Tuesday, July 3, 2018

Pantai Slili - Pantai Cantik Berada Diantara Dua Pantai

Cerita pengalamanku berlibur ke wisata alam pantai Slili, pantai cantik yang lokasinya terselip diantara 2 pantai, pantai Sadranan dan pantai Krakal di desa Sidoharjo, kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul ini sebenarnya satu cerita liburan di lokasi yang cuma mampir sesaat ..., kusebutnya begitu karena memang tak ada setengah jam berada disana dan memang sebelumnya lokasi wisata alam pantai satu ini tak masuk daftar dalam catatan nama  - nama lokasi pantai yang akan kudatangi mengisi liburanku kali ini.
Selain itu juga bingung menentukan pilihan akan berlibur ke pantai mana saja dari keberadaan 102 lokasi pantai yang terdapat di Gunung Kidul.

" Apaaa ... , ada 102 lokasi pantai di Gunung Kidul sana ?. Wow bangeeet jumlahnya, yaaaa ... !."

Yups, betul.
Disana total keseluruhan pantainya ada 102 ..., kuulangi ya ...,  s - e - r - a - t - u - s - d - u - a lokasi pantai.


" Gimana, menakjubkan ya ... !. Satu daerah dipenuhi lokasi ratusan pantai dan nyaris kesemua tampilan pantainya eksotis."

Sebenarnya saat aku menyebut angka jumlah pantainya yang terbilang fantastis itu, mendadak muncul perasaan mellow galau dalam hati ..., eeiits  bukan karena tentang cintrong - cintrongan loh,yaa ..., tapi mendadak muncul dalam hati berkeinginan nginep disana selama dua minggu full buat menjelajahi kesemua pantainya.
Tapi kapan terlaksana dan apakah bakalan terjadi kenyataan menjelajahi kesemua pantainya, ya ?. 
Padahal statusku saat ini masih terikat kerja, belum jadi fulltime blogger. Duh ...


" Laaah ..., ini apaan sih kok malah jadi curhat. Udah akh, wwwkkkwwk ! "

Bermula dari keterbatasan waktu berlibur hanya satu hari, jauhnya jarak tempuh, tanpa cukup waktu untuk bermalam di penginapan yang banyak terdapat di sekitar lokasi pantai karena keesokan harinya musti masuk kerja kembali dan juga kebingungan menentukan lokasi pantai mana yang akan dipilih untuk mengisi liburan kali ini ... , akhirnya aku mendamparkan diri menjatuhkan pilihan berlibur ke lokasi pantai Slili yang sebelum tiba di lokasinya melewati deretan pantai - pantai yang tampilannya juga tak kalah memikat.

Trip Of Mine
Panorama cantik pantai Slili

Liburanku mampir sesaat ke lokasi pantai Slili ini, setelah berlibur ke pantai Sepanjang yang terletak tak begitu jauh lokasinya.

Setelah memarkirkan kendaraan di area parkir yang ditata berhadapan dengan laut ... , oh iya ..., area parkir kendaraan di pantai Slili ini ditata mirip dengan area parkir kendaraan di pantai Siung yang pernah kudatangi beberapa waktu lalu sebelumnya. 
Sebenarnya aku pribadi, lebih menyukai melihat penataan area parkir kendaraan di pantai terletak jauh dari lokasi pantai, tak berada tepat diposisikan di depan pantai ... , menurutku pribadi keeksotisan tampilan pantainya jadi terasa berkurang dengan terlihat penuhnya kendaraan menghiasai areanya.
Tapi entah pendapat orang lain tentang hal ini sama seperti penilaianku atau tidak. , ... aku memilih duduk melepaskan penat sesaat di salah satu deretan gazebo yang didesain khas negara tropis beratapkan daun ijuk dan terletak berada di sebelah barat pantai sembari merasakan semilir angin datang dari rerimbunnya pepohonan cemara yang memayungi deretan gazebo.

Trip Of Mine
Gazebo unik, beratap ijuk di tepi pantai

Sesekali tampak para wisatawan sibuk mengamati dan membeli pilihan cinderamata di beberapa kios yang ditata berdekatan dengan area parkir kendaraan dan deretan warung - warung makan yang rata - rata menyediakan menu masakan olahan seafood dan kelapa hijau utuh sebagai pelengkap dagangannya.
Mereka tampak antusias mendatangi kios dan melihat beragam hasil kreasi seni yang terbuat dari rangkaian cangkang kerang, seperti : kap lampu berjuntai, bingkai cermin, pigura dan aksesoris. Juga kaos dan souvenir bertuliskan nama pantai Slili, terlihat jadi sasaran belanja para wisatawan.

Trip Of Mine
Deretan gazebo di area parkir pantai sebelah barat

Dari beberapa pantai di Gunung Kidul yang pernah kudatangi sebagai lokasi berlibur, pantai inilah areanya yang paling terkesan crowded tapi meriah dan hangat keberadaan suasananya karena tiga fungsi sekaligus berada tepat di depan pantai dan berdekatan dengan bentangan hamparan pasir yang dibatasi dinding pembatas buatan cukup tinggi.

Keistimewaan yang dimiliki pantai Slili adalah pemandangan bentangan hamparan pasir putihnya yang terlihat memanjang, terutama di sebelah barat dan berbatasan langsung dengan lokasi bukit karang keberadaan monumen ikonik pantai Krakal berbentuk kerangka tulang ikan.

Trip Of Mine
Perhatikan, warna hamparan pasir yang terkena sapuan air laut ..., berwarna semu pink.
Sangat cantik, berpadu dengan biru jernihnya air laut dan birunya langit.

Hamparan pasir di bagian barat pantai Slili ini tampilannya begitu memikat mata ..., putih bersih dan teksturnya sangat halus. Jika diamati, hamparan pasir putih ini terlihat agak berubah warna menjadi pink atau merah muda saat basah setelah terkena deburan ombak.

Pemandangan paduan warna alam antara batu karang, bentangan pasir putih dan pasir merah muda, biru jernihnya gulungan ombak dan birunya bentangan langit ... , menjadi terlihat sempurna.

Berbeda dengan area pantai Slili di sebelah timur, garis pantainya dominan dipenuhi dataran batu karang, hanya sedikit menyisakan bentangan hamparan pasir.

Trip Of Mine
Sisi pantai Slili sebelah timur didominasi hamparan batu karang

Di atas dataran batu karang yang berbatasan langsung dengan air laut ini, aku sempat mencoba berdiri sebentar diatasnya. Kulakukan karena penasaran ingin melihat sebentar kehidupan biota laut yang berada disana dan memang tampak ada beberapa ikan, udang dan kerang menghiasi terumbu karangnya.


" Tetap wajib hati -hati, ya ..., berdiri diatas dataran batu karang di sebelah timur pantai Slili ini. Karena keberadaannya di tengah 2 bukit karang yang berjarak cukup dekat satu sama lain, maka gulungan ombaknya jadi berukuran sangat besar "

Area pantai Slili sebelah barat dan sebelah timur dipisahkan oleh bukit batu karang raksasa ditengahnya. Bukit inipun bisa didaki, jika ingin melihat pemandangan samudera Hindia dari ketinggian.

Trip Of Mine
Bukit batu karang yang membatasi hamparan pasir pantai Slili sebelah barat dan timur pun bisa didaki, jika ingin melihat bentangan luas Samudera Hindia dari ketinggian

Lokasi wisata alam pantai Slili ditempuh dari kota Yogyakarta memerlukan jarak tempuh sekitar 66 kilometer atau lama perjalanan sekitar 2 jam lebih. Lama atau cepatnya sampai di tujuan lokasi pantai tergantung situasi yang ditemui di perjalanan, serta sigapnya melewati kontur jalan khas daerah Gunung Kidul yang berliku, menanjak naik dan turun cukup tajam.
Bahkan saat malam hari menjelang, penerangan lampu di sepanjang rute pun terbilang minim, hanya terlihat sebatas di penerangan rumah warga saat melewati beberapa lokasi desa.
Selebihnya melewati hutan jati dan bebatuan batu karang di kanan kiri jalan raya beraspal mulus dalam keadaan ..., gelap gulita.

Pengalaman kemalaman saat melewati area hutan jati dan bebatuan batu karang ini pernah kualami saat pertamakalinya berlibur ke pantai di Gunung Kidul.
Kebetulan saat itu liburan berdua, tak kulakukan seorang diri. 
Dan serunya, saat itu kami sama - sama  tak mengetahui pasti rute ke arah keberadaan deretan pantai dan tak hafal rute pulang ke arah Yogyakarta.
Jadilah, kami beberapakali kesasar arah di kegelapan malam disertai hujan lebat dalam perjalanan kembali ke pusat kota Yogyakarta.

Trip Of Mine
Monumen ikonik pantai Krakal tampak di kejauhan dari pantai Slili

Untuk menuju ke pantai Slili dari Yogyakarta ditempuh melalui rute : 


Wonosari - pantai Baron dan setelah melewati pos Tempat Pemungutan Restribusi atau TPR di pertigaan pantai Baron berbelok ke arah kiri - ikuti papan petunjuk rute ke arah pantai Kukup, pantai Sepanjang, pantai Drini, pantai Sarangan dan pantai Krakal - di pertigaan pantai Krakal berbelok ke arah kanan - pantai Slili

Dan cukup dengan membayar selembar tiket masuk  kawasan pantai seharga Rp. 10. 000 ,_ , sudah termasuk tiket asuransi Jasa Raharja, pengunjung tak hanya berkesempatan berlibur di pantai Slili saja, tapi juga berkesempatan berlibur di 8 lokasi pantai lainnya yang berada dalam satu kawasan dengan pantai Slili ..., pantai Baron, pantai Kukup, pantai Sepanjang, pantai Drini, pantai Krakal, pantai Sundak, pantai Indrayanti dan pantai Pok Tunggal.


" Pertanyaan yang muncul di kepalaku selanjutnya, apakah cukup menjelajah dengan berlama - lama waktu berada di 1 lokasi pantai ..., jika dalam 1 hari mendatangi semua lokasi 9 pantai sekaligus ?. Meski berada dalam satu kawasan, lokasi pantai satu dengan pantai yang lainnya tak kesemua lokasinya berjarak dekat untuk ditempuh "


Lokasi :
Jl. Pantai Krakal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tiket :
▪  Info harga tiket diatas sewaktu - waktu dapat berubah.
▪  Untuk beaya parkir di tiap lokasi pantai, berbeda antara di lokasi pantai satu dengan lokasi pantai lainya, berkisar Rp. 2. 000, _ sampai dengan Rp. 5. 000,_ .

Tips berlibur di pantai Slili :
 Pergunakan pakaian yang nyaman, mudah menyerap keringat.
▪  Oleskan krim tabir surya sebelum beraktivitas di pantai untuk menghindari kulit terpapar sinar ultra violet.
▪  Jika perlu, pergunakan sunglasses dan topi. Selain untuk menghindari paparan sinar matahari berlebih, juga untuk menambah gaya penampilan berlibur.
▪ Memilih bermalam di penginapan dengan harga sewa terjangkau permalamnya atau memilih bermalam di hotel dengan kisaran harga cukup tinggi, dapat dipilih jika ingin mengeksplore beberapa pantai disana selama beberapa hari.








138 comments:

  1. Gilaaaaaaaa....! 102 pantai, jangan -jangan itu tiap 100 meter, pantainya berubah nama ya mas? 😁😁😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaha .. nggaaaa, bli Eka πŸ˜…
      Ngga berubah nama kok pantainya.
      Saking banyaknya jadi kayak parade festival pantai yaa .. πŸ˜ƒ

      Delete
    2. Mungkin bisa dibuat artikel mengunjungi 102 pantai atau road to 102 beach. Hahaha

      Delete
    3. Hahahaaha .. πŸ˜‚
      Bisa dipastikan ulasan artikel 102 pantainya sangat pan ... jaaaaaang ya,bli.
      Bisa jadi bikinnya perlu waktu berminggu-minggu 😁

      Delete
    4. Hahahah bikinnya satu satu lah mas, lumayan lah buat jatah artikel 6 bulan.

      Delete
    5. πŸ˜ƒ ide bagus juga tuh, bli.
      Beberapahari disana ngumpulin informasi, setelah itu dibikin artikel buat jatah selama 6 bulan .. hehehe

      Delete
  2. butuh berapa hari ato minggu untuk mengexplore pantai segitu banyaknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perkiraanku, 1 bulan full baru terlaksana mengeksplore kesemua pantainya, mas Aris.

      1 hari misalnya mampu mengeksplore 3 pantai, itu aja baru 90 pantai ..
      Belum memakn waktu jarak tempuhnya, ada pantai yang lokasi berjarak dekat juga ada yang terpisah puluhan kilometer.

      Delete
    2. Blogging ke pantai sebulan, kulit jadi item semua ya mas? Hehehe...

      Delete
    3. Kayaknya kulit bukan cuman jadi item, mas .. tapi gosong πŸ˜…
      Eksotiiiii...iiis .. tiis .. tiis

      Delete
  3. Replies
    1. Akuuur ya mereka .. xixixi 😁
      Masing-masing pantainya saling bertetanggaan.

      Delete
  4. wah, bagus ini buat yg hobi mantai, bisa di embat semua 102 pantai dlm seminggu kali ya mas, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaa .. beetul .. betul .. betuuul πŸ˜…
      Buat para pecinta pantai, lokasi Gunung Kidul ini jadi buruan lokasi wajib didatengin.

      Komplit pula fasilitasnya ..
      Ngemping, mancing, panjat tebing, snorkling, mendaki bukit, dll semuanya ada disana.
      Mau nginep di hotel kelas menengah atau penginapan sederhana juga banyak pilihannya ☺

      Delete
  5. Seratus dua! Banyaknyaaa dan tidak mungkin semua tereksplor dalam waktu singkat. Itulah susahnya kalau bukan full-time blogger apalagi travel-blogger-writer. Kudu nunggu hari libur mingguan atau tahunan baru bisa ke sana. Dan kalau waktunya singkat, ya tidak bisa berlama-lama. Tapi untuk ukuran waktu yang singkat, Himawan selalu menulis dengan lengkap, komplit, jelas, padat, dan lika-liku perjalanan ke sana. Termasuk biaya! You, rock!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeeeiii .. 😊
      Terimakasih opininya,kak Tuteh ⚘😁 ...

      Meski cuma singkat berada di pantai ini, seperti biasa aku selalu jelalatan lihat keseluruhan area dan ceriwis tanya-tanya ke penduduk setempat tentang apa saja yang ada di pantai Slili.
      Catatan juga selalu kubawa buat nyatetin rutenya,kak .. hehehe.

      Betul,kak kendalanya seorang travell bloger belum fulltime seperti kita adalah keterbatasan waktu πŸ˜“
      #SedihModeOn

      Delete
  6. Kalau parkiran terlalu jauh dari bibir pantai, pengunjung akan kelelahan juga. Tapi kalau dilihat dari sudut pandang keindahan alam, memang lebih baik tempat parkiran dibuat agak sedikit lebih jauh.
    Saya belum pernah ke pantai slili.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sih, mas Djangkaru .. kalo parkiran dibuat jauh dari lokasi pantai, pengunjung akan kelelahan nyampe ke pantainya.

      Kapan-kapan ke pantai ini ya,mas ... Keren loh pantainya πŸ‘

      Delete
    2. kadanh kalau posisi tempat parkirnya jauh bingits sama pantai kasian ibu2 tkt gemporr ya kak di jalannya xixiixix

      Delete
    3. Oooh iya juga ya,kak 😁
      Kalo parkirannya jauh dari tepi pantai, bikin buibu kelelahan duluan dan bisa-bisa ... bikin betis buibu pada gempoor ... wkkkwkk πŸ˜…

      Delete
  7. Pantai sadranan dan krakal sudah pernah kesana, klo slili belum. Gunung Kidul emank bnyak bangat pantainya,, jaraknya dekat-dekat pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebalikannya dengan Idris, aku belum berkesempatan ke pantai Sadranan dan pantai Krakal πŸ˜…
      Karena keterbatasan waktu itulah, jadinya ngga sempat sekalian berkunjung ke sana.

      Yang Idris lihat pantai-pantainya kebetulan berdekatan lokasinya.
      Ada juga lokasi pantai yang terpisah jauh ...
      perlu waktu 1 jam lebih ditempuhnya dari 1 lokasi pantai.

      Delete
    2. Iyaa kali yaa ,,,habis sepanjang jalanan di gunung kidul pantainya banyak dan indah semua.satu Minggu kayaknya gak kelar dah ngunjunginya mas

      Delete
    3. Perlu 1 bulan kayaknya mengeksplore kesemua pantainya, itupun sehari 3 atau 4 lokasi pantai didatengin.
      Ngga akan cukup waktu berlama-lama berada di 1 lokasi pantai.

      Kalo 1 pantai didatengin 1 hari ... bisa memerlukan 3 bulan full πŸ˜….
      Kenyaaaang deh liburaan ...
      Hahaha !

      Delete
    4. Iyaa mas, blognya ini special wisata jogja dong yaa..

      Delete
    5. Karena keterbatasan waktu dengan rutinitas pekerjaan,sementara ini artikelku masih seputaran Yogyakarta.
      Kecuali, kalo udah jadi fulltimer bloger, Idris.

      Di Yogya sendiri ada ratusan lokasi wisata yang belum diulas.

      Delete
  8. Masss, bagus bangettt itu pantainyaaa

    Bersihhhh

    Jogja kok banyak amat ya pantainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa nih mas Riza ... pantainya bersiih banget πŸ‘
      Saat aku disana,tak kelihatan sampah berserakan baik di area parkir maupun di hamparan pasir.
      Semuanya ... bersiih πŸ‘

      Jogja kayak dikepung pantai yaa 😁

      Delete
  9. Walahh.. Pantainya keren banget. Langit biru dan air yang kelihatan super jernih. Tapi mesti siapin sunblock nih. Jangan sampe jadi gosong krn terlalu seneng main di pantai hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuups betul, kak Anggre .. biar kulit ngga berubah jadi gosong & iritasi, gunain sunblock wajib sering2 dioleskan 😁

      Delete
  10. 102 Pantai wooww!! Kebayang nggak sebulan kesana ngebolang kegunung kidul ... Mungkin nggak kelar2..πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

    Dan panorama pantai dan suasana pastinya membuat kita ingin membolos kerja lagi & terus membolos haaahaaaa!!! ..

    Namun travelling tetap bisa menenangkan bhatin & segalanya yaa! Mas!! πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaaa .. mari kita membolos,eh#' .. πŸ˜… , maksudku mari kita berharap agar hari libur kerja ditambahin 😁

      Wow bangeeets jumlah pantainya yaa .. Amaziing πŸ‘

      Delete
  11. saya salah selama ini mas kirain gunung kidul itu adanya gunung-gunung kapur terjal ternyata ada pantai yang banyak dan indah disana weleh

    ReplyDelete
  12. Gambaran perkiraan mas Kadir ada benarnya ...
    Gunung Kidul itu berupa pegunungan batu kapur,mas.
    Dari kota Yogyakarta untuk menuju ke Wonosari Gunung Kidul melalui jalur jalan menanjak dan berliku.

    Setelah melewati kota Wonosari rute jalan berkelok dan naik turun khas pegunungan, lebih terasa lagi saat melewatinya, mas.

    Di sepanjang perjalanan kita akan mudah melihat tebaran bebatuan kapur berukuran variatif, ada yang berukuran sedang dan ada juga yang berukuran sangat besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitu kaya dataran jawa dengan berbagai destinasi wisata mas

      Delete
    2. Betul,mas.
      Ada seabrek destinasi wisata di pulau Jawa.
      Ribuan jumlahnya.

      Delete
  13. Walau artikel ini menceritakan tentang Pantai Slili, tapi yang paling saya ingat dari seluruh artikel ini adalah angka 102. Itu wow banget nggak sih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bingiiiiits woouw-nya, kak Dyah .. πŸ˜‚ ,Spektakular jumlah pantainya.

      Kalo kita udah jadi fulltime blogger, perlu menetap sementara 3 bulan full berada di Gunung Kidul buat mengeksplore kesemua pantainya disana, kak ... 😁
      #MungkinkahItuTerwujudπŸ€”?

      Delete
    2. Masalahnya, jadi full-time blogger itu butuh tekat bulat dan tabungan yang cukup. Pengin juga sih, mengunjungi seluruh pantai yang ada di Jawa. Tapi untuk saat ini, saya menunggu postingan tentang pantai-pantai sekitaran Gunung Kidul saja dari blog ini (dan siapa tahu pantai-pantai yang lain lagi). Hehehe ...

      Delete
    3. πŸ˜… hahahaa ..
      Baiklah, kak Dyah nunggu postingan semua pantai dulu di Gunung Kidul sebelum kak Dyah mutusin liburan akan ke pantai mana yang paling cantik pemandangannya.

      Iya,betul kak ... jadi fulltime blogger awalnya perlu punya tabungan yang cukup untuk travelling ke banyak lokasi wisata, sebelum nantinya disponsori oleh suatu brand.

      Delete
  14. 102 mas? bisa banyak gitu ya? tinggal pilih 1 yang terbaik berarti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi ... masalahnya kesemua pemandangan pantainya baik alias apik-apik, kak Zefy 😁

      Delete
  15. 102 angka yg sngat fantastik.
    Tapi meakipun demikian, 102 itu gak ckup loh maa untuk 2 minggu. Maksumalnya tetap harus 102 hari jga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bet....uuuuul, mas Pujiaman πŸ‘Œ ..
      Tak akan cukup waktu kalo cuman 2 minggu berada disana.
      Bisa jadi 3 bulan full buat mengeksplore 1 pantai 1 hari.

      Delete
  16. Wuih, pantainya keren banget mas.. bersih sekali.
    Cocok juga untuk lokasi prewedding ya, latarnya kueren sekali..
    Apalagi pantainya rapi dan tertata baik, betah deh disana..
    Jangan lupa beli ikan bakarnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe .. saat itu karena keterbatasan waktu,ngga sempet beli makanan ikan bakar 😁.
      Cuman sempet beli roti buat nganjel perut, itupun dimakan buru-buru πŸ˜‚
      #UntungNggaKeselek

      Iya,bli Eka .. pantai ini bersiiih banget, apalagi hamparan pasirnya.
      Tak kelihatan sedikitpun sampah berada disana.

      Delete
  17. Kalian sudah pada tau belum permainan yang lagi HITZZ ZAMAN NOW :)
    Rasakan sensasi untuk mendapatkan hadiah puluhan juta rupiah
    Hanya dengan bermodal 20rbu saja bisa mendapatkan puluhan juta rupiah lohh..
    ayoo tunggu apalagi daftar sekarang juga..^^
    Hanya di SAHABATQQ
    LInk alternatif : duniasakong(dot)com

    ReplyDelete
  18. Aku baru tahu kalau jumlah pantainya 112 pantai. Dan semuanya memang bagus mas, bagus banget. Yaa walaupun belum ke sana semua sih.
    Tapi pernah camping di pantai pok tunggal dan sadranan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuiih .. mnataaap tuuh udah berkesempatan ngemping di pantai Pok Tunggal dan pantai Sadranan πŸ‘
      #AkuKapanYaaa 😒

      Ajak-ajak aku napaaa, mas Rivai .. 😁

      Supeer jumlah pantainya,yaa ...
      Dan benar, pantai-pantai di Gunung Kidul memang keren-keren.

      Delete
  19. Lama nih nggak ke pantai, jadi pengen ke pantai deh, lihat langit dan birunya air laut. tenang rasanya hati dan perasaan.

    ReplyDelete
  20. Semoga lokasi pantai ini jadi referensi liburan kak Faranggi selanjutnya,ya ☺

    Betul kata kak Faranggi memandangi birunya air laut dan birunya bentangan langit bikin hati dan pikiran kita jadi nyaman.
    Suara deburan ombaknya jadi terapi menenangkan.

    ReplyDelete
  21. Wah view nya keren banget, pantainya juga cantik dan bersih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren pemandangan pantainya ya,kak Anisa ... biru jernih dan bersiih πŸ‘

      Masukin daftar lokasi liburan kak Anisa selanjutnya,ya ..

      Delete
  22. Kalo lihat pantai begini, jadi pengen kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip, mas Roli πŸ‘Œ
      Kapan-kapan ke pantai ini yuk ...
      Siapin jadwal seminggu ngemping disana buat menjelajahi 9 pantai di areanya 😁

      Delete
  23. Replies
    1. Terimakasih banyak FirstLombokTour ⚘

      Lombok juga memikat dan kereeen πŸ‘

      Delete
  24. woww jumlah fantastis mas pantainya..
    aih lama saya tidak mampir ke blognya mas Himawan.. dan sekali datang..wuih wisata pantai
    jadi mupeng pengen jalan2 juga ke sana, tapi kapan ya..he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih kak fantastis jumlah pantainya ..., buanyaaak banget.

      Kalo liburan singkat, ngga nentuin area lokasi pantai mana yang akan dikunjungi, sesampai di Gunung Kidul ..., pasti dibuat bingung akan ke pantai mana dan nentuin rute karena saking banyaknya pantai 😁

      Kudoakan kak Monica dan keluarga kesampaian liburan ke pantai-pantai ini, Amin ☺

      Delete
  25. anjirr pantainya bagus banget... kalau di tempat aku tinggal, daerah pantai anyer yang paling terkenal. Cum sekarang itu udah nggak sebagus dulu. apalagi biaya masuknya uwow.. 20 rebu buat motor (paling murah), 50-100k buat mobil... pokoknya mahal dan crowded banget.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe .. bagus bangeeet pantainya ya, mas Bayu 😁
      Yook kesini,mas ...

      Aku juga heran,mas ... kenapa tarif tiket wisata alam di Jawa- Barat dan sekitaran Jakarta memasang tarif tinggi...?, seperti di pulau Anyer yang mas Bayu sebutkan itu.
      Mahal banget menurutku.

      Sayang ya,semestinya jangan terlalu dikomersialkan begitu.
      Wisata alam kan juga milik semua masyarakat.

      Delete
  26. Masya Allah sampe 102 pantainya, hahahah... Ya udah karena terikat kerjaan, kunjungin aja sehari 1. 102 hari beres kan kunjungin semua, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha ... πŸ˜‚
      Setiap hari libur lari dari rumah pergi liburan ke pantai sampai sebanyak 102 kali kunjungan yaa, kak ...

      Delete
  27. wah kak himawant ini emang juaranya traveling ke pantai yaa.. sekrang sedang menjelajahi pantai sili yang cantik dengan pantai yang begitu indah.. btw tips untuk ke pantai nya sangat bermanfaat nih apalagi yang suka jarang pake tabir surya, siap2 jadi menghitam ya kak kulitnya xixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe .. mumpung musim panas jadi travelling milih ke pantai,kak 😁

      Eh iya,aku pernah punya pengalaman travelling ke pantai saat musim peralihan,kak .. belum full musim kemarau.
      Saat sampai ke pantai, mendung gelap dan hujan angin.
      Pantulan awan gelap ke permukaan laut jadi menakutkan tampilannya ... hitam pekat 😟 !!.
      Niatannya mau snorkling jadi batal.

      Betul,kak kalo kita ngga gunain lotion tabir surya saat berada di pantai, kulit kita bisa berubah gosong.
      Ntar kalo gosong,yang kelihatan saat tersenyum ... cuma giginya kita ...
      Hahahahahaa πŸ˜‚

      Delete
    2. hha kebayang yang dikenali giginya doang mukanya ga keliatan.. wkwkkw btw ditunggu lho update artikel selanjutnya ya kak !!

      Delete
    3. Hahaha ..., sepertinya eksotik juga,kak πŸ˜ƒ
      Kugosongin kulitku akh ..., biar kayak orang Afro 😁

      Ya,kak.
      Kutunggu juga artikel kak Vika selanjutnya.

      Delete
  28. wah, ini keren sih asli mas. biru pantainya itu lho, bikin saya ngerasa kurang vitamin sea!
    dan amazed banget kalo di sana ada 102 pantai, kebayang sore2 nikmatin sunset sepanjang pantai di sana. pasti asyik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih, kak ... sampai saat ini aku juga masih merasa kurang vitaminsea πŸ˜“
      Laah gimana yaa berkesempatan jelajahi kesemua 102 pantainya ...
      Bolos kerja aja yuuuk ... HahahahahaπŸ˜‚ ..
      huuusssssh !!!

      Delete
  29. Banyak banget pantainya 102 pantai, jadi butuh 102 hari jadi 1 pantai 1 hari biar bisa menikmati sunrise dan sunset di tiap pantai. Beda pantai pasti fantasinya berbeda-beda sob.. :D Tipsnya ini yang penting biar nanti kalo berlibur kesana perlatan yang dibutuhkan sudah siap sedia tinggal cusss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih gimana ya cara datengin semua 102 pantai disana ya, mas πŸ€” ?..
      Padahal rumahku jauh [juga rumah mas Herman] dari lokasi Gunung Kidul ini.
      Yook jadi pengelana saja yook .. biar kesampaian kesana-sini πŸ˜…

      Yups, mas ... tinggal cuuuuuuss setelah nyiapin peralatan dan perbekalan ... 😁

      Delete
    2. Berkelana, jadi inget bang romah mas... Sebagai seorang pekerja swasta yang sibuk kayaqnya susah mas, kemarin aja libur idul fitri cuma dikasi 2 hari ... :D

      Delete
  30. wah dimana-mana ada hamparan pasir, pasti hawanya panas mas ya
    untung tiupan angin bisa meredam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan panas, mas Tomo 😁

      Apa memang kulitku udah sahabatan sama panas terik matahari kali,yaa... saat disana ngga kerasa panas-panas banget cuacanya, cuma kerasa lumayan panas aja.
      #KulitBadak πŸ˜‚

      Delete
  31. Wah, banyak banget yaaa pantainyaa...

    Di Jogja taunya Parangtritis thok ni sayaa.. kurang piknik. hihihi.

    Sehat-sehat selalu Mas dan terus nikmati pesona alam Indonesia! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga, mas Rifan ...
      Sehat selalu juga ya,mas πŸ‘Œ

      Iya nih mas jumlah pantainya fantastis, buanyaaak banget.
      Ajak keluarga liburan ke daerah Gunung Kidul ini,mas.
      Memang rada jauh jarak tempuhnya dari kota Yogya dan rutenya ngga semudah ke rute pantai Parangtritis yang datar.

      Delete
  32. 102 pantai itu pada sebelah"an gitu kali ya
    kalo Pemdanya pinter udah diolah dan jadi PAD tuh pantai sebanyak itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasi pantainya ada yang bersebelahan alias tetanggaan 😁 ... juga ada yang lokasinya terpisah jauuuuuh banget, mas Deady.
      Ditambah rutenya yang naik turun khas pegunungan tapi beraspal mulus, juga ada rute ke pantainya harus trekking lebih dulu (jauh dari lokasi pantai).

      Delete
  33. hiksss, baru nyobain ke pantai parangtritis doang dari sekian banyak pantai yang disebutkan tadi.
    pengin juga sih ikutan bikin tenda dan nginep di pinggir pantai, soalnya sering lihat di ig gitu, kapan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keinginan mas Hendi sama sepertiku ... :

      ' kapan bisa ngerasain ngemping disana, ya 😒 ? '

      Waktu libur yang terbatas jadi kendala keinginan itu.
      Semoga ya keinginan ngemping kita bisa terlaksana suatu saat nanti.
      Dan mas Hendi berkesempatan liburan ke deretan pantai-pantai selain pantai Parangtitis.

      Delete
  34. Tiap mau komen slalu takut... soalnya ratusan Terus yang kasih komen.. jdq absen aja ya Mz 😜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cilukbaaa ... πŸ˜‚
      Lah ini ... kak Risna nongol juga akhirnya 😁
      Aku senang loh kak Risna ikut berkomentar.
      Kukomentarin balik artikel kak Risna,ya ..

      Delete
  35. Waduh 102 pantai.. Kayaknya sih setaun juga gabakalan cukup untuk explore semuanya. (Maklum saya kan qerja lembur mulu bagai quda) :D

    Fajarwalker.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah .. pekerja keras ternyata mas Fajar ini.
      Semangat ya,mas πŸ‘Œ
      Ntar kalo udah dapet jatah liburan, puas-puasin diri berlama-lama menjelajah ke 102 pantai disana ...

      Delete
  36. Sempet mbatin, mas nya ngulas pantai di sekitaran jogja terus.. Eh ternyata di gunung kidul aja ada 102 pantai.. Berarti Minimal diblog ini ada 102 postingan pantai sekitar jogja nih..

    Keren mas.. Eksplor terus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya mas Heri beberapakali beruntun aku ngulas pantai di Yogya 😁
      Semoga kesampaian mengeksplore ke 102 pantai keren di Gunung Kidul.

      Mas Heri juga yok .. mengeksplore pantai disana.

      Delete
  37. Aduh aduuh.. banyak sekali itu pantai di Gunung Kidul? Lah terus aku pie menjelajahinya? Aku baru dua pantai yang sudah kusinggahi di Gunung Kidul, :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuahaahaa .. ho'oh lalu piye jelajahi kabeh pantainya ya, kak Eriii .... πŸ˜‚

      Aku juga bingung kayak kak Eri caranya gimana liburan ke 102 pantai yang ada disana .. πŸ€”
      Bolak-balik kesana terus bisa-bisa penduduk disana jadi hafal betul sama kita πŸ˜ƒ

      Nah, kak Eri baru ke 2 pantai.
      Berarti kurang 100 pantai lagi .. πŸ˜…

      Delete
  38. Ternyata.. oh ternyata. Dulu pernah berpikir ada berapa pantai di Gunung Kidul, soalnya setiap nangkring di blog ini mayoritas tulisannya adalah pantai di Gunung Kidul.
    Sekarang, baru terjawab ada 102. Kira-kira yang belum dikunjungi berapa pantai lagi? hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata Oh Ternyataa 🎡 ...
      Buanyaaak banget pantainya ya, kaaak ...
      Bisa 102 artikel tentang pantai semua πŸ˜…

      Seingatku, udah 8 pantai yang kudatangi kesana,kak.
      Cuman sayangnya ngga semua file foto lokasi pantai yang kudatangi masih lengkap, karena sebagian file ikut ngilang di memory card termasuk file foto liburan di Jawa Barat dan Jakarta.

      Kapan ada waktu harus diulangi lagi kesana.

      Delete
    2. 102 pantai di Gunung Kidul, begitu ya judulnya. Hhehehe.
      Masih ada 94 pantai lagi, semangat mantai ya... hahaha.

      Delete
    3. Hahahaa πŸ˜… .. 94 pantai lagi kudu dieksplore, siap-siap kulit jadi gosong eksotis kayak negro.

      Ayook kita mantai barengan yok, kak Qudsi ... biar makin seru liburannya.

      Delete
  39. waduh baru denger lagi nama pantai ini, buannyyaakkk banget pantai yang nylempit nylempit di Jogya. Yang paling sering muncul namanya, ya itu aja yang tau. Selebihnya kudu explore sendiri dgn waktu yang mayan lama, bener yang dibilang mas himawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul,kak Ainun hanya beberapa nama pantai di Gunung Kidul yang sudah sering dikenal namanya karena sudah sering diulas oleh blogger.
      Padahal .. jumlah pantainya mencengangkan dan banyaak banget namanya yang masih asing didengar orang.

      Ya,kak Ainun ... kita kalo mengeksplore kesemua lokasi pantainya perlu waktu yang lama liburan disana.
      Ngga bakalan cukup waktu dateng ke lokasi semuanya πŸ˜“
      #SedihModeOn

      Delete
  40. pantai bisa menenangkan batin palagi kalau pantainya tenang tanpa ombak sangat menginspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul,mas Kadir ... suasana liburan di pantai memang bisa bikin pikiran jadi rileks dan bisa datengin banyak inspirasi.

      Delete
  41. Apaaaaa? 102? Yang pernah saya kunjungi 10 aja belum euiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahahaa ... samaaaa kalo gitu, kak Inna πŸ˜‚
      #MendadakMunculGalauLagiPenginKePantai

      Delete
  42. Buset 102 pantai itu yang kasih nama bingung pasti. Mesti akekahan pake 100 kambing, ngajak miskin hahaha. BTW itu gazebo tepi pantai asik banget, boleh nginep situ ga buat hemat budget? Ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuakaakaakaa ...
      Bisa jadi ada benernya ya, saking banyaknya pantai pemberian nama lokasinya saat itu rada bingunhmg juga πŸ˜…

      Boleh, gazebonya buat nginep.
      Palingan dikenai membayar kebersihan saja.

      Mau tau nama 10 pantai diantara 102 pantai yang ada disana ... ?.
      Pastii banyak orang belum kenal nama-nama berikut dan ini nih nama pantai diantaranya :

      ▪ Pantai Bekah
      ▪ Pantai Celeng Tibo
      ▪ Pantai Ngreslangu
      ▪ Pantai Clungup
      ▪ Pantai Nglimun
      ▪ Pantai Butuh
      ▪ Pantai Jugala
      ▪ Pantai Nungguran
      ▪ Pantai Kepek
      ▪ Pantai Njanganan

      Itu baru 10 nama pantai, lainnya ... waaah sederet kalo disebutin semua 😁

      Delete
  43. wow banyak yaaa.. cantik2 pulaaaa 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,kak πŸ‘Œ
      Dimasukin wishlist liburan kak Asti, yuuk ...
      Ngga bakal nyesel liburan disana hehehe ... 😁

      Delete
  44. Masukin daftar liburan. Harus kuhabiskan 102 pantai itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaaaap niatan kak Lala bakalan mengeksplore ke semua lokasi 102 pantai ... πŸ‘
      Cerita-cerita setelah ntar kesana ya,kak

      Delete
  45. Buset dah di gunung Kidul ada 102 pantainya. Banyak banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fantastiiis jumlah pantainya ya,kak Maulani ... 😁
      Saking banyaknya jadi bingung nentuin ke lokasi pantai mana terlebih dulu yang akan didatengin ..

      Delete
  46. Waaak aku baru tau pantai ini.. Dulu pernah ke sendaren sama krakal kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaaap .. kak Ella udah pernah liburan ke pantai Sadranan dan pantai Krakal.
      Lokasi pantai ini 'kejepit' diantara kedua pantai itu,kak.
      Cakep banget view pantainya, yaa 😁

      Delete
  47. 2 jam jauh juga mas
    tapi sebanding sma pantainya,,,,
    terus ekslporasi pantai selatan terus mas
    nanti lama2 nyambung sampe Malang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe .. semoga terlaksana ya, mas Ikrom 😁
      Pengiiin banget rasanya punya waktu libur kerja lama buat kesampaian menjelajah kesemua pantai dan nyambung ke pantai di Malang.

      Malang juga terkenal pantai-pantainya yang menawan πŸ‘

      Delete
  48. Menakjubkan jumlah pantainya, sampai 102. Saya juga pasti bingung tuh mau pilih yang mana dulu. Untungnya pilihan Mas Himawant tidak mengecewakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁⚘ Terimakasih, kak Sitti.

      Iya nih kak, menakjubkan banget jumlah pantainya, ya.
      Disana masih banyaaak banget nama-nama lokasi pantai yang belum dikenal banyak orang dan diekspos oleh media.

      Delete
  49. Ngeri mas! Ada 102 lokasi pantai dalam satu daerah. Baru tau gue mas. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ..
      Ngeri-ngeri sedap yaaa πŸ˜…
      Jumlah pantainya bikin manaaa tahaaan ngga dijelajahi semuanya ....

      #GatelPenginBangetKesanaLagi 😁

      Delete
  50. waha wah
    banyak sekali pantainya di sana
    jadi daratannya juga sebanyak itu ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daratannya berupa pegunungan, mas Awan.
      Jadi untuk ke satu lokasi pantai ke lokasi pantai yang lainnya melalui jalan naik turun dan tak sedikit lokasi pantainya yang harus ditempuh melalui jalan bebatuan dan blusukan ke ladang.

      Mencengangkan jumlah pantai disana ya, mas ... 😁

      Delete
  51. saya selalu meleleh liat pantai, duduk di pinggir pantai aja berjam2 saya nggak pernah bosan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaa...aaah .. mantap nih artikel lokasi pantai jadi pilihan tepat buat kak Amanda πŸ‘πŸ˜

      Atur jadwal liburan ke deretan pantai-pantai eksotik ini yuk, kak ...
      Ajak keluarga juga buat berfoto-foto dan duduk berlama-lama dipinggiran pantai nikmatin suasana pantai yang memang menyenangkan 😍

      Delete
  52. sekali pandang seolah macam mas berada di Maldives ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wouuw ... 😁
      Surprise bacanya ..

      Semoga kita semua kesampaian liburan ke Maldives ya,kak Anies.
      Amiiiiin πŸ˜‡

      Delete
  53. Menyejukkan hati dan mata keindahan alam Indonesia menjadi incaran dunia ayo terus eksplor keunikan dan keindahan juga keanekaragaman budaya dan kuliner Indonesia yang terkenal dan jadi serbuan orang Eropa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih supportnya, mas Warman ⚘
      Yok kita semua ikut gencar memperkenalkan potensi wisata yang dipunyai negara kita agar makin banyak didatangi turis mancanegara ...

      Delete
  54. JAGUARQQ | DOMINO 99 | POKER | BANDARQ ONLINE
    * Dengan Minimal Deposit : Rp 15.000,-
    * Tersedia 8 Game Dalam 1 User ID
    * Bonus Rollingan 0,5% Setiap minggu
    * Bonus Referal 20% Seumur hidup
    - Kontak Kami -
    PIN BBM : 2AE76E22
    WA : +6281319506846
    LINE : cs jaguarqq
    Website : JaguarQQ
    FB : JaguarQQ
    Twitter : JaguarQQ

    ReplyDelete
  55. Pantai pantai oh pantai...!!! Tidak pernah ada kata bosan melihat pantai, asalakan jangan malam hari, takut. Berharap jadi fulltime blogger ya mas? hehe, sama dong! padahal aku masih nggak konsisten menulis, tapi akan selalu berusaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata kak Ajeng punya keinginan yang sama sepertiku, ingin jadi seorang fulltime travel blogger ☺
      Semoga keinginan kita ini diberikan kemudahan jalan oleh Yang Diatas ya,kak .... Amiiin.

      Kak Ajeng kok takut berada di pantai malam hari kenapa,kak 😁 ?.
      Asik loh kak ngemping disana malam hari ... bisa lihat bintang-bintang di alam terbuka dan paginya ... lihat sunrise .. hehehe

      Delete
  56. Banyak amat ya pantainya kalau semua dikunjungi bisa gempor...gazebonya asik tuh buat santai-santai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haahahahaaa .. beneer mas Dwi .. kalo dikunjungi sekaligus semua pantainya, bisa gempor kaki dan badan πŸ˜…
      Lah, 102 pantai sekaligus ..

      Iya, mas deretan gazebonya nyaman banget buat duduk dan tiduran disana ☺

      Delete
  57. 102 lokasi pantai ?!, kayaknya sebulan g akan cukup buat ngunjungi semuanya. Kalau liat fotonya g ada yang berenang, laut selatan gitu loh, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuups,betuuul ...
      Sebulan tak akan cukup waktu mengeksplore kesemua pantainya,mas Saiful πŸ‘Œ

      Weiits, sebaiknya memang jangan berenang .. hehehe 😁 .., takut kegulung ombak yang gede banget.

      Delete
  58. sesekali buat artikel tentang naik gunung mas, Gunung Andong, gunung Merbabu, atau merapi hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laah .. mas kok hafal betul nama-nama gunung di Jawa-Tengah itu πŸ€” ?.
      Udah sering dengar namanya, ya ?.
      Atau, ketiga nama gunung itu sudah populer di Papua sana, mas ?.

      Pengin sih trekking ke gunung,mas ..., cuman ngga ada barengan teman kesana.
      Sendirian juga khawatir kalo ada apa-apa ngga ada yang nolongin di tengah hutan seperti itu.
      Padahal ketiga gunung itu keren banget pemandangannya ...

      Delete
    2. Saya sudah dua kali ke tempat tempat yang saya sebutkan itu mas,sekali ke merapi, gunung Bromo yang belum ke sampaian, heheh #ayo ke bromo yuk kwkwk

      Delete
  59. Cakep banget ini bayar 10rb udah sekalian bisa menjelajah 8 pantai hihihihi, paket hemat! Mas Hino demen banget ke pantai ya. Coba dong kepengen lihat mas Hino berenang di pantai :D Aku kan suka berenang. Mau de dibahasin tempat berenang yg bagus dan nyaman di Jogja yaaa ditunggu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran paket hemat kan, kak Nurul 😁 ...
      Restribusi tiketnya cuma 10K bisa datengin 8 pantai.
      Itulah salah satu keistimewaan Yogya,kak ..., ngga nguras dompet wisatawan πŸ‘.
      Lagipula, lokasi alam kan memang milik semua penduduk Indonesia ya kak, jadi kalo dipatok mahal buat ngunjunginnya ngga tepat menurutku .. dan kesannya terlalu dikomersialkan, hanya didatangi orang2 tertentu.

      Aku renang di pantai, kak Nurul 😁 ?.
      Ntar ya .. pasti suatu saat aku akan bikin fotonya ..hehehe 😁..
      Untuk itu, aku harus ngulang lagi ke pantai Nglambor karena foto liburan kesana waktu itu foto lokasinya kurang lengkap.

      Baik,kak Nurul terimakasih masukannya.
      Kapan2 aku bikin artikel lokasi berenang ya.

      Delete
  60. mas ke pantai jangan pakai jeans laa, pakai celana pendek gitu, terus nyebur ke laut di siang hari nan terik, kwkwkw....beberapa kali berkunjung kemari dan baca soal pantai selalu pakai jeans,,, semoga saya salah XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuiih .. saluuut ...
      Jeli juga mas Sabda πŸ‘
      Itu tandanya mas Sabda rajin ngikutin baca artikel-artikel saya ☺
      Terimakasih banyak sarannya ya, mas Sabda ⚘

      Saya janji, ntar kapan liburan ke pantai saya akan pakai celana pendek juga celana renang 😁
      Kadang muncul rada malu sih,soalnya badanku ngga bagus.
      Tapi ntar aku cuek aja foto bikin pakai pakaian minim πŸ˜…

      Delete