Friday, February 1, 2019

Mengenal Lebih Dekat Koleksi Satwa Eksotis Mini Zoo Jogja Exotarium

Setelah beberapa waktu lalu aku tak sengaja 'bertemu' melihat sekawanan kupu - kupu terbang bebas dan mendarat bersembunyi berulangkali di sela - sela tanaman di sebuah lokasi wisata taman bebungaan di Magelang dan mengalami kesulitan mengambil gambar gerakan kupu - kupu karena saking gesitnya mereka berterbangan disana ... , terlintas dipikiranku punya keinginan untuk melihat beraneka binatang sekaligus bisa merasakan menyentuh langsung fisik mereka. 
Disatu hari, keinginanku itu kulaksanakan dengan mengatur jadwal berlibur ke Mini Zoo Jogja Exotarium.

Memang bolehkah koleksi binatang disana dibelai - belai manja gitu ?. 
Yups, boleh dong. 
Di taman seluas 9 hektar ini koleksi binatangnya diperbolehkan disentuh secara langsung fisiknya oleh pengunjung, tentunya cara menyentuhnya dengan penuh kasih sayang, ya ... .


Trip Of Mine
Berinteraksi langsung dengan kura - kura Africa atau Sulcata. 
Bobot dewasanya bisa mencapai 32 - 45 kilogram.

Staff pengelola di Mini Zoo Jogja Exotarium mengklaim semua satwa koleksinya telah jinak dan aman untuk diajak berinteraksi, tentunya dengan catatan sesuai prosedur yang berlaku dan dibawah pengawasan staff. 
Misalnya, nih seekor binatang yang terlihat sedang tidur pulas dikandangnya ..., eh# mungkin juga dia sedang bermimpi indah kali, ya ? ... *lol* , tetiba diusik dibelai - belai dan dibangunin buat diajak foto bareng sama kamu ... , pasti marahlah dia. 
Kamu aja juga bakalan ngambek, kan kalo lagi enak - enaknya sleeping beauty or sleeping handsome digangguin kayak gitu ? ... he he he.


Menurut pendapat para ahli, sih, katanya dengan seringkali menyentuh langsung fisik hewan memiliki manfaat baik untuk kepribadian dan kesehatan kita, diantaranya : menjadikan pribadi yang lebih baik atau tidak kasar, mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi resiko lanjutan seperti penyakit jantung dan serangan stroke.


Namanya juga kebun binatang mini atau mini zoo, jangan dibayangin koleksi hewannya mirip dengan koleksi hewan kebun binatang skala besar, ya. 


Trip Of Mine
Area lokasi dilihat dari area lain, terpisahkan oleh kali

Jangan sampai dibayangin di sana tuh ada binatang eksotik berkaki jenjang, Jerapah dari benua Africa atau juga ada singa, si kucing besar gagah perkasa tapi galaknya menakutkan itu ... .
Hmm , apalagi ada dinosaurus hidup segala ... , wwwkkwk ngaco, akh !. 
Ya, iyalaaah ... , hari gini ada dinosaurus, bisa kacau balau dunia kitaaa ... , yekan ? :) .

Lalu, koleksi hewan di Mini Zoo Jogja Exotarium apa saja, ya ?.
Ya, banyak juga koleksi hewannya, ada ratusan.
Mulai dari bermacam jenis ikan, burung, kuda, biawak, kura - kura, ular dan masing - masing hewan terdiri dari beberapa jenisnya.


Trip Of Mine
Gubug reptil 1

Tiap jenis hewan ditempatkan di area berbeda yang ditata mengikuti kontur tanah yang berundak seperti bukit dan terbagi menjadi 2 area besar, terpisahkan oleh sebuah sungai cukup besar dan melewati jembatan dengan pepohonan rimbun. 


Trip Of Mine
Kuda berwajah imut ini namanya Putra Agashi :)

Trip Of Mine
Lapangan kuda

Hewan pertama yang kusentuh kura - kura berasal dari Africa berada di kandang taman bersebelahan dengan kandang taman kelinci beragam jenis.
Kuhitung kura - kura disini ada 17 ekor, terdiri dari 3 baby kura - kura ditempatkan di kandang terpisah terbuat dari semen setinggi lutut orang dewasa dan 14 ekor kura - kura dewasa berukuran besar.
Ada 1 ekor kura - kura terlihat agresif mondar - mandir mengelilingi area tamannya. 

Tau ngga, saat aku berfoto dengan 2 ekor kura - kura dewasa itu, tau - tau si kura - kura agresif  bergerak cukup cepat berjalan mengarah ke belakangku ..., aku sampai loncat karena kaget. 
Rada seram juga dengar gerakan langkah berat kakinya diatas lantai semen, bunyi berderak kencang begitu ... .


Trip Of Mine
Eh#, kenapa ya si kura - kura satu ini agresif polahnya :D

Staff petugas yang saat itu terlihat membersihkan kandang sampai tertawa melihat aku loncat karena kaget, lalu dia menjelaskan para kura - kura berukuran besar dan tampak kuat ini ngga galak dan ngga menginggit, terkecuali saat memberikan makanan tangan kita berada terlalu dekat dengan mulutnya. 
Oh, mungkin saja si kura - kura agresif itu pengin kenalan lebih dekat sama aku kali, ya ... , atau tau -tau mendadak menganggap aku ttm - nya teman tapi menjengkelkan  ..., wwkkwk !.

O, iya untuk memberikan makan kura - kura di Mini Zoo Jogja Ecotarium disediakan pilihan sayuran kangkung atau kacang panjang dengan harga seikatnya Rp. 2. 000 ,_ . 
Cukup murah, ya ..., dengan harga yang sama dengan beaya parkir bisa berkesempatan ngelus - ngelus badan kamu, eh# maksudku badan kura - kura dan ngasi makan langsung kawanan kura - kura berasal dari Africa. 

Setelah dari taman kura - kura dan taman kelinci, kulanjutkan berjalan ke bangunan gubug Nocturnal. 
Didalam bangunan gubug beratap jerami kering itu ada hewan imut lucu dan saat ini sedang banyak digandrungi oleh para kolektor pecinta satwa, siapa lagi kalau bukan ..., sugar glider.


Trip Of Mine
Si imut sugar glider ditempatkan di salah satu tumpukan kandang disana 

Hewan berbulu halus dan berwarna krem pucat itu ditempatkan di sebuah kandang kecil dilengkapi hammock mini dan saat itu si sugar glider tampak keasikan tidur meringkuk pulas di dalam hammocknya. Imut banget kayak boneka :) .
Kandang sugar glider ditempatkan bertumpuk dengan hewan kelelawar, landak mini berduri warna putih susu dan tupai, dikelompokkan berada di tengah ruangan gubug.

Sementara beberapa jenis musang atau luwak ditempatkan di masing - masing kandang mengelilingi ruangan gubug, diantaranya : musang pandan, musang bulan, musang bali, musang akar jawa dan yang istimewa koleksinya ada musang albino.


Trip Of Mine
Musang albino

Musang albino warna bulunya sangat berbeda dengan warna bulu musang pada umumnya yang rata - rata berbulu warna gelap dan merupakan jenis musang sangat langka keberadaannya.
Dan harganya seperti yang tercantum di keterangan tertempel dikandangnya cukup wow ... , sekitar 25 jutaan untuk 1 ekor. !.
Ckckckk ... , seharga 1 buah motor matic model kekinian, ya :) .  

Gubug reptil 1 selanjutnya yang kumasuki, didalam sana ada sejumlah koleksi : 2 hewan iguana berbadan gemuk dan berbeda warna, biawak, kura - kura mini dan gecko yang hampir mirip dengan fisik tokek.


Trip Of Mine
Gecko.
Berasal dari Pakistan, India, Iran dan Afghanistan



Trip Of Mine
Iguana

Ada pula hewan yang hampir mirip fisik dan keganasannya dengan komodo, namanya tegu. Hanya saja ukuran fisiknya jauh lebih kecil daripada komodo.
Binatang pemakan daging dan agresif berasal dari Argentina ini ditempatkan di kandang berkawat dan didalam kandangnya dipenuhi sejumlah anak ayam sebagai santapan 3 hewan tegu.
Para tegu ini tak kalah agresif bergerak seperti para anak ayam sibuk kesana kemari mengitari kandang sambil terus ramai berkeciak mengeluarkan suara.
Sebenarnya aku ngga tega rasanya melihat para anak ayam imut menggemaskan itu siap ditelan bulat - bulat oleh para tegu ... .
Tapi apa boleh buat, ya ... , kan itu memang mata rantai kehidupan.


Trip Of Mine
Tegu berasal dari Argentina

Gubug reptil 2 letaknya berada paling sudut diantara gubug lainnya.
Ada koleksi hewan apa sajakah disana ?. 
Ternyata, hanya khusus diperuntukan sebagai kandang beragam jenis hewan ... , ulaaa ... ar !.
Ohh, sampai di gubug ini aku cuma berani berdiri di tengah ruangan gubug sambil berbincang dengan staff penjaga mengenai koleksi jenis - jenis ular, tanpa berani mendekati sekat kandang - kandang kaca penyimpanan hewan ular.
Ular - ular berukuran kecil ditempatkan di wadah plastik kecil berongga dan hampir kesemua koleksi hewan ularnya berukuran sebesar lingkar paha orang dewasa. 
Ada jenis ular phyton, sanca, kobra dan ... , anaconda !.

Whoaaaa ... , seumur - umur aku baru kali ini lihat langsung tampilan fisik ular terbesar di dunia berasal dari sungai Amazone dan terkenal dengan belitannya yang sangat mematikan itu.
Dan taukah, koleksi ular anaconda di Mini Zoo Jogja Exotarium ini baru berusia 5 bulan, itupun ukurannya sudah segede lingkar ular phyton dan juga ... , diklaim jinak diajak berfoto.
Memang, sih disana ada beberapa foto terpasang didindingnya, foto - foto para pengunjung berselfie dengan para ular.
Sementara aku cukup melihat langsung saja, tak pakai acara memotretnya dan menyertakan di post ini.

Selain dapat melihat koleksi jenis - jenis hewan, aku juga sempat masuk ke area florist tempat area penjualan bibit tanaman hias dan tanaman buah.
Cukup lengkap juga koleksi tanamannya.


Trip Of Mine
Golden Pheasant si burung cantik dari dataran tinggi Tibet, Chinna

Juga mengitari area burung, area kuda tunggang, spot belajar memanah atau Archery, area spot selfie, area budidaya ikan, area terapi ikan, kolam renang dan kolam ikan ganas dan berukuran besar, ikan arapaima.


Trip Of Mine
Area kolam renang

Rute termudah untuk pencapaian ke lokasi melewati jalan Kebon Agung tepat di sebelah terminal Jombor, kemudian lurus terus sampai bertemu di pertigaan jalan desa, ambil ke arah kanan dengan melewati lahan persawahan di kiri dan kanan jalan, setelah itu berbelok ke arah kiri melewati jalan perkampungan warga. Tak jauh dari situ, cukup mengikuti papan petunjuk jalan arah rute menuju ke lokasi.

Lalu di Mini Zoo Jogja Exotarium sempat berfoto dengan hewan apa, nih ?.
Ya, cukup foto bareng dengan kura - kura berukuran besar berasal dari Africa itu saja ... , he he he. 
Selebihnya memotret koleksi hewan - hewan yang ada disana, kecuali ular.


Lokasi :
Mini Zoo Jogja Exotarium
Jalan Magelang Km 8, Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tiket :
• Masuk area 10K
• Wahana perorangnya, diantaranya : naik kuda tunggang 15K, panahan 10K, terapi ikan 5K dan kolam renang 10K
• Kegiatan fieldtrip, outbound dan family gathering harga perorangnya disesuaikan kategori usia
• Kemah selama 2 hari 1 malam perorangnya dikenai 30K 
[Info harga dan kondisi diatas sewaktu - waktu dapat berubah]









198 comments:

  1. Koleksinya lumayan lengkap juga, anak-anak kalau diajak kesini pasti demen banget mas... Oiya, kura-kura yang ngejar itu jangan-jangan suka sama mas, jadinya agresif gitu... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, anak-anak bakalan suka diajak liburan ke lokasi ini, mas.
      Mereka bisa menyentuh langsung para satwa, mengendongnya juga boleh.

      Apaaa, kura-kura Africanya suka atau naksir sama aku ... ?
      Wwkkkwwkk ...
      Mau ngga yaa aku naksir balik dia, eh#?*

      Delete
  2. Wow membayangkan bertemu dan berinteraksi dengan anaconda,, aku jadi ngeri sendiri....hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ..., sama, maas Rifan :D
      Aku cuma berani lihat dan berdiri ditengah area gubug, ngga berani mendekat meski positif aman karena kandangnya terbuat dari kaca tebal dan diberi kawat untuk pernafasan si anaconda.

      Sesekali koleksi ular ini dikeluarkan dari kandangnya untuk diajak foto para pengunjung.
      Mau main-main bareng ular juga diperbolehkan hehehe :)

      Delete
  3. Lah, buset. Ini saya yang orang Jogja, baru tau dimana itu Mini Zoo Jogja loh wgwg, ternyata di Jalan Magelang ya ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulan nih mas Febri belum tau dimana lokasi tepatnya mini zoo iki ?.
      Wis lumayan deket sama terminal Jombor, mas.
      Cuma mlebu desanya rada jauh wwwkk :D

      Delete
  4. Lah kok aku baru tau ini mas wkwkw
    beneran,,
    disini apa ada penangkarannya juga mas?
    sampe ada musang albino juga nih,
    tiketnya murah jadi pengen ngerencanain kesini juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran belum tau lokasi ini, mas Aldhi ?.
      Kan mas di Yogya, udah deket loh :)

      Katanya sih nantinya disana ada penangkaran kupu-kupu, mas.
      Keren ya, jadi ntar lebih gampil, eh# gampang buat berburu foto bareng kupu-kupu :)

      Monggo kesana, mas Aldhi.
      Titip salam ya buat si kura-kura agresif ... wwwkkwkk :D

      Delete
    2. Iya mas beneran aku baru tahu,
      Wah apik kl ada penangkaran kupu2. Jadi berbagai jenis spesies bisa difoto nih.
      .
      Kura2 agresif nya bkin penasara haha..
      Ini zoo nya pnya pemerintah atau swasta mas?

      Delete
    3. Kalau gitu, cuuzzz ... besok mas aldhi off kerja meluncur kesana :) .
      Atau kalau ngga nunggu penangkaran kupu-kupunya sekesai dibangun dulu saja, biar lebih lengkap koleksi foto satwanya.

      Mini zoo ini milik pribadi, mas.
      Bukan kepunyaan pemerintah.
      Menurut penjelasan salah satu staff yang kuajak ngobrol, katanya milik dokter hewan bernama Drh. Sugimin.

      Delete
    4. besok rencana aku mau ke gunung bagus mas, ngisi liburan selasa nih hehe
      ikut ga mas?
      oalah pantes kl milik dokter hewan mah, udah pasti penyayang binatang, jadinya mini zoo ini emang bener2 tulus dibikin dari hati seprtinya ya mas?

      Delete
    5. Yah, aku tetap masuk kerja, mas.
      Gunung Bagus ?, dimana sih itu ?.
      Yang kayak bukit telletubies dan lokasinya di area GunKid itu ya ?.

      Ya, mas karena pemiliknya dokter hewan, kesehatan koleksi satwanya terkontrol baik.

      Delete
    6. IYa betul mas, yg di GUnung Kidul
      ini materi fiti udah ada, aku tinggal nyusun artikelnya,
      ngasah kemampuan nulis lagi nih hahaah

      Delete
    7. Wah, ternyata betul perkiraanku kalo lokasi gunungnya berada di GunKid itu :) ...
      Keren memang sih bukit itu, bisa kayak gundukan-gundukan besar begitu.

      Kutunggu ya artikelnya tentang gunung telletubbies itu ..., sambil berharap foto di lokasinya mas Aldhi ngga pakai kostum telletubies hihihi ..

      Delete
    8. Tepat sekali mas perkiraanya haha
      udah rilis dong mas hehhe
      belum bgitu sempurna haha
      yang penting ada infonya deh

      Delete
    9. Segera meluncur ke post bukit telletubbies kalo gitu, mas :)
      Penasaran hal tentang bukit yang lagi viral itu seperti apa ...

      Delete
    10. Gmn mas setelah liat? Ada rencana kesana?hehe
      Lebih rekomendasi lg ajak keluarga.. sekalian ke pantai Baron. Karena dkt banget sm bukit ini hehe

      Delete
    11. Kesan setelah lihat..., keren.
      Dilihat dari kejauhan kayak lukisan.

      Pengin sih kesana, mas.
      Tapi belum tau kapan, mengingat cukup jauh juga ditempuh dari pusat kota Yogya dan rute GunKid yang rada sulit ditempuh seorang diri jadi kendala tersendiri.

      Delete
    12. Cari asisten mas kl gt haha
      Bagus bgt pokoknya disana mas,harus kesana wajib
      Btw d magelang apakah ada yg serupa dgn ini mas?

      Delete
    13. Hahaha ..., cucok akh punya assisten :D.
      Belum kuat nggajinya ;)

      Ya, mas Aldhi kelak aku akan ke bukit telletubbies hehehe :).
      Maksud mas Aldhi lokasi yang serupa kayak mini zoo ini atau pemandangan alam seperti gunung Bagus itu, ya ?.

      Delete
  5. Tempat piknik seperti ini harus diperbanyak kang..
    Biar para blogger makin kreatif.. 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh#?
      Hehehe ... , benar itu, mas Indra.
      Dan kemudian kewajibannya pengelola wisata adalah bersinergi dengan para blogger untuk mempromosikan tempatnya ;)

      Delete
    2. Betul,,,saya saja yg sudah berumur 26 tahun masih sering ke kebun binatang,,,seru aja sih liat banyak binatang,,,sekarang kebanyakan mall mall,,,

      Delete
  6. Bintang aja kamu belai-belai dengan kasih sayang, mas. Apalagi pasanganmu #eaaa

    Lokasinya nggak terlalu jauh nih, bisa buat ajak ponakan wisata edukatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwwkkkwkk ..., kan udah semestinya begitu, mas .. , hidup ini harus penuh kasih sayang.
      Ceilaaah so sweeet :D

      Siip, mas Matius ajakin ponakan belai-belai anaconda yang jinak disana ;)

      Delete
  7. Murah juga ya tiket masuknya, cuma 10k sudah bisa melihat kuda dan kura-kura. Tapi sayangnya jauh dari Banten.😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya sayangnya jauh dari Banten.
      Semoga aja ya pengelola exotarium kelak buka cabang di Banten ..., jadi bisa ngusap-ngusap koleksi satwanya :D

      Delete
  8. bukan cuma binatang, manusia pun kalo lagi tidur, apalagi mimpi indah, mimpi yg wew malah pasti marah kalo kebangun xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixiixi ...
      Mimpi apa yang disebut mimpi 'wew' itu, yaaa :) ?.



      Delete
    2. mimpi yg membuahkan sesuatu pak wkwkwk

      Delete
    3. Ohh, ..., coba kucari dikamus apakah itu sebenarnya 'mimpi membuahkan sesuatu' hahaha ... :D

      Delete
  9. Nengok kura-kura lucu, musang lucu, kuda lucu, dan ngeliat tokek ga ada lucu nya sama sekali dooohhhh T.T

    Murah banget ya tiketnya 2.000 tok, udah bisa ngeliat satwa-satwa sekaligus, worth to visit ini mah apalagi sambil bawa anak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weeuuww, 2.000 bukan tiket masuknya, maaas ..., itu mah harga sayuran buat si kura-kura :p ..., pilihannya kangkung atau kacang panjang.

      Hahahaha .., takuut ya lihat tokek :D ?

      Delete
    2. oiya, tiketnya 10rb yak wkwkwkwk

      maap komen malam-malam jadi ngawur :))

      Delete
    3. Wwwkkkwkk ..., jangan sering begadang tengah malam tuh, mas ..
      Ntar ilang konsentrasi, looh ;)

      Delete
    4. tokek meskipun gk lucu, kabarnya mahal lho mas harganya katanya haha

      Delete
    5. Iya, sih katanya begitu ...
      Ada yang sampai puluhan juta segala.
      Tuh dirumahku banyak tokek, sampai geli ngelihatnya dan sering kuusir mereka ..., dengan cara kukagetin :D

      Delete
  10. Wah keren ini mas,,,sebenernya dengan koleksi hewan yang lumayan lengkap,,,tempat ini harusnya tidak menggunakan kata mini zoo hhhe,,,lha lumayan banyak e hewannya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Medium kali ya namanya, bukan mini .. hehehe :)

      Delete
    2. Hehehe iyaa ... :)
      Areanya saja seluas itu dan terdiri dari beberapa satwa dan jenis-jenisnya.
      Belum lagi nantinya ada penangkaran kupu-kupu juga.

      Delete
    3. Wah kalo ada penangkaran kupu kupu berarti akan ada pengankaran ulat dan kepompong juga mas hehehe

      Delete
    4. Bisa jadi tahapannya berlanjut begitu, akan ada budidaya kepompong dan buat produksi kain sutra :)

      Delete
  11. Ouw ada Mini Zoo Exotarium di Yogya?. Jadi ingat kemarin katanya nggak kesampaian memegang kupu-kupu di taman Ramadanu dan kini terobati sudah karena bisa memegang hewan-hewan lucu dan unik di Mini Zoo Exotarium.
    Aku suka ngelihat kura-kura gede itu kok unik luci dan menggemaskan. Wah ada kura-kura yang agresif ya sampai brader spontan loncatl Wkwkwkwk..

    Yang membedakan dengan kebun bunatang pada umumnya di mini zoo ini nggak ada hewan buas sama sekali ya? hampir semua hewan jinak-jinak merpati gitu? Wkwkwkwk.. Eh ada yang nggak jinak juga yaitu ular hehehe.

    Suka ngelihat burung golden pheasant, cantik.

    Mini zoo exotarium ini termasuk baru dibuka ya brader? Pengelolanya lokal atau asing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe gegara lihat kupu-kupu sebanyak itu di taman Ramadanu jadi muncul keinginan lihat satwa :).
      Dan kebetulan di mini zoo jogja exotarium ini satwanya bisa dibelai-belai manjaah :D

      Lucu ya kura-kuranya, kayak mainan.
      Semua anggota tubuhnya bersisik keras dan waktu berjalan diatas lantai semenan kenceng bunyinya, berderak2 gemeretak :D.
      Iya, aku kaget waktu foto dan nengok ke belakang tau2 si kura-kura agresif udah deket banget jaraknya sama aku ..., aku sampai loncat hahaha :D

      Pengelolanya sih bilang, koleksi jenis ularnya semuanya dijamin jinak buat diajak foto atau juga disentuh.
      Tapi aku ngga berani.
      Kayaknya sih sista berani nih megang2 ular ;)

      Beul, mini zoo ini masih gress.
      Baru saja diresmikan oleh GKR Hemas, istri sultan.
      Pemilik mini zoo orang lokal, sista.

      Delete
    2. Ouw gegara kupu-kupu yang nggak kesampaian itu jadi malah pingin ngunjungi dan membelai satwa lainnya ya? Untunglah terobati sesampainya di Mini Zoo Exotarium ini.
      Wah baca cerita tentang jadi kepingin aku menyentuh kura-kura gede dan ngasih makan juga, kayaknya asyik yaya nyentuh kura-kura lucu kayak mainan. Yang agresif itu mungkin jealous pingin diajak foto juga dan dibelai manjah seperti kura-kura yang lain. Oh ya yang dibelai itu kura-kura dewasa aja ya?

      Wouw.. Wouw.. Aku berani megang ular??? Oggah la yaw.. Kabuur
      ah.. Wkwkwkwk.. Bayangin ular aja aku udah bergidik..
      Katanya di lokasi ini ada ular Anakonda yang jinak? Serius? masa sich? Petugaanya bilang begitu?
      Kalau dipikir secara logika nggak mungkin ada ular anakonda yang jinak pasti jadi pemangsa apa aja.

      Ooh jadi bener ya mini zoo ini ternyata masih gress ya? dan diresmikan oleh Gusti Kanjeng Ratu Hemas istri Sri Sultan Hamengkubuwono X . Great.
      Destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi.
      Harga tiketnya murah 10 K sudah bisa melihat dan memegang satwa.

      Ooh jadi menurut para ahli menyentuh dan memegang hewan bermanfaat bagi perbaikan kepribadian dan kesehatan ya? bisa menurunkan tekanan darah, jantung dan stroke. Jadi semacam terapi juga ya? Nice.

      Btw ada musang albino unik banget. Musang itu sama dengan luwak atau beda brader?

      Kudanyanya kecil ya lucu. Pingin nunggang kuda tarifnya murah . Tapi kudanya kecil apa kuat ya ditunggangi pengunjung yang badannya agak gede? Kasihan kudanya.

      Delete
    3. Penginnya sih waktu itu berkesempatan nggendong baby kura-kura, ngga cuma ngelus2 kura-kura dewasa saja.
      Cuman kok ngga tega ngelihatnya, karena masih kecil2 (segede 2 telapak tangan) dan ditempatinnya di kandang tersendiri.

      Oouww ..., ternyata takut ular juga, yaa hahaha ...
      Kirain berani :D !.
      Kalau berani nyentuh ular, kan bisa foto selfie sama si anaconda ;).
      Kata pengelolanya sih, jinak.
      Tapi meski begitu, aku juga ngga punya nyali foto meluk2 ular.
      Sst, kata mbak petugas jaganya bilang, kalau tubuh ular itu terasa dingin saat dipegang dan kayak mainan plastik.

      Betul, musang adalah luwak.

      Kuda yang untuk kuda tunggang ada yang berkuran besar, warnanya putih mulus.
      Sampai ekornya juga ikutan berwarna putih.
      Dilihat mirip kuda sembrani.
      Tapi ngga kufoto, soalnya waktu itu sedang merumput diikat tali pengaman agar ngga kabur jalan2 syantik sendirian tanpa petugas mendampingi wwwkkwkk ..

      Delete
    4. Ooh iya ya kalau baby kura-kura kecil jadi rapuh kalau dipegang. Nggak nyangka ya baby kura-kura yang sebesar 2 telapak tangan kalau dewasa jadu kura-kura yang ukurannya besar jadi unik dan menarik.
      Beda kura-kura dan penyu itu dari sisi apanya ya brader?

      Oouw.. Iyaaa pastinya aku takut sama semua ular, meski kata mbak petugas kalau dipegang badan ular akan terasa dingin seperti ular plastik. Aku sich ogaah nyentuh ular. Wuii bergidik bayangin ular, apalagi ular jenis anaconda dari sungai Amazone. Wah bayi ularnya yang umur 5 bulan aja sudah segede ular biasa dewasa, ntar kalau sudah dewasa segede apa ya anaconda itu? Ngeri banget jadi ular raksasa.. Wuih..! Kalau ular naga barobgsai nggak galak ya ? Ceritain dong tentang kisah barongsai brader? Hehehe..:)

      Ooh jadi kuda untuk tunggangan untuk pengunjung itu kuda yang ukuranukurannya lebih besar dan tinggi ya? I see..
      Ouw.. ada kuda putih buat ditunggangi? Wah kuda putih itu pasti cakep banget dan keren ya mirip kuda sembrani. Jadi pingin naik kuda putih seperti di dalam buku cerita anak-anak kecil hehehe..

      Btw di Mini Zoo Eksotarium ini ada hewan reptil sebangsa komodo yang namanya Tegu. Si Tegu ini namoak buas ya mangsanya anak ayam yang ditelan bulat-bulat, kasihan nasib anak ayam.

      Oh iya katanya ada bibit tanaman ya? Wah menarik aku suka dengan tanaman apalagi kalau bibit tanaman buah. Pingun bercocok tanam buah di pot. Ada ikan juga ya? Wah lengkap ya isinya di mini zoo uni. All in one.. :)

      Delete
    5. Oh, tempurung baby kura-kura ngga rapuh dipegang, kok.
      Aku ngga teganya pengin nggendong mereka buat berfoto karena saat itu lama kulihatin mereka lagi terus sibuk makan.
      Takut gangguin acara sarapan mereka, jadinya ngga foto bareng mereka :)

      Waah, kalo kisah legenda barongsai dan liong (ular naga) di mitologi negara Chinna itu aku kurang tau persisnya gimana, tapi sekilas kuingat-ingat ..., kalau barongsai itu makhluk Kilin makhluk penjaga suatu tempat untuk mengusir hal2 jahat.
      Sedangkan liong atau ular naga itu tunggangan dewi Kwan Im.

      Iya, betul area wisata edukasi ini termasuk komplit fasilitasnya dan ngga masang tarif mahal untuk mencoba wahana2nya.

      Delete
    6. Ooh jadi baby kura-kura itu nggak rapuh ya tempurung nya kuat hehehe... Hanya brader nggak tega ganggu acara makan baby kura-kura jadu nggak brrfoto bareng mereka. Oh ya..terus apa ya perbedaan kura-kura dan penyu brader? 2 hewan tsb sekilas sama tapi nyatanya beda ya? Aku nggak bisa bedakan penyu dan kura-kura dari segi fisiknya.

      Oouw cerita legenda Barongsai tsb terdiri dari Barongsai dan Liong. Ternyata Barongsai itu mahluk Kilin ya? Aku kira Barongsai itu naga ternyata bukan beda. Liong yang ular naga. Masing - masing punya arti dan fungsi sendiri-sendiri. Liong adalah kendaraan atau tunggangan Dewi Kwan im. Mahluk Kilin untuk mengusir roh-roh jahat. Aku ngerti sekarang filosofinya. Makasih sudah berbagi cerita legenda barongsai brader.

      Wisata Mini Zoo Eksotarium ini memang sip ya tarif tiketnya terjangkau, nggak mahal, naik kuda tarif nya 15 KK, aku akan pilih naik kuda putih sembrani hehehe..

      Nggak hanya hewan pada umumnya hewan unik pun terdapat di mini zoo ini,
      Sugar glider itu aku kurang jelas gambaran hewannya bagaimana.., hehehe..

      Sampai sekarang aku belum kesanpaian lihat hewan panda secara langsung. Panda hewan yang lucu dan menggemaskan tapi sayangnya nggak bisa hidup di Indonesia ya?



      Delete
    7. O,iya perbedaan antara kura-kura dan penyu itu kalo ngga salah seperti ini, sista ...
      Kura-kura hidupnya lebih dominan di daratan, sedangkan penyu lebih dominan di dalam perairan laut.

      Ntar kalo sista kesampaian liburan ke mini zoo, nyoba naik kuda tunggang putih bisa jadi pilihan.
      Pasti keren hasil fotonya.

      Iya, habitat panda dari daratan Chinna itu terbilang sulit bisa beradaptasi di Indonesia krn du Chinna ada salju.
      Sekarang kalo pengin lihat langsung satwa berbadan tambun dan punya lingkaran hitam dimatanya itu, kita bisa lihat di taman safari cisarua.

      Delete
    8. Ooh jadi pembedanya itu dari tempat tinggalnya ya kalau kura-kura dominan stay di darat sedangkan kalau penyu tempat tinggalnya dominan di air dan di laut. I see.. That's why di hampir semua kebun binatang umumnya banyak terdapat kura-kura ya,? Sedangkan hewan penyu nggak ada.
      Di Jatim Park 2 juga terdapat kura-kura gede-gede banget tapi pengunjung nggak bisa memegangnya. Kalau hewan buas seperti macan, harimau kandangnya terbuat dari kaca tebal sehingga pengunjung bisa mendekati dan memotretnya dengan jelas.

      Iya ntar kalau kesampaian ke Mini Zoo Eksatorium someday aku ingin nunggangi kuda putih bersih jadi nanti kalau dipotret hasilnya iibarat lagi nunggangi kuda,sembrani. Wah pasti oke fotonya ya hihihi.. Semoga kesampaian.

      Oh iya habitat Panda daro China pasti kesulitan beradaptasi dengan iklim Indonesia yang tropis. Panda harus tinggal di lingkungan yang selalu dingin ya seperti daerah yang bersalju. Kalau terkena panas pasti nggak akan kuat ya pandanya.

      Panda yang dikirim dari China ke Indonesia ini pasti biaya maintenance nya mahal sekali ya mungkin kandangnya /rumah Panda di taman Safari Cisarua Bogor harus full AC 24 jam penuh foreverafter demi untuk kelangsungan hidup Panda hitam putih yang lucu itu.


      Delete
    9. Nah, menyebut JatimPark2 tempat satwa2 keren itu aku pengin banget kesana ...
      Sayangnya waktu itu aku ngga sempat ke JatimPark2.
      Sama seperti cerita dari sista, adik dan ponakanku juga cerita disana ada beberapa kandang satwanya terbuat dari kaca tebal, jadi lihat gerak-gerik satwanya berasa sangat dekat.
      Dan ingat cerita lucu tentang mereka nyaris dicium satwa sejenis unta saat mereka naik kereta melewati kandang .. hahaha :D.
      Sista pernah ke JatimPark2 ya ?.
      Foto sama satwa apa saja disana ?.

      Bisa jadi, rumah panda pinjaman dari Chinna itu dilengkapi alat pendingin AC ya .., kalo ngga tubuh bongsor si panda kegerahan dan mereka sibuk ngelap pakai handuk terus *lol* hahaha ...
      Cuma denger-denger info tiketnya mahal buat nonton panda cakep itu dan lama waktunyapun dibatasi.
      Kalo ngga salah, perorangnya ngga boleh lebih dari 5 menit.

      Eh, iya juga ya ...
      Berfoto naik kuda putih dilengkapi kostum kayak di cerita dongeng, jadi kesan fotonya kayak di dunia antah berantah :)

      Delete
    10. Ooh iya ya sayangnya saat travelling ke Malang brader nggak sempat ke Secret Zoo Jatim Park2. Wah aku ngerasa guilty nich jadi bikin ingat lagi ya sama Jatimpark? Maaf ya brader aku nggak maksud begitu aku hanya sekedar cerita aja. Iya seperti cerita adik dan ponakan brader, kandang satwa buas terbuat dari kaca tebal dan tinggi, hingga para pengunjung yang berjalan di sekitarnya bisa berfoto di dekat kandang kaca transparant tsb. Aku pertamanya kaget setengah mati pas jalan dekat sekali dengan lokasi tsb, ada macan kumbang hitam tinggi gede banget berjalan di dalam kandang sambil matanya sesekali melihat ke arah pengunjung. Meski dibatasi kandang kaca aku kok ngeri ya lihatnya.. Hiii.

      Ooh iya ya dulu brader pernah cerita kalau adik atau ponakannya brader nyaris dicium unta saat melintasi naik kereta memberu makan. Wah unta nya nakak ya? Kalau aku yang ngalami mungkin sudah teriak-teriak ketakutan. Untung aku saat itu nggak sempat naik kereta tsb.
      Wah iya aku sadar sekarang dulu nggak punya dokumentasi foto bareng satwa di Jatimpark2. Aku dulu tahun 2013 belum punya android saat ke Jatimpark2 jadi bawa ponsel biasa jadul. Jadi motretnya pakai ponsel kakaku yang datang dari Serang liburan lebaran dengan keluarganya ke malang. Aku ingat difoto bareng ponakanku cuma di dalam museum hewan purba, sedangkan sama hewan asli aku nggak berfoto sama sekali. Wah nyesel kwadrat dech aku.. :( Jadi Kudu ngulang lagi nich ke jatimpark2 supaya punya dokumentasi foto satwa-satwa di sana.

      Iya kemungkinan besar kandang/rumah panda di taman Safari Cisarua Bogor itu dipasang full AC 24 jam kalau nggak si gendut Panda itu bisa kegerahan luar biasa basah keringat ntar bisa habis handuk berapa lusin untuk ngelap nya? Wkwkwkwk..
      Ouw.. Tiket nonton panda hitam putih itu cukup mahal dan dibatasi hanya 5 menit? Wah sebentar banget ya? mungkin karena biaya maintenance nya mahal ya?

      Iya bener kalau kesampaian berfoto nunggang kuda putih berkostum apa ya? Wkwkwkwk.. Kayak dari negeri antah berantah alias negeri dongeng. Yang penting bisa naik kuda putih di Mini Zoo Eksotarium yang keren ini.:)

      Delete
    11. Ngga apa-apa, sista :).
      Aku malah teringatkan kelak JatimPark2 lokasi wisata yang wajib kudatengin saat liburan ke Malang lagi hehehe ...
      Atau kalo ngga kita janjian saja kompak barengan ke JatimPark2 gimana ? ..., syukur2 bisa temu darat dengan teman2 blogger dari Malang :).
      Kan kereen bisa foto bareng macan kumbang dari balik dinding kaca atau juga jadi sasaran 'dicium' unta saat naik kereta .. hahaha :D

      Sista berkostum ala puteri cinderella atau tinkerbell saat naik kuda putih di mini zoo :)

      Delete
    12. Oh, ya? Nggak apa-apa ya jadi ke inget Secret zoo Jatim Padk2? Hehehe.. Okelah kalau begitu.
      Yes right Good idea brader.. Oke.. kapan-kapan suatu saat semoga aja kesampaian beneran kita bisa kompak untuk janjian bareng ke Jatimpark2 kelak. Iya benar siapa tahu bisa jadi tempat kumpul bareng para blogger di secret zoo. Aku pingin buat dokumentasi banyak dengan satwa-satwa unik di Jatimpark2 yang dulu belum sempat aku buat.

      Delete
  12. Tegu, binatang yang baru saya kenal namanya. Sepintas memang mirip komodo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, mas ..., fisik tegu hampir ada kemiripan dengan komodo.
      Mungkin, perbedaannya ukuran fisik komodo jauh lebih besar, ya ...

      Sama seperti mas DB, aku juga baru kali ini lihat satwa tegu.

      Delete
  13. Replies
    1. Hehehe ..., tapi kura-kura disini ngga pakai masker merah dan ngga punya senjata tongkat :)

      Delete
  14. Terimakasih, Himawan, sudah mengulas tentang Mini Zoo Jogja Exotarium yang biaya masuknya murah sekali cuma 10K serta wahana-wahananya yang juga murah ... ayeee saya mauuuu naik kuda tunggang cuma 15k! Dan panahan! Asyiknya bisa buat kemah juga. Hmmm Hmmm satu lokasi, banyak kesenangan hehe.

    Kalau di Mini Zoo Jogja Exotarium tidak ada dinosaurus, ke blog saya saja, pasti ada dinosaurus wkwkwkw. Sesekali ngelus dinosaurus setelah merasakan sensasi mengelus kura-kura (Afrika). Yang jelas, tidak ada musang berbulu domba ya, adanya musang albino *ngikik*.

    Saya paling suka melihat gambar Golden Pheasant si burung cantik dari dataran Flores. Eh dari tinggi Tibet, Chinna. Cakep sekali burung itu.

    Terakhir, soal quotes:
    Menurut pendapat para ahli, sih, katanya dengan seringkali menyentuh langsung fisik hewan memiliki manfaat baik untuk kepribadian dan kesehatan kita, diantaranya : menjadikan pribadi yang lebih baik atau tidak kasar, mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi resiko lanjutan seperti penyakit jantung dan serangan stroke.

    Setuju 100%!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih juga kak Tuteh udah menyempatkan mampir ke post tentang taman satwa ini.
      Mari kita cintai satwa ;)

      Terjangkau semua tiketnya ya, kak ..., pengin rasanya sekali waktu nyobain bermalam di kemah disana kayak gimana rasanya, terus pagi harinya naik kuda tunggang :)

      Aku mauuuu .. ngerasin ngelus-ngelus dinosaurus di blognya kak Tuteeeh, pengin tau rasanya kayak gimana ... hahaha ..., :D.
      Musang berbulu dombanya ngga ada,kak ...
      Katanya, sih bulu dombanya belum dicukur .. xixixii ..

      Idem, aku juga setuju dengan pendapat para ahli,
      sesekali berinteraksi langsung dengan satwa, banyak manfaat baik buat kesehatan mental dan kesehatan fisik kita.

      Delete
    2. Mari cintai satwa karena mereka adalah makhluk ciptaan Tuhan yang perlu 'dibimbing' supaya tidak pup sembarang, misalnya :D qiqiqiqiq. Aduh kekucingan saya mana yaaaa *pamit nyari kucing* :D

      Delete
    3. Wwwwkkkk ..., hadeuuh kira-kira sulit ngga yuaaa ngelatih tegu biar ngga pup sembarangan :D

      Salam buat si kucing kesayangan kak Tuteh ;)

      Delete
  15. Test..coba comment mumpung seblm 2 April..😁
    Travelling ke bonbin Mas..?!
    Ati2 flu burung..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Test berhasil ;)
      Wwwkkkwkk ... , aman-aman saja kok, kak.

      Delete
  16. Ngeliat kudanya jadi ingat game Harvest Moon Back to Nature hahaha :))
    Seru sekali sepertinya liburan di mini zoo nya mas. Saya udah lama nggak ke kebun binatang. Kayaknya di kota tempat tinggal saya, Pekanbaru, sekarang udah nggak ada lagi kebun binatangnya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaaha ...
      Eh, betul juga ya kalo tampilan si kudanya mirip sama kuda di game Harvest Moon ...
      Jangan-jangan memang dia yang jadi ilustrasinya :D

      Sayang banget ya, di Pekanbaru kok ngga ada lagi kebun binatangnya.
      Di Yogya ada 2, mas ..., satunya bonbin Gembira Loka yang udah lama eksistensinya dan yang mini zoo ini baru saja dibuka.

      Semoga ya di Pekanbaru sarana kebun binatangnya diaktifkan lagi.

      Delete
  17. Wah, boleh banget nih. Kapan-kapan kalau ke Jogja mau ke sini juga ah. Oh ya, landak mini itu maksudnya landak susu alias hedgehog bukan? Saya ingin nyoba pegang landak susu, karena katanya lebih lembut dibandingkan landak biasa yang keras kayak duri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul, si landak susu itu si hedgehog, kak Dyah...
      Wajahnya imut banget dan durinya soft,ngga tajem.
      Ukuran tubuhnya juga cuma sekepalan tangan.

      Delete
  18. Saya baru tahu kalau Kita menyentuh hewan dapat menjadikan pribadi yang lebih baik atau tidak kasar, mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi resiko lanjutan seperti penyakit jantung dan serangan stroke. mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pembuktiannya yok kita rajin menyentuh hewan, mas Dzaky.
      Itu mas Dzaky kebetulan juga penyuka kelinci (foto profilnya) hehehe ...

      Delete
  19. Woow!! Menakjubkan sersa berada di kebun binatang.. Dan bukan itu saja seolah kita berada didua dunia..😄 Antara taman yang indah dan tempat berkumpul satwa unik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ...
      Tapi bukan kayak lagi berada di dunia antah berantah ya, mas :D ?

      Delete
  20. Yang baru saya lihat dari gambar diatas adalah hewan Gecko..Itu sejenis thokek atau biawak mas...


    Asalnya dari Pakistan mempunyai kulit coklat kemerah-merahan..Sepintas mirip thokek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gecko sejenis tokek, mas Satria.
      Ukuran tubuhnya juga nyaris mirip seukuran dengan tokek.

      Delete
  21. Koleksinya lengkap juga ya..cocok lah buat jalan jalan keluarga...apalagi sambil naik kuda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, mas Dwi.
      Anak-anak pasti suka diajak liburan kesana soalnya ngga cuman sekedar lihat tampilan fisik satwanya tapi juga diperbolehkan menyentuh.

      Delete
  22. jadi bkan cuman lihat lihat hewan hewan ya mas tapi bisa juga di pegang kayak kura kura dengan tiket 10 rb..murah dan menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kak.
      Kak Ledy juga diperbolehkan menyentuh, menggendong atau melukin ular ... , asalkan berani hehehe :)

      Kalau kak Ledy berani sama ular, mencoba berfoto dengan ular anaconda ..., biar unik hasil fotonya dan tampil beda karena jarang kan punya kesempatan berfoto dengan ular terbesar di dunia itu.

      Delete
  23. ku kira ada singa juga mas yang bisa dielus-elus, dibelai-belai terus diajak foto.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi ...
      Nunggu singanya didatengin dulu dan nunggu dulu giginya udah ompong kali yaak ...., baru bisa dielus-elus, kak Thya ... :)

      Delete
  24. Wah seru banget bisa main ke Mini Zoo yang ada di Jogja. Aku dari dulu pingin ke sana cuma belum kesampaian aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setauku mini zoo juga ada di beberapa kota, selain di Yogya ini, kak Anisa.
      Coba disearching info lokasinya yang terdekat dengan kota kak Anisa tinggal :)

      Delete
  25. Halo Mas Himawan, sudah berholiday ke mana saja nih, wah sepertinya aku ketinggalan jauh ya. heheh... walaupun mini zoo taapi banyak ya hewannya. Aku jadi ingin nyobain terapi ikan, murah gitu hanya 5K hemmm....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga, kak Ajeng :)
      Kak Ajeng akhir-akhir lagi sibuk study ya, kak ..., kulihatin kok jarang nongol di blog.

      Iya, kak kebetulan di area mini zoo ini wahana2nya ngga banderol tiket tinggi buat kita nyobain.

      Ssst, di salah satu sudut kota Yogya ada loh terapi ikan gratis.
      Adanya di lokasi suatu parit di tepi jalan raya besar.
      Hampir tiap hari banyak orang ramai-ramai terapi ikan disana hehehe ...
      Jadi sambil terapi ikan, kita ngliatin rame lalu lintas :)

      Delete
  26. Kalau wisata kaya gini paling cocok ngajak anak kecil ya mas, bisa buat edukasi...
    ehh tapi saya juga suka ding :D
    ..
    Apalagi sama kura-kuranya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo dijelajah areanya dan nggendong kura-kura Africa atau satwa lainnya, mas Eksa ;)

      Eh#, atau kalo ngga .. , ntar disana foto bareng sama si ular terbesar didunia, anacondaaaa ... hehehe :)

      Delete
  27. Nyoba posisi di bawah ah, masak di atas terus...

    Koleksi Satwa Eksotis Mini Zoo Jogja ...woow.. Pasti Adminya barusan kasono toh ...heemmm iya kan pergi nggak ajak ajak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Asnaji sih diajak travelling bareng ngga pernah mau...
      Coba kalo mau, kan mas Asnaji bisa foto bareng anaconda :)

      Delete
  28. koleksinya lumayan lengkap ya mas bahkan bisa di bilang lengkap walaupun namanya mini zoo dan yang membuat saya tertarik dari artikel ini bawa kalau kita sering berinteraksi sama hewan atau binatang kita akan menjadi tidak kasar alias lemah lembut hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe semoga quotenya bermanfaat untuk bekal informasi kak Devina dan kita-kita semua.
      Mari kita semua sayangi hewan :)

      Ya, kak koleksinya kebun binatang mini cukup lengkap.
      Satu satwa terdiri dari beberapa jenisnya.

      Delete
  29. Kalau lihat alamatnya, dekat dg rumahku nih. Tapi aku belum pernah kesitu & belum pernah dengar. Mainnya kurang banget nih. Tapi aku memang kurang suka kebun binatang krn bau. Kecuali di jatim park krn kebanyakan ada pembatas kaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oyaa, lokasi mini zoo ini udah dekat banget dengan rumah kak Lusi ....
      Wah tau gitu waktu itu aku mampir sekalian saja ke rumah kak Lusi yaa ...
      Sambil silaturahmi juga lihat hasil karya-karya kerajinan tangan keren kak Lusi.

      Kuperhatiin area satwa di taman ini ngga bau kok, kak.
      Kebersihannya dikontrol cukup baik oleh staffnya.
      Iya nih aku belum kesampaian ke Jatim Park khusus animal :(

      Delete
  30. Wahh ak pernah banget nih kesini nih, tempatnya sejuk banget dan banyak banget hewan didalamnya, pada siang hari gitu.. Dan salah satu nya saya abadikan di sosial media wuehe, eksis dikit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aseeeek ...
      Mas Bepe pernah ke mini zoo ini :)

      Aku intip ya sosial medianya mas Bepe, pengin tau gaya eksisnya mas Bepe ..., siapa tau jadi inspirasiku buat bergaya selanjutnya :D

      Delete
    2. Wkwkwkwk siap mas, saya jugaa jalan jalan kemana mana terinspirasi dari blognya mas :v

      Delete
    3. Oh, hehehe
      Saling terinspirasi namanya nih kalo gitu ;)

      Tapi ngomong-ngomong nama akun sosial medianya mas Bepe apa ya ?.
      Kucari-cari belum ketemu :(

      Delete
  31. Mksih gan atas kunjunganya, saya hadir untuk kunjung balik. Dan ijinkan saya memfollow blog sobat yang keren ini. Templatenya bagus bnget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, mas Budi.
      Terimakasih ya kunbalnya juga follow blog saya :).
      Waktu yang tepat sebelum akun G+ resmi ditutup hehehe.
      Saya akan followback blognya mas Budi.

      Delete
  32. musangnya cantik banget. kok jadi inget drama korea Gumiho ya lihat itu. hahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ...
      Jadi teringatkan drakor :D

      Sayangnya si musang albino itu saat difoto masih ngantuk.
      Semalam habis begadang katanya :;

      Delete
  33. termasuk cukup lengkap juga koleksi hewan disini, sugar glidernya pewe banget sihhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa .. aku saja juga sempet nahan ketawa lihat kandangnya sugar glider kok ..., dilengkapi hammock mini segala.
      Serasa deh dia liburan dipantai :D

      Delete
  34. Gak janjian nih mas. Minggu kemaren saya ada di Yogya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaah, BD ngga ngabarin sih kalo ke Yogya ...
      Kalo ngabarin, kan bisa foto bareng ular anaconda ;)

      Maksudnya, BD yang megang badan ularnya ..., sementara aku lihat dari kejauhan.
      Hasil fotonya seolah aku betulan di dekat ular, padahal nggaaaa ... wwkkwwk :D

      Delete
    2. Wwwwkkkkk ...
      Kata petugasnya badan ular dipegang itu rasanya ..., kenyal dan dingin kayak mainan plastik, loooh ...

      Masaaaa BD ngga mau megang sih :D ?

      Delete
  35. sumpah aku baru tahu, wah boleh nih kapan2 ksana jg hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Joe Candra =

      Halo, apa kabar mas Joe ?.
      Lama ya baru nongol lagi di blogku hehehe.
      Coba mas Joe ajak mas Aldhi liburan ke mini zoo ini ..., dan kalian berfoto bareng dengan ular phyton atau anaconda :)


      @ Aldhi Fajar Maudhi =

      Ayook ajak mas Joe barenag kesana, mas :)

      Delete
    2. Mas joe udah kuracunin biar pindah ke jogja mas hahaha

      Delete
    3. Semoga racunnya mempan sakti mandraguna ...
      Dan ujug-ujug betulan mas Joe boyongan pindah ke Yogya .. wwwkkkwk :D

      Delete
  36. wkwkwkwwk, untung kura-kuranya ga minta ikut pulang, minta gendong pula hahaha

    tempat ini cocok banget buat anak2, tapi mamaknya kayak saya takut, paling geli ama hewan reptil, ngeri aja gitu rasanya.

    Padahal ya hewannya gak ngapa2in ya, saya aja yang ngeri sendiri

    Asyik banget nih kalau menurut saya, harganya terjangkau, anak2 bisa berinteraksi lebih dekat dan lebih bisa mengenal hewan2.

    Another place yang kudu di notice nih kalau ke Jogjah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhuahahhaa ... syereem ajaa kalo kura-kura agresif tetiba merengek minta gendong ikutan pulang kerumah, kaaaak .. :D.
      Bakalan kerepotan ngelus2 terus nurutin permintaannya ... ;)

      Hahaha ..
      Ternyata kak Reyne punya ketakutan yang sama sepertiku, merinding disko lihat ular.
      Ularnya ngga ngapa2in, kitanya yang heboh sendiri ..., padahal cuma lihat doang. Nyentuh juga ngga :D

      Siip, kak Reyne kapan ke Yogya bareng keluarga, lokasi wisata ini dimasukin ke daftar liburan.

      Delete
  37. Ya ampuuun. Lucu-lucu banget binatangnya mas. Ngga tau kenapa di kota saya di Makassar ngga ada tempat seperti itu. Padahalkan Makassar termasuk kota besar juga. Biasanya suka ngiri sama teman-teman di Jawa sana bisa main ke kebun binatang. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, sayang banget ya kak kota Makassar sebesar itu kok belum ada fasilitas wisata kebun binatang ..., semoga tak lama lagi di Makassar dibangun sarana edukasi satwa seperti ini.

      Delete
  38. Kekebun binatang
    Lihat yang jarang
    Timbulkan rasa senang
    Andai dekat ku ajak adik2 datang

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak hanya senang
      Lihat binatang
      Tapi juga riang
      Berkesempatan ngelus-ngelus binatang

      ;)

      Delete
  39. Baru kali ini mas, di artikel ini, sepi penampakan empunya blog. hanya 1 tok "the handsome man with hat" munculnya... Hehehehe. Saya malah belum pernah ke exotarium mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh, mimpi apa ya semalam ..., tau-tau baca komentar begitu dari mas Adi hehehe :)
      Terimakasih opininya, mas.

      Fotoku di artikel ini cuma 1 soalnya saat itu puanaaaas banget cuacanya, mas ... kayak mau pingsan.
      Jadi ngga konsen secara maksimal buat foto2 diri di lokasi ... wwwwwkkkk :D

      Delete
  40. Mungkin kura-kuranya pengen diajak foto bareng atau lagi lapar dan berharap dikasih makan, ha ha. Saya juga bakal kaget jika digitukan. Saya tertarik pada tambahan hiburannya, konsep bonbin yang ditambah atraksi penunjang itu akan memikat pengunjung. Apalagi ada panahan. Keren banget. Konsep tempat wisata yang mengedepankan keluarga lebg diminati, apalagi jika dengan piknik alam terbuka.. Yogya beruntung punya tempat demikian, tiket masuknya murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha .. , bisa jadi si kura-kura agresif cembokur pengin diajak selfie juga, kak.
      Buru-buru menghampiri aku, ingin gabung selfian juga ... :D

      Adik Palung pasti suka banget diajak liburan ke lokasi seperti taman mini zoo ini, kak.
      Semoga ya dalam waktu dekat kak Rohyati dan keluarga kesampaian liburan kesini.

      Delete
  41. Saya pegang binatang berbulu takuuuut. Tapi kecoa gak ! Hahaha . Duh.. pingin sih berinteraksi langsung. Tapi udah takut duluan. Kecuali pegang ular sih berani. Tapi yang lainnya ? Hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuuaah .. , ini berarti kak Ewa ini punya keberanian berbeda dengan rata-rata orang, yaa :)
      Kereeen ..., berani bersentuhan dengan ular.

      Ntar kalo pas ke mini zoo ini, berfoto bareng dengan ular anaconda atau phyton ya, kak.
      Terus fotonya disertain di artikel atau juga dishare di sosmed ;)

      Delete
  42. hewanya kecil-kecil ya mas seperti nama kebun binatangnya :D, sebenernya ada beberapa hewan yang udah sering kita denger namanya, seperti udah gak asing, tapi belum lihat bentuknya langsung, jadi cocok banget kalo liburan dateng kesini hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas Khanif ..., ukuran badan hewan paling gede cuman kuda :).
      Ntar kapan ada waktu liburan, coba ajak keluarga ke mini zoo ini untuk lihat dan nyentuh langsung satwa yang namanya sudah ngga asing tapi belum sempat dilihat itu, mas.
      Jinak-jinak satwanya, katanya sih gitu .. tapi aku cuma nyentuh kura-kura doang :D

      Delete
  43. mini zoonya sampai 9 hektar cukup capai juga loh mas kalau jalan keliling....
    Sungguh mengasyikkan bisa berinteraksi secara langsung dgn beberapa binatang seperti kura2, ah pasti jadi bikin pengin berlama-lama disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga cuma cukup capai saja mengelilingi kesemua areanya saat itu, mas Aris.., tapi juga terasa puanas cuacanya bikin kulit kayak terbakar hahaha :D.
      Sepertinya kunjungan pagi hari atau menjelang sore kesana lebih tepat, mas.

      Ajak si kembar bermain-main sama kelinci dan kura-kura asal Africa disana, mas :)

      Delete
  44. Ternyata saya ketinggalan informasi. Terima kasih informasinya. Jadi ingin berlibur ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga kok, ngga ketinggalan informasi, mas Anam :)

      Kapan punya waktu liburan, silahkan ke mini zoo ini, mas.

      Delete
  45. Ternyata Indonesia memang benar-benar kaya. Bahkan ada khazanah yang belum banyak diketahui.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sependapat.
      Indonesia punya banyak banget jenis pilihan wisata dan rasanya ngga ada habis-habisnya buat dieksplore kesemuanya.
      Kerennya lagi, wisata Indonesia akhir-akhir ini makin banyak diminati wisatawan lokal dan mancanegara.

      Delete
  46. Jadi penasaran, ada tim peneliti juga gak mas? Mana tahu bisa dikembangbiakkan, lalu dibuat alamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengenai ada ngganya team peneliti di lokasi, aku ngga paham, mas.
      Mungkin ada juga, ya ..., mengingat taman satwa ini kepunyaan seorang dokter hewan.

      Delete
    2. Punya dokter hewan.. Saya pikir punya pemerintah atau badan peduli alam.. Bagusnya juga ide dokternya..

      Delete
    3. Iya, mas.
      Tadinya sebelum aku berangkat ke lokasi ini, ngertinya juga kepunyaan pemerintah.
      Tapi setelah ngobrol dengan staff disana, baru kuketahui kalau mini zoo ini kepunyaan pribadi.

      Menurut penjelasan staff, koleksi satwa2 disana dirawat sejak kecil dan terbiasa bersentuhan dengan orang, jadi kesemua satwanya jinak.
      Dan ada salah satu kura-kura sudah berusia 25 tahun, loh ...

      Delete
    4. Wih panjang juga umur kura-kuranya sampai 25 tahun.. Salut sama dokter hewannya..

      Salam mas sama dokter hewannya, hehehe..

      Delete
    5. Semoga dokter hewan pemilik taman ini ikut membaca pesan salam dari mas Ridsal :)

      Delete
  47. saya ingatkan itu komodo... rupanya lain... nampaknya saya harus pergi ke pulau komodo kelak ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barengan yok ke pulau Komodo, kak ..., aku juga belum pernah nih lihat komodo secara langsung :(

      Dulu di kebun binatang Ragunan, ada kandang komodo.
      Tapi kutungguin lamaaa didepan kandangnya ..., mereka ngga nongol-nongol juga.
      Entah lagi pada ngapain mereka ..., cuman sembunyi dibalik semak-semak.

      Delete
    2. mungkin itu komodo betina. dia malu mau jumpa sama mas... hahahahaha

      Delete
  48. duh.. jadi pengen kesana deh tar nunggu wisuda saya kesana hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip, mas ...
      Hehehe :)
      Lebih baik fokuskan akademis dulu biar nilainya oke punya, setelah itu barulah holiday ..

      Delete
  49. kudanya kok kurus-kurus yah, kasihan`

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin, eh# ini mungkin loh, yaaa ... , kudanya yang dilapangan kelihatan kurus bodynya itu lagi ..., jalani masa program diet penurunan berat badan hihihii ... *lol* ;)

      Delete
  50. Saya domisili Jogja dan asli Jogja tapi gak tahu tempat ini. Memang dasarnya saya kurang piknik ini mah. Matur nuwun atas informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami-sami, kak Riza.
      Semoga post ini buat bekal informasi liburan kak Riza ke mini zoo.
      Ntar disana foto bareng anaconda ya, kak ...
      Hehehe :)

      Delete
    2. piknik mas biar gk disangka kuper sama udik, minta diajak sama mas himawan coba hehe

      Delete
    3. Wwwkkkk .., husssh .. aku bukan yang ngomong loh, yaaa ... :D

      Nulis gini sambil melirik ke mas admin Intan Sudibjo ...

      Delete
  51. Hewan2nya lumayan lengkap ya untuk ukuran minizoo, terus lihat dari tiket masuknya masih termasuk murah, belum lagi bisa naik kuda dan bisa outbound lagi, di Medan sil kebun binatang tapi yah begitu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kak aku juga sependapat kalo harga tiketnya termasuk terjangkau.
      Moga aja setelah diulas begini, lalu harga tiketnya ngga dinaikin hihihi ...

      Loh, kenapa sih kondisi kebun binatang di Medan, kak ?.
      Coba aku searching lokasinya ..., jadi penasaran pengin lihat kondisinya.

      Delete
  52. Kalau jalan-jalan ke kebun binatang, bagian ular pasti akan saya lewatkan. Merinding lihatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa ...
      Hahaha :D

      Padahal ularnya ngga ngapa2in, kitanya yang begidik sendiri ngelihatny.

      Delete
  53. Kura2 nya alpa di situ x, jd agresif.
    Dl smpet kepikiran pny kura2, piara biar bsr, spy suatu saat bs naik ke atas punggungnya, sprti adgan di kera sakti.

    Cb piara kura2 brazil sdh mw 10tahun x, eh gde ny paling hny sbsr mangkok sup #gubrak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih kura-kura agresifnya naksir saya, eh* ..., hahaha :D

      Wuiih ..., mas Chris pengin pelihara kura-kura terinspirasi dari kisah Sun Go Kong ... hehehe :)
      Coba sekarang pelihara kura-kura jenis dari Africa kayak di mini zoo ini, mas ..., siapa tau jadi segede kulkas bodynya ... xixixi

      Eh, iya kura-kura di mini zoo ini ngga boleh didudukin, mas.
      Ada tulisan larangannya, katqnya gini : 'sayangilah satwa dengan tidak menaiki atau menunggang kura-kura'.

      Delete
  54. Mantap ni kura kuranya keren bangat.. apalagi liat iguananya ya kak.. hihii bikin merinding gtu... ak agak serem liat iguana kaya cicak raksasa hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslinya, body iguananya gede, kak ... pasti kak Vika lebih merinding lihat aslinya daaan .., langsung pengin ngajak iguana hijau berfoto bareng kak Vika hahaha :D

      Ntar kalo betulan foto bareng iguana, hasil fotonya disertain di artikel ya,kak ;)

      Delete
  55. Oh kirain kayak di Ragunan Jakarta, semua hewan ada. Enak bisa berinteraksi langsung dan membelai hewan di sana. Terus belai mantan di sana ada juga kah?? *Eh ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelengkapan koleksi satwanya berbeda dengan kebun binatang besar sekelas Ragunan, mas.
      Eh, tapi di Yogya juga ada kebun binatang sebesar dan selengkap Ragunan, namanya Gembira Loka.
      Kelebihannya Ragunan, tiket masuknya murmeeeer .., kalau tiket Gembira Loka lumayan tinggi, mas.

      Wuuakakakaaa ...
      Si mantan lagi belai2 yang baru (pastinya).
      Mantan udah kubuang ke tong sampah ...
      Kertas bungkus bekas gorengan kali aaaakh dibuang ke tong sampah hahhaahaa !!

      Delete
  56. Baby kura-kuranya lucu... tapi ga selucu yang punya blog ini sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh ...,
      Aku langsung tutup wajah pakai selembar daun pisang buat nyembunyiin wajahku yang memerah ..., maluuuu ...
      Hahahhaa :D

      Sabar ya baby kura-kura ...., kalian lebih imut lucu daripada wajahku, kok ...
      Ngomong gini sambil lihat ke cermin xixixi ...

      Delete
  57. Wah dari dulu pengen ada kuda tapi gak kesampaian mas. Kira-kira kalo beli kuda berapa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ya ntar aku tanya2 info harga kuda itu berapaan ..., hehehe.
      Soalnya aku ngga tau, mas.

      Duluuu waktu aku masih TK sih, papaku pernah pelihara kuda.
      Tapi dipeliharanya bukan di perkotaan tempat kami tinggal, melainkan di desa nenek buyut.
      Sesekali kami tengokin kesana.

      Lingkungan rumah mas Tri apa memungkinkankah buat memelihara kuda ?.
      Soalnya makanan utamanya rumput, loh :)

      Delete
  58. Replies
    1. Kemarin sudah kucoba menghapus dan menonaktifkan akun G+ tapi kok ngga berhasil ya, mas Tanza ?.
      Muncul tulisan begini : 'tidak tersedia'.
      Entah apa itu maksudnya.

      Delete
  59. Wiiiihhh.... padahal aku baru aja berkunjung ke Kampung Dolanan Magelang tuh. Bareng anak2 Mts 4 Jakarta rombongan 320 orang kira2. Tapi kita ga ada rute ke Mini Zoo Jogja ini. Luas banget 9 Ha ya, bisa buat gathering juga. Masuknya 10K mayan murah ya. Kapan2 mampir ke sini ah, siapa tau ketemu penjaganya aka Mas Hino hahahaha :) Eh just kidding :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeiiiii ..., gitu yaa ngga ngasi kabar nih kak Nurul liburan ke Magelang.
      Dan aku keduluan sama kak Nurul udah liburan ke Kampung Dolanan di Sodongan dekat candi Borobudur huhuhu :( ...
      Katanya disana ada koleksi mainan yoyo dalam jumlah ratusan dari berbagai daerah di Indonesia ya, kak ?.

      Baiklah,
      Ntar kalau tau kak Nurul dan keluarga akan ke mini zoo ini ... aku akan nyamar jadi staff petugs.
      Kupakai kumis tebal biar ngga ketahuan dan berada di dekat kak Nurul, kumis palsuku baru kubuka ... biar kageeet .. hahaha :D

      Delete
  60. saya paling senangdengan kura-kuranya mas ,kalau reptil aduh agak geli gitu lihatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ..., reptilnya cukup dipandangin aja, ya :)
      Kalo ngga, berfoto dari kejauhan dan diatur jarak fotonya jadi terlihat seolah berada dekat betulan dengan reptilnya.

      Delete
  61. Horses have an apparent freedom...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luckily the horses in this park are well maintained and provided the field is wide enough for them to adapt like in the wild, Catalin.

      Have a nice day :)

      Delete
  62. Balik lagi disini sekedar meninjau, kog belum update lagi sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah balik lagi ke post ini, sobat Budi.
      Post baru belum diupdate lagi, masih dalam penggodogan hehehe :)

      Delete
  63. Asiknya dielus

    Eh*

    kwkwkwkwkwkkwwk

    Waaah
    Bedanya di sini binatangnya lebih kecil dan lebih jinak yaa dibanding regular zoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh# ...
      Hahahahaa ...
      Hayooo Aul lagi bayangin ngelus2 siapa tuuuh :D ?

      Yups, betul koleksi satwa disini ukuran badannya lebih kecil dibanding koleksi satwa di kebun binatang.
      Dan kelebihannya satwanya jinak2.

      Delete
  64. Replies
    1. Iya, kak Reskia :)
      Sayangnya saat itu si musang albino lagi tidur.

      Barangkali ntar kak Reskia pas datang ke mini zoo ini, musang2nya lagi terlihat aktif ya.

      Delete
  65. Hiyyy ngebayanginnya ngeri juga kalo ditomplok kura-kura segede gitu. Aku pernah liat yg lebih kecil, itu aja geli liatnya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ...
      Tapi kura-kura asal Africa di mink zoo ini wajib kak Lia ajak foto bareng saat kesana ...
      Jarang loh kak kita bisa foto bareng kura-kura seperti ini di lokasi taman satwa lainnya ;)

      Delete
  66. wahh baru tau ada mini zoo gitu, taunya cuma gembira loka aja aku mas. nanti beberapa bulan lagi, ajak-ajak dolan yo mas. insyaAllah aku pindah ng jogja lagi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapp, mas eh# uda Rahmat :)
      Semoga keinginan uda Rahmat terkabulkan ya.

      Iya, uda .. mini zoo ini masih terbilang gress, baru saja dibuka.
      Peresmiannya akhir tahun kemarin.

      Delete
  67. Memang keren ya Mini Zoo Jogja ini Mas, bisa bikin kenal hewan lebih dekat, bisa juga media pembelajaran di alam bagi anak-anak, biar mereka tidak hanya kenal hewan itu dari gambarnya aja, tiket masuknya juga terjangkau 10Kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sependapat dengan komentar mas Rustam, kelebihan dari mini zoo ini mengenalkan ke anak-anak dan berinteraksi secara langsung ke satwa.
      Tiketnya juga dibanderol terjangkau untuk kalangan luas.

      Delete
  68. kalau ular saya nyerah mas, lebih baik menyingkir, apalagi yang anaconda..
    ga dah..
    hehehe..

    burung yang dari tibet itu menarik mas, pengen foto disampingnya,
    hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tooosss ..., kalo gitu, bli.
      Kita samaan hahaha :D.
      Aku juga nyerah berdekatan atau juga menyentuh ular, pernah punya pengalaman trauma dengan ular masalahnya, bli.
      Apakah bli Eka juga pernah punya pengalaman traumatis dengan ular ?.

      Oh, kesengsem dengan tampilan burung golden pheasant ya, bli :) ?.
      Memang cakep burungnya, ukurannya juga gede :)

      Delete
  69. kalo aku pengen liat kura kurany aja lah bang ,
    konon katanya kalo melihara kura kura si mepunya bisa berumur panjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu filosofi dari Tiongkok ya, mas Dhio ?.
      Aku juga pernah dengar kisah tentang pelihara kura-kura dapat berusia panjang dan memperlancar rejeki.

      So, bagaimana kalo gitu ..., hmm .. kita ikutan pelihara kura-kura juga hehehe :)

      Delete
  70. tegu itu bukannya bahan utama pembuatan gula ya kak? *krik krik* LOL.

    btw seru banget keliling kebun binatang dengan harga yang relatif murah, walaupun dikata cuma 4hektar, ya kali kalau jalan juga bakal capek ini kan?

    aku menantikan lho update foto ama ularnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwwwkkkk ...
      Kayaknya sih tegu dan tebu tuh ..., sepupuan gitu, sama-sama bahan utama pembuatan gula *lol*

      Ogaaaah ..., aku milih pura-pura pingsan aja kalo disuruh foto bareng ular hahaha ... :D.
      Kak Icha aja yang kutunggu foto bareng ular di post berikutnya ..., eiiits ..., tapi ular betulan loh, yaa.
      Jangan pakai ular-ularan plastik wwwkkkkkk !

      Delete
  71. Wah, aku awal Feb lalu baru dari Magelang ke Kampung Dolanan. Mini Zoo ini sepertinya cocok juga buat tour anak2 ya. Hewan2nya juga jinak ga gahar2 gituh hihihi. Murah juga HTM nya dan naik2 lain. Bisa seharian di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kak Nurul ..., area kebun binatang mini sebetulnya lebih difokuskan untuk edukasi anak-anak, tapi bisa juga untuk acara orang dewasa kayak gathering gitu.
      Semoga setelah banyak dikomentari harga tiketnya murah, lalu buru-buru dinaikin deh harga tiket sama pengelolanya xixixi ...
      Cukup segitu saja harganya agar terjangkau semua lapisan.

      Delete
    2. Deket lho ini dari rumahku...tp kok ya aku blm pernah mampir ke sini...

      Ada kulinerannya kan ya? Besok ah, njajan makan aja deket sini

      Delete
    3. Laah, ho'oh tow rumah kak Tri deket sama lokasi mini zoo exotarium ini ?.
      Sebelah mananya,kak ?.
      Hayuuk liburan kesana kalo gitu ..., kan udah deket dan juga tiket masuknya ngga pasang tarif mahal hehehe :)

      Ada resto didalam areanya, kak.
      Model bangunannya pakai bambu gitu ..., juga ada table2 bertenda di halaman tamannya.
      Namanya Lembah Mundu Resto.

      Delete
  72. Wah seru banget sih tempatnya..
    Mas kalo bisa gambarnya lebih yang full HD dong, biar aku bisa termanjakan dengan gambar2 pemandangan disna..

    Blognya bagus, sayangkan kalo gambarnya ngeblur..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maz Adhi.
      Terimakasih masukannya, ya.
      Kadang kepikiran juga buat nampilin foto full HD buat artikel, cuma kepikiran juga takut loading blog jadi lemot, mas.
      Gimana ya, mas :( ..

      Delete
  73. ternyata lebih lengkap koleksi binatangnya Mini Zoo Jogja Exotarium dibanding ragunan kali ya. selain itu tempatnya juga tertata lebih rapi dan indah. kalau dibanding tempat saya jauh mas... dan sekarang kebun binatang aja udah tutup. jadi kalau mau melihat satwa eksotik ya bertualang dihutan kalimantan. mantab!!!

    ReplyDelete
  74. h em, biasa ini, kalau ada rusa, kelinci atau binatang yg jinak dikasih makan, biasanya sepaket ada yang jual makanannya juga.
    anak anak suka kalau ngasih makan binatang

    ReplyDelete