Thursday, October 11, 2018

Keindahan Alam Telaga Menjer, Memesona

Lokasi Telaga Menjer berada di ketinggian 1300 mdpl di badan gunung api purba Gunung Dieng, tepatnya terletak berada di desa Maron, kecamatan Garung.
Memang telaga seluas 70 hektar dan memiliki kedalaman sekitar 50 meter ini bukanlah terletak berada di kawasan Dieng Plateau, kabupaten Banjarnegara, tetapi lokasinya berada di kabupaten Wonosobo. 
Kedua kabupatennya masih cukup jauh untuk ditempuh.

Gunung Dieng membatasi 2 kabupaten, kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo. 
Kegiatan erupsi vulkanik Gunung Dieng pada jutaan tahun silam, telah menganugerahi bentang kekayaan wisata alam eksotik dan menawan di kedua wilayah di kabupaten Banjarnegara dan di kabupaten Wonosobo.


Trip Of Mine
Telaga Menjer, telaga terluas di Gunung Dieng, kabupaten Wonosobo

Tercatat terdapat 7 telaga berada di gunung Dieng, yaitu : Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Cebong, Telaga Dringo, Telaga Merdada dan Telaga Menjer yang kudatangi kali ini setelah berlibur menikmati sensasi berendam air panas belerang di Panguman Kali Serayu.

Baca juga : https://www.tripofmine.com/2018/10/panguman-kali-serayu-kolam-onsennya.html


Rute pencarian lokasi mudah diketemukan

Telaga Menjer merupakan lubang kepundan kawah yang berukuran sangatlah besar, terbentuk dari letusan gunung api purba, gunung Dieng. 
Luasnya kawah mampu menampung curah hujan dan sumber - sumber mata air di sekitarnya. 

Hingga suatu saat pada masa penjajahan Belanda dahulu, kolonial Belanda berencana membuat pusat pembangkit listrik tenaga air. Sayangnya pasokan debit air telaga saat itu tak mencukupi untuk keperluan pembangkit listrik tenaga air, maka kolonial Belanda berinisiatif sebagian aliran Kali Serayu di dekat desa Jengkol dibendung untuk dialirkan ke Telaga Menjer melalui terowongan bawah tanah sekitar 7 kilometer ke telaga, dan selanjutnya air Telaga Menjer dialirkan ke Pusat Listrik Tenaga Air atau PLTA Garung yang letak posisi areanya berada di bawah telaga, berjarak tempuh sekitar 2 kilometer.

Untuk menuju ke lokasi Telaga Menjer, rutenya kutempuh melalui jalan utama Wonosobo ke Dieng di Jalan Dieng Km, lurus terus sampai tiba di wilayah Garung dan terlihat papan informasi penunjuk lokasi di sebelah kanan jalan.
Setelah itu berbelok ke arah kiri melewati gerbang jalan bertuliskan  ' PLTA Garung ' yang tepat dengan keberadaan lokasi pasar.
Di pertigaan jalan, berbelok ke arah kanan dan tak lama setelahnya melewati depan lokasi PLTA Garung. 
Kemudian perjalanan dilanjutkan melalui jalan berkelok - kelok, mengikuti kontur tanah khas pegunungan.


Trip Of Mine
Gedung PLTA Garung

Takut kesasar arah ? ..., tak perlu.
Karena sepanjang perjalanan di beberapa titik lokasi jalan akan terlihat pipa berukuran besar dan panjang berwarna hijau seperti badan ular naga ..., kadang terlihat ditanam berada di bawah permukaan jalan raya dan kadang terlihat juga di titik badan jalan selanjutnya pipa ditempatkan sejajar dengan badan jalan, tepat di pinggir jalan.
Diameter ukuran pipanya sekitar 3 meter.


Trip Of Mine
Pipa PLTA diameternya besar seperti ular naga

Rada kaget juga,sih lihat pipa sebesar itu ukurannya ..., sambil mengendarai kendaraan aku membayangkan seandainya ..., itu betulan seekor monster ular naga dan bergerak mengejar aku ..., hooowaaaa ..., apa jadinya diriku ini selanjutnya, ya ?. Ha ha ha lebay maksimal bayanginnya, deh !.

Ikuti saja jalan yang terlihat pipa berukuran besar itu, sampai bertemu di persimpangan jalan, berbeloklah ke arah kanan. 
Tak jauh setelahnya melewati jalanan yang sedikit menanjak, sampailah akhirnya di area parkir Telaga Menjer dan di persimpangan jalan menuju ke lokasi wisata Bukit Cinta dan lokasi wisata Bukit Seroja.


Naik rakit, pesona alam Telaga Menjer semakin terlihat memesona

Dari kejauhan di halaman parkir yang dilengkapi deretan beberapa warung makan, pemandangan keseluruhan telaga memang tak terlihat, hanya tampak rerimbunan pohon diselimuti awan putih tebal.
Selain itu ukuran papan nama lokasi Telaga Menjer dibuat dalam ukuran kecil terpasang di atas gapura kayu, berukuran kalah besar dengan spanduk penunjuk arah lokasi wisata Bukit Seroja berwarna merah mentereng yang dipasang di sisi gerbang masuk ke telaga.


Trip Of Mine
Gerbang masuk area Telaga Menjer.
Pemandangan telaganya tak kelihatan, kan ?

Kecilnya ukuran papan nama lokasi dan silaunya terik matahari saat itu ikut menyamarkan pandanganku dan membuatku sedikit bingung sebenarnya dimana lokasi telaga terluas yang berada di Gunung Dieng kabupaten Wonosobo ini berada.


Aku : " Bu, dimana sih sebenarnya lokasi Telaga Menjer itu ..., disitu bukan ? "
 Ibu : " Betul,mas. Ya disitulah lokasinya. Kenapa, bingung ya ?. Memang datang dari kota mana ?. Kok sendirian datangnya ?, pacarnya ngga diajak ? "

Glooodaaak  ... , !.
Ditanya dimana tepatnya lokasi telaga, malah balik tanya pacar segala macam nih ibu penjaga warung ... , bikin illfeel deh jadinya.
Ngga tau aja, kalau aku ... , #ng ... , jomblo maksimal ha ha ha.

Setelah memasuki gerbang kayu, mulai dari situlah pemandangan keseluruhan keindahan Telaga Menjer terlihat terbentang di depan mata ... , memukau !.


Trip Of Mine
Keindahan alamnya seperti lukisan hidup

Aku sempat berdiri terdiam tertegun beberapa detik melihat telaga yang terletak di bawah.
Area telaga nyaris berbentuk bulat sempurna, dikepung melingkar oleh perbukitan hijau dan Gunung Dieng tinggi menjulang berada di belakangnya saat itu bagian puncaknya sedang tertutup awan putih tebal, tampak seperti mahakarya lukisan hidup.
Pemandangan rakit melaju di atas telaga semakin membuat pemandangan jadi terlihat lebih dramatis.


Trip Of Mine
Menakjubkan pemandangan Telaga Menjer, ya ...

Kuturuni jalan setapak ke arah telaga, sambil vlogging he he he ... , dan dari pinggir telaga bapak pengemudi rakit memanggil - manggil aku dari jarak cukup jauh untuk menawarkan ikut gabung tidaknya naik rakit mengelilingi telaga dengan pengunjung yang lain yang tampak terlihat sudah berada di dalam rakit siap berangkat.
Bapak pengemudi rakit juga meneriakkan ' Ayo ikut, mas. Cuma lima belas ribu, kok. Murah '.


Trip Of Mine
Deretan rakit warna - warni

Tentunya tawaran menarik itu segera kusetujui, daripada sengaja memilih menyewa sendiri naik rakit kan mahal he he he ..., dan aku bergegas mendekati rakitnya, gabung dengan 2 remaja pria, 3 ibu muda dengan 2 bocah balita.


Trip Of Mine
Gabung naik rakit dengan pengunjung 

Tak pakai lama, rakit berangkat mengelilingi telaga dengan suara mesinnya cukup memekakkan telinga, dibarengi celoteh dan ketawa - ketiwi seru ibu - ibu muda.
Celoteh mereka bikin aku ikut ngakak dengarnya dan suasana langsung jadi akrab.
Berulangkali kami semua bergantian selfie dan vlogging di atas rakit yang melaju pelan sekitar 45 menitan.

Naik rakit, pemandangan di sekitar Telaga Menjer semakin terlihat memesona ... .
Tebing - tebing batu kokoh, beberapa keramba penangkaran ikan dilengkapi rumah terapung, aktivitas pemancing di sekitar telaga, aktivitas petani berkebun, area spot selfie terapung berupa susunan bambu dirakit jadi satu dicat berwarna - warni jadi pemandangan indah dan berkesan mengitari telaga.


Trip Of Mine
Spot selfie terapung


Trip Of Mine
Spot selfie di area atas.
Disana terdapat beberapa pilihan spot selfie digunakan untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan Telaga Menjer dari ketinggian


Lokasi :
Telaga Menjer
Maron, Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa - Tengah

Tiket : 
Rp. 5. 000 ,_ [ tiket masuk ]
Rp. 15. 000 ,_ [ perorang naik rakit, gabung dengan pengunjung lain ]
Rp. 150. 000 ,_ [ sewa rakit dengan muatan 10 - 12 orang ]


94 comments:

  1. Wouw telaga Menjer ini cukup dalam ya? 50 M ? Namun menarik dan cukup bikin penasaran juga ya?

    Wkwkwkwk... pas lagi bingung mana lokasinya teris nanya sama seorang ibu. Dan si ibu warung balik nanya..dan Glodaaakk.!!! pertanyaan si ibu yang rada kepo bikin illfeel hahahaha...

    Wah asyik tuch naik rakit rame-rame bareng pengunjung . sambil menikmati pemandangan telaga Menjer.Sambil ngeVlog ya? hehehe..
    Murah ya tiket naik rakitnya.. Viewnya indah udaranya juga seger karena terletak di daerah pegunungan Dieng.. Sip.. Mantap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,betul.
      Telaga Menjer hasil bentukan lubang kepundan kawah sangat besar dan dalam.
      Dilihat dari ketinggian,tempat area gerbang yang dilengkapi spot selfie ..., luas banget.

      Hahaha .., ditanya lokasi malah berentet pertanyaan kayak pelor senapan lagi meletus deh ๐Ÿ˜…
      Bikin glodaag hati.

      Kebetulan saat itu aku ada barengan teman-teman baru naik rakit, jadi bisa berhemat hehehe ๐Ÿ˜.
      Kalo sengaja sendirian sewa perahu, hadeuh kan ngga murah buat backpacker kayak aku xixixi

      Delete
    2. Telaga Menjer ini ternyata luas juga 70 hektar, dan lebih luas dari telaga warna ya?

      Untuk mengelilingi danau Menjer yang dalam dan luas ini nggak mungkin kalau hanya menggunakan rakit dayung secara manual ya? Kapan selesainya mengelilingi telaga ya?
      Jadi soluainya rakit harus ditempelin mesin motor pada rakit sehingga rakit dapat melaju cepat dan bisa menampung beberapa penumpang wisatawan. Berapa kira-kira jumlah maksimal penumpang rakit yang dapat ditampung brader?

      Wkwkwkwk... pertanyaan ibu pemilik warung tsb bagai peluru senapan yang menembus bikin glodaaak hati.. si ibu nggak tau aja kalau yang ditanya nggak suka dengan pertanyaan yang berbau privacy.. Hehehe..:)

      Iya ya naik rakitnya berbareng orang banyak enak jadi bisa berhemat. Kalau naik sewa rakit sendirian pasti mahal juga ya?
      Ide pengelola wisata Telaga Menjer ini kreatif juga menggunakan rakit bermotor mesin untuk menarik wisatawan penumpang mengelilongi dan menikmati keindahan telaga ini.

      Rute menuju ke arah lokasi mggak mungkin kalau kesasar ya? karena patokannya tinggal mengikuti arah dari pipa-pipa besar yang terletak di pinggir jalan. Sampailah ke sana.
      Banyak terdapat danau/ telaga ya di Jawa Tengah? Sip lah.!:)

      Delete
    3. Betul, Telaga Menjer merupakan telaga terluas di dataran tinggi Gunung Dieng.
      Selanjutnya disusul Telaga Merdada.

      Hehehe kapan sampainya ya ngitari keseluruhan telaga pakai rakit tanpa bermesin ๐Ÿ˜ ..., bisa jadi 3 jam baru sampai.

      Sebetulnya aku sering loh dapat pertanyaan ' Kok datangnya sendirian bla bla bla ' kayak gitu,sista.
      Tapi cuek aja, namanya juga solo backpacker ๐Ÿ˜‰
      Yang penting hati dan pikiran selalu senang dan ngga pernah ngerugiin orang lain.
      Malah sering dikeselin orang, eh# ..

      Betul, warga kelompok sadar wisata idenya bagus, bikin rakit buat mengelilingi telaga.
      Dan juga bikin area kekinian, spot selfie.

      Yups, rutenya tinggal ngikutin pipa hijau seukuran ular naga itu ๐Ÿ˜.
      Mudah diketemukan lokasinya, ngga pakai acara kesasar hehehe

      Delete
    4. Jadi telaga Menjer itu memang telaga terbesar dan terluas ya di dataran pegunungan Dieng.

      Hehehe kalau rakitnya di dayung manual nggak nyampe2 ya? rakit dengan mesin bermotor aja mengelilingi telaga butuh waktu 45 menit ya?
      Suaranya mesin motor berisik banget ya? karena pakai solar.
      di danau toba pernah kejadian perahuperahu/kapalnya tenggelam di tengah danau. Apa karena kelebihan muatan atau mesin motornya mati tiba-tiba ya?
      Semoga nggak kejadian seperti itu ya?

      Ouw sebagai seorang solo backpacker sering dapat pertanyaan kok sendirian begitu? mungkin orang-penduduk setempat sangat perhatian kepada para pendatang jadi mereka bersikap sangat ramah, meski kesannya jadi agak kepo.Hehehe.. Iya yang penting kita nggak ngerugikan orang lain, jawab sopan apa adanya.
      Harus kebal juga ya dengan pertanyaan seperti itu? Hehehe..

      Ooh jadi pengelola telaga Menjer ini adalah kelompok sadar wisata dari penduduk setempat juga kah? Idenya bagus membuat spot selfie dan rakit untuk menarik wisatawan. Jadi pengelola nya bukan pemerintab daerah ya brader?

      Oh iya apa di telaga Menjer ini punya cerita legenda juga?
      Banyaknya danau/telaga di kawasan Jateng ini berasal dari kepundan kawah dari gunung berapi yang meletus yang terjadi beratus-ratus tahun yang lalu ya?
      Kayak lagi pelajaran geografi aja nih hehehe..

      Delete
    5. Wah asyik tuh buat tempat mancing.... Pasti ikannya seksi-seksi,

      Kapan kapan kesana ah...

      Delete
    6. Suara mesin motor rakitnya gini nih ..., klotok-klotok ... ๐Ÿ˜
      Di rekaman video kedengeran kenceng banget, tapi suara mesinnya ku silent, kuganti dengan musik hehehe.

      Iya,betul menurutku pertanyaan seperti itu suatu bentuk perhatian, bukan dengan tujuan atau maksud tertentu.
      Ya begitulah adanya di Indonesia ..., basa-basi cantik [ hahahaha .., basa basi ganteng gimana yaaa ๐Ÿ˜… ? ] seperti itu sudah jadi tradisi.
      Padahal di negara barat, pertanyaan seperti itu dinilai tabu, loh.

      Pengelola telaganya pemerintah daerah dengan mengajak warga yang tergabung dalam kelompok sadar wisata,sista.
      Jadi warga setempat dilibatkan langsung untuk ikut mencari rejeki disana.
      Bagus ya idenya.

      Legenda telaga Menjer ?, ada ๐Ÿ™‚.
      Memang sengaja ngga kusertain di post, ntar dikiranya blogger spesialis misteri ..., xixixi ๐Ÿ˜

      Tapi diluar cerita-cerita yang kudapatkan dari beberapa warga, Telaga Menjer memang oke pemandangannya dan aku juga baik-baik saja tuh saat mengelilingi telaga dengan rakit dan setelah liburan dari sana ... hehehe ..., yang penting kita selalu jaga sikap dan jaga kata-kata dimanapun.
      Ngga cuma orang, 'warga dimensi lain' juga bakalan marah kalau kata-kata kita kasar, tidak pantas dan melukai perasaan ...
      Betul ngga, sista ?.
      Kayak curhat, eh# ๐Ÿ˜

      Delete
    7. @ triknews Mas Asnaji =

      Yuhuuuuuu ...
      Ikan-ikan di Telaga Menjer pada sekseeeeh loh bodynyaaaaa ๐Ÿ˜‚

      Asiknya lagi,
      disana tersedia penyewaan alat pancing.
      Jadi ngga perlu bawa alat pancing jauh-jauh dari rumah.
      Tinggal pilih alat pancing yang disukai, bayar dan ..., mancing deeh ๐Ÿ˜‰

      Delete
    8. Ouw.. Ouw.. Kolom komenku di sini diisi sama kak triknews ya jadi tambah panjang nich hehehe nggak apa2 dech..;)
      Pikirku komenku kok nggak dijawab ternyata dijawab dibawah triknews.. Hehehe..

      Ouw what? Suaraa mesin motor rakit bunyinya klotok.. klotok? hahahah... Jadi pasti saingan sama suara para penumpang yang heboh..Hahaha.. seru juga ya?
      Di dalam video suaranya diganti dengan suara alunan musik merdu..

      Bener aku juga sependapat kalau pertanyaan-pertanyaan dari penduduk setempat itu adalah bentuk perhatian dan keramahan penduduk Indonesia dalam bentuk basa-basi cantik (kalau yang nanya perempuan) dan basa-basi ganteng (kalau yang nanya pria) hehehe..
      Iya kalau di luar negeri ada orang yang nanya banyak macam-macam yang ditanya bisa marah karena dianggap tabu kepo dan mencampuri urusan orang lain.

      Tapi jujur aku lebih suka dengan pribadipribadi masyarakat Indonesia yang selalu care perhatian dan suka menolong sesama,beda dengan orang luar yang cuek dan individu.

      Ooh ternyata Telaga Menjer ini juga punya cerita legenda ya? dan ceritanya rada misteri begitu ya? Wah jadi penasaran nich.. Hehehe..

      Iya syukurlah saat naik rakit mengelilingi telaga Menjer nggak terjadi apa-apa semuanya baik-baik aja.
      Iya bener yang penting kita harus menjaga tutur kata dan sikap agar mahluk ghaib dari dimensi laing nggak merasa terusik dan marah.
      Aku pernah nonton on the spot banyak pengunjung wisata terutama yang remaja usia sekolah sehabis wisata alam seperyi air terjun dan lain lain pulang-pulangnya mereka ada yang kesurupan bahkan ada yang jatuh sakit.
      Semoga jangan sampai terjadi seperti demikian ya brader?

      Traveling harus juga harus jaga kondisi brader jangan sampai kelelahan travelling terus kondisi jadi menurun.
      Keep healrhy..keep spirit.. keep looking younger everafter..



      Delete
    9. Keren ya mas triknews Asnaji itu ๐Ÿ‘Œ.
      Heran,
      kok bisa ya dia itu atraksi kolom komentar ... ๐Ÿค” ?.
      Kadang datangnya belakangan hadir berkomentar, eeeh ..., tau-tau komentar yang dia tulis tuh bisa nangkring di kolom paling atas sendiri, loh ...
      Kadang juga komentarnya ikut 'nyungsep' di kolom komentar yang ditulis orang lain, contohnya kolom komentar dari sista diatas ๐Ÿ˜…
      Ilmu sakit mandraguna dapat dari mana dia ?
      Ha ha ha ...

      Klotok - klotok .., klotok - klotok ... , gitu terus bunyi mesin motor rakitnya.
      Sekalinya kedengeran melempem [ kerupuuuuk kali aaakh melempem bhahaha ๐Ÿ˜‚ ] saat mulai menepi mendarat kembali ...

      Legendanya Telaga Menjer,
      Dulu dikisahkan ada 2 gadis kakak beradik bermain di hutan, sebelum mereka berangkat telah diberi wejangann jika melihat sesuatu yang 'di luar biasanya' dihiraukan saja.
      Sesampai di hutan mereka melihat seekor kepiting berukuran raksasa.
      Salah satu gadis itu tertarik dan menyentuh kepiting gaib itu ..., tiba-tiba tubuh mereka diseret ke dalam cekungan air yang mulanya hanyq cekungan kecil.
      Setelahnya, cekungan makin meluas dan jadilah Telaga Menjer ini.
      Cerita seputar kejadian misterius di telaga juga aku dengar.

      Ya,betul ..., dimanapun kita berada wajib selalu berkata juga bersikap baik dengan siapapun, tanpa terkecuali dengan 'penunggu' suatu lokasi.

      Terimakasih maturnuwun pengingatnya untuk selalu jaga kesehatan, jangan kecapekan,sista ๐Ÿ™
      Mamaku juga pernah berpesan begitu ๐Ÿ™‚ , bilang gini :
      ' Apa badan kamu itu ngga kerasa capek?, tiap hari berangkat kerja pagi pulangnya malam. Jam kerjamu melebihi jam kerja resmi. Tiap off, kamu pergi pagi lagi pulang malam juga kadang ngga pulang. Ingat kesehatanmu '.

      Dinasehati begitu ada betulnya juga, tapi aku kalau ngga travelling badanku malah lemes.
      Bawaannya ngga nyaman aja pikiran.
      Semoga saja ntar kelaksana jadi full time blogger ..., hanya bekerja sebagai penulis travelling, Amin.
      Ikut doain ya, sista ๐Ÿ™‚

      Delete
    10. Iya ternyata mas triknews ini suka atraksi kolom ya? Salut juga lho sama akrobat dan saltosaltonya dari satu kplom ke kolom baru lainnya.. biar ada seninya berkomentar ya? kreatif hehehe . :)

      Bunyi suara mesin motor keras tapi kadang bunyi nya melempem?? hahaha..
      bagaimana ya bayangin bunyi melempem itu? wkwkwk..

      Menaruk ya cerita legenda telaga menjer ini tentang 2 gadis yang bertemu dan menyentuh kepiting ghaib dan akhirnya kedua gadus itu tertarik oleh cekungan air yang makin lama makin besar. Agak mistis juga ya cerita legenda asal mula telaga Menjer ini. Di. Samping itu cerita misteri lagi? wah makun penasaran nih..hehehe

      Iya sami-sami brader.
      Memang ada benarnya nasihat mamanya brader. mungkimul beliau takut dan khawatir brader nanti kecapekan dan bisa jatuh sakit.
      Tapi kalau pas off kerja nggak travelling malah badan lemes ya? jangan-jangan sudah nyandu travelling ya? wkwkwkwk.. Kidding..
      Nggak apa tetap jaga kondisi dengan makan sate kambing.. Hehehe..
      Of course, aku akan selalu mensupport dan mendoakan supaya cita-cita brader menjadi fulltime blogger bisa kesampaian.
      Supaya bisa menghemat tenaga dan pikiran untuk menjadi bloger profesional. Semangka.. Semangatt..




      Delete
    11. Iya, tuh ๐Ÿ˜ ...
      Kok bisa nulis komentar bisa nangkring di kolom teratas segala padahal datangnya belakangan.
      Pernah kutanya gimana sih caranya kayak gitu .., eh diem aja .., yang jawab blogger lain ' namanya juga triknews kan tandanya pinter segala macam trik ' hahaha ...
      Kemana tuh mas Asnaji ngga nongol berkomentar lagi ๐Ÿค” ?.
      Jangan-jangan lagi bertapa nyari wangsit nguasai ilmu trik lebih canggih lagi ... ๐Ÿ˜…

      Melempemnya gini bunyinya ... , ceeeeeess .. ssss
      Kuping langsung terasa plong setelah suara mesin berhenti.

      Kuceritain satu kisah saja yang kudengar, ya :
      Katanya di tengah danau sering terlihat seorang perempuan misterius berdiri.

      Amin, terimakasih buat doanya ๐Ÿ™, semoga terbukti nantinya.
      Juga terimakasih nasehatnya, sista ๐Ÿ™‚ ..., sesekali aku akan konsumsi daging kambing untuk jaga kestabilan tensi darah rendah.

      Delete
    12. Iya pasti rhs rahasia nggak dikasih tahu caranya lompat kolom sana kolom.sini namanya juga triknews, jadi pintar selalu penuh trik dan intrik hehehe..
      Lah itu muncul lagi di komen paling bawah sudah pulang dari pertapa nyari wangsit. Mungkin sekarang ilmunya udah nambah kali ya? Hehehe

      Ouw satu cerita misteri sering muncul seorang wanita di tengah telaga begitu ya? Wuiih serem banget so scarry alias horror..!
      Apakah di danau pernah terjadi peristiwa suicide? ataukah hanya penampakan mahluk halus penunggu telaga Menjer. Nobody knows ya?

      Sama-sama brader, makasih juga sudah sering kasih support dan masukan saran buat aku selama ini. Support each other.
      Iya ntar kalau sudah konsumsi daging kambing pasti tubuh brader akan lebih kuat stamina nya untuk travelling. nggak perlu banyak-banyak 1-2 tusuk sate kambing sudah cukup. Make it better. Trust it.. Soalnya aku dulu setelah sakii DBD sembuh tapi kok bawaannya lemes aja. Akhirnya ada nyarankan makan sate kambing bagus untuk mengembalikan kekuatan setelah sakit. Dan akhirnya aku beli sate kambing (ada yang enak dan empuk) aku makan 2 tusuk aja. Bener nggak lama tubuhku yang tadinya lemas alhamdulillah terasa stamina kuat kembali.
      Met mencoba.. semoga bisa merasakan manfaatnya.

      Delete
    13. Pernah loh, komentarnya kubalas dengan kata ' yuuuuh ..., pelit ngga mau ngasi tau caranya ' ..., hahaha ๐Ÿ˜… !.
      Untung dia ngga marah loh.
      Iya kayak2nya mas Asnaji sekarang udah dapat ilmu lebih sakti lagi ๐Ÿ˜

      Sebenarnya masih ada cerita scarry lainnya.
      Biasalah kebanyakan tempat wisata alam dimanapun pasti ada cerita misteri,sista.
      Makanya aku kalau di lokasi wisata, menjaga dengan baik sikap dan kata-kataku, takut terjadi hal-hal yang ngga diinginkan.

      Baik,sista, maturnuwun ๐Ÿ™
      Akan kuikuti saran sesekali mengkonsumsi sate kambing biar tubuh selalu fit, ngga mudah drop

      Delete
  2. sumber air sangat melimpah wonosobo ya ... tempat ku sudah mulai kekeringan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan iya,kak.
      Di Wonosobo seperti juga di Magelang sumber airnya banyak banget.

      Tinggal di kota mana ya,kak ?.
      Semoga PAM lancar-lancar saja di kota kakak.

      Delete
  3. Telaga Menjer emang keren, ...saya pernah kesini sekali dgn temen2, naik rakit juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren ya Telaga Menjer,mas Aris ๐Ÿ˜ ...
      Surprise pertama saat tiba di dekat gerbang masuk lihat pemandangan telaga dari ketinggian ..., wow ..., ternyata keren banget ya ๐Ÿ‘

      Mas Aris saat itu sengaja nyewa naik rakit tanpa patungan gqbung dengan pengunjung lain ya ?

      Delete
    2. Dilihat dari ketinggian Telaga Menjer nampak lebih indah.

      Naiknya bareng teman2. Kami satu rombongan besar habis ada acara di GKJ Wonosobo trus pulangnya mampir ke telaga itu.

      Delete
    3. Hehehe ..., ada rasa surprisenya ya,mas lihat telaga pertamakali dari area atas setelah loket ...
      Aku juga ngga nyangka, ternyata sekeren itu pemandangannya.
      Tadinya kukira biasa saja.

      Pengalaman kegiatan gereja dan liburan sangat berkesan tentunya ya, mas Cocoper ๐Ÿ‘
      Rame-rame naik rakit mengelilingi telaga bareng banyak teman.

      Aku yang datangnya sendirian saja, berkesan banget rasanya liburan disana hehehe ...
      Soalnya cekakan bareng teman-teman dadakan ๐Ÿ˜‚

      Delete
  4. Unik juga pemandangan telaganya mas. Sepintas kalau terus diamati mirip danau toba yang ada di sumatra utara.

    Mungkin yang membedakan alam dan luas telaga nya saja...Pastinya lebih luas danau toba. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mas Satria jika dilihat sepintas pemandangan Telaga Menjer ada kemiripan dengan Danau Toba di Sumatera Utara.

      Ini versi mininya hehehe ๐Ÿ˜

      Delete
  5. saya cuma tahu Telaga Warna, ternyata banyak telaga di Dieng.
    Informatif, menarik dan bermanfaat.

    Thank you for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,kak Lantana di Gunung Dieng banyak telaga dan kawah-kawah eksotis.
      Terimakasih opininya ya,kak ๐Ÿ™

      Delete
  6. Wow kak hinawant jalan2 lagi k telaga ya.. bagus banget pemandangannya.. dket juga sama gunung dieng ya.. btw otu pas selfie si mbak yang dikiri ikutan senyun.. pacarnya ya kak? Hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkkwwkk ..., bukaan, kak ๐Ÿ˜‚.
      Itu istri orang.
      Entah istrinya siapa itu ๐Ÿ˜.
      Kenalannya saat di atas rakit dan kami semua langsung akrab, ketawa ngakak bareng sambil sesekali nyeletuk cerita-cerita lucu ...

      Ya,kak Vika Telaga Menjer ini di badan Gunung Dieng di wilayah Wonosobo.
      Kalau Dieng berada di Gunung Dieng wilayah kabupaten Banjarnegara.
      Masih cukup jauh ditempuh,kak.

      Delete
  7. Tulisan ini sangat informatif, menarik untuk dikunjungi, dan lengkap sekali informasi yang dihadirkan, keren mas. Kerja keras dan dedikasi blogger yang harus menjadi contoh. #Kagum.

    Oh ya mas, jangan-jangan ada lumpur hidup mas hehhehe...
    Mas foto yang diberi caps: Gabung naik rakit dengan pengunjung. Kok ada Suporter Juventus, itu suporternya cantik bangat mas kwkwkkwkw...
    Mas Ganteng di bagian baca juga:
    Kenapa tidak pakai link internal saja mas, biar rapi kwkwkw...maaf yo mas.
    Bagus juga mas buat tautan ke Youtube.
    Misalnya terkait hal ini kalian bisa lihat bisa lihat juga via Youtube... barangkali bermanfaat mas, maaf mas ganteng. Hanya saran... Tetap semangat selalu. Jaga Kesehatan. Salam damai @

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih pendapatnya mas Martin ๐Ÿ™⚘.
      Jujur senang rasanya dinilai begitu karena berarti perjuanganku mencari informasi di lokasi ngga sia-sia, bermanfaat buat panduan pembaca.
      Meski sebenarnya itu tak mudah dilakukan, terutama sepanjang rute perjalanan sebentar-sebentar berhenti untuk mencatat nama jalan, mengambil gambar, dllnya.

      Bhahahahaha ..., supporter Juventus itu paling kocak loh celotehnya, mas Martin ganteng eksotik.
      Bentar-bentar celetukannya bikin kita semua ger-geran dengernya ๐Ÿ˜‚

      Sst, aku belum paham betul gimana cara menautkan link internal dan link youtube, takut salah dan takut jadi error, mas ☺

      Delete
  8. Syukurlah tidak kesasar karena ada monster pipa yang menjadi semacam penunjuk jalan menuju telaganya hahaha.

    Pemandangan Telaga Menjer ini keren sekali, Himawan, manapula pengunjung diperolehkan keliling naik rakit. Kan saya juga pengen karena belum pernah naik rakit #Eh ;) Tarifnya lumayan murah termasuk yang per kelompok 150K kalau di Riung sewa perahu per kelompok sekitar 350 sampai 500K tergantung banyaknya orang dan ukuran perahu motor tempelnya.

    Btw ditanya jomblo ... oh ... ya ... MAK-SI-MAL! :p *ngikik*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha .., untunglah pipa ' si ukar naga ' jadi petunjuk arah rute mudah ke lokasi, ngga perlu pakai acara nyasar sok manis ๐Ÿ˜…

      O,iya selama ini kak Tuteh belum pernah ngerasain sensasi naik rakit, kak ?.
      Seru juga ada rasa deg-degannya juga,sih ๐Ÿ˜ ...
      Celetukan kayak gitu juga keluar dari penumpang rakit barenganku.
      Mereka khawatir kalau tiba-tiba mesin rakitnya mogok di tengah telaga gegara kehabisan solar, juga takut terbalik rakitnya hahaha ๐Ÿ˜…

      Wow, kok mahal sekali sewa perahu di Riung,kak ?.
      Misal harga sewa perahu 500K dibagi 10 orang aja 50K perorangnya.
      Mahal juga, ya ...

      Bhahhaaahaha ..., Mak-Si-Mal ditambahi lagi dengan Pre-Mi-Um.
      Komplit sudah rasanya ๐Ÿคฃ

      Delete
    2. Bersyukurlah pada si pipa, Himawan.

      Btw iya belum pernah naik rakit, sensasinya pasti beda kalau naik perahu motor tempel qiqiqiq. Iya sih tarifnya segitu. Jadi misalnya 5 orang ya 50K per orang, tapi bisa sampai 7 orang kok hehehe. Lebih dari 10 orang kudu perahu motor tempel yang lebih gede :)

      Oke noted. MAK-SI-MAL and PRE-MI-UM :p wkwkwkw.

      Delete
    3. Baiklah,
      Ntar kapan kalu aku ke Telaga Menjer lagi akan kuucapkan terimakasih pada si pipa ...
      Sambil kubisikin si pipa ...,
      ' dapat salam dari blogger keren dari NTT, namanya kak Tuteh '

      Tau-tau ..., howaaaaa ..., pipanya langsung bergerak jadi ular naga betulan setelah dibisikin kayak gitu ..., wuakakaka ...
      Halusinasi tingkat dewa ๐Ÿคฃ

      Menurutku, sensasinya memang berbeda antara naik perahu tempel dan naik rakit,kak.
      Kemembalannya di permukaan air lebih terasa saat naik rakit.

      Delete
    4. Hwaaaa jangan sampai deh si pipa nyahut! Akyu bakal enggan bertemu dengannya *apa coba* ahahaha.

      Btw iya, sepertinya memang begitu bedanya naik rakit sama naik perahu motor tempel.

      Delete
    5. Bhahaahaahaha ...
      Kita ini kayak lagi pada berimajinasi ala-ala Harry potret eh# ... Potter ya, kak ๐Ÿ˜…

      Bagus juga buat ngasah imajinasi kita ๐Ÿ˜‰
      Biar kita ngga cepat jadi pikun hehehe

      Delete
    6. Percaya nggak ... saya dan teman-teman bisa ngakak terbahak-bahak hanya karena sedang berimajinasi :p

      Delete
  9. Pemandangannya indah sekali seperti di Waduk Cirata tapi ini lebih lengkap fasilitasnya terima kasih hari ini Artikel Telaga Menjer sudah memanjakan mata saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali, kang Warman ๐Ÿ™

      Semoga ya pengelola Waduk Cirata terinspirasi menyediakan fasilitas pelengkap untuk wisatawan setelah barangkali ikut membaca postku ini ...
      Nantinya disana ada spot selfie juga naik rakit.

      Delete
  10. harga tiket terjangkau
    tapi naik rakit mahal amat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,sih ...,
      beruntung aku dapat kesempatan naik rakit gabung dengan pengunjung lain .. wkkwwwkkk ๐Ÿ˜…, kan lumayan bisa ngirit.

      Delete
  11. Pipa ular naganya jadi penunjuk jalan ya, Mas Himawan? Untung bukan ular naga beneran, hehehe.

    Saya pikir waktu ada kata rakit, rakit yang Mas Himawan maksud adalah rakit jaman dulu yang terbuat dari bambu. Eh ternyata rakit modern.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ๐Ÿ˜ meski awal lihatnya sempet bikin kaget karena besarnya ukuran pipa ..., 'si ular naga' jadi petunjuk rute ke lokasi ngga bakalan kesasar.

      Iya kak, ini rakit kekinian, eh rakit modern.
      Ditempeli mesin bermotor.
      Udah gitu, body rakit dicat warna-warni colourfull ๐Ÿ™‚

      Delete
    2. Kalau di Sorowako, orang bilang naik raft. Padahal sama saja. Satunya bahasa Inggris dan satunya lagi bahasa Indonesia.

      Delete
    3. Unik juga ya,kak ..
      Di Sorowako rakit disebutnya raft.
      Lain lubuk lain belalang, lain daerah lain istilah hehehe ๐Ÿ˜

      Delete
  12. Sy terpukau dg keindahan ibu2 muda berjesey juventus ... Ups, keindahan danaunya, udaranya sejuk sekali kalau lihat foto.

    Di Dieng saya baru kunjung ke Telaga Warna sj, tdk tahu kalau ada spot lainnya di karisidenan Wonosobo dan Banjarnegara.

    Mdh2n si pasokan air bs sepanjang tahun tnp trkendala musim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa beliau adalah seorang Juventini, mas. suka nonton bola. lagi pula diJuventus sekarang ada Ronaldo yg pindah dari Real Madrid.

      Delete
    2. @ Cocoper =

      Ouppsss ...
      Bhahahahaa ๐Ÿ˜…
      Hayooo .., malah terpukau sama buibu berkaos Juventus ...
      Ntar kebawa mimpi, loooh ..
      Kebawa mimpi deh, mas Cocoper ๐Ÿ˜‰

      Kapan kalau pas liburan lagi ke kabupaten Wonosobo - kabupaten Banjarnegara, mampir liburan ke lokasi di post ini, mas

      @ Beny Oki Sugiarto =

      Jiaaah ..., hafal betul si pecinta berat sepak bola satu ini ๐Ÿ˜‰๐Ÿ‘Œ

      Delete
  13. Wow indah sekali, ingin rasanya berkunjung kesitu. Dpakai untuk budidaya ikan juga ya...sepintas mirip Ranu Klakah Lumajang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keindahan pemandangan telaganya lebih lengkap di channel youtube ku, mas Jeryanuar ๐Ÿ™‚
      [ sekalian promosi wwkkkwwkk ๐Ÿ˜… ]

      Kapan ntar mas Jeryanuar liburan ke Wonosobo, lokasi telaga ini sekalian dikunjungi,mas.
      Keren banget aslinya.

      Aku searching lokasinya Ranu Klakah Lumajang, ya ...
      Penasaran pengin lihat pemandangannya.

      Delete
  14. sampean ke sana bersama keluarga juga, mas? banyak telaganya memang. cakep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ora.
      Aku dewean,mas.
      Eh mas Beny tau bahasa Jawa ngga,ya ..., kok kuajak bicara bahasa Jawa hahahaha ๐Ÿ˜…

      Aku sendirian alias solo travelling, mas Beny.

      Mau gabung travellingan ?.
      Ayook mas ..., kutunggu.
      Hehehe

      Delete
  15. Keren mas hima jalan-jalan terus, trik yang cukup bagus tinggal mengikuti pipa besar.. Melihat kata seroja jadi kayaq agak ke pulau sumatra mas. Yang jadi pertanyaan penting saya, itu cewek dibelakang mas hima waktu selfy di atas perahu isti atau orang mas? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih opininya, mas Harman ๐Ÿ™

      Mumpung masih punya tenaga dan kesempatan jalan-jalan,mas.
      Hidup cuma sekali dibuat seindah mungkin ya,mas ... hehehe ๐Ÿ˜

      Bhahahaa ... ๐Ÿ˜…
      Ini kok ...,
      para lelaki pengomentar termasuk mas Harman pada ..., penasaran sama cewek pakai kaos Juventus,siiih ?

      Hahahahaa ..., aku ngga tau persis siapa dia,mas.
      Pastinya sih dia istri orang karena bawa anak kecil.
      Diantara semua penumpang rakit, dialah yang paling heboh, lucu ..., celetukannya bikin ikut ngakak ๐Ÿ˜…

      Delete
  16. Jadi kangen kesana lagi, sudah lama gak kesana. Udara yang sejuk serta view yang apik selalu menajdi bonus utama ketika mengunjungi telaga manjer ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget apa kata Idris ..., udara yang sejuk dan pemandangannya yang memukau jadi magnet tersendiri.

      Ayok kapan kita barengan kesana, Idris ..., aku juga pengin kesana lagi nih, sekalian ke lokasi wisata Bukit Cinta dan Bukit Seroja.

      Delete
    2. Wah, dekat ya klo dari Magelang mah. Biasanya motoran ya klo kesana.

      Delete
    3. 2,5 jam lebih ditempuh dari Magelang, Idris.
      Iya, menurutku juga lebih nyaman dengan kendaraan pribadi, motor atau mobil.
      Dulu pernah kucoba naik transportasi bis umum kecil ke Wonosobo, lama banget kayak ngga sampai2 karena sering ngetemnya.

      Delete
  17. Jadi kangen tempat ini :). Naek perahu bambu mengelilingi danau yg luas, Pas naek perahu keliling2 malah ngeliat semacam air terjun Di telaga ini . Keren deh !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu betul bangeet ...,
      Di salah satu area ada parit ukuran cukup besar mengalir deras kayak air terjun ke telaga ๐Ÿ‘Œ

      Kapan ada waktu, kita liburan bareng teman-teman blogger ke telaga ini yuk,mas ...
      Bikin kangen deh pemandangannya :)

      Delete
  18. Wah ... boleh juga nih. Kebetulan banget ada perahu yang mau berangkat. Kalau sewa sendiri, males banget ngeluarin duitnya, ya ...
    Btw, itu di gambar paling atas, sedang ngintip ke arah danau dari balik pohon dan semak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe .., iya kak Dyah kerasa dikantong harga sewa rakitnya kalau seorang diri ๐Ÿ˜.
      Kalau pas ngga ada penumpang lain, palingan aku cuma milih ngelihatin telaga dari ketinggian bukit juga ngliatin dari dekat.
      Tapi kok, yaaaa ...
      Kebetulan bangeeet bisa kebarengan penumpang rakit lain ๐Ÿ˜…
      Jadilah aku berbahagia ...
      Ha ha ha

      Betuuul ...,
      foto pertama itu aku lagi berdiri dekat pohon yang berada di atas ketinggian bukit, kak.
      Untung ngga longsor ...
      He he he ๐Ÿ˜

      Delete
  19. ada tujuh telaga, banyak juga ya? Telaga Menjer salah satunya. Naik rakit hanya 15 ribu, murahlah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,mas.
      Kesemua telaganya keren-keren.
      Betul, 15K untuk ngitari telaga 45 menit worth it, mboten mahal ๐Ÿ™‚

      Delete
  20. ciyeeeh dapat teman baru,, tapi sayang udah berbuntut semua ya? ahaha..

    sayang tuh gunungnya udah tertutup awan, coba lebih pagi datangnya, pasti lebih indah viewnya..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahahahaha ...
      Cukup jadi teman sesaat aja akh ๐Ÿ˜…

      Iya,ya ...,
      sayangnya aku kesiangan sampai di Telaga Menjer.
      Rumahku jauh dari telaga ini, mas Bara.
      Pengin juga kapan bisa bermalam di dekat sana sambil berburu sunrise ..., pasti apik pemandangannya.
      Yook kesana juga,mas ...

      Delete
  21. boleh memancing tak di sini, mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, kak.
      Disana ada penyewaan alat pancing.
      Jadi, traveller tak perlu repot bawa alat pancing jauh-jauh dari rumah.

      Saat aku kesana, terlihat banyak juga pemancing.
      Ada yang duduk di rakit yang bersandar di tepian, juga di atas tepi telaga.

      Delete
  22. Sekali-sekali ngomen dibawah ah....supaya dilihat admin,

    Oh didaerah Wonosobo toh...sepertinya lokasi telaganya masih natural ya, pandangan yang berkabut memberi sensasi alami khas telaga yang banyak menyimpan keindahan, kira-kira doi gelam diajak nginap disono asyik juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh,
      Komentar dari mas admin triknews si sakti mandra guna selalu kok ..., kuintip, eh# ... kulihat ๐Ÿ˜

      Bhahahaa ...
      Ujung-ujungnya abis muji keindahan telaga berkabut, langsung kebayang ngajak doi bermalam di Telaga Menjer ๐Ÿ˜‚

      Pasti maulah, maaas ... ๐Ÿ˜‰
      Jangan lupa bawa bed cover tebal buat bobok manja karena udara disana tuh kalo malam pasti dingin bangeeet ...
      Ha ha ha

      Delete
  23. Udaranya pasti dingin ya, apalagi ada di deket gunung dan perbukitan. Dingin-dingin menenangkan gitu...sambil minum kopi pasti enak he..he...๐Ÿ˜
    Jadi pengen ke telaga juga.
    Berarti selain telaga menjer ada banyak telaga lain ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kak Atria ๐Ÿ™‚๐Ÿ‘Œ
      Udara disana cenderung sejuk dingin.
      Terutama mulai mendekati sore hari akan terasa dinginnya.

      Wah asiik ..., ternyata kak Atria penikmat kopi juga kayak aku ๐Ÿ˜ hehehe ...
      Enak sih ngopi ya, kak .., cuman kita ngga boleh kebanyakan ngopi juga, takut asam lambung jadi naik setelahnya.

      Kapan ada waktu liburan, main ke Wonosobo, kak ๐Ÿ™‚

      Delete
  24. Ehem.... pinter banget nyari engle fotonya mz, pas bisa foto yang baju putih sekalian kikiki.
    lanjutkan mz ngebolang terus kiki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwwkkkwkkk ..., itu adegan fotonya tanpa direncanakan sebelumnya kok, kak Risna ๐Ÿ˜…

      Main angkat kamera langsung cekrek ..., nyadarnya setelah gambar terekam ada para ibu-ibu muda nan ceria itunl ๐Ÿ˜…

      Delete
  25. 5000 + 15000 jadi 20000. murah mas, di Brebes jalan-jalan masuk hutan mangroov bayarnya 30000. naik prahu juga sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, kok mahal ya tiket masuk + naik perahu di hutan Mangrove di Brebes, mas ?.

      Namanya hutan mangrove apa ya ?, keren loh Brebes sekarang punya wisata hutan mangrove ๐Ÿ‘

      Delete
    2. sedang gencar dipromosikan, sayang untuk menuju lokasi dari jalur pantura sangat jauh dan jalannya rusak. terakhir saya ke sana sedang ada proses perbaikan jalan, mungkin sudah mulus sekarang. dan ada kabar telah terjadi penebangan hutan bakau itu oleh orang tak bertanggungjawab

      Delete
    3. Mungkin karena lokasinya jauh yang dipilih dijadikan lokasi wisata hutan bakau karena masih betul-betul masih alami disana ya, mas ..

      Sangat disayangkan, sampai sekarang ini masih saja ada vandalisme dan tangan-tangan tak bertanggung-jawab merusak kelestarian alam dan lokasi wisata.
      Perlu dikenai sanksi tegas untuk itu, biar jera dan jadi contoh untuk yang lain.

      Delete
  26. Ayo mancing nang telogo menjer... Wani...rak..? Ko silehi topine...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laah iki ..., mas admin triknews Asnaji muncul lagi di komentar ๐Ÿ˜.
      Di kolom atas aku dan Fidy Sandri ngomongin kecanggihan sampeyan loooh ... ๐Ÿ˜…

      Ayook kita mancing bareng, maas .. , mengko iwake dimasak oseng-oseng mercon ๐Ÿ”ฅ yoow ning pinggir telogo menjer ...

      Iki topine ๐Ÿงข

      Delete
  27. Wah, asyik juga tu naik rakit bisa gabung dengan pengunjung lain, itu secara total juga tidak mahal, siiiplah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ๐Ÿ˜ penghematan judulnya hehehe.
      Ayok liburan ke Telaga Menjer Wonosobo,mas ajak mas Andy Nugraha

      Delete
  28. Kalau berlibur ke telaga yang alami seperti ini, saya pasti bawa pancingan..hi..hi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaaap ..., ternyata mas Indra suka memancing ๐Ÿ‘Œ.

      Bagusnya lokasi Telaga Menjer ini menyediakan penyewaan alat pancing, mas Indra, jadi kita ngga perlu repot-repot bawa alat pancing dari rumah.

      Delete
  29. Tempat seperti ini seperti cocok buat melamun... :)

    Ngomong2 wanita yang pakai celana putih di dalam gambar diatas, sepertinya masih misterius nich..... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awaas kesambet ..., kalau kelamaan melamun, kang Nata ๐Ÿ˜…

      Hahahahaa ..
      Kang Nata juga ikutan penasaran sama sosok wanita bercelana putih .., siapa dia ya kira-kira ๐Ÿ˜ ?

      Delete
    2. hahahah...... Emangnya Mas tahu ? jangan2 ngk tahu juga. gkgkgkgkgk... :)

      Delete
    3. Wkkkwwkk ..., ngga tau aku, kaaang ๐Ÿ˜…

      Kenalnya dan ngakak2 barengnya cuma sesaat, cuma saat di rakit itu aja

      Delete
  30. Aku sangat tertarik dg ketenangan telaga menjer

    Indah
    Ada warna anugerah

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan ada waktu luang, liburan ke Telaga Menjer juga ya, kak Anisayu ..

      Xixixi ..., kayak lagi promosi ๐Ÿ˜

      Delete
  31. Btw dalem banget itu yaa..
    mudah-mudahan suatu saat bisa berkunjung ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin, ikut kudoakan mas Yanuar dan keluarga kesampaian liburan ke telaga ini.

      Delete
  32. Telaga menjer luas juga ya mase, kadang aneh juga ya,,kalo telaga seperti ini karena buatan manusia apa vaktor alam ya mase,,kira kira, tempatnya cukup indah,,cuman saya takut kalo naik perahu heee..

    ReplyDelete
  33. Gubrakkk..SI ibu nanyanya serius itu mas? Ha ha ha..ngakak deh..
    15rb keliling telaga murah ya mas, oh iya suasana telaganya adem ya mas

    ReplyDelete
  34. saya sukanya berenang mas kalaupun wisata air tapi nggak bisa berenang emooh aku

    ReplyDelete
  35. Pasti sejuk banget ya disana mas, banyak kabut soalnya

    Indah banget telaganya ya

    ReplyDelete