihat langsung proses munculnya bola matahari dari tempat istirahatnya.., pasti membatin palingan ya biasa saja moment pemandangannya.
      Tapu setelah lihat langsung, bakalan jadi kayak ketagihan lihat lagi dan lagi :)
      Waah .. keren nih kak Qudsi udah kesempatan lihat sunrise di Bromo ..., pasti disertai acara menggigil ya, kak :)

      Delete
  55. Yah sayang ya kak nggak mendapat golden sunrisenya. Semoga next nya bisa dapet golden sunrisenya ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga, bli :) .
      Kelak betulan kekejar waktunya lihat golden sunrise.
      O, iya kalau di Bali nama spot sunrisenya apa ya, bli ?.

      Delete
    2. Kalau dibali spot sunrise ada di pantai sanur, puncak gunung batur sama pinggan

      Delete
  56. Ihh, bapak pasti kaya yah? Kerjaannya jalan-jalan muluk


    *iri*

    ReplyDelete
  57. Kerennn..😎
    Good Job Mas..👌
    Salam Blogger..👍👍👍

    ReplyDelete
  58. Bisa juga dibilang 3 in 1 yaa mas Tempat wisata, Taman untuk memadu kasih dan tempat cari inspirasi ...

    Contohnya spot golden sunrise Temanggung..😄😄

    ReplyDelete
  59. wow ijo royo royo pemandangannya
    nggak ngebayangin gimana dinginnya waktu pancaroba, soalnya dieng aja dinginnya kayak freezer lemari es

    ReplyDelete
  60. Lokasinya keren mase, pas buat berakhir pekan

    ReplyDelete
  61. Viewnya cakeepp.. Terus terang aku baru tau Posong disini. Noted, bisa jadi tujuan wisata selanjutnya. Tengkyuuu :)

    ReplyDelete
  62. Sepertinya cocok banget buat bulan madu kedua ini mas, tapi jalannya itu kenapa masih bebatuan ya mas, belum ada aspal, eman-eman destinasi secakep ini harus dilalui kurang nyaman...

    ReplyDelete
  63. The place looks great. Very green <3 I like it.

    ReplyDelete
  64. Kalau hangat giv akan memudahkan turis, semoga saja tempatnya kian terkenal. Mesti harus sering dipromosikan agar ramai dan berkembang. Dengan demikian kegiatan perekonomian petani sana menyejahterakamm. Kopi aroma tembakau mungkin disukai perokok, ha ha. Yah, semoga saja saya dan keluarga bisa ke sana meski entah kapan. Lagi meniti tjalan dengan blog dulu. Sudah ada tawaran kerja sama dari agensi, sayang belum bisa saya terima karena gawai tak menunjang. Takut ada gangguan dengan netbook jadi tak berani ambil risiko karena menyangkut profesionalismdd. Semoga beberapa bulan mendatang bisa segera beli tabletnya dan saya leluasa jelajah blog secara cepat. Ada banyak teman yang belum dikunjungi balik. Saya komen pakai ponsel. Bisa juga meski ribet karena harus centang ikuti lalu akan berubah layar agar bisa publikasikan pesan. Ha ha. Sebelumnya komen ini harus disalin dulu untuk jaga-jaga kalau gagal.

    ReplyDelete
  65. ah jadi inget dulu pernah rencana pas KKN ke sini nih, ke Posong. tapi sampe sekarang belum kesmpaian, huhu. semoga bisa kesana as soon as possible.

    ReplyDelete
  66. saya juga berencana melakukan trip ke beberapa tempat tapi saya tidak bisa menulis sehebat mas ini

    ReplyDelete
  67. lihat tempatnya saja sudah berasa ademnya sampai ditempat saya mas..
    hehehe..
    kayaknya kalau menginap disana, bakalan menggigil segigil-gigilnya mas..
    ga kebayang deh..
    haha..

    ReplyDelete
  68. Aq jadi pengen ke Temanggung... asalnya orang tua dari sana... tapi aku belum pernah ke Jawa... katanya di Temanggung dingin banget ya?

    ReplyDelete
  69. bukitnya memanjakan mata banget mas... kayak bukit teletabis yang bikin adeeem, hihi

    foto pakai sayap kupu2. lucu juga

    ReplyDelete
  70. wowwww temangung. aku belum pernah ke posong sih mas tapi kalau ke rumah keluarga di wonosobo kami suka singgah dulu di temanggung buat makan siang atau makan malam. enak enak temangung emang punya view cakep.semoga ada waktu mampir ke posong nanti ya:)

    ReplyDelete