Thursday, May 10, 2018

Kinahrejo, Saksi Bisu Keindahan dan Kemurkaan Gunung Merapi

Lokasi wisata alam liburanku kali ini ke desa Kinahrejo Sleman Yogyakarta terkesan istimewa buatku.
Bukan hanya dikarenakan ketinggian letak lokasi desanya yang berada hampir mendekati puncak gunung, sekitar 4 kilometer dari lokasi desa ini, tetapi di desa inilah aku melihat langsung saksi biksu benda - benda milik warga desa yang mengalami kerusakan parah akibat amukan dahsyat letusan gunung Merapi pada tahun 2010 lalu.
Dan musibah besar itu juga sempat membuat kota Magelang, kota tempat tinggal sebagian keluarga besarku berada, ikut mengalami gempa besar, hujan abu vulkanik beberapa hari dan banjir lahar dingin pasca erupsi yang membuat jalan utama Magelang - Yogyakarta nyaris terputus total.
Tampilan semua rumah, pohon dan jalan di kota Magelang saat itu, termasuk candi Borobudur menjadi berwarna putih, tertutup abu tebal vulkanik.
Batu - batu berukuran besar ikut terhanyut terbawa derasnya aliran banjir lahar dingin menakutkan.

Saat kejadian bencana alam dahsyat itu terjadi, aku masih bekerja merantau di kota Jakarta.
Aku masih ingat, bagaimana saat itu aku dan keluargaku terus berkomunikasi dengan perangkat selular memantau situasi yang terjadi di kotaku, meski berulangkali signal operator tak dapat berfungsi, hilang signal ...

Kepanikan warga dan kedatangan banyaknya jumlah ribuan pengungsi dari desa - desa sekitar gunung Merapi, tak hanya terjadi di kota Yogyakarta tapi juga terjadi di kota Magelang.
Letak kota Magelang - kota Yogyakarta hanya berjarak 40 kilometer dan gunung Merapi berdiri gagah ditengah kedua kotanya.
Para pengungsi ditempatkan di beberapa pos evakuasi dan ditangani dengan baik oleh para sukarelawan dan team medis.

Dari Jakarta, berita musibah bencana alam letusan gunung Merapi dan evakuasi para pengungsi ini juga terus kupantau dari stasiun televisi.
Ada satu berita mengagetkan muncul dalam siaran berita saat itu ... , disaat situasi alam semakin kritis ada beberapa warga desa Kinahrejo disana yang masih belum sempat dievakuasi dan sang kuncen atau juru kunci mbah Marijan penjaga gunung Merapi yang ditunjuk oleh pihak Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tetap tak bergeming, tak bersedia untuk ikut serta dievakuasi.
Tetap memilih setia melaksanakan titah raja dan tetap bertahan di rumahnya untuk terus menjaga gunung Merapi sampai akhir hayatnya.

Dan benar seperti yang diprediksi oleh badan Meteorologi dan Geofisika, gumpalan - gumpalan awan panas atau disebut masyarakat Jawa disebut wedhus gembel pun turun dari puncak gunung Merapi meluncur dengan kecepatan tinggi menerjang meluluhlantakkan segala sesuatu yang diterjangnya, termasuk ditempat aku berdiri berada di pelataran rumah mbah Marijan ini ...

Trip Of Mine
Perabotan tersisa rumah mbah Marijan akibat bencana alam letusan dahsyat gunung Merapi siklus 100 tahun.

Dahulu rumah mbah Marijan merupakan basecamp para pecinta alam sebelum mereka trekking ke puncak gunung.
Kini bangunan tersisa rumah mbah Marijan digunakan sebagai museum mini memajang benda - benda peninggalan bukti sejarah kedahsyatan erupsi siklus 100 tahunan yang terjadi pada tahun 2010 lalu.

Trip Of Mine
Seperangkat gamelan.

Disana terpajang seperangkat gamelan, motor, mobil APV plat AB 1053 DB yang digunakan oleh Tutur Priyanto dan Yuniawan untuk mengevakuasi warga desa Kinahrejo dan menewaskan mereka, perlengkapan rumah tangga dan dapur, juga digunakan untuk memasang dokumentasi foto - foto proses evakuasi warga.

Trip Of Mine
Motor dan mobil APV yang digunakan untuk mengevakuasi warga desa Kinahrejo.

Trip Of Mine
Perabotan tersisa dari bencana alam dahsyat letusan gunung Merapi.

Trip Of Mine
Meja kursi tamu milik keluarga mbah Marijan.

Trip Of Mine
Dokumentasi foto - foto evakuasi.

Masih berada di pekarangan rumah almarhum mbah Marijan yang berbentuk L ini, makam mbah Marijan ditempatkan di sebuah pendopo, bersebelahan dengan sisa bangunan rumah yang dipergunakan sebagai museum mini.
Disana juga terdapat menara pandang bersusun untuk melihat puncak gunung Merapi dari ketinggian.

Trip Of Mine
Pendopo makam alm. mbah Marijan.

Trip Of Mine
Gerbang petilasan mbah Marijan, desa Kinahrejo.

Nama desa Kinahrejo sejak dulu telah terkenal sebagai desa wisata alam berpanorama menawan di kalangan wisatawan lokal.
Berkat keindahan pemandangan alamnya serta kebudayaannya pula tak sedikit mengundang minat wisatawan mancanegara juga berlibur di desa Kinahrejo.
Beragam gelaran kesenian traditional, seperti : jathilan, ketoprak, wayang kulit, seringkali diadakan disana.
Dan menyaksikan prosesi wisata budaya turun temurun upacara Labuhan Merapi yang dilaksanakan 1 tahun sekali menjadi magnet tersendiri untuk wisatawan.

Upacara Labuhan Merapi merupakan adat tradisi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, yaitu prosesi doa ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepada leluhur penjaga gunung Merapi atas berkah limpahan rejeki yang telah diberikan untuk keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan segenap rakyat.
Diadakan pada tanggal 30 Rajab penanggalan Jawa dalam rangka memperingati Ndalem Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Lokasi desa wisata alam Kinahrejo dapat ditempuh dengan mempergunakan kendaraan beroda 4 maupun beroda 2.
Rutenya mudah ditempuh melalui pertigaan jalan utama setelah pasar Pakem jalan Kaliurang, km. 1 ke arah Cangkringan dan melewati sebuah jembatan besar, setelah itu lurus ke arah utara dan ikuti petunjuk jalan dengan mudah.

Jika ingin berlibur mengikuti paket tour menggunakan kendaraan jeep atau motor traill ala adventure trip ke desa wisata alam Kinahrejo dan ke beberapa lokasi obyek wisata sekaligus di sekitaran, seperti : batu Alien Cangkringan, Bunker Kaliadem, batu Tumpeng ... , di sepanjang jalur utama banyak terdapat markas jasa tour siap melayani keinginan wisatawan merasakan sensasi menjelajahi pegunungan Merapi dengan kendaraan jeep atau traill.

Trip Of Mine
Kendaraan jeep ala trip adventure bisa dijajal liburan seru di gunung Merapi.
Lokasi gambar berada di pekarangan bawah rumah mbah Marijan.

Beragam merk jeep bertenaga kuat seperti Landrover dan Willys, serta motor traill KLX 150 cc, dan pilihan tujuan ke lokasi wisata, rute lama tempuh dan kisaran harga dapat dipilih sesuai paket tour yang diinginkan.

Acara liburan pun semakin terasa seru, jika memilih mengikuti paket tour karena seringkali di tengah perjalanan driver terlatih bermanuver dengan terampil, sengaja meliuk - liukan badan kendaraan di putaran ..., hasilnya debu abu vulkanik ikut berterbangan setelahnya ...

Trip Of Mine
Trip adventure di gunung Merapi.



Lokasi :
Jl. Kinahrejo, km. 22, Umbulharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tiket :
Rp. 5.000 ,_  tiket masuk area  + Rp. 2.000 beaya parkir.
[ Info harga tiket sewaktu - waktu dapat berubah ]







182 comments:

  1. wah mobilnya sampai pesoik terkena murkanya gunung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat mengerikan ya mas Tomo ..
      Ngga bisa bayangin saat kejadian itu dan menewaskan bpk.Tutur dan bpk Yulianto.

      Delete
    2. ini mengenang kejadian memilukan Kabupaten Sleman kena goncangan Gunung Merapi meletus ya Mas ?

      semoga peristiwa sadis ini membawa berkah dengan bertambanya tanah Kabupaten Sleman menjadi subuh makmur hijau ranau ya Mas

      Delete
    3. Betul,mas.
      Dibalik musibah letusan gunung berapi Merapi ini,material vulkaniknya sangat menyuburkan tanah pertanian dan perkebunan.

      Delete
  2. letusan merapi tahun 2010 memang sangat dahsyat. Walaupun sudah hancur, desa kinahrejo tetap jadi kunjungan wisata dan bisa berdampak positif kepada warga sekitar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, musibah merapi tahun 2010 sangat mengerikan,mas.

      Dibalik musibah besar itu, sekarang desa Kinahrejo makin dikenal banyak orang dan jadi satu lokasi wisata favorit, terutama yang berjiwa petualang.

      Delete
  3. Wah keren kak himawant main ke gunung merapi yang ada di Yogyakarta.. Btw kasian yaa Alm Mbah Marijan sudah meninggal.. Ga disangka yah letusan gunung bisa meluluhlantahkan segalanya termasuk rumah mobil dsb.. Semoga banyak dapat pelajaran ketika main kesana ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pengalaman liburan berkesan nilai+ karena berada di lokasi musibah dekat puncak gunung Merapi yang juga sempat membuat situasi kotaku panik, kak Vika.

      Jujur,aku merinding berada di dekat mobil APV.
      Pikiranku langsung kebayang saat mobil itu lenyap dari pandangan saat diterjang awan panas ..

      Delete
  4. Ngeri ngeri sedap tapi indahnya itu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe .. 😁
      Iya,mas Prio.
      Gabungan antara ngeri lihat keganasan gunung berapi dan kagum sama pemandangan alam menawan disana.

      Delete
  5. Udah 2 kali ikut lava tour, tp belum pernah ke museumnya... Liat foto2nya aja merinding, apalagi liat langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti saat kak Nathalia kesana museum mini sisa musibah hebat ini belum didirikan,ya ...

      Aku juga merasa merinding berdiri didekat barang-barang sisa erupsi, pikiranku langsung membayangkan musibah menakutkan itu terjadi ..

      Delete
  6. Ta jadi ingat kejadian itu murka gunung merapi yang meluluh lantahkan sekitarnya, semoga yang kembali padaNya diterima amal ibadahnya dan diampuni dosa-dosanya
    kita yang ditinggalkan mendapat kesabaran dan memetik hikmah positif
    dari bencana murka gunung merapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, aku juga ikut mendoakan di sana,kak Hani.
      Semoga semua korban bencana alam dahsyat gunung Merapi diberikan kebahagiaan dan ketenangan disisiNya.

      Delete
  7. Merinding bacanya, kebayang penduduk di sana saat itu seperti apa. Semoga kejadian seperti itu tidak terulang lagi ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga,ya kak Muyassaroh.
      Kedepannya jika mulai ada tanda-tanda gunung Merapi akan erupsi .. evakuasi warga cepat ditangani dan warga juga sigap untuk segera menjauh dari lokasi.

      Delete
  8. ada berita baru katanya merapi erupsi lagi, bagaimana apakah anda masih di lokasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Merapi erupsi lagi pagi tadi, mas Affip.
      Semburan abu vulkanik membumbung tinggi dan Yogyakarta hujan abu.

      Bukan suatu kebetulan,saat aku memposting artikel ini tadi malam ... ngga taunya pagi tadi pagi Merapi erupsi !

      Delete
    2. pasti menegangkan berada di dekat merapi saat itu bagi yang tidak biasa mengalami situasi semacam itu. dan Mbah Marijan karena sudah sering makanya santai saja

      Delete
    3. Sependapat, karena udah terbiasa menetap disana mbah Marijan dan warga desa-desa ngga punya rasa takut lagi tinggal di gunung cantik dan berbahaya saat erupsi itu terjadi.

      Delete
  9. Waahh, bikin jadi flashback ya mas
    Agak serem sih, tapi semoga kita yang selamat dan masih ada sekarang bisa mengambil hikmahnya dari kejadian di masa lalu supaya lebih waspada dan lebih mawas diri ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya,Aul.
      Travelling ke lokasi ini jadi flashback kejadian tahun 2010 silam.

      Betul, untuk kedepannya pelaksanaan evakuasi warga lebih sigap dan warga desa sekitar gunung Merapi juga cepat tanggap dengan gejala vulkanik.

      Delete
  10. alfatihah buat alm.mbah marijan.
    postingannya ngeri mas, jadi kebayang gimana paniknya orang2 disana waktu itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin.
      Aku disana juga berdoa didepan makam mbah Marijan.
      Ada perasaan haru dan takut membayangkan kejadian mencekam itu terjadi.

      Delete
  11. Lihat mobilnya yang kondisinya sudah kayak gitu lsg mbayangkan waktu kena wedus gembel. Semoga almarhum dan korban lain diterima di sisi Nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat menakutkan ya,kak Untari ...
      Body mobil bisa penyok2 seperti itu terkena gumpalan awan panas lebih dari 600 derajat.

      Amin,ikut mendoakan juga.

      Delete
  12. 1. Mas Wajahnya kok kelihatan tegang banget,hehehe... sedang
    mikiri apa ? :)

    2. Gunung yang meletus memang awalnya merugikan tapi pada akhirnya akan membuat tanah menjadi subur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawabannya :

      1. Mikiri kamu, kaaang ... hahahaha ... Oops 😂.

      Kliatan tegang karena lihat dari jarak dekat benda-benda sisa erupsi.
      Mendadak ingat musibah besar itu, kang.

      2. Sangat betul.
      Pasca erupsi, tanah jadi sangat subur.
      Abu vulkanik kaya kandungan mineral untuk kesuburan tanah.

      Delete
    2. Hahahah... Kiraian mikirin hutang piutang...gkgkgk. Peace.. :)

      Penganti Mbah Merijan siapa yach mas.. ? :)

      Delete
    3. Wuakakaakaaa 😂 ...
      Ngga,kok kang Nata ..

      Pengganti alm.mbah Marijan adalah anaknya sendiri.
      Namanya Mas Bekel Anom Suraksosihono, akrab dipanggil mas Asih.

      Dilantik oleh raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat pada tanggal 4 April 2011.
      Dan mendapat gelar dari Keraton sebagai Mas Lurah Suraksosihono.

      Delete
  13. Kirain mau ikutan Mbah Roso Roso nahan abu fulkanik Mz xiixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panaas banget tentunya, kak Risna 😓 ...
      Temperaturnya sampai 600 derajat.

      Delete
    2. Abunya aja sampai 600 Mz? Wuuih

      Delete
  14. selalu ada hikmah dibalik setiap bencana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya, kak Afifah.
      Penanganan evakuasi selanjutnya lebih ditingkatkan.

      Sekarang desa Kinahrejo semakin dikenal banyak orang pasca erupsi dahsyat tahun 2010 lalu.

      Tanpa disengaja, artikel ini kuposting hanya selisih beberapa jam sebelum gunung Merapi erupsi kembali tadi pagi.
      Sontak aku kaget baca beritanya.

      Delete
  15. Baru liat ternyata bekasnya mengerikan ya mas ,barang" yang terkena lahap merapi bisa sampai kaya gitu, apa lagi kalo manusia ya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat menakutkan,ya Mayuf ... 😓
      Berada di dekat barang-barang sisa erupsi dahsyat Merapi ini,gambaran kejadian langsung terasa ...

      Dibalik musibah besar itu, sekarang desa Kinahrejo makin mendunia namanya.
      Selalu jadi daftar lokasi liburan di dekat puncak gunung Merapi.

      Delete
  16. Nggak cuma di Jogja-Magelang aja mas, itu abunya juga sampai di daerah Purworejo lho. Bahkan dampaknya juga bisa dibilang nggak jauh berbeda sama yang di Jogja-Magelang. Jalan penuh abu, pohon banyak yang tumbang. Hampir lumpuh juga itu aktivitas warga di Purworejo.

    Dan pagi tadi si Merapi juga bikin "heboh" dunia per-sosial media-an karena letusannya. Alkhamdulillah tidak terjadi apa-apa, cuma letusan biasa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,mas Tri aku juga denger informasi saat musibah dahsyat tahun 2010 itu juga menimpa kota Purworejo.
      Kondisinya juga nyaris sama seperti di kota Magelang, nyaris lumpuh total.

      Aku juga kaget denger berita tadi pagi kalo gunung Merapi erupsi lagi ....
      Kejadiannya cuman selisih beberapa jam setelah aku posting artikel ini.

      Iya,syukurnya ngga terjadi tindakan lanjut erupsi tadi pagi.
      Cuman, tetap perlu diwaspadai karena kejadian tadi pagi itu merupakan sebuah pertanda atau ... gejala awal, jika gunung Merapi mulai lagi menunjukkan aktivitas vulkanologinya.

      Delete
  17. Wah udah sampai sini ya mas. Hahaha.. saya juga pengen kesini, tapi belum kesampaian aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ...
      Selanjutnya nyusul ke lokasi ini,ya..

      Pemandangan lokasi desanya apik,mas.
      Naik jalur di samping pekarangan rumah mbah Marijan yang ... nanjaak banget jalannya ... [sekitar 50 derajat lebih] pemandangannya makin kereen 👍

      Delete
  18. Udah lama maen ke tempat ini 2014 apa ya, jadi pengen kesana lagi kangen akan suasananya, pasti udah berbeda..he

    Dulu saya nginep dulu di masjid sekitar, Mas. Paginya baru ke situ, kalau pagi kan suasanya masih sejuk..he

    ReplyDelete
  19. Ayok, diulangi lagi kesana,mas Andi.
    Cuman pastikan dulu kondisi gunung dalam keadaan pasti aman dulu.
    Tadi pagi sempat erupsi lagi.

    Masjid di samping pekarangan rumah mbah Marijan ya, mas ?.
    Pengin deh, bisa bermalam di desa sana ... buat ngrasain udara dingin dan suasana malam disana ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masjid dekat rumah mbah Marijan..
      Iya, Mas, nanti kapan-kapan lihat kondisi merapi bagus juga, kan sekarang baru erupsi..

      Bener, Mas. Waktu malam itu duinginnya puol, awalnya saya emang nggak niat nginep, jadi cuma bawa kaos aja dah yang dipake. Ternyata dingin pol, teman malah pake mantel, dingin soalna..ha

      Delete
    2. Hahaha ... 😃
      Owalaaah saat malam hari itu disana cuma pakai kaos doang, maas .. ?.
      Laah, badan bisa menggigil sepanjang malam ya ..

      Tapi jadi pengalaman seru ya, bermula dari ngga direncanain nginep sampai akhirnya berniat bermalam di lereng gunung 👍

      Delete
    3. Iya dingin bet, Mas..ha
      Betul, untungnya cukup membantu karena tidur di dalam masjid..hehe

      Soalnya nggak niat nginep, lah temen cuma ngajak aja, gak bilang nginep. Tapi ya udah itu pengalaman yang tak terlupakan..hehe

      Delete
    4. Hehehe ... pasti jadi cerita pengalaman sangat berkesan tidur tanpa pelengkap jaket melawan udara dingin pegunungan 😁 ...

      Delete
  20. sha pernah ke merapi, tapi nyampe ke museumnya gitu. tapi kok kaya yg beda sama foto2 diatas yaa hahaha lupa sih, udah lama. sekitar tahun 2012

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ngga salah yang didatangin kak Sha saat itu Museum Gunungapi Merapi atau MGM.
      Gedungnya tinggi besar kan,kak 😉 ?.

      Kalo museum mini ini memajang sisa-sisa barang erupsi dahsyat.

      Kapan ada waktu,datang ke lokasi ini ya,kak.

      Delete
    2. Saya juga pernah ke MGM, liat sisa amukan Gn Merapi ngeri juga.

      Delete
  21. wedhus gembel efeknya ekstream juga ya mas, sampai gosong semua begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, menakutkan ...
      Aku disana saat itu langsung kebayang gimana mobil dan motor langsung meledak tersulut panas awan panas wedhus gembel ..

      Kapan ada waktu, cobalah mas Darwin berlibur ke lokasi untuk mengamati dari dekat kendaraan itu sampai rusak berat begitu ...
      Pasti langsung muncul perasaan sedih dan takut sekaligus.

      Delete
  22. Aku belum pernah ke kinahrejo padahal jaraknya cuma sekitar 20km dr kost-ku bahkan ga sampe segitu. Tapi aku punya trauma letusan merapi tahun 2010. Daerahku termasuk yg kena dampak parah lahar dingin. Masih inget mencekamnya saat malam itu merapi meletus. Sampai mati lampu selama kurleb 2 minggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku memaklumi kalo kak Erny punya trauma mendalam akibat melihat dan merasakan langsung bencana besar tahun 2010 lalu itu ...
      Terlebih kena dampak banjir lahar dingin.

      Sekarang Merapi mulai kembali lagi menunjukkan aktivitasnya.
      Semoga tak ada kejadian dahsyat terulang lagi ya,kak.

      Delete
  23. Rasanya pasti ga karuan2 mas hima waktu itu. Mikirin keluarga dan masih jauh diperantauan.

    Hari ini juga sedang heboh pemberitaan letusan merapi ini. Mudah2an tidak jd masalah serius

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget,kak Anggun.
      Saat itu sementara aku masih kerja di Jakarta ikut merasa panik dan khawatir keselamatan keluarga.
      Mau pesan tiket mudik,tak ada satupun yang melayani rute ke arah Magelang.

      Amin,semoga ya kak prediksi BMG benar adanya tidak ada erupsi susulan dari aktivitas Merapi kemarin pagi.

      Delete
  24. Skrg gimana kabarnya ya mas? Semoga semua warga di lereng Merapi aman ya. Btw, setelah liat foto di atas, aku pengin ke rumah mbah marijan. Hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut siaran berita tv semalam, warga desa-desa sekitaran gunung Merapi udah pulang kembali ke rumah masing-masing setelah BMG menyatakan tidak ada erupsi susulan, kak Ella.

      Meski team SAR dan kepolisian terus disiagakan disekitar lokasi untuk sigap mengevakuasi warga jika terjadi musibah erupsi sewaktu2.

      Ntar kak Ella ke rumah mbah Marijan nunggu kondisi benar2 aman dulu disana.

      Delete
  25. PERMAINAN AGEN DOMINO 99 TERBESAR DI INDONESIA

    Terbaik dan Terpercaya Di Indonesia.
    Minimal Deposit Rp 20.000,-
    Memiliki 8 game dalam 1 user id
    Bonus Cashback 0.3%
    Bonus Referral 15%
    Bonus Extrak Refferal 5%

    Contact Us

    Fanspage FB : Sahabat QQ
    Pin BB : 2BCD6D81
    Pin BB : 2BD6A2E3
    WA : +855-81734021
    LINE : SAHABATQQ
    WECHAT : SAHABATQQ
    YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com

    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

    #domino99 #pokeronline #gamesonline #pokeronlineindonesia #pokeronlineterpercaya #pokeroblineterbesar #pokeronlineterbaik #gamesonlineterpercaya #agendomino #agenpokeronlineterpercaya #agenpoker #8gamesdalam1id #sahabathoki #sahabat9988 #sahabatqq

    ReplyDelete
  26. Merapi mulai menggeliat lagi...ngeri juga ya pas camping dipuncak gunung eh terus meletus...untung kemarin tak ada korban jiwa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rekaman video pendaki gunung Merapi yang berada di wilayah desa Selo, Boyolali kemarin menakutkan dan jadi viral di media sosial ...

      Ngeri,tau-tau ada bunyi gemuruh dibawah tanah dan mendadak awan panas menyembur setinggi 5.500 meter ... !.

      Rasanya seperti sulit diprediksi dari awal aktivitas gunung cantik satu ini, mas Dwi ..
      Tiba-tiba bisa bergejolak.

      Delete
  27. petilasan mbah marijan.. jiwa petualang perlu kesini juga nih..ROSOO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul 😉
      Penyuka trip adventure wajib kesini.

      Setelah dari rumah/petilasan mbah Marijan ...
      siap-siap ke Bunker Kaliadem, jalannya .. hmmm ... nyaris tegak lurus.
      Seru 😉 !

      Delete
  28. ngeri ya bang... Sekarang malah kabar-kabarnya sudah beraksi lagi si merapinya... semoga bisa segera tenang merapinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,mas Ilham.
      Berita erupsi kemarin mengagetkan semua orang, termasuk aku ..
      Postinganku hanya selisih beberapa jam, tau-tau ada pemberitaan erupsi.

      Semoga benar adanya seperti yang dilaporkan oleh BMG bahwa tak ada erupsi susulan.

      Cuman, kalau sudah menunjukkan erupsi seperti itu bisa jadi pertanda kalau sewaktu-waktu bisa muncul letusan kembali.

      Delete
  29. saya lihat di televisi saja mengerikan, apalagi menyaksikan langsung, bisa bisa bulu kuduk berdiri semua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalau situasi sudah terkendali,berliburlah ke lokasi ini, mas Indra.
      Pemandangan alamnya keren dan bisa lihat dari dekat benda-benda sisa erupsi.

      Delete
  30. Selalu ada hikmah disetiap musibah. Semoga seluruh korban ditempatkan ditempat terbaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, aku juga ikut mendoakan untuk mereka semua ditempatkan yang terbaik di sisiNya.

      Delete
  31. Aku sempat ke Merapi tahun 2005 lalu. Main ke salah satu bunker yang ada di sana. Tapi ya gak sampe ke rumah mbak Marijan :) semoga gunung ini tetap aman. Gak batuk-batuk yang mencemaskan lagi. Amin


    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunker Kaliadem namanya, omnduut Haryadi 👍

      Berarti mas Haryadi kesana saat belum terjadi erupsi dahsyat,ya ...
      Sayang saat itu mas ngga sekalian nyoba mampir kerumah mbak Marijan.

      Sekarang bangunan rumahnya tinggal dinding tak utuh dan untuk lokasi penempatan barang-barang sisa erupsi.
      Sampingnya untuk lokasi makam mbah Marijan.

      Amiin, semoga ngga terulang lagi erupsi besar seperti tahun 2010 itu.

      Delete
  32. Gunung Merapi sebuah tempat atau pemandangan alam yang punya daya pesona luar biasa..

    Namun jikalau telah meletus nggak kebayang dahsyatnya...bahkan bisa melululantakan beberapa desa yang ada disekitarnya..

    Yaa!! Semoga Erupsi merapi segera berakhir... Karena apa pun itu baik musibah atau kenikmatan semua datangnya dari Allah S,W,T..😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul,mas.
      Pemandangan alam di gunung Merapi bisa dikatakan menawan.
      Fasilitas wisata disanapun komplit.
      Tapi kalau udah mulai erupsi berubah jadi menakutkan.

      Amin,semoga erupsi susulan tak terjadi.

      Delete
  33. Ini epic. Cerita pembukanya berhasil bikin ngelamun, ikut ngerasain apa yang terjadi saat bencana, dan refleks dalam hati: "Ngeri parah!"

    Tapi setelahnya ada ulasan menarik yang menambah wawasan. Seruuu! Oh ya, kok ini jadi lebih tertarik ke rumah Mbah Marijannya ya? Pengin aja gitu datang ke sana buat foto-foto 😅😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih,Gip.
      Merasa ikut terhanyut dengan cerita pengalamanku di musibah besar tahun 2010 itu.

      Hehehe ... Ayook kesini,Gip ...
      Nunggu udah ada laporan aman pemberitahuan resmi dari BMG yaa 😁

      Delete
    2. Iya nih, kayaknya Mas Himawan ada bakat nulis cerpen deh. Bisa kali di post berikutnya selalu nyisip cerita-cerita yang bisa ngubek perasaan pembaca gitu. Soalnya gokil. Beda sama mayoritas travel blogger lain yang langsung to the point.

      Haha dulu juga sempat ada niat mau kuliah di UGM Yogya, tapi nggak jadi. Keburu dipanggil kerja di Jakarta 😅 tapi Yogya emang seru buat jalan-jalan sih. Slogannya aja keren, Kota Pelajar. :D

      Delete
    3. Waduhh .. komentar Gigip bikin jadi GR niih 😁😊
      Terimakasih support dan masukan kamu,Gip.

      Hebat euy ... banyak orang pada ngantri nunggu panggilan kerja, eh Gigip dengan mudah justru dipanggil kerja sama pemilik usaha.
      Tandanya ... nilai prestasi Gigip oke niiih 👍
      Salut !

      Delete
  34. Postingan nya pas dg merapi lagi batuk kemarin ;p, jadi serasa nostalgia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Postingan ini berasa sangat spesial ... Bisa bertepatan dengan kejadian erupsi lagi, hanya selisih beberapa jam saja,mas.

      Malam hari aku posting artikel Merapi ini, ngga taunya ... besok paginya teman2 kerja lagiheboh bicarakan tentang Merapi erupsi.
      Aku ngga ngeh apa yang mereka bicarakan ....
      Setelah aku nyoba ikut lari ke luar ruangan kerja lihat gunung Merapi dari kejauhan .. ternyata beneran lihat Merapi lagi ngluarin awan panas menjulang tinggi.

      Ngga nyangka ... bisa begitu ...

      Delete
  35. Wah, pengin ke sana. Tapi ... aman gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar ya kak Dyah 😉
      Hehehe ...

      Ntar kalo sudah dinyatakan bener-bener aman terkendali situasi disana oleh laporan BMG, baru kesana 😁

      Jajal naik motor traill disana ya, kaaak ....
      Berani ngga 😁 ?

      Delete
  36. Anu, gimana ya... Saya kok jadi haru gimana gitu baca tulisan dan poto2 yg mas himawan sampaikan ini.

    Jadi inget kejadian saat itu, yg sampai menjadi berita utama di setiap acara berita di tv, hmm... Ngeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih simpati dari mas.

      Semoga kejadian musibah memilukan seperti ini tak terulang lagi ..., semua warga sigap untuk mengungsi menjauh sementara waktu jika mulai ada gejala erupsi.

      Delete
  37. Baru denger daerah kinahrejo ini kang btw aku salfok sama foto mobil apb n motor dan keterangannya yg digunain buat evakuasi tapi meninggal duh gusti kasian y kang 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya,kak Herva ...
      Memilukan kejadian itu.

      Tepatnya pukul 18.40 saat bapak Tutur Priyanto dan bapak Yuniawan kembali ke pelataran rumah mbah Marijan bermaksud mengevakuasi warga yang belum terevakuasi ... dan jam 18.50 mobil yang mereka tumpangi hangus terbakar akibat terjangan awan panas 600 derajat dan menewaskan mereka seketika 😢

      Delete
  38. Saya paling teringat itu ketika Mbah Marijan meninggal dunia. Sedih banget ceritanya :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,sangat menyedihkan kisah musibah dahsyat letusan gunung Merapi tahun 2010 itu.

      Alm.mbah Marijan diketemukan dengan posisi sujud sedang bersembahyang.

      Delete
  39. Wah, dulu saya lihat berita tentang letusan gunung merapinya di TV saat masih kuliah. Kalau ke Jawa, sepertinya harus di kunjungi, nih.. Seklian jadi bahan cerita untuk anak-anak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya,kak Yuli ntar berkesempatan travelling ke pulau Jawa,lokasi saksi erupsi dahsyat Merapi tahun 2010 lalu ini dijadikan daftar kunjungan.

      Nantinya bisa dijadikan bahan cerita ke anak-anak dan keluarga kak Juli tentang gunung fenomenal Merapi.

      Delete
  40. Pernah ke sini juga mas.. pasca erupsi merapi.

    Saat mbah maridjan msh hidup, bbrp kali ke kinahrejo yang hijau-subur, pernah sekali ke rumah beliau..ikut njemput krn beliau wktu itu jd narasumber acara di tmpt kerjaku dulu..

    Ingat sosoknya alm yang sederhana banget..selalu pke bhs jawa.. (seingat saya mbah marijan ga bisa bhs indonesia aktif)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pengalaman sangat berkesan buat kak Sulis pernah bertemu dengan sosok mbah Marijan 👍

      Sosoknya memang terkenal sangat sederhana.
      Ada cerita unik dari sosok beliau ... entah karena memang pantangan atau suatu hal tertentu apa .. beliau masa hidupnya tidak banyak bicara dengan wanita.
      Bahkan diajak bersalaman dengan wanita,beliau hanya melontarkan senyum.

      Apakah kak Sulis saat itu bertemu beliau juga mengalami keunikan beliau ?.

      Delete
  41. Dah lama pengen kesana mas, semoga bisa ke jogja lagi aamiin tfs mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku doakan kak Sandra segera kesampaian liburan lagi ke Yogyakarta dan berkesempatan liburan ke petilasan mbah Marijan ini, Amin.

      Delete
  42. murah sekalai harga tiketnya mas
    biasanya tempat wisata mahal-mahal

    saya saja sekali masuk ke pacet, 12 ribu
    belum masuk ke lokasi 10 rb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah salah satu keistimewaan Yogyakarta,mas Tomo.

      Hampir sebagian besar lokasi wisatanya ngga memasang tiket masuk dengan harga tiket tinggi.
      Patut buat contoh untuk daerah lain 👍

      Delete
  43. Kemarin merapi sempat "batuk2" ya mas.
    Syukurnya pas mas pergi kemarin masih aman2 aja.
    Oh ya pengen banget deh nyobain naik jeep dan seru2an di gunung merapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener,Hans.
      Hanya selisih 2 hari setelah aku kesana dan selisih hitungan jam setelah aku posting artikel ini ... tau-tau Merapi erupsi lagi.

      Kejadian Merapi 'batuk-batuk' kemarin itu mengagetkan banyak orang karena sebelumnya tanpa ada pemberitahuan peringatan sama sekali dari BMG.

      Ntar kalau sudah dinyatakan benar-benar aman oleh BMG, liburan ke Merapi ikut Merapi Lava Tour ... nyobain serunya naik jeep.
      Atau mbonceng naik motor traill.

      Seruuuu ... badan kita serasa diguncang-guncang nglewatin rutenya 😁👍 !

      Delete
  44. inget banget tahun 2010 masih kuliah di Jogja, tapi pas kejadian kebetulan pas lagi di luar Jogja.
    abis selesai kuliah balik lagi kesana trus udah ada jeep buat keliling-keliling, langsung dong nyoba, seru banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaaaap .. kak Rizka juga udah nyobain serunya ikut Merapi Lava Tour 😁👍

      Para drivernya pinter,ya .. mahir banget bermanuver !.
      Sukses bikin sport jantung dan acara liburan jadi teriak-teriak seruuuu .. 😃

      Delete
  45. Bener ya mas.. Kalo liat peninggalannya kita ndak bisa membayangkan thn 2010 kmren sedahsyat apa letusannya.
    Yg nggak di kaki gunung aja seperri itu apalagi yg dikaki gunung..

    Semoga Bumi indonesia dan warganya selalu diberi keselamatan sama sang pencipta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menakutkan ya,mas Heri ...
      Saat aku berada di depan mobil AVP itu pikiranku langsung terbayang kejadian dahsyat itu berlangsung begitu cepat menerjang dan membakarnya .. belum sempat mengevakuasi beberapa warga.

      Amin, semoga kedepannya musibah seperti ini tak terulang lagi.

      Delete
  46. belum pernah ke sini, penasaran juga ya kakak... sepertinya sangat menarik wisata di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku juga begitu,kak Citra ... menarik banget lokasi-lokasi wisata sekitaran gunung berapi aktif Merapi ini.

      Terasa lebih menarik lagi kalo memilih paket Merapi Lava Tour naik jeep atau mbonceng naik motor traill ... badan siap-siap diguncang oleh pengemudi terlatih melewati jalan pegunungan naik turun ... dan bebatuan ...
      Mantaap 👍

      Delete
  47. Wah sekarang rumah Mbah Maridjan jadi museum mini ya. Tapi rame ya kang biarpun rumah itu adalah tempat Mbah Maridjan meninggal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep ramai kunjungan wisatawan setelah mbah Marijan meninggal,mas Agus.

      Lokasi desa Kinahrejo ini masuk dalam paket Merapi Lava Tour.

      Kapan-kapan mas Agus nyobain ya ikut paket mbonceng naik motor traill disana ...
      siap-siap ngerasain jadi petualang alam ala crosser sejati 😁

      Delete
  48. Dulu waktu masih kuliah pernah pas Merapi lagi 'batuk' main ke daerah babadan tempat pemantauan gunung Merapi di Magelang. Kalau sekarang nggak berani deket-deket. Ngeliat efek wedhus gembel nya aja udah ngeri duluan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap kak Indy pernah ke Babadan 👍

      Iya ya bayangin kecepatan luncur dan panasnya awan wedhus gembel bikin merinding ...

      Delete
  49. Aku penah sekali wisata ke Gunung Merapi tahun 2015. Sempat juga ke makam mbah Marijan. Nyobain juga naik land rover. Ah waktu itu belum ngeblog sih hehehe.. Ntar aku mau bikin ceritanya ah, ga mo kalah sama mas Hino hahahah :) U're on of my inspiration lah wkwkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuakakakaka .. Ge-eR niiih aku dibilang inspirasi kak Nuruuuul .. 😂 ...
      Balas komennya jadi sambil senyum-senyum sendiri .. hehehe

      Kak Nurul juga salah satu inspirasiku,loh ...
      Tulisan artikel kak Nurul enak dibaca dan detilnya diperhatikan banget 👍

      Ayook, kak Nurul kutunggu ya tentang artikel lokasi Merapi ini ... pasti aku mampir dan komentari artikelnya.

      Delete
  50. setelah lama gak denger nama mbah marijan lagi, sosok juru kunci merapi kini saya baru tahu keberadaan rumahnya lewat tulisannya mas. Dari fotonya udah keliatan gimana dahsyatnya wedhus gembel lewatin desa ini. Rasanya ngeri banget walaupun saya gak ada di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,betul ngeri banget musibah besar itu,mas Bimo.

      Rumah mbah Marijan porak poranda akibat terjangan awan panas wedhus gembel dan berbarengan dengan terlemparnya batu-batu seukuran rumah dari dalam kawah ... ,akibatnya bangunan rumah mbah Marijan hanya tersisa sedikit.

      Yang digunakan untuk meletakkan benda-benda saksi sejarah ini hanya beratapkan seng.
      Atap asli dan juga dinding rumah mbah Marijan rusak parah.
      Satu-satunya ubin yang tampak di bagian meletakkan seperangkat meja kursi tamu.

      Delete
  51. mobilnya itu kalau di perbaiki bisa mahal sekali, harga sejarah yang tidak dapat terlupakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar mobil APV bersejarah itu tidak akan pernah dijual, Iv.

      Delete
  52. letusan gunung berapi begitu dahsyat sekali..

    ramai sungguh menjadi mangsa korban..

    berita ini pernah heboh suatu ketika dahulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar,pakcik Hanafi.
      Berita letusan dahsyat tahun 2010 lalu sempat ramai ditayangkan di berbagai negara.

      Pada ribuan tahun lalu, letusan gunung Merapi ini juga sempat mengubur dan merusak candi Borobudur ...

      Delete
    2. moga-moga jangan berlaku lagi..

      sebab kebinasaan oleh letusan gunung berapi sangat menakutkan

      Delete
  53. Sekarang gunung Merapi keluar abu lagi ya?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan sekarang udah berhenti aktivitas erupsinya ☺

      Yoook ... ke lokasi ini,Nandar.
      Cobain ikut paket tour diboncengin pengemudi motor traill berpengalamn 😁

      Delete
  54. Bulan lalu saya juga sempat berkunjung wisata ini mas. Sedih melihat foto-foto saat kejadian 2010 lalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuiih ... ternyata kak Ajeng juga udah ke lokasi ini 👍

      Iya,kak .. aku berada dilokasi juga terasa sedih dan ngeri lihat foto-foto disana.

      Semoga kedepannya tidak terulang lagi.

      Delete
  55. Bulan Jan main ke situ.. seru juga pas lava tour Merapi, tapi ngeri-ngeri sedap juga ya medannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ... kalo ingat ikut pengalaman Merapi Lava Tour .. seruuu ya,kak 😁 ..
      Badan kita kayak dipontang-panting nglewatin rutenya.

      Delete
  56. Dan dijadikan museum keren hehe, antik juga tuh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuuk siapin jadwal liburan kamu ke lokasi ini,Idaham 😉

      Biar lebih terasa seru liburan disana nanti, ajak temen-teman kamu ikutan paket naik jeep atau mbonceng motor traill ...
      Siap-siap deg-degan 😁

      Delete
  57. sydag lama saya simpan hasrat untuk melihat kesan2 gunng berapi tapi tak tahu ke mana harus di tuju... wahhh kalau begitu, selepas semua kembali reda bolehlah saya aturkan acara ke gunung merapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. O,kak Anies punya keinginan liburan ke gunung Merapi ini ?.
      Mudah rutenya, kak.
      Begini rutenya :

      Jika tujuan kak Anies ke Yogyakarta naik kereta turunlah di stasiun Tugu.
      Di sekitaran Tugu banyak terdapat rental mobil dan rental motor, sewalah kendaraan disana untuk menuju ke daerah Kaliurang.

      Di daerah Kaliurang, banyak markas penyedia jasa Merapi Lava Tour bisa dijajal jika ingin mencoba sensasi naik jeep atau motor traill.
      Kendaraan sewa bisa dititipkan sementara di markas.

      Semoga segera terlaksana keinginan kak Anies berlibur di Merapi.
      Ikut kudoakan.

      Delete
  58. Merapi. Dari namanya saja sudah bisa dirasakan betapa Gunung ini selalu aktif dan energik. Masyarakat sekitar Merapi mesti waspada setiap saat karena bencana seperti ini adalah kehendak mutlak Yang Maha Kuasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul,mas Dody.
      Warga desa-desa di gunung Merapi selalu wajib waspada dan paham dengan baik gejala-gejala awal sebelum akan terjadi erupsi.

      Delete
  59. Kejadian tahun 2010 silam aku masih kuliah di Jogja, sampe kosan saja abu vulkaniknya sampai, padahal kosannya daerah kantor walikota.

    Jadi tahu bangat lah rasanya atas kejadian pilu tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya rasa trauma ngga akibat ikut merasakan kejadian musibah besar itu, Idris ?.

      Setelah erupsi tahun 2010 itu terjado, Idris ngga liburan ke gunung Merapi ?.
      Sayang loh, kalo belum sempat kesana ...

      Delete
  60. Wah dasyat sekali letusanya yah semoga warga disekitar lereng Merapi terus waspada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga komentar saran kak Lindawati dibaca oleh para warga sekitaran lereng Merapi untuk selalu waspada dan sigap eavkuasi diri begitu muncul gejala erupsi.

      Delete
  61. Setiap dengar kata kinahrejo pasti langsung ingat mbah maridjan. Kerasa banget sampai sekarang kejadian tahun 2010 lalu, aku sama keluarga juga akhirnya harus ngungsi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga disangka,datang komentar dari mas Kris yang ikut merasakan langsung akibat musibah besar letusan Merapi tahun 2010 itu ... dan seluruh keluarga harus mengungsi.

      Kalau berkenan menjawab, tinggal dimanakah mas Kris dan keluarga saat kejadian itu berlangsung ?.

      Delete
  62. Masih merinding kalau dengar kata kinaharjo. Saya kok gak berani ya mau wisata ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan ada waktu, coba ya kak Anisa beranikan diri wisata ke gunung Merapi ...
      Beneran eksotis pemandangannya disana, kak.
      Terutama di lahan hangus bekas terkena terjangan awan panas wedhus gembel.

      Delete
  63. wah ini akibat letusan Merapi kemarin ya kak, Semoga cepat membaik keadan di sana ya, Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan erupsi kemarin ngga sampai menimbulkan kerusakan parah,ngga sampai terjadi seperti saat erupsi besar tahun 2010 lalu, Ahmad.

      Amiin, semoga kedepannya bencana gunung Merapi tak lagi sedahsyat tahun 2010.

      Delete
  64. letusan gunung merapi emang dahsyat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menakutkan ya, Hendi.
      Tapi dibalik kedahsyatan bencananya, material erupsi vulkanik gunung Merapi sangat menyuburkan lahan.

      Delete
  65. yang epik itu jam pas erupsi ya mas
    waktu pencabutan nyawa
    bencana memang dahsyat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah, mas Ikrom.
      Membayangkan kejadian dahsyat tahun 2010 berada di lokasi ini lebih terasa menakutkan.

      Delete
  66. Itu museumnya sepertinya kurang terawat yah mas? Sayang banget kalo barang-barang bersejarah tsb ngga diberi wadah yang bagus. Minimal enak dilihat aja lah. Gimana menurut mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku sebenarnya iya, semestinya barang-barang bersejarah itu ditempatkan di lokasi tertutup.

      Tapi, mungkin begini kak Suryani ... barang-barang tersebut memang sengaja ditempatkan di lokasi bekas rumah mbah Marijan yang mengalami rusak parah agar wisatawan tau persis lokasi dimana musibah besar itu terjadi.

      Delete
  67. Membayangkannya membuat saya merinding. Betapa kuatnya alam ya mas. :(

    Semoga korban yang berjatuhan di kejadian itu diterima di sisi-Nya. Aamiin

    ReplyDelete
  68. Amiiin,aku juga ikut mendoakan agar para korban ditempatkan disisiNya.

    Kapan ada waktu liburan,mampir ke lokasi desa ini,kak.

    ReplyDelete
  69. APV aja sampe mleot kaya kaleng biskuit kepanasan ya Mas, apalagi kalau manusia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menakutkan banget kan efek awan panas wedhus gembel, mas Ari ...
      Aku juga begidik di dekat mobil APV itu,kebayang saat kejadian mengerikan itu berlangsung.

      Kapan punya waktu,silahkan liburan ke lokasi bersejarah ini,mas Ari.

      Delete
  70. Duh, serem mbayangin kejadiannya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,menakutkan musibah besar saat itu,kak Farida.
      Semoga tak terulang lagi.

      Delete
  71. Itu mobil apv nya sampe menyon-menyon gitu hehe. Jadi ingin wisata ke merapi sambel gowes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wouw .. mantaap mau gowesan naik ke atas gunung Merapi 👍

      Kalo udah terbiasa gowes jauh,pasti ngga kerasa capek ngegowes ke atas gunung ... 😁

      Delete
  72. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  73. Ngomongin tentang gunung Merapi pasti otomatis kita konek dengan tokoh mbah Marijan.
    Mbah Marijan memang sudah menjadi legenda. Kagum dengan kharisma mbah Marijan yang tulus dan setia menjadi juru kunci sampai akhir hayatnya tetap berada di rumahnya di lersng gunung Merapi. Salut banget buat Mbah Marijan. Aku doakan semoga beliau bahagia dan tenang di alam sana.

    Ooh.. Lihat mobil APV yang hangus itu jadi ngeri juga ya.. bayangin mobil APV tsb saat terkena lahar panas. Para penyelamat yang bertugas mengevakuasi dan ikut tewas dalam mobil APV tsb besar jasanya dan banyak pahalanya. Semoga mereka juga sudah tenang dan bahagia di sana.

    Btw tour Merapi yang gunain mobil Jeep ini pernah dinaikin dan dirasain sama ponakan-ponakanku waktu bulan Febuari mereka ke Yogya.
    Ada fotonya mereka juga mampir ke rumah mbah Marijan.
    Sayangnya waktu itu aku nggak diajak hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, aku juga disana waktu itu berdoa di depan makam mbah Marijan.
      Mendoakan agar beliau dan para korban diterima disisiNya dengan baik.

      Menakutkan ya lihat motor & mobil APV sampai penyok seperti itu.
      Saat di lokasi akan lebih terasa mencekam, teringat kejadian musibah dahsyat itu.

      Sayang ya,saat para ponakan liburan ke Merapi ini kok ngga ikut sekalian ...
      Kalo ikut,kan bisa lihat langsung rumah alm.mbah Marijan

      Delete
    2. Iya lihat mobil APV yang hangus jadi korban lahar panas jadi ngeri abis.. Tapi peristiwa tsb sudah takdir.

      Iya tuch kakakku n ponakanku cuma bilang mereka liburan ke Yogya. ternyata sampai di sana malah mereka naik ke Merapi.. bikin mupeng aja..
      Katanya pas naik Jeep ke atas mereka harus pegangan kuat karena Jeep nya jalannya kayak rally.. Wouw seru dan asyik pastinya...!
      Iya sayangnya aku nggak diajak..
      Ntar someday semoga aku bisa ke sana naik Jeep rally dan bisa lihat rumah alm mbah Marijan.

      Delete
    3. Seruuu banget naik jeep .. driver pengalamannya pandai bermanuver bikin deg2an seru 😁 !.
      Kadang melewati jalan bebatuan, ngga melulu melalui jalanan rata.
      Bener apa kata para ponakan sista .. peserta harus berpegangan kuat naik jeepnya 😅

      Ntar kalo kesampaian ke lokasi Merapi ini, sista coba ikut paket tour mbonceng motor traill juga tuh .. siap-siap naik turun nglewatin bebatuan .. dijamin amaziing gronjalan 😁

      Delete
    4. Wah kalau naik Jeep driver nya pinter manuver ya? Apalagi di jalanan yang berbatu-batu.. pasti berguncang-guncang.. Udah kayak ikutan Rally mobil ya? Seru dsn asyik banget..!

      What? Kalau aku ke Merapi ikut tour mbonceng motor trail? Astaga... bayangin digonceng motor trail sudah bikin deg-deg plas.. nggak dech ntar loro kabeh awak ku.. Hahaha..! :)
      Mending ikut tour naik Jeep kayak Rally aja sudah amazing rasanya.

      Delete
    5. Dua-duanya baik jeep dan motor traill sama-sama seru sensasinya 😁
      Seru-seru sedaaap ...

      Para driver Merapi Lava Tour memang sengaja bikin manuver-manuver dan kadang dengan kecepatan tinggi melaju di atas lahan.
      Seperti di halaman bagian bawah rumah mbah Marijan ini ... untuk berputar arah mereka dengan cekatan bermanuver meliuk kencang ...
      kita bakalan sorak sorak seruuuu ngerasain tikungannya 😂 .. dan debu abu vulkanik di pekarangannya ikut terbang menutupi pandangan mata ..
      Pokoke amaziing trip 👌

      Delete
  74. Keren sekali. Ulasan yang sangat lengkap, khas Himawant hueheheh. Suka sekali membacanya. Jadi ingat tahun 2006 waktu Merapi erupsi, sempat ke sana, ngantar2 bantuan sama temen, terus keliling dan sempat melihat rumah ini dari jauh saja ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak penilaian kak Tuteh buat tulisanku ⚘

      Salut dengan uluran tangan sukarelawan seperti yang kak Tuteh kerjakan saat itu 👍
      Jiwa kak Tuteh mulia ... meringankan kesusahan orang lain.

      Sangat perlu dicontoh untuk semua pembaca artikelku ini.

      Delete
  75. Pas kesana 2010, museumnya belum ada... debu2 masih turun banyak, padahl udh hampir setahun dari letusan... aku ngeliat mobil apv ama motor nya itu lgs sediiih banget.. ga kebayang perasaan korban pas awan panasnya menerjang yaaa :( ..

    kalo ke jogja lagi, aku mau coba yg jeep itu mas.. seru kayaknya, naikin adrenalin banget hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat fenomenal memang musibah dahsyat tahun 2010 itu,kak ... pasca erupsi, muncul banjir besar lahar dingin ... batu-batu seukuran rumah ikut hanyut terbawa derasnya aliran.

      Cerita mistispun ikut mewarnai bencana besar itu.
      Banyak cerita yang beredar tentang ada batu 'berpenunggu' ikut terhanyut sampai dekat perkampungan warga, saat akan dipindahkan batu tersebut tak bersedia dipindahkan.
      Melalui media komunikasi 'orang pintar' batu tersebut tak mau berpindah karena menunggu 'pasangan kekasihnya' datang berada didekatnya.
      Entah benar tidaknya cerita tersebut aku kurang tau pasti,kak.

      Betul,kak.
      Aku juga bayangin kejadian saat korban berada dalam mobil APV saat itu ... betapa sangat nenakutkan !.

      Asiiik ... ajak keluarga ikut Merapi Lava Tour naik jeep atau nyoba mbonceng naik motor traill nglewati jalur bebatuan dan jalan mulus naik turun tikungan dengan manuver2 seru dari driver pengalaman 👍
      Seruuu, kak ... 😃

      Delete
    2. naikin andrenalin boleh aja bu..asal jangan naikin gula darah lho

      Delete
  76. Jadi inget iklan almarhum mbah marijan. Aku baru tahu kalau rumahnya dijadikan museum mini. Erupsi di tahun 2010 itu dahsyat sekali. Ngeri. Itu mobil sampai keliatan kayak rangka terbuat dari kardus deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul,aku juga teringat sosok beliau saat bintangin iklan dan slogannya jadi terkenal ... roso .. rosooo .. 😁

      Kalau teringat bencana besar tahun 2010 itu ngeri,kak.
      Beberapa tahun kejadian itu berlalu dan aku ke lokasi ini setelahnya ... kejadian dahsyat itu masih kebayang.
      Berada di depan mobil APV penyok itu aku merasa merinding, langsung kebayang kejadian awan panas meluncur sangat cepat menghantamnya ...

      Delete
  77. Ia..mase, sayang bangt tuh,,barang barang berserakan,,,tapi ini kuasa ilahi,,harus gmana lagi, hati hati mase, nanti lahar turun lagi looo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur Nuwun perhatiane mase Dwi ☺

      Iya,akhir-akhir ini setelah artikel ini kuposting udah terjadi beberapakali Merapi mengalami Freatik [batuk-batuk] dan hujan abu ....

      Ada salah satu temenku sampai ngomentari ' Merapi erupsi lagi gara-gara kamu abis kesana tuuuh ... '

      Wuakakakakaaa 😂
      Ada-ada aja temenku nyeletuk kayak gitu ..

      Delete
  78. mas untuk paragraf " Disana terpajang seperangkat gamelan, motor, mobil APV plat AB 1053 DB yang digunakan oleh Tutur Priyanto dan Yuniawan untuk mengevakuasi warga desa Kinahrejo dan menewaskan mereka, perlengkapan rumah tangga dan dapur, juga digunakan untuk memasang dokumentasi foto - foto proses evakuasi warga " saya sedikit merinding membacanya apakah priyanto dan yuniawan ini akhirnya justru ikut menjadi korban..? dan ada bocoran bagaimana kondisi ketika sedang evakuasi..hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur, aku juga merinding saat di lokasi museum mini di bekas rumah alm.mbah Marijan ini, mas ...
      Terutama terasa banget saat berada di mobil APV itu.
      Bulu kudukku saat itu langsung meremang.

      Kedua pengevakuasi, bapak Tutur Priyanto dan Yuniawan meninggal seketika terperangkap didalam mobil.
      Kondisi mereka saat tewas aku ngga tau bagaimana kondisinya saat diketemukan.

      Delete
    2. jika memang tidak terkendala satu dan lain hal,mungkin mas dab boleh share foto2 yang sempat terekam ketika evakuasi..setidaknya kita jadi lebih menghargai mereka yang telah tiada..

      Delete
    3. Dilokasi ini juga dipajang foto-foto para korban manusia,ternak,iring2an pengungsi,mas ...
      Semuanya badan mereka tertutup abu tebal.
      Ada juga foto yang terlihat korban terluka parah kulit terbakar mengelupas,termasuk ternak.
      Lokasi juga berubah jadi putih semuanya.

      Termasuk dipajang foto-foto looasi pasca erupsi ... tanah dan pohon jadi menghitam karena gosong.

      Aku ngga punya nyali untuk menyertakan foto di artikel ini, takut kebayang-bayang musibah besar itu.

      Delete
  79. dua kali saya melihat erupsi merapi mas.. tapi ditempat kosan dulu abunya kecil dan tipis..

    sempat juga melihat lahar keluar dari gunung merapi dan ditonton dari jalan solo..
    pas malam lagi..

    semuanya terlihat jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua kali melihat erupsi merapi gan...? tahun berapa aja yak..

      Delete
    2. @ de eka Sas = ...

      Menakutkan.
      Pasti jadi pengalaman traumatik ya lihat erupsi seperti itu ...

      Delete
  80. duhh jadi kangen iklan roso bang

    melegenda banget si mbah memang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya slogan iklan yang alm.mbah Marijan itu ucapkan sangat populer ... dan sampai sekarang kata roso itu sering kedengaran digunain banyak orang saat mereka ngobrol dengan bercanda untuk menyemangati temennya 😁

      Delete
  81. Sy tidak pernah minat mendaki Gn.Merapi mas..entahlah kenapa, mungkin krn masih takut terbayang kejadian waktu meletus liat di Tv ngeri banget.
    Hingga akhirnya sy mendaki Gn.Merbabu dan melihat keindahan Merapi dari Merbabu, dari situ terbesit keinginan ingin mendaki Merapi suatu hari nanti.
    Namun belum kesampaian ke Merapi ehhhhh kemaren Merapi Erupsi...jadi kaga minat lagi deh..hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir sebagian orang seperti yang kak Desi rasakan, ada trauma kesana kalau teringat musibah dahsyat itu terjadi.
      Takut kenapa-kenapa berada di puncak Merapi sana.

      Tapi pemandangannya memang bener sangat indah,kak.

      Iya ya, ini tau-tau kok erupsi lagi.
      Tercatat sudah berulangkali freatik dan hujan abu sampai puluhan kilometer ke banyak kota.
      Semburan abu nya dari puncaknya juga sangat tinggi, lebih dari 6000 meter !.

      Ntar kalo kak Desi berminat mendaki mendekati puncak gunung Merapi, pastikan dulu saja kalau kondisi disana sudah benar-benar aman.

      Delete
  82. Tiketnya Murah amaaaattt... bisa lah masukin ke list perjalanan nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi pastikan dulu kesana keadaan sudah benar-benar dinyatakan aman,ya.
      Merapi sudah bener-bener berhenti aktivitas freatiknya.

      Kebetulan, di area Jawa Tengah lokasi-lokasi wisata tak memasang tarif tinggi untuk pengunjung.
      Keren yaa ... ☺

      Delete