Tuesday, September 25, 2018

Taman Kyai Langgeng : Wisata Hutan Buatan di Tengah Kota

Destinasi wisata alam hutan buatan dilengkapi sarana edukasi dan beberapa wahana permainan yang berada di tengah perkotaan ini, tepatnya terletak berada di kelurahan Kemirirejo, Magelang Tengah, dinamakan dengan Taman Kyai Langgeng.


Trip Of Mine
Jembatan merah Kreteg Tresno, yang artinya Jembatan Cinta

Nama destinasinya resmi berganti nama menjadi Taman Kyai Langgeng pada tahun 1987, setelah nama sebelumnya menggunakan nama Taman Rekreasi dan Taman Flora atau disebutnya dengan nama Taman Bunga. Bahkan sampai sekarang masyarakat sekitar dan warga Magelang secara luas jika diajak membicarakan satu lokasi wisata taman hutan buatan di Jalan Cempaka yang tepat bersisian dengan rumah dinas Walikota Magelang ini, mereka kadung mengenalnya dan tetap menyebutnya dengan nama Taman Bunga atau TB.


" Tak percaya ?, coba ya suatu saat nanti kalian sedang liburan berada di kota Magelang, cobalah warga ditanya tentang Taman Kyai Langgeng atau mungkin, tanpa sengaja mendengar tentang wisata satu ini ..., pasti mereka sigap menjawabnya dengan sebutan Taman Bunga. Bukan dengan Taman Kyai Langgeng "

Nama Taman Bunga terlanjur melekat lama di ingatan warga Magelang, karena penggunaan namanya telah berjalan 6 tahun lamanya, tepatnya pada tahun 1981 setelah pembukaan awal lahan sebagai lokasi destinasi wisata sekaligus merangkap sebagai lokasi penelitian pertumbuhan pohon - pohon langka oleh para pelajar, yang semula lahan luasnya hanyalah berupa area pekuburan, pertanian dan perkebunan yang kurang layak produktif.
.
Karena namanya dianggap kurang tepat, kemudian dengan melibatkan banyak instansi, mulai dari dinas pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan dan kehutanan, luasnya lahan diperluas dan lebih dikembangkan untuk melengkapi sejumlah lokasi destinasi wisata yang berada di Magelang, maka nama destinasinya diubah menjadi nama Taman Kyai Langgeng sampai saat ini.


Trip Of Mine
Patung flora fauna di halaman depan 

Nama Kyai Langgeng dipilih karena dianggap lebih tepat dan jika memang benar adanya di tengah taman seluas 27 hektar ini terdapat makam Kyai Langgeng atau Ki Ageng Suryokusumo, merupakan keturunan raja Mataram dari Sri Sultan Hamengku Buwono II dan merupakan penasehat juga orang kepercayaan Pangeran Diponegoro pada masa penjajahan Belanda.
Beliau meninggal pada tahun 1829.

Wuuihh ..., kamu kok hafal betul, sih sejarah lengkapnya pembangunan destinasi Taman Kyai Langgeng, Himawan ?. Sampai paham juga tentang sejarah lahannya itu dulu berupa lahan apa. 
Lah, iyalah ..., masa iya ding rumah keluargaku kan ngga begitu jauh dari situ. 
Bahkan tau ngga, kalau dulu lahannya masih banyak semak belukar sebelum mulai dipersiapkan sebagai lokasi wisata, aku dan teman - teman sebaya sering diam - diam kabur tanpa pamit ke orang tua blusukan kesana ... .

Apa tujuan blusukannya kesana waktu itu ?.
Tak lain tak bukan karena terpengaruh rayuan pulau kelapa, eh maksudku rayuan teman - teman untuk ... #nggg ... , mencari kuntum bunga kamboja berjumlah genap di area makam Kyai Langgeng  ..., wwkkkwwwkkk !.
Kata teman - teman sih waktu itu, kalau mau jadi pintar tanpa belajar itu ya harus berjuang mencari kuntum bunga berjumlah genap di atas makam Kyai Langgeng hi hi hi ..., setelah itu bunga kamboja ditempatkan di tengah buku pelajaran yang dirasa paling sulit diikuti.
Ha ha ha ..., koplak parah. 
Dasar anak - anak jaman old, ngga senalar anak - anak jaman now.

Nah, datang berlibur ke Taman Kyai Langgeng kali ini kulakukan buat nostalgia mengenang kelucuan masa bocah mencari kuntum bunga yang ternyata hasilnya ngga abrakadabra jadi langsung mendadak pintar seketika itu ... he he he ... , juga sekaligus jogging pagi biar badanku seseksi kamu, eh ... .


Trip Of Mine
Relief perjuangan Pangeran Diponegoro

Sekarang setelah menjelma menjadi lokasi destinasi wisata alam dan dilengkapi sarana edukasi seperti tanaman - tanaman langka yang ditanam dilengkapi dengan nama pohon ditempel di batang pohonnya, diantaranya pohon cempaka ganda, apel beludru, dewa daru, matoa, lobi - lobi dan masih banyak lagi pohon langka lainnya ..., Taman Kyai Langgeng juga dilengkapi taman satwa, diantaranya burung merak, siamang, ular, beberapa jenis ikan. Tak ketinggalan juga ada sensasi naik kuda poni.

Trip Of Mine
Sangkar bulat berwarna hijau itu kandang buruk merak. Burungnya cantik - cantik.

Trip Of Mine
Kereta mobil keliling

Dan luas area tamannya juga dilengkapi patung - patung binatang, taman lalu - lintas, sepeda tandem, kereta mobil, rumah apung, bianglala ala pasar malam, jet coaster, flying fox, kolam renang, pesawat terbang anjungan dirgantara, bioskop 6 dimensi atau 6D dan yang terbaru mengikuti trend yang sedang disukai oleh semua lapisan usia jaman now, spot selfie.


Trip Of Mine
Jalur trek dilihat dari ketinggian

Spot selfienya berupa hammock, deretan payung melayang, ayunan langit dan sepeda melayang.
Yang unik tuh, spot ayunan langit digunakan dengan cara ditarik dan diputar menggunakan mesin ..., setelah wisatawan duduk di ayunan dan badan diikat sabuk pengaman, mesin akan menggerakkan kursi ayunan bergeser tepat ke arah atas jalur trek, dengan ketinggian beberapa meter diatasnya. Hasil foto tentunya akan terlihat nyata melayang betulan di atas ketinggian.

Kamu ikutan foto di spot selfie ayunan melayang juga, Himawan ?. Ngga ... .
... ha ha ha .. !.
Aku datang memasuki area tamannya kan sekalian jogging di saat jam operasional destinasi belum resmi dimulai. 
Jam operasional destinasi Taman Kyai Langgeng resmi dimulai dari jam 08. 00 pagi sampai dengan jam 17. 00 ..., jadi ya semua wahana yang ada disana belum beroperasional, jadi ngga bisa kujajal.
Ngeles yang jujur he he he ... .


Trip Of Mine
Pesawat anjungan dirgantara.
Kapan ceritanya, ya ... , Magelang pernah ada bandaranya.
Laah ini, ada pesawat betulan disana ... , he he he


Trip Of Mine
Bioskop 6D

Untuk siapapun, kecuali di hari sabtu, minggu dan libur nasional ..., pengunjung yang ingin berolahraga atau jogging di dalam area Taman Kyai Langgeng dipersilahkan. Tanpa dikenai beaya tiket saat jam operasional resmi dimulai, hanya cukup mengisi kotak dana secara sukarela.


Trip Of Mine
Komidi putar


Trip Of Mine
Kolam renang dan lobi resor Puri Asri berada disampingnya

Lahan dan area sekitarnya yang dulu tampak sedikit menakutkan sebelum mulai dipersiapkan menjadi lokasi destinasi wisata, kini Taman Kyai Langgeng dan area sekitarnya menjelma menjadi ramai oleh kunjungan wisatawan.
Puri Asri, resor berbintang 4 pun berada di sebelah Taman Kyai Langgeng memudahkan wisatawan yang ingin bermalam untuk menikmati keindahan alam pemandangan gunung Sumbing, bentangan persawahan dan pedesaan yang berada di seberang Kali Progo. 
Selain itu, destinasi wisata alam Taman Kyai Langgeng juga menyediakan pusat oleh - oleh, souvenir dan display hasil karya UKM Magelang. Lokasi kompleknya berada di dekat area parkir dan berada di seberang area Taman Kyai Langgeng terpisah oleh sungai kecil diantara kedua areanya.

Sayangnya, transportasi angkutan umum tidak melewati depan lokasi destinasi Taman Kyai Langgeng. Transportasi umum angkutan kota dan minibus jalur Magelang - Wonosobo hanya melalui Jalan Diponegoro, namun itu tak jauh untuk ditempuh hanya berjalan kaki untuk tiba di lokasi destinasi Taman Kyai Langgeng setelah turun dari angkutan umum. Hanya memerlukan waktu sekitar 5 menitan dengan melewati Taman Cempaka.

Lokasi :
Jalan Cempaka, Kemirirejo, Magelang Tengah, kota Magelang

Tiket :
Senin - Jumat Rp. 24. 000 ,_
▪Sabtu, Minggu, libur nasional Rp. 30. 000 ,_
▪ Natal, lebaran, tahun baru Rp. 35. 000 ,_
Tiket termasuk free 10 wahana : becak air, komidi putar, kereta air, becak mini, bianglala, sepur mini, komidi layang, bioskop 6D, kereta mini, mobil keliling dan becak air.
▪ Wahana permainan tidak termasuk tiket terusan : dragon jet coaster Rp. 10. 000 ,_ , Kolam renang Rp. 10. 000 ,_ , Pesawat anjungan dirgantara Rp. 8. 000 ,_ , Sepeda layang Rp. 20. 000 ,_ , Ayunan langit Rp. 20. 000 ,_ , Water ball Rp. 10. 000 ,_ , Hand ball Rp. 10. 000 ,_ , Taman satwa berikut terapi ikan Rp. 5. 000,_
[ Info harga dan kondisi sewaktu - waktu dapat berubah ]



136 comments:

  1. saya pernah kesini bang, dulu waktu pas liburan smp kelas tiga, udh lama banget sih, jadi rada lupa, tapi paling yg gak bikin lupa itu namanya, taman kyai langgeng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ๐Ÿ˜ Wuiih ... , mas Khanif langsung teringat pernah liburan ke taman ini dan langsung teringat nama destinasinya adalah Kyai Langgeng.
      Keren, euy ๐Ÿ‘

      Delete
  2. Saya udh ke Taman Kyai Langgeng beberapa kali tapi udh agak lama sih...

    Senangnya orang Magelang punya taman cantik di tengah kota.

    Saya jd inget waktu kecil pernah juga nyari bunga kamboja genap...xixixi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahahaha ..., ternyata eh ternyata .., mas Aris pernah juga nyari kembang kamboja genap ๐Ÿ˜‚ !.
      Lucu juga yaa kalau ingat kekonyolan khas bocah kayak gitu.

      Wuiih, mas Aris juga udah pernah beberapakali liburan ke Taman Kyai Langgeng.

      Delete
    2. Yg belum pernah jogging di sini mas hehehe....

      Delete
    3. Kapan-kapan saat liburan ke Magelang dan bermalam di Magelang pagi-pagi cobain jogging di Taman Kyai Langgeng,mas Aris.
      Akses masuknya lewat depan pos satpam yang bersebelahan dengan rumah dinas walikota.
      Datangnya sebelum jam 7 ya hehehe ..., tinggal masuk dan foto-foto ๐Ÿ“ธ๐Ÿ˜

      Delete
  3. Senang rasanya kalau tinggal disana mas, sayangnya saya tinggal di tempat yang jauh dari taman. Adanya cuma beton tinggi sama bangunan yang mulai menggila. #curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas tinggal di kota mana, ya ?.
      Jakartakah ?.
      Semoga kelak mas dan keluarga kesampaian liburan ke Magelang.
      Tanpa perlu khawatir tentang penginapan karena di Magelang banyak banget penginapan, mulai kisaran harga 75K semalamnya sampai jutaan juga ada.

      Delete
  4. Kayaknya pernah ke sini 2012. Lupa2 ingat. Waktu itu habis benchmarking dari semarang balik yogya. Ingatnya cmn pesawatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar sepertinya betul kalau bang Day pernah ke Taman Kyai Langgeng karena lokasi Magelang berada di jalur Semarang - Yogya.
      Lebih tepatnya lagi, berada di jalur yang dilewati angkutan umum Magelang - Wonosobo.

      Hehehe ..., yang bikin ingat pesawatnya, ya.
      Pesawat besar bisa mendarat di kota Magelang ๐Ÿ˜

      Delete
  5. bagusgus banget pemanfaatan kotanya bang
    dan bisa menjadi objek wisata kaya gitu di tengah kota

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,betul.
      Aku juga salut inisiatif pemerintah membentuk taman ditempatkan di tengah kota.
      Ngga melulu bangunan rumah atau perkantoran.

      Kalau di Jawa-Barat taman ini hampir mirip dengan Kebun Raya Bogor, sama-sama di tengah kota.
      Bedanya di Kebun Raya Bogor ada istana kepresidenannya, kalau Taman Kyai Langgeng ada rumah dinas walikota disamping tamannya.

      Delete
  6. Cukup lama juga ya penggantian namanya, Mas.
    Jadi kangen naik kerete mobil keliling itu..hehe

    Udah lama banget gak naik itu :D
    Bioskop 6D ada juga to, seperti di perpustakaan Grhatama Pustaka Jogja juga ada, hanya saja gak diluar gitu, Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lama juga penggantian nama lokasinya, mas Andi. Maka warga Magelang terlanjur lebih mengenal nama taman ini dengan sebutan Taman Bunga.

      Hehehe ..., mas Andi suka yaa naik mobil keliling ๐Ÿ˜.
      Tau ngga mas, di kota Magelang ada loh sarana mobil keliling seperti di Taman Kyai langgeng ini ..., rutenya terbatas sih cuma mengelilingi sebagian kota.
      Suaranya berisik heboh karena ... berjalan sambil disertai bunyi sirine memekakkan telinga ๐Ÿคฃ.
      Meski begitu, banyak juga yang pada naik mobil keliling ..hehehe

      Wah dimana itu lokasi Grhatama Pustaka Jogja, mas ?.
      Pengin nyobain sensasi bioskop 6Dnya ..., siapa tau filmmya tentang wayang orang.

      Delete
  7. Ngakak, pas cerita soal cari bunga yang kelopaknya genap biar bisa pinter mndadak๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚, ada2 aja nih mas himawan.
    Tamannnya keren ya, sayangnya jauh dari rumah saya kalau mau ikutan jogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahahahahah ..., jangan diam-diam ikutan nyari kembang kamboja genap ya, kak Astria ... ๐Ÿคฃ
      Dijamin ngga bakalan jenius mendadak ..., ciyuuuz ๐Ÿ˜…

      Siapa tau kak, ntar pas liburan ke Magelang, saat pagi hari bisa punya waktu jogging ke Taman Kyai Langgeng ..., plus sekalian liburan di tamannya ๐Ÿ˜‰

      Delete
  8. Pernah kesini tahun 2014, dan cukup rindang, parkir luas, wahana utk anak kecil juga banyak.. Suka deh..

    Baru tahu kalo ada legenda bunga kamboja berkuntum genap punya kasiat yg luar biasa. Kalo ada, saya pesen satu bang, buat memintarkan anak indonesia yg masih sok pintar dengan media hoaxnya.. Hehe piss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aseek ..., mas Heri ternyata juga pernah liburan ke Taman Kyai Langgeng ๐Ÿ˜

      Wuakakaaka ..., ide bagus tuuuuh, mas. Anak Indonesia yang pinternya cuma nyebarin berita sesat alias hoax perlu disyaratin pakai kembang kamboja berjumlah genap ... ๐Ÿคฃ.
      Biar ngga nerocos negatif.
      Yook cuuuZz ..., nyari bunga kamboja genap lagii .. xixixi ๐Ÿ˜

      Delete
  9. Wah mas Himawan rmhnya dekat situ ya?
    Lebaran 2017 lalu kami ke sana mas. Lumayan rame wktu itu, shgga kami tdk sempat naik kereta mini kerna antrenya pnjaaang.. namun syukurlah msh bisa becak air, Ilyas anak sy naik kuda poni, dll.

    Btw kisah bunga kamboja yg "berkhasiat" menjadikan kita pintar tanpa belajar, itu kayaknya asyik ditulis jadi cerpen tuuh...

    Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak lagu 'pacar lima langkah'gitu, mas Rifan , eh salah, ding ๐Ÿ˜.
      Tepatnya 5 menitan jarak dari Taman Kyai Langgeng,mas hehehe ๐Ÿ˜

      Beruntung ya meski antrian cukup panjang saat mas Rifan dan keluarga ke Taman Kyai Langgeng, akhirnya adik Ilyas berkesempatan naik wahana becak air dan naik kuda poni.

      Ada video adik Ilyas liburan ke Taman Kyai Langgeng di Youtube ngga, mas ?.
      Kalau ada akan kutonton dan kukomentari.

      Bhahahaha ..., monggo dibuat cerpen bunga kamboja berjumlah genap itu, mas.
      Ntar pasti pada ngakak bacanya ๐Ÿคฃ

      Delete
    2. Ada mas. Maaf ya ini saya kasih link aktif.
      https://www.youtube.com/edit?o=U&video_id=m4A1g0pNubo

      Ini vdieo waktu ilyas naik kuda poni. :D

      Salam hangat selalu mas. Magelang kota yang indah

      Delete
    3. Baik, mas Rifan akan kutonton video adik Ilyas naik kuda poni di Taman Kyai Langgeng.
      Pasti lucu videonya ๐Ÿ˜.

      Salam hangat kembali,mas.

      Delete
    4. Terima kasih, Mas.
      Asal aja kemarin waktu bikin videonya. Yang penting terdokumentasi, bisa jadi cerita kelak kalau anak sudah besar :D

      Delete
    5. Sependapat, mas Rifan.
      Dokumentasi itu penting banget, nantinya akan jadi satu cerita kenangan tersendiri beberapa tahun kemudian.
      Terus berkreasi, mas.
      Ikut kusupport ๐Ÿ‘

      Delete
  10. Pertama dan terakhir kesini, pas jaman SD. Itupun cuma jalan sebentar bangte, nunut foto di semacam balai yang ada di tengah-tengah kolam itu, terus udah. Karena capeknya bukan main. Mau nyoba roller coaster, jaman segitu belum punya banyak nyali, Akhir e nggak jadi xD

    Berati kalau mau kesini, ya mending pas jogging time gitu aja, ya, mas. Bayar seikhlasnya, bisa keliling Kyai Langgeng sepuasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kebayang capeknya mas Wisnu sesampai di Taman Kyai Langgeng melaju langsung dari Purworejo ..., udah gitu naik turun lahan di dalam komplek Taman Kyai Langgeng ๐Ÿ˜.

      Betul,mas.
      Bisa jadi alternatif buat masuk ke area tamannya sambil berjogging santai.
      Jam kunjungan jogging masuk area mulai dari jam 5 subuh sampai jam 8 pagi.
      Setelah jam 8 dikenai harga tiket full.

      Delete
  11. Dulu pengen bangat kesana tapi sampai sekarang gak tercapai. Ternyata isinya bagus juga ya kirain dulu gak menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaah sayang,ya ...
      Udah pernah menetap di Magelang, tapi ngga sekalian ke Taman Kyai Langgeng.
      Ntar nostalgia di Magelang, silahkan masuk kesana sambil jogging ๐Ÿ™‚

      Delete
  12. Mas Himawan tengok ini

    Spot selfienya berupa hammock, deretan payung melayang, ayunan langit dan sepeda melayang.
    Yang unik tuh, spot ayunan langit digunakan dengan cara ditarik dan diputar menggunakan mesin ..., setelah wisatawan duduk di ayunan dan badan diikat sabuk pengaman, mesin akan menggerakkan kursi ayunan bergeser tepat ke arah atas jalur trek, dengan ketinggian beberapa meter diatasnya. Hasil foto tentunya akan terlihat nyata melayang betulan di atas ketinggian.

    Kira-kira aman atau tidak tu mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuamati alat spot ayunan langit aman,mas. Bukan dari bambu seperti biasanya yang ada di spot selfie kebanyakan.
      Tiangnya terbuat dari besi besar dan tali ayunannya terbuat sling baja.

      Ayook, datang ke Taman Kyai Langgeng saat liburan nanti ke Magelang,mas Martin ๐Ÿ™‚

      Delete
    2. Syukurlah kalau begitu mas, soalnya pasca baca bagian ini...

      Spot selfienya berupa hammock, deretan payung melayang, ayunan langit dan sepeda melayang.
      Yang unik tuh, spot ayunan langit digunakan dengan cara ditarik dan diputar menggunakan mesin ...,

      rasanya bagaimana begitu, jujur mas saya trauma, saat naik rollcoster di Ancol... Jakarta Utara. Sampai di tengah tiba-tiba mesin mati,,, ada yang ketakutan sampai kencing mas, kalau saya lemas,,, ngeri bangat mas...

      oh ya mas, kalau sempat cobalah ulas penginapan-penginapan murah di Magelang dan sekitarnya kwkwk...Saudaraku tetap semangat ya... Kesehatan euu, jangan sampai masuk angin lagi kwkwkwk

      Delete
    3. Apaaa ..., mas Martin pernah punya pengalaman kejadian naik roller coaster di dufan dan mesinnya mati ??.
      Astaga, saya kaget bacanya,mas !.
      Ngga kebayang rasa ketakutannya seperti apa waktu itu ...

      Heran saya, beberapakali muncul di berita tentang kejadian macetnya mesin wahana roller coaster di banyak lokasi,termasuk di beberapa negara, sebenarnya itu maintenance mesinnya gimana sih bisa berakibat seperti itu ?.
      Seharusnya, jenis wahana ekstrim rutin di kontrol kinerja mesinnya per berapa jam sekali dalam 1 hari.

      Wkkkwwwkk ... , waah kayaknya suatu misi tantangan cukup berat nih aku disarankan berkunjung ke banyak penginapan murah di Magelang.
      Kira-kira sanggup ngga yaa ๐Ÿ˜‚ ?.
      Masalahnya aku kudu pura2 mau bermalam buat nyari kisaran harga penginapannya.
      Sepengetahuan saya, mas (berdasarkan cerita-cerita dari keluarga jauh yang datang dari luar kota ke Magelang) penginapan di Magelang kisaran permalamnya mulai dari 75 ribu sampai 1 jutaan.

      Di dekat rumahku juga ada hotel terjangkau,mas.
      Kalau ngga salah saat ini, 100 ribu permalamnya.
      Terakhir kali aku antar sodaraku bermalam disana masih 75 rb permalamnya dengan kamar luas dan kamar mandi dalam,tapi ngga ada tv dan fasilitas air hangat.

      Terimakasih nasehatnya,sodaraku.
      Mas Martin juga ya, jaga kesehatan agar ngga masuk angin juga ๐Ÿ˜

      Delete
  13. Ouw.. Taman bunga atau TTaman Kyai Langgeng ini ternyata juga tempat main brader waltu masih bocah ya? Aku ngakak sendiri baca brader kecil pergi keluar nggak pamit ortu karena termakan rayuan teman-teman untuk ngumpulin bunga kamboja berjumlah genap dan bunga kambojanya ditarun di dalam buku pelajaran Supaya bisa pintar? Wkwkwkwk hahaha..:) adaaa aja..!:)

    Btw Taman Kyai Langgeng ini luas ya 27 hektar. Konsepnya sekarang dibuat berupa hutan buatan di tengah kota ya? Ide yang bagus.., dan terdapat nama-nama spesies tanaman di setiap batang pohonnya. Jadi mirip kebun raya ya banyak varietas tanaman dan pohon.
    Wah ada banyak wahanya juga, Tapi nggak sempat naik wahana ya karena jam operasionalnya belum buka.
    Dibuat jogging asyik ya karena areanya luas, jadi jogging bisa bikin kita langsing hihihi..
    Keren dech wisata Taman Kyai Langgeng ini selain bisa buat rekrreasi juga bersifat edukasi. Jaraknya dekat ya sama tempat tinggal brader?
    Enak kalau begitu tinggal jalan, ngesot, atau merangkak.. sebentar aja sudah nyampe dech ke taman buat jogging.. Hehehe.. Sip..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhaahahahaa ..., itu sebenarnya belum seberapa cerita kekonyolan berburu bunga kamboja berjumlah genap ๐Ÿคฃ ...
      Ada lagi lanjutannya !.
      Gini :
      Mutarin area sekitar makam Kyai Langgeng sambil sibuk lihat bunga-bunga kamboja yang berjatuhan di tanah, dan nemu kuntum bunga kamboja berjumlah genap ..., aku dan kawan-kawan berebutan dengan cara ..., wkkkkwkk ..., ngambil bunganya ngga boleh pakai tangan, tapi pakai ..., mulut ๐Ÿคฃ !.
      Juga syarat lainnya, ngga boleh sengaja metik bunga kamboja genap dari pohonnya, jadi ngakalinnya ..., pohon kamboja digoyang-goyang sampai beberapa bunga pada berjatuhan.
      Bhahahahaa, gokil kaaan ?!.

      Auwww .., kok syerem yaa pakai acara ngesot atau merangkak ke Taman Kyai Langgeng ..., wkkwwkkk ..., ntar pasti dikira jelmaan trenggiling ๐Ÿ˜‚

      Kalo jalan kaki sih paling 5 menitan ditempuh dari rumah keluargaku,sista.



      Delete
    2. Hallo.. Ouw.. What? ngumpulin bunga kamboja pakai mulut? Astaga..! kok mau-maunya ya anak-anak jaman old dulu dikerjain sama teman sendiri? hahaha...
      Mana nggak boleh petik langsung dari pohonnya jadi digoyang-goyang supaya bunga nya jatuh terus dipungut sama mulut.Wkwkwk Lucu..!

      Tahu nggak aku juga punya tanaman pohon kamboja bunganya warnanya pink. kalau lewat tercium.aroma khas kamboja bikin merindingmerindingmerindingmerinding, sebel banget kalau ada aroma wangi kamboja srperti auranya mistis begitu. Rasanya pengen aku tebang aja pohon kamboja itu. Hehehe..

      Btw taman Kyai Langgeng ini campuran antara hutan buatan berupa kebun raya dan taman hiburan ya banyak wahana dan spot selfie nya.

      Di kotaku juga ada kebun raya namanyanya kebun raya Purwodadi lokasinya ada di luar kotatepatnya di kota Lawang setelah Singosari dari arah kota Malang.
      Aku dulu semasa sekolah pernah ke kebun raya tsb tapi agak gelap suasananya kurang ceria, Jadi rada takut wisata ke kebun raya. Mending wisata di kota Batu.hehehe.

      Delete
    3. Bhahahahaa ๐Ÿ˜‚ !.
      Begitulah ..., kelakuan konyol anak jaman old.
      Mana ada anak jamn now percaya hal bunga kamboja berjumlah genap dan ngambilnya pakai mulut ituuu ..., bisa bikin jadi pinter mendadak,tanpa perlu pakai acara belajar ๐Ÿ˜‚

      Di rumah sista ada pohon kamboja bunga berwarna pink ?.
      Pohonnya tinggikah atau rendah ditanam di dalam pot ?.
      Soalnya dirumahku juga ada pohon kamboja berbunga pink,sista.
      Cuma ditanam di dalam pot.
      Sekali waktu muncul bunga semua dipohonnya, hanya sedikit daunnya.
      Hahaha ... , kalo ditebang, ntar dimarahin mama kamu looh ๐Ÿ˜…

      Coba ya kusearching lokasi kebun raya Purwodadi, kok jadi penasaran pengin lihat suasana lokasinya seperti apa.
      Mungkin sebaiknya dilengkapi wahana permainan juga, ya agar ngga kelihatan suram.

      Delete
    4. Wkwkwkwk.. Kelakuan anak jaman old memang lucu,tapi kuat ya karena sukanya ngebolang terus.
      Iya di rumahku ada pohon kamboja berbunga pink. Pohon kambojanya sudah lumayan tinggi melebihi pagar karena tumbuhnya di tanah halaman depan.
      Ooh di rumah brader juga ada tanaman kamboja pink ya di dalam pot. Tapi kalau berbunga banyak ya melebihi daunnya?
      Iya pohin kambojanya pingin aku tebang tapi nggak berani ntar kena labrak hehehe.. Padahal waktu beli tanaman aku sudah protess sejak awal kok nggak semuanya aja tanaman pucuk merah kok ada kambojanya juga? Tapi ibuku tetap kekeuh sama kamboja.
      Ya sudahlah kalau saja aku pasti milih pohon bunga sakura.. hehehe..

      Oj ya aoa brader udah nyoba browsing kebun raya Purwodadi? Terletak di kota Lawang di pinggir jalan raya malang-surabaya.
      Iya sebaiknya kebun raya tsb ditambah fasilitas beberapa wahana agar nggak suram dan bisa kelihatan terang dan ceria.

      Delete
    5. Wuiih pohon kambojanya udah setinggi melebihi pagar rumah ...,subur ya.
      Memang sih pohon bunga kamboja hias [ bukan yang putih seperti di pemakaman ] terlihat eksotis dan banyak ditanam di rumah bergaya kekinian, tapi kesannya tetap rada seram juga ya ...
      Apalagi kalau malam hari pas sepi.
      Lagi duduk tau-tau kecium harumnya bunga kamboja ...
      Howaaaaaa ... , pasti bikin nyut-nyutan ๐Ÿ˜Ÿ

      Kebetulan dirumahku cuma ditanam di pot,jadi kayak bonsai gitu,sista.
      Sekali waktu memang daunnya berguguran semua,berganti dengan bunga ...

      Belum,kelupaan browsing taman Purwodadi,sista.
      Maklum,akhir-akhir ini lagi berkegiatan jadi youtubers dan saat ini badanku lagi kurang fit.
      Badan terasa lemas dan bawaanya terasa ngantuk terus.
      Besok pasti kusearching lokasinya.
      Terimakasih ya udah diingetin ๐Ÿ™

      Delete
  14. kok kelihatan sepi ya mz? apa waktu fotonya nyari jam jam sepi? tapi tetap keren.... jalan jalan terus.. kapan sampai sumatra mz? kiki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sengaja motretnya pas kelihatan sepi, kak Risna ๐Ÿ˜.
      Biasa,aku sukanya milih motret lokasi yang lagi kelihatan lagi sepi biar obyeknya kelihatan lebih jelas .. hehehe ๐Ÿ˜.

      Waaah, itu juga keinginanku, kak ..., bisa kesampaian ke Sumatera.
      Pengin rasanya menjelajah destinasi wisata Sumatera dan ikut memperkenalkan wisata disana.
      Doain ya agar kesampaian, kak ๐Ÿค—

      Delete
    2. Aamiin semoga ya mz.. tu kan emang di sengaja nyari engle yang sepi kiki


      emang iya sih, jadi lebih jelas objeknya.. kalau banyak orang jadi sumpek

      Delete
    3. Amin,terimakasih doanya kak Risna yang baik hati.

      Hehehe ..., iya betul kalo lagi rame hasil foto obyeknya ngga kliatan, yang ada jadi kayak tumpukan dawet cendol di lokasi ... wkkkwwkk ๐Ÿ˜‚
      Minum es cendol yoook aaaakh ...

      Delete
  15. senang kalau bersantai di sini waktu petang, kan mas?

    p/s ada gambar makam kyai langgeng? nanti share dengan kami?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whoaaa ..., kalau malam hari aku belum pernah masuk ke areanya,kak ๐Ÿ˜.
      Tapi kalau datang malam hari di resor Puri Asri untuk suatu acara, kebetulan saat itu pesta acara ultah, aku pernah.
      Adem gitu udaranya, kak.
      Magelang kalau malam cenderung dingin udaranya.

      Makam Kyai Langgeng aku ngga motret, kak.
      Takut kenapa-kenapa hehehe ...

      Delete
    2. orang sudah meninggal usah takut. dia tak kembali ke bumi lagi hehehehe

      Delete
  16. Akhirnya bisa mampir juga blog mas himawan ini.. Hehehe

    Ehh.. Btw, itu pesawatnya asli apa replika mas? Keknya jadi daya tarik tersendiri itu. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo, mas Indra.
      Kita bertemu lagi akhirnya, udahblama ya kita ngga saling bewe ๐Ÿ˜

      Pesawatnya asli, mas.
      Berukuran besar seperti badan pesawat komersil pada umumnya gitu.

      Aku malah ngga tahu kapan pesawat sungguhan itu dulunya ditarik atau dibawa pakai apa untuk tiba di lokasi Taman Kyai Langgeng ..., karena setelah SMA aku merantau lama di Jakarta hehehe

      Delete
    2. ow jadi beneran asli ya.. mungkin dulu di bawa per bagian terus dirakit disitu.. hehehe

      Delete
    3. Bisa jadi begitu adanya ya,mas.
      Body pesawat dirakit ulang di lokasi taman.

      Kayaknya ngga mungkin banget badan pesawat utuh ditarik dari bandara terdekat (Yogya) ke kota Magelang ๐Ÿ˜
      Bisa-bisa saat itu jalanan macet total parah yaaa ...
      Wkkwkk ๐Ÿ˜‚

      Delete
  17. Cieee yang ada di jembatan cinta :p

    Sudah sangat lama ya Taman Kyai Langgeng ini. Sudah dari tahun 1987 (akyu sudah lahir atau belum yaaaa :p hihihi). Biasanya sih begitu, meskipun ada namanya tapi apa yang sudah melekat di masyarakat itulah yang diingat. Misalnya Taman Kyai Langgeng masih disebut Taman Bunga hehe. Sama juga dengan salah satu gedung di sini, namanya panjang banget dan oleh orang-orang disebut Gedung Mautapaga (karena letaknya di Kelurahan Mautapaga).

    Oia, dapat nggak itu kuntum bunga kamboja? Hahahaha ... kelakuaaaaan kids zaman old :p

    Bicara soal biaya masuk, ini termasuk paling asyik karena tidak ada biaya yang dipatok, sekadar mengisi kotak semampunya/seikhlasnya. Padahal kan biaya masuk ini jelas-jelas untuk perawatan tamannya. Tapi mungkin dengan begitu justru duit yang diberikan lebih besar? Mungkin loh ya :) haha.

    Selamat bersenang-senang ... jalan-jalan terus ... cerita-cerita terus ... yuhuuuu (masih kebayang kuntum bunga yang dicari itu :p)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi ..., cuma belagak doang di jembatan cinta kok, kak .. , padahal ZonK alias Nihil Ka-Ow masalah cinta-cintaan, eh# ..., kok curhat ...
      Bhahhaahahaha ๐Ÿ˜‚

      Kayak-kayaknya tahun 87 kak Tuteh belum lahir,deh ๐Ÿ˜ ...
      Kak Tuteh kan masih masa puber menginjak usia remaja kinyis-kinyis xixixi ...

      Iya ya, kak nama lama suatu tempat atau jalan pasti lebih diingat masyarakat dibandingkan dengan nama barunya.
      Gedung Mautapaga itu gedung keseniankah, kak ?.
      Namanya kedengeran bagus banget, unik.

      Beaya masuk seiklasnya pas jam jogging time doang, kak.
      Lumayan, bisa ngirit plus bisa beli-beli camilan sarapan yang ada di depan Taman Kyai Langgeng hehehe

      Kak Tuteh masih penasaran tentang kuntum bunga kamboja genap , yaa ... hahaha ..., aku sering dapet, kak ๐Ÿ˜
      Tapi kok yaa ..., #nggg ..
      kepintaran matematikaku ngga tambah-tambah tuh, rata-rata cuma 6 terus nilainya ... wkkkwwkk ๐Ÿ˜…

      Delete
    2. Hahahaha bergaya dulu boleh lah, Himawan, urusan perasaannya nanti menyusul :D loh? ;)

      Gedung Mautapaga itu sebenarnya gedung milik Paroki Mautapaga (gereja Mautapaga), namanya sebenarnya adalah Gedung Santo Yosef Freinademetz. Letaknya di Kelurahan Mautapaga, jadi orang-orang seringnya sebut Gereja Mautapaga, Paroki Mautapaga, dan Gedung Mautapaga :D

      Oh la la kuntum kamboja :D

      Delete
    3. Setujuuu ..,hahaha yang penting bergaya dulu aja ๐Ÿ˜‚, masalah hati abaikan saja, masukin ke mesin cuci .., eh#

      Waah ...
      Ternyata bener apa yang kak Tuteh sebutkan di komentar sebelumnya kalau ..., nama asli gedung Mautapaga itu panjaaaang bener yaa, udah gitu nama belakangnya cukup sulit juga diucapin ๐Ÿ˜.
      Bisa jadi karena hal itulah namanya lebih mudah diingat pakai nama kelurahan saja hehehe ...

      Delete
    4. Nah itu dia. Sama juga kayak Auditorium H. J. Gadi Djou, orang-orang bilangnya: Aula Uniflor. Udah gitu aja semua udah tahu gedung mna yang dimaksud hahaha.

      Delete
    5. Hahaha ...,
      Pilih praktis penyebutannya aja,ya .. , daripada lidah jadi keseleo gegara kesulitan ngucapin namanya 1๐Ÿ˜…

      Soalnya kalau udah keseleo lidah ..., susaaah cari tukang urut khusus lidah ... , hahaha

      Delete
    6. Betul sekali hehehe. Yang penting tahu sama tahu dan paham sama paham. Sudah beres :D

      Delete
  18. Keren banget ulasanya mas... cocok banget nih buat rekomendasi saat liburan kesana... tapi kapan ya!....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, tersandung eh# tersanjung saya, mas Adhi ... hehehe ๐Ÿ˜
      Terimakasih opininya ya,mas ⚘

      Kudoain kelak mas Adhi kesampaian liburan ke Magelang, sekalian berkunjung ke candi Borobudur dan lokasi-lokasi wisata lainnya, Amin.
      Semangaaat, mas ๐Ÿ‘Œ

      Delete
  19. Masyarakat memang gitu ya mas himawan, kalau udah kadung nyaman dengan nama taman bunga mah apa boleh buat. hehehe

    dan soal blusukannya anak jaman old itu lucu ah, gapapa dong karena dulu masih minim teknologi bahkan belum kenal yang namanya pesbuk dkknya ya mas hihi tapi lebih sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kak Ajeng masyarakat dikota manapun cenderung lebih familiar dan senang menggunakan nama lama suatu bangunan, suatu jalan juga suatu lokasi ...
      Teteeep saja masyarakat setia gunain nama lama ๐Ÿ˜

      Bhuhahaha ..
      Sebenarnya aku malu juga nyeritain pengalaman nyari kuntum bunga kamboja jumlah genap itu, tapi ngga apa-apalah ya daripada cerita kekonyolan masa kecil ngga kucritain, cuma dipendam dalam hati doang ☺.

      Eits, bener loh apa kata kak Ajeng kalau daya tahan fisik anak-anak jaman old itu lebih kuat dibandingin fisik anak-anak jaman now ..., keliatan lebih kebal aja fisiknya, ngga bentar - bentar sakit.
      Itu pasti karena anak-anak jaman old sukanya bermain di alam.

      Delete
    2. Yuppp betulll mas himawan. Anak jaman old adalah anak didikan alam, bukan begitu? Heheh.

      Dulu aku merasa kalau panas panasan seharian mah sehat sehat aja, main nggak pakai sendal kaki tetep setrong. Sekarang habis otw naik motor kepanasan aja pulangnya badan meriang. Habis mandi tetep aja meriang smpe malam hari. Payah sekali lah.

      Hahaha ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

      Delete
    3. Hahaha ๐Ÿ˜‚ ...,
      Hiduuup anak jaman old !.
      [ kayak lagi menang perlombaan ๐Ÿ˜‰ ]

      Nah, ntar buat siapapun yang punya anak, sebaiknya biarkan anak tumbuh sering menyatu dengan alam.
      Tanpa khawatir berlebihan, selama anak masih bisa jaga diri dengan baik semuanya akan baik-baik saja.
      Kadang ortu sering berlebihan sih bgga bolehin anaknya main diluaran rumah.

      Delete
  20. aku pikir penggantian nama jadi kiyai langgeng karena lebih familiar, mas. betu l kan? he he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku juga begitu, selain memang nama lokasinya berkaitan dengan nama penasehat pangeran Diponegoro ..., juga kedengarannya lebih familiar dan sebagai pembeda nama taman bunga yang sudah umum digunakan di banyak kota lain, mas Beny.

      Delete
  21. Waaa sama kaya aku nyari kembang kamboja. Bedanya aku nyarinya di kuburan. Haha. Waktu mau ulangan atau tes. Yaampunnn percaya aja kaya gituan zaman duluu...

    Karena jarak rumahnya deket sama Kyai Langgeng, kalau pas jam operasional masuknya tetep mBayar nggak mas? wkwk
    Kaya aku kalau ke Pantai Parangtritis (pas masih tinggal di Bantul) cukup diklakson-klakson aja pas lewat TPR, gratisss masuk.

    Oh ya kolam renangnya Kyai Langgeng apa masih bisa digunakan? Aku pernah berkali-kali ke sana kok dalam perbaikan terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuakakakaaka ...
      Asiiik niiih ...., akhirnyaaaa ... selain mas Aris Armunanto, aku dapat satu lagi group pernah nyari kembang kamboja genap ..., dialah kak Dwi Susanti
      Wkkkwkkk ๐Ÿ˜‚
      Toossss, kita bertiga samaan nih punya pengalaman konyol ๐Ÿ‘‹ !

      Waah, asik tuuh kak tinggal diklakson-klaksonin ..., bebas deh lanjut naik kendaraan masuk ke pantai Parangtritis .
      Aku cobain ntar ya saat ke pantai Parangtritis ... xixixi ๐Ÿ˜.
      Penasaran aku, kira-kira dibolehin ngga ya ?.
      Aku dan warga sekitar tetap dikenai beaya full saat jam resmi operasional, kak.

      Sekarang, saat aku ke Taman Kyai Langgeng kolam renangnya udah selesai di renov, kak.
      Di samping lokasi seluncuran kolam utama, sekarang dibuat lahan kotak semacam teras untuk bersantai dan juga untuk penempatan ban pelampung juga rompi pelampung.
      Monggo, kalau mau jogging pagi di Taman Kyai Langgeng, kak..., cukup beaya sukarela saja, ngga dikenai harga full hehehe

      Delete
    2. Yeee kalau nglaksonnya lewat TPR masuk Parangtritis tetep dipungut biaya kamu mas. Plat motormu ga bisa bohong. hahaha.

      Akhirnya kolam renangnya jadi juga, kapan-kapan kalau ke Kyai Langgeng bisa ngajak ponakan atau siapa buat mainan air.
      Oh ya di Magelang ada Soto enak di deket sana eh agak jauh ding... namanya Soto Mbah Mul kalau ga salah

      Delete
    3. Yaah kok gituu .., kirain motorku juga dibolehin bablas keren melaju bebas melewati TPR dengan ikutan ngasi kode bunyiin klakson ๐Ÿ˜.
      Kalo gitu, klaksonnya kupencet lamaaaaa nonstop mulai dari jembatan biar ngerti aku temennya kak Dwi .. wuakakakaa ๐Ÿ˜‚

      Laah hafaaaal banget siih ..., ada pedagang soto Mbah Mul segala ??.
      Hahahahaa ...
      Kayak-kayaknya nglotok hafal betul daerah sekitar Taman Kyai Langgeng nih kak Dwi ๐Ÿ˜….
      Memang udah pernah datang berapa kali sih kesana, kak ๐Ÿ˜ ?

      Delete
  22. lumayan luas.
    foto fotonya bagus.
    Informasi lengkap, termasuk waktu buka dan harga tiket masuk.

    Thank you for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih opininya, kak Lantana ⚘.
      Senang rasanya berbagi info bermanfaat buat semua pembaca, termasuk untuk kak Lantana.

      Salam sukses,kak.

      Delete
  23. terakhir masuk kyai langgeng itu kelas 1 smp, yah belasan tahun yang lalu. berkali-kali berencana masuk tapi belum jadi meskipun sering banget melewati pintu depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lama juga ya mas Farid terakhir masuk ke area dalam Taman Kyai Langgeng ...

      Kalau boleh tahu, mas Farid tinggal di kota manakah ?, kok sering banget melewati pintu depan Taman Kyai Langgeng ?.
      Magelang jugakah ?

      Delete
  24. Sebelum baca tadi saya kira biasa-biasa saja saja loh tempatnya. Hehe๐Ÿ˜…
    Ternyataaa.. Waah.. Menarik minat buat kesana. Tiketnya juga terjangkau dompet lagi. Ehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ๐Ÿ˜ ...
      Awalnya kirain cuma taman biasa ya,kak Ummu.
      Ayok diagendakan jadi kunjungan liburan saat ke Magelang nanti, kak ๐Ÿ™‚

      Delete
    2. Mantap, kak Ummu ๐Ÿ˜๐Ÿ‘

      Delete
  25. Beberapa Kali lewat Magelang kok tidak pernah tahu inj ya, hehhee. Terlalu fokus ke tujuan sepertinya samapi tidak sadar ada taman yang bisa dikunjungi.
    Penasaran sama bioskop 6D. Kenapa dinamakan 6D? kalau 3 dan 4 kan karena dimensi.
    Ngobrolin tentang kamboja, yang mencipta pinta tuh. Alih-alih menyuruh belajarbelajar, lebih baik menyuruh bermain sambil belajar biologi. Yaa... Walaupun ada embel-embelnya akan pintar. Tapi, kalau belajar pasti pintar betulan kan kak? ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah ...,
      ternyata kak Qudsi pecinta berat lagu meraih bintang ⭐ nih ...,

      ' Tetap fokus satu titik
      Hanya itu
      Titik itu ๐ŸŽต ...'

      Hahahaa ... sampai ngga pernah tau dan kebablasan melaju terus ngga tau ada taman ini di Magelang ๐Ÿ˜.

      Ntar kapan aku nonton dulu bioskop 6D ya,kak ... biar tau kenapa kok disebut 6D, soalnya belum nonton juga sih ๐Ÿ˜

      Kalau belajar pasti pintar itu ..., aku percaya.
      Tapi kalau pintar karena bunga ngga deh
      #Nyadarnya_Baru-Sekarang ^_^

      Delete
    2. Biasanya cuma lewat saja.. dari Semarang menuju Yogya. Fokus khawatir kesasar, hahaha.

      Eh, yang nulis juga belum nonton, yah.. wah

      Jangan salah kak, para profesor botani pintar karena bunga lho. Hehehe.

      Delete
    3. Hehehe padahal rute arah dari Semarang ke Yogya melewati Magelang itu sebetulnya mudah loh,kak.
      Tinggal lurus saja.
      Cuman ya itu ya ..., padatnya lalu lintas dan di daerah mulai dari Ambarawa itu jalurnya cukup perlu ekstra hati-hati, sulit dilalui.
      Meliuk-liuk rutenya.

      Hahaahaha ... , jujur sampai hari ini aku belum nonton kayak apa bioskop 6D di Taman Kyai Langgeng

      Eh,iya betul juga,ya ..., akibat bunga seseorang betulan jadi bergelar profesor ๐Ÿ˜

      Delete
  26. Aku jadi pengen kesana juga nih mas. Pengen pinter, nyari bunga yg kelopaknya berjumlah genap ��

    Seru tempatnya ya ada anjungan pesawatnya juga. Kalau mau kesana mesti pakai kendaraan pribadi ya mas karena angkutan umum belum menjangkau sampai tempat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhua...hahahaaa ..., don't try that ojo tiru hal itu, kak Anggun ๐Ÿ˜‚ ...
      Kak Anggun kan udah pinter, ngga perlu pakai acara nyari bunga kamboja berjumlah genap.

      Kalau datang ke Magelang dan menuju ke taman ini ngga pakai kendaraan pribadi, deket ditempuh dengan berjalan kaki setelah turun dari angkutan kota kok, kak.
      Melewati samping sekolah SMAN1 dan taman Cempaka.

      Ayook ajak doi kak Anggun ke Taman Kyai Langgeng ... hehehe

      Delete
  27. Kalau saya lebih suka menyebutnya taman bunga. Wah seharusnya tidak perlu ada pergantian nama ya?
    Harga tiketnya tergolong murahlah. Terjangau buat masyarakat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma saat memakai nama taman bunga, lokasinya kurang diminati jadi lokasi wisata oleh wisatawan dari luar kota,mas.
      Kalau sekarang, terutama sabtu, minggu dan libur nasional banyak didatangi wisatawan menggunakan bis besar.

      Iya sih kalau dilihat harga tiket dengan free fasilitas 10 wahana permainan yang didapat, terbilang murah.

      Delete
  28. Sudah lama s akuh ga mendatangi blog ka himawant yang paling kece seantero jagat raya ini hahaha.Wah keren bangett ey taman bunganya.. Pengen donk main kesana !! hihih kapan2 ajakin saya donk busui yang lagi main hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa ..., tuuh kaan ... kak Vika bikin aku ngakak malam-malam gini baca komentar ๐Ÿ˜‚!.
      Iya nih kak Vika kemana aja lama ngga berkunjung ?, lagi sibuk ya atau si kecil udah lahir, kak ?.

      Ayook, siaaap kak ..., ntar kak Vika dan keluarga datang ke Magelang kuanterin.

      Delete
  29. Dekat rumah ortu tapi sudah lama banget nggak kesana karena nggak ada anak kecil lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, asal kota kak Lusi ternyata Magelang ya ?. Wah kita sama kalau gitu,kak ๐Ÿ™‚.
      Ntar kalau kak Lusi mudik ke Magelang nengok ortu, mampir sekalian jogging di Taman Kyai Langgeng,kak.

      Delete
  30. Lumayan lama dan mengandung sejarah untuk indonesia ini tempat, Taman Kyai Langgeng banyak fantasi nya. Semoga semakin maju dan banyak pengunjungnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ya,mas Warman. Tentunya penanganan dan perawatan taman juga wahana permainannya terus dilakukan ya,mas.

      Delete
  31. Saya sejak kecil sudah sangat identik dengan yang mananya hutan bang, dimana kalo gak ngejelajahi hutan minim cahaya matahari, rasanya belum lengkap cerita yang akan dibahas di malam harinya hehe, namanya juga anak kampung yang setiap hari dekat dengan hewan hehe
    Btw ini memang very interesting place menurut saya mas, juga sangat recomended sebagai kunjungan wisata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu sangat menarik,mas Wky. Keseharian mas dekat dengan hutan dan pasti banyak cerita menarik yang ditemui setelah menjelajah hutan ..., ketemu binatang ini itu juga cerita-cerita menarik lainnya.
      Kalau tinggalnya dekat,pasti saya senang diajak bareng keluar masuk hutan, setelahnya malam hari kumpul bareng teman-teman bercerita.
      Itu sangat menarik buat saya.

      Betul pendapat mas Wky, taman ini interesting dan recomnended buat liburan keluarga.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Tapi sayang, sayang sayang, seribu kali sayang, bak kata lirik lagunya Viktor Hutabarat mas,
      Semua yang terlihat hijau tersulap menjadi gumpalan asap disetiap waktunya. Area yang dulu jadi tempat keseharian bermain, sekarang udah ditanami kelapa sawit beserta bangunan pabriknya..
      .
      .
      Tapi yaa mau gimana lagi, aku sekarang kerja di pabrik itu pula.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Delete
  32. senang deh kalau makin banyak hutan kota seperti ini. anak-anak jadi punya banyak ruang untuk bermain. Saya juga jadi senang leha-leha dan jalan kaki di hutan kota kalau lagi suntuk. Ampuh banget buat naikin mood kalau ketemu hutan euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sependapat,kak Endah ๐Ÿ‘.
      Adanya hutan kota seperti di kota Magelang dan di kota kak Endah ini sangat bermanfaat buat kita semua. Anak-anak pun jadi lebih dekat dengan alam dan menambah pengetahuan mereka tentang flora fauna.
      Semoga kota lain juga menyusul adanya pembangunan sarana wisata hutan buatan juga ya,kak.

      Delete
  33. Dari segi pemilihan nama, kalau taman bunga pun memang kurang menjual ya,, kurang spesifik.. bisa dimana aja gitu orang bikin taman namanya taman bunga.. kalau taman kyai langgeng kan bisa lebih tertuju kepada daerah yang khas dengan nama itu hehe..

    Itu kelakukan waktu masih bocah kocak amat ya.. tapi emang anak2 jaman old kaya kita ini suka aneh2 ya.. kaya misalnya klo lagi kebelet tapi gk memungkinkan buat boker,, maka kita harus ngantongin batu, itu juga kocak amat tuh ahaha..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku juga begitu,mas Bara.
      Penggantian nama baru lokasinya lebih pas karena memang ada sejarah didalamnya dan kesannya ngga pasaran.
      Taman yang menggunakan tambahan naman taman bunga juga sudah banyak di beberapa kota, diantaranya taman bunga Wildatika.

      Hahahaaha ๐Ÿ˜… ...
      Aku langsung ngakak dan langsung ingat salah satu kekonyolan masa kecil jaman old kita salah satunya juga ngantongin batu seperti yang mas Bara lakukan ...
      Hadooh, bisaaa ya kelakuan kayak gituuu ... wkkkwwkk ๐Ÿคฃ !!

      Delete
  34. Ada taman kota keren begini tapi nggak dilewati kendaraan umum? Wah, aneh juga ya. Apa asumsinya semua orang naik motor ya. Tapi saya penasaran dengan pohon-pohon langkanya. Perlu dicatat nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya begini alasan ngga dilewati angkutan kota,kak : agar membiasakan diri pada jogging atau jalan kaki menuju ke depan lokasi Taman Kyai Langgeng.
      Terbukti dengan dibentuknya taman untuk jogging di Magelang.

      Tapi, benar juga kata kak Dyah ngga semua wisatawan luar kota yang datang menggunakan kendaraan pribadi.
      Kalau turun dari angkot, masih harus berjalan kaki itu cukup menguras tenaga.

      Jalur angkot melewati depan lokasi parkir, itupun cukup jauh berjalan kaki.
      Tapi terbayarkan dengan lihat-lihat kios souvenir.

      Kapan pas ke Magelang, mampir liburan ke Taman Kyai Langgeng buat lihat pohon-pohon,kak.

      Delete
  35. Belum pernah kesitu padahal Klaten Magelang sih gak terlalu jauh, ya jangankan ke Magelang ke Umbul Ponggok yang konon beken itu aja aku belum pernah :D

    Jalan-jalan tuh asik ya kalau masih pagi dan sepi gitu, jadinya semua wahana serasa milik sendiri.

    Kalau main ke blog-nya orang yang suka piknik gini jadi pengin tapi apa daya jauh dikit takut mabok :D

    Aku kalau piknik palingan cuma ke Jogja, berangkat pagi-pagi lalu ambil sepeda ontel muter-muter sekitar Kota baru, tugu Jogja, Malioboro, Alun2 dan sekitarnya. Kalau udah capek jajan terus pulang. Gitu-gitu mulu minimal sebulan sekali tapi ya gak pernah bosan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jogja memang ngangenin ... hehehe ๐Ÿ˜.
      Betul kata kak Widha, suasana kotanya ngga pernah bikin bosan meski udah datang berkali-kali disana.
      Meski padatnya kayak gitu pas malam minggu ..., uyek-uyekan di Malioboro, Alun-alun dan sekitarnya tetep saja mampu menarik kunjungan wisatawan.

      Sedikit saran, mungkin sebaiknya kak Widha melawan rasa mabok darat dengan tetap nekad melakukan perjalanan jauh.
      Lama kelamaan mabok darat akan hilang sendiri,kak.
      Soalnya salah satu bibiku juga awal-awalnya juga sering mabok darat,kak ....
      Seiring waktu dengan nekad, hilang juga maboknya ๐Ÿ™‚

      Delete
  36. Ya ampun kapan ya aku terakhir ke Kyai Langgeng, wkwk. Nostalgia banget baca postingan iniii. Mungkin nanti ke sana lagi ajak anak deh. Kayaknya liburan SD deh terakhir aku ke sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkkkwwwkk ..., berasa nostalgia jadinya ya, kak Nia ๐Ÿ˜…

      Siip,kak ntar ajak anak kak Nia ke Taman Kyai Langgeng dan sambil bercerita dulu mamanya pernah datang kesini waktu SD dulu ๐Ÿ˜

      Delete
  37. He eh. Bener, tetanggaku juga nyebut Kyai Langgeng ini TB. Awalnya aku mikir juga...kok bisa. Ternyata historisnya dulu namanya taman bunga tho.

    Aku sempat juga ngikuti perkmbngan oby wisata ini. Lmyn deket dr Jogja soalnya. Sekarang lbh bagus, apalagi pas udah sistem tiket terusan. Paling suka sama bioskop 6 D nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuuuh kan beneeeeer ... ๐Ÿ˜…
      Wkkkwkk !.
      Tetangga kak Sulis saja sampai hafalnya TB, bukan Taman Kyai Langgeng ๐Ÿ˜.
      Soalnya terlanjur udah kelamaan gunain nama TB,sih ...

      Ayok kapan ada waktu liburan ke Magelang, mampir ke taman ini buat jogging atau beli tiket terusan buat nonton bioskop 6D nya ๐Ÿ™‚

      Delete
  38. wah tempatnya asyik sekali ya mas..
    secara saya pernah lewat kota magelang, kotanya bersih, nyaman disana.
    oh ya mas, ditaman yang sekarang masih ada bunga kamboja genap tidak??
    mau tak taruh dilepitan buku...
    hahahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaahahaha ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ !
      Kok mau ikut-ikutan cara anak jaman old ... ,sih bli Eka ?.
      Ntar ngga bakalan pinter mendadak, looooh ... ๐Ÿ˜…

      Seingatku,di komplek makam Kyai Langgeng yang ditutup rapat dinding keliling, masih ada pohon kambojanya, bli.
      Tapi pengunjung ngga diperbolehkan bebas masuk karena diteralis berjeruji dan digembok.
      Jadi ..., kita - kita ngga bakalan bisa nyari kuntum bunga kamboja berjumlah genap dimakamnya ...
      Hahahaha ๐Ÿ˜…

      Kapan akan ke Magelang lagi, bli ?. Mampir liburan ke taman ini, tapi jangan diem-diem lompat pagar makam buat nyari bunga ya .., hahaaha ๐Ÿ˜…

      Delete
  39. Belum pernah kesini saya mah kang, maklum "kutu lebu" alias tukang tidur, hehee...

    Jam kerja saya yang sangat panjang membuat saya susah jalan-jalan kang, hanya bisa menikmati perjalanan teman-teman yang bisa berkeliling nusantara seperti kang Himawan ini.

    Sukses terus ya kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, sebenarnya 'nasib' kita samaan, kang.
      Keseharian jam kerjaku juga panjang lebih dari 8 jam, melebihi jam kerja resmi yang ditetapkan pemerintah.
      Ngga tau tuh, kok berani nekad menerapkan jam kerja seperti itu.

      Sementara ini buat menyiasati waktu liburan, aku pas off hari kerja ..., aku kadang berangkat travelling saat malam hari atau juga kalau ngga berangkat subuh dari rumah, kang.

      Tetap semangat ya,kang.
      Sebaiknya jangan kebanyakan tidur, loh.
      Takutnya berat badan jadi cepat bertambah hehehe.

      Delete
  40. aku akui dengan adanya tanaman rindang maka keadaan hawa perkotaan menjadi lebih segar ketimbang minim tanaman
    Sekalipun itu hutan buatan, yang penting ada tan aman, ya cukup baguslah buat kesehatan warga kota

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget apa kata mas Awan ๐Ÿ‘.
      Adanya taman begini di tengah perkotaan, hawa jadi terasa lebih sejuk.
      Tanaman berfungsi sebagai paru-paru penyumbang oksigen.

      Delete
  41. Spot pesawat kek gitu mirip di Purwokerto, pantesan kayak dejavu ternyata mirip hehehe

    Udah lama ngga main ke sini, mas Himawan udah jalan-jalan lagi aja yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren itu,kak Onix ..., di Purwokerto juga ada taman yang dilengkapi pesawat terbang.
      Namanya taman apa, kak ?
      Barangkali kelak aku kesampaian liburan kesana.

      Delete
  42. menarik mas, sering lewat magelang kota blom pernah mammpir kesini, wahana banyak juga, cocok klo bawa anak2 kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok kapan pas lewat Magelang, mampir ke Taman Kyai Langgeng,mas.
      Kalau mau jogging, datang sebelum jam 7 lebih, ya ๐Ÿ™‚

      Kemarin aku lewat lagi kotamu Temanggung,mas.
      Lihat Kledung rest area.
      Bagus ya pemandangannya ..., gunung tampak deket banget.
      Keren ๐Ÿ‘

      Delete
  43. senangnya kalau di kota bisa bikin daerah hijau seperti ini , jadi adem dan tenteram rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,betul mas Rusdi.

      Kebetulan kota Magelang juga masih banyak pohon-pohon besar, eh ada pohon jenis bunga sakura ๐Ÿ’ฎ๐ŸŒธ๐Ÿต juga, loh ...
      Musim berbunganya satu tahun sekali.
      Kalau pas berbunga, semua pohon serentak berbunga ... , cakep banget pemandangannya,mas.

      Delete
  44. oooh Magelang toh, kukira Malang

    Bagus ya namanya. Kyai Langgeng. Namanya gak umum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe hampiiir mirip ya antara nama kota Magelang dan kota Malang, kak Rhos ...
      Bedanya hanya di tulisan GE ๐Ÿ˜

      Ya,kak namanya jadi kedengeran ngga umum.

      Delete
  45. Wah kayaknya kalau wisata ke sini asyik ya mas bareng keluarga..
    Eh itu cerita bunga kamboja kuntum 6 bikin saya ketawa mas, ada2 saja ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkkwkkkwkk ..., jangan diem-diem ikutan nyari bunga kamboja berjumlah genap ya, kaaaaak ๐Ÿ˜‚.

      Ayook,
      Lokasi Taman Kyai Langgeng dimasukin list liburan kak Monica selanjutnya ๐Ÿ˜

      Delete
  46. Pernah dengar cerita taman kyai Langgeng dari teman kuliah. Aku kuliah di Semarang, teman2ku banyak orang Jawa Tengah dan DIY, suka main2 ke rumah mereka. Seru aja.
    Btw..pasti menyenangkan kalau ngajak anak-anak ke taman kyai Langgeng ini, banyak wahananya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyenangkan ya kak bisa punya banyak teman dari luar kota, jadi bisa main kesana-sini.
      Kak Nur jadi tau banyak lokasi-lokasi wisata.

      Ya,kak Taman Kyai Langeng ini recommended buat liburan keluarga.

      Delete
  47. Buat para pasangan sejoli yang maen kesana pasti bakalan langgeng terus ma pasangannya, kerennn mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiaaaa...aaaah .. suiit ..suiit ๐Ÿ˜‰ ..., mas Harmansyah jadi kebayang bawa pasangan ke Taman Kyai Langgeng biar langgeng ...
      Xixixi ๐Ÿ˜

      Eiiitts,
      Tapi aku ngga tuh,maaaaaas ...
      Waktu itu pernah kesana sama seseorang teman dekat, nyatanya ..., bubar jugaaaaaah,ora langgeng malah amburadul wwkkwwwkk ๐Ÿคฃ

      Delete
  48. Cerita masa kecil yang lucu.

    Trus, liat ada komedi putar jadi pengen naik komedi putar lagi seperti waktu masih kecil dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜… ..., jangan ditiru ya,kak Sitti ... bhahahahaha

      Iya ya wahana komidi putar bikin kita jadi teringat masa kanak-kanak ๐Ÿ˜.
      Aku kalau naik komidi putar ๐ŸŽ  , ngga bisa duduk manis di atas satu dudukannya,kak ..., tapi ... malah muterin berjalan kaki melawan arah laju komidi putarnya,kak ..
      Seru aja gituu ๐Ÿ˜…

      Delete
  49. Wah, jadi ingin mengajak anak-anak kesana nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip ..., kapan ada waktu liburan, ajak anak-anak kak Anissa ke Taman Kyai Langgeng.
      Kalau tidak ingin areanya dipenuhi wisatawan, sebaiknya datang bukan di weekend,kak.

      Delete
  50. wow..bioskopnya udah 6D, mantaplah...dan enaknya masih bisa pake angkutan umum ya meski gak turun didepan lokasinya...,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,kak Sarah.
      Taman kekinian dan gaul ini namanya ๐Ÿ˜.
      Ada bioskop 6Dnya hehehe ...

      Delete
  51. weh, saya terkesima dengan bioskop 6D nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayook ke Taman Kyai Langgeng ..., hehehe ๐Ÿ˜

      Delete
  52. lengkap banget ini namanya, semua ada, macam taman safari kali ya. Ehh kalo taman safari banyakan hewannya hehehe
    tiketnya murah meriah, banyak banget ternyata tempat keren di magelang ya

    ReplyDelete
  53. sekalian aja bunganya di bakar, di seduh terus di minum. biar pinternya cepet :P

    ReplyDelete