Sunday, June 17, 2018

Ayana : Spot Selfie Stylist, Instagramable Banget

Gedong Songo, komplek candi Hindu yang terletak berada di gunung Ungaran, kabupaten Semarang yang terkenal memiliki jumlah 9 candi berukuran kecil yang tersebar diluasnya area lahan dan untuk menuju ke satu candi dan ke candi berikutnya harus ditempuh dengan trekking atau memilih berkuda, jadi lokasi pilihan berliburku bersama keluarga mengisi liburan panjang Lebaran dan liburan sekolah kali ini.

Salah satu alasan mereka memilih berlibur ke Gedong Songo karena dikompleknya terdapat kolam sumber mata air belerang dan ... , karena terpengaruh cerita pengalamanku pernah berlibur kesana beberapa bulan yang lalu yang saat itu kebetulan liburan tanpa bareng mereka. 
Saat itu kuceritakan tentang bagaimana keseruanku menjelajahi naik turun rute jalan setapak untuk tiba keseluruh lokasi kesemua candinya dan bisa berendam di kolam air panas belerang yang berada di antara candi ke IV dan candi ke V.
Karena terpengaruh cerita seru liburanku itulah, akhirnya mereka memilih liburan bersama ke Gedong Songo kali ini dan ... , sstttt jadilah aku tour guide dadakan buat mereka ... , wkwkwkk.


"Lokasi wisata kekinian baru yang kami temukan, tanpa kami pernah dengar infonya lebih dulu ..."

Kami tiba di lokasi Gedong Songo tepat pukul 08.00 pagi, berbarengan dengan kedatangan sejumlah wisatawan lain dari banyak kota, dilihat dari plat nomor mobil kendaraan mereka dan turis mancanegara, terlihat cukup banyak memenuhi area parkir dan antrian penjualan loket tiket masuk.
Setelah memasuki gerbang pemeriksaan loket, kami menuju ke arah petunjuk lokasi keberadaan candi ke 1 melalui jalan setapak yang dikitari taman tertata rapi dan apik dilihat.

Saat kami mulai melalui jalan setapak menuju ke candi 1 inilah dari kejauhan tampak beberapa balon udara berwarna - warni, tampak seperti melayang di udara.
Celyn, ponakanku kelas 1 SD yang langsung teriak senang lihat balon udara itu dan namanya juga bocah kecil, pasti langsung merengek minta segera kesana ... , tapi kami tak langsung penuhi keinginannya dan beruntungnya dia tak rewel setelah kami bujuk untuk melanjutkan trekking ke semua lokasi candi dan rencana semula untuk berendam di kolam air panas belerang terlebih dahulu.

Sejak awal kuceritakan tentang Gedong Songo, Celyn memang paling terlihat antusias tentang kolam panas air belerang dan nyaris setiap kali bertemu denganku, selalu mengulang pertanyaan tentang gimana rasanya mandi di kolam air panas, sambil diceritakan ulang begitu dia terlihat sibuk memperagakan gaya berenangnya yang akan dia lakukan nanti berada di kolam mandi.
Mungkin karena itulah, akhirnya Celyn mau melanjutkan mengitari ke seluruh area komplek candi Gedong Songo ... , bersedia menahan keinginan mendadaknya melihat balon udara dari dekat teralihkan.

Sesampai di lokasi kolam air panas kami menyesal karena ternyata saat itu air kolamnya yang terlihat dari jalan setapak diatasnya, tidak memenuhi permukaan kolam, hanya separuh batas kolam.
Dan tambah kecewa kembali, ternyata kolam air panas dibuka jam 12 siang seperti penjelasan salah staff disana.

Untuk mengobati kekecewaan menunggu waktu sangat lama, kami berfoto di dekat lokasi kawah yang berada di depan kolam air panas dan mencoba menyentuh aliran mata air kawah ... , ternyata aliran airnya saat itu tidak panas seperti saat dulu aku ke Gedong Songo ini ... , air belerangnya dingin. Sedingin air es malah !, padahal aktivitas kawah belerang terus aktif mengeluarkan asap gas menyembur dan membumbung tinggi ke udara, menciptakan asap tebal menutupi pemandangan sekitarnya.

Aneh ?, buatku tak begitu karena dulu saat aku kesana pernah dijelaskan oleh petugas kolam kalau kolam belerang ini memiliki sifat unik ... , terkadang airnya terasa sangat panas, dingin juga kadang terasa sangat dingin.
Tampilan warna airnya pun tak kalah mengejutkan, bisa berubah warna dalam waktu tertentu ..., kadang keabubiruan, bening bahkan hitam pekat.

Batal berendam dan berenang di kolam air panas, kami melanjutkan perjalanan melalui jalan setapak melingkar ke lokasi candi ke IV dan candi ke V yang rutenya cukup menguras tenaga.
Setelahnya kami menyusuri jalan setapak yang jauh untuk sampai tiba di lokasi candi ke I dan lokasi keberadaan balon warna - warni yang terlihat di awal kedatangan tadi, melewati jalan setapak naik turun dan di kanan kirinya tumbuh subur pepohonan hutan.

Trip Of Mine
Spot teras spot selfie Ayana

Setelah trekking menyehatkan itu, meski cukup menguras energi dan mengobati rasa kecewa gagal berendam di kolam air panas belerang, kami memutuskan memasuki area wisata kekinian spot selfie Ayana, yang ternyata lokasinya setelah didekati memang benar sangat apik untuk lokasi berfoto.


Trip Of Mine
Celyn gaya ya posenya ...

Areanya dilengkapi bangunan asimetris yang berfungsi sebagai loket tiket memasuki area.


Trip Of Mine
Bersantai selonjoran di ayunan kursi gantung, duh jadi ngantuk ...

Dan tak kurang dari 15 bangunan unik menyerupai sebuah rumah Eskimo, Iglo ... , namun dibuat terbuka dan tersusun dari rangkaian besi baja. Disusun berundak mengikuti kontur lahan pegunungan.
Uniknya, di setiap bangunan bagian dalamnya dihiasi karpet rumput imitasi dan dihiasi bantal berjumlah banyak untuk property berfoto dan setiap bangunan dihiasi bantal berbeda tokoh kartun.

Trip Of Mine
Spot sofa apung

Di sudut area yang terkesan seperti berada di tepian sebuah ketinggian, berderet spot selfie sofa melingkar yang dikelingi susunan rangka besi baja, spot lengkungan seng baja menyerupai potongan sebuah cincin, spot meja kursi terbuat dari baja yang dikitari bebungaan, spot hammock ... , kesemuanya diposisikan di atas kolam air dan untuk berada diatasnya harus melalui pijakan yang dibuat lebih tinggi, terkesan mengapung di permukaan air kolamnya.


Trip Of Mine
Serasa mengambang di atas permukaan air kolam

Tak hanya itu, ruangan teras yang apik dan fotogenik melengkapi lokasi berfoto berlatar belakang pemandangan pegunungan dari kejauhan, jika cuaca sedang sangat cerah tak tertutup awan, bukan hanya gunung Telomoyo yang tampak tapi juga jejeran gunung Merbabu dan perbukitan sekitarnya tampak indah di foto melengkapi bingkai hasil bidikan kamera.


Trip Of Mine
Bunganya buat siapa, sih ?

Konsep area kerennya dilengkapi dengan bentuk spot - spot selfie yang tampak seperti liburan berada di resort berkelas di luar negeri.


Trip Of Mine
Bangunan asimetrisnya memikat mata

Lokasi wisata kekinian spot selfie Ayana yang terkesan stylist ini berada di dalam komplek candi Gedong Songo, tepatnya didirikan berdekatan dengan jalur lokasi candi Gedong Songo ke I.
Menempati lahan di sudut area dan berkonsep taman hiburan outdoor, jadi saat berada di dalam areanya pandangan mata kita dapat melihat bentangan alam 360°. 
Saat mengarah ke depan, gunung Telomoyo terlihat menjulang tinggi di kejauhan dan saat kita berbalik arah, puncak gunung Ungaran dan candi Gedong Songo ke 1 terlihat berdiri dengan memikat di antara rimbunnya pepohonan.


Trip Of Mine
Bubble tent dan spot selfie kekinian Ayana

Kami tak melewatkan satu spot selfie pun berfoto disana, semua spot terlihat tampak wajib dijadikan lokasi berfoto karena keunikannya, meski kadang rela antri cukup panjang bergiliran berfoto dengan pengunjung lain.
Ada satu pengunjung dari negara lain karena entah saking semangatnya berfoto di spot hammock atau karena ketidakkeseimbangannya menjaga gerak tubuh saat duduk berpose diatasnya .., duduk terjungkal dari atas hammock ke kolam bawahnya, jadinya insiden itu membuat pengunjung lain sontak kaget mendengar teriakannya dan sebagian pengunjung ikut geli melihat kejadian tak terduga itu ..., pakaian wanita cukup umur itu jadi basah semua dan terlihat segera berlalu ke ruang ganti ditemani oleh salah satu teman rombongannya.


Trip Of Mine
Balon beraneka warna Ayana

Keberadaan lokasi area spot Selfie Ayana ini, belum pernah kami dengar info sebelumnya, bahkan saat dulu aku liburan ke Gedong Songo ini proses pelaksanaan pembangunannya juga tak terlihat.
Adanya wisata kekinian spot selfie Ayana bergaya modern, kini melengkapi lokasi liburan wisata budaya dan wisata alam di Gedong Songo yang memang sangat apik pemandangannya.

Lokasi :
Krajan, Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang.

Tiket :
• Masuk ke komplek candi Gedong Songo Rp. 10. 000 ,_ / wisatawan domestik dan Rp. 75. 000 ,_ / wisatawan mancanegara
• Masuk ke area spot selfie Ayana Rp. 15. 000,_ / orang 
• Berfoto di Bubble Tent berukuran besar Rp. 15. 000 ,_ .
Dapat digunakan untuk berfoto bersama maximal 3 orang, dengan batas pemakaian spot waktu 3 menit.
• Berfoto di Bubble Tent berukuran kecil Rp. 10. 000 ,_ .
Dapat digunakan untuk berfoto bersama maximal 5 orang, dengan batas pemakaian spot waktu 2 menit.
[ semua informasi harga tiket dan kondisi sewaktu - waktu dapat berubah ]

Jam operasional : 
08.00 - 17.00

Tips berlibur ke candi Gedong Songo dan spot selfie Ayana :
• Pastikan fungsi kendaraan berjalan dengan baik, beberapa meter setelah memasuki gerbang besar bertuliskan Gedong Songo di pinggir jalan utama, melewati tikungan tajam dan mendaki.
•  Ke dan dari candi Gedong Songo tak ada sarana transportasi umum beroperasional, angkutan umum hanya terdapat di jalan utama. Sarana angkutan online bisa jadi pilihan untuk menuju dan sekembali dari lokasi liburan.


195 comments:

  1. 😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁 terimakasih, mbak Gladi ⚘

      Delete
    2. Saya jadi ingin photo-photo disana.

      Delete
    3. Yok, mas Djangkaru atur jadwal berlibur ke Gedong Songo sekalian mampir ke Ayana.

      Delete
    4. Kemaren rencananya mau kesini Ayana : Spot Selfie Stylist Mas, tapi karna bujukan rayuan janda beranak satu eeh ternyata malah nyasar ke Morosari Sayung Mas, sampean dah lihat kan ?

      Delete
  2. Tempatnya unik dan menarik banget ya. Udah gitu harga untuk wisatawan lokal cuma 10.000, berbanding jauh sama wisatawan asing, baguslah. Harus berkuda ya, untuk menuju candi satu ke candi yang lainnya?! Seru pasti nih ya. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439H, mohon maaf lahir dan bathin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,selisih harga tiket untuk pengunjung lokal dan turis mancanegara jauh juga,mas Hendra.
      Tapi buat turis mancanegara yang datang dari Eropa masih terbilang cukup murah harga tiket segitu, ya.

      Ke satu candi ke candi lainnya bisa berkuda juga bisa trekking,mas .. meski rada ngos2an .. 😁

      Selamat merayakan hari Lebaran,mas Hendra Suhendra.

      Delete
  3. lhoo..jadi air panas belerangnya kadang bisa berubah dingin ya mas, padahal kalau menurut cerita warga setempat, air bak disitu konon akan selalu terasa panas,

    mungkin karna faktor alam ya...?

    Minal Aidzin walaidzin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unik banget kan sifat air panas belerang di komplek ini 😁 ?.
      Bisa berubah2 warna juga temperaturnya.
      Bisa jadi karena gunung Ungaran merupakan gunung api purba sangat tua, hanya menyisakan aliran kawah tak begitu aktif.

      Selamat merayakan hari Lebaran, mas admin Triknews.

      Delete
  4. Wah keren banget ya buat foto" juga keren :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setting area spotnya kayak di luar negeri, daerah pantai di Florida.
      Keren banget ya, Mayuf ...
      Tampil beda dengan spot selfie gardu pandang yang ada selama ini.

      Delete
  5. Kren banyak spot untuk foto, cocok buat tempat anak muda rekreasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,mas Roli.
      Areanya tampil beda buat bikin foto-foto.
      Waktu aku kesana, ngga cuma anak muda yang antri berfoto tapi juga kalangan usia cukup umur bergantian berfoto di semua spot yang unik-unik.

      Delete
  6. wah, latar belakangnya itu lo..

    kemarin2 berkunjung ke alam, sekarang ke objek buatan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren ya latar belakangnya, Affan ... apalagi pas deretan gunung kelihatan semuanya.
      Cakep banget viewnya.

      Hehehe 😁
      Besok kira-kira berkunjung ke mana setelah obyek buatan dan ke alam ?.
      Yook, travelling kesini, Affan ..

      Delete
  7. mas, itu bunganya mau dikasi ke kursi kosong ya? ehheheeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh #' ... wuaakakkaaka .. 😅
      Abisnya ngga ada orang duduk disitu sih, kak Zefy ..

      Delete
  8. ini keren banget tempatnyua, tapi kok tarifnya di pisah2 gitu ya. sha lebih seneng yg sekali bayar tp bebas mau ngapain dan foto dimana aja :D

    selintas pikiran sha pas liat apel merah; kayak snow white. Tapi ini versi cowok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuakakakakaa ... kak Sha bisa aja bikin ngakak baca komentarnya 😂
      Sssttt ...
      Ini bukan Snow White,
      tapi karena kulitku coklat jadinya ... Snow Brown .. hahahaha 😂 !

      Iya ya kak kalo tiketnya all include,bisa jadi semua pengunjung lebih suka.
      Tanpa perlu membayar terpisah gunain perspotnya.

      Delete
  9. Suwer, saya salut sama ente kang... semua liputannya original. best posting... bay the way, saya belum penah nyampe ke Gedong Songo, semoga kapan-kapan bisa berwisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak apresiasinya, kang Oim ⚘.
      Saya hanya berusaha menulis sebaik mungkin setiap artikel agar bisa mudah diterima dan mudah dibaca buat semua pembaca, termasuk untuk kang Oim.

      Aku ikut doakan kelak kang Oim berkesempatan liburan ke Gedong Songo, ada kemudahan kesananya.

      Delete
  10. Wahh murah banget tempat wisatanya mas, makasih telah meriew tempatnya bisa jadi tempat photo-photo dan wisata keluarga tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, aku juga berterimakasih artikelku ini bermanfaat untuk mas Chandra dan keluarga,juga buat semua pembaca kelak berlibur disana.

      Delete
  11. Yaampun bagus banget, ini mah gagal fokus sendiri bacanya hehe.. Tapi lumayan ya tarif nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. minum dulu biar ngga gagal fokus yuk,kak Bella 😁
      Iya nih kak areanya bagus buat bikin foto-foto nambah feeds instagram.

      Kalo dilihat tiket masuk + berfoto di bubble tent [balon udara] lumayan juga ya tiketnya.
      Solusinya, sharing sama temen-temen berfoto di bubble tentnya ☺

      Delete
  12. Air belerangnya unik. Jarang ditemukan air belerang dingin, mungkin sensasinya luar biasa. Tapi air belerang panas lebih mengasyikkan untuk berendam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal liburanku ke Gedong Songo dan berendam di kolam air panas belerang juga kaget dijelasin oleh petugas disana kalo warna air dan temperatur air bisa berubah-ubah,mas ...
      Dalam hati sempet berpikir apa iya sih begitu adanya ?.

      Nah, saat sekalian liburan ke Ayana ini .. penjelesan petugas saat itu terbukti benar adanya.
      Air berubah jadi sangat dingin, padahal kawah didekatnya terus menyembur mengeluarkan asap membumbung tinggi dan terus bersuara berdesis gemuruh.
      Ajaib !

      Delete
  13. Ini kalau aku dateng sama pacar bayarnya beda gitu? Aku masuknya domestik dan dia internasional? Haduh... hahaha. But anyway, tempatnya keren sekali. Cocok buat yang suka selfie, apalagi sofa apungnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciiie .. ciie .. ciee 😉 ..
      Akhirnya kak Indie 'curhat'kalo si doi asalnya dari International 😁

      Iya,kalo kak Indie dan pacar kesana, dikenai harga tiket domestik dan tiket turis mancanegara yang terpaut jauh selisihnya.

      Ajakin doi ke lokasi ini,kak.
      Sekalian liburan belajar tentang sejarah ☺

      Delete
  14. serba bayar nih cuma untuk spot selfie ya mas
    u/ mancanegara mahal yo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe .. bisa kok sebenernya ngga masuk area buat berfoto di spot-spot selfienya 😁
      Tapi ... dari kejauhan,mas ..karena lokasinya berada di bawah jalur setapak dan ngga berpagar rapat.

      Dan, di sepanjang kawat pagar pembatas ada beberapa tulisan berukuran besar ' Area ini diawasi CCTV, siapapun yang masuk tanpa membeli tiket akan dilaporkan ke pihak berwajib '.
      Nah 😁 !

      Iya,mas Awan.
      Selisih harga tiket untuk turis mancanegara mahal juga ya.
      Aku juga kaget saat lihat pertamakali datang kesana.

      Delete
    2. wah berarti sudah canggih nih
      ada pengawas sepanjang masa atau cctv di lokasi

      Delete
    3. 😁 iya,mas Awan.
      Area ini dipasangi banyak CCTV.
      Pengunjung berani nekad nerobos pagar pembatas yang tak rapat bisa .. tercyduks ... wuakakakaka 😅

      Delete
    4. hehe...
      ada rugi dan ada untungnya juga jika ada cctv mas
      tapi lebih banyak untungnya

      Delete
  15. Sekarang udah banyak banget spot-nya ya mas. Perasaan dulu masih polos deh, lebih fresh tapi sekarang juga gak kalah bagus sih soalnya makin banyak spot kerennya. Makasih mas untuk infonya nih, kebetulan saya juga pengen ke semarang. Baca ini jadi pengen ke gedong songo lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoook .. ajak temen-temen di Semarang sekalian berlibur ke Gedong Songo lagi, mas Bimo.
      Dan bikin foto-foto di area anyar ini.

      Sama-sama,mas Bimo .. aku juga terimakasih udah mampir membaca dan mengomentari artikel ini.

      Delete
  16. kolam belerang bisa menyembuhkan penyakit asalkan dijalankan dengan rutin
    mohon maaf lahir dan batin ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya .., rumahku jauh dari lokasi kolam belerang 😓..
      Eh #'.., tapi aku ngga punya penyakit ding.
      Berendam di air belerang cuma buat rileksasi otot, ngilangin pegel-pegel bodi ..hehehe 😁

      Selamat Lebaran mas Tomo.

      Delete
  17. Replies
    1. Iya, pakcik Hanafi.
      Jika anda liburan ke Indonesia, melipirlah ke lokasi candi dan spot berfoto ini ☺

      Delete
  18. wahhh itu air belerangnya unik banget gitu ya, bisa panas-hangat-dingin-super dingin gitu, kayaknya malah baru dengar ada yg begitu, benar-benar unik

    itu apakah balon udaranya just display atw bisa buat dipake beneran ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener-bener unik dan ajaib air belerangnya.
      Ngga nyangka, beneran bisa membuktikan sendiri tentang penjelasan staff saat aku berendam pertamakali disana ... sifat airnya bisa berubah-ubah.
      Kali ini terbukti beneran, airnya berubah jadi dingin ... ngga panas.

      Bubble tent atau balon terbangnya only display, ngga bisa terbang beneran.
      Hanya untuk berfoto,mas.
      Dan staff disana akan membantu berfoto di bubble tent.

      Delete
  19. Waow itu keren sangat, tapi kalo bule bayarnya mahal banget yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,keren tempatnya, mas Amir .. desainnya kayak di luar negri.

      Hehehe .. sebagian besar yang berkomentar, mengomentari tingginya harga tiket turis mancanegara.
      Semoga jadi masukan buat pengelola disana ya, mas Amir.

      Delete
  20. Pernah sekali ke Gedong Songo, baru naik ke candi yang ketiga udah turun lagi karena waktunya menjelang magrib. btw Ayana menarik juga ya spot2nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah ... sayang yaa ngga kelaksana ke candi IV dan candi ke V,mas Adipraa.
      Padahal lokasinya apik dijalur sana,mas ..
      Jarak candi ke IV dan candi ke V terpisah bentangan alan perbukitan dan danau Rawa Pening kelihatan sangat jelas dari atas sana.

      Yups, Ayana spot-spot selfienya keren dan kelihatan eksklusif.

      Delete
  21. Tahunya air yang berubah warna hanya Danau 3 warna, eh ini air belerang juga bisa. Tambah analisis sains tambah keren tulisannya, hehehe.
    *ngarep karena penasaran 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,kak Qudsi .. aku ngertinya juga danau 3 warna yang bisa berubah warnanya, ternyata kolam di komplek Gedong Songo ini juga punya fenomena unik.
      Sifat airnya juga mengherankan.

      Terimakasih apresiasinya,kak Qudsi ⚘😁
      Ini gegara kepo, eh#' banyak tanya sama nara sumber di lokasi .. hehehe

      Delete
  22. mantap bang tempat slfienya, bagus untuk juga nich untuk foto preweding

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi .. ntar mas Maschun foto prewednya di Ayana,yaa 😁

      Lokasinya di spot aku berfoto bawa bunga dibelakang itu.
      Lalu pacarnya duduk di kursi baja dan ... mas Maschun bawa bunga disembunyiin di belakang ...
      Critanya mau ngasi surprise 😁

      Delete
  23. Lah mas kalo air panas jadi dingin namanya air dingin mas

    Kira Kira Siapa y orang y niup balon sampe segede itu
    Tau g mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. eM ...
      Wuahahahaa ..
      Namanya kolam belerang air dingin 😅

      Kayaknya mas Niki deeh yang niupin balon sampe bengkak segede itu ... hahaha 😂

      Delete
  24. Serius ini Gedong Songo? Kereeeen banget sekarang ya. Rasanya baru 3 tahun aku ninggalin Semarang dan nggak main ke Gedong Songo, kok bisa berubah jadi bagus banget begini. Hiks, jadi pengen pulang akunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,kak Monica sekarang Gedong Songo tambah keren bangeet ...
      Aku juga surprise lihat disana ada spot selfie kekinian yang konsepnya ditata dan dibuat ngga asal-asalan.

      Ntar pulkam,cobalah mampir ke Gedong Songo,kak.
      Pasti kagum sama penataan dan fasilitasnya disana.

      Delete
  25. Replies
    1. Sependapat,Idris.
      Konsepnya dibuat ngga asal-asalan,material spot selfienya juga stainless steel jadi terlihat berkelas.

      Delete
    2. Iyaa,, asyik bangat buat fhoto-fhoto yaa.. Bisa menambah follower instagram ini mah

      Delete
    3. Yups, Idris.
      Berfoto disana bisa dapetin banyak like dan nambah follower ig 😁

      Delete
  26. Cocok banget tempatnya buat selfi selfi rugi deh kalau kesana nggak bawa pulang koleksi foto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kalo udah ke Gedong Songo ngga sekalian masuk ke area spot selfie ini rasanya sayang banget ngga sekalian kesana,ya.

      Delete
  27. aku sukanya air panas bang mengendorkan syaraf yang lelah tpi kok jadi dingin gitu, eh iya sekarang nggak boleh sembarang main balon udara ya tingginya ditentukan dan harus diikat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unik kan sifat air belerang di Gedong Songo ini, mas Kadir ☺
      Bisa berubah-ubah, ngga stabil selalu panas.

      O,iyakah mas sekarang ada peraturan baru main bola udara ?.
      Aku baru tau dari mas Kadir.
      Kebetulan, di area spot selfie kekinian ini balonnya ngga terbang beneran,cuma property buat berfoto.

      Delete
  28. Ngomongin permandian kolam air panas, jadi ingat waktu reuni SMA (teman-teman kelas 3 khususnya). Waktu itu kami mendaki gunung naik motor, bukan kuda. Perjuangan teman-teman begitu mengesankan untuk bisa sampai ke Limboro. Nama tempatnya mirip dengan tempat kelahiran saya, bedanya yang ini Limboro Kabupaten Majene bukan Limboro Kabupaten Polewali Mandar.

    Lho? Siapa yang nanya?
    Maaf terbawa suasana, hehehe.

    Eh, saya kalau suatu saat dapat kesempatan mengunjungi tempat di atas, mau nyobain balon udara juga. Perginya jangan pas habis hari raya aja biar tidak ada larangan dari pemerintah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe .. aku malah senang diceritain pengalaman trekking di Limboro dan kesamaan nama dengan tempat kelahiran kak Sitti 😁

      Amin, aku doakan agar kak Sitti kesampaian liburan ke lokasi ini juga.

      Delete
    2. Aamiin ya Rabb.
      Makasih doanya, Mas Himawan.

      Delete
  29. Wah keren tempatnya. Walaupaun tempat itu bukan dibuat oleh alam, tapi menurutku spot foto sangat bagus disana. Ini sangat jelas terlihat dari gambarnya.
    Tapi yang menajdi herannya saya, batas waktu berfoto atau ambil gambar hanya 2- 3 menit saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sependapat, mas Pujiaman.
      Didukung pemandangan alamnya yang memang bagus dan area spot selfienya dibuat dengan ngga asal-asalan .. jadi bagus buat lokasi foto-foto.

      Durasi pemakaian spot bubble tent nya menurutku juga kecepatan batas waktunya, cuma 2 menit dan 3 menit.
      Semoga ini jadi masukan buat pengelola disana,mas.

      Kalo singkat waktunya, hasil foto ngga maksimal.
      Padahal udah jauh2 berlibur kesana ya .. hehehe 😁

      Delete
    2. Kalo mau pra wedding pasti gak cukup waktunya.
      Hahahaha.

      Delete
    3. Hahahahaha .. kalo buru-buru ngejar durasi waktu pemakaian di bubble tent pakai gaun panjang buat pemotretan prewedding ... malah bisa-bisa gaunnya kesangkut 😅 .. dan terjatuh guling-guling ...

      Delete
  30. Spotnya indah sekali dan harga tiketnya juga tergolong murah. Gunung merbabu menambah keindahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,mas Djangkaru.
      Area spot selfie ini stylist dan dibuat berbeda dengan konsep yang pernah ada, terutama penggunaan bahan material stainless steel di spot-spot selfienya.

      Delete
  31. Kangennya dengan gedong songo.. Cakep banget Ayana ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoook .. ke Gedong Songo lagi,kak Annisa.
      Dan berfoto-foto di Ayana 😁

      Delete
  32. Wah, ternyata di komplek Candi Gedong Songo udah ada spot foto instagram yang kekinian ya. Candi Gedong Songo-nya aja belom pernah kusamperin, tahun 2014 pernah ke Dieng tapi cuma nanjak ke Gunung Prau :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuiih mantaap tuh udah ke Gunung Prau yang kece buat lihat sunrise 👍 ...
      Aku belum pernah kesana,cuma nglihatin jalur pendakiannya saja waktu itu 😁

      Ntar kalo mas Matius berkesempatan ke Semarang,cobalah ke Gedong Songo ini,mas.
      Ngga gitu jauh dari pusat kota Semarang.

      Delete
  33. Gedongsongo tambah bagus yaa... Aku 2x ke sana..cuma blm ada spot selfienya waktu itu. Tp aku terpesona juga..suka banget sama udaranya yang seger..trus bisa liat tanaman sayur+bunga..sama sate kelinci����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya,kak Sulis .. berlibur disana kita bisa sambil lihat perkebunan bunga dan sayur juga nikmatin kulineran sate kelinci.

      Iya,kak sekarang penataan Gedong Songo tambah bagus.
      Area kompleknya digarap apik dan disertai fasilitas keren : bioskop 4D, kompleks villa dan yang terbaru Ayana ini.

      Yok,ke Gedong Songo lagi,kak ☺

      Delete
  34. Gilaaaaaak sih, aslik, ini instagramable banget suwer -_- yaa rugi bet kalau nggak foto pas udah disini ya. Pasti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁 kereen banget,yaa .. kayak diluar negeri.
      Konsepnya dibuat beda dengan lokasi spot selfie lainnya.
      Selama ini aku belum pernah nemuin material spot-spot selfienya dibuat dari stainless steel kayak gitu ..., rata-rata terbuat dari susunan bambu.

      Ayook ajak doimu kesini,mas Febri 😁

      Delete
  35. Waaah keren keren spot fotonya. Paling bagus foto yg di kursi ayunan bang, latarnya kayak kristal2 gitu. Jadi pengen kesana , hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihii 😁
      Unik yaa spot fotonya ..

      Iya,betul .. spot kursi ayunan itu juga favoritku,selain spot teras.
      Latar belakang spot kursi ayunan jadi kliatan kayak kristal-kristal .. apalagi kena sinar matahari.
      Cakep banget.

      Ayook atur jadwal liburan ke Ayana,kak Lintang.
      Bikin foto2 seru disana 😁

      Delete
  36. Gila, aku rasa ini cocok sebagai tempat prawedding ya mas. Tempatnya nyaman banget. Aku pikir nanti kalau mau buat film cocok nih jadi tempat romantisnya heheh. Jadi pengen main

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuups,mas Tri .. keren bener lokasi berfoto ini.
      Konsep baru spot selfie,berbeda dengan spot selfie yang sudah ada selama ini.

      Betul,cocok buat lokasi foto prewed, pesta juga lokasi film adegan romantis 😁.
      Ntar mas Tri yang jadi pemain filmnya 😉

      Delete
    2. Wah siap mas, kapan-kapan kalo mas himawan punya proyek aku siap nih jadi pemainnya heheh

      Delete
    3. 😁 Amiiin ...
      Kita berdoa ya semoga beneran aku jadi produser film dan mas Tri jadi pemain film adegan romantis di Ayana .. hehehe ..

      Delete
    4. Wahh gampang itu mah. Heheh. Siapa tau emang terwujud ya :)

      Delete
    5. Amin semoga terwujud, mas Tri ☺

      Delete
  37. Nah, aku baru mau bilang kalau spot fotonya itu serasa di resor luar negeri..
    keren banget mas..

    Yang unik air belerangnya, tumben dengar kalau ada yang dingin, ditempatku malah puanas banget mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kan bli Eka ...
      Sama seperti pendapatku, pendapat bli Eka juga mengatakan tamoilan lokasinya kayak resort berkelas di luar negeri.
      Bagus banget konsepnya 👍

      Waaah .. asiik tuh mas ... di dekat rumah bli ada lokasi air panas ...
      Ntar aku boleh ampir yaa 😁

      Yups, unik sifat air di kawah belerang satu ini .. bisa berubah-ubah, ngga tetap panas.

      Delete
    2. kalau didekat tempatku, kurang lebih sejam dari rumah, itu sudah dibuatkan kolam mas,, kita bisa berenang disana sembari menikmati pemandangan danau disebelah..
      keren..

      Delete
  38. Kalau dapat naik Grab dari satu tempat ke satu tempat kan bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa naik grab atau sarana transportasi online ke sekitaran lokasi ini,mas.

      Ada beberapa lokasi wisata di dekat Gedong Songo, seperti : taman Celosia miniatur ikonik negara, kebun bunga Setyaji, curug 7 bidadari, curug Klenting Kuning, dllnya.

      Yook liburan kesini, mas Adi..

      Delete
  39. weleh...weleh enak banget duduk di kursi kepompongnya, bikin mau di bonceng. :)

    Dapat endorse yach Mas... ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siniii kuboncengin, kang Nata ... 😁 ... pegangan yang erat-erat yaa ..hahahaa

      Endorse tipis-tipis, eh#' maksudku ngarep yang punya lokasi Ayana ini ngasi kotak permen cokelat karena udah kubantuin ngenalin lokasinya ...
      wwkkkwwk .. 😅
      Ntar kang Nata pasti kukasi permen cokelatnya, kalo aku dikasi beneran 😁
      #IndahnyaBerbagi

      Delete
  40. Dengan adanya Spot Selfie Ayana, Gedong Songo semakin tambah menarik aja ya?
    Penghobi selfie dijamin puas deh kalo ksini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,mas Aris.
      Pemandangan keren disana sekarang tambah makin kece setelah adanya tambahan spot berfoto.

      Delete
  41. Wah, terakhir saya ke Gedong Songo, 15 tahun yang lalu. Lama banget ya! Seru juga nih kalau main ke sana; ada tambahan spot untuk kunjungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lama juga ya kak Dyah waktu itu kesana,... ayook kapan ada waktu kesana lagi,kak.

      Sekarang penataan tamannya udah rapi dan kompleknya dilengkapi theater3D, villa juga spot selfie kece ini.

      Delete
  42. unch unch unch tempatnya,,,, bisa jadi ramai nih kalo musim liburan kaya sekarang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. ..yeaaach 😁 .. stylist ya areanya.
      Aku sendiri juga kagum sama desain dan penataannya, keren banget.

      Yups,musim liburan panjang seperti sekarang ini pasti berjubel pengunjungnya, mas Masirwin.

      Kalo pengin berfoto ngga kliatan lagi padat pengunjung, enaknya datang pas dihari biasa,ya.

      Delete
    2. kalo pas hari biasa berasa milik pribadi yak :D

      Delete
  43. wa.... keren banget tempatnya, buat selfie atau take foto keren ini, buat pre-wed juga ok ini.... mantap mas..btw saya baru tau ada kolam air panas dari belerang yang airnya bisa dingin. bener2 unik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa nih kak ... areanya beneran keren banget ...
      Berbeda konsep dengan lokasi spot selfie yang ada selama ini.

      Bener, lokasi ini cocok buat pemotretan prewed atau juga foto-foto pesta kebun.

      Ya,kak ... sifat air kawah belerangnya unik, terbilang langka karena bisa berubah-ubah temperaturnya.

      Yuk main kesini ☺

      Delete
  44. Waaaah kereeen mantab. Makasih informasinya, mas.
    terakhir ke Gedong Songo belum berkesempatan ke situ hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, mas Rifan ☺
      Lokasi spot selfie ini bener-bener masih gress dan kesemuanya masih terlihat bersih, ngga ada yang terlihat kotor sedikitpun ... semoga ya kebersihannya selalu bersih kayak gitu.

      Ntar kapan ada waktu, ajak keluarga mas Rifan liburan ke lokasi Gedong Songo lagi,mas.

      Delete
  45. Kalau saya kesana, tiga jam cuma untuk foto foto doang, wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkkkwwwkk .. langsung abis batre kamera ya, kaaak 😂

      Delete
  46. Lah kok saya malah ngidam sama balon udaranya mas hehe
    #timcelyn hahaha
    Berasa di cappadocia kyknya kalo naik itu balon ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha .. pasti ada jiwa anak kecil dalam tubuh dewasa kayak kita,ya 😃
      Kapan ada waktu liburan kesini naik balon, mas Nugraha ..

      Delete
    2. Yuk yuk, sambil silaturahim di dunia nyata kita hihi
      Nunggu tabungan dan nunggu jadwal libur dulu mas kalo untuk jauh2an #nasibkaryawan hahaha

      Delete
    3. Owh, sama 'nasib' kita, mas.
      Perlu nabung dulu dan atur jadwal buat berlibur.
      Semoga ya .. nantinya kita-kita dapat sponsor buat berlibur ke lokasi untuk ngereview suatu lokasi wisata, Amin.

      Yups, kita bisa silaturahmi ngga cuman di dunia maya sekaligus liburan bareng-bareng sama temen-temen blogger.

      Delete
  47. Baru tahu nih Mas, kirain Ayana Bali ternyata di Semarang juga ada ya😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kesamaan nama resort dan spa di Bali,kak.
      Yang ini lokasinya di Ungaran ☺

      Semoga informasi lokasi bermanfaat untuk berlibur kak Sandra selanjutnya 👌

      Delete
  48. Wah, sayang kita nggak ketemuan di sana ya mas, hehe..

    Saya kemarin ke sini kurang puas karena hanya sampai di Candi III karena kehabisan waktu, kami harus berpindah ke obyek wisata lain.

    Kapan-kapan mau ke sini lagi, pengen mengunjungi semua candi dan melihat dari dekat kolam air panas berbelerangnya, kemarin hanya lihat dari ketinggian di sekitar candi III. Mungkin harus seharian ya untuk eksplor semuanya, hehe..

    Ayana belum tahu, ntar deh kalau berkesempatan main lagi mau masuk area Ayana juga :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,kok kita ngga ketemu disana saat itu ya,kak Anjar ?.
      Apa sebenernya ketemu tapi kita ngga ngeh ... ?.
      Hehehe 😁
      Kapan-kapan janjian travelling bareng yuk,kak.

      Sayang ya kak kemarin kak Anjar belum kesampaian menjelajah ke semua lokasi candi sampai candi ke V dan masuk ke area Ayana.

      Kalo sekalian ke lokasi wisata Gua Jepang yang ada di gunung Ungaran dan masuk ke beberapa area yang ada di komplek candi Gedong Songo bisa memerlukan waktu seharian,kak.
      Dan kita kudu siapin fisik dengan baik biar ngga ngos-ngosan kehabisan nafas untuk kesana ...
      Xixixi 😁

      Delete
  49. Jaman SMA saya pernah kemah di barak di gedong songo, ngeri-ngeri sedap tengah malam dengan suara serdadu berbaris...tapi tempatnya memang seru banget mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah 😲 ... maksudnyaaa ... itu suara hantu para serdadu berbaris , kak ?.
      Laah .. serem juga yaa.

      Itu kejadian pas ngemping di barak tahun berapa,kak ?.
      Jadi penasaran..

      Delete
  50. disain tempatnya keren iya, boleh lah kapan-kapan main ke situ.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, desainnya keren banget,mas Septian.
      Siip,mas ... kapan ada waktu berlibur kesini, sambil belajar sejarah tentang Gedong Songo.

      Delete
  51. Pengen sih punya koleksi foto selfie, tapi sering gak pede. Gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minum vitamin Pede, mas Wawan ...
      😉

      Vitamin Pede ada kok tersedia dijual di apotek , eh #'ngga ding .. bercandaa looh 😅

      DiPedein aja kayak aku,mas 😃
      Cuek aja berfoto ... , kan ngga ngerugiin yang lain .. hehehe 😁

      Yoook pasang aksi pede, mas Wawan ...

      Delete
  52. Spots-nya udah keren2, plus modelnya pun mirip Anji Drive, haha... Kalau ada wisata selfie macam ini, makin semangat pengunjung untuk wisata Candi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buaa..hahaha ..
      Kak Nita bisa aja nih 😅

      Yups, spot fotonya keren-keren.
      Apik buat setting berfoto.

      Betul, adanya spot kekinian seperti Ayana secara ngga langsung ikut nambah semangat liburan di lokasi candi, terutama generasi muda.

      Delete
  53. Duh nyesel wkt ke semarang nggak mampir ke gedong songo :(
    Huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😢 ..cuuup..cuup..cuup .. dah jangan mewek lagi,kak Ellaa ...

      Lokasinya dimasukin ke daftar liburan kak Ella saat ke Semarang lagi ya, biar ngga kelupaan didatengin.

      Delete
  54. lokasi Gedong Songo sangat menarik cocok untuk berwisata keluarga. Terimakasih informasinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul,mas Warman.
      Lokasi ini sangat cocok untuk liburan keluarga sekaligus mengenalkan sejarah ke anak-anak.
      Sekarang areanya dilengkapi spot selfie menyasar ke semua lapisan usia.

      Sama-sama,aku juga terimakasih udah berkunjung, mas Warman.

      Delete
  55. Mas Himawan maen ke Lampung dong, nanti tak kasih tau spot selfie paling rekomended yang ada di Lampung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku liburan ke Lampung ... temenin yaaa ...
      Mau ngga 😁 ?

      Wah keren tuuh lokasi spot selfie ter-populer di Lampung ...
      Jadi penasaran pengin lihat lokasinya.

      Delete
  56. nahh ini baru hits, dan aku mau kalo ke sana, tp mayan jauh ya dari semarang kotanya? kalo ada ojol enak juga tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoook kapan kesini kak Ainun ... 😁
      Disekitaran Bandungan (sebelum sampai ke lokasi Gedong Songo dan Ayana) ada beberapa hotel yang cocok dijadikan artikel staycation kak Ainun, loh..

      Iya,kak lokasi Gedong Songo ini meski berada di kabupaten Semarang, tapi letaknya masih jauh dari pusat kota Semarang.

      Ada ojol di sekitaran kota Ambarawa ataupun Ungaran yang bisa diorder, setelah turun dari kendaraan umum berangkat dari kota Semarang.
      Kedua lokasi kota itu bisa jadi jalan menuju ke Gedong Songo.

      Delete
  57. Kekinian banget, pas buat di post di ig hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, areanya kece banget dan cocok diunggah di ig, terkesannya eksklusif lokasi berfotonya.

      Delete
  58. Keren banget ini wisatanya. Langsung saya masukin ke whistlist kalo ke semarang, hehehe.

    Btw saya baru tau kalo belerang bisa mendadak dingin begitu ya? :|

    Revisit : fajarwalker.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip .. udah dimasukin whislist next destination liburan mas Fajar 👍

      Unik yaa ... sifat air belerangnya bisa berubah-ubah.
      Ntar mas Fajar liburan ke lokasi ini, entah akan nemuin sifat airnya sedang dingin atau malah panas banget ...

      Already, i'll visiting ur blog 👌

      Delete
  59. Itu kok aneh banget ya kolam pemandian air panasnya masa tiba2 kadang2 jadi dingin gitu.. -____-.. sayang sekali celyn gagal memperagakan gaya renangnya :D ..

    Spot selfienya cantik2 euy di Ayana..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoook ...
      buktikan datang ke lokasi kolam kawah dan 2 kolam kecilnya yang di dekat semburan kawah, didasar kolamnya terlihat jelas keluar gelembung-gelembung mata air ....
      Unik banget ya sifat airnya bisa berubah-ubah ,mas Bara 👍

      Hahaha .. untungnya Celyn ngga rewel gagal berenang dan berendam 😅

      Yups,sependapat mas .. spot selfienya keren-keren ☺

      Delete
  60. Brrr...kebayang udah semangat mau rendam air hangat, ternyata airnya dingin. Harus kuat jalan kaki yaa untuk mengamati satu candi ke candi lain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak .. hehehe .. kami batal berendam karena memang area kolam rendamnya buka siang saat liburan lebaran juga air belerang yang ada di kolam kecil di dekat kawah (diluar area kolam rendam) ... disentuh sedingin air es ... padahal dasar kolamnya terlihat gelembung-gelembung mata air kawah dan kawah aktif terus mengeluarkan semburan asap disertai bunyi gemuruh berdesis.

      Betul, kak Hani untuk sampai candi satu ke candi berikutnya harus cukup mempersiapkan fisik yang kuat karena jalurnya naik turun.

      Delete
  61. Baru tau aku di Gedong Songo ada beginian. Biasanya cuma trekking di candi-candinya itu aja sama lihat orang-orang naik kuda hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayana area spot terbaru,masih anyar gress, mas Adie.

      Biar berkesan beda ngga mandangin orang-orang naik kuda, cobalah mas Adie saat liburan ke lokasi candi-candi menyusuri berjalan kaki dari satu candi ke candi berikutnya dan sekaligus belajar tentang relief-reliefnya ..., pasti jadi pengalaman berkesan,mas ☺

      Delete
  62. Bagus banget ih Gedong Songo tepat dan viewnya. Saya jadi pingin ke sini, huhu. Bunganya buat aku aja ya, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bunganya,kak Anisa ...,
      tangkap ya .. 😃

      Kapan ada waktu liburan ke lokasi ini,kak.
      Semua candi dan semua spot di Ayana bagus buat foto-foto.

      Delete
  63. Aku tahu Ayana ini dari Ig traveling, lupa namanya. Pokoknya laff deh. Setahun lalu main di Gedong Songo, sayang pas perjalanan cerah eh di lokasi candi hujan. Nggak sampai keatas. Duh sekarang tambah cakep tempatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. O, kak Nur tau Ayana dari ig,ya.
      Yups, spot selfie Ayana ini termasuk langsung viral di sosmed karena memang spotnya keren juga openingnya berdekatan dengan jadwal liburan panjang, jadi lokasinya rame dikunjungi banyak wisatawan.

      Area Gedong Songo memang berada di daerah lembab,kak.
      Sewaktu-waktu bisa turun hujan mendadak disana.

      Jadi, kapan kak Nur berkesempatan ke Gedong Songo persiapkan lebih dahulu payung atau jas hujan, ya ... untuk antisipasi sebelumnya.

      Delete
  64. Uda ada candi-nya, eh ada juga spot selfie-nya.. makin kepikiran ni mau kesana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yok lokasinya dimasukin wishlist liburan mas Yahfin berikutnya.

      Delete
  65. Seru banget tempatnya banyak spot buat foto-foto :)
    Sekilas lihat kirain di Bali, ternyata Semarang..

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kereeen ya area spot selfienya, kak Rahma .... hehehe 😁
      Banyak orang ngirain lokasi ini di Bali juga di resort berkelas di luar negri.

      Delete
  66. jalan2 terus nih pak. tempatnya recomended banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya,pak boz Alian .. mumpung ada kesempatan nih buat liburan menjelajah ke banyak tempat.

      Kapan ada waktu liburan ke lokasi ini yuk ...
      Semua areanya bagus banget, recommended.

      Delete
  67. Asik bener. Ini mah penuh galeri instagram kalau kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuakakakaakaa .. siapin kamera maksimal full baterray ya kak Ismie .... 😅
      Buat jeprat-jepret di semua spot yang ada ....

      Setelah itu semua hasil fotonya diposting di instagram 😉

      Delete
  68. Ayana! Wisata buatan yang awesome. Ngiler sama balon udaranya, saingan sama Celyn :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuakakakaaaa .. 😅

      Sepertinya orang dewasa kayak kita ... begitu lihat balon udara,mendadak jiwa anak kecil yang terpendam dalam diri kita mendadak muncul yaaaa ...

      Pengin rasanya ngerasain jadi bocah kecil lagi dan selalu takjub lihat balon udara ... 😁

      Delete
  69. Dilihat dr gaya fotonya, ini bur n banget kayak om nya sih ponakanmu :p. Jago berpose hahahaha :D. Baguus yaaa tempatnya. Walopun aku ga suja selfie2, tp ngeliat tempat begini seneng juga. Apalagi kalo suami ato anak2ku doyan foto. Aku motoin mereka aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuahahahaaa .. kak Fanny bisa ajaaa ... 😅

      Iya tuh ponakanku pinter banget bergaya dan pede abis ngga kenal malu-malu [ kalo om nya malu-maluin .. hahahahaha 🤣 ! ] begitu lihat kamera mengarah ke dia, langsung reflek bergaya banyak pose.

      Aku jadi bayangin ...
      Ini pasti samaan dengan suami dan anak kak Fanny 🤔
      Begitu didepan kamera langsung pasang gaya okeeee ...
      Sementara kak Fanny sibuk aktif yang motretin mereka berdua 😅

      Ayoook doong kak Fanny juga ikutan pede foto selfie kayak suami dan anak kak Fanny ... juga pede kayak aku dan ponakanku ...
      Xixixi 😁

      Delete
  70. Aduh sayang banget terlewatkan ini tempat... padahal kemarin baru aja balik dari semarang..

    Nyesel deh... lain kali perlu dicoba nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah sayang banget,mas Adhi ...
      Padahal lokasi Gedong Songo dan Ayana ini ngga jauh-jauh amat ditemouh dari pusat kota Semarang.

      Kapan ke Semarang lagi, sempetin berlibur ke lokasi ini, mas.
      Ngga bakalan kecewa.

      Delete
  71. sa heran sama ini blog, tiap post baru yang saya singgahi pasti sudah penuh sesak dengan komentar.....
    Indahnya dunia traveller ya...😄😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe 😁 ..
      Berkat komentar dari mas Kojek juga komentar artikelku jadi berjumlah banyak.
      Terimakasih ya, mas Kojek ⚘

      Yook jadi traveller juga,mas ...
      Senang loh banyak mengenal banyak tempat, meski kadang di lokasi juga nemuin hal yang tak mudah.

      Delete
  72. Duh keren banget spotnya kak.. apalagi kalau naik sofa apungnya kayanya instagramable banget.. anak abege pasti langsung terciduk datengin kesana hahahha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha .. terciduk akibat kepincut spot selfie instagramable banget 😂

      Keren banget area satu ini ya,kak Vika ..., bikin kagum idenya.

      Delete
  73. Jalan jalan terus.. tapi keren mas...tempatnya bagus bagus..

    Boleh nanya, kenapa fotonya nggak dilebarin sih, cuma ukuran medium/small saja. Lebih enak lihatnya padahal kalau lebar.. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh begitu ya,mas Anton ...
      Coba ya ntar kulebarin ukuran fotonya .. hehehe ..
      Terimakasih masukannya,ya ⚘


      Kapan-kapan kesini yuk,mas .. buat hunting foto ☺

      Delete
    2. Mauuu... ongkosin dong. hahaha.. jauh dari Bogor neh..

      Sal foto : Pendapat saya saja mas.. soalnya kalau foto kecil, rasanya kurang greget. Detailnya kadang jadi kurang terlihat. Juga kesannya kurang "wah". Jadi biasanya saya memanfaatkan secara maksimal kolom lebar baca di blog.

      Kalau ruangnya 640 pixel, ya segitu ukuran fotonya. Kalau ada kolom lain yang 1024 pixel, ya saya pakai ruang itu.

      Dulu pernah pakai ukuran medium atau small, alasan karena supaya loading cepat , tetapi kemudian saya putuskan untuk mengabaikannya karena perbedaan waktu loading sedikit saja dan dengan foto yang agak lebaran kesannya lebih detail dan menarik. (Lihat di blog saya masih ada sisa yang memakai foto kecil karena saat itu masih "terpengaruh" para mastah soal kecepatan loading blog.. hahahaha)

      Itu saya sih mas.. karena saya pikir foto berperan penting banget, apalagi untuk blog wisata, traveling.. bisa menjadi salah satu unsur penarik.

      Delete
    3. 😁 ayookk, mas ... ntar gantian mengeksplore lokasi Kebun Raya Bogor dan lokasi-lokasi curug di Bogor yang terlewatkan kudokumentasikan saat dulu kesana.
      Padahal dulu aku tinggal cukup lama loh di Bogor.

      Baik, terimakasih banyak saran masukan dan opini dari mas Anton ya.
      Tadinya kupikir juga begitu,mas .. meski foto penyerta artikel udah dikompres ukuran filenya tapi tetap ditampilkan dengan ukuran Large atau Extra Large akan mempengaruhi kecepatan loading.

      Setelah dapat masukan dari mas Anton, foto penyerta artikel ini udah kulebarin jadi Large.
      Terimakasih banyak buat masukannya ⚘

      Delete
  74. Minggu lalu istriku ngasih info soal ayana, eh dapat info lengkap diblog ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga artikelku tentang Ayana ini dapat jadi bekal informasi liburan buat mas Martin dan istri, serta keluarga.
      Terimakasih udah berkunjung, mas Martin ☺

      Delete
  75. Mas memang adi disana ada transportasi online ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transportasi online adanya di kota Ungaran atau di kota Ambarawa, mas.
      Bisa dipesan dari kedua kota itu, kak.

      Delete
  76. Tempatnya emang cocok buat para selfyer, styler karena udah tersentuh dengan bahan-bahan modern. Picture mas hima bawa bunga sepertinya tempat ini juga cocok buat acara weeding gitu. Jangan-jangan mas hima lagi mengenang memori karena dulu weedingnya disitu... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuakakakakakakaa 😂 ..., nggaaaa, mas ... aku belum married,kok.
      Soalnya ngga ada yang mau sama aku,mas #JadiCurhat 😊

      Iya,betul mas Harman .. spot selfie ini kece abees.
      Cocok banget buat pecinta foto-fotoan juga buat lokasi prewed.

      Delete
  77. Hayoloh bunganya buat siapa :D

    Duh ini spot buat fotonya instagramable semua, jadi ngiler. Apalagi kalau sekalian naik balon udara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuakakakaaaa ...
      Buat siapaaa ya bunganya, kak 😂 ?.
      Abisnya, saat itu ngga orang duduk disana 😁

      Ayook kak ... kapan ada waktu liburan ke arena spot selfie teranyar ini yook ..

      Delete
  78. Replies
    1. Terimakasih banyak opininya,kak.
      Salam sukses selalu untuk usaha yang kakak jalani Cream Penghilang Flek Hitam Membandel ⚘

      Delete
  79. Dari dulu saya pengen banget main ke Semarang entah di wisata mana pun itu, dan ini bisa jadi eferensi. Hehehe

    Banyak juga ya mas spot selfienya elegan pula ala-ala hammocknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yok, jadwalin berlibur ke Semarang,kak Ajeng hehehe ..
      Kudoain ya dalam waktu dekat kak Ajeng kesampaian liburan ke Semarang, baik ditengah kotanya juga di kabupatennya.

      Iya,kak arena spot selfie dilokasi ini tampil beda dan terlihat elegan.

      Delete
    2. Aamiin, trima kasih selalu didoain mas, semoga doa-doa yang baik aan kembali ke yang mendoakan pula. Hehe

      Delete
    3. Amiiin ..., terimakasih juga doa kak Ajeng buatku ⚘

      Delete
  80. Di Ayana ini ternyata per spot itu ada tiketnya tersendiri ya. Lucu juga ada yg batasan fotoannya 2 menit hihihi mesti kreatif ganti2 ya gayanya. Pensaraan sama 15 bangunan yang kayak rumah orang Eskomi, Iglo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spot yang berbayar tambahan hanya di spot bubble tent kok, kak Nurul.
      Iya juga ya dibatasi 2 menit harus punya ide ganti gaya banyak pose tiap jepretan kamera 😁 ..., tiati jangan sampe terkilir akibat kebanyakan pose ya, kaaak Nurul ...
      Xixixi

      Unik, bangunan menyerupai iglo, kak.
      Kalo kena pantulan sinar matahari kliatan berkilau kayak berlian dilihat dari kejauhan ☺

      Delete
  81. Ingin menang banyak dengan modal sedikit..
    Ayo gabung di sahabatkartu
    - Bonus Rollingan 0,5% Setiap minggu
    - Bonus Referal 15% Seumur hidup
    SILAKAN HUBUNGI KAMI DI :
    Livechat : www*sahabatkartu*biz
    W.A : +85581734028
    PIN BB : 2BCDBEE2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih infonya, kak.
      Salam sukses.

      Delete
  82. Apa hanya aku yang salfok sama judul? wkwk Ayana & Instagram, kukira ini membahas Selebgram Korea yg namanya Ayana Moon itu haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuakakakakaka 😅!
      Begitu kak Eva komentar nyebutin nama seleb Korea ... aku langsung searching namanya di ig.
      Eh, bener ya ... namanya sama lokasi keren satu ini 😁

      Delete
  83. Wah. ada wisata spot kekinian di candi gedong songo. Keren tuch Spot-spot kekinian nya terutama spot sofa terapung unik banget. That's Cool..!

    Ke tempat wisata ini bareng keluarga ya brader?
    Setelah Celyn nggak jadi berendam di kolam air panas, terus kecewanya Celyn akhirnya bisa terobati nggak brader? Kasihan..

    Ouwh Om nya Celyn juga foto bawa bunga di tangan belakang? Bunga nya dikasih ke Celyn ya? Hehehe... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kece banget spot Ayana ya, sista 😁 ..., settingnya kayak di resort mewah luar negri.

      Iya, kebetulan saat itu aku jadi guide dadakan buat keluarga ..., hahaha 😅 ..., gegara mereka terpengaruh kuceritain cakepnya pemandangan di Gedong Songo.

      Celyn awalnya ngambek setelah batal berendam, untungnya kami masuk ke Ayana dan dia antusias seneng banget bikin banyak foto penuh aksi gaya 😂.
      Setelah keluar dari Ayana, dia merengek lagi minta ke kolam air panas ..., kami semua bilang lain kali saja, dia mulai kelihatan mau nangis. Akhirnya kami ajak makan sate kulineran di dekat pasar bunga Bandungan sambil lihat bunga2 agar pikirannya teralihkan 😁

      Bunganya kuletakin lagi dimejanya , biar dipakai orang lain buat berfoto ... wkkkwwkkk

      Delete
  84. Iya Spot selfie kekinian ditata apik dan moderen jadi terlihat fotogenik dan keren.

    Ooh Celyn sempat ngambek ya waktu batal berendam di kolam air panas? untung ada spot Ayana ya? Jadi Celyn agak terhibur dan keslimut dengan berfoto di spot-spot kekinian. Tapi setelah keluar dari Ayana Celyn nagih lagi minta ke kolam air panas? hehehe..
    Namanya juga anak kecil nggak bisa lupa. Terus dibujuk lagi diajak kulineran sate dan lihat bunga akhirnya keslimur.

    Ouw jadi waktu foto bawa bunga setelah selesai bunganya ditaruh di meja lagi? Wkwkwkwk.. kirain mau dikasih ke siapa..

    Oh iya balon udara warna warni nya keren banget,boleh dinaikin nggak sama pengunjung brader? atau hanta display?
    Kalau boleh dinaikin sama pengunjung kayaknya seru tuch selfie di atas balon udara?

    Wisata Candi Gedong Songo ini unik ya? Selain objek candi sebagai wisata sejarah juga ditambah objek wisata spot kekinian yang modern. Idenya kreatif untuk menarik wisatawan.. :)

    Oh iya aku baca di atas ada pengunjung wanita yang kecebur ke kolam ya? kok bisa mungkin nggak hati-hati. Kasihan ya dia pasti malu kecebur sampai basah dilihat orang banyak.
    Tapi semua pengunjung pasti maklum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuakaakaka ..., akhirnya Celyn kealihkan pikirannya lihat kembang 😅
      Tapi, didalam mobil perjalanan pulang lagi-lagi merengek minta berenang dan kami mencoba ke candi Umbul pemandian air hangat, malah kebablasan rutenya.
      Kebetulan Celyn juga tertidur.
      Begitu bangun, langsung bilang katanya mau ke candi Umbul aku mau berenang ...
      Akhirnya, ke sungai dan mandi-mandi disana 😅.

      Balon udara warna-warni itu disebut spot Bubble Tent.
      Ada yang berukuran besar juga ada yang kecil, digunakan untuk spot berfoto berbayar

      Kejadian wanita paruh baya kecebur dari spot hammock itu mengagetkan semua pengunjung saat dengar teriakannya.
      Temannya dia juga ikut teriak.
      Celyn yang saat itu lagi berpose megang bunga juga ikut kaget.

      Delete