Saturday, May 5, 2018

Pantai Depok ~ Pusatnya Kuliner Seafood

Saat aku tiba berlibur di wisata alam pantai Depok di suatu pagi hari itu, disana telah terlihat kesibukan para pedagang makanan berbahan dasar olahan seafood tampak sedang sibuk mempersiapkan dagangannya di deretan lapak kios sederhana yang lokasinya juga berfungsi sebagai akses masuk menuju ke pinggir pantai.
Beragam gorengan udang, cumi - cumi dan jenis seafood lainnya ditata bertumpuk di atas meja dagangan mereka.
Sambil sesekali mengaduk wajan penggorengan, mereka terlihat menawarkan dagangan siap sajinya dengan ramah ke pengunjung yang melewati depan lapaknya.

Pemandangan menarik selanjutnya yang kutemui setelah berada di pinggir pantai bercirikan pasir coklat kehitaman ini adalah melihat adanya aktivitas sekelompok nelayan menepikan perahu cadiknya beramai -ramai dan sibuk menurunkan hasil berlayarnya dari laut Samudera Hindia ke tepian pantai.


Trip Of Mine
Duduk di atas perahu cadik menikmati panorama indah pantai Depok.


Mereka terlihat kompak bersama - sama mendorong perahu untuk ditambatkan di atas pasir, demikian juga saat melihat mereka dengan kompak mendorong perahu cadik lainnya ke tengah lautan berombak besar khas pantai selatan untuk segera memulai berlayar berburu hasil laut.


Trip Of Mine
Sekelompok nelayan sigap dan kompak menepikan perahu cadik.

Hasil tangkapan mereka berlayar, akan disetorkan ke Pasar Ikan Segar Depok Parangtritis yang terletak di sisi pantai Depok untuk selanjutnya disetorkan ke resto - resto di sekitaran Yogyakarta.

Saat aku berada di tepi pantai melihat dari dekat aktivitas mereka dan sesekali ikut mencoba membantu mendorong menepikan perahu cadik, beberapakali nelayan sempat menawarkan hasil tangkapannya.


" Ikan guritanya,mas ... 35 ribu saja untuk semuanya. Murah ".

Tawaran harga terjangkau untuk 2 ekor gurita berukuran sedang seperti itu juga seringkali datang menghampiriku dari nelayan - nelayan lain yang membawa beragam hasil berlayarnya saat melintas di depanku.


Trip Of Mine
Pedagang kios lapak makanan olahan seafood.

Jika berminat membeli langsung dari nelayan di tepi pantai saat mereka selesai menambatkan perahu cadik, dan segera menikmati rasa masakan daging ikan terasa lebih segar ... , disana tersedia deretan warung makan sederhana bergaya lesehan menghadap pantai yang siap melayani memasak ikan yang kita beli dari nelayan.

Pilihan bumbu mulai dari asam manis , goreng mentega, bakar kecap pedas, semuanya ada disana dan dimasak sesuai dengan keinginan kita.
Nasi, lalapan dan sambal serta beragam minuman penyerta juga disediakan disana untuk disantap sembari menikmati pemandangan indahnya tepian pantai ...


Trip Of Mine
Spot selfie pantai Depok.

Lokasi wisata alam pantai Depok ini ditempuh dari pusat kota Yogyakarta sekitar 30 kilometer atau sekitar 1 jam, dengan rute jalan mudah untuk ditempuh.
Lokasi pantainya juga mudah ditemukan karena keberadaannya terletak dalam satu kawasan di Parangtritis Geomaritime dan merupakan pantai sejajar garis lurus dengan pantai legendaris, Parangtritis.

Untuk menuju ke lokasi pantai Depok dapat ditempuh melalui 2 jalur jalan pilihan, baik ditempuh melalui jalan sebelum dan ditempuh setelah melewati gerbang besar utama loket tiket Parangtritis Geomaritime.
Jika melalui jalan pedesaan, dengan berbelok ke arah kanan sebelum gerbang besar utama loket tiket Parangtritis Geomaritime, maka lokasi pantai Depok akan lebih cepat ditempuh.
Cirinya, berada tak jauh beberapa meter setelah gapura loket tiket kedua Parangtritis Geomaritime dengan patung simbol kendil berukuran besar didekatnya.

Namun jika tak memilih berbelok ke arah kanan melalui jalan pedesaan tadi, tetapi memilih menempuh jalan lurus terus setelah gerbang besar loket utama tiket Parangtritis Geomaritime, perjalanan akan melewati beberapa lokasi wisata menarik lainnya, seperti : pemandian sumber air panas Parang Wedang peninggalan keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, pantai Parangtritis, pantai Parangkusumo, pantai Cemara Sewu, pantai Pelangi dan beberapa lokasi wisata lainnya sebelum tiba di lokasi pantai Depok.

Kesemua lokasi - lokasi wisata dalam kawasan Parangtritis Geomaritime inipun bisa dikunjungi sekembali dari berlibur dan menikmati hidangan kuliner seafood di Pantai Depok.

" Nah, menarik ya ... Dalam satu kawasan ada beberapa destinasi lokasi wisata alam sekaligus. Kesemua lokasinya bisa dijelajahi dan berlibur seru disana ... ".

Cerita sekilas awal mula profesi nelayan pantai Depok

Inspirasi kegiatan mata pencaharian penduduk disana beralih profesi sebagai nelayan dari mata pencaharian sebelumnya, yaitu sebagai petani, bermula dari kedatangan nelayan berasal asal kota Cilacap menepi dan menjual hasil tangkapan ikan setelah mengarungi luasnya samudera Hindia pada tahun 1997 di pantai Depok.
Melihat banyaknya hasil tangkapan laut para nelayan Cilacap dan diminati oleh banyak warga, penduduk sekitar pantai Depok akhirnya tergerak mengikuti jejak nelayan asal kota Cilacap menjadi bermata pencaharian sebagai nelayan.


Trip Of Mine
Deretan perahu cadik menepi di pinggir pantai.

Perburuan melimpah mereka di tengah laut, semakin lama semakin menarik minat daya beli konsumen luas.


Trip Of Mine
Los kios Pasar Ikan Segar.

Hingga akhirnya dibangun gedung Pasar Ikan Pantai Depok Parangtritis berukuran cukup luas untuk melayani wisatawan berbelanja dan sebagai pemasok kebutuhan resto - resto seafood sekitaran Yogyakarta.


Trip Of Mine
Perahu cadik tampil meriah dengan cat berwarna mencolok dan bendera berwarna - warni.


Tak jauh dari situ, terletak berdekatan dan hanya terpisah dengan lokasi gedung Pasar Ikan Pantai Depok Parangtritis, lokasi wisata alam selanjutnya yang dapat dikunjungi adalah Laguna Depok.

Apakah Laguna Depok itu ?

Laguna Depok merupakan lokasi wisata alam berupa hilir aliran sungai atau muara sebelum aliran sungai berakhir di lautan.
Saat itu kulihat permukaan air di Laguna Depok tampak sangat tenang, bentuknya hampir menyerupai sebuah danau berukuran besar.


Trip Of Mine
Gapura Laguna Depok.

Dari lokasi Laguna Depok ini wisatawan bisa menjajal sensasi naik perahu bermesin yang dirancang khusus berbangku deret dan sanggup memuat beberapa penumpang sekaligus dalam satu kali perjalanan dengan mengikuti paket tour wisata menyusuri muara sungai Opak ke arah barat menuju ke lokasi jembatan Kretek dan berlanjut ke wisata alam Pesona Pengklik.

Paket tour yang disediakan pengelola disana diantaranya : menyusuri muara sungai saat menjelang senja hari untuk melihat pemandangan matahari terbenam sembari mencicipi penganan khas daerah Bantul dan bermalam di rumah warga sekitar yang difungsikan sebagai homestay.


Lokasi :
Pantai Depok, kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tiket : 
Rp. 7. 000 ,_  sekaligus untuk ke beberapa lokasi wisata di kawasan Parangtritis Geomaritime.
[ info harga tiket sewaktu - waktu dapat berubah ]

Tips berlibur di pantai Depok :

• Gunakanlah lotion tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan panas sinar matahari.

• Perhatikan larangan untuk mandi dan berenang di pantai dengan baik.

• Harga ikan tergantung kesepakatan penjual dan pembeli.

147 comments:

  1. Wah bagus ya tempatnya, jadi pengin juga kesitu ,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoook ... masukin ke daftar liburan ke lokasi ini, Mayuf.
      Dan ngeborong ikan disana 🙂

      Delete
  2. kalau guritanya 35 ribu doang memang murah itu mas, gurita sering seekornya saja sampe 100 ribu lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,kak Zefy murah ya ...
      Karena langsung dari lokasi pantai dan dari tangan nelayan langsung,jadi harganya murah.
      Disantap juga rasanya lebih fresh 🙂

      Delete
  3. WAh banyak perubahan ya sekarang,, Hahaha.. btw udah lama banget nggak pulang ke Jogja,padahal rumah mbah + sedulur sedulur banyak yang disana, deket pantai Depok juga. Hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah,asiiik dong ya ada rumah simbah dan para sedulur di dekat lokasi pantai ini .... ☺😁
      Bisa mudah sering2 makan seafood selagi liburan disana ..

      Siapkan liburan ke rumah simbah, mas 😉

      Delete
    2. Iya nih mas udah tahunan nggak pulkam ke Bantul, biasane yg pulang bapak sama ibuk, Hehehe..
      semoga lebaran tahun ini bisa pulkam sekaligus ngexplore wisata di Bantul :D

      Delete
    3. Kasihan simbah kamu,mas udah tahunan ngga ditengokin.
      Mumpung masih punya simbah, tengoklah mereka sebentar.

      Kudoain agar kesampaian pulkam libur lebaran nanti,mas.

      Delete
    4. Sebenere alesan saya enggak pulkam karena udah nggak punya simbah di Bantul mas, hehehe.. jadi rumahe kosong gitu :(
      ya pulkam cuma melipir ke pakde budhe. Itupun 1 hari doang enggak nginep.. Hehehe

      ..
      Aamiin.. makasih doanya mas :D

      Delete
    5. Oh,begitu,mas ..
      Maaf ngga tau kalau simbahnya mas sudah ngga ada.

      Sama-sama, aku terimakasih juga ya ☺

      Delete
  4. Nitip dong mas. Dulu pada suka beli disana skalian jalan2 trus ikannya dibawa ke jogja buat di masak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah enak kuwiii ... masak rame2 di Yogya.
      Udah murah,kenyang juga bergizi 😁

      Mau nitip apa,mas ?.
      Ikan paus mau ?.
      Hihihihi .. 😁

      Delete
  5. pantai adalah wisata nyaman di mata dengan udara super dingin karena anginnya hebat
    Ingat dengan seafood ini yang katanya pantangan sekali bagi yang menderita sakit kolesterol dan lemak dalam tubuh

    belum lagi seafood tak baik bagi mereka yang menderita sakit kelebihan darah merah dalam tubuhnya. Bisa berbahaya bahkan sampai merenggut nyawa

    itu gapuranya sudah tampak reyot mas, apa pengunjungnya tidak banyak ya. atau terterpa kencangnya angin pantai yang berhembus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh,nice info,mas Tomo.
      Kita secukupnya saja mengkonsumsi seafood,sesekali saja makannya.
      Mungkin kalo khusus ikan malah sangat bagus dikonsumsi mengingat ikan kaya kandungan zat omega ya,mas.

      Gapuranya tampak reyot karena pengambilan fotonya,mas.
      Saat itu panas terik cuacanya jadi layar kamera terlihat silau lihat hasil pemotretannya.
      Aslinya ngga reyot,kok.

      Delete
  6. Ikan gurita baru di eksekusi dari laut waduh segarnya
    jadi tak sabar ingin segera mengolahnya hehe

    indahnya pantai depok di senja hari
    Subhanallah
    kapan Ummi kesana ya? Mupeng nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh,iya ... kak Hani kan jago memasak,ya ..
      Lihat para nelayan bawa ikan dari hasil melaut pasti seneng banget pengin segera memasaknya ☺

      Kudoakan ya kak Hani suatu saat kesampaian berburu seafood di pantai ini.

      Delete
  7. Sering lho padahal denger cerita tentang pantai Depok ini. Tapi kalau ke Yogya kok ya belum sempat aja main ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan ada waktu disempetin ke pantai ini ya,kak ☺
      Siap-siap belanja ikan dari tangan nrlayan langsung disana ..

      Delete
  8. wah menarik ya pantai Depok :)
    sampai sudah ada spot selfienya juga.

    makasih info dan artikel menariknya mas.
    keep sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih juga,kak Liana.
      Senang artikel pantai Depok ini bermanfaat dan jadi panduan buat kak Liana dan teman2 ntar liburan ke pantai Depok.

      Delete
    2. asyik. semoga saya cepet sampe sana ya mas.
      nanti kalo sudah ke sana dan saya tulis, saya info ke mas :D

      Delete
    3. Siaap,kak Liana 😉
      Ditunggu kabar cerita liburannya di pantai Depok ya,kak ...
      Ntar pasti ku BW balik.

      Delete
  9. Tiketnya cuma sekali itu doang mas, ke pantai depok, parangkusumo sama parangtritis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, murmer kan tiketnya ☺ ?.
      Ayoook liburan kesini,mas Rizki ...

      Ngga cuman 3 pantai itu untuk 1 harga tiket, tapi juga ke pantai Pelangi, pantai Cemara Sewu, pantai Barchan, gumuk pasir Barchan gurun saharanya Indonesia ...
      Pokoke apiik 👍

      Delete
  10. boleh nih dicoba kalo main ke jogja. keluargaku sukaa banget sea food :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip,kak ...
      Kebetulan keluarga kakak pecinta seafood, bisa puas2in makan seafood fresh disana sambil mandangin ombak.

      Delete
  11. Oh ternyata Depok itu pantai di Yogyakarta ya. Kirain aku Depok cuma ada di Jakarta saja..😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. sha juga pas awal ngehnya, emang di depok ada pantai. Terus langsung keingetan kalo depok ada di jogja jugaa :D

      dulu sha pernah ke parangtitis, tapi gak ada perahu2nya kaya gini :)

      Delete
    2. @ mas Agus dan kak Vanesa =

      Hehehe ...
      Iya nih ternyata nama Depok ada di Yogya juga 😁

      Aku dulu juga ngertinya nama Depok cuma ada di sebelah Jakarta ... , ngga taunya nama pantai juga 😁

      Pantai ini tetanggaan sama Parangtritis, kak Sha.
      Deket banget.
      Cuman kalo jalan kaki ya bikin pegel kaki 😃

      Delete
    3. Pantai Parangtritis, parang Kusumo, dan kini pantai Depok. Nama nama pantai itu sering kudengar tapi tak pernah dikunjungi karena jauh. Paling yang aku kunjungi pantai randu Sanga brebes karena dekat kampung halaman.

      Delete
    4. Laah ... rumah mas Agus dekat pantai Randu Sanga Brebes ?

      Aku pernah kesitu,mas 😁
      Cuman waktu itu aku belum punya blog , jadi ngga kutulis buat artikel. Foto2nya pun ngga ada.

      Aku naik sepedaan nglewati pinggir sawah ke pantainya,mas

      Delete
    5. Kalo Deket sih enggak kang, ada 15 km dari rumah, bisa gempor kalo jalan kaki.

      Memang banyak sawah apalagi pinggir kali banyak yang muara bebek. Brebes terkenal juga dengan telor asin nya.😁

      Delete
    6. Miara bebek, bukan muara bebek. Maaf typo.😂

      Delete
    7. 😁 gpp, salah typo,mas Agus.
      Iya ya bikin gempor kalo jalan kaki sejauh 15 kilometer 😁

      Yups,betul disepanjang jalan ke pantai banyak peternakan bebek.
      Aku malah ikut minta ijin sama salah satu pemiliknya buat blusukan ke kandang bebeknya dan lihat anak-anak bebek di pagar tersendiri ..., lucu ☺

      Meski aromanya kurang sedap dan tanahnya becek banyak kotorannya,aku suka blusukan kesana 😃

      Delete
  12. baru tahu di jogja banyak pantainya, saya cuma pernah sekali ke sana, ke pantai parang tritis. baca artikel ini jadi pengen ke sana lagi....
    amien ya Allah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin ... aku bantu doa agar kak Astria ke pantai-pantai Yogya ya

      Di Yogya ada sekitar 60 pantai,kak.
      Pantai Depok ini termasuk pantai berpasir coklat kehitaman.
      Kalo yang pantai-pantai yang berpasir putih ada di wilayah Gunung Kidul.

      Delete
  13. Replies
    1. Ayook ke pantai ini, Idaham 😉
      Seafoodnya terjangkau, rasanya juga lebih fresh karena lokasinya di pinggir pantai.

      Delete
  14. Indah sekali pantainya. Ada spot buat foto-foto pula 😍 Tapi kalau harga ikan tergantung kesepakatan agak deg-degan juga, gak pandai menawar soalnya. Aku vegan, tapi ortuku suka ikan 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok ajak ortu Indi travelling ke pantai ini ..., ortu pasti suka dan langsung ngeborong ikan 😁

      O,Indi vegan ya.
      Murni vegan atau juga mengkonsumsi telur ?.

      Aku sempat menjalani vegan beberapa bulan,sayangnya sekarang waktunya kesulitan buat masak sendiri jadinya pola vegan ngga berlanjut.

      Delete
  15. dapat nikmati seafood yang segar dengan harga yang berpatutan... jadi destinasi wajib singgah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya,kak Anies.
      Dimasukin bucklist pantai ini,ya.
      Siap-siap ngeborong ikan disana ☺

      Delete
  16. WUiii keren banget ya kak himawant viewnya, padahal aku sering banget main ke depok tapi gapernah coba mampir pantai depok,, katanya terkenal seafoodnya murah2 juga ya kak.. Aduh jadi ingin nihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. O,kak Vika dulu sering main ke wilayah Depok ?.
      Sayang ya dulu ngga sempet main ke pantai ini,kak ...
      Padahal udah deket jaraknya.

      Iya,kak di pantai ini seafoodnya murah karena memotong beaya distibusi pengiriman ... jadi harganya miring dibanding pasar2 perkotaan.

      Delete
    2. Nanti kalau mampir ke pantai depok lagi nitip ikan hiu ya kak himawant, boleh gak? wkwkkwkw

      Delete
    3. Boleh, kak 😁

      Aku juga mau ikan hiu kayak kayak Vika ... akan kulatih buat nemenin aku berenang ...
      Wkwkkkwwkk 😂

      Delete
  17. Setiap kali kesini blm pernah beli seafood, ya gimana. Ku alergi seafood :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Ella ngga nyoba minum obat Incydal duluan sebelum makan seafood ya ?.

      Obat itu ampuh buat nangkal alergi seafood loh,kak.

      Delete
  18. Depok memang salah satu tempat favoritku kalau kangen kulineran ikan laut mas. Banyak pilihannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaap ...
      Pantai ini jadi favoritnya mas Nasirullah 👍

      Iya ya jenis seafoodnya beragam, sampai bingung milihnya 😁
      Mau beli semua jenis seafoodnya .. ntar malah ngga kemakan gegara kekenyangan 😃

      Delete
  19. Selalu salah fokus setiap mendengar kata Pantai Depok
    Soalnya seingetku Depok gak ada pantainya hahahahha

    #AnakDepok #HidupDepok

    Indah banget ya mas pantainya
    Wah jadi pengen makan seafood

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha ..
      Betuul .. betuuul ...
      Aku pertamanya juga langsung konek nama Universitas Indonesia dan mal Depok Town Square begitu denger nama Depok 😃

      Delete
  20. Dulu pas kesana juga, beli ikan segar dulu di pasar ikannya, trus di masakin sm warung gitu. Enak bngat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukk ulangi lagi, Idris ...

      Sekarang disana udah ada spot selfienya tuh ..., jadi abis makan kenyang seafood bisa foto2an disana 😁

      Delete
    2. Sudah semakin bgs ya mas,, pasti makin bnyk pengunjungnya

      Delete
    3. Yups,Idris.
      Selain adanya deretan perahu cadik, harga murmer seafoodnya jadi lokasi rame didatengin wisatawan

      Delete
  21. Lemparin kesini seafoo nya Mz xixi

    ReplyDelete
  22. wah mantap banget nih mas buat para pencinta seafood skelaigus berlibur juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,mas Kadir ☺
      Seandainya rumah mas Kadir dekat lokasi pantai ini, bisa sering-sering masak olahan menu seafood ..

      Kapan ada waktu,berlibur ke pantai ini,mas ... buat icip-icip gorengan seafood siap sajinya dan nyoba memesan menu bumbu buat seafood yang dibeli dari nelayan.

      Delete
  23. 7000 doang all access? Kebangetan ini murahnya hehe
    Itu paling suka beli langsung dari nelayannya, selain masih seger, bisa pilih2, juga harganya lebih murah jika dibandingkan dengan harga di PI ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murmer tiketnya,yaa 😁
      Itulah salah satu istimewanya Yogya ... ngga memasang tarif tinggi untuk tiket lokasi wisatanya.

      Ntar ada waktu main ke pantai2 Yogya, Fauzi ☺

      Delete
  24. Aku pikir td pas baca judul, pantai di depok. Trus mikir sebelah mana depok ada pantai hahahaha.. Ternyata msh jogja

    Itu guritanya murah byangettttt. Ya ampuuun, kalo aku bakal borong itu mah. Paling enak di bakar kalo gurita. Walopun kdg ngeliat di jepang, gurita dimakan mentah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaa ... 😃
      Awalnya aku juga ngertinya Depok Jawa-Barat,ternyata bukan.

      Kayak apa rasanya ya kalo gurita dimakan mentah, kak Fanny 🤔 ?.
      Kenyel-kenyel gimana gitu pastinya,ya ... 😁

      Delete
  25. Saya tinggal di Depok tp gk da pantai di sini hehehe #depokyangberbeda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Depok Margonda, kan mas 😁 ?.
      Atau dekat ITC Depok ?.
      Hehehe ..

      Delete
  26. Jika datang hari libur
    Aku ingin ke pantai Depok berlibur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kak mari melipir
      ke pinggir pantai pesisir
      Disana menikmati angin berdesir
      Dan duduk diatas pasir

      Delete
  27. Murmer banget guritanya yaa...jadi pengen jalan2 ke sana juga berburu seafood :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoook masukin bucklist travelling kak Muyassaroh dan keluarga ke pantai ini ... ☺

      Delete
  28. spot selfinya mak nyoss
    semilir angin di pantai, i love you background bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sederhana tapi unik spot selfienya ya,mas Awan.
      Karena lokasinya di pinggir pantai jadi tambah cakep buat latar belakang foto2.

      Delete
    2. tapi jangan ketika panas jam 12, tar jadi item loh

      Delete
    3. Ya,mas Awan.
      Terimakasih sarannya ☺

      Delete
  29. Tiketnya murah, bisa dapat seafood segar langsung dari nelayan trus bisa dimasakin juga lagi. Abis makan foto2 di spot selfienya. Lengkap banget ya ampun kapan piknik 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minggu depan pikniknya ya, kak Anggun 😁 ...

      Nanti di pinggir pantai Depok ini siap nikmati pengalaman seru berbelanja ikan dari tangan nelayan langsung ...

      Setelah makan2, siap berfoto selfie .. hehehe

      Delete
  30. Kemarin itu Mas Tour Guide-nya juga menawarkan Pantai Depok. Cuma karena ada yang bawa anak2 dan pingin berenang, akhirnya ke Pantai Indrayanti aja. Yang unik dari Pantai Depok ini ada perahu yg berjajarnya ya. Dan juga bisa naik perahu. Waaa sebagai penggila wisata perahu, saya harus ke sana nih, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,betul kak Nita ... ke pantai Indrayanti dan pantai2 di sekitaran Gunung Kidul lebih relatif aman buat renang2 dipinggiran pantainya karena banyak batu karang besar buat penghalang besarnya ombak pantai selatan.

      Kalau di pantai Bantul ini ombaknya besar dan pasirnya curam, tanpa ada batu karang besar penghalang ombak jadi berbahaya untuk berenang2 disana.

      Ya,kak deretan perahu nelayan bikin pemandangan tampak kece buat foto2 ☺

      Yookk kapan ada waktu ke pantai ini,kak .. 😁

      Delete
  31. Pantai favorite kalau mau makan seafood pas dulu masih kuliah di Jogja. huhuu.. jadi makin kangen main ke Jogja nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah baca postinganku jadi nostalgia buat kak Rizka 😁
      Ayook kapan ada waktu kesini lagi,kak ...

      Delete
    2. abis lebaran kali ya mau kesana, sekarang masih belom dapet cuti euy :D

      Delete
    3. Siiiip, kak Rizka 😁👍

      Kabar-kabarin aku ya kalo udah ke pantai Depok dan artikelnya di posting ..., aku pasti mampir berkomentar,kak.

      Delete
  32. wah enak ya mas bisa beli ikan langsung dari nelayan, trus langsung bisa dimasakin di sana, pasti segar banget tuh

    seru juga nih mas liputannya kali ini... enak juga kalau bisa jalan2 terus ya mas he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he he ... iya,kak Monica mumpung punya tenaga & kesempatan buat berlibur,kak 😁

      Buat pecinta pengolah kuliner seperti kak Monica,pantai ini jadi lokasi tepat buat belanja ikan laut.
      Murah dan fresh.

      Delete
  33. Wahhhn nyantai di pantai sambil makan makan, seru nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,mas Prio.
      Kapan ada waktu,silahkan berlibur ke pantai ini,mas

      Delete
  34. Biasanya kalo habis main air, terus langsung makan ikan bakar di warungnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. O,Pras sering ke pantai ini,ya ... ?.
      Mantap beneer nih sering melipir ke warung makan disana ..

      Delete
  35. Keinginan untuk berkunjung ke pantai-pantai yogya belum tercapai sampai sekarang. Hiks.
    Guritanya enak banget kayaknya, ngiler deh haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ... sedia tisu ya,kaaak Qudsi 😂

      Ada sekitar 60 pantai di Yogya,kak.
      Kudoain kak Qudsi kesampaian nge-trip ke semua lokasi pantai di Yogya.

      Delete
    2. Kalau satu hari satu pantai, bisa dua bulan selesainya. Hehhehe

      Delete
    3. Betuuul, kak ... 😁

      Biar ngga bolak-balik pulang pergi ke rumah dari satu pantai ... kayaknya lebih praktis bawa bekal tenda buat bobo di pinggiran pantai... satu hari bawa pindahan tenda ke pantai berikutnya ... selama 1 bulan penuh 😂

      Delete
  36. Kenapa namanya pantai depok ya?... aku pikir depok beneran... tak taunya slah satu pantai yang ada di jogja..

    Boleh lah kpan-kapan maen ke sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga penasaran sama penamaan asal mula nama Depok.
      Sayangnya saat itu kelupaan aku tanyakan ke nelayan disana.

      Siip,masbro Adhi ...
      Kapan ada waktu,berliburlah ke lokasi pantai ini.

      Delete
  37. aku kira pantai depok itu gak jauh dari margonda, atau ada di sawangan. eh ternyata jogja! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwwkkkkwwkk ...
      Zaghi ini pengomentar kesekian ngirain pantai ini di dekat mal Margonda dan mal Detos sana ... 😂

      Kembaran nama, bro ..

      Delete
  38. Ngebayangin seafood, jadi laper.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari makan yoook, kak Dyah ...
      Aku juga mendadak laper lagi gegara ingat makan seafood 😁

      Delete
  39. Replies
    1. Iya,meski spot selfienya sederhana tapi unik juga karena backgroundnya laut berombak besar, kak 😁

      Delete
  40. Gurita? Rasanya gimana yah? Empuk kenyal kaya cumi2 gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, rasanya rada mirip cumi-cumi gitu,mas.
      Kenyel-kenyel nikmat ... hihihi 😁

      Delete
  41. Penasaran saya sama Nelayannya yang berlayar ke Samudra Hindia.. Karena berkat nelayan ini, pantai depok jadi pusatnya kuliner seafood..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yook ...
      Kapan ada waktu,liburan ke pantai ini, Ridsal.
      Tapi jangan mandi atau renang-renang disana,ya ... ombaknya besar banget.

      Delete
  42. Tiketnya murah bener tuh, jadi pengin belanja ikan dsitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasi pantai-pantai ini dimasukin buklist liburan kamu,yuuk ... 😉
      Berburu seafood fresh dan murah disana ..

      Delete
  43. Cocok ini buat libur lebaran haha. Berangkat !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. CuuuuuZ ... Brangkaaat 😁 !!

      Siap-siap ngeborong ikan disana,mas Didy ...
      Mantaaap ..

      Delete
  44. Mauuu.. hikkss selalu tergoda sama seafood yg di deket pantai. Rasanya lebih segar dan manis dibandingkan kalau beli di Bogor..

    Namanya kok mirip sama kota Depok sih.. waktu baca judulnya saya pikir nyari seafood di Depok :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaa ... 😂
      Lagi-lagi nih .. pada taunya di Depok Jawa-Barat 😅


      Siap-siap makan seafood bener-bener terasa fresh di pantai ini, mas Anton ... 😉
      Ssst,bocoran dikit ... pandailah menawar disana hehehe

      Delete
  45. Ada juga ya yang langsung goreng seafoodnya utk dijual. Biasanya yg sdh siap makan kalo lagi dipantai sekitar jogja itu undur undur krispi. Semoga bisa segera kesana nikmatin pantainya, nikmatin seafoodnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. O,iyaaa ... aku baru ingat pernah juga makan peyek undur-undur 😁
      Rasanya enak juga ternyata ya.
      Awalnya aku rada geli waktu mau nyoba pertamakali makan ... kebayang bentuknya 😃
      Hahaha ..

      Siiip, aku ikut doakan mas Heri segera kesampaian ngeborong seafood di pantai satu ini ...
      Amiiin

      Delete
  46. Wah, dalam satu perjalanan kita bisa wisata ke beberapa tempat ya. Penghematan banget ini. Ada pasar ikan segala. Mana murah2 juga harga ikan guritanya 35rb hihihii. Makan dibumbuin bumbu apa tuh, mas Hino? Kalau ga macet 30 km itu setara 1 jam waktu perjalanan ya? Tapi pas liburan lebaran bisa macet kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murmer kaaan tiketnya, kak Nurul ....
      Inilah salah satu keistimewaan dari Yogyakarta, ngga banderol harga tiket mahal buat liburan ke lokasi2 wisata 😁👍

      Betul, ditempuh dari pusat kota Yogyakarta sekitar 1 jam,kak.
      Rutenya mudah, ngga bakalan kesaar 😁

      Kalo pas liburan nasional seperti lebaran bisa ditebak pasti penuh rame banget disana,kak.
      Hehehe

      Delete
  47. Tadi saya terkecoh sama nama Depok, ta kirain di Jakarta loh, emang ada pantai di depok, pikirku tadi. Ealah ternyata di Jogja toh lokasinya. Sip nih mas, saya tuh suka banget makan ikan apalagi pas dekat pantai, maklum orang makassar hobi banget makan ikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dooorr ...
      Hahahaaa 😂
      Mas Bimo orang kesekian yang terkecoh sama kesamaan nama lokasi ...

      Aku juga sering dengar kalo orang dari Makassar sangat menyukai masakan ikan.
      Apalagi orang Makassar terkenal sebagai nenek moyang pelaut nusantara yang hebat.
      Nama perahu Phinisi telah mendunia 👍

      Delete
  48. sekarang ini model spot-spot selfie di tempat wisata emang lagi ngehits ya mas! Hehe.. Betewe, Mas Himawan nggak sempat menikmati pemandangan matahari terbenamnya kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener,kak Ajeng sekarang ini spot selfie hampir selalu ada di lokasi wisata buat nambah pelengkap acara foto-fotoan disana 😁

      Saat ke pantai ini ngga sempet lihat sunset,kak.
      Ntar ya kak aku ada foto artikel di posting berikutnya ..., ntar aku kabari kak Ajeng ☺

      Delete
    2. Mungkin karena makin menjamurnya era media sosial ya mas, jadi pengelola-pengelola wisata juga menafaatkan untuk menarik pengunjung.

      Sippp... Ditunggu postingan berikutnya, Mas! hehe

      Delete
    3. Betul banget pendapat kak Ajeng .. 👍

      Berkat sosmed, pengelola seperti kudu tanggap sarana apa yang dibutuhkan wisatawan untuk berfoto-foto buat nambah keren foto keren saat liburan ...

      Iya,kak Ajeng terimakasih supportnya ya ⚘

      Delete
    4. Meningkatkan perekonomian dari sektor pariwisata ya mas. Hehe...

      Sipo, sesama blogger saling support adalah hal menyenangkan dan nambah semangat.

      Delete
    5. Siiip ... sependapat kak Ajeng 😁👍
      Sesama blogger wajib menjaga tali persahabatan dan komunikasi intens di tiap artikel.
      Segera aku meluncur ke blognya kak Ajeng 😉

      Delete
  49. Dulu waktu kesini pas bln puasa jadi sepi, cuma lihat beberapa perahu cadik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,rata-rata lokasi wisata saat puasa sepi kunjungan.
      Terutama awal-awal hari puasa,mas Aris.

      Delete
  50. Replies
    1. Ayook kesini kapan ada waktu ya,kak ... 😉
      Ngga cuman ada gurita kesukaan kak Rike, apapun seafood ada di pantai ini.
      Serunya bisa langsung belanja dari tangan nelayan langsung

      Delete
  51. Awalnya saya berpikir ini di dekat Jakarta. Ternyata di Jogja toh...knp namanya bisa Depok yah? Google Map bisa keder ini...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁 xixixi ...
      Kayak-kayaknya satelit milik Google map udah pinter banget deteksi lokasinya deh,mas Dody.

      Rata-rata semua pembaca dan pengomentar taunya pantai ini di Depok Jawa-Barat sana 😁
      Lucu yaa .. bisa samaan namanya.

      Delete
  52. Wah seafood mya enak tuch jadi bayangin kerang ama teman-temannya. Pengen nyoba ngerasa moyangnya cumi alias gurita tapi bayangin tentakel nya yang banyak gitu jadi rada ngeri juga hehehe.. .Pernah ngerasain gurita nggak brader? rasanya lebih kenyal dan keras dari Cumi ya?
    Jadi hasil seafood di pantai selatan Depok ini pusatnya seafood yang akan disetor ke seluruh resto di Yogyakarta ta? Great..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasa daging gurita ngga jauh-jauh beda amat sama cumi-cumi kok,sista.
      Bedanya serat daging cuma rada terasa lebih 'kasar' dikit saat dikunyah.

      Yups, seafood hasil berlayar nelayan dari pantai kawasan Yogya inilah sebagai penyuplai resto2 seafood di Yogyakarta dan kota di sekitaran Yogyakarta.

      Delete
  53. Jadi rasanya nggak beda ya sama cumi.. gurita lebih kenyal dan kasar kalau dikunyah..
    Oke ntar kapan - kapan pengen beli gurita tapi ntar kalau mau disantap aku merem dulu biar nggak kebayang tentakelnya yang banyak itu hehehe...
    Sampai sekarang seafood yang masih jadi favoritku adalah kerang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok pake merem segala ya saat ntar makan gurita 😅 ?.
      Enaaak kok ..

      Yups,aku juga suka kerang.
      Apapun jenis kerang .. kerang dara,kerang bambu .. semuanya aku juga suka.

      Delete
    2. Iya nich ntar makan guritanya sambil merem karena supaya nggak kebayang Octopus yang bertangan seribu dan bertentakel banyak bikin jadi... Hiiiii..! antara geli dan gilo..? Hihihi
      Tapi tetap penasaran sama Octopus karena katanya enak.? Hehehe..

      Yup semua jenis kerang yang dimasak pasti bikin selera makanku jadi nambah.. :)

      Delete
    3. Kayak2nya nih .. bayangin tokoh lawannya jack sparrow di film carribean of the pirates yang berfisik gurita itu yaa ... 😁 ?.
      Jadi punya rasa geli mau makan gurita ... hahhaha 😅

      Ntar kalo dah nyobain, ketagihan looh ...

      Tapi gak apa2 ketagihan, ntar pas liburan ke pantai Depok ini jadi ngeborong semua gurita di sana 😃

      Delete
  54. Oh film Pirates of the Carribiean ya yang main Johnny Deep jadi bajak laut...
    Hehehe... Iya kebayang tokoh Octopus dalam film tsb itu jadi bikin. Geli dan. gilo hihihi..!

    What? kalau udah nyoba octopus bisa bikin aku ketagihan? Ouw ya? Kebayang tentakel bolong2 banyak di tangan Octopus.. bikin aq jadi ragu. Makan nggak makan nggak .hihihi..
    Penasaran sih rasanya.. tapi
    Apa mungkin aku bisa ketagihan sama Octopus dengan tentakelnya itu? Taruhan aja kali ya? Hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah,kan beneer dugaanku 😂 ..
      gegara teringat tokoh lawan si Jack Sparrow ... hahahaha !.

      Wadooh .. ya jangan bayangin dia atuuh ..
      Cukup bayangin wajah mas Nunu Reeves aja .. 😂

      Delete
  55. Aku baca artikel ini jadi nostalgia deh.
    Bertahun-tahun yang lalu pernah hunting seafood juga di pantai ini.
    Sekarang sih udah nggak pernah dan kaya diingetin lagi,, seru juga nostalgia nyari seafood ke Pantai Depok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk diulangi lagi liburan dan borong seafood di pantai Depok ini, Din ...😉

      Delete
  56. Lha aku pikir depok Jabar ternyata depok Yogyakarta hihihi.

    Seumur-umur belum pernah makan gurita. Kalau ke pantai paling belinya udang asam manis sama cumi-cumi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixiixii 😁 ..
      Kak Maulani termasuk pengomentar yang ngertinya pantai ini di Depok Jawa-Barat ...

      Ternyata gurita sama enaknya loh sama cumi-cumi, kak
      Cobain yuuuuk 😉

      Delete
  57. wah kirain pantai Depok itu ya gak jauh-jauh dari Depok mas, gak taunya di Yogyakarta hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe 😁 ..
      Di Yogyakarta,mas.
      Bukan di Jawa-Barat.

      Delete
  58. Jadi pengen ke sana, hu hu. Gak pernah deh ke pantai lalu makan seafood. Kal kecil mah beli di Pasar Pangandaran lalu digoreng di rumah saudara. Udang. Pengen coba guritanya. Aah, pengen coba makan di sana setelah beli ikan segar hasil tangkapan nelayan. Hi hi, bacanya sore-sore kala saum ramadan gini jadi lapar dadakan gegara baca artikel yang bahkan tak nampilin makanan untuk dipamerin. Tulisannya visual, tuh. :D

    ReplyDelete