Tuesday, May 22, 2018

Pantai Ngrumput ~ Pantai Terpencil Nan Eksotik

Letak kabupaten Gunung Kidul berada di sebelah tenggara kota Yogyakarta dan kota Wonosari sebagai ibu kotanya ini memiliki potensi sejumlah wisata alam menawan, terutama wisata pantai.
Deretan pantai - pantai eksotis berpasir putih di kabupaten Gunung Kidul berbatasan dengan samudera Hindia terbentang luas sepanjang 65 kilometer, mulai dari kecamatan Purwosari hingga kecamatan Girisubo.

Dari pusat kota Yogyakarta untuk menuju ke Wonosari, ibukota kabupaten Gunung Kidul ditempuh dengan lama perjalanan sekitar 61 kilometer atau sekitar 1 jam 50 menit.
Dan dari Wonosari untuk menuju ke sebelah selatan lokasi keberadaan deretan pantai - pantai cantik di Gunung Kidul itu berada, memerlukan waktu jarak tempuh sekitar 27 kilometer atau sekitar 1 jam lebih, dengan rute melewati jalan utama beraspal berpemandangan khas beberapa pedesaan dan lokasi beberapa hutan jati berada di bentangan alam lahan eksokarst atau bentangan bentukan alam lahan berupa bebatuan kapur yang tampak menyembul di permukaan tanah berada di pinggir kanan kiri jalan utama.

Meski terbilang cukup jauh ditempuh dari pusat kota Yogyakarta, memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan, pemandangan sepanjang perjalanan tak akan terasa membosankan karena sepanjang perjalanan disuguhi pemandangan alam indah khas pegunungan karst. 

Di Gunung Kidul masih banyak lokasi pantai yang belum banyak diketahui orang keberadaannya, karena memang lokasinya tersembunyi dan akses menuju ke pantai - pantai belum digarap maksimal.
Seperti lokasi pantai satu ini ..., pantai Ngrumput.

Trip Of Mine
Pesona eksotisme pantai terpencil dan tersembunyi, pantai Ngrumput.

Cerita perjalanan ke pantai Ngrumput 


" Nglumput ..., Nglumput ".

Teriak bocah lelaki 5 tahunan itu sambil berdiri tersenyum di depan rumahnya dengan suara cadel khas bocah belum jelas bahasanya, ke arah kami yang terus melewati depan rumahnya yang berada di pinggir jalan utama dan bersebelahan dengan lahan parkir lokasi pantai, tanpa kami berniat berlibur ke lokasi wisata alam pantai satu ini setelah melihat sekilas lalu sebuah papan nama kecil lokasi pantai sambil terus melajukan kendaraan.
Beberapa meter setelah meneruskan perjalanan kami berdebat kecil tentang nama lokasi pantai yang kedengaran unik ini sepertinya menarik lokasinya dikunjungi dan setelahnya kami memutuskan untuk berbalik arah kembali ke lokasi pantai yang tadi telah kami lewati sebelumnya.


 Nglumput ..., Nglumput ".

Ternyata bocah itu masih berada di teras rumahnya.
Kali ini dia berteriak sambil loncat - loncat kegirangan dibarengi tepuk tangan, sambil matanya terus mengarah ke arah kami dan tertawa lebar memamerkan gigi ompongnya.
Entah sebenarnya apa yang ada di pikiran bocah kecil lucu saat itu ..., mungkin dia merasa senang 'pantai miliknya' didatangi pengunjung, atau dia merasa senang melihat kami yang datang membawa tas ransel besar di punggung ala backpacker sejati terlihat dimatanya.
Entahlah ... 

Setelah kulambaikan tangan ke bocah periang itu, kami memarkirkan kendaraan ke lahan parkir sederhana hanya beratapkan seng.
Disana hanya tampak beberapa pekerja bangunan tengah mengerjakan sebuah bangunan.
Pantai sama sekali tak terlihat dari area parkir ini ..., lokasi pantainya terpencil dan tersembunyi.

Setelah kebingungan rute ke arah mana keberadaan lokasi pantai ditempuh, kami pun melewati rute yang ditunjukkan oleh salah satu pekerja bangunan disana.

Ternyata rute tempuhnya ke pantai sangat berkesan buatku ..., karena kita harus trekking terlebih dahulu sekitar 500 meter melewati jalan setapak di antara bebatuan karst yang ditumbuhi pohon pandan laut dan pohon kelapa ciri khas negara tropis di sepanjang jalurnya, juga melewati sisi ladang milik warga sebelum tiba di lokasi pantai.


Trip Of Mine
Jalur trekking ke pantai Ngrumput.

Ternyata pantainya itu ...

Setelah trekking sesaat, tak sampai 10 menit, bentangan luas samudera Hindia mulai terlihat di antara sela daun pepohonan dan suara gemuruh ombak terdengar bergulung - gulung memecah karang.
Tampilan keseluruhan pantai Ngrumput terlihat jelas setelah kami menuruni undakan, ternyata pantainya itu ..., sangat eksotis ... !.


Trip Of Mine
Eksotik etnik pantai Ngrumput.

Perasaan langsung terasa sangat senang karena akhirnya memutuskan berlibur di lokasi pantai Ngrumput, setelah sebelumnya tak ada niatan berlibur ke pantai yang ternyata sangat menawan ini.


Trip Of Mine
Lansekap menawan pantai Ngrumput.

Hamparan pasir putih luas, birunya langit, hijaunya perbukitan, tebing - tebing tinggi conical hills dan gelombang ombak besar jadi titik utama pandangan mata melihat pemandangan wisata alam menakjubkan disana ...

Tak ingin berlibur tanpa ada kenangan foto telah berlibur disana, kami pun segera mendokumentasikan berfoto  setelah beristirahat sejenak melepaskan lelah selama perjalanan di salah satu warung makan di sekitaran hamparan pasir, sembari memandangi aktivitas seru sekelompok wisatawan berolahraga volley pantai dan sekelompok wisatawan lain terlihat bersantai di depan tenda kemping ..., sementara teman - teman yang lainnya terlihat bermain ombak di tepian pantai dan membuat gundukan - gundukan pasir bermacam bentuk kreatif.


Trip Of Mine
Aktivitas volley pantai dan spot selfie dapat dijajal di pantai Ngrumput.


Trip Of Mine
Camping bermalam di tenda.

Di sisi sebelah timur pantai Ngrumput terdapat bebatuan berlubang dibagian tengahnya, letak bebatuan berlubang tersebut berada di pinggir pantai.
Jika ombak tengah pasang, ombak akan menerjang melewati lubang batu itu menghasilkan pecahan deburan ombak yang tampak menyenangkan dilihat dan saat berada di dekatnya, merasakan cipratan air yang dihasilkan pecahnya gelombang air ... .


Trip Of Mine
Batu berlubang di bagian tengah, salah satu ciri khas pantai Ngrumput.

Batuan berlubang di tengahnya ini merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki pantai Ngrumput, selain keberadaan sisi tebing - tebing tinggi bukit Kosakora yang tampak fotogenic digunakan untuk lokasi berfoto.


Trip Of Mine
Bebatuan ditumbuhi tanaman pandan laut, seakan seperti rerumputan.


" Bukit Kosakora ..., bukit apakah itu sebenarnya ? "

Bukit Kosakora adalah ... 

Akses menuju ke bukit Kosakora berada di sebelah sisi timur pantai Ngrumput dan bentukan sisi dinding tebing tingginya berwarna putih kehitaman membuat tampilan pemandangan alam pantai Ngrumput makin tampak terlihat eksotik.
Bukit Kosakara adalah ..., salah satu fenomena bentukan alam conicall hills atau bukit kecil yang terbentuk akibat pelarutan kimia pada batu kapur.
Bukit kecil dengan ketinggian sekitar 50 mdpl ini dapat didaki oleh wisatawan melalui undakan tangga curam batu kapur dan diatas bukit wisatawan dapat menjajal bermalam dengan tenda camping.
Dari atas ketinggian bukitnya, momen pemandangan sunrise dan sunset di batas cakrawala dapat terlihat dengan jelas, tanpa terhalang oleh perbukitan.
Berkat ketinggian bukitnya pula, beberapa pantai seperti : pantai Drini, pantai Sepanjang, pantai Kukup dan pantai Baron dengan mercusuar gagahnya terlihat sangat jelas dari atas sana.
Lokasi bukit Kosakora kini jadi salah satu lokasi favorit wisatawan untuk berselfie dengan latar belakang luasnya pemandangan samudera Hindia.


" Menarik bukan, 1 area lokasi wisata bisa dikunjungi sekaligus. Bentangan pemandangan luas samudera Hindia sama indahnya dilihat dari pantai Ngrumput dan puncak bukit Kosakora ".


Trip Of Mine
Bebatuan tebing tinggi bukit Kosakora.
Tampilan tebing tingginya membuat pemandangan pantai Ngrumput semakin eksotik.

Rute kesana 

Untuk menuju ke pantai Ngrumput, saat itu kami berangkat dari pusat kota Yogyakarta dengan jalur sebagai berikut :
Yogyakarta - Piyungan - Patuk - Sambipitu - Siyono - bundaran tugu BPD ambil jalan lurus - Wonosari - jalan Baron - Tanjungsari - Pos restribusi kawasan pantai Gunung Kidul - ambil arah rute ke pantai Drini - pantai Ngrumput.

Lokasi :
Desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tiket :
Rp. 10.000,_ / termasuk untuk berlibur ke pantai Baron, pantai Kukup, pantai Sepanjang, pantai Drini, pantai Pulang Sawal dan pantai Pok Tunggal.







232 comments:

  1. Yg camping itu enak kali yaa di pinggir pantai..

    # yg ditempuh dgn lama perjalanan 61 Km kaya rancu gitu mas kalimatnya,, seharusnya lama perjalanan di ukur dgn waktu gak sech, berapa jam gitu.. klo km LBH cocok buat jarak,, #justopini mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. πŸ˜… hahaaha .. Iya deh,kutambahin keterangan jarak tempuh dengan waktu setelah ini.
      Rada bingung ya Idris dengan jarak tempuh pakai kilometer.

      Aku juga pengin nih suatu saat kesampaian nge-camp di pinggir pantai ...
      Idris pernah camping di pantai ?

      Delete
    2. Pernah dulu, di pulau Sangiang Banten.

      Delete
    3. Mantaap ... Idris pernah punya pengalaman ngecamp di pulau Sangiang πŸ‘

      Delete
    4. Iyaaa,,, pengen ngecamp lagi ,, tapi pengen di andong gitu 😁

      Delete
    5. tapi ada yang janggal ,itu poto paling atas kenapa Mas admin kok kemulan sarung ? ates mas...?

      Delete
    6. saya heran sama Mas Admin, sukanya jalan jalam muluk, duwitnya banyak ya,,,? sini saya pinjemin...

      Delete
    7. Wuahahahahha .. ngakak baca komentarnya admin Triknews ini πŸ˜‚

      Kemulan karena semribiiit anginnya,mas πŸ˜…

      Amiiin .. didoain banyak duitnya kayak mas admin Triknews yang blognya udah populer dan banyak duitnya 😁

      Delete
  2. Pemandangannya mantep ya bang, jadi pengin kesitu juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,pemandangan pantainya apiik ...

      Kesini yuk, Mayuf πŸ˜‰

      Delete
  3. Enak sekali, jalan jalan apalagi pantai seperti itu...eh banyak gonggongnya gak ya>>?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama aku disana, ngga nemuin adanya gonggong, Iv 😁

      Tau kali mereka yaa .. kalo aku penyuka gonggong. Takut aku tangkepin πŸ˜‚ ... hahahaha

      Delete
  4. Pantai-pantai di Jogja memang indah dan mudah dijangkau kendaraan bermotor. Asyik buat bermesraan dengan si "dia" yg kita cinta....uhuyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suiiit .. suiit ...
      Mas Dody jadi bayangin lagi bermesraan dengan si doi di pinggir pantai ini πŸ˜‰

      So Romantic yaa ... hahaha

      Delete
  5. pesisir pantai yang indah, saya malah baru tau pantai nglumput eh ngrumput ini mas, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, ha ha ha ... πŸ˜…
      Kok ikutan kayak bocah itu bilang Nglumput ... ?

      Yups,mas Darwin pantai ini apik banget lansekapnya.
      Pasirnya memanjang ke arah akses masuk.

      Delete
  6. lokasinya sak deretan sama pantai sadaranan CS yo mas kuh ... ? koq ketok asri banget, lom di ter publish ta pantainya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo,leres ... sak deretan karo pantai-pantai menawan lainnya.
      Ada yang berjarak terpisah jauh berapa kilometer, ada juga likasi pantainya yang cuma terpisah hitungan langkah ....

      Kayak lagu 'pacar lima langkah' getoooh ...
      Hahahahaa πŸ˜…

      Delete
  7. setiap menyimak foto-foto pantai selatan saya jadi ingat SAUR SEPUH yang BRAMA KUMBARA punya pertapaan di sana. dulu film-filmnya tak mengekspos keindahan pantai ini. sekarang saya membayangkan novel NAGA BUMI-nya Seno Gumira difilmkan dan tebing-tebing pantai indah ini dipertontonkan pada dunia. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha πŸ˜… ... Mantaaaaap ... πŸ‘ !!
      ... dunia imajinasi segera dimulai ...

      Dan semoga mas Affip lah yang dipilih jadi aktor pemeran tokoh Seno Gumira ...πŸ˜‰

      Ntar adegan shootingnya jangan lupa kerahkan segala kemampuan tehnik bela diri yang dipunyai mas Affip, yaa .... 😁

      Delete
    2. lho, saya ini penontonnya. kalo sampai jadi aktor bisa gak laku filmnya. wong saya pernah dua kali jadi figuran saja filmya jadi sedikit yang nonton.

      Delete
    3. Wuihh ... mantap tuh mas Affip pernah punya kesempatan jadi figuran.
      Jangan patah semangat,mas ...
      Yang namanya rejeki kan tau-tau bisa dateng kapan saja.
      Barangkali loh ... ada produser membaca artikel ini dan lihat komentar dari mas Affip, setelah itu dilihat profil mas Affio ternyata sesuai karakter tokoh Seno Gumira ...
      Ya, kan ☺ ?.

      Delete
    4. rasanya kok saya pengin cepet-cepet menghapus profil saya, takut ngetop hihi

      Delete
  8. Eh serius baru tau pantai ini. Catet ah kalau nanti lebaran ke Yogyakarta. Ada saudara di sana. Keluarga paman yang nikah sama bibi. :P

    Semoga lebaran tahun ini harga tiketnya nggak naik jauh-jauh. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan nih,ada saudara di Yogya, Gip πŸ‘ŒπŸ˜ !

      Kamu bisa liburan sekaligus ke deretan pantai2 kece di GunKid.

      Atur jadwal dari sekarang, ya ..

      Delete
  9. Replies
    1. Yups,mas Insan ...
      Main kesini yuuuk πŸ˜‰

      Delete
  10. Replies
    1. Terimakasih, mas Tatang.
      Kapan punya waktu liburan, ke pantai ini yuk,mas

      Delete
  11. Ouw dapet lagi nich pantai baru di gunung kidul.. Pantai Nglumput.. eh Pantai Ngrumput.. Unik namanya hehehe..:)
    Ternyata pantai ini berbatasan ya dengan samudra Hindia? Udag pasti ombaknya gede..
    Picture kedua dengan view batu karang gede di samping itu asyik banget Viewnya... Keren dech pantai ini.. bisa buat camping dan main voley pantai...
    Batu-batu karang yang menjorok ke laut memang menambah pesona pantai..
    I like the beach... Jadi ingat bareng teman-teman kuliah dulu rame-rame liburan ke pantai Banyuwangi. foto di atas batu-batu karang yang gede di panta Grajagan.. katanya sich pantai tsb lautnya sudah berbatasan dengan laut Bali.
    Btw...Syal nya yang dipakai brader itu panjang.. tadi nya aku pikir itu sarung... wkwkwk
    Syalnya boleh juga tuch selai di leher bisa multifungsi ya? Buat saya ala Superman sama apa lagi? Xixixi.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto kedua yang aku berjalan di atas pasir putih dan kliatan tapak kakinya itu bukan yang dimaksud sista ?.

      Yups, kesemua deretan pantai2 ini berada di samudera Hindia.
      Ombaknya bergulung2 besar dan suara deburan ombaknya kedengeran gemuruh.

      Wow,asiik tuuh .. punya pengalaman juga berfoto di bebatuan karang besar di pantai πŸ‘
      Unik juga ya namanya pantai Grajagan.
      Moga aku kesampaian berlibur kesana.

      Keren ya kain blanket yang kupakai ini ☺
      Kain etnik ini bermotif khas Sumba, multifungsi bisa buat selimutan,nahan panas sengatan matahari, berfoto juga ... mabur, eh belum bisa ding buat terbang kayak mas Superman ...
      Moga aja suatu saat bisa beneran buat mabur
      Wuakakakaka 🀣

      Delete
    2. Ooh sorry salah lihat bukan foto kedua sich tapi foto yang ketiga di mana dari kejauhan brader tampak kecil di sampingnya berdiri bebatuan karang besar banget yang menghadap pantai.. di bawah karang tertlihat sapuan air laut.. duuh keren banget View nya tampak indah menarik dan eksotis.. Selain itu foto dengan tenda buat camping dan foto Voley pantai.. Aah jadi rindu sama pantai.. I like the beach everafter..

      Wah yang bikin menarik juga tuch samudra Hindia bisa dilihat dari puncak bukit Kosakora dan pantai ngrumput ini.
      Apa brader sempat selfie di atas puncak bukit Kosakora juga?

      Hehehe unik ya nama pantai Grajagan tsb? Banyak pantai-pantai indah di daerah Banyuwangi... Seperti pantai pulau merah, dsb Sayangnya selain pantai Grajagan aku belum sempat ke pantai-pantai lainnya karena jarak kota ku ke Banyueangi cukup jauh bisa 5-6 jam perjalanan .. Banyuwangi kota yang letaknya paling ujung untuk menyeberang ke Bali.
      Aku doain semoga suatu saat brader bisa kesampaian travelling ke pantai-pantai indah di Banyuwangi.. :)

      Hehehe..kain panjang etnik yang dipakai buat syal ini ternyata motif Sumba? Maksudnya kain tenun dari Sumbawa ya? Yups tampak unik dan eksotis..
      Kain etnik yang multifungsi ya? bisa buat selimutin wajah dari teriknya matahari.. bisa dibuat alas badan bila berjemur di tepi pantai.. terus bisa buat sayap ala superman.. mau dibuat mabur ke mana? mabur keliling nusantara supaya bisa nyamperin tempat-tempat wisata yang elok di Indonesia..
      Ntar kalau ke pantai Mollucas kabarin aku ya ntar siapa tahu bisa barengan ke pantai Liang dan Natsepa.. Hahaha..
      Satu lagi kain tenun etnik tsb diikat dipinggang brader dibuat nari Jawa modern isi ceritanya arjuna sang traveller yang terdampar di pulau Banda nggak pulang - pulang ke Jawa Xixixi... #Kidding..

      Delete
    3. Siik .. tahaan dulu sebelum aku lanjut komen.
      Aku mau ketawa dulu karena ... kuageeet ... komentarnya panjaaaang tralaaa tenan kayak sambungan rel kereta api nih ...
      Hahahahaahaha πŸ˜‚

      Oh,maksudnya fotoku yang ke 3 ya 😁 ?.Yang paling kusuka dari fotoku itu kliatan bekas tapak kaki di pasir .. hehehe ..
      Kelihatan pasirnya bersiiiih banget.

      Sempet naik bentaran di bukit Kosakora,ngga lama diatas sana karena lokasi pantai lain udah nunggu buat didatengin.

      Iya,betul kain dan motif khas Sumbawa.
      Aku memang demen sama kain2 etnik seperti ini, make nya kerasa ikut seneng ngenalin kain2 etnik traditional negara kita.

      Semoga ya bisa mabur beneran pake kain etnik nyangsang ke pantai2 di Banyuwangi dan Pulau Ambon manise ... sunbathing di pantai Natsepa yang tersohor namanya 😁

      Delete
    4. Ooh iya..! Astaga..! baru nyadar panjang banget komen ku kayak rel. Hehehe.. Sorry ya jadi kelihatan kurang bagus?
      Apa aku hapus aja komenku yg kepanjangan ini? biar nggak mengganggu penglihatan.

      Btw iya maksudku foto yang no. 3 yang ada batu karang besar jadi viewnya tambah bagus.

      Iya kain bermotif etnik tradisional nusantara memang unik dan keren jadi perlu dilestarikan..

      Aku doakan semoga kesampaian travelling ke pantai Banyuwangi juga pantai-pantai di Ambon.
      Seperti Natsepa dan Liang.

      Delete
    5. Oh 😲
      No .. 😁
      Tak perlu dihapus komen panjangnya,ntar semua pembaca malah asik kok bacanya .. hehehe

      Sependapat,aku juga lihat batu karang itu tampak keren dan langsung berfoto didekat sana.
      Hasil fotonya memang jadi unik karena terlihat bekas pijakan kaki di pasir 😁

      Amiiiin ... terimakasih doanya,sista.
      Kudoakan balik sista juga kesampaian bisa travelling ke semua lokasi wisata di Indonesia yang seabrek ..., berikut jadi pembicara untuk wisata kuliner ☺

      Delete
  12. satu tiket bisa ke banyak tempat ya murah itu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul .. hehehe 😁
      Terjangkau ya tiketnya πŸ‘Œ

      Itulah keistimewaan Yogya salah satunya ...
      Ngga masang tarif tinggi ke obyek2 wisatanya.

      Delete
  13. cantiknya ini mas agak mirip krabi di thailand

    ReplyDelete
    Replies
    1. ... Sependapat, mas Rusdi πŸ‘Œ
      Aku saat lihat pertamakali juga langsung kebayang pantai Krabi Thailand.
      Rada ada kemiripan dan ... sama-sama eksotisnya πŸ‘

      Delete
    2. mantap emang bagus banget pemandangannya keren dan apik, Smoga suatu saat bisa main kesana dan guide nya kak himawant ya ehehehe

      Delete
    3. Siaaaap ... , kak Vika πŸ˜‰
      Dengan senang hati pasti kak Vika & suami kutemenin liburan di kesemua deretan pantai di Gunung Kidul ini.
      Kabar-kabarin ya kalau ntar udah siap berlibur ☺

      Delete
  14. Awalnya rada bingung, nama pantainya Ngrumput atau Nglumput. Eh, ternyata nama terakhir yang bilang masih cadel πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚.

    Itu bukit-bukitnya eksotis sekali, jadi ingin bikin camp di pantai juga biar pagi-pagi bisa langsung merasakan pasir pantai. 😁😁

    Harga tiket 10 ribu untuk semua pantai apa masing-masing pantai ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuahhahaaha ... Lucuuu ya bocah cowok itu ... πŸ˜…
      Sebenernya pengin kuajak foto bareng tapi takutnya ortunya salah ngerti, jadi kubatalin foto bareng dia.

      Iya ya,kak Qudsi ...
      Aku juga pengin banget ngemping disana.
      Bayangin malam hari lihat bintang-bintang sambil nyanyi-nyanyi ... subuh lihat sunrise ... pasti seruuuu banget πŸ‘Œ !

      Tiket 10 Ribu untuk dateng ke semua pantai yang ada,kak.
      Ke pantainya cuma dikenai beaya parkir, tanpa bayar tiket lagi.
      Terjangkau ya ...
      Ayoook .. kesini,kak ...

      Delete
    2. Khawatir dikira penculik anak kecil ya? hahaha.

      Murmer banget tiketnya, padahal pantai-pantainya udah banyak dikenal orang.

      Semoga aja ada kesempatan. Dulu pernah berencana ke Baron tapi gagal, hehehe.

      Delete
    3. Begitulah .. hahaha πŸ˜…
      Ntar dikira penculik jadi takut ngajak foto bareng dia.

      Keren ya kak Yogya.
      Ini nih yang patut jadi contoh diterapkan di lokasi-lokasi wisata di lain daerah ...

      Aku doakannkak Qudsi kesampaian lagi liburan ke Yogya.

      Delete
  15. Kalau lihat suasana pemandangannya, sepertinya jiwa Mas sangat tenang dan Enjoy berlama - lama disana.

    Tapi saran saya, kain selendangnya jangan ditinggal Mas, ntr ngk bisa terbang lagi, heheheh.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok kang Nata tau aku merasa enjoy disana, ya πŸ€” ?.
      Dulu, di Kinahrejo fotoku juga dikomentari terlihat tegang .. 😁
      Jangan- jangaaan ...
      Kang Nata ini profesinya psikokog merangkap sebagai pembaca ekspresi wajah orang niih ...
      Hehehe

      Selendangnya kubawa pulang kok,mas .. buat keperluan terbang ke lokasi lainnya πŸ˜…

      Delete
    2. hahahahah.... jangan pikir macem2 Mas,ini bulan Puasa, heheh.

      Pesan saya jangan sampai selendangnya Jatuh ke Pendekar Yang berwatak Jahat Mas, :)

      Delete
    3. Wuakakakakaka ... πŸ˜‚
      Abisnyaaa kang Nata ini jago banget baca ekspresi wajah orang ....

      Baiklah,paduka Nata
      [Biar lebih terasa di dunia dongeng pendekar gegara selendang πŸ˜…]
      ....
      Selendangnya kusimpan baik-baik 😁

      Delete
    4. Jangan Lupa selendangnya dikasih Kapur Barus, biar tidak dimakan Kecoa, hehehe.... :)

      Delete
    5. wkekekekek atau selendangnya buat aku aja deh ka hiawant. kayaknay tiap postingan ganti2 selendang alias syalnya aku mau dong atu aja hehehe

      Delete
    6. @ Kang Nata =
      Nuwun sarannya,kang Nata ☺
      Eman-eman juga ya kalo digigitin kecoa ... ntar pitak-pitak kainnya 😁

      @ Vika Hamidah =

      Hahahahaha ... kak Vika bisa aja niih πŸ˜… ..
      Si pemilik alexa ranking top kak Vika ini pasti koleksi kain2 etniknya seabrek lemari penuh deh ... , aku baru cuma sedikit.

      Delete
  16. pantainya masih perawan banget ya Mas..
    masih bersih dan bebas sampah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, betul,mas Indra ...
      Pantainya masih alami banget.
      Berada disana kayak lagi liburan di private beach 🏝

      Delete
  17. Banyak bangt jenis nama pantai di jawa Tengah ya mas,,,di KEBUMEN tempat saya tinggal aja 1 kabupaten ada 10 lebih nama pantai,,yang di jadikan rekreasi, khususnya pada saat lebaran.
    Kalo lebaran ramai berarti di pantai NGRUMPUT ini mas...
    Kalo sempet bsok main...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doain ya mas aku kesampaian ke Kebumen untuk mengeksplore 10 pantai di Kebumen ...

      Kalau udah punya waktu berlibur, ke pantai ini, mas Dwi

      Delete
  18. wow aku baru tau ada pantai tsb, mantabbb gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks,masro Joe.
      Kapan punya waktu liburan, main ke pantai tersembunyi ini ..

      Delete
  19. Pantainya emang keren2 di sana. Selalu sj ada spot bagus di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul,mas πŸ‘
      Mas pernah ke pantai2 di Gunung Kidul ini juga ya ?

      Delete
  20. Waah bersih sekali pasirnya, pasti ikan ikan hiasnya masih banyak tuh sama trumbu karangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,pasti banyak ikan hiasnya disana.
      Ntar mas Amir ke pantai ini cobain snorking ... ikannya bersileweran di depan kita.

      Delete
  21. Kirain pantai di Bali, eh dekat juga ternyata di Jogja. Unik ya namanya Pantai Ngrumput. Btw mas bagus kainnya beli dimana?
    *salah fokus* wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkkwkkk πŸ˜… ...
      Kok gagal fokus lihat kain ku ya ?.
      Kain etnik motif Sumba ini aku beli di online shop.

      Yuuk pantai di Yogya ini dimasukin ke jadwal lokasi kak Onix berikutnya ☺

      Delete
  22. Waaa ceritanya lagi susur pantai Gunungkidul toh?
    Dulu aku ke sana masih sepi banget, cuma ada sepasang yang lagi pacaran di bawah pohon pandan. wkwk. Melihat foto-foto di atas, waahh jadi beda banget sekarang.
    Nggak sekalian ke Bukit Kosakoranya mas? atau di postingan berikutnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..kok yaa ada ada idenya ya orang pacaran di bawah pohon pandan πŸ˜‚
      Apa mereka ngga takut ketusuk duri pohon pandan,yaa ... πŸ˜…

      Kemarin aku juga ke puncak bukit Kosakora,tapi cuma bentaran.
      Penasaran aja dari puncaknya seperti apa pemandangannya.
      Ternyata wow juga 😁
      Kak Dwi waktu itu juga ke puncaknya ya ?

      Delete
    2. Nggak mas, aku cuma di Pantai Ngrumputnya thok. Udah ngos-ngosan buat naik Kosakora soalnya waktu itu habis rangkaian susur pantai jugaa :p

      Tapi kalau sekarang udah ada warung-warung yang jual air mineral, kayanya majuu deh buat naik ke Kosakora :)

      Delete
    3. Owh,jadi waktu itu ngga sekalian ngga ke puncak bukitnya karena udah rada berkurang tenaganya setelah susur pantai ...
      Iya juga sih ya, pasti kerasa udah capek duluan,apalagi saat itu belum ada warung sekitaran pantai kayak sekarang.

      Beruntungnya, warung2 disana tertata jauh dari area pasir pinggir pantainya,kak.
      Jadi area pasirnya terlihat luas, ngga ganggu pemandangan.

      Ajak suami kak Dwi liburan ulang kesini dan juga naik ke puncak bukit Kosakora ☺

      Delete
  23. Wah, keren nih. Jadi namanya pantai Ngrumput tapi nggak ada rumputnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi .. rumputnya ngga mau tumbuh,kak 😁
      Panas katanya ..

      Kumpulan bebatuan dan diatasnya ditumbuhi pohon pandan laut itu yang kayak rerumputan,kak Dyah ☺

      Delete
  24. Keindahan di pantai Ngrumput
    Bisa menghapus cemberut
    Membuat yang tak mau jadi ingin ikut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...
      Baguus puisinya,kak Anisayu πŸ˜πŸ‘
      Pengelola pantainya kalo ikut membaca,pasti kesenengan tuh bacanya..

      Delete
  25. KOK bisa namanya panti ngrumput ya...padahal nggak ada rumput disana? Pasirnya putih ya jadi kelihatan elok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,mas Dwi ngga ada rerumputan disana.
      Yang ada sekumpulan bebatuan yang atasnya ditumbuhi pohon pandan laut,jadi kalo dilihat dari kejauhan kayak rerumputan 😁

      Delete
  26. Aih, kok ya nemu aja to tempat eksotis begini. Terimakasih infonya ya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngubek-ngubek nyari lokasinya,kak .. dan yeeess akhirnya ketemu .. hehehe 😁

      Sama-sama,kak.
      Semoga pantai eksotik ini buat lokasi liburan kak Farida selanjutnya ☺

      Delete
  27. hati2 mas jika selfie di batuan yang berlubang, banyak bahayanya menurutku
    lebih baik yang di daerah datar saja meskipun kurang bagus spotnya tapi aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih,mas Awan.
      Takutnya batuannya rapuh saat dipijak,atau juga ada kepiting didalamnya .. πŸ¦€
      ouffh .. kalo sampai runtuh batuannya atau digigit kepiting, malah gagal deh selfienya πŸ˜…

      Delete
  28. ciee foto2nya keyen bangettt waktu di pantai ngrumput ini,, airnya jernih banget yaaa kak.. Tapi aku suka dengan gaya ka himawant selalu pake topi yang bikin keyen pnampilan xiixixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak pendapatnya kak Vika ... 😁⚘
      Langsung keGe-eRan nih akunya, kaak .. hohoho
      #sambilngacadicermin

      Delete
  29. cantik suasananya... ada hotel / resort / motel di sekitar pantai itu tak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di jalan utama sekitar pantai ini hanya ada penginapan sederhana milik perseorangan atau warga,kak Anies.
      Harga bermalamnya kisaran 75 ribuan.

      Delete
  30. Namanya lucu ya ngrumput... selucu anak2 yang menyebutnya klumput klumput..hahahah

    tiket masuk murah, apalagi banyak tembusan pantai2 lainnya..aahhh daerah jawa memang tak diragukan keindahan pantainya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaa .. iyaa,kak Sarah ..
      Anak kecil masih cadel kayak bocah yang kulihat di depan rumahnya itu pasti nyebutnya klumput, nglumput ... πŸ˜‚
      Lucu banget..

      Ayoook, siapin jadwal berlibur ke deretan pantai eksotik ini,kak Sarah ... πŸ˜‰

      Delete
  31. Pantai Ngrumput dekat dgn pantai Drini ya? ....cantik skali pantainya, bs liat view indah dari puncak bukit kosakara lg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul, mas Aris πŸ‘Œ
      Karena lokasi pantainya sama sekali ngga kliatan dari jalan utama, juga hanya plang nama kecil .. banyak orang 'ngeh kalo ada pantai eksotik di balik sana ...

      Puncak kosakora bisa didaki dari 2 jalur : dari pantai Ngrumput juga dari tepi jalan utama.

      Delete
    2. Bisa kebayang, keren skali n bersih tentunya,..kaya private beach.
      Apa jln masuknya agak berbatu, sempit n menurun?

      Ke puncak Kosakora bisa dari dua jalur to?...

      Delete
    3. Tepat, kayak private beach ... 😁
      Jalan masuknya masih berupa tanah dan jalurnya naik turun juga sempit.
      Tapi ngga bikin capek kok, mas Aris.
      Malah nyenengin ...
      lihat sembulan bebatuan karst di sepanjang jalurnya ☺

      Iya,mas Aris untuk ke puncak bukit Kosakara bisa melalui 2 jalur.

      Kalo menurutku pribadi, rute ke puncak bukit Kosakora lebih terasa seru saat lewat jalur pantai Ngrumput ini,mas.
      Karena dari undakan ke puncak bukit, bisa sambil mandangin lautan luas 😁

      Delete
    4. Jadi pingin kesana nih...
      Tapi bkn tahun ini, mungkin thn depan hehehe πŸ˜€

      Delete
    5. Siaaap .. ,mas Aris πŸ‘
      Ikut senang kalau artikelku ini bermanfaat buat mas Aris.
      Rutenya dicatat ya,mas agar buat bekal panduan kelak tahun depan liburan ke pantai ini.

      Aku doakan tahun depan mas Aris kesampaian liburan kesini.

      Delete
  32. cipratan air saat ombak beradu dengan batuan pantai ada sensasi yang beragam ya ada senang ada juga gondok basah-basahan gitu haha

    kolaborasi antara air, batu dan tepian laut selalu mengundang ketinduan untuk dikunjugi bolak balik

    doain ya biar bisa lihat langsung kesana di Pantai Ngrumput konon Pantai Terpencil tapi Eksotik

    ReplyDelete
    Replies
    1. πŸ˜ƒ Betuuul,kak ...
      Ada sensasi menyenangkan terkena cipratan air dari pecahan deburan ombak ...
      Sesekali juga kejar-kejaran dengan gulungan ombak.

      Pasti aku doakan kak Hani benar-benar kesampaian travelling ke deretan pantai eksotik ini ....
      Amiin,pasti terlaksana.

      Delete
    2. Terima kasih doanya, Indonesia memang kaya dengan daerah wisata dan patut untuk disaksikan langsung

      Delete
    3. Sama-sama, kak Hani ☺
      Sependapat dengan komentar kak Hani ... Indonesia memang sangat beragam kekayaan wisata dan budayanya.
      Kesemuanya patut disaksikan langsung.

      Delete
  33. Bukit Kosakora namanya unik secantik kain Sumbawa yang dipakai dilatari pantai indah nan eksotik...

    Btw, kok nemu aja sih Mas, tempat keren begini...bikin iri hihihi:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih komentar pendapatnya kak Dian ⚘

      Nemu lokasinya tanpa direncanain,kak ... ngubek-ngubek lokasinya, akhirnya ketemu 😁

      Kapan ada waktu,berlibur ke pantai ini,kak Dian ....

      Delete
  34. Sebagai pecinta biru, default saya akan selalu suka suasana pantai.

    Namanya unik dan lucu ya. Pantai Ngrumput, semacam jadi berteman dengan sapi dan kerbau. *eh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh *"# .. hahahaha ...
      Iya ya bener .. denger namanya koneksnya langsung ke sapi dan kerbau πŸ˜…

      Beruntungnya,disana ngga kliatan sapi dan ternak di pantainya,kak 😁.
      Saat nglewatin jalur trekking ada sih kandang sapi di pinggir jalur .. ,sapinya besar-besar badannya.

      Delete
  35. Indonesiakuuuh, negri tropis nan eksotis... Fotonya bikin pengen ngunyah vitamin sea, eheheh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe 😁 ...
      Inspiring banget kak komentarnya ... ngunyah vitamin sea πŸπŸŒ„ ...
      Keren,euy πŸ‘

      Sependapat, Indonesia negri tropis nan eksotis ... πŸ‘Œ

      Delete
  36. Ngebaca rute perjalanan ke pantai ngruput dari jogja, jadi puyeng kepala saya bang.. kira2 berapa jam perjalan dari jogja bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh,kenapa puyeng mas Munawir ?.
      Aku jelasinnya karena rute menuju ke lokasi kubagi 2 ya ... ke Yogya ke Wonosari dan dari Wonosari ke pantai.

      Total jam perjalanan dari pusat kota Yogya sekitar 3 jam,mas.

      Delete
  37. Replies
    1. Terimakasih,bang Faizal ☺
      Semoga lokasi pantai kece ini jadi referensi liburan selanjutnya.

      Delete
  38. Menikmati sore hari menjelang senja, saat menunggu detik2 beduk berbuka tiba, kayaknya asyik banget tuh mas di sini, bikin puasa tak terasa laper, hehe.

    ReplyDelete
  39. Nah .. mumpung masih bulan puasa, dicobain berlibur sambil nunggu waktu berbuka puasa disana,mas ... ☺

    Lebih seru lagi sekalian jajal ngemping semalam disana,mas Rustam ...

    ReplyDelete
  40. Jadi makin pengen ke Jogja, banyak banget spot wisatanya yang cantik begini :D

    Jarak dan trekingnya terbayar deh kalau ketemu pantai tjakep gini ya mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,kak Zulaeha .. perasaan langsung seneng banget lihat tampilan pantai secakep ini 😁.

      Jalur trekkingnya juga berkesan saat ditempuh ... kadang malah sengaja berhenti bentaran buat ngamatin bentuk bebatuan unik.

      Ayook, liburan kesini,kak Zulaeha ... πŸ˜‰

      Delete
  41. Senangnyaaa bisa traveling ke pantai terus..huhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dududu ... seneeeng banget,kak.
      Hehehe 😁
      Nge-trip ke pantai yuk,kak Muyassaroh ..

      Delete
  42. melihat foto yang pertama kok saya merasa pantainya seperti di baron ya mas?
    apa perasaan saya saja.. hehe..

    pasirnya juga sama, coklat gitu..
    ternyata pantai ini sudah dikenal ya, banyak orang yang bermain kesana..

    seru rasanya..

    ReplyDelete
  43. Bukan di pantai Baron,mas Eka.
    Ntar mas Eka ke pantai Ngrumput ini, pasti ketemu lokasi tebing eksotis bukit Kosakora ini ☺

    Aku malah belum pernah ke pantai Baron setelah dewasa gini.
    Dulu waktu aku kecil pernah diajak berlibur oleh keluarga kesana.

    Mas Eka udah pernah ke pantai Baron ya ?.
    Bagus ngga sekarang lokasinya ?.

    Pantai Ngrumput ini cukup dikenal setelah bukit Kosakora jadi hits untuk lokasi foto sunset dan sunrise.
    Tapi memang lokasi pantai ini tersembunyi dari jalan utama, banyak orang yang belum 'ngeh kalo ada pantai eksotik disana ..

    ReplyDelete
  44. Masih ada acara ngetrak segala. Berarti pantainya masih seger dan masih perawan ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,betul mas Heri ... pantainya masih alami dan bersih banget areanya.
      Airnya juga sangat bersih.
      Pokoknya jempol banget πŸ‘

      Delete
  45. Wah.. Satu lagi surga tersembunyi di daerah wonosari. Sangat menarik untuk dikunjungi. Mudah-mudahan bisa menikmati langsung keindahan pantai ngrumput ini.. TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih juga kak Sapti.
      Senang rasanya artikel ini bermanfaat buat kak Sapti dan pembaca untuk bekal informasi liburan ke sana.

      Kudoakan kak Sapti kesampaian liburan ke pantai eksotik ini.

      Delete
  46. Keren mas. . Lebih eksplor lagi mas. .. Enak tuuhhh bisa traveling ke tempat2 Indah .. ��������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih supportnya,mas Ade.

      Ayoook .. mas Ade juga eksplore lokasi-lokasi wisata keren ...
      Aku support,mas.

      Delete
  47. Sekeliling pantai ngrumput ini sepertinya didominasi bukit2 menjulang gitu ya mas? Kereeen ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih,mas.
      Tebing bukit menjulang tinggi tepatnya berada di sisi sebelah timur,mas.
      Berdiri disana dan kita mendongak ke atas ... cukup menjulang tinggi juga tebingnya 😁

      Delete
  48. Wah mantep tenan yo mas, Gunung Kidul emang buanyak banget pantai pantai yg belum terexpose :D
    btw udah lama nih nggak maen kesana. Hehehe,, terakhir ke pantai tanjung kodok,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo,apik-apik bener pantainya ...πŸπŸ‘
      Pasirnya putiih bersih, airnya bening,lansekapnya apik.
      Pokoke keren pisan 😁
      Yuuuuk, ke pantai ini,mas ..

      Tepatnya bukan pantai Tanjung Kodok ,tapi pantai Watu Kodok,mas Eksa.

      Delete
  49. Waahh pantai lain lagi nih..gak abis2 ya pantainya selatan Jogja...Seminggu gituh cukup gak ya..buat explore pantai selatan Jogja ..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe .. kayaknya seminggu kurang,kak 😁
      Saking banyaknya pantai disana dan kece - kece pula pantainya.
      Menarik buat lokasi liburan.

      Siapin jadwal mengekslpore ke deretan pantai Gunung Kidul ini ya,kak ...

      Delete
  50. saya malah baru tau ada tanaman pandan laut... jadi penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanamannya mirip daun pandan 'rumahan', mas.
      Bedanya tanaman pandan laut ada batang kayunya menjulang cukup tinggi.
      Selain itu, ada duri-durinya di sepanjang daunnya.

      Delete
  51. Waaah, bener ini, Mas, pantainya, batuannya, eksotik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,eksotis banget pantai Ngrumput ini ya,mas Akhmad ..

      Siapin jadwal liburan ke pantai ini,mas ... udah cukup dekat dengan domisili mas Akhmad ☺

      Delete
  52. Pasir pantainya itu lo, cantik banget 😊
    Saya ke gunung kidul waktu itu ga tau klo banyak pantainya. Ngumpet gitu ternyata 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih kak lokasinya pantainya ngumpet 😁 ... ,kayak malu-malu gitu ...
      padahaaal ... apik banget !.

      Ntar kapan ada waktu liburan ke Yogya, main ke pantai ini,kak Anggun ...

      Delete
  53. saya baru tau kalo dijogja ada pantai itu, bagus pantainya.. aksesnya rada susah gak sih kesana nya? secara tempatnya terpencil...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meski terpencil, aksesnya mudah dilalui ... dan menarik buat trekking, Ersa.

      Ayoook siapin jadwal berlibur kesini yook ... πŸ˜‰
      Pasti ngga bakalan kecewa lihat pantai eksotisnya.

      Delete
  54. Saya baru tahu, keren tempatnya. gak kalah sama tempat2 wisata yang lain. Indonesia memang kaya akan pesona alamnya....mantab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sependapat ...
      Indonesia dianugerahi pesona alam keren banget dan pantas bersaing dengan lokasi-lokasi wisata mancanegara πŸ‘

      Delete
  55. Sebelumnya maaf mas, Wonosari itu "kota" (town), bukan desa hehe.

    Pantai-pantai Gunung Kidul itu cakep-cakep ya. Jadi meskipun 3 jam perjalanan pun, hajaaarrr!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih masukannya ya, mas Matius.

      Benar, Wonosari nama sebuah desa dan ditunjuk sebagai pusat desanya kabupaten Gunung Kidul.
      Karena letaknya di desa, aku bingung menyebutnya ...
      disebut =
      ibu kota atau ibu desa .... ?
      Xixixixi 😁
      Kalo ibu desa kok kedengarannya kurang familiar, jadinya kutulis ibu kota πŸ˜ƒ

      Betul,mas Matius ...
      meski perjalanan relatif ditempuh sekitar 3 jam ... karena memang apik-apik pantainya ... , hayooo aja hajar rutenya 😁

      Delete
    2. Oh,maaf ...
      Maksud mas dikomen tadi itu Wonosari adalah nama sebuah kota,bukan desa ya ?.

      Hal itu juga sempat kutanyakan ke warga disana,mas.
      Penduduk disana ada yang nyebut Wonosari itu desa, ada juga yang nyebut Wonosari adalah kota.

      Kucoba kucocokin kebenarannya di Google, muncul di kolom pencarian ada = desa Wonosari dan juga ada kota Wonosari.

      Delete
  56. sepertinya saya pernah mendengar tentang pantai ngrumput itu..cm tmn saya kasih nama apa gt...ohya mas bro..apakah itu masih gugusan laut selatan kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. O,ya mas .. kira-kira temennya mas nyebutin nama pantainya apa ya ?.

      Betul,mas Muhtar ...
      Deretan pantai-pantai d Gunung Kidul ini berada dalam pesisir laut selatan yang ombaknya terkenal besar.

      Kapan punya waktu berlibur, ajak keluarga liburan ke pantai tersenbunyi ini,mas ... anak mas akan senang main pasir disana ☺

      Delete
    2. nanti kalo ktm saya tanyakeun tmn sy nyebut itu pantai apa...nek aku ke jogja yang kangen ke malioboro boss..mengenang masa SMA

      Delete
    3. Ya,mas Muhtar ...
      Jadi penasaran nih sama nama pantainya 😁

      Oooh, mas Muhtar dulu sering ke Malioboro ya .. ?.
      Yuk nostalgia kesana,mas 😁

      Suasana Malioboro memang brner ngangenin ya .. meski cuma duduk nongrong di trotoarnya, suasana rasanya udah beda disana.


      Delete
  57. trakkingnya melewati jalan setapak milik warga, kenapa bisa? kenapa tidak dibuatkan akses jalan yang mudah dan nyaman buat wisatawan ya? wah ini aparat setepat harus lebih kreatif dan inovatis demi menggalakan atau mempromosikan tempat/daerahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau kenapa begitu,mas Djangkaru ...
      Tapi malah unik kok trekking kayak gitu ke pantainya 😁
      Bisa sambil belajar mengenal bentuk- bentuk bebatuan dan belajar mengenal tanaman di sepanjang jalurnya.

      Delete
  58. Nglumput... Nglumput... :D

    Kalau di Flores, di setiap kabupaten, ke pantainya umumnya tidak sejauh itu hehe. Deket-deket, rata-rata. Terjauh itu paling sejam dua jam saja.

    Dari pos ini, yang mau saya tanyakan adalah itu yang dipakai tenun ikat dari NTT kah? Mirip-mirip sama jenis tenun ikat tertentu. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ... Nglumput .. Nglumpuuut .. xixixi 😁

      Waah ... kak Tuteh ini tambah bikin aku kepengin ke Flores,deh ... ke pantai-pantainya deket,tinggal melangkah ☺
      Kira-kira kapan yaa aku kelaksana liburan ke Flores πŸ€”πŸ˜Ÿ ?

      Yang ditanyakan kak Tuteh ...
      Jawabannya adalah ... BeeeetuuuuuL πŸ˜πŸ‘

      Kain yang kugunain ini kain dari NTT Sumbawa.
      Aku sangat suka motifnya,bahannya juga cara pembuatannya yang ditenun bukan pakai mesin.

      Kak Tuteh juga koleksi kain-kain etnik dari NTT ya 😁 ?

      Delete
    2. Hahahah btw bukan Sumbawa, tapi Sumba. Sumbawa di NTB :D qiqiqiqi. Saya punya sarung Sumba juga dan selendang lembaran gede. Koleksi sih enggah, cuma kami orang Ende kan wajib punya, seenggaknya tenun dari Ende sendiri, karena kesempatan tertentu harus pakai pakaian adat to hehehe.

      Setiap daerah di NTT punya ciri khas tenun ikatnya masing-masing :D di Kabupaten Ende saja ada belasan jenis mulai dari yang harganya mencapai sepuluh jutaan, sampai yang limaratusan. Kalau syal mini sih 100an ribu sudah dapet :D

      Akyu yang tersisa banyak ini koleksi dompet koin tenun ikat saja dari http://tokotuteh.com hahahaha

      Delete
    3. OhMyGod ... malu aku 😲!.
      Beda ya ternyata Sumba dan Sumbawa itu πŸ™„ .. ?.
      Udah nulis di komentar dengan bangga,eh "# salaaah .... πŸ˜“
      Rasanya pengin ku type-ex deh tulisan komentarku.
      Bener-bener malu aku.

      O,jadi suatu kewajiban ya tiap orang Sumba memiliki kain, digunakan untuk upacara tertentu,kak ...
      Hebat ya setiap daerah di NTT punya kain tenun ikat ciri khas masing-masing πŸ‘

      Jadi kak Tuteh punya toko online kas produk tenun ?
      Waaah ... salut,kak πŸ‘.
      Ngga dilengkapi lagi seperti syal, blanket, tas gitu,kak ?.
      Ntar aku coba browsing tokonya kak Tuteh setelah ini.

      Delete
  59. Sepertinya Eksplore Gunung Kidul ini tiada habisnya, jadi semakin penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doain ya mas Prio agar aku bisa mengeksplore semua deretan pantai di Gunung Kidul agar penasaran mas Prio terjawabkan lihat semua pantai yang ada disana.

      Syukur-syukur mas Prio juga berkesempatan liburan ke Gunung Kidul juga ☺

      Delete
  60. Daerah Gunung Kidul memang banyak sekali lokasi wisata yang tersembunyi yang sebenarnya memiliki eksotisme tersendiri untuk berlibur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul,kak Yunie..
      Di daerah Gunung Kidul kulihatin banyak banget lokasi yang potensial digarap jadi lokasi wisata ternama...,sementara ini masih diekspos media.

      Delete
  61. Seru ya membayangkan camping di tepi pantai Ngrumput. Begitu matahari terbit langsung terlihat dari tenda. Surgaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,kak Evi ... karena indahnya seperti berasa di surga .. 😁
      Subuh dini hari saat buka tirai tenda langsung lihat proses bola matahari muncul dari batas cakrawala ...
      Pasti apiiiiik bangeet πŸ‘

      Delete
  62. Wah, kampung orangtuaku itu Gunung Kidul. Sejak merantau udah lama banget nggak pernah lagi ke pantainya. Dulu, waktu kuliah lumayan sering main ke pantai di daerah Gunung Kidul meskipun pantai wisatanya masih belum sebanyak sekarang. Tapi, model2 pantai disitu mirip-mirip. Batu karang, tanaman pandan, pasir putih, deburan ombak. Ah, jadi kangen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah .. kebetulan nih orang tua kak Indy berasal dari Gunung Kidul .., ntar kalo mudik dari perantauan ke Gunung Kidul bisa mengeksplore pantai-pantai baru yang diketemukan belakangan ini.

      Betul, lansekap pantai satu dengan pantai yang lain rada ada kemiripan, tapi tentunya semua pantainya punya pesona menawan ya,kak ..

      Delete
  63. swepi ya pantainya, berasa pantai pribadi... di Malang sekarang wisata pantai sudah digarap serius, jadinya muncul banyk nama pantai baru...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, Malang juga terkenal wisata pantai-pantainya menawan ya,kak Retno ..., udah gitu banyak banget wisata-wisata lain yang digarap dengan apik.

      Ya,kak Retno ... pantai Ngrumput ini terbilang masih sepi pengunjung, jadi menyenangkan banget liburan disana, seakan-akan berada di private beach 😁

      Delete
  64. Replies
    1. Terimakasih,mas Rusdi ☺

      Kapan punya waktu luang buat liburan,ke pantai eksotis ini,mas..
      Pasti betah berlama-lama disana ☺

      Delete
  65. Cakep nih pantainya.
    Kalo kemping di sana juga seru kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sependapat,mas Rudi ..
      Cakep banget pantainya, pasti suasana malam hari saat ngemping dan keesokan harinya lihat sunrise ... wow banget ...

      Aku juga kebayang ngemping disana, niiih 😁
      Yuuk pada ngemping barengan ..

      Delete
  66. Wah jogjakarta punya surga pantai satu lg nih,
    Biasanya klo yg modelnya tersembunyi en blum banyak yg akses, ibaratnya masi pantai perawan tu paling enak buat didatengin

    Cuma kali kudu ati2 bgt pas napak y, kliatannya bebatuannya agak tajem2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul,kak Gustya .. pantainya masih perawan dan bener-bener apik pemandangannya.
      Betah berlama-lama disana.

      Bebatuannya menyerupai batu karang dan benar kita harus berhati2 trekkingnya,kalo ngga bisa tergores.
      Secara keseluruhan, bentuk-bentuk bebatuan besarnya di sepanjang jalur trekking bagus diamati,kak ... unik-unik bentuknya.

      Delete
  67. eleuh 3 jam dari pusat kota yogya ya kang tapi pas sampe beuh keren banget pantainyaa bru tau nu ngrumput hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ... terbayarkan sudah sesampai di pantai eksotik ini .. capek diperjalanan langsung lenyap lihat pemandangan pantai kece ini 😁

      Siapin jadwal berlibur bareng temen-temen kesini,kak ...

      Delete
  68. Baru tau kalau ada Pantai Ngrumput di Gunung Kidul. Biasanya yang populer kan Krakal-Baron-Kukup dan kawan-kawannya, View dari Bukit Kosakoranya kok nggak ada mas? Apa memang nggak 'naik' kesana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai Ngrumput ini memang belum begitu banyak diketahui orang keberadaannya,mas Wisnu.
      Monggo, kapan ada waktu berliburlah di lokasi pantai eksotis ini ..., atau nyoba gemping disana πŸ˜‰

      Foto dari atas puncak Kosakora ngga kusertain di artikel ini,mas.
      Ntar fotonua untuk pelengkap artikel khusus bukit Kosakora.

      Delete
  69. cantik banget tempat ni mas...

    boleh pergi untuk mencari idea ..

    idea untuk menulis blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, pantai ini sangat cocok untuk mencari idea menulis artikel blog, pakcik.

      Lokasinya yang masih sepi, sangat bagus untuk memunculkan inspirasi menulis.

      Ayo, ajak teman-teman pakcik dari Malaysia berlibur ke pantai ini .. ☺

      Delete
  70. baru tau nih pantai ngrumput,banyak banget pantai2 di wilayah jogya, sehari-dua hari ga bakalan cukup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seminggu kayaknya ngga cukup,kak Ainun 😁
      Saking banyaknya pantai di wilayah sana ... dan semuanya eksotis.

      Delete
  71. kenapa aku selalu terjebak dengan postingan wisata alam jogja..OMG! doakan aku pak bisa mendatangi salah satu pantai yang ada disana, pantai ini pun jadi lah.

    Dan what? tiket masuk only 10k

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti aku doakan buat kak Cica agar ngga selalu 'terjebak' hanya lihat di artikel tentang wisata alam di Yogya ... tapi juga 'terjebak' merasakan dan melihat keindahan langsung ke pantai di Yogya ini πŸ˜‰
      Amiiiin ...

      Yes, only 10K you have going there .. all of the beach.
      Very interesting, right ☺ ?
      Hehehe ...

      Delete
  72. Waah, pemandangannya bagus, apalagi saat datang aja udah disambut sama anak kecil yang tertawa kegirangan, makin seru aja dah.. What a nice trip!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe .. berkesan banget ketemu bocah cilik lucu itu,kak 😁

      Moga ntar kak Zalfaa pas ke pantai ini juga ketemu bocah periang itu ... lokasi rumahnya tepat di samping akses masuk lahan parkir menuju ke jalur trekking dan ke pantai.

      Thanks, kak Zalfaa

      Delete
  73. Replies
    1. Thanks a lot for your comment, Hans Hanis.

      Semoga lokasi pantai ini kelak jadi lokasi berlibur Hans dan teman-teman dari Malaysia.

      Delete
  74. Keren banget, nggak banyak komentar lagi gua hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ... terimakasih, Idaham.
      Pantai ini memang kuakui lansekapnya beneran keren ..

      Buat ngemping, buat main volley, buat foto-foto oke semuanya 😁

      Delete
  75. duh pantainya amsih mengandung sepi
    dan aku suka bukitnya itu
    bisa poto2 manja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh, ... Ikrom aja sampe keseleo nulis masih jadinya nulis amsih .. karena kagum lihat pantainya 😁

      Sependapat, keren tebing bukitnya ... fotogenik ...

      Delete
  76. Gunung kidul memang banyak pilihan pantainya, saya lebih suka pagi sih kalau ke pantai disana, selain masih sejuk bisa gak panas dijalan..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gitu jalan-jalan dipantainya pas pagi hari kudu ngemping atau bermalam di penginapan disana sebelumnya ya,mas Andi..

      Kalo berangkat tengah malam menuju ke lokasi pantai ini dari Yogyakarta,penerangan jalannya masih minim.
      Gelap gulita gitu,mas.

      Delete
  77. tetap ya mas puasa puasa traveling :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁 ... teteeeep ...
      Kudu maksimal energi travellingnya, mas Andrew.
      Hehehe

      Delete
  78. Replies
    1. Iya,kak Ria ...
      Keren banget pantai ini.
      Ntar kalau kak Ria punya waktu liburan, cobalah berlibur ke pantai ini,kak ...
      Pasti kak Ria kagum sama pantainya.

      Delete
  79. Aduh, kok murah sekali ya tiket masuknya.. bisa puas main air nih. gonta-ganti pantai..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kereeeen kan tiketnya,kak ... πŸ‘
      Itulah salah satu keistimewaan dari Yogyakarta ... bisa liburan ke lokasi-lokasi apik tanpa perlu bikin kantong terkuras.

      Siapin jadwal berlibur ke deretan pantai-pantai Gunung Kidul yuk,kak Wenny ☺

      Delete
  80. Sungguh indahnya ciptaan Tuhan. Indonesia memang syurga dunia. Jadi pengen kesana bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooook ke pantai ini,mas Alian ...
      Sebaiknya sekalian bermalam di sekitar pantainya, jadi bisa menjelajah ke semua lokasi pantai yang ada.

      Sependapat ... Indonesia memang dianugerahi lokasi-lokasi wisata menawan.

      Delete
  81. Nglumput.. Nglumput..
    Wah.. Ternyata, indah pantainya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe .. ngikutin suara bocah cilik itu ya,kak .. 😁

      Sependapat,kak ... pantai ini memang indah.
      Anak-anak kecil diajak berlibur kesana pasti sangat senang bermain di pasirnya yang memanjang dan bermain air ditepian pantainya ...

      Delete
  82. Oh kalau yang unik dari Pantai Ngrumput ini ada bukit2nya ini ya. Masih di area Gunung Kidul ya lokasinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul,kak Nita.
      Keberadaan bukit,terutama tebing bukit Kosakara yang menjulang tinggi jadi salah satu keunikan disana.

      Ya,kak pantai ini masih berada di area Gunung Kidul yang dianugerahi pantai-pantai menawan.

      Delete
  83. Wow.. tempat wisata yg terpencil selalu menghadirkan pesona keindahan yang eksotis. Berdiri di tepi pantai yang masih perawan akan menghadirkan suasana yang tenang dan adem.
    Ah, jadi pengen ke pantai Ngrumput nih. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya,mas Djacka .. lokasi wisata terpencil dan masih belum banyak dipoles jadi lokasi eksotis banget.
      Kapan punya waktu liburan kesini yuk,mas ☺

      Delete
  84. Duh, batu-batunya... itu dipakai buat latar foto2 cakep. Plus suasana yang mendukung, langit biru, cerah, ada deburan ombak.

    ReplyDelete