Monday, June 25, 2018

Keindahan Mushroom Like Sea-Stack Pantai Siung

Ada 1 pemandangan menarik yang kutemui saat berlibur berada di wisata alam pantai Siung, selain melakukan aktivitas liburan seperti pada umumnya yang dilakukan oleh banyak wisatawan saat berada di suatu lokasi pantai, seperti : merasakan sensasi berjalan menyusuri lembutnya bentangan hamparan pasir, membuat suatu replika bentuk bangunan dari gundukan pasir ..., biasanya sih membentuk miniatur bangunan kastil atau bentuk sebuah gunung, dan juga bermain - main di tepian pantainya.

Namun tak jarang juga terlihat wisatawan hanya duduk berlama - lama di atas hamparan tikar atau memilih tidur bermalas - malasan di gazebo sembari menikmati semilir angin laut yang terkadang buat sebagian orang cepat membuat mata menjadi terasa sangat mengantuk, terlebih buat pengunjung yang tiba di lokasi pantai setelah menempuh jarak perjalanan cukup jauh.
Sebenarnya akupun saat itu juga cukup terasa berat mata setelah cukup lama terkena angin laut dan beberapa waktu berada disana ..., mata seperti dilenakan oleh hembusan angin.
Untuk mengatasinya aku mencoba memilih memejamkan mata sesaat di salah satu warung makan diantara deretan beberapa warung yang ditata di area sebelah timur dan ditata tepat menghadap ke arah pantai.

" Ngga apa - apa juga, kan ? ... , pesen menunya cuma 1 porsi nasi goreng seafood dan segelas es jeruk, selanjutnya nundukin kepala di meja dan ... , molor bentaran, eh #' ada 1 jam diiing molornya ..., wkwkwkwk ! "

Setelah dirasa cukup beristirahat menghimpun tenaga dan memejamkan mata sebentar ala ' gratisan ' di warung makan beragam menu olahan seafood yang pemiliknya seorang ibu muda dan bertutur kata ramah dengan aksen bahasa Jawanya yang terdengar medok, khas rata - rata dialek orang yang berasal dari Jawa - Tengah itu, kegiatan liburan menyusuri area pantai kembali kulakukan.


Trip Of Mine
Keindahan panorama pantai Siung

Menyusuri area pantai sebelah barat, jadi pilihanku pertama sebelum berlanjut ke area pantai sebelah timur.
Ketertarikanku menyusuri area pantai sebelah barat terlebih dahulu karena ada 1 pemandangan menarik untuk coba diamati dari dekat ... , dan kebetulan lokasi keberadaan pemandangan terbilang unik dan mencolok itu berada segaris lurus dari akses arah kedatangan dan kepulangan dari pantai Siung.

Batu karang berbentuk cendawan

Di pantai Siung sebelah barat terdapat perbukitan dan sekumpulan bebatuan karang, bentuknya unik dan ukurannya bervariatif, ada yang berukuran sedang juga terdapat batu karang berukuran raksasa, tersebar di bibir pantai yang menjorok ke tengah lautan.


Trip Of Mine
Bebatuan karang berukuran variatif tersebar di pantai Siung

Diantara bebatuan karang yang terkesan seolah berserakan, ada 1 batu karang berukuran cukup besar berbentuk sebuah siung atau gigi taring. 
Dari bentuk batu karang berbentuk sebuah siung inilah penamaan lokasi pantai berasal.


Trip Of Mine
Batu karang berbentuk siung, asal mula penamaan lokasi pantai

Dan ada 1 batu karang yang menarik perhatianku saat pertamakali melihatnya ..., berukuran besar tinggi menjulang sekitar 10 meter dan berwarna putih keemasan.
Bentuk batu karang berukuran raksasa itu sangat unik, menyerupai cendawan atau jamur, disebutnya mushroom like sea - stack.


Trip Of Mine
Batu karang berbentuk jamur, mushroom like sea - stack

Batu karang berbentuk jamur ini merupakan fenomena bentukan alam dan aktif tumbuh meninggi.

Bagian barat pantai Siung, tempat lokasi keberadaan batu karang berbentuk jamur merupakan bentukan secara alamiah oleh gabungan antara bebatuan gunung api purba dan formasi batu kapur Wonosari.
Selisih usia pembentukan gabungan keduanya sangatlah jauh berbeda, diperkirakan sekitar 40 juta tahun lamanya.

Lokasi favorit pecinta panjat tebing

Berkat ketinggian tebing bebatuan karang yang bervariatif dan menantang untuk ditaklukkan, pantai Siung jadi lokasi favorit olah raga panjat tebing oleh para pecinta alam dan wisatawan yang berkeinginan menjajal olah raga ekstrim mencoba melewati spot panjat tebing untuk pemula, tentunya disertai oleh petugas terlatih dari penyedia paket tour panjat tebing.
Terkecuali untuk pemanjat tebing profesional yang punya nyali besar dan ketrampilan mendaki mumpuni tanpa disertai pemandu untuk melewati spot jalur pendakian yang tingkat kesulitannya sangat tinggi dan jika salah perhitungan mengatur langkah, ganasnya ombak samudera Hindia siap menanti dibawahnya ... , nah !.


Trip Of Mine
Bebatuan karang pantai Siung menantang untuk didaki

Kesemuanya terdapat 250 spot panjat tebing dengan tingkat kesulitan didaki yang berbeda - beda. 
Zona panjat tebing terbagi dari blok A sampai dengan K dan untuk pemanjat tebing profesional berada di zona Pancaran Siung dan zona Kuda Laut.
Tercatat pada tahun 2005 pernah diselenggarakan acara Asean Climbing Gathering yang diikuti oleh 65 negara dan diikuti oleh 250 peserta profesional.

Masih di area pantai sebelah barat, aku mendaki dan menelusuri perbukitan yang menghubungkan satu lokasi spot berfoto diatas batu karang ke spot berfoto diatas batu karang yang lain dan melewati jembatan yang terbuat dari susunan bambu.


Trip Of Mine
Akses menuju ke perbukitan ke spot selfie dan ke puncak bukit

Atau juga bisa memilih mengikuti paket wisata yang disediakan pengelola dengan beaya Rp. 25. 000 ,_ untuk berfoto di 8 spot selfie dan di lokasi jembatan gantung.
Untuk memasuki perbukitan, setiap pengunjung dikenai tarif tiket masuk Rp. 30. 000 ,_ dengan bonus berfoto di semua spot selfie dan berfoto di jembatan gantung.

Hasil bidikan kamera dari fotografer yang bertugas disana, ditransfer melalui aplikasi share it ke perangkat gadget.
Di atas bukit sebelah barat ini, tersedia fasilitas pendopo untuk bermalam juga dapat dipergunakan untuk berkemah.


Trip Of Mine
Formasi bebatuan karang dan hamparan pasir putihnya, memikat ditelusuri

Hamparan bebatuan karangnya mendatar dari ujung barat sampai ke ujung timur, membatasi garis batas pasir dan gulungan deburan ombak besar samudera Hindia yang terkenal besar.
Di bagian tengah area pantai, kuamati ada kemiripan struktur bebatuan karang yang terdapat di pantai eksotis Wedi Ombo.



Jadi, hamparan bebatuan karangnya relatif aman digunakan untuk bermain - main air di atasnya.

Setelah berpuas diri bermain - main air dan melihat biota laut yang berada di hamparan batu karang yang berada di area tengah pantai yang berair sangat jernih, selanjutnya kutelusuri area sisi timur pantai.

Di sebelah timur pantai Siung terdapat jalur menuju ke puncak bukit Pengilon yang memiliki pemandangan memesona melihat pantai Watu Lumbung dan pantai Wedi Ombo dari ketinggian puncaknya.
Sebelum tiba di puncak bukit Pengilon, melewati lokasi pantai Banyunibo yang terkenal dengan aliran air terjunnya jatuh ke permukaan air laut.

Rute menuju ke pantai Siung 

Lokasi pantai Siung berada di di deretan pantai eksotis Wonosari. Tepatnya di dusun Duwet, desa Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Untuk menuju ke lokasi pantai Siung dari pusat kota Yogyakarta memerlukan jarak tempuh sekitar 77 kilometer atau membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dengan kondisi jalan yang berliku, naik turun curam dan terdapat jalur yang menyempit.
Dengan rute yang kutempuh menuju kesana : 


Yogyakarta - Wonosari - pertigaan Mulo, lurus - ke arah pantai Baron - pertigaan sebelum pantai Baron, belok ke kiri - melewati deretan pantai Kukup, pantai Sepanjang, pantai Drini, pantai Krakal, pantai Sundak, pantai Indrayanti - lurus mengikuti jalan - pantai Siung.

Lokasi :
Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tiket :
Rp. 5.000,_ + berikut tiket asuransi jasarahaja.
[ Semua info harga tiket sewaktu - waktu dapat berubah ]

Tips berlibur di pantai Siung : 
Menyewa kendaraan di rental jadi solusi terbaik, karena sarana transportasi umum dari terminal Giwangan Yogyakarta hanya tujuan terakhir di Wonosari. Selanjutnya dari Wonosari tidak terdapat sarana angkutan umum melayani tujuan ke lokasi pantai.
Sarana rental kendaraan banyak tersedia di pusat kota Yogyakarta.
▪ Gunakan lotion tabir surya untuk menghindari kulit terkena paparan sinar matahari, jika perlu pergunakan topi dan sunglasses.
▪ Taati peraturan batas bermain air di tepian pantai dengan baik.
▪ Jika ingin berlibur beberapa hari, sebaiknya memesan kamar jauh sebelum hari kedatangan di penginapan yang banyak terdapat di sekitaran pantai.

175 comments:

  1. Replies
    1. Mantaap .. kak Auliasari juga penyuka pantai 👌😁

      Menyenangkan ya berada di pantai,kak.
      Lihat ombak bergulung-gulung dan denger suara pecahan ombaknya bikin adem dan tenang pikiran.

      Delete
    2. Pantai di semenanjung yogyakarta memang menarik untuk diulas, bagus untuk di bahas, batu karang nan elok terkesan membuat pantai siung ini serasa hidup

      Delete
    3. Saya orang jogja tapi belum pernah kemari, jadi malu nih.

      Delete
    4. Owh, jadi panjenengan asalnipun saking Jogja tow, mas Djangkaru ☺ ?.
      Yook sempetin ke pantai ini,mas ...
      Wajib didatengin loh sama orang Yogya ..
      Hehehe 😁

      Delete
    5. enjeh Mas kulo tiang Yogya...mosok lali

      Delete
    6. Owalaaaa .. jadii ..
      Mas Djangkaru ini juga mas admin triknews yaa .. 😁
      Waah mantaap ya punya banyak blog.
      Kereen ... kereen ..keeereeeen 👍

      Menopo sakniki tasih ning Yogya, mas ?

      Delete
    7. Kopdar dah, biar pada kumpul sekalian main bareng..hehe

      Delete
    8. Ya ayoook, aak Andiii .. 😁
      Aku udah lama pengin banget kopdar sama semua blogger, termasuk aak Andi tentunya.
      Kita rame- rame ngetrip bareng 👌

      Delete
  2. Pantai2 sisi selatan Jogja dan selatan Jawa memang gak ada matinya. Indah dan selalu menawan rasa. Ombak besar dan batu2 karang indah menjadi cirinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sependapat,pantai-pantai yang ada di selatan Jawa dan selatan Yogya ini punya keunikan tersendiri dan kesemuanya menarik buat lokasi berlibur sekaligus belajar tentang pengetahuan formasi batu karang.

      Delete
    2. Ombak besar ini yang bikin serem bagi saya.

      Delete
    3. Hati-hati saja disana, mas ... jangan terlalu ketengah bermain ombaknya.

      Di pantai selatan memang terkenal adanya Rip Current = gelombang arus pembunuh misterius, yang kemunculannya secara tiba-tiba atau sulit diprediksi ... timbul akibat kedinamisan cuaca dan laut yang menyebabkan garis pantai,permukaan pantai dan dasar perairan tiba-tiba berubah mendadak.

      Delete
  3. Replies
    1. Super ukuran bebatuan karangnya ☺

      Delete
    2. wahhh biasanya licin begitu ya mas kalau karang gitu, harus menggunakan sepatu yang tidak mudah licin agar selalu aman..

      Delete
    3. Beet....uuul, mas Andrie ...
      Batu karang licin dipijak, terutama saat dalam keadaan basah.
      Jadi ..., harus hati-hati dipijak, yaa.

      Jatuh, salah-salah kulit bisa luka parah karena tergores tajamnya batu karang.

      Delete
  4. seger liat pemandangannya,, aoalagi ada kak himawant jadi model topi dewasa makin caem ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁😊 ... tuuh kaan ...
      Pagi-pagi gini udah dibuat nyengir cengengesan sama kak Vika cantik ...
      Xixiixii .. Terimakasih opininya,kak ⚘

      Delete
    2. hahahahhaaa.. ia sama2 kak himawant, mana lagi nih artikel barunya? Uda gatal pengen ketik2 di artikel baru,, komenin yang pake singlet wkwkkwkw

      Delete
    3. Hahahahaaa ...
      Belum ada lagi stok foto di lokasi pake singlet nih, kak.
      Belum nemu lokasi yang pas buat pakai cuma singlet doang 😅

      Ya,kak ini rada telat posting artikel baru. Maafin ya,kak.

      Delete
    4. yeyeye lallaa,, akhirnya ada postingan baru dan sudah aku leave comment ya kak...

      Delete
    5. 😁⚘Terimakasih, kak Vika.
      Siap kukomen balik artikel kak Vika.
      Tunggu ya,kak ☺

      Delete
  5. Wow cakep ih pantainya
    Karang-karangnya juga unik ya bentuknya
    Btw aku yo ngakak bayangin dirimu numpang tidur di warung mas hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuakakakaaaa .. soalnya ngantuk,kak 😅
      Berat banget mata rasanya.
      Ngga malu-malu langsung molor di warung.
      Malu-maluin sebenarnya yaaa ..
      Xixixi ... 😁

      Yups, pantainya keren dan bebatuan karangnya unik-unik bentuknya.
      Cakep buat lokasi berfoto 😉

      Delete
  6. biru sekali airnya mas, seneng liatnya bawannya langsung mau berenang di sana haha
    terima kasih buat artikelnya yg informatif mas.
    keep sharing! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eiits .. ntar kalo dateng kesana nyeburnya tetep hati-hati ya, kak Liana ... 😃

      Sama-sama, aku juga terimakasih kak Liana udah mampir di artikel ini ⚘

      Delete
    2. haha iya siap mas Himawan :D
      aman hihi

      Delete
    3. Xixixi 😁 ...
      Iya,kak kudu hati-hati ya ...
      Karena ombaknya wow .. gede bingiiits 😅

      Takutnya kak Liana yang cantik keseret ombak ...

      Delete
  7. Wah,,damainya ya,,,,bisa buat melepas gundah, makasih ya informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, mas Dwi ☺
      Betul, lihat pantai rasanya plong .. hilang sudah pikiran menumpuk yang membebani pikiran.

      Delete
  8. Sejak kecil saya suka dengan namanya Pantai, ada sebuah kisah waktu kanak kanak saya pernah dicari cari Orang Tua saya karena menghilang dari pagi tidak pulang 2, tak tahunya saya sedang berada dipantai tepatnya Utara kota Karawang saya sedang melihat ikan bersama seorang pencari ikan. Pada saat itu saya selalu menyukai jenis wisata berhubungan dengan Lautan atau pantai karena jika melihat hilang lah rasa susah. Terimakasi mempesona sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ...ck ckk ckk ... bandeeeel ya kecilnya mas Warman ... bikin ortu kelimpungan nyari-nyari jadinya 😲
      Sekarang udah gede, jangan diulangi lagi ya 😁

      Semoga aku kesampaian liburan ke pantai Karawang tempat mas Warman kecil keasikan nonton aktivitas pencari ikan ... hehehe 😁

      Delete
  9. Menarik... menarik. Batu yang bentuk jamur itu :D

    ReplyDelete
  10. Unik bentuk batu karang fenomena alam ini ya,kak Tuteh ... bisa aktif tumbuh menjulang tinggi.

    ReplyDelete
  11. Baru kali ini dengar nama pantainya. Ternyata adanya di Yogyakarta. Ahhh jadi makin pengen ikutan menikmati spot alami yg instagramable kek gitu. Gpp lah bayar 25 atau 30 ribu demi kepuasan batin berfoto dan juga membantu untuk pengelolaan pantai yg bersih ini. Semoga selalu terjaga ya dgn kesadaran pengunjung yg datang ke sono

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya,kak Febrianty lokasi ini berada di Wonosari, Yogyakarta.
      Atur jadwal berlibur ke pantai-pantai eksotik ini yok, kak ..

      Betul juga sih, ngga apa-apa dikenai beaya 30K untuk berfoto dan merasakan sensasi jembatan gantung ....
      Kapan lagiii ya,kak .. mumpung liburan kesana dan hasil foto-fotonya jadi nambah keren feeds instagram 😁

      Yups,aku setuju dengan kata kak Febrianty ... pantai ini wajib dijaga dengan baik kebersihannya oleh pengunjung.
      Berani membuang sampah sembarangan, wajib dikenai sanksi tegas.

      Delete
  12. keren nich bang tempatnya, traveler sejati sepertinya jalan-jalan ke tempat yang asyik dan keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, mas Maschun 😁⚘
      Hehehe ..

      Delete
    2. kapan-kapan jalan-jalanlah ke jambi bang

      Delete
  13. Keren skali pantainya mas, apalagi ada batu karang yg berbentuk jamur dan msh terus tumbuh lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih pantainya punya fenomena unik dan keren, mas Aris .. 👍

      Yook, mas ke pantai ini dan menulis artikel lokasinya

      Delete
    2. Iya suatu saat nnt pinginnya sih ke Gunungkidul lagi mas.

      Delete
  14. Atraksi di Pantai Siung lengkap ya Mas, selain spot foto menarik karena pemandangan indah, bisa juga panjat tebing. Mungkin kalau berkemah di sini juga menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngemping di atas bukit sebelah timur dan bukit sebelah barat pantai Siung sama menariknya, kak Evi.
      Bisa lihat kemunculan sunrise dan proses sunset yang indah.

      Delete
  15. Berkali-kali merencanakan ke Pantai ini, tapi selalu gagal. Semoga segera dapat terealisasi segera.

    Salam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh ...
      Semoga rencana mas broh selanjutnya travelling ke pantai ini berhasil terlaksana, ngga gagal lagi.
      Amiiiin ... , ikut mendoakan.

      Delete
  16. lah itu tidur 1jam abis makan diwarung makannya ga diusir kang?wkwkwk emang sih klo ngantuk jgn ditahan2 biar rindu si dilan aja yang ditahan 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuakakakaaka .. sebenernya aku malu juga kuceritain pengalamanku molor di warung, kak 😂😊
      Tapi yowiz lah ngga apa-apa kuceritain.
      Untungnya pemilik warungnya tetep ramah dan tersenyum setelah aku terbangun.
      Pesenan makanan cepet2 kuhabisin, bayar dan segera kabur karena tengsin juga ...

      Delete
  17. Saya benar-benar mengamati dengan cermat baru tersebut, dan tampaknya tidak mirip seperti gigi siung. Batu karang berbentuk jamur, tampak lebih menarik.
    Tiket masuknya murah meriah sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kira-kira mirip apa bentuk batu karangnya, mas ?.
      Mirip bawangkah 😁 ?

      Aku juga lebih tertarik mengamati batu karang berbentuk jamur.
      Unik, bisa aktif meninggi.

      Delete
  18. ini masih deretan pantai indrayati
    tapi unik ih bentuknya kayak bawang
    hahaha ada aja bang mpe ketiduran
    yang penting bisa seger pas explore lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, masih di deretan pantai Indrayanti, cuma masih cukup jauh jaraknya.

      Hahahahhaha .. 😂
      Modus, eh #' trik terbaru yaaa .. pesen makan ujungnya numpang tidur ..
      Ngga boleh ditiru loh yuaaaaa 😅 !

      Delete
  19. karang di sisi kiri kanan terlihat bagus dan menantang ya, pantas sempat dijadikan sebagai tempat perlombaan panjat tebing juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, mas Sabda.
      Sebenarnya ada lokasi spot panjat tebing yang buat para pemanjat tebing amatir pasti bikin ciut nyali saat melihatnya ... dibawahnya gulungan ombak besar memecah karang dan cipratan airnya mencapai ketinggian beberapa meter.
      Deg-degan juga aku ngelihatnya..

      Cuma lokasinya ngga kufoto, aku takut kepleset dan kegulung ombak 😅

      Delete
  20. Keren info dan tipsnya. Banyak juga ya ternyata tempat wisata yang masih alami di yogyakarta. Thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, terimakasih juga sudah mampir berkomentar ⚘

      Yups, kak .. di wilayah Yogyakarta banyak pantai yang masih alami.
      Semuanya belum sempat kueksplore saking banyaknya pantai disana.

      Delete
  21. Yang bikin kerennya itu tebing2nya yaaa.. Kalau punya keahlian mah asik banget pasti panjat tebing disana.. Kalau kita-kita mah cukup selfie aja deket karang2nya hihi..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeeeeM ... alias eMang ... 😅

      Kayak kita-kita yang ngga ahli manjat tebing [bisanya manjat pohon jambu ... xixixii 😁] cukup berfoto di dekat batu karang ajaah ...
      Hahahahahaha ...

      Daripada kita kepleset dan nyebur laut kegulung ombak ...
      OhMyGod .., serem abeees .. 😲

      Delete
  22. Batu siungnya bisa dikunjungi ya? Tapi melihat gambar jembatannya kok jadi ngeri, takut jatuh. Hahaha.
    Batu-batunya cantik, sayang saya gak bisa panjat tebing, 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixiixii ... besarin nyali yok kak nglewati jembatan bambu untuk sampai di atas batu siung .. 😁

      Paling-paling jembatan bambunya bunyi krettteg kreteeeg saat dipijak kok, kak ...
      Ntar kalo jatuh, kutolongin .. 😁

      Delete
    2. Mending buat background selfie aja deh daripada kena serangan jantung, hahaha.

      Delete
    3. Hahahaaa ..
      Iya yaaa kalo kena serangan fajar, eh#' serangan jantung malah repot ... rumah sakit lokasinya jauuuuuuuh banget dari pantai ini 😅

      Delete
    4. Biar Fajar yang antar kalau kena serangan jantung, 😁😁

      Delete
    5. Xiixxiii ... 😁
      Jangan akh ... jangan kena serangan jantung,kak

      Kena serangan hujan uang aja 😅

      Delete
  23. Keren yaa ,cerah pantainya bang 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuups, pantainya keren, Idris ...
      Lansekap pantainya melebar dan bebatuan karang bertebaran di sebelah barat.
      Keren buat foto-foto 😁

      Delete
    2. Iyaa, pas bangat buat nambah feed di Instagram lokasinya

      Delete
    3. Yok atur jadwal berlibur kesini, Idris ... , eksplore semua pantai di Gunung Kidul.

      Delete
    4. Sudah pernah eksplore gunung kidul selama 2 hari, jadi mungkin cari destinasi lain saja :)

      Delete
  24. Jujur, saya belum pernah pergi ke pantai, hehe.
    Pantai yang paling deket disini paling di ancol.
    Jadi pengen sekali-kali nyoba pergi ke pantai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar ya mas Manual, eh#'salah .. mas Fikri 😁 ...
      kelak pasti kesampaian liburan ke pantai.

      O,iya mas ...
      Mas kan tinggal di Jakarta ya .. ke pulau Seribu juga deket tuh, pasir pantainya juga putih.

      Aku pernah ke pulau Tidung,pulau Seribu.
      Saat itu aku solo travelling kesana, nekad bermalam di mesjid dekat tempat pelelangan ikan ..
      Wkkwkkk .. 😅
      Saking penginnya berlibur kesana !.

      Delete
  25. Pasir putih...cirinya pantai-pantai gunungkidul ya mas. Saya pas jadi wong jogja ga pernah ke pantai.😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul ciri pantai Gunung Kidul pasirnya putih bersih kayak kapas 😁

      Waah saat kak Diah dulu sempet jadi wong Jogja ... pasti sibuk dengan kuliah ya ?.
      Kumaklumin saat itu kak Diah ngga cukup banyak waktu liburan ke pantai karena lokasi pantai Gunung Kidul cukup jauh dari pusat kota Yogya.

      Ntar ada waktu liburan, ajak anak main ke pantai Gunung Kidul,kak .. keren-keren banget pantainya.

      Delete
  26. Senengnya maen ke Jogja tuh pantainya banyak yang berpasir putih dan banyak yang masih alami, jadi nggak perlu jauh-jauh ke luar negri cukup ke Jogja aja. Hehehe..
    kalau masalah Gunung Kidul sih emang nggak diragukan lagi ya mas pantainya jejer jejer.. kalau maen kesana bisa serempak.. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha .. betuuuul 😅
      Sekali berlibur ke Wonosari Gunung Kidul, kalo diminati dan ngga capek tenaga ...
      beberapa pantai bisa didatengin sekaligus.

      Betul, menurut pendapatku juga begitu ..., ngga perlu jauh-jauh ke luar negri dulu untuk liburan ke pantai.
      Pantai Indonesia tak kalah keren dan banyak pantai yang lebih eksotik dibandingkan dengan pantai di luar negri.

      Pantai Ngrumput salah satunya, sangat eksotik 👍

      Delete
  27. nggak nyangka ini di Jogja, awalnya kukira di luar Pulau Jawa. Bisa banget jadi referensiku kalo mantai di Jogja hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip .. aku senang artikel pantai ini dijadiin referensi liburan kak Fika di Yogyakarta nanti 👌

      Silahkan mampir di artikelku tentang pantai Ngrumput, kak ...
      Semoga bisa buat referensi liburan kak Fika juga.
      Pantainya sangat eksotik, keren banget ...

      Delete
  28. Aku juga bolak balik jogja blm pernah ke pantai ini. Soalnya serem ntar bs ketemu mantan. Haha. Foto2nya keren termasuk modelnya. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixii .. kak Untari bisa ajaa nyenengin aku niih 😁
      Jadi Ge-eR kuadrat 😂

      Hahahahaha ..
      Kok khawatir ketemu mantan sih,kak ?.
      Dah percaya aja .. sang mantan udah ngga sering berada di pantai, sekarang dia lebih suka liburan pergi ke kebun tebu ...
      Hahahaha 😅

      Yoook ke pantai di Jogja, kak ..

      Delete
  29. Kampung ku daerah yang dipenuhi dengan pantai, mungkin boleh dicoba jalan-jalan kesana. Namanya Polewali Mandar.

    ReplyDelete
  30. Terimakasih info lokasi pantainya, mas Mukhsin.
    Menarik tuuh mas banyak pantainya ..

    Lokasinya dimana ya daerah mas Mukhsin tinggal, di Polewali Mandar nya ya, mas ?.
    Info lokasinya bisa buat referensiku dan semua pembaca artikel ini.

    ReplyDelete
  31. di pantai siung ini, hp sony erikson saya k600 rusak terkena air laut..

    pantai yang tidak akan pernah saya lupakan sebagai tempat yang pernah mengubah sejarah hidup saya.. :D

    kakve-santi(dot)blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah 😲 ... kok bisa sih hape kena air laut ?.
      Sayang banget ya, hape mahal jadi rusak padahal niatannya senang2 liburan.
      Lainkali hati2, Affan.

      Delete
  32. Kenapa tempat2 Yang dikunjungi mu selalu instagramable foto2 nya mas wkwkwk. Jadi teracuni Gue mau ke Pantai Siung ini, hayo tanggung jawab loh wkwkwkkw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Racun yang kusebar meracuni dirimu kupertanggungjawabkan, maaas ...
      Hahahhaahaa 😂

      Buat mempertanggungjawabkan racunku, kuajak liburan mantai bareng-bareng yoook ...
      Hehehe 😁

      Delete
  33. Replies
    1. Siung itu julukan nama gigi yang ada di gigi hewan juga di gigi manusia .... kayak gigiku dan gigi mister drakula 😅

      Sekalinya nancep ...
      bisa langsung sobek dagingnya dan ... sakitnya tuuuh disini 🎵
      Wkkkwwkk

      Delete
  34. Wuih asli keren. Gak nyangka kalo Gunung Kidul ada obyek wisata seperti ini. Selama ini taunya daerah tandus dan gersang doang hahahha...ketinggalan.

    Baru tau kalo ada pantai Siung di situ. Dari dulu taunya cuma Parangtritis alias Paris doang. Apalagi jaman masih sekolah, kalo malam taun baru sering ditawarin ke Paris. Tapi gak pernah di iya in. Lha gak demen begadang sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe 😁 .. ngga apa-apa ketinggalan,kak Rina.
      Ntar kapan ada waktu liburan ke pantai Gunung Kidul ya,kak ☺

      Iya sih kak, pantai Parangtritis lebih terkenal nama pantainya di Yogyakarta dibandingkan pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul karena memang lokasi Parangtritis terbilang dekat ditempuh dari pusat kota Yogyakarta dan aksesnya mudah ditempuh.

      Jiaaah .. bagus tuh kak ngga suka begadang, aku juga.
      Ngga baik buat kesehatan jangka panjang kalo suka begadang.

      Delete
  35. gunung kidul ga ada habisnya ya mas dengan pantainya..
    ada saja yang lain, bahkan saya hanya pernah singgah beberapa saja, seperti baron, krakal..
    harusnya dulu lebih sering jalan-jalan saya disana..
    hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe 😁 .. ntar kapan diulangi jalan-jalan ke banyak lokasi pantai di Gunung Kidul ya, bli Eka.

      Disana memang masih banyak pantai -pantai baru yang dijadikan lokasi wisata akhir-akhir ini.
      Sebelumnya tak banyak diekpose banyak orang.

      Delete
  36. Indonesia, tak salah rasanya kalau kita sebut tempat wista terlengkap, ada pantai dan juga berbonus tebing. Bersyukur ya mas kita tiggal di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, kita bersyukur negara kita dianugerahi lokasi pantai-pantai eksotis dan beragam lokasi wisata lainnya juga kebudayaan tiap daerah yang sangat banyak.

      Delete
  37. pantai masih jadi tempat wisata yg sangat populer dan diminati banyak orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pendapatmu, Alian.
      Setiapkali musim liburan tiba .. pantai banyak banget dikunjungi orang dan jadi pilihan lokasi terfavorit liburan keluarga.

      Delete
  38. Pantai Siung memang bagus ya, Mas, ga rugi ke sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul,mas Akhmad pantai Siung memang bagus ... keren buat berlibur.
      Ngga rugi jauh-jauh berlibur menuju kesana yang memerlukan jarak tempuh yang cukup jauh ke lokasinya.

      Delete
  39. Love Pantai Siung, Gunung Kidul banyak pantai indahnya ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Me too, love Siung beach also 😁

      Poooll, mas Adi ...
      Banyak banget pantai indah di Gunung Kidul, kayak surga tersembunyi.
      Semuanya menarik didatangi.

      Delete
  40. Cantik banget pemandangannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih cantik banget pantainya,kak Anisa.
      Keren buat lokasi foto-foto juga.

      Delete
  41. Kalau saya ke pantai nggak bakal diam pasti kemana mana ambil gambar. tiduran doang mah rugi mending nggak jalan jalan. Tapi saya takut kalau naik naik tebing mas..main pasir saja ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁 jangan dipaksain nekad manjat tebing,mas ...
      Apalagi udah takut duluan, bisa ngga pede saat manjat dan jadi terjatuh loh.

      Delete
  42. wih batunya unik ya memang bener bener berbentuk jamur gitu
    thanks bang buat informasi sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama,mas.
      Terimakasih juga udah mampir di artikel pantai berbatu karang unik ini.
      Semoga jadi referensi liburan kelak.

      Delete
  43. Aku ga sempet mampir ke sini pas ke Jogja kemaren, mas Hino. Emang kudu lamaaaaa liburannya, 10 hari gitu yah hihihi. Pantai kayak gini bagus buat foto2 tapi anakku males kalo fotoan panas2, enaknya pagi2 biar ga gosong juga ya. Mungkin di lain kesempatan aku bisa main2 liat batu berbentuk kayak jamur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak Nurul .. kuperhatiin di ig foto-foto liburan kak Nurul sekeluarga di Yogya berada di Mangunan yaa .. 😁

      Semoga lain waktu berkesempatan liburan ke pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul dan berfoto-foto disana, ya.
      Sebaiknya pilih pagi-pagi hari atau pas sore hari buat lihat sunset untuk menghindari panas menyengat.

      10 hari bisa kurang kalo datengin semua lokasi wisata di Yogya, kak.
      Saking banyaknya pilihan lokasinya.

      Delete
  44. Indonesia memang kaya dengan tempat wisata ya mas,bahkan masih banyak lg yg masih belum terlalu familiar seperti pantai siung yg baru saya ketahui lewat artikel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mas Yanto.
      Masih banyak banget lokasi di Indonesia yang punya potensi besar jadi wisata terkenal.
      Sayangnya belum banyak diekspos media.

      Delete
    2. saya awalnya bingung mas kok ada mushroom ternyata memang ada yang mirip cendawan besar di tempat itu ya , cantiknya

      Delete
    3. Jujur, aku sempet ketawa ngikik saat baca notif email ada komentar dari mas Kadir ..

      Begini, mas : secara kan mas ahli masak memasak, gambaranku pasti mas begitu baca judul artikelku ini konekya jamur masakan ... 😁
      Dan bener saja komentar mas yang bilang bingung ...
      Hehehe 😁

      Unik ya batu karangnya,mas.
      Persis bentuk jamur dan bisa aktif meninggi.

      Delete
  45. Pengen banget deh foto dari jembatan kayu itu.
    Kayaknya tepat banget untuk memfoto pemandangan indahnya laut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulan keren berfoto di atas jembatan kayu .. , apalagi difoto dari jarak jauh, kelihatan seperti diapit bebatuan karangnya.

      Yook ke pantai Siung,mas Eko ..

      Delete
  46. Duh.. kalah nih.. saya yang berada dengan jarak waktu 40 menit dari lokasi saja belum pernah kesana, wkwkwkwkw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwwkkkkwwkk ..kok bisa siih 😃 ?
      Kan dah dekeet banget tuh cuma 40 menit dari rumah mas Dirman ...

      Hayoo ...
      Sebagai warga Yogya hukumnya wajib loh liburan ke pantai Gunung Kidul .. xixixi 😁

      Delete
  47. Itu di pantai selatan banyak pantainya yang cakep-cakep ya. Beda dengan pantai utara pulau Jawa. Dan disitu ada 250 spot pantat tebing? Wow banget, bikin nggak bosen nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya,kak Rochma .. deretan pantai selatan cakep-cakep banget pemandangannya.
      Unik ☺ !.

      Ntar kalo kak Rochma manjat tebing tetep kudu hati-hati ya 😃 ...
      Seperti pada umumnya batu karang runcing dan tajam permukaan bebatuannya, meski begitu tetep keren banget buat foto-foto.

      Delete
  48. Ya ampun pantai di Gunung Kidul banyaknyaaa. Jadi mending rental mobil terus dipuas-puasin eksplor pantainya yaaa..

    Mas, btw, apa kacamata bacaku perlu ganti atau tulisan di blog ini jadi mengecil ya? #seriusnanya :D

    ReplyDelete
  49. Oh,maaf kak Dian ...
    Artikel ini terlanjur kutulis pakai huruf ukuran normal, semestinya gunain ukuran large,ya ..jadi terbaca dengan jelas.
    Ngga ada salah dengan kacamata baca kak Dian,kok 😁

    Betuuul, lebih baik rental mobil untuk ke lokasi pantai-pantai di Gunung Kidul,kak.
    Itu sehari saja belum tentu cukup waktu buat mampir ke semua pantai yang ada disana, kak ....
    Saking banyaknya pantai dan semuanya keren-keren, asik buat liburan 👍

    ReplyDelete
  50. Indah banget nih pemandangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,mas Hendi.
      Salah satu pantai indah dari kesemua pantai di Gunung Kidul yang memang menawan.

      Delete
  51. Batu karang berbentuk jamurnya kenapa bisa meninggi ya mas? ada penjelasan logisnya ndak kira-kira?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut informasi yang kudapatkan dari penjelasan tentang mushroom like sea-stack, pertumbuhan aktif meninggi dikarenakan pergerakan lempengan batu karang dibawah lapisan tanah.
      Dan uniknya batu karang berbentuk jamur ini merupakan gabungan batuan karang dari jaman gunung api purba dan dari sedimen batuan kapur baru khas daerah Wonosari, bli Eka.

      Delete
  52. Pantai di daerah Gunungkidul memang cantik-cantik. Saya belum pernah ke sini nih. Tapi saya nggak mau panjat tebingnya, ah. Cukup jalan-jalan di pantainya saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi .. takut manjat tebingnya ya,kak Dyah 😁 ?.

      Iya sih kak, kalo ngga yakin mampu jajal manjat tebingnya lebih baik jangan dilakukan daripada ntar malah jadi jatuh kepeleset kena tajamnya batu karang, atau malah .. kecebur kegulung ombak.
      Howaaa .. sereem 😲

      Jalan-jalan cakep sambil foto-fotoan aja ...
      Hehehe 😁

      Delete
  53. batu karang yang terbentuk sangat uniki mas
    tapi hati2 jika berteduh di bawahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuat dan tangguh batu karangnya kok, mas Tomo.
      Sekuat batinku ... haaiiiissh apaan sih .. hahaha 😂

      Delete
  54. Kalau ada kuliner jamur-nya makin mantap ni..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya di pantai Gunung Kidul ngga ada kuliner jamur,mas.
      Yang ada jamur karang ini 😁

      Delete
  55. Tadi aku mikirnya siung itu bawang putih :p. Ternyata mksdnya gigi taring yaaa. Pantesan ga ada miripnya ama bawang :p

    Nah kalo yg jamur baru deh memang mirip. Bisaaa ya batunya terbentuk secara alami gitu. . Kuasa Tuhan.

    Jadi ini lokasinya sepang pantai gunkid ya mas. . Ga abis2 itu pantai di sana :). Adaaaa aja pabtai baru kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh, kak Fanny tau istilah siung dari bawang ..
      Kupikir kak Fanny ngga paham bahasa Jawa, loh.
      Rata-rata orang Jawa-Tengah menyebut satuan bawang memang menyebutnya siung ☺

      Betul, kak ... Kuasa Tuhan luar biasa ya, batu karang bisa bener-bener mirip bentuk sama sebuah jamur.

      Ya,kak Fanny pantai Siung ini salah satu pantai eksotik yang berada di Gunung Kidul.
      Buanyaaak banget pantainya ...

      Delete
  56. pantai oh pantaiiii, selalu mempesonaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh ... indahnya pantaiiii ...
      Keindahannya selalu membuat terpesona siapapun yang datang kesana ... ☺

      Delete
  57. Batu karangnya keren pakai bgt hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe luar biasa keren yaa 😁
      Bisa menyerupai jamur.
      Berukuran raksasa pula !

      Delete
  58. Laaahh dia malah molor beneran hahaha. Emang enak sih kalo kena angin pantai yang sejuk, apalagi ada suara ombak.
    BTW itu batu karang segede-gede gitu, kenapa bisa nyasar di pantai yah. Ntar emak bapaknya nyariin itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buaa...hahahah... hahaa ..
      Abisnya berat mata, maaas 😂
      Daripada ngantuk maksa jalan-jalan dipinggir pantai ... eh kecemplung kegulung ombak gegara ngantuk ..
      Buang urat malu buat molor bentaran di warung 😅

      Iya tuuuh ...
      Kemarin emak bapaknya si batu karang udah bikin pengumuman mencari-cari anaknya ada dimana ....
      Eeeh, ngga taunya ... lagi asik nangkring mejeng di pinggir pantai 🤣

      Delete
  59. pantai yang unik yaa. ada tempat bisa buat memotret pantai ini dari ketinggian? jadi penasaran sama lokasinya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, unik pantainya, kak Endah 👍
      Ada lokasi buat motret dari ketinggian disana.. batu-batu karang bisa dipanjat buat mengambil foto.

      Kapan ada waktu liburan ke pantai ini ya,kak ☺

      Delete
  60. Gunung Kidul memang selalu memberikan pantai yang indah-indah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, kak Eri.
      Tak satupun pantai disana yang tidak indah.
      Semua pantainya unik - unik dan tak sedikit yang tampilan pantainya terkesan sangat eksotik.

      Delete
  61. Nemu aja tempat2 keren mas hima ini 😂😂 kan jadi pengen.. Apalagi pantai yg selalu minta dirindukan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁 ayook kesini juga,kak Anggun.
      Kita mantai rame-rame di pantai keren satu ini.

      Delete
  62. Jembatan di atas batu karang itu sangat indah. Sangat pas untuk menikmati semilir angin laut yang berhembus kencang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,betul, mas Donda.
      Selain pas buat nikmatin semilir angin juga ngerasain sensasi nglewati jembatan bambu ..

      Delete
  63. Cantik pantainya. Sepi gitu ya sehari2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat aku kesini pas weekday,kak Reezumi ..., jadi lokasi pantainya ngga gitu banyak pengunjung.

      Pasti berbeda saat weekend dan libur nasional .., pengunjung tumpah ruah kayak cendol 😁

      Delete
  64. saya memang tidak tahan kena pancaran matahari mas..

    wajib guna losyen tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, pakcik Hanafi, liburan di pantai kita wajib menggunakan lotion tabir surya, baik untuk kulit normal ataupun kulit sensitif.

      Delete
  65. wah, seru banget keliatannya
    foto2nya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, mas Arif.
      Yok, kapan mas Arif ada waktu liburan ke pantai ini juga,mas.

      Delete
  66. Meski posisinya berada di gunung kidul namun nuansanya selalu membawa jiwa menjadi tenang...Terlebih obyek batu karang berbentuk jamur..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuuu .. mas Satria yang terkenal sama julukan cowok misterius ... heheehe 😁 ...
      Begitulah bawaan nuansa yang ada di Gunung Kidul, jiwa kita terasa tenang dan senang setelah liburan dari sana ☺

      Delete
  67. Anak pantai banget ya, Mas..keren traveling mulu bikin pembaca baper haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuakakakaa .. kak Muyassaroh bisa aja niiih ... 😅
      Biar ngga baper, ayook liburan bareng-bareng, kak ..
      Ntar kita semua kan jadi hepi ..

      Delete
  68. Oooh iki di Jogja toh, kupikir dimana gitu..
    btw, hati2 mas foto di tebing, kemaren ada wisatawan yang mati foto djatuh dari tebing gegara pengen eksis banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh iki ning Jogja, mbakyu Amanda 😁
      Apik yow pantainya ..., unik ada batu karang berbentuk jamur.

      Astagaa .. kok serem banget kejadian itu, kak !.
      Semoga kejadian seperti itu dijauhkan dari kita ya,kak.
      Kita tetep kudu waspada dimanapun berada.

      Delete
  69. Itu batu karangnya gede amat yak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaak ... ,mas Mirwan 😁
      Diprediksi ukurannya akan masih bisa bertambah tinggi dan besaaar.

      Delete
  70. Itu batunya mirip yang ada diBali, yang di bedugul tana lot kalo ga salah hehe tapi yang dibali lebih besar seperti bukit, pantai emang cocok buat ilangin penat dan stress

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanah Lot ya,mas ..
      Iya,betul rada-rada ada kemiripan bentuk ya dan betul juga batu karang di Tanah Lot lebih besar ukurannya.

      Sependapat,mas Harman.
      Suasana pantai bikin pikiran jadi rileks ... dengerin deburan ombak dan bermain-main air di pinggiran pantai mampu ngilangin suntuk.

      Delete
  71. ehiya itu mirip ama jamur bentuk batunya
    untuk masuk perbukitan masih dikenai biaya lagi ya, wow mayan juga tarifnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kak Ainun batu karangnya mirip sama bentuk jamur.

      Menurutku juga begitu,kak ... tarifnya lumayan mahal juga memasuki perbukitan dan melewati jembatan gantung.
      Semestinya cukup dengan 10K saja, masih terjangkau buat semua kalangan.

      Delete
  72. siapa coba yang nggak suka pantai..
    Favorit banget buat mood booster.. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuups... nyaris sebagian orang pasti suka liburan ke pantai.
      Pantai paling cocok buat ningkatin mood booster 👍

      Delete
  73. Dari Wonosari ga ada kendaraan ya susah juga ya. Mendingan kalau punya mobil pribadi ya enak. Yang ga ada gimana tuh? Hehehe. Masuk ke sini cuma bayar 5rb udah termasuk asuransi Jiwa Raharja, muraaah banget ya. Itu ada tempat selfie juga ke arah bukit ya. Bisa jajal panjat tebing pemula juga. eh bisa molor juga bentarrr wkwkwkw 1 jam mah lumayan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuakaakakakaa .. 😂
      Kak Nurul jangan pernah ikut-ikutan molor di warung kayak aku,yaaa ...
      Untung pemilik warungnya baik,ramah pula orangnya.
      Kalo galak ..., udah deh pasti dibentak disuruh bangun, bayar dan ... segera diusir ...
      Wuakakaakaka !!

      Saranku, ntar suatu saat kak Nurul dan keluarga liburan ke daerah Wonosari ini sebaiknya menyewa kendaraan di rental, seandainya ngga bawa kendaraan pribadi.
      Banyak sekali tempat rental di pusat kota Jogja,kak.
      Tarifnya murah, mulai dari 150K buat seharian.

      Recommended banget pantainya ya ... udah pemandangannya kece, tiketnya murmer,ada fasilitas spot selfie diatas batu karang pula .., juaraaaak 😁👍

      Delete
  74. Wah nggak takut nggak ada yang motoin ya, Mas, kalaupun berjalan-jalan sendiri karena sudah ada petugas yang bagian motret. Asyik...

    Biasanya hal ini yang orang-orang masa kini pikirkan, takut nggak ada yang motoin, padahal kan kita bisa minta tolong ke orang sekitar ya mas sekalian beramah tamah. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naah itu dia ... 👌 !
      Benar apa kata kak Ajeng, banyak orang punya rasa kekhawatiran ngga ada yang motretin saat travelling sendirian.
      Sayang juga kan, kalo udah jauh-jauh datang ke lokasi liburan ... ngga ada kenang-kenangan dokumentasi foto liburan di lokasi.

      Untungnya, di pantai ini ada jasa photographer, jadi kekhawatiran itu ngga ada lagi.

      Satu-satunya cara dan alat yang membantu kegiatan solo travelling kita yaitu gunain tripod,kak.
      Atau juga minta bantuan ke sesama traveller di lokasi, meski kadang hasil fotonya tidak maksimal seperti yang kita harapkan.

      Delete
    2. Nah, itu juga kehawatiran bagi pemburu spot-spot instagenic di tempat wisata, kalau foto minta tolong ke orang lewat, hasilnya belum tentu sesuai keinginan. hehe

      huhu selama iini sih saya masih pakai kamera hp mas, tapi its okay lah ya, nabung dulu supaya punya kamera beneran plus tripotnya. asik

      Delete
    3. Amiiin ... , aku ikut doakan agar kak Ajeng kelaksana beli peralatan kamera dan tripod buat bekal solo travelling.
      Sabar ya,kak dan ... semangaaat 👍

      Delete
  75. Pantai dan kebebasan memandang. Orang yang suka pantai adalah orang yang tidak suka dikekang dengan sederet tete bengek dan aturan yang kaku benar apa ngak si mas hehehe, hasil dari membaca mas Himawan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuiiih .. mantap perkiraannya 😁
      Jangan-jangan mas Martin ini seorang penganalisa mumpuni nih .. he he he ..

      Di pantai pikiran kita rasanya plong banget ... , langsung hilang suntuknya 😁

      Delete