Friday, August 10, 2018

Liburan di Dino Park Jatim Park 3 itu : Seru !

Yeayy ..., akhirnya aku kesampaian juga berlibur di kota Batu dan Malang setelah menunggu penantian waktu cukup panjang, tepatnya sejak setahun yang lalu diceritakan oleh adik dan keponakanku yang pernah berlibur dalam kegiatan study tour sekolah ke kota yang beriklim sejuk dan terkenal sebagai penghasil apel ini.
Saat itu mereka berlibur di lokasi wisata kekinian Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Museum Angkut. 
Sekembali dari liburan, mereka dengan antusias menceritakan bagaimana kekaguman dan keseruan mereka berlibur di ketiga tempat yang ditata modern dan berkelas International itu.

Sejak diceritakan pengalaman liburan seru disana oleh mereka berdua, aku diam - diam memendam keinginan dalam hati dan memasukkan destinasi wisata kekinian Jatim Park ke catatan buku daftar tujuan liburanku selanjutnya.
Entah nantinya aku akan berlibur ke destinasi Jatim Park berapa, memilih ke destinasi mana akan kutentukan selanjutnya, yang pasti sampai duluanlah di kota Batu dan Malang. 
Begitu pikirku saat itu ..., he he he.

Dan pada hari itu, akhirnya keinginan dan rencana berliburku di kota Batu, Malang dan Jatim Park beneran terkabulkan.
Seperti biasanya, perbekalan liburan telah kusiapkan beberapa hari sebelumnya dengan baik, mulai dari menyiapkan membawa satu set pakaian yang sekiranya nyaman dan terlihat matching digunakan untuk ..., ehem apalagi kalau bukan untuk keperluan berfoto ? ..., ha ha ha, ya betul juga kan jika liburan tanpa acara jeprat - jepret bikin kenangan dokumentasi berfoto seru itu apa artinya, sih ?. 
Apalagi aku termasuk type penyuka gaya berfoto antimainstream. Acara liburan buatku terasa kurang berkesan membuat dokumentasi foto diri cuma berdiri berjejer manis di suatu obyek foto.
Selain membawa satu set pakaian untuk berfoto, jaket juga wajib kubawa untuk penghangat tubuh selama di perjalanan. Beberapa camilan dan mineral water juga masuk ke dalam tas ransel travellingku.

Minibus horse white carteran yang membawaku menempuh perjalanan cukup jauh selama 8 jam lebih dari kotaku, Magelang tiba berada di pelataran halaman parkir wisata kekinian Dino Mall Jatim Park 3 sebelum jam operasional dimulai.


Trip Of Mine
Jump action di Dino Mall Entrance

Meski saat itu jam operasional Dino Park belum dimulai, namun Dino Mall Entrance telah dibuka. Kesempatan menunggu waktu jam operasional Dino Park dibuka, kutelusuri semua area lantai 1 dan lantai 2 area Dino Mall yang ditata penuh gemerlap tata lampu meriah.
Di lantai 1 Dino Mall terdapat Museum Musik Dunia, merupakan museum musik pertama dan terbesar se Asia.


Trip Of Mine
Museum Musik Dunia

Area luasnya terbagi 3 lantai, meliputi : 

Lantai 1 : terpajang 1000 macam alat musik dari 5 benua, diantaranya alat musik dari negara Mexico, Scotlandia, Indonesia, India dan China.

▪Lantai 2 : figur patung lilin dan memorabilia dari musikus dunia dari berbagai genre musik berbeda, diantaranya : genre musik Rock diwakili oleh penyanyi rocker tampan Bon Jovi, genre musik K-Pop PSY yang terkenal dengan lagu dan gaya ngedancenya yang unik Gangnam Style, genre musik pop diwakili King Of Pop Michael Jackson, genre musik Mandarin diwakili Teresa Teng dan Andy Lau.

▪Lantai 3 : terbagi menjadi 5 zona meliputi : taman piano, alat musik klasik, zona pembelajaran gamelan traditional Jawa dan kulintang, cafe museum musik dunia dan hall concert yang sanggup memuat 400 orang.

Museum Musik Dunia di lantai 1 adalah salah satu zona berbayar, untuk memasuki areanya dikenai tiket yang dibeli secara terpisah dengan harga Rp. 50. 000,_ , ataupun juga dapat dibeli dengan sistem pembelian 1 paket dengan tiket masuk zona berbayar lainnya.
Zona berbayar yang kuperhatikan berada di lantai 1 dan lantai 2 Dino Mall, selain Museum Musik Dunia terdapat zona : Circus Magic, Virtual Arena, Terminal Selfie, Dino Refleksi, The Miracle [ Aneh Tapi Nyata ], 6D Cinema, House Of Zombie dan Jurrassic Action.
Kalau hanya sekedar kongkow atau nongkrong asik di area Dino Mall, tanpa memasuki zona - zona berbayar, pengunjung tak akan dikenai tiket masuk alias gratis.

Lalu dimanakah letak lokasi Dino Park, katanya berada di area Dino Mall ?

Setelah mengitari lantai 1 dan lantai 2 gedung Dino Mall, aku kembali ke central point area di lantai 1 yang didesain dengan hiasan sebatang pohon sakura berukuran besar menjulang tinggi dan berjalan lurus melewati depan fashion outlet, setelah itu menuruni tangga eskalator untuk sampai di area bangunan yang dibuat lebih rendah dari area Dino Mall dan dibentuk melingkar tanpa penutup atap. 
Di bagian tengah area terdapat kolam air mancur melingkar dihiasi patung tokoh figur Iron Man, Hulk dan dinosaurus rekayasa genetik ditunggangi seorang tokoh fiksi.

Diantara bangunan melingkar terdapat zona berbayar The Legend Star yang menampilkan patung lilin figur tokoh perfilman, Fun Tech Plaza merupakan taman tekhnologi terbesar di Asia, Dino cafe and shop, Dino 360 photobooth, disitulah loket pembelian tiket dan pintu memasuki petualangan area Dino Park berada dan segera dimulai ... .


Trip Of Mine
Dino Plaza

Setelah mengantri di jalur antrian berpagar besi dan tangan dilingkari stiker tanda masuk oleh petugas, area pertama memasuki Dino Park bertemu 4 robot replika dinosaurus berukuran besar berada ditempatkan di sisi kanan dan kiri jalur masuk.
Aku langsung kagum dengan ukuran robot replika dinosaurus dan tekstur kulit yang terasa kenyal saat disentuh seperti makhluk hidup nyata. Sekian menit sekali tubuhnya bergerak dengan gerakan halus dan mengeluarkan lenguhan suara.
Astaga ..., seperti dinosaurus betulan !.


Trip Of Mine
Triceratops

Keempat robot replika dinosaurus yang bikin aku kesengsem pengin memilikinya itu, adalah : 

▪Triceratops
Memiliki panjang tubuh 9 meter. Diperkirakan hidup 72 - 65 juta tahun yang lalu. Merupakan golongan herbivora. Fosil diketemukan di Amerika Serikat.

▪Unaysaurus
Memiliki panjang 2,5 meter, tinggi 1,5 meter. Diperkirakan hidup 216 - 205 juta tahun yang lalu. Merupakan golongan herbivora. Fosil diketemukan di Brazil.

▪Gallimimus
Memiliki panjang 5,5 meter, tinggi 2 meter. Diperkirakan hidup 75 - 70 juta tahun yang lalu. Merupakan golongan Omnivora. Fosil diketemukan di Mongolia.

▪Allosaurus
Memiliki panjang 8,5 - 12 meter, tinggi 3,5 meter, berat 1 ton. Merupakan golongan Carnivora. Diperkirakan hidup 145 juta tahun yang lalu.


Trip Of Mine
Gallimimus
Area berikutnya memasuki aula besar berisikan replika fosil - fosil binatang purba berukuran kecil, dindingnya dilengkapi informasi tentang kehidupan dan kepunahan dinosaurus melengkapi suara audio dari operator. 


Trip Of Mine
Aula Dino Park
Di bagian tengah aula terdapat kerangka dinosaurus yang ..., alamaaak besar banget ukurannya.
Aku sempat begidik, membayangkan seandainya dikejar dinosaurus segede itu, adegan apa selanjutnya yang akan kutulis di artikel ini ..., ha ha ha.

Setelah puas mengelilingi area aula yang ditata semacam display pameran di sebuah hotel berbintang itu, kuturuni rute jalur sesuai petunjuk arah. 
Di tengah rute jalur yang dibuat setengah lingkaran, terdapat replika sosok dinosaurus berdiri di pijakan kobaran api menggambarkan saat kepunahan dinosaurus yang diduga oleh para arkeologi salah satu penyebabnya adalah terjadinya hujan meteor raksasa menghantam bumi.


Trip Of Mine

Rute setelah dari jalur setengah lingkaran, semua pengunjung digiring menuju ke zona berikutnya, wahana menaiki satu gerbong kereta memuat sejumlah orang sekaligus dalam satu kali angkut. 
Sementara pengunjung lain yang mengantri bergiliran menumpangi kereta dipersilahkan berfoto di booth yang disediakan dan hasil foto fotografer yang diinginkan dapat dibeli saat sesi perjalanan wahana menumpangi gerbong kereta selesai.

Berselang waktu 5 menit kemudian, pintu wahana berwarna hitam pekat itu dibuka dan aku berbarengan dengan penumpang lain dipersilahkan memasuki area dan menduduki kursi gerbong kereta berukuran cukup besar, terdiri dari 5 deret dari atas ke belakang dan 1 deret terdiri dari 10 bangku. 
Arah kereta menghadap layar hitam transparant yang menutupi sebagian area outdoor dan tampak layar bioskop berukuran besar berada di sebelah kanan penumpang.
" Loh, kok layar bioskop berada di samping kanan penumpang ? ", begitu pikirku saat itu.
Setelah menunggu aba - aba dari operator, arah gerbong kereta berputar di jalur rel menghadap ke arah layar bioskop.
Pertunjukan film mempertontonkan kehidupan dinosaurus dari 4 zaman : zaman Triassic, zaman Jurassic, zaman Cretaceous dan zaman Ice Age.
Tayangan bioskop yang berdurasi sekitar 5 menit itu usai dan badan arah kereta kembali berputar menghadap ke layar hitam transparant dan perjalanan kereta siap dimulai. 

Kereta berjalan pelan di atas rel menjelajahi area taman outdoor melewati display robot - robot dinosaurus dari ke 4 zaman seperti yang dipertontonkan di pertunjukan film.
Display robot - robot dinosaurus bergerak dan mengeluarkan suara ..., serasa betulan berada di kehidupan alam nyata dinosaurus.
Di atas gerbong kereta ini kulihat tak satupun  penumpang terlihat duduk diam menonton pemandangan secara langsung, tapi semua penumpang sibuk memegang ponsel, merekam pemandangan kerennya.

Sekeluar dari area wahana gerbong kereta, pengunjung secara tak langsung kembali diarahkan memasuki zona - zona outdoor dan zona indoor berikutnya ditempuh dengan alternatif berjalan kaki atau menyewa skuter mini. 
Zona berikutnya menuju zona jembatan Akar dan sungai dibawahnya terdapat beberapa patung dinosaurus yang hidup di perairan dan ada satu patung dinosaurus jenis Brachiosaurus yang berbadan sangat besar dan tubuhnya menjulang sangat tinggi.
Pada masanya, Brachiosaurus memiliki tinggi 14 meter dan memiliki bobot 80 ton. Wow, banget ya ... !.


Trip Of Mine
Brachiosaurus.
Tingginya ..., wow banget !
Mulai dari jembatan Akar ini, tujuan area outdoor berikutnya dibagi menjadi menjadi 2 arah zona, ke arah kanan menuju ke zona The Rimba hutan dinosaurus dan ke arah kiri menuju ke zona Egypt.

Spot menarik di The Rimba

Aku memutuskan memasuki zona The Rimba terlebih dahulu, sebelum memasuki zona Egypt.
Di dalam zona The Rimba ini terdapat zona outdoor dan zona indoor Ice Age.


Trip Of Mine
Ayoook ...., lari !
Zona outdoor the Rimba area tamannya dibuat jalan setapak melingkar dan di sepanjang area berdiri sejumlah patung replika dinosaurus dan beberapa dinosaurus diantaranya dilengkapi dengan pelana sebagai dinosaurus tunggang.


" Eits, tapi patung replika dinosaurus hanya sebatas untuk property berfoto, ya. Replika dinosaurusnya ngga berjalan beneran, hanya diam ditempat. Dan replika dinosaurus ini bukanlah robot, tapi patung dengan dilapisi kulit seperti tekstur kulit asli makhluk hidup "
Di tengah area taman berdekatan dengan patung replika dinosaurus untuk berfoto, terdapat robot replika beberapa bayi dinosaurus dan telur dinosaurus yang menetas.

" Lucu loh, bayi dinosaurus terlihat naik turun di dalam cangkang telurnya dan bayi - bayi dinosaurus aktif bergerak seakan ikut menjaga adik - adiknya yang masih berada di dalam cangkang telur "

Trip Of Mine
Bayi - bayi dan telur dinosaurus ini bergerak naik turun, lucu
Tak jauh dari area dinosaurus tunggang berpelana, selanjutnya aku memasuki zona Ice Age. 


Trip Of Mine
Display interiornya seakan nyata berada di zaman Ice Age
Area outdoor dan indoornya ditata sangat menarik, didominasi warna biru putih. Area outdoor dihiasi pagar tinggi berhiaskan tumpukan bilahan es berbentuk runcing dan area indoor berisikan sejumlah robot replika hewan - hewan purba seperti : mamoth gajah purba raksasa berbulu hitam pekat, sejenis rusa berukuran raksasa, penguin dengan ukuran lebih besar dibandingkan dengan ukuran badan penguin jaman modern dan masih banyak lagi hewan - hewan purba lainnya.


Trip Of Mine
Penguinnya cakep, ya ...
Suhu temperature di dalam ruangan indoor dibuat terasa lebih dingin, seakan berada di jaman es purba.

Masih di zona The Rimba, ada wahana gratis 3D Aquarium yang wajib kumasuki areanya.


Trip Of Mine
3D Cinema
Memasuki areanya yang gelap gulita, hanya terlihat lampu berwana warni kontras berbentuk aneka tumbuhan laut dan beberapa televisi layar flat berukuran cukup besar mempertontonkan hewan air purba, aku dipinjami kacamata khusus oleh petugas dan setelah kacamata dikenakan, tampak hewan - hewan air purba terlihat realistis seakan benar - benar keluar dari aquarium.

Zona Egypt, instagenic !

Bangunan istana di zona Egypt yang letaknya bersebelahan dengan gapura zona The Rimba ini terlihat dibuat dengan sangat detil, tampilannya menyerupai bangunan depan istana asli.
Beberapa patung dinosaurus berukuran melebihi tinggi orang dewasa berada di pelataran halaman istana, masing - masing patung dinosaurus ditunggangi patung tokoh - tokoh heroik bangsa Egypt.
Kuperhatikan beberapa patung tokoh heroik wanita berpenampilan pakaian menyerupai kostum tokoh wanita perkasa Xena, lengkap dengan busur panahnya.


Trip Of Mine
Bangunan istana Egypt, keren !
Bangunan depan istana dibuat berundak disertai dengan pilar - pilar berukuran raksasa dan dikombinasi cat dengan sempurna, seakan nyata berada di jaman kejayaan kerajaan bangsa Egypt.


Trip Of Mine
Setting lorong seperti di lorong pasar traditional Marocco
Keseluruhan zona Egypt dibuat dengan setting ala Marrocco, dilengkapi lorong - lorong pasar traditional dan beberapa kios difungsikan sebagai kios makanan dan minuman, kios souvenir juga terdapat bangunan tinggi menyerupai sebuah piramida yang difungsikan sebagai penyewaan kostum Timur Tengah.
Ada satu spot di zona Egypt yang sangat aku sukai, berupa patung dinosaurus berukuran sebesar hewan badak, memakai kalung hijau yang dihiasi deretan lonceng kecil melingkari lehernya.


Trip Of Mine
Spot instagenic, dinosaurus mengangkut gulungan karpet

Uniknya, semua patung - patung replika dinosaurus di zona Egypt ini digambarkan sebagai sarana transportasi aktivitas harian manusia sebagai dinosaurus tunggang dan dinosaurus pengangkut barang.
Spot dinosaurus pengangkut barang yang kusukai ini mengangkut beberapa gulungan karpet di kanan dan kiri badannya, seolah sedang bertugas mengangkut property dari toko karpet pemiliknya.
Sisa karpet - karpet yang seolah siap dijual digelantungkan di teras kios.
Betul - betul spot berfoto instagenic.
Dan tak tanggung - tanggung untuk memperkuat kesan nuansa berada di Egypt, 2 ekor unta betulan berwarna putih ditempatkan di satu kandang berada di dekat salah satu kafe.

Di zona Egypt terdapat wahana permainan gratis yang dapat digunakan berulangkali sepuasnya, wahana permainan boom - boom car dan wahana perahu ayun yang sanggup memuat beberapa pengunjung sekaligus. Tubuh berasa diayun maju mundur di ketinggian saat menaikinya. 


Trip Of Mine
Spot perahu ayun, salah satu spot gratis yang berada di Dino Park
Letaknya bersisian dengan kolam yang dihiasi beberapa patung dinosaurus yang lagi - lagi sebagai dinosaurus pengangkut barang membantu kegiatan manusia. Tampak patung dinosaurus kali ini divisualisasikan sedang mengangkut 2 keranjang penuh buah blewah di kiri kanan badannya.
Akh, coba ya ..., seandainya punya dinosaurus beneran seperti itu. Pasti, kemana - mana aku bakalan naik dinosaurus ..., he he he.

Tak jauh dari zona Egypt yang instagenic, terdapat 2 wahana permainan yang juga tanpa dipungut beaya tambahan, wahana Istana Boneka dan wahana Dino Action Naga Cloning.
" Kesemua wahana permainan gratisnya, semua kunikmatin. Sayang juga, kan udah datang jauh - jauh berlibur tapi tak menjajal semua wahana permainannya "
Wahana Istana Boneka, sebenarnya lebih difokuskan untuk sarana hiburan anak - anak, tapi orang dewasapun tak ada larangan untuk memasukinya.


Trip Of Mine
Tata lampu warna - warni wahana outdoor Istana Boneka

Dengan menaiki perahu yang memuat 8 orang memasuki ruangan gelap dan menyaksikan panggung boneka - boneka imut, dilengkapi tata cahaya lampu berwarna - warni. Kulihat ada sekumpulan boneka robot putih tokoh Star Wars berukuran kecil berjalan hilir mudik di atas papannya.

" ha ha ha ..., aku jadi teringat masa kecilku, deh selama berada di dalam area Istana Boneka ini "

Sekeluar dari wahana Istana Boneka yang sempat bikin aku cekikikan geli berada di dalam sana, kulangkahkan arahku menuju ke bangunan wahana Dino Action Naga Cloning yang terkesan seperti sebuah kapal raksasa juga mirip menyerupai sebuah bangunan pusat penelitian laboratorium eksperimen misterius.
Sebenarnya sebelum memasuki zona Wahana Dino Action Naga Cloning dan bersiap menumpangi kapal yang berjalan di atas air dan rel di dalam ruangan indoor, semua penumpang termasuk aku telah diperingatkan oleh petugas untuk tidak memegang handphone ataupun kamera.
Bukan larangan untuk mengabadikan gambar ruangan indoor, tapi untuk menghindari perangkat handphone atau kamera terjatuh terlempar ke dalam jalur air karena jalur rute rel kapal ternyata memang dibuat tidak rata, sesekali bergelombang untuk menimbulkan efek seolah betulan melaju di atas permukaan air.

Di dalam ruangan indoor gelap gulita dan permainan tata cahaya lampu apik, ruangannya penuh berisikan robot duplikat dinosaurus dan orang, laju kapal beberapakali berhenti. 
Laju kapal berhenti cukup lama berada di samping kanan dan kiri layar bioskop berukuran tinggi besar dan serunya ..., tayangan film di samping kanan dan kiri yang kutumpangi memutar adegan perkelahian 2 naga dinosaurus secara bergantian dan disertai sound effect menggelegar !.
Karena layar bioskopnya yang tinggi, untuk menontonnya perlu sesekali mendongakkan kepala.

Laju kapal mulai berjalan lagi, tak lama kemudian berhenti di pintu gerbang yang disetting menyerupai sebuah laboratorium dan di sebelah kanan mempertontonkan display seekor dinosaurus sedang menjalani rekayasa genetika. Bentuk kepalanya terbentuk menjadi 2 ..., terlihat menakutkan.
Kesempatan berhenti cukup lama, kugunakan untuk mengabadikan kapal dengan kameraku.
Bagus, bukan ?.


Trip Of Mine
Naga cloning
Selepas melalui area laboratorium yang penuh memajang display kesibukan para petugas laboratorium merekayasa genetika dinosaurus disertai tata suara riuh mengerikan lenguhan kesakitan dan amukan dinosaurus, laju kapal mulai mendaki dengan pelan sampai di puncak. 
Persekian detik kemudian, laju kapal meluncur sangat cepat dan ..., byuuuur !.
Cipratan airnya menciptakan cipratan cukup tinggi di sekitar juga mengenai pakaianku.
Setelahnya laju kapal melaju di permukaan air dan rel yang datar, lalu meluncur pelan dan berhenti di perhentian terakhir yang berdekatan dengan pintu awal memasuki ruangan indoor Dino Action Naga Cloning.

Liburan di destinasi wisata kekinian Dino Park yang berada di dalam area Dino Mall Jatim Park 3 ini sangat berkesan buatku. 
Tak hanya bersenang - senang menikmati wahana permainan seru, memasuki zona - zona yang ada, tapi juga mengenal beragam nama dan jenis dinosaurus yang pernah hidup di dunia.

Lokasi :
Dino Mall Dino Park Jawa Timur Park 3

Tiket :
• Dino Park Rp. 100. 000 ,_
• Museum Musik Dunia Rp. 50. 000 ,_
• Masing - masing zona berbayar menetapkan tarif berbeda
• Diskon 30% untuk semua zona, berlaku di hari Senin - Kamis.
• Harga normal di hari Jumat, Sabtu, Minggu dan hari libur nasional
[ Info harga tiket dan kondisi sewaktu - waktu dapat berubah ]

Jam Operasional :
11. 00 - 18. 00  Senin - Kamis
11. 00 - 22. 00  Jumat - Minggu dan hari libur

Tips berlibur di Dino Mall dan Dino Park Jatim Park 3 :
• Menggunakan krim atau lotion tabir surya wajib diaplikasikan di wajah dan badan, mengingat destinasi wisata berada di area indoor dan outdoor
• Perhatikan jam operasional berbeda di weekend dan weekday





227 comments:

  1. Waaaah, akhirnya sampai juga ke Dino Park, keren banget yak.
    Sayang kemaren kami belum puas liat-liat di dalamnya gegara para bocah udah bosan jalan hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa nih,kak ..., seneng banget rasanya akhirnya kesampaian ke Dino park 😁.
      Keren banget destinasinya 👍.

      Yah, sayang ya kak Reyne hanya sebentar berada di areanya.
      Kapan ada waktu diulangi lagi,kak 😁

      Delete
    2. Dino Park Jatim

      saya mah sering kesana lewat mimpi mas.....alangkah senengnya bisa ketemu hewan purba yang masih nampak sampai sekarang, apa lagi bisa bersentuhan langsung ya...

      Delete
    3. heeem.....besuk kesana ah satu keluarga naik becak .....biar lambat asal pelan pelan.....

      Delete
    4. Waaaa...aaah ..., kereen ...,
      Lagi-lagi mas mimin Triknews, Asnaji nunjukin atraksi okainya, komentarnya bisa nangkring diatas padahal pengomentar datanh belakangan.
      Mantaap beneer 😁👍

      ... hahahaha ..., kok sering datang ke Dino Park lewat mimpi, sih ya 😅 ?.

      Aku juga mau akh bisa kayak gitu ..., dateng ke suatu tempat atau mampir ke rumah mas Asnaji lewat mimpi 😅.

      Bilang ke pengemudi becaknya, ya ..., untuk pasang rem yang pakem.
      Wajib hukumnya, soalnya rute ke Batu - Malang tuh naik turun nglewatin pinggir jurang ... 🤣

      Delete
    5. Kalau yang ditaman mini, tidak selengkap ini.
      Lain waktu semoga bisa kesana.

      Delete
    6. mau kerumah saya naik becak.....heem...butuh waktu satu minggu perjalanan Mas kalau mau nyampai rumah saya.....

      Delete
    7. @ Djangkaru Bumi =

      O,ya ... di Taman Mini ada wahana dinonya juga tow sekarang ?.
      Aku jadi penasaran, ntar kusearching akh lokasinya.

      @ Triknews =

      Ya ndak afa-afa, eh"* ngga apa-apa ..., jauh-jauh naik becak ke rumah suhu Asnaji.
      Demi belajar ilmu canggih dari mimin triknews ..., rela dibelain naik becak berhari-hari siang malam kepanasan dan kedinginan 😉.
      Wuakakakakaka 😂

      Delete
  2. Tayangan bioskop si Dino kok cuma 5 menit ya, MAs Hino? Wah ga puas dong :( Btw ini baru ya? AKu pernah ke Jatim park 1 dan 2 plus Museum ANgkutnya. Kayaknya liburan nanti kudu aku datengin nih. Anakku kan demen dinosaurus. Tiket harga segitu sih wajar aja lumayan lah. Mendidik sekaligus menjadi hiburan keluarga :) Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang keren ternyata Dino Park ini, kak Nurul 😁 ...
      Rasanya ngga sia-sia udah jauh-jauh datang nengokin dinosaurus ..., hahahaha.

      O,kak Nurul dan keluarga dulu udah pernah berlibur ke Jatimpark ya .., berkesan ya kak ☺.

      Iya, Dino Park ini terbilang masih baru belum ada satu tahun ini,kak.

      Tayangan bioskopnya cuma 5 menitan tapi pemandangan lebih keren setelah kereta berjalan.
      Ada sih videonya, tapi ngga kusertain di postingan ini karena setelah kukompres filenya ukurannya masih besar juga,takut bikin lambat halaman blog,kak.

      Delete
  3. tetap berkobar keliling Indonesia, jadi kepengin jalan-jalan nih ... sayangnya waktu yang enggak memihak ... cemungut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap cmunguuuuu...uud, mas Teguh 👌
      Ntar suatu saat pas pentas manggung di kota Batu, mampir sekalian ke Dino Park ini,mas.

      Delete
  4. Wuuuiiihhh!!! Awas dicium Dino mas hati2...kecuali Dina beda rasanya..😂😂😂

    Kalau dilihat suasananya lebih asik bawa anak istri kesini yaa!! mas..Karena bukan tidak mungkin anak2 pasti suka sekali. Walaupun nggak mesti anak kecil yaa!! Muuaanntaaapp!! 👍👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaahaaaa ..., ternyata ..., Dino itu ada kembarannya bernama Dina, yuaaaa 🤣

      Jangan-jangaaan ..., Dina hasil rekayasa kloning dari Dino ...
      Xixixi 😁

      Apa itu yang dimaksud 'ngga mesti anak kecil' ya 😃 ?.

      Delete
  5. Jadi ngebayangin hidup di jaman purba....Kaya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya ... amaziiiing hidup di jaman purba ya, mas 😃

      Kita bakalan sibuk lari sana-sini , kayak lagi jogging ..., dijejar-kejar T-Rex ... hahahha 🤣

      Delete
  6. udah kaya aktor film jurassic park nih mas himawan, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weii..iih ... hehehe 😁
      Terimakasih, mas Dzikri ⚘

      Aktor film Jurrassic Park versi Indonesia 😁

      Delete
    2. iyoo mas, entar kalo beneran ada saya juga ikur casting ahh :D

      Delete
    3. Mantaap ... 😁👌
      Semoga beneran diwujudkan jadi film dan mas Dzikri jadi salah satu pemain utamanya.

      Persiapan fisik harus kuat ..., karena adegannya banyak dikejar-kejar bayi T-Rex, hahhaaha 😂

      Delete
  7. Ati ati Mz nanti di kejar aama tirex.. Apalagi selfi selfi deket anaknya xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuakakaakaa ..., T-Rex nya udah kucium kok, kak ..., jadi udah jinak dan nurut sama aku 😅.
      Jadi, aku ngga dikejar gegara deketin telur dan anak-anaknya 🤣

      Sebenarnya ada loh foto aku lagi pandang-pandangan mesraaah sama T-Rex ... xixixi ..., tapi ngga kusertain di artikel.

      Delete
  8. Mantaaab. Kesampaian juga ke sana Mas.
    Oya perjalanan tripofmine ada di youtube juga nggak mas? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, mas Rifan ⚘.
      Kudoain suatu saat nanti mas Rifan dan keluarga kesampaian juga nengokin dinosaurus 😁

      Tripofmine belum kubuat channel youtubenya,mas.
      Sebenarnya ada rekaman video yang udah kubuat tapi belum kuunggah di youtube.
      Coba nanti kuunggah, ya.

      Delete
  9. Saya yang dekat saja belum sampai nih ke Jatim park 3. Lihat ulasannya bikin mupeng, wajib dikunjungi kalau liburan.

    Filmnya ada berapa mas? kok saya baca beberapa kali wahananya dilengkapi dengan tayangan film.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kebetulan nih kak Qudsi belum ke Jatim Park 3 dan baca postingan ini bisa jadi panduan liburan kesana ntar ☺

      Tayangan bioskopnya di layar berukuran besar ada 2,kak.
      Kalau yang 3D cinema layarnya seperti layar tv flat tapi jumlahnya banyak.

      Delete
    2. Betul, bermanfaat sekali infonya buat saya.

      Oh, hanya dua ya. Kayaknya banyak waktu baca, gagal fokus nih, hahaha.

      Delete
    3. Xixixi ... 😁
      Minum a**a dulu, kak ..
      Biar ilang gagal fokusnya.

      Delete
  10. Aha kiranya mall serba dinosorous... Jurassic Park van Malang!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaaah ..., Jurrassic Park Van Malang 🤘!.
      Keren banget pokoknya 😁



      Delete
  11. wew, banyak banget dinosaurusnya. yah, jadi pengen ke sana njiiiir.

    suka sama gaya berfoto yg antimainstream. seru ini nggak kayak sebelah mas suka foto julurin lidah, itu kenapa ya? kebanyakan cewek juga gitu sih.



    salam kenal nih, yuk saling foloow mas, folowerku baru 6 orang, dikit, sedih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoook ..., diagendakan kesini, mas Beny ... 😉
      Ngga bakalan nyesel jauh-jauh dateng ke Dino Park, suerr !.

      Coba ntar ku zoom foto profil G+ mas Beny, jadi penasaran nih sama cewek yang julurin lidah ... 😁

      Siaaaap, kufollow akun G+ nya mas Beny.
      Kutunggu follbacknya, ya.
      Yook, smangaaaat 👌

      Delete
  12. Wow, harga tiketnya lumayan juga ya 100 ribu, tapi sesuai lah dengan tempat wisatanya. Tapi sayangnya tempatnya jauh dari Banten.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, betul mas Agus 😁
      Kesan awalnya sih kayaknya rada mahal harga tiketnya, tapi sesampai disana dan lihat semua areanya jadi terasa murah tiketnya karena canggih dan keren.
      Udah gitu, ditambahi bonus banyak wahana gratis pula.

      Iya ya jauh juga kalo ditempuh dari Banten.
      Biar memangkas waktu, solusi terbaiknya naik pesawat turun di Surabaya lalu nyambung bis ke Malang dan kota wisata Batu, mas.

      Delete
    2. Jiah, ongkos naik pesawat bisa lebih mahal kang. Mendingan aku baca-baca aja deh tulisan kang himawan.😂

      Delete
    3. Oh, gitu ya baca tulisanku saja ..., hehehe 😁

      Semoga suatu saat nanti, mas Agus dapat tiket promo pesawat.
      Tiket promo pesawat biasanya didapat jauh2 beberapa bulan sebelumnya.
      #TetapNgerayu 🤣

      Delete
  13. Ah,, gak rugi jauh jauh ke Malang ya..berbagai macam Dino dan pertunjukannya menganggukkan khususnya bagi pecinta wisata tekhnologi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, ngga rugi udah datang jauh-jauh ke Dino Park kota wisata Batu soalnya beneran keren destinasinya.

      Idris wajib mengagendakan liburan ke sini 😉

      Delete
    2. Pengen bangat eksplore malang, khususnya bromo malahan dan kebun apelnya..

      Delete
    3. Yuuups, aku juga pengin banget sampai ke Bromo.
      Pengin rasanya jajal kebut-kebutan naik motor di padang pasirnya.

      Semoga ya kita-kita kesampaian kesana suatu saat nanti.

      Delete
  14. Ini tempatnya gede juga ya Mas, berasa universal studio hehhe. BTW ini Di dalem BNS ? Saya belum pernah sih kesini. Keknya menarik sembari belajar2 ttg dinosaurus. Saya suka sekali sama dinosaurus hahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, mas Didy ..., areanya gede banget, 6 hektar lebih.
      Dan ditata berkelas Universal Studio.

      Lokasinya bukan berada di BNS.
      Lokasi tepatnya menuju ke arah kota Malang, mas.

      Ayook diagendakan liburan ke Dino Park ini, mas ..., apik loh 😉.
      Ngga bakalan nyesel kesana hehehe

      Delete
  15. Mantap berasa hidup di jaman purba ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mayuf.
      Apalagi saat kita berjalan di areanya yang kiri kanannya ditata kayak semak-semak dan banyak dinosaurus ditempatkan disana ..., nyaris persis aslinya 😁

      Delete
  16. Ya Allah, aku jadi pengen kesana mas. Itu beneran tempatnya bagus begitu? Kereeen banget. Fix, gue mesti nabung nih supaya bisa kesana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,kak Suryani ..., Dino Park ini betulan kereen banget.
      Ngga cuman keren displaynya saja, tapi juga tekhnologi dan edukasinya.

      Area Dino Mall dan Dino Hallnya juga dilengkapi zona-zona tekhnologi keren.

      Sip, kak ..., ikut kudoain kak Suryani kesampaian liburan kesana suatu saat nanti.

      Delete
  17. itu emang boleh di naikin mas dino nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, mas Andrew 😁

      Tadinya aku juga ragu boleh ngga dinonya ditunggangi ..., tapi kulihatin kok ada ada pelananya dan disampingnya ada tangganya.

      Kebetulan ada petugas berjaga disana, langsung kutanya dan ..., beneran dibolehin ditunggangi.
      Jadilah, aku naikin dinosaurus 😁

      Hahahahaa

      Delete
  18. Seru bgt ya, banyak yg bisa dieksplor, musti seharian biar puas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, perlu seharian full diareanya, kak Nathalia 👌

      Kalo masuk kesemua zona yang ada di Dino Mall dan Dino Park, sepertinya ngga cukup waktu cuma seharian.
      Satu zona saja rata-rata luasnya perlu memerlukan waktu lama.

      Delete
  19. yah, saya belum berkesempatan ke Jatim Park 3 Mas, tapi seru ya baca info dari artikelmu. nampaknya asyik ngabisin waktu di sana sama family dan keponakanku haha
    dan lumayan juga ternyata tiket masuknya yg Dino Park. itu anak dan dewasa sama aja mas harganya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok diagendakan ke lokasi Dino Mall dan Dino Park bareng family dan keponakan, kak Liana 😁.

      Siap-siap kaki gempor masuk ke semua zona yang ada di Dino Mall dan Dino Hall, yaa ...
      Hahahaha, soalnya luas banget areanya, kak 😅

      Tiket masuknya untuk anak-anak dan dewasa sama, kak.
      Kecuali, anak dibawah tinggi 75 cm gratis ngga dikenai tiket masuk.

      Delete
  20. All about Dino!
    Terima kasih ulasannya, Himawan, saya jadi ikut merasakan berada di sana, dilengkapi dengan foto-fotonya yang bikin iri maksimal. Semoga suatu saat bisa ke sana ... puas-puas bermain di sana hahaha.

    Btw saya noted tentang lantai 3. Ada zona pembelajaran gamelan traditional Jawa dan kulintang. Ini keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga terimakasih kak Tuteh sudah membaca artikel dan melihat foto-foto tentang Dino Park ini dengan detil hehehe ... 😁⚘

      Yes, aku juga salut dengan konsepnya alat musik traditional kita ikut diperkenalkan disana 👍.
      Itu bisa buat contoh destinasi wisata di kota lain ..., musik traditional setempat ikut diadakan atau disediakan.

      Delete
  21. Yeay akhirnya main ke Dino Park ya... Saya nih yang belum ke sana padahal suka bangat sama dinosaurus. Hehe

    Malang nih emang top banget ya kalau urusan wisata keluarga park-park begitu. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeayyy ... hehehe 😁 akhirnyaa kesampaian main-main sama kawanan dino di Dino Park...

      Aku doain suatu saat nanti kak Ajeng kesampaian liburan kesana.

      Iya, betul ..., Malang bisa dibilang gudangnya destinasi wisata taman.
      Ada seabrek pilihan destinasi disana 👌.
      Alun-alunnya saja ditata instagramable ... ckckck.
      Keren deh 😁

      Delete
    2. Aamiin. . Makasih doanya Mas. Malang masih jadi kota yang bikin kangen, karena udaranya sejuk.

      Yap yap.betul itu, sasaran para instragamer banget ya. Ehheh

      Delete
    3. Sama-sama, kak Ajeng yang baik ⚘.
      Yups, betul ..., ini aku aja merasa kangen pengin ke Malang lagi 😁

      Betul, destinasi Dino Park ini instagramable banget.
      Pecinta sosmed ig wajib foto-foto di Dino Park buat nambah feeds ig mereka.
      Kesemua areanya keren buat bikin koleksi foto.

      Delete
    4. Waaah nanti semoga kesampaian balik lagi ya mas. Aamin. .Hehehe

      Delete
    5. Amin, semoga terwujudkan 😇.
      Kak Ajeng juga berkesempatan berlibur ke semua Jatim Park.

      Delete
  22. Replies
    1. Hehehe .. 😁
      Iya, betul ... kereen banget destinasi Dino Park ini 👍

      Delete
  23. itu penguin aslidan hidup apa bukan ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya replika binatang, mas.
      Ada yang robot, ada juga yang patung.

      Satu-satunya, "eh dua-duanya hewan asli yang ada disana cuma unta 🐫🐪

      Putih bersih kayak unta bule 😅

      Delete
  24. mirip universal studio ya mas... kalau bohongi mas berada di universal studio pun ramai akan percaya hahahaha... menarik! mungkin 1 hari nanti saya akan tiba di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaha ...
      Betul tuh pemikiran kak Anies 😂.
      Banyak orang akan percaya kalo aku bilang di Universal Studio sebelum kukasi tau lokasi sebenarnya 😁

      Amiiiin ..., aku doakan kak Anies kesampaian ke destinasi Dino Park ini juga.

      Delete
  25. Sebel kadang sama Malang terutama area Batu, begitu sudah tidak tinggal disana, malah banyak tempat wisata bermunculan. Dulu mah kagak ada apa apa nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, bli Eka ternyata pernah tinggal di Malang ...
      Pasti waktu itu kuliah disana ya 🤔 ?.

      Sayang ya, dulu saat bli tinggal disana belum ada destinasi-destinasi keren seperti sekarang ini.

      Kapan-kapan nostalgia ke Malang aja, sambil puas-puasin main di Dino Park yang kece badai ini 😁

      Delete
  26. jatim park sekarang ada 3 yah??? dulu perasaan cuma dua.. heheh terakhir ngunjungin pas Kuliah 3 tahun yang lalu...

    bagus tempatnya,, kaya jurassic world, cuma beda jauh sih.. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, sekarang udah ada Jatim Park 3, mas Bayu.
      70% areanya tentang dinosaurus, 30% nya tentang hiburan lain.

      Hahahahaa ..., kalo kayak setting film Jurrasic World dan kita dikejar- kejar T-Rex ... waah pasti lebih oke lagi yaa 😅
      Seruuuuu ... !

      Delete
  27. Benar-benar dirancang seperti kampung dino ya. Para penyuka hewan ini pasti gak bakal mau keluar kalau sudah masuk. Dan yes, kece untuk foto-foto..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, sependapat 👌.
      Buat penyuka foto-foto dan pengamat hewan, bakalan betah berlama-lama ngamatin anatomi replika tubuh dinosaurus di destinasi Dino Park ini.

      Betul, areanya ditata seperti alam sungguhan, terutama di area The Rimba ..., banyak dinosaurus ditempatkan di semak-semak ilalang.

      Delete
  28. Mantep mas, saya jadi Ingin ikut Traveling kesana juga deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayook ..., kapan kita akan travelling bareng-bareng kesana, mas Alex.
      Aku juga kangen ke Dino Park lagi, pengin ngelus-ngelus dinosaurus 😁

      Delete
  29. sukses liburannya mas aku punya mertua disini di batu malang tapi nggak pernah kesampaian kesana hikss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, mas Kadir ⚘.
      Ngga sia-sia jauh-jauh datang liburan ke Dino Park.

      Waah, asik tuh mertua mas Kadir berada di Malang ..., tinggal nunggu waktu yang tepat buat dateng liburan ke semua destinasi Jatim Park, tanpa kebingungan lagi nyari tempat buat bermalam ☺.

      Semoga cepat kesampaian liburan ke Dino Park, mas.

      Delete
  30. Yang pasti harus siapin kaki yg kuat untuk berkeliling di Dino Park itu, kece bangeeeet soalnya, sayang dilewatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ..., betuuuuul itu, kak Lia.
      Siapin stamina dan kaki dengan maksimal sebelumnya, kalo perlu pijatan dulu ..., xixixi 😁

      Luas banget areanya, 6 hektar lebih. Belum ditambah memasuki ke zona-zona yang bertingkat gedungnya, seperti museum musik dunia itu ...

      Delete
  31. bawa pulang satu dinonya mas hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seandainya beneran boleh dibawa pulang, pasti ..., satu dinonya udah kucomot kubawa pulang 😁

      Entah cara bawa pulangnya gimana ..., mungkin kutaruh diatas mobil dalam perjalanan jauh pulang ke kotaku.
      Sepanjang perjalanan pasti jadi tontonan ..., dikiranya ada karnaval lewat hahaha 😅

      Delete
  32. Saya yang diam malang masih belum kesampaian.. pengen denger tips bagaimana menyenpatkan untuk berlibur sehingga tidak tertunda-tunda dari mas hima.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah ..., ternyata mas Cakwafaae tinggalnya di Malang.
      Asiik tuh, mas .., tinggal disempetin datang nengokin para dinosaurus di Dino Park 😁.

      Tips dari saya mengatur waktu untuk liburan, begini mas :
      Karena saat ini saya masih kerja ikut orang, setiap hari off kerja saya datangi lokasi liburan, mas.
      Sebelumnya jauh-jauh hari udah kupilih akan ke lokasi mana.
      Ada rasa capeknya juga, tapi senang banget setelah sampai di lokasi wisata ..., nemuin hal-hal baru dan unik disana 😁.

      Semoga tipsku bermanfaat buat mas Cakwafaae.
      Semangat ya, mas ... 👌

      Delete
  33. awas mas dibawa kabur naik dinonya.. hehe..
    pasti luas banget ya area ini mas, kaki pasti pegal jalan-jalan disini..

    lengkap semua, cocok untuk pendidikan anak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaha ..., aku malah pengin diculik dan dibawa kabur dinosaurus, bli 😅.
      Sayangnya, dinonya cuma diem ditempat 😁

      Yups, Dino Park ini luas banget, 6 hektar. Jadi perlu siapin kaki yang kuat buat mengelilingi areanya.
      Selain itu, lengkap dan modern penataannya ..., bagus untuk pendidikan anak.

      Delete
  34. Wah jauh amat ya perjalanannya sampai 8 jam.... tapi kebaayar deh capeknya bisa liat replika dinosaurus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas Dwi ..., pantat lumayan jadi pegal di perjalanan 😁.
      Tapi, sesampai di Dino Park pegal-pegal langsung hilang dan terbukti aku mampu terbang nge-jump di depan gedung Dino Mal ..., wuakakakaa 😅

      Delete
  35. Wah keren banget mas,
    Itu kerangka dinosaurusnya asli mas Hino?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerangkanya replika,mas Fikri.
      Tapi dibuat seukuran dan sebesar aslinya.
      Guedeeee buangeet .. 😲

      Waaah ..., seandainya dikejar dinosaurus segede itu .. apa yang harus kita lakukaaaaan,ya 😭 ...
      Bisa pingsan duluan hahahah 🤣

      Delete
  36. Yeah.. Selamat ya akhirnya kesampaian juga ngunjungi wisata Dino Park di Jatim Park 3.. Ikut senang.. Surprise banget brader bisa ngunjungi Jatim Park kota Batu.

    Bagaimana? Keren banget ya wisata kekinian ini? Hehehe..
    Aku malah belum.sempat ke sini.
    Pokoknya aku harus ke Jatim Park 3 masa kalah sama wong Magelang? Hihihi... :)

    Btw di Dino Mall yang terdiri dari 3 lantai ini ada beberapa zona berbayar dan zona gratis ya?
    Penasaran dengan replika Dinosaurus yang disebut di atas kalau disentuh kulitnya kenyal dan bisa bergerak..
    Wisata ini meskipun dibuat kekinian juga banyak unsur edukatif nya ya?

    Naik gerbong kereta itu mengelilingi indoor juga outfdoor ya? Asyik banget muter pakai kereta menyaksikan film sejarah Dinossurus dengan tekhnologi canggih.. Keren banget ya?
    Apa semua penumpang kereta dibagikan kacamata 3D?
    Saat naik kereta ini sempat ke foto nggak brader? Atau divideoin..?

    Wisata kekinian dengan sugunan yang spektakuler ya?
    It's really a nice trip...;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih,sista ⚘.
      Memang sengaja sebelumny ngga kukasi tau ke teman-teman yang tinggalnya di Malang, tau-tau aku udah meluncur dan mendarat di Dino Park Jatim Park 3 ..., biar pada surprise ...
      hahahaha 😂 !
      #KetawaKemenanganKayakDapatLotre

      Dino Mallnya terdiri dari 2 lantai, hanya museum musik dunia yang berlantai 3.
      Ada banyak zonanya, semuanya zona di Dino Mall berbayar.
      Tapi ..., kalo cuma kongkow atau nongki syantik di area Dino Mallnya sih ngga dikenai tiket masuk, kok 😁.
      Foto-foto di main entrance Dino Mall juga ngga kalah apik loh,sista.

      Naik gerbong kereta memasuki area indoor hanya sedikit waktu, selebihnya pengunjung diajak muterin area outdoornya [ kalo ntar musim hujan ..., piye kuwiii ya 🤔 ? ]

      O, iya videonya udah kuunggah di Youtube, ya ☺
      Judul videonya sama dengan judul postingan artikel ini.
      Met nonton ..., hehehe 😁

      Kacamata 3D digunain bukan di wahana gerbong kereta.
      Tapi digunain di wahana 3D Aquarium dan kita berjalan kaki mengitari area dalamnya yang gelap gulita, cuma ada sinar dari lampu warna warni bentuk aneka tanaman laut dan cahaya layar tivi.

      Delete
    2. Ouw.. Ternyata sengaja ya diam-diam meluncur ke Jatim Park3 biar bikin kita surprise..?? Teganya..
      Terlalu.. terlalu.. xixixi..:)
      Okelah anda menang bikin surprise..:)

      Oh ya? Kalau masuk zona patung lilin itu berbayar nggak brade? nggak masuk ke zona tersebut ya? aku menanti gambar patung lilin tsb hehehe.. :)

      Sayang ya museum musik nya berbayar juga padahal ada macam-macam alat musik tradisional..

      Btw ternyata selain patung Dinosaurus ada juga robot nya ya yang bisa bergerak..? Menarik banget..
      Zona Egypt juga keren ya buat foto tempat makan ada di lokasi tsb ya? Oh ada Unta asli ya di sana..Hehehe..
      Zona Ice Age juga keren dengan burung pinguinnya.. :)

      Btw.. Iya ya keretanya rutenya lebih banyak di outdoor trus kalau musim hujan mungkin diubah rutenya indoor aja kali ya? Untung brader travellingnya di jatim park 3 pas musim panas.. jadi pas buat naik wahana outdoor apapun..
      Oh video naik kereta nya sudah diunggah di youtube ya?
      Alright.. Siip ntar malam aku tonton videonya di youtube.. penasaran..! Hehehe..

      Delete
    3. Xixixi ... 😁
      #NyengirSambilBayanginAngkatPiala 🏆.
      Selanjutnya, sista bikin surprise temen-temen semua ..., tau-tau nyelonong nemuin dinosaurus di Dino Park 😁

      Tiket masuknya di The Legend Star yang berisikan patung-patung lilin, 100K.
      Murah ngga 😁 ?.

      Yups, tak hanya patung replika dinosaurus, tapi juga robot-robot duplikat dinosaurus yang bergerak-gerak kayak beneran dan suaranya kenceng ada disana ...
      Beragam loh suaranya, tergantung jenis dinosaurusnya.
      Ada yang bersuara kayak lenguhan, juga lengkingan.

      Betul, aku juga kesengsem penataan display zona Egypt.
      Berjalan di lorong-lorongnya dan nyobain kulineran di kiosnya ada sensasi tersendiri.

      WeiiZz .. apa memungkinkan ya jalur rel kereta dipindahkan saat musim penghujan nanti 🤔 ?.
      Kulihatin, seperti yang kurekam di video relnya tertanam secara permanen.
      Mungkin penumpang dipinjemin mantol jas hujan kali, yaa 😁

      Delete
    4. Hehehe... Kalau aku mau bikin surprise kayaknya harus belajar dulu dari suhu nya gurunya dulu yang empunya blog tripofmine.. tentang bagaimana kiat-kiatnya supaya rencana surprise nya anti gagal.. :)

      Ooh... tiket masuk ke legend star 100K? lumayan mahal ya? kok sama dengan harga tiket masuk Dino Mall.. Kalau begitu ntar aku juga kecil harapan untuk foto bareng patung lilin.. :(

      Wah replika dan robot Dinosaurusnya selain ada yang bisa bergerak juga ada yang ngeluarin suara? Wouw. lucu dan unik ya? Jadi mupeng pingin lihat..

      Berjalan dan makan di zona Egypt itu ada sensasi tersendiri ya? seperti apa sensasinya? Kayak ada di Marocco ya? Apalagi ada unta aslinya.. Sayangnya unta nya nggak dinaikin trus selfie.. Hihihi.. Nggak boleh ya untanya difoto bareng pengunjung?

      Btw iya juga sich kalau musim penghujan nggak mungkin mengganti rute kereta api karena rel yang udah tertanam kuat. Aku pikir iya kalau musim penghujan pengunjung yang naik kereta api lewat outdoor pasti dipinjami jas hujan.

      Semalam aku belum nemu video yang dimaksud brader.. Ntar malam aku coba lagi di youtube..

      Oh ya brader istana boneka nya juga keren ya? Ada boneka horror Chucky nggak? Hii.. serem..:)





      Delete
    5. Wuakakaaka ...,kok kiat surprisenya belajar dari aku,sih 😂 ?.
      Padahal waktu sebelum aku berangkat ke kota Batu - Malang, sebenarnya pengin bikin status di wa, loh.
      Tapi takutnya gagal berangkat, kan tengsin ya ..
      Ya udah diem-diem aja, tau - tau mendarat disana 😅.

      Iya,sih tiketnya sama seperti masuk ke Dino Park.
      Tapi tersedia tiket paket terusan :
      Dino Park + The legend Star = 170K.
      Lebih murah 30K dibanding beli tiket terpisah.

      Seru saja sensasinya berjalan berada di lorong-lorongnya, kayak beneran berada di negara Marocco.
      Lewat atau berfoto di lorong ini, harus sering-sering ngalah dulu ngasi kesempatan orang berfoto.

      Kok pada penasaran sama wahana istana boneka, ya ...
      Mas Djangkaru juga iya, tuh.
      Kalo gitu kuunggah menyusul setelah ini, ya ..., biar pada ngga penasaran 😁

      Delete
    6. Iya bener sich kalau sudah pengumuman tapi ternyata nggak jadi ke sana tengsin juga ya? hehehe...
      Tapi sewaktu beneran sudah mendarat mulus di Jatim Park 3 tetap diam-diam aja nggak bilang-bilang ke kita? hehehe... pasti karena sudah terkagum-kagum terpukau sama suasana Jatim Park3 yang keren dan spektakuler itu kan? tampak terlihat dari wajah brader yang happy sumringah di foto pertama.. :D

      The Legend Star lumayan keren sich aku tahunya dari foto keponakanku yang sempat bergoto bareng patung lilin Albert Einstein yang postur dan penampilan mirip sekali dengan orang asli.

      di Zona Egypt terasa seperti berada dalam suasana Marocco ya? kalau aku ke sana aku pingin foto bareng Unta putih... Hihihi...
      Oh ya, katanya ada persewaan kostum timur tengah ya di zona Egypt tsb? tarif sewa kostum nya tahu nggak brader?Asyik kali ya kalau aku foto pakai kostum timur tengah?

      Istana bonekanya bernuansa warna kebiruan ya? pasti bonekanya juga keren-keren, ponakan brader yang cewek pasti senang kalau diajak ke istana boneka dan dino park.. titip salam buat Celyn ya? :)

      Delete
    7. Iya,betul takutnya jadi korban bullyan gegara udah koar-koar akan liburan ke Jatim Park, eh ngga taunya malah gagal 😅.
      Sesampai disana setelah mendarat mulus dan mendarat cihuyy ... wuakakaka ..., di depan Dino Mall Entrance lupa deh ngehubungin teman-teman di Malang, termasuk sista 🤣.
      Maafin ya man temaaaan ...🙋‍♂️

      Wuih, laah itu ..., ponakan sista udah ke The Legend Star dan berfoto dengan profesor Albert Einstein, kok waktu itu ngga sekalian ikut ke Jatim Park 3, sih 🤔 ?.

      Unta putihnya di dalam kandang yang diberi 2 besi mendatar. Saat itu mereka lagi duduk nyantai di tengah kandang.
      Kalo mau berfoto sama mereka, bagusnya pas mereka mendekati pagar kandang, jadi ngga kehalang pagar fotonya.
      Ada sih foto mereka, kuambil gambarnya dengan cara kumasukkan tanganku ke dalam kandang biar besinya ngga kliatan 😁.

      Iya, tuh Celyn udah kesenengan dan minta diajak kesana setelah kulihatin foto-fotoku di Dino Park.
      Katanya : om curang ngga ngajak-ngajak aku ..., hahaha 😅
      Salam kembali dari Celyn.

      Delete
  37. liat foto2 dan penjelasan soal zona ice age kok jadi inget film kartunnya hehehe. tapi ini keren banget sih, wajar jadi obyek wisata kelas dunia. fix langsung masukin ke list liburan selanjutnya. post nya bagus :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih opininya, kak Hilaria ⚘

      Senang rasanya post ini bermanfaat dan menginspirasi kak Hilaria untuk liburan selanjutnya ke Dino Park Jatim Park 3 ini.

      Iya yaa .., zona Ice Age mirip dengan setting film kartun.
      Tapi mungkin memang suasana zaman Ice Age kayak gitu adanya ya, kak 😁
      Semuanya daratannya terlihat salju putih tebal, kontras dengan birunya langit.

      Delete
  38. Dilihat dari fotonya, masnya bahagia banget foto sama dino:D hahaha wahhh kalau sekarang kita hidup dizaman dino gimana ya ? *antara seru sama degdegkan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaa ..., begitulah, kak Anisa 🤣
      Aku bahagia bertemu dengan para dino, pengin rasanya kuajak pulang 😅

      Kalo zaman sekarang ada dino beneran ..., whoaaaaa ..., bisa - bisa badan kita gepeng jadi kayak emping gegara diinjak dinosaurus ... hahahahaha 😅

      Delete
  39. wow, seru ya di sana. pingin ke kampung morocconya itu keliatannya keren bgt :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kak Farida lorong-lorong perkampungan Marocco keren banget suasananya, juga buat foto-foto.

      Didekat lorong-lorong, ada persewaan kostum khas Timur Tengah ..., foto di areanya pakai kostum itu jadi terlihat lebih unik.

      Delete
  40. Wuih keren banget spotnya. Cocok buat yang seneng film jurrasic world hahahhaa.. btw kak hinawantkeren nih foto lagi jumpingnya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe 😁 ...
      Terimakasih, kak Vika ⚘
      Kayak ngga kenal lelah ya setelah perjalanan jauh, tetep aja pose terbang melayang ..., hahHaha.

      Betul, kak.
      Dino Park ini kesemua areanya keren-keren banget.

      Semoga kak Vika suatu hari nanti, kesampaian juga ke Dino Park.
      Kudoakan, kak.

      Delete
    2. wuih, ditinggal 2 hari aja komennya udah ampir 200 an kak! keren dan salut nih blogwalkingbnya hebat bingit hehehhee...

      aminnnn doain yaaa smga cepet kesana ngiler nih spotnya pada unyu2

      Delete
    3. 😁 hayooook kak Vika juga bisa ..., artikelnya dikomentari teman-teman hehehe

      Sama-sama,kak ⚘
      Ntar kalo si kecil udah lahir dan sekiranya udah bisa diajak jalan-jalan, diajak ke Dino Park .., pasti senaaang 😁

      Delete
  41. Wah, keren banget! Jadi pengin ke Jatim Park. Saya belum pernah ke satupun dari Jatim Park serial ini. Wah... kapan cuti nih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meski kak Dyah belum kesampaian berkesempatan liburan ke Jatim Park, kota wisata Batu ..., howaaaa ..., udah punya kesempatan terbang sampai Siem Reap-Kamboja !.
      Kereen itu, kak 😎 ...
      Hehehe

      Yakin, suatu saat nanti kak Dyah pasti punya kesempatan waktu liburan ke serial Jatim Park nih 😁
      Tau-tau kan nyelonong kesana, tanpa kabar sebelumnya ...
      Hahaha 😅

      Delete
  42. Wah menarik sekali Ada Jurassic Park van Malang. Lumayan sekali buat pecinta dinosaurs. Tidak hanya bisa baca atau liat di film saja .bisa lihat disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, mas Arief 👌.
      Di destinasi Dino Park ini, kita bisa belajar mengenai bentuk fisik para dino yang dibuat sesuai ukuran aslinya, sejarahnya,juga negara-negara asal diketemukannya fosil dinosaurus.

      Delete
  43. ADA taman dinosaurus di sini toh? tukang bikin film kita bisa nggak ya buat film seperti Night at The Museum-nya Ben Stiler? dinosaurus2 itu hidup lalu ngejar-ngejar orang. jadi pengin ke sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo, di Jatim Park 3 ada kawanan dinosaurus 'menyerbu' kota wisata Batu 😁.
      Ayook diagendakan kesini, mas Affip ...

      Tentang kreator perfilman kita kira-kira mampu ngganya bikin film secanggih Night At The Museum - Ben Stiller, sepertinya ... xixixi ... kayak-kayaknya perlu banyak belajar dari perfilman Hollywood deh.

      Delete
    2. 😁 celengane kan wis kebaaak sampe muntuk-muntuk tow ... hahahaha

      Delete
  44. Wah saya ke museum angkut aja betah banget. Apalagi kalau ke museum dino ya. Bisa ga mau pulang hehe

    Kita mas. Kalau malam pada bergerak ga ya kayak di film2? 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ..., jangan ngga mau pulang, kak 😁.
      Ntar malam-malam digigit T-Rex looh ... hahaha 😅

      Waah asik tuuh kak Anggun udah ke museum angkut..., kereen juga yaak 👍

      Hahahaa ..., asiiik juga ya kalo malam para dino pada bergerak sendiri ..., ntar bakalan jadi viral adegannya 😂

      Delete
    2. ayo kak anggun kita ke dino park bertiga ditraktir ka himawant hahaha

      Delete
    3. Hahahaha 😅 ...
      Siapa tau yaaa kita-kita semua yang berkomentar di artikel Dino Park ini diundang oleh pengelola Jatim Park untuk meliput semua zona disana.

      Delete
  45. wah serunya
    Jatim Park is the best
    destinasi terbaik dan wajib dikunjungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sependapat dengan mas Awan 👌.
      Ini aku ngga dapat rewards apapun dari Jatim Park loh mereview Dino Park, tapi kuakui wisata kekinian dilengkapi edukasi satu ini memang keren adanya dan wajib dikunjungi.

      Delete
  46. Oh jadi sebelum berangkat tuh nyiapin kostum dulu buat Ootd? haha biar matching pas foto..
    Wah, tempat ini bisa dijadikan alternatif laboraturium bermain sambil belajar anak juga. Biar nggak cuma lihat versi dua dimensi (gambar).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ..., kostumnya matching ngga, kak Dwi 😉 ?.

      Eh iya, kak.
      Di area Dino Park ini, tepatnya di dekat zona Egypt ada wahana belajar mengggambar dan mewarnai dino disediakan untuk anak secara gratis, loh ...
      Disana diarahkan oleh staff cara belajar menggambar dan mewarnai dino.
      Hasilnya, diperbolehkan dibawa pulang buat kenang-kenangan.

      Delete
    2. Lumayan matching haha. Kan jam terbang pemotretannya udah tinggi :p

      Wah lumayan ya, dengan tiketnya segitu dapat beberapa fasilitas oke...

      Delete
    3. Hahahaaha ..., kak Dwi bisa ajaa siih 🤣

      Iya, kak ...
      Kalo dilihat sekilas sih harga tiket kesannya pasti kok mahal, tapi ternyata dapat bonus naikin banyak wahana gratis dan ... apalagi kalo bukan buat bikin foto-foto ...,hahhaaha ..., lah semua lokasinya apik.
      Yang hobi foto pasti terpuaskan berada di dalam sana 😁

      Delete
  47. Aku belum pernah ke sini, cuma pernah ke Jatim Park II, huhu pengen liat juga penasaran :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhu aku juga ikutan sedih, karena ..., kebalikannya dengan kak Nia.
      Aku belum kesampaian ke Jatim Park 2 😢 !.

      Toss, kita samaan, kak ...
      Hahahaahah 😅 !

      Semoga ya kelak kak Nia kesampaian Dino Park ke Jatim Park 3 dan aku kesampaian ke Jatim Park 2, Amin.

      Delete
  48. Widiih, lebaran harus ke sana nih kalau mudik, anak2 sukaa pasti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, anak-anak kak Muyass pasti bakalan suka diajak ke Dino Park.
      Kak Muyass juga iya ..., bikin foto-foto disana, hehehe 😁

      Delete
  49. Wuihhhh kerennnn

    Objek wisata baru yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas Riza.
      Dino Park Jatim Park 3 termasuk masih baru dibuka.
      Belum ada setahun ini dibukanya.

      Apartemen dan hotelnya juga belum rampung digarap.
      Nantinya dibuat nyambung ke Dino Mall.

      Delete
  50. mas sorry, foto-fotonya gak bisa agak besar dikit ya, soalnya pas ada foto yang bagus tapi di tampilin kecil, terus ada yang panjang. enakan sih fotonya ukurannya bisa seragam. saya lebih bisa menikmatinya.

    menurut saya aja sih. tapi it's ok. kok

    #Abaikan saya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, mas Masandi.
      Terimakasih buat masukannya, ya.

      Foto-foto di artikel Dino Park ini aku pakai ukuran Extra Large, menurut saran mas apakah sebaiknya ukuran foto diubah menjadi Original Size ?.

      Delete
    2. aduhh.. saya gak bisa kasih saran. saya cuma penikmat aja. karena saya bukan ahlinya.

      Sama foto-foto di blog saya itu juga pakai extra-large.
      cuma saya lebih suka jenis foto landscape.
      tapi ini masalah selera loh... setiap orang pasti beda-beda.

      Delete
    3. Baik, mas Masandi, terimakasih buat masukannya,ya.
      Senang rasanya saya diberi masukan untuk artikel blog.
      Nantinya foto-foto artikel saya akan buat landscape, kecuali stock foto yang terlanjur sudah saya bikin untuk artikel selanjutnya.

      Delete
  51. Aduh sayang sekali istana boneka nya tidak digambarkan dengan detail. bahkan photonya tidak ada. Karena memang saya penyuka boneka. Photo mainstream, ah kalau saya malu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, mas Djangkaru penyuka boneka, ya ?.
      Foto indoor istana boneka yang ngga kusertain di artikel ini sih ada filenya, mas.
      Cuman ngga kliatan detil bentuk fisik bonekanya, terlihatnya tata lampu warna-warni mencolok saja.

      Hahahaha ..., ayook Pe-De aja photo antimainstream, maas 😅.
      Kan ngga ngerugiin orang lain, ya toh ... hehehe 😁
      Yok akh pede 😉

      Delete
    2. Mana channel youtubenya saya cari dihalaman ini kok tidak ada linknya.
      Makanya biar sempurna, buat videonya juga. Pastinya lebih mantap.

      Delete
    3. Video Youtubenya udah kushare di G+ , mas Djangkaru.
      Belum begitu paham cara nempatin link Youtube yang benar di blog,mas 😊

      Delete
  52. Kemarin aku ke Jawa timur,
    Habis dari banyuwangi rencananya mau ke Dino Park gitu.
    Tapi apalah daya, waktu tidak memungkinkan,
    dan sekarang aku cuma bisa ngiler liat om awan seseruan bareng Dinosaurus -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dih, kok mendadak jadi merasa punya ponakan udah segede dan sebongsor Khairul, yuaaaa ...
      Lah dipanggil om sama Khairul ...
      Wuakakakkaa 😂!

      Oh gitu ya kemarin dari Banyuwangi rencananya mau ke Dino Park ya, ponakan "eh Khairul 😁 ...

      Ya udah ngga usah dipendem kecewanya, ntar kapan bisa dateng kesana bertemu para dinosaurus ☺

      Delete
  53. Setelah sering liat postingan mas Himawan jalan-jalan di Jateng, akhirnya kali ini ke Jatim ya! hahaha
    Informatif banget artikelnya, sampe baru tau kalo ada museum musik di Indonesia yang ternyata terbesar se-Asia. Dan ada juga replika dinosaurus yang kayak beneran nyata. Wha! I amazed for this, really.

    Pengin ke sana deh kalo ada kesempatan ke Jatim/Malang/Batu, pas weekdays aja biar diskon tiket :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ..., yeaayy ... 😃
      Masih kebawa sampai sekarang nih senengnya kesampaian ke Dino Park, kak OS ...
      Operation System, eh"* Onixtin Sianturi 😁

      Terimakasih opininya untuk tulisan artikel ini ya,kak.

      Keren banget ya, sampai areanya dilengkapi dengan museum musik terbesar se Asia segala ..., that's really amazed and very cool 👍

      Kudoakan kak Onixtin kesampaian juga ke Jatim Park.
      Betul, di weekdays dapet diskon tiket ..., kan lumayan buat nambah-nambah beli jajanan ..., hahaha 😅

      Delete
    2. Hahaha diinget ya OS mas jadi lucu juga dipanggil itu dalam dunia perbloggingan (?)

      Abis dari Batu kemana lagi mas? ditunggu cerita informatifnya ya! :)

      Delete
    3. Unik banget inisial OS itu,kak 😁.
      Bisa samaan dengan operation system perangkat.
      Cocok banget digunain buat blogging 👍

      Siap, kak .., ditunggu artikel berikutnya, ya ☺

      Delete
  54. Ini....aku pengen banget ngajak anak2 ke sini...pasti super heboh. Bagus banget ya! Serasa beneran masuk ke zaman kejayaan para dinosaurus.

    Reviewmya juga lengkap mas..jadi kayak ikut ke Batu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih opininya, kak Sulis ⚘.
      Senang rasanya kak Sulis membaca artikelku ini kayak ikutan juga berada di Dino Park 😁.

      Anak-anak kak Sulis pasti senang banget nantinya diajak kesana.
      Selain banyak wahana gratisnya, juga bisa belajar tentang sejarah dinosaurus.
      Diagendakan yok kesana, kak Sulis ☺

      Delete
  55. Saya tidak banyak koment Mas, saya cuma melongo saja melihat kegembiraan Mas,apalagi lihat aksi terbangnya. duhhh..duhh..duh asik sekali sepertinya.

    ngomong2 yang memfhoto siapa yach, saya tidak lihat penampakannya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuihh ..., foto aksi terbangku sempat membuat melongo kang Nata.
      I feel surprised to hear that 😁.
      Walaaah ..., gaya deh aku pake bahasa Inggris segala .., wuakakakaa 😂

      Yang motretin saling bergantian dengan teman,kang.
      Tapi biasaa ..., sebelumnya kuarahin dulu aku maunya difoto kayak begini begitu #BawelModeOn 😅 biar hasil fotonya kelihatan seperti yang kuinginkan.

      Delete
  56. Aku rela merogok isi dompet 100rban kak asal bisa liat replika hewan gede2 ini..ya ampun...aku pun bakalan gila berfoto kalo ada disana...(takmaukalahsaingsamakakhimawan )hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaahaha ..., aseeek ..
      Jadi ngga sabar nih lihat aksi foto gila kak Sarah kayak aku 😂.
      Yang penting kita Pe-De ya, kak ..., happy-happy bikin foto seru.

      Delete
  57. Wah enak bisa jalan-jalan... keren2 euy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayook ..., jalan-jalan juga bang Ancis ☺

      Buat refreshing juga buat nambah pengalaman.

      Delete
  58. Wah selalu kagum sama bang himawan..
    Setiap tulisannya selalu penuh dengan detail sampai poin terkecil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,terimakasih banyak opininya, mas Fajar ⚘
      Terimakasih juga selama ini selalu menyempatkan waktu membaca artikelku.

      Salam sukses, mas Fajar.

      Delete
  59. Wah, informasi menarik kini. Terakhir kami pergi belum ada yg Dino nya. Wajib ke sana nih kalo ke Malang lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip ..., mas Pedro 👌.
      Ikut senang artikelku tentang Dino Park ini menginspirasi mas Pedro dan keluarga liburan kesana sewaktu ke Malang lagi ntar ☺

      Delete
  60. Lama tak bersua banyak hal yang berubah dari blog mas Himawan ini. Satu yang tidak berubah, dan tentunya selalu lekang oleh waktu ialah komentar fans yang mengular.

    Lantas mengomentari kota batu, namun kutahan sejenak saat menyaksikan kisah dalam selembar foto yang diberi gapsen Jump action di Dino Mall Entrance (foto Pertama) membuat kuhentikan sejenak keasikanku membaca. Kupandangi foto itu sejenak, dalam hati aku berkata, "gokil bro" heheh.

    Mari berlanjut ke kota batu malang bertajuk Liburan di Dino Park Jatim Park 3 itu : Seru !

    Lagi-lagi mas Himawan yang ganteng ini, "memaksaku" untuk sejenak membuka memori 2002 lalu saat berlabel "mutiara hitam junior" tempat inilah membuatku mengenal seseorang darah cantik. Thanks mas telah mengahdirkan cerita masa laluku di kota batu-Malang Jawa Timur.

    Nice post.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woow ..., surprise aku membaca komentar dari mas Martin .., ternyata kota wisata Batu-Malang yang kudatangi ini punya cerita sejarah percintaan si mas ganteng eksotis Martin dan pacarnya ..., dan berujung dengan pernikahan yang membahagiakan hingga sekarang.
      Aku jadi membuka kenangan nostalgia mas Martin masa lalu ..., hehehe 😁.

      Terimakasih opini fotoku ngejump terbang melayang di Dino Mall Entrance 😁⚘
      Gokiiil ..., mampu loncat tinggi banget ya ..., hahahaha 😅
      Kayak manuk eh"* burung maksudku.

      Delete
    2. Manuk Dahlia mas kwkwkw. ups jangan ngomongin pacar dong mas, takut istri saya baca ntar jadi masalah hehheee #canda eu

      Delete
    3. Owh😲 ..., baiklah hehehe 😁 ...
      I know i know .., keep secret 🙋‍♂️

      Delete
  61. ooooh Jatim Park 3 isinya dino-dinoan toh. kukira mainan-mainan doang, hehe.
    temen-temenku akhir tahun pada ngajakin liburan ke Malang. Salah satunya melipir ke jatim park 3. Udah nabung mulai sekarang, hehe
    💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naah ..., kebetulan tuh kak diajak bareng temen-temen ke Dino Park, jadi acara liburannya lebih seru ntar 😁👌

      Met nabung, kak ..., buat siap-siap masukin kesemua zona berbayarnya ☺

      Delete
  62. wah keren. tadinya kirain hanya tempat main air aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bang Day ..., keren ya areanya.
      Awalnya ngertinya cuman wahana air, ya ..hehehe 😁.

      Delete
  63. aku malah belum ke sini mas
    padahal cuma 20 menitan aja dari rumah huhu
    soalnya gak terusan sih tiketnya jadi mikir2 wkwkw
    aku penasaran sama istana boneka itu aplagi aku agak pobia bonek ya
    hiii
    tapi yang naek kereta buat liat dino juga asyik beberapa kali aku liat di YT kok sayang klo dilewatin
    hmmm bulan depan deh ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laah, mas Ikrom rumahnya dekat sama Dino Park toow .. ?.
      Rumahnya mas ke arah bendungan Selorejo kah 🤔 ?.

      Sekarang ada paket terusan kok, mas.
      Untuk masuk ke 2 zona : Dino Park + The Legend Star tiketnya 170K.
      Lumayan, ngirit 30K bisa buat beli penganan ... wkkkwwwkk 😅
      Ya, ngga ?.

      Istana Bonekanya ora serem, malah aku sempat cekikikan geli di dalam areanya setelah ..., ikutan nyanyi lagu anak-anak yang diputar ... , hahaha 🤣!.

      Kalo wahana naik kereta, semua pengunjung wajib (mau ngga mau) ikut naikinnya, mas.
      Karena rute itu memang rute wajib memasuki area wahana-wahana selanjutnya.
      Setelah menaiki wahana naik kereta ..., barulah pengunjung bebas mau akan ke arah sebelah mana lebih dulu dan mau ngga nya naik wahana gratis lainnya tergantung keinginan kita, mas.

      Tapi sayang loh, kalo udah disana kita ngga jajal naik wahana gratisnya, termasuk Istana Boneka itu.

      Siiip .., ntar cerita ke kita-kita ya setelah mas Ikrom ke Dino Park ☺

      Delete
  64. pisan - pisan aku mbok di ajak mas, biar tahu dunia per travelan .. he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbok ayooo melu, mas ... 😁, aku malah seneng loh bisa pergi jalan ke lokasi wisata barengan.
      Bisa cekakakan bareng.

      Kapan akan direalisasikan, nih 😁 ?

      Delete
  65. Sungguh sangat menarik. Jadi pengen ke Dino Park juga.

    Btw, Mas Himawan waktu kecil suka main boneka ya? Boneka apa? Duh kepo deh, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayook diagendakan liburan bareng keluarga ke Dino Park, kak Sitti ☺.
      Aku kayak lagi promosi, yaa .. ngajak-ngajak kesana ..., wuakakaakaka 😅

      Ngga apa-apa kepo, kak 😁
      Aku kecilnya dulu sukanya main .... boneka figur superhero batman, zorro, superman dan gundala.
      Aku masih ingat, keempat boneka itu sering kuadu berantem pakai tanganku sambil mulutku ngoceh rame kayak dalang ..., huahahhaa 😂 !

      Keempat boneka terbuat dari plastik itu sampai sekarang masih tersimpan di lemari.

      Delete
    2. Nanti mau menjelajahi kampung sendiri dulu baru keluar Sulawesi. Alasan doang, hehehe...

      Wah. Sama tuh kayak ponakanku yang laki-laki. Dia sukanya boneka tentara. Kalau lagi main perang-perangan hebohnya minta ampun.

      Wah. Bonekanya masih disimpan sampai sekarang. Disayang banget pasti tuh.

      Delete
  66. Belum ke sini sayaaa..Pasti anak-anak suka nih, Dino nya komplit..
    Btw, foto-fotomu ketjee Mas! Enggak jadi model aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah ..., mimpi aku semalam ya 🤔 , pagi-pagi gini dapet pujian pake tanda seru dari kak Dian 😁
      hehehe ..., terimakasih banyak opininya kak Dian ya ⚘.

      Ntar kalo aku beneran jadi model berangkat dari dunia blogger, kak Dian akan kutunjuk jadi manajerku ..., xixixi 😁.

      Kapan ada waktu ajak anak-anak ke lokasi ini, kak.
      Anak-anak pasti suka banget disana ..., selain mengenal dinosaurus juga bersenang-senang berulangkali naik wahana-wahana gratisnya ☺

      Delete
  67. Kota Batu tempat mainku dulu waktu kerja di kediri, sekarang sudah banyak berubah, banyak tempat wisata ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membaca artikelku ini berasa jadi nostalgia buat kak Evrina dulu sering ke kota Batu, ya ..., hehehe 😁

      Yups, sekarang kota Batu banyak banget destinasi wisatanya dan memantapkan diri dengan sebutan kota wisata,namanya jadi kota wisata Batu.

      Kapan punya waktu luang, nostalgia ke kota wisata Batu,kak.
      Juga mampir dan main-main sama dino 😁

      Delete
  68. Dulu saya punya pacar gadis Malang tapi belum kesampaian berkunjung ke kota Malang, do'akan semoga saja saya ada kesempatan berkunjung ke Dino Park sambil melihat pacar lama haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhahha ..., baiklaaah 😅
      Aku akan ikut doakan mas Warman secepatnya kesampaian ketemu pacar lama di kota Malang.

      Ajak pacar lama foto seru-seruan bareng hino, eh" itu kan akuuu ... hahahaahaha 😂 ...., bareng dino maksudku.

      Delete
  69. Seru bangeeeett

    Huaaaa mau jua foto di situuu

    di Jakarta aja nggak pernah liat rasanya yang kayk gini huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoook diagendakan ke Dino Park, Aul ... 😉

      Aku juga sempat surprise saat tiba di Dino Mall, dalam hati langsung bilang :

      'gilaaak, ternyata sekeren ini ..., di Jakarta saja ngga ada destinasi kekinian sewouw ini!'.

      Delete
  70. Wahana saya baru tahu kalau ada jatim park 3 mas padahal orang jatim . Jadi ingin kesana nih. Kalau udah gajian dari si mbah google mungkin bisa kesana .

    Sukses selalu dan semoga duit nya makin banyak jadi bisa traveling terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin ..., terimakasih doa dan supportnya mas Candra ⚘.
      Kudoakan juga mas Candra segera gajian dari mbah google buat liburan ke Dino Park.

      Berbanggalah sampeyan jadi orang Jatim, mas ..., punya destinasi wisata kekinian sekeren Dino Park ini hehehe 😁.

      Semoga Jateng Park dan Jabar Park bisa menyusul, segera dibangun juga.

      Delete
  71. Jatim Park ada banyak to, mas? Ya Allah, ndeso banget aku. Hahaha. Tak kira cuma satu, Jatim Park ya Jatim Park, udah gitu aja. E ternyata ada banyak. Lokasinya di Malang semua, kah? Atau beda kota, mas?

    Malang juga jadi kota yang pengen tak datengi buat destinasi jalan-jalan. Tapi belum kesampaian. Semoga segera ada rejeki buat main kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga apa-apa selama ini kurang tau info Jatim Park, mas Wisnu.
      Banyak juga yang belum tau persis sebenarnya ada berapa jumlah group Jatim Park.

      Sementara ini keseluruhannya ada 3, mas.
      Dan yang ke 3 ini juga belum rampung 100% untuk bagian hotel dan apartemennya.
      Bisa jadi, nantinya akan ada Jatim Park 4.

      Lokasi kesemuanya di kota Batu, mas.
      Kota Batu sendiri sebenarnya berada di kabupaten Malang, tapi yang aku dengar dari banyak temen kota Batu administrasinya memisahkan diri dari kota Malang.
      Entah benar tidaknya, aku kurang paham.

      Aku ikut doakan agar mas Wisnu kesampaian liburan ke Jatim Park dan Malang yang punya wisata kekinian seabrek, Amin.

      Delete
  72. Ya ampuuuuuun kenapalah pas aku ke malang, wisatanya blm sekeren iniiii. Nth kapan bisa kesana lagi. Itu arena dinosaurus mah, bukan hanya anakku yg bakal girang, tp aku jugaaaaa. Dr dulu selalu penasaran ama jenis2 dino dan gimana mereka hidup dulunya. Sampe aku bela2in beli ensiklopedinya. Kalo bisa liat secara lgs, apalagi ada movienya, lbh seru siiik :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuiihhh ..., ternyata kak Fanny tuh pecinta sejati dinosaurus, anak kak Fanny juga.
      Sampai dibela-belain beli ensiklopedianya segala, that's really cool 😎 !.

      Nanti sewaktu kak Fanny dan keluarga ke Jatim Park lagi, tepatnya di Dino Park Jatim Park 3 di kota wisata Batu ini akan menemui banyak informasi detil tentang dinosaurus ..., kak Fanny akan seneng banget pastinya 😁.
      Sementara anak dan suami kak Fanny sibuk berfoto-foto ..., karena kesemua areanya keren abis buat bikin foto 😃👍

      Delete
  73. Punya keinginan dan kesampaian
    Sungguh menyenangkan
    Berliburpun sangat memuaskan

    Ingin aku ke sana mengenali hewan zaman purba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, menyenangkan banget rasanya akhirnya kesampaian liburan ke salah satu lokasi incaran, kak Anisayu 😁.

      Kudoakan kak Anisayu juga kesampaian ketemu kawanan dinosaurus di Dino Park Jatim Park 3 ini, Amiiin ..

      Delete
  74. wih mantap bang asik banget yah bisa naik dinosurus kaya gitu bang awas bang dibawa lari sama dinosaurusnya hehe
    keren bangeeeet ini tempatnya, bikin ngiler hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe 😁 ..., dinosaurusnya jinak kok, ngga mau lari cuman diem ditempat 😉

      Keren banget destinasinya yaa,tampil beda.
      Kudoain mas Agung suatu saat ntar kesampaian juga kesana.

      Delete
  75. wuihhh lengkap banget, pas nih karena sekeluarga niat banget main2 ke Malang bbrp bulan ke depan. Makasih yaa infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah,kebetulan nih kak Zata udah mengagendakan liburan ke Malang-kota wisata Batu ☺ ...
      Siiip, artikel ini bisa buat bekal informasi ke Dino Park nantinya.

      Met siap-siap liburan ke Malang, kak Zata.

      Delete
  76. brochiosaurus tinggi bener, ditunggagi asih tuh. Kayaknya memang worth it kalau mengunjungi meskipun di hari weekend

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,mas Sabda .., worth it deh Dino Park Jatim Park 3ini, ngga bikin nyesel siapapun yang datang jauh-jauh kesana.
      Komplit plit jenis pilihan zonanya.

      Delete
  77. keren ya tempat wisatanya, bisa dijadikan sarana edukasi untuk memperkenalkan aneka macam dinosaurus pada anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,betul,kak Dewi.
      Berada di area wahana Dino Park, anak-anak bisa belajar tentang dinosaurus melalui audio dan visual yang dikemas dengan apik.
      Anak-anak pasti ngga bosen karena areanya dilengkapi wahana permainan juga belajar menggambar serta mewarnai dinosaurus secara gratis.

      Delete
  78. Wah sampai juga di Batu, mas. Aku sering lewat saja kalau main ke Batu, belum pernah mampir. Jalannya ini kan suka macet, hahah...
    Lumayan mahal ya tiket masukknya, apalagi kalau hari libur. Siapkan budget, sambil hitung anggota keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,kak Rochma akhirnya aku kesampaian mendarat di Batu 😁.
      Ternyata kotanya apik,ya.

      Aku bisa bayangin jalan di depan lokasi Dino Mall ini pasti macet saat weekend, karena kalo dilihat badan jalannya ngga lebar dan hanya sanggup memuat 2 kendaraan berlawanan arah.

      Betul juga ya kalo datangnya rombongan bareng keluarga, pasti budgetnya akan jadi membengkak.
      Misal kak Rochma datang bersepuluh di weekday, maka tiketnya udah 700 ribu sendiri.
      Semoga nantinya ada keringanan beaya lebih ekonomis untuk kunjungan rombongan keluarga, ya kak.
      Sementara ini baru ada program pembelian 30 tiket gratis 1 tiket free.

      Delete
  79. Akhirnya menceritakan daerah non jogja juga mas... Selamat atas petualangannya di kota batu..

    Ternyata zaman purbakala lebih instagenic dari pada zaman now..

    Pengen deh kesana, kemalang baru ke BNS aja

    ReplyDelete