Senin, 09 April 2018

Manggisan, Kolam Rileksasi Air Sulfur

Lokasi tujuan untuk berlibur buatku, tak selalu harus travelling ke lokasi wisata yang namanya sudah ternama, dikenal banyak orang. Atau, musti ke lokasi wisata yang sedang hits banyak dibicarakan orang dan oleh kalangan traveller. Berlibur di lokasi tak ternama atau kurang ternama pun bisa jadi mendapatkan pengalaman menemukan hal - hal baru, unik dan seru.
Dan jadi satu cerita pengalaman berlibur berkesan setelah berada disana.

Seperti lokasi liburanku yang kali ini kupilih ... , lokasi keberadaan namanya belum begitu banyak dikenal orang, hanya sebatas dikenal oleh warga penduduk sekitar dan kota - kota tetangga terdekatnya. Fasilitas pendukungnya pun disana terbilang sangat sederhana.

Trip Of Mine
Airnya panas merilekskan otot tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan kulit.
Berada di kota dataran tinggi Wonosobo berudara sejuk dingin dan di belakang komplek perumahan pemukiman warga, tepatnya di kampung Manggisan Permai, kelurahan Mudal, Mojo Tengah, pada tahun 2012 lalu di pekarangan kosong lahan milik PT. Dieng Jaya mendadak muncul sumber mata air panas belerang setelah proses pengeboran tanah untuk pencarian sebuah sumber mata air sumur disana.

Fenomena unik ini terjadi tanpa disengaja ... , awalnya bermula dari PT. Dieng Jaya yang bergerak di bidang ekspor impor industri pengolahan dan pengemasan budidaya jamur berinisiatif membuat sumur sebagai sumber kebutuhan air bersih untuk proses produksinya. Tak dinyana, proses pengeboran sumur pada kedalaman beberapa meter yang muncul bukanlah sumber mata air bersih pada umumnya, tapi bertemperatur panas dan mengandung zat belerang.
Pengeboran tanah tetap dilanjutkan, dengan harapan semakin dalam kedalaman proses pengeboran sumur maka akan diketemukan sumber mata air bersih biasa di lapisan tanah dibawahnya.
Hingga pengeboran pada kedalaman sekitar 80 meter yang diketemukan justru sumber mata air bertemperatur semakin panas dan semakin tinggi kandungan zat belerangnya.
Penemuan sumber mata air panas dengan kandungan belerang ini, tentunya tak dapat dipergunakan untuk kebutuhan proses produksi jamur PT. Dieng Jaya.
Tanah pengeboran pun tak mungkin untuk diurug kembali karena debit air sangatlah tinggi memancar deras dari sumbernya.

Air kaya zat mineral baik untuk manfaat kesehatan kulit ini dibiarkan terbuang begitu juga saja sangat disayangkan ..., maka atas kesepakatan warga komplek perumahan dan PT. Dieng Jaya, sumber mata air tersebut digunakan untuk sarana wisata kolam rendam air panas.
Dan lokasinya dinamakan Kolam Air Panas Manggisan.


Trip Of Mine
Bangunan kotak tanpa atap ditengah area, disitulah sumber mata air panas belerang berasal.
Dilengkapi dengan 2 pancuran bertekanan besar.
Jika kita mandi berada dibawahnya, tubuh seperti sedang diterapi pijat oleh tekanan air.

Adanya penemuan sumber mata air belerang ini, sebenarnya cukup beralasan karena melihat kondisi letak geografis kota Wonosobo memang berada di jalur gunung api purba Dieng dan gunung berapi aktif, Sindoro. 
Selain memang karena faktor letak geografis, tak jauh dari lokasi penemuan baru sumber mata air belerang ini, juga terdapat sumber mata air belerang dengan debit air tinggi yang telah resmi dikelola menjadi sarana obyek wisata, bernama Pemandian Air Hangat Kali Anget.
Kedua lokasi ini terpisah jarak hanya sekitar 2,5 kilometer oleh jalan raya utama Wonosobo - Dieng.


Rute ke lokasi

Lokasi kolam air panas kaya zat belerang ini ditempuh dari pusat kota Wonosobo melalui Jalan Raya Dieng, km dan berbelok ke arah kanan ke arah komplek perumahan Manggisan Permai, melewati jembatan kecil yang sanggup dilewati oleh 2 kendaraan berlawanan arah.

Di sepanjang rute Jalan Raya Dieng memang banyak terdapat beberapa jembatan kecil untuk menuju ke arah jalan lain, ke perkampungan warga dan ke komplek perumahan.
Agar tidak salah arah, pastikan untuk berbelok di jembatan kecil yang berada di Jalan Dieng, km 3 dan berjarak sekitar 10 meter sebelum lokasi wisata Pemandian Air Hangat Kali Anget.

Setelah berbelok ke jembatan kecil tersebut, terus lurus saja mengikuti jalan komplek perumahan.
Di pojok persimpangan jalan komplek, berbeloklah ke arah kiri sesuai papan petunjuk kecil arah lokasi kolam air panas, jika ke kanan akan mengitari rute komplek perumahan.

Tak jauh setelah berbelok ke arah kiri, jangan heran ... jika yang terlihat hanyalah berupa lahan luas kosong dan sekeliling halamannya dipagari oleh seng.
Satu-satunya bangunan yang terlihat berada disana hanya deretan bangunan kios kosong yang digunakan untuk parkir kendaraan bermotor, bersebelahan dengan ruang untuk penjaga parkir. Sedangkan parkir kendaraan roda empat ditempatkan di dekat  jalur masuk lahan.

Lalu dimanakah lokasi kolam air panas itu ?

Lokasi keberadaan kolam air panas tersebut tetap tak terlihat dari letak bangunan ruko yang digunakan untuk area parkir kendaraan roda dua.
Pemandangan indah yang akan kalian lihat dari sini, tampak gunung Sindoro menjulang tinggi gagah berada di kejauhan sana.

Trip Of Mine
Gunung Sindoro tampak berdiri mentereng dilihat dari area parkir.

Setelah memarkirkan kendaraan dengan rapi, berjalanlah ke jalan setapak di sebelah bangunan ruko ...
Dari situ mulai terlihat dimana lokasi kolam air panas itu berada, letaknya berada di bawah area parkir dan untuk menuju kesana, menuruni undakan anak tangga.
Dari lahan atas ini, terlihat jelas area kolam rendamnya terbagi menjadi 3 bagian.

Trip Of Mine
Lokasi kolam air panas dilihat dari atas.

2 kolam rendam digunakan khusus untuk pria dilengkapi dengan 2 pancuran air berkekuatan menyembur kencang keluar dari sumber mata air, posisinya berada di tengah ke 2 kolam.
Dan 1 kolam rendam lagi dipergunakan khusus untuk wanita.

1 kolam rendam untuk pria dan kolam rendam untuk wanita dilengkapi dengan atap untuk menghindari hujan atau panas terik matahari.
Sedangkan 2 pancuran air dan 1 kolam rendam untuk pria yang berukuran lebih luas dibandingkan dengan luas kolam yang lain, tidak dilengkapi atap.
Ditata terbuka atau outdoor untuk menikmati pemandangan sekitar dengan bebas, sembari berendam rileksasi disana
.
Di depan kolam rendam khusus dipergunakan untuk pria, terdapat 4 kamar rendam pribadi yang dapat disewa dengan beaya Rp. 5.000 ,_ jika ingin berendam lebih privacy.

Apa saja fasilitas yang tersedia disana ?

Selain menetapkan harga tiket minim dan sangat terjangkau untuk semua kalangan, pengelola hanya mewajibkan setiap pengunjung membayar tiket masuk Rp. 2. 000 ,_ per orang dan jika membawa kendaraan dikenai beaya parkir Rp. 2.000,_

" Gimana, murah banget kan ? ".

, pengelola juga mengkoordinir beberapa warung sederhana disana dengan memasang harga minim atau murah untuk persewaan loker penyimpanan barang pribadi milik pengunjung, persewaan celana boxer untuk keperluan berendam dan juga menetapkan harga makanan minuman dengan harga wajar, tidak menguras isi dompet pengunjung.

Liburanku ke lokasi kolam air panas Manggisan yang buka dari jam 06.00 pagi hingga jam 24.00 ini adalah liburanku yang keduakalinya.
Saat kedatanganku yang kedua di siang hari itu, lokasi kolam rendam dan bilas tampak sedang tidak begitu banyak pengunjung berada disana.
Mendekati sore hari, pengunjung makin banyak berdatangan.
Menurut penjaga warung makan disana, semakin malam kunjungan wisatawan akan semakin ramai.

Trip Of Mine
Suasana kolam rendam saat cukup ramai pengunjung.

" Wah, menyenangkan, ya ... berendam air panas alami  bersama - sama di tengah udara dingin. Selain dapat bersosialisasi dengan pengunjung lain dan untuk rileksasi, juga tentunya berendam di air panas belerang bermanfaat untuk kesehatan. Seperti kita tahu, kandungan zat belerang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit ".

Dari pembicaraanku dengan ibu penjaga warung makan juga kuperoleh kabar, jika kelak lokasi ini akan dibangun menjadi lokasi wisata taman hiburan berkelas dilengkapi hotel bintang lima dan miniatur ikonik beberapa negara, seperti bangunan Taj Mahal ikonik dari negara India.
Konsep dan maket telah dibuat, realisasi pembangunannya menunggu perijinan diterbitkan.

" Oh, benarkah demikian ? ".


Lokasi :
Andongsili, Mojo Tengah, Wonosobo


Tips trip di Kolam Air Panas Manggisan :

 Tersedia angkutan kota di jalur jalan Dieng, Km dari pusat kota Wonosobo. Namun tidak ada angkutan umum masuk ke dalam komplek perumahan Manggisan Permai. Transportasi ojek bisa jadi pilihan untuk menuju ke lokasi,  pangkalan ojek tersedia di dekat jembatan kecil.

▪ Dianjurkan untuk berendam saat tubuh sedang dalam keadaan stamina baik, karena jika tidak akan membuat tubuh terasa lemas.

▪ Dianjurkan berendam maksimal waktu 30 menit. Jika ingin mengulang kegiatan berendam kembali, beri jeda waktu istirahat yang cukup.






149 komentar:

  1. saya suka air seperti ini bang apalagi yang hangat begini melancarkan peredaran darah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Abdul juga suka ya travelling ke mata air belerang seperti ini ☺
      Bagus,mas.

      Untuk terapi kesehatan kulit dan otot sangat bagus.
      Kapan ada waktu, main ke lokasi ini, mas...

      Hapus
  2. Kalau jadi dibangun hotel bintang lima, berarti bakalan terkenal tuh bang, bisa jauh lebih terkenal dari gua, walaupun gua masih belum terkenal ckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ckckckk 🤓
      Tapi, aroma keterkenalanmu udah terdeteksi dari sini, loh ...

      Ntar kalo udah jadi terkenal jangan somsek yaa 😃

      Bisa jadi begitu, mas.
      Lokasi ini bakal akan terkenal ke seluruh Indonesia setelah ada hotel bintang 5 dan sarana hiburan disana.

      Hapus
  3. Wih harga tiketnya murah banget yaa. Bakalan seru nih kalau rame-rame datang ke sini :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ... murmer banget tiketnya ya,kak 😁

      Awalnya aku juga ngga percaya kok tiketnya murmer.
      Dalam hati apa ngga salah nyebut harga tiket 😁 ?

      Ajak teman-temen dan keluarga ke sini,kak.
      Menyenangkan, bersosialisasi dengan teman2 baru sambil berendam air panas sulfur ☺

      Hapus
  4. Selalu suka kalo berendam air panas gini :D. Yg di dieng udh kebayang sih bakal mantap bgt, apalagi daerah sanakan dingin bangettt kalo malam. Aku prnh coba, tp di garut.. Kalo udah nyebur ke dalam, lgs malas naik krn dingin banget :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaha 😃
      Betul,kak ... kalo udah nyebur jadi males naik, apalagi udaranya dingin banget.

      Mata air panas di Garut keren lokasinya ya, kak ?.
      Aku belum pernah kesana, tapi kalo di Ciater Subang pernah.

      Hapus
  5. Aduh asik banget kak himawant ini main terus.. kayanya pengusaha yahhh wkwkwk.. btw tempat rendamnya mantep baget yaaa.. bikin nyaman deh anget2an di kolam.. Cocoknya sama pacar tu kak.. hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha ... Amiiiin semoga kelak beneran jadi pengusaha bisnis travelling ...,
      Terimakasih doanya, kak Vika 😁⚘

      Ya,kak.
      Air panas belerang ini terbukti ampuh ngusir pegel2 badan.
      Juga cocok banget buat traveller yang kerasa kecapekan buat mampir rileksasi kesini ☺

      Hapus
  6. Murah meriah ya, total empat ribu saja, plus sambutan pemandangan Gunung Sindoro dari parkiran.
    Oh ya mas, apa itu kolam rendamnya dalamnya sekitar berapa meter? alhamdulillah kolam perempuannya dipisah :P

    Kalau di Bantul juga ada pemandian air panas, namanya Parangwedang, di deketnya Pantai Parangtritis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,murmer banget ya,kak.
      Selain itu kaya manfaat buat kesehatan airnya.
      Ajak keluarga liburan ke lokasi ini, kak Dwi.

      Dasar kolamnya dibuat 2 susun,kak.
      Yang terdalam sebatas dibawah dada.

      Iya,kak.
      Kalo kolam rendamnya ngga dibuat terpisah ... haduuuh .. bisa berabe ..
      xixixi 😁

      O,kak Dwi di Bantul Yogya ya tinggalnya ?.
      Sering ke Parang Wedang ya, kak ?.

      Aku pernah 1 kali kesana.
      Air bak rendamnya perlu dipenuhin dulu sebelum digunain buat berendam ya.
      Yang disayangkan, bangunannya kurang terawat.

      Hapus
  7. itu kolam renang balerang ya mas, wah bisa jadi refleksi alam nich untuk kesehatan tubuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups,mas Maschun.
      Bagus buat kesehatan tubuh kita.
      Kapan-kapan ke lokasi ini,mas ☺

      Hapus
    2. iya mas, kalau ada waktu dan uang juga, hehe

      Hapus
    3. Kudoakan terlaksana,mas.

      Hapus
  8. Aku harus setuju kalau gitu daerah wisata yang belum dikenal banyak orang belum tentu tidak menarik, tapi bisa jadi karena belum banyak diketahui keindahan yang belum terekspos
    nah bisalah ikut mempromosikan agar dikenal banyak orang
    itu baru keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sependapat,kak Maya ⚘.
      Semoga setelah artikel ini,lokasi-lokasi wisata yang belum terekpose media bisa dikenal dan dikunjungi banyak orang.

      Hapus
  9. Tempatnya masih tampak sederhana sekali, dan semoga saja segera bisa dibangun agar lebih indah.
    Saya kalau wisata juga tidak harus ke tempat-tempat hits, kadang didalam kota lebih terasa nyaman dan menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera dibangun lebih baik kondisinya ya,mas.
      Setelah nantinya dibangun,tak perlu memasang tarif tinggi untuk pengunjung.

      Betul,mas Djangkaru.
      Liburan tak selalu harus ke lokasi yang lagi hits.
      Ke lokasi biasa saja juga bisa jadi hiburan liburan menyenangkan asalkan dinikmati dengan senang.

      Hapus
  10. Balasan
    1. Seneng pastinya, mas Andrew 😁
      Libutan bisa nambah wawasan, nyegerin pikiran dan suntikan semangat baru
      Hehehe ...

      Ayok,liburan bareng,mas

      Hapus
  11. Ooh ternyata cerita awalnya dari ketidaksengajaan ya? Proses pengeboran yang dilakukan oleh perusahaan.. dengan maksud menemukan sumber air bersih tapi sewaktu pengeboran tanah yang muncul malah semburan air panas yang mengandung belerang.. Surprise ya? Oleh karena air panas tsb nggak mungkin digunakan dalam proses produksi akhirnya dibuat sebagai tempat wisata kolam rendaman air panas.. Wah ide yg bagus dan kreatif..:)

    Dari atas view Kolam rendaman air panas Manggisan ini View nya indah banget terlihat gunung Sindoro nuansa hijau tampak segar apalagi dengan udara yang dingin.. cocok dijadikan sebagai tempat rendaman air panas.
    Tiket masuknya murah banget ya? Sipp..!
    Kolam rendam pribadi hanya disediakan untuk kaum pria saja ya brader? Untuk wanita nggak ada ruangan kolam rendaman privacy..mengapa? Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fenomena keren ya,sista.
      Coba seandainya dekat rumahku muncul kolam air panas kayak gini ... udah pasti tiap hari aku kungkum disana 😃

      Untuk wanita, juga sebenarnya disediain ruang rendam privay.
      Bangunan kamar2 rendam privacy terlihat dari kolam rendam outdoor untuk pria.
      Tapi, kamar rendam privacy untuk wanita udah ngga digunain lagi karena mesin saluran air nya ngga kuat mengalir ke arah yang lebih tinggi.

      Kolam rendam dan kolam privacy untuk wanita,lokasinya berada lebih tinggi daripada lokasi rendam untuk pria.

      Aku ngga berani sekedar 'ngintip' kayak apa bentuk kolam rendam khusus wanita ...
      Takut dijitakin rame-rame para wanita gegara ketauan nyoba ngintip lokasi
      Hahahaha 😅 !

      Hapus
    2. Iya fenomena yang keren dan dan dari ketidaksengajaan itu malah bisa dibuat tempat wisata kolam air panas.. yang bisa menarik wisatawan untuk berkunjung, siapa tahu lama kelamaan wisata kolam air panaa belerang ini bisa cepat terkenal dan populer ya sehingga makin banyak pengunjung yang datang? Tapi kalau sudah ngetopp ntar tarif masuknya nya sudah nggak murah lagi..hehehe..

      Ouw jadi kalau ada sumber air panas deket tempat tinggal brader. bakalan kum-kum tiap hari.? Hahahaha. ! Asyik ya buat relaksasi.. jadi rasanya everyday is holiday..:)

      Oh sebenarnya ada juga ya kolam renang privacy buat cewek? Tapi saluran air sudah nggak bisa keluar air panas karena lokasi rendaman yang letaknya lebih tinggi .. I see..

      Lho katanya kolam rendaman cewek sudah nggak digunain lagi? Jadi nggak apa-apa dong kalau ngintip ke sana brader? Hehehe... Apa masih ada pengunjung cewek di kolam rendaman cewek?
      Oh iya katanya kalau berendam di kolam rendaman air panas sulfur ini dianjurkan badan dalam keaadaan stamina yang baik.. karena nanti badan bisa lemas akibat Kena air panas begitu ya brader?.


      Hapus
    3. Perkiraanku juga begitu,sista.
      Kalau nantinya beneran dijadiin taman hiburan berkelas dilengkapi hotel bintang lima seperti yang ibu penjaga warung jelaskan ...
      Tiket masuk tentunya akan ngga murmer lagi.
      Dah pasti matok harga tinggi.

      Kolam rendam khusus digunakan untuk wanita, sampai sekarang masih ada dan berfungsi.
      Yang ngga difungsikan : ruangan rendam privacy di depan kolam rendam wanita.

      Saat aku kesana keduakalinya, banyak juga pengunjung wanita.
      Jadi, aku ngga berani mencoba mendekat kolam rendam khusus cewek ... takut dikeroyok mereka...
      Wuakakaka 😂 !

      Benar.
      Krn saat tubuh ngga fit,keadaan tubuh kerasa lemah ... ditambah panas dari air sulfur, tubuh jadi terasa tambah lemas.

      Seseorang berendam di kolam air oanas belerang lebih dari 30 menit,pasti pernafasan jadi berat.
      Hal ini kupraktekin bener ngga nya ... ternyata benar.

      Hapus
    4. Iya pasti itu kalau tempat wisata air panas ini telah. dikelola menjadi tempat hiburan berkelas.. Tiket masuknnya nggak murah lagi.. agak dilema juga bagi pengunjung ya?
      Ooh kolam rendaman air panas untuk cewek masih berfungsi dan banyak pengunjungnya.. yang nggak berfungsi itu kolam rendam privacy depan kolam...
      Ouw brader takut mendekat kolam rendam cewek karena takut dikeroyok mereka? Astaga hahahaha...! takut apa takut? Hahahaha.. kidding..:)

      Ouw begitu ya kalau berendam di dalam kolam rendam air panas sulfur lebih dari 30 menit.. maka pernafasan akan menjadi berat? brader sudah pernah nyoba ya? Ternyata berendam lebih dari 30 menit nggak efektif malah agak berbahaya ya? Apa karena terlalu lama menghirup zat belerang ya brader?
      Selain itu mungkin nggak boleh tiap hari juga kali ya berendam di air panas belerang?



      Hapus
    5. Wuakakaka 😂 ...
      Pastinya aku takut bayangin ... tiba-tiba dikeroyok oleh para wanita yang cuma lagi pada pakai handuk ... gegara aku memotret lokasi kolam rendam cewek kayak apa bentuknya ...
      Hahaha, OhEmJi ... 🤣

      Yang kurasain berendam lebih dari 30 menit itu, pernafasan dada kayak terasa berat dan pengap.
      Bisa jadi, pengaruh uap zat belerang terhirup di hidung.

      Lokasi ini uap nya kliatan jelas mengambang di permukaan air loh, sista ...
      Akan kliatan lebih jelas lagi saat turun hujan.
      Uap kliatan tebal mengapung diatasnya.

      Hapus
    6. Lho lagi bayangin aja sudah takut? Hahahaha...! Nggak perlu takut kalau dikeroyok mereka.. Kan untuk mendapat bahan tulisan artikel harus cukup berani dan nekat antara lain mengumpulkan foto-foto suatu lokasi yang diliput untuk artikel. Meskipun resikonya ntar bisa kena keroyok segerombolan para cewek yang pakai handuk habis renang.. Ntar brader habis dikeroyok mereka terus diceburin di kolam rendaman air panas . Wah sudah kayak film Warkop ya? Hahahaha...:)
      Kalau pas ada aku.. aku bisa bantuin untuk motret bagian kolam rendaman privacy cewek.. Hehehe.. buat keperluan foto artikel brader..

      Ooh setelah berendam lebih dari 30 menit brader ngerasa pernapasan berat dan pengap? maksudnya sulit untuk bernapas? Wah..bahaya juga ya uap air zat belerang kalau dihirup kelamaan..

      Jadi uap air panas yang mengandung zar belerang ini..uapnya terlihat tebal jelas mengambang apalagi saat musim hujan?
      Wah.. nggak kebayang berapa banyak zat belerang yang terkandung dalam uap air panas ini.
      Btw.. Jadi berendam hanya seperlunya saja. Terapi berendam nggak boleh lebih dari 30 menit.

      Oh iya aku lihat di foto kolam.rendaman air panas yang bentuknya bundar nggak terlalu besar ya? Tapi ada 2 kolam ya untuk pria.
      Kalau kelak nanti pengunjungnya sudah mulai banyak dan membludak sepertinya harus dibangun kolam rendaman lagi supaya ntar nggak kayak dawet. Hehehe..:)

      Hapus
    7. Hahaha ... takut duluan nih 😅
      Sebenarnya penasaran pengin lihat langsung kayak apa bentuk kolamnya untuk cewek, apa dibentuk bulat juga kayak kolam rendam khusus cowok.
      Tapi ya gimana ...
      Daripada kena keroyok diceburin rame2 sama cewek, terpaksa kubatalin niatanku 😁

      Aku sih, berendam lagi setelah 30an menit 😁
      Kubuat ngaso di warung sambil ngobrol sama ibu penjaga warung yang sekaligus ruangannya nyewain loker pribadi.
      Sewa lokernya murah, cuma 3 ribu.

      Betul,ngga gitu besar kolamnya.
      Ya muatlah kira-kira... nampung 50 orang sekaligus berada disana 😁

      Hapus
    8. Hahaha.. sudah parno duluan ya? Saking takut dileroyok para cewek. jadinya nggak ada foto kolamnya. Padahal brader penasaran kan ingin tahu bentuk kolam rendaman buat cewek.. Hehehe..:)
      Yo udah mungkin aja bisa dicari di google..bentuk kolam rendamanx apa sama atau nggak bentuknya dengan kolam rendaman untuk cowok.. Hehehe.

      Ooh jadi setelah betendam 30 menit.. naik trus brader nyebur berendam lagi ? Hehehe nggak puas ya kalau cuma 30 menit berendamnya..

      Oh si ibu pemilik warung juga menyewakan ruangan untuk loker penyimpanan barang buat pengunjung? Wah pinter si ibu tsb bisa dapat tambahan income selain berjualan di warung..

      Misalnya kolam rendaman yang nggak begitu besar tsb. lagi kebanjiran pengunjung. Trus 50 orang pria sekaligus masuk berendam di kolam air panas tsb.. Wouw... Kayak dawet.. Hihihihi..
      Tapi nggak mungkin ya? Pasti ada peraturannya dibatasi beberapa orang yang boleh masuk dan harus antri bergiliran.

      Hapus
    9. Hehehe, ntar kalo pas liburan kesana lagi saja, minta tolong pengunjung cewek buat motretin lokasi kolamnya kayak apa 😁

      Lemari loker di warung ibu pedagang makanan minuman itu dilengkapi ruang ganti yang juga sederhana,sista.
      Cuma ditutup gorden sebatas betis.

      Masuk ke kolam rendam ngga dibatasi jumlahnya,sista.
      Selagi kolam muat nampung, oke-oke aja ☺

      Di foto terakhir jumlah pengunjung cowok kan lumayan jumlahnya,ya ...
      Makin sore saat itu pengunjungnya makin banyak yang datang.
      Termasuk warga sekitaran komplek banyak yang datang berbekal handuk disampirkan di leher dan bercelana pendek saja ...

      Dulu lokasi ini buka 24 jam nonstop, tapi sekarang hanya sampai jam 12 malam.
      Mungkin pengelolanya capek juga ya kalo fulltime 24 jam ☺

      Pengin deh kapan2 nyobain berendam tengah malam kayak apa suasananya

      Hapus
    10. Oh selain lemari loker termasuk ada dengan ruang gant yang disewakan.. Oke juga ya ide ibu pemilik warung..hehehe...:)

      Oouw.. jadi nggak ada batasan giliran masuk ke dalam kolam rendaman.. Apalagi semakin sore semakin ramai penfunjung pria yang masuk ke kolam rendaman.. Wuih kayak kolam dawet dong? Nggak sumpek? Hehehe..! Tapi oke-oke aja ya?

      Sekarang tempat wisata kolam.air panas ini sudah nggak buka 24 jam lagi ya? Mungkin nggak efektif juga kalau buka sampai 24 jam jadi cukup 12 jam aja.

      Kapan-kapan pengen nyoba berendam di kolam tengah malam ya brader? Awas ntar ada yang nyamperin di kolam nyamar jadi pengunjung kolam tahunya bukan...Hihihihi..

      Hapus
    11. Ruang gantinya free,ngga dikenai beaya tambahan lagi kok,sista ☺.
      Pokoknya murmer dan orang2nya ramah2, enak diajak bicara.
      Mungkin pengaruh suasana lokasi juga kali,ya ... jadi orang cepat bersosialisasi dengan akrab.

      What, apakah itu 'penyamaran' 😲 ?.
      Hahaha ..
      Hayooo, berhalunisasi ya,sista 😃 ?

      Hapus
  12. Tempatnya lumayan dekat dari rumah untuk menyegarkan diri ya Mas. Dan aku setuju bahwa traveling atau wisata tak harus ke tempat-tempat jauh. Intinya adalah eksplorasi kemudian menikmati. Kalau itu sudah tercapai saatnya kita bergembira :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,kak Evi.
      Lumayan deket,ditempuh sekitar 2,5 jam lebih dari rumah keluargaku ☺.

      Terimakasih sependapat,kak.
      Liburan tak selalu wajib ke lokasi liburan ternama.
      Sederhana seperti lokasi ini, bisa jadi lokasi buat bahagia nikmatin liburan 😁

      Marilah kita selalu bergembira liburan di lokasi manapun 😉

      Hapus
  13. melewati jembatan kecil yang sanggup dilewati oleh 2 kendaraan berlawanan arah.
    Kalo dua puluh tahun lagi, jembatannya besar engga om? masa iya udah 20 tahun berlalu masih kecil aja
    Setelah memarkirkan kendaraan dengan rapi, wih hebat ke sana bareng artis
    tapi kok ya engga ada poto si rapinya om? si rapinya enggak mau dipoto ya om?
    itu kolam renangnya bisa buat sekalian nyeduh mie engga, om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkkkwwwwkkk 😂
      Kayaknya 20 tahun lagi dah gede deh tuh jembatan ...
      Ntar rajin dikasi vitamin ajah, biar cepetan gede besar jembatan imut itu 😂

      Yook,
      Kapan-kapan nyobain nyeduh mie dan telor disana yoook, om Niki 😉 ...

      Hapus
  14. Bagus buat kesehaan ya, asyik mandinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru mandi berendam dan di pancuran deras itu,mas ...
      Bisa ngobrol-ngobrol sama traveller lain atau penduduk sekitaran sambil rendaman.

      Monggo dicobain ☺

      Hapus
  15. Joss ni besok kalo ndaki Sindoro via Tambi.. Bisa mampir pemandian ini buat ngilangin capek.. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fix,
      Dijadiin lokasi rendaman ya buat ngilangin pegel linu abis ndaki gunung.

      Mudah dicari lokasinya kok, Anggara.
      Ngga bakal kesasar.

      Hapus
    2. Sipp.. hatur nuhun infonya...

      Hapus
  16. wow, baru ditemukan ya. menarik! kebetulan abis berkunjung juga nih di pemandian air panas di dekat sini.
    menurutku yang ini sudah bagus pengelolaannya. jalan menuju ke sana jg sudah tertata asri ya. good job deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren abis dari pemandian air panas juga nih kak Farida.
      Kasi tau nama lokasinya ya,kak ...
      Penasaran,aku ingin liburan kesana ☺.
      Masih sangat alami ya disana, kak ?

      Hapus
  17. Capek capek enaknya berendam memang, pegel,linu, encok ilang semua. Lebih enak lagi kalo berendam habis naik gunung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, betul mas Heri.
      Badan langsung terasa fresh setelah berendam dari lokasi seperti ini.

      Kapan ada waktu,cobain kesini,mas.

      Hapus
  18. sulfur baik untuk kesehatan apalagi kalau mandi di air banyak sulfur dan airnya rada-rada panas, bikin maknyosss

    Seketika keluar dari pemandian langsung bugar dan segar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maknyoosss bener,mas 😁
      Tubuh perlu adaptasi pelan-pelan dulu sebelum nyeburin seluruh badan.

      Badan terasa enteng setelahnya 😁

      Hapus
  19. 2000 Perak murah banget...disini masuk kolam renang aja 50 ribu. Tapu sayang ya kalau mandi air panas nggak bisa lama lama...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Murah banget ya,mas 😁
      Bermanfaat pula berendam disini.

      Betul,mas ...
      Waktu berendam diatur per 30 menit.
      Setelah itu, istirahat dulu.
      Beberapa menit kemudian nyebur berendam lagi.

      Hapus
  20. Baru tau di Wonosobo ada sumber air panas. Gw kira cuman Baturraden aja yang ada sumber mata air panas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Wonosobo ada beberapa titik sumber air panas, Riz.

      Ada juga yang ditepi kali Serayu dan dikelola apa adanya.
      Jadi, berendam sambil lihat aliran sungai ☺

      Main kesini kapan-kapan, Riz.

      Hapus
  21. Wah, keren. Semoga setelah ini lebih banyak yang tahu, ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ya,kak Muyassaroh.

      Setelah artikel ini kutulis, lokasi air panas kaya manfaat ini lebih banyak dikenal dan dikunjungi banyak traveller dari berbagai kota.

      Hapus
  22. Kya kena kebanjiran ya Mz hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuahahahaa 😃 ...
      Bisa aja nih, kak Risna

      Kebanjiran tanpa mengungsi.
      Malah sumber penyebab banjir di dekati 😉

      Hapus
    2. Abis angel fotonya kaya banjir, di Bandung 😂

      Hapus
    3. Xixiixii 😁
      Sini pinjem kasur buat properti foto,kak ...
      Biar kliatan kayak lagi kebanjiran.

      Seru juga yaah ... banjir air panas sulfur 😉
      Bisa kungkum-kungkum aseek

      Hapus
    4. Aseek gayanya kaya lagi tenggelem Seru tu 😂

      Hapus
  23. Bagus ni artikelnya mengajarkan untuk menjadi traveler sejati.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, Timoti ⚘

      Mari kita travelling kemana aja ... 😉

      Hapus
  24. seger pastinya...dalam bentuk kolam yg gede

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berendam di kolam sini, mas Ahmad ...

      Badan langsung seger, pegel otot langsung ilang.

      Yang lebih seger lagi,
      Mandi di bawah guyuran pancuran deras mata air ...
      Badan kayak dipijatin 😁

      Hapus
  25. Wah, enak banget yah mas berendam di air sulfur kalo badan lagi capek...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoook, kapan ada waktu silahkan mas Chairudin ke lokasi ini ...

      Capek pegel badan abis perjalanan jauh langsung ilang ...

      Hapus
  26. Keren 😎 tapi jangan setiap hari mandi sulfur ya 🆗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penginnya [bisa] sih tiap hari, Ivlay ...
      Cuman lokasi ini jauh dari kotaku 😓

      Hapus
  27. Weh tos dulu mas, kl aku malah lebih seneng piknik atau traveling ke tempat yg blm ramai, yg blm sering terekspos.. Hhh
    Kapan2 kl ke dieng mampir berendem di manggisan ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayook toooss, kak Ella 😁👍...
      Toss nya jangan kenceng-kenceng yaa ... ntar tangannya pedes setelahnya.
      Hahaha 😃

      Thanks sependapat ya,kak.
      Travelling ke lokasi belum ternama,tak kalah seru disana.

      Silahkan mampir berendam di Manggisan,kak.
      Dekat kan dari kota kak Ella, Banjarnegara 😉

      Hapus
  28. Hemm...kolam hangat, dilanjutkan dengan minum teh hangat, dan ditutup dengan bobo di atas kasur dengan penuh kehangatan. Hehehe...hidup terasa serba indah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ...
      Betuul .. betuul, mas Dody 😉

      Setelah berendam, bikin bobo jadi lebih pulas.
      Cuman,sayangnya lokasi ini cukup jauh dari penginapan.
      Adanya penginapan di tengah kota Wonosobo.

      Hapus
  29. Wiiiih.....2000 rupiah sudah bisa menikmati keindahan alam juga angetnya air belerang yang juga di kelola dengan baik (tampaknya).
    .
    Btw kok juga tau asal usul tempat itu bro? Emang ada semacam juru kuncinya gitu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Murmer kan tiketnya, bro ...
      Udah murah, bermanfaat pula airnya buat kesehatan.
      Main kesini,bro 😉
      ...

      Tau info lokasi ini dari salah satu temen sosmed fesbuk, bro ...
      Cuman waktu itu infonya rutenya kurang jelas.
      Jadi aku tanya-tanya ke penduduk di tengah jalan ☺

      Hapus
  30. Kayak Onsen di Jepang, itu yang harganya 5000 beneran privacy ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener,cuma 5000 untuk sewa kolam privacy.
      Murmer kan ...
      Ayook liburan ke lokasi ini, kak.

      Kolam privacy berupa bathup.
      Dapat digunain bareng sama temen.
      Tapi ngga boleh digunain rendaman bareng sama lain jenis loh, ya ...

      Hapus
  31. kayaknya enak ya kungkum di air hangat setelah capek travelling, murah meriah lagi,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak banget, Hend 😁
      Pegel badan langsung jadi hilang.
      Kulit juga jadi tambah sehat.

      Main kesini, Hend ...

      Hapus
  32. kayaknya nikmat banget ya mas berendam di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ko Deddy Huang ☺
      Badan terasa jadi lebih enteng setelah berendam disana.

      Kapan ada waktu main kesini, ko ..

      Hapus
  33. Keren nih, berendam di air panas kaya gini.. seru pastinya kak, traveling sambil ngeblog kaya gini harus sering ditulis, agar khalayak kenal dengan destinasi yang belum dikunjungi oleh masyarakat, sama saja kita membantu perekonomian masyarakat secara tidak sengaja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sarannya,kak Ilman.
      Nanti akan kucari lokasi-lokasi lagi wisata lain yang belum banyak dikenal orang.
      Agar banyak dikenal orang setelahnya.

      Benar kata kak Ilman,
      Secara ngga langsung mengulas lokasi yang belum terkenal ikut membantu perekonomian warga disana.

      Hapus
  34. jarak pemandian sulfur paling dekat dari rumahku adalah 14 km aku sering banget kesanan mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, asik dong ya ...
      Sering ke pemandian sulfur 😁

      Kalau boleh tau, nama lokasinya apa dan dikota mana, mas Rusdi ?.
      Aku pengin kesana.

      Hapus
  35. Byuuuuhhhh....belum pernah ke Wonosobo deh. Sekali kali pingin berendam air panas, gak di kolam renang melulu hihihi.....

    Keluar dari berendam pasti enteng tuh badan. Pegel linu hilang semua pasti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe 😁 ...
      Ayoook kesini, kak Rina.
      Ajak keluarga dan temen2 rendaman air sulfur rame2 ...
      Murmer lagi tiketnya 😉

      Bener,tubuh langsung kerasa enteng setelah berendam air sulfur,kak.

      Hapus
  36. murah meriah ya mas? Lokasinya lumayan jauh ya.
    kalau deket saya bisa berendam setiap hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,ya mas Masandi di Jakarta.
      Jauh juga ke Wonosobo.

      Ntar kalo ada rencana travelling ke sekitaran Wonosobo, lokasi ini perlu didatangi,mas.
      Bermanfaat buat kesehatan juga murmer tiketnya.

      Hapus
  37. wah, asik nih...cocok buat yang punya penyakit kulit gatal2 ya...coba tempate agak dipercantik dikit..dibuat agak kekinian gitu pasti akan lebih banyak pengunjung yg dtg.wnsobo kan dingin berendam disini pasti epic banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar,kak Ningrum.
      Air sulfur bagus banget buat pengobatan sakit kulit juga rematik.
      Manfaat lainnya bisa meredakan stress, kram otot,dll.
      Keren, ya ☺

      Betul, kata kak Ningrum.
      Jika tempat ini dibenahi sedikit, pasti jadi lebih apik dan banyak dikunjungi traveller dari luar kota.

      Hapus
  38. Dua ribu tiketnya..wooow! murahnya! coba dinaikkan saja harganya terus diperbaiki fasilitas yang ada biar lebih bisa dijual, Mas...
    Apalagi bisa untuk terapi ..pasti kalau bagusan dikit laku sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ... murah banget ya,kak 😁
      Mungkin, setelah artikel ini kumuat, pengelolanya ikut membaca saran dari kak Dian untuk naikin dikit restribusi tiketnya buat benahin fasilitas biar tampil lebih kece.

      Hapus
  39. sha juga sering berendem gini kalo weekend ke pangalengan atau ciwidey. Tapi belom berani nulis di blog :P

    keren niih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah, kenapa ngga berani nulis buat artikel blog, Sha 🤔 ?.

      Tempatnya masih natural banget ya ?.
      Atau, kenapa penyebabnya, Sha ?.
      Jadi penasaran ...

      Hapus
  40. kolam nya ada yang khusu utk wanita dan ada utk lelaki, ini yang aku suka,,, btw, itu model tulisannya sengaja ya rapi kekanan ?? kirain terbalik tulisannya,,,haahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha ... 😂
      Ngga terbalik tulisannya kok, kak Sarah ...
      Sengaja kubikin lain buat variasi.

      Travelling kesini,kak.
      Tenang saja, kolam khusus cewek dipagari seng tinggi ...
      Jadi tak memungkinkan dilihat cowok.
      Pengelolanya juga menerapkan aturan, pengunjung cowok tidak diperkenankan mendekati kolam rendam cewek.

      Hapus
  41. Travel blogger yang kece hehehe. Akurat, ada rutenya, ada tipsnya juga. Awesome. Kalau ke Ende, Flores, ada juga sumber mata air panas di Detusoko yang dibuka untuk umum (tempat wisata juga).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah ... aku langsung tersenyum nih, dapat pujian siang-siang gini 😁
      Terimakasih ya, kak Tuteh ⚘

      Semoga suatu hari nanti aku kesampaian travelling ke lokasi sumber air panas Detusoko, Flores seperti yang kak Tuteh informasikan, Amiiin ....

      Terimakasih infonya ya, kak ☺

      Hapus
  42. Aku juga pernah berendam di air panas di Wonosobo,, tapi air panasnya ini yang mengelola pemerintah,, ada kolam renang dengan air biasanya juga,, Mungkin kalo digali ada beberapa sumber air panas di area Wonosobo itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nebaknya ... Dini ke pemandian kolam air hangat Kali Anget, kaan ?.
      Bener ngga, Din 😁 ?

      Kalo iya bener kesana ...
      Berarti lokasinya udah dekat dengan lokasi ini, Din.
      Ditempuh jalan kaki pun ngga capek2 banget ..., tinggal melipir ke jalan komplek perumahan.

      Ntar kapan cobain kesini, Din 😉

      Hapus
  43. Belum pernah berendam di air sulfur. Btw semoga banyak yang memanfaatkan untuk kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kak Rochma segera kesampaian ya nyobain berendam di air panas sulfur.
      Amin, ikut kudoain.

      Hapus
  44. wah !...

    memang super ini mas,

    berendam air hangat boleh menyihatkan badan

    proses relaksi yang rekomended

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😊 Thanks a lot, mas Hanafi ⚘
      Saya tak menyangka dapat pujian super dari blogger senior ...

      Jika ada waktu, travelling kesini ya, mas Hanafi.
      Bagus untuk kesehatan kita.

      Hapus
  45. cara murah untuk kesehatan terutama kulit mandi air panas kaya akan zat belerang klo kesini ga bakal kesasar ya panduannya lengkap :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih panduan rutenya bermanfaat buat Rioz dan teman-teman semua ⚘

      Met travelling, Rioz.
      Siap-siap berendam air banyak manfaat disana ☺

      Hapus
  46. walah..baru tahu kalau di Dieng ada pemandian air panas. lain kali aah, coba ke situ, kayaknya seru juga,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip, kak Eri 👌

      Dimasukin bucklist lokasi ini ya, ntar kalo travelling lagi ke Dieng Banjarnegara mampirlah ke lokasi ini.

      Hapus
  47. Berendam kayak gini, tuh, bikin relax. Makanya saya suka berendam di tempat air panas seperti ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener,kak 👌
      Kapan ada waktu,berendamlah di lokasi ini,kak ☺

      Hapus
  48. Wah pasti asik ya bang berenang" :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁 iya,kak Mayuf.

      Malah ada loh disana anak kecil bawa perlengkapan snorkling segala ..., berasa lagi di pantai 😃

      Hapus
  49. Klau sy ada di wilyh tersebut dah sy datangi bang.. murmer banget..
    Jngnkan 2rb, 5rb aja murah koq mash.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang lokasinya jauh dari rumah, mas Iwak,ya ...
      Kalo ngga, bisa sering-sering travelling ke lokasi murmer dan bermanfaat ini.

      Dimasukin bucklist aja,mas.
      Ntar kapan travelling ke sekitar Wonosobo, bisa mampir kesini ☺

      Hapus
  50. Wah jadi pengen ke sana. Kalau gitu mau kasih kode dulu ke PakSu *emakbutuhpiknik wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha 😅
      Rayu PakSu dengan baik agar mau kesini ya,kak ...

      Pasti PakSu suka lihat kolam ini 😁

      Hapus
  51. Enak sih bisa berendam di air panas yang mengandung blerang, tapi jangan lama2 karena malah tidak bagus untul kulit.
    Tempatnya perlu di kelola lagi agar menjadi tempat berendam yang nyaman :D

    Panasnya bisa buat rebus telur juga mas? 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kelamaan berendam,kelembaban kulit bisa berkurang ya,mas ?.

      Aku waktu berendam juga kukasi interval waktu.
      Dirasa cukup, lalu mentas sekian menit.
      Setelah itu lanjut berendam lagi.

      Ngrebus telur belum kupraktekin di lokasi ini, mas 😁
      Ntar kapan kucoba, ya ..

      Hapus
    2. Iyaa mas..bisa bikin kering jga...yaa akhirnya disiasati dengan interval :D

      Sepertinya ga bsa sih mas buat rebus telur...hahahaa

      Hapus
    3. Hehehe ... ntar malah kulit jadi keriput ya gegara berendam ngga pakai interval waktu 😁

      Iya ya, kayaknya telur ngga bakalan mateng di rebus di kolam ini.
      Kalo di kawah Sikidang,Dieng ... bisa.
      Aku pernah praktekin,mas ☺

      Hapus
  52. kolam ini selain airnya hangat maka akan bisa mengatasi penyakit panu, kadas dan kurap. Patut dicoba nich... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip,kang Nata 👌
      Kapan ada waktu,cobalah berendam kesini,kang.

      Tubuh jadi terasa enteng setelahnya 😉

      Hapus
  53. berendam di kolam air panas belerang. nikmantyoo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap niaan,baang 😁
      Nikmatnyo luar biaso 😉

      Main kesini,mas ...
      Badan langsung fresh.

      Hapus
  54. Sulfur itu manteb buat ngilangin koreng2 di badan. Kalau berendam air panas gini berasa di Jepang ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups,berasa di Onsen ...
      Jepang sana, kak 😁

      Selain bermanfaat buat kesehatan kulit dan otot, juga bisa bersosialisasi dengan para traveller dan penduduk setempat.
      Menyenangkan ... 👌

      Hapus
  55. Pemandangannya masih asri.. Mumpung belum terlalu dikenal, saatnya puas-puasin ke sana kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayook, ajak teman-teman dan keluarga kak Anin kesini 😁 ...

      Mumpung masih belum terkenal dan masih apa adanya ☺

      Hapus
  56. Aku belum pernah ke Wonosobo kak. Lokasinya dekat gunung pula. Nanti mau ke sini juga, insya Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku doakan agar kakak segera kesampaian travelling ke Wonosobo, Amin ☺.

      Nanti berada di Wonosobo, mampirlah sekalian ke Dieng, kak.
      Udah ngga gitu jauh untuk kesana.
      Melewati rute pegunungan berhawa dingiin ...

      Hapus
  57. Ya ampun enak banget deh pas badan pegal langsung nyebur di kolam air panas, nyesss seperti sedang dipijat, andai dekat di bogor ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh,kak Evrina tinggal di Bogor ? ...

      Waah, kudu nyobain air panas di Ciseeng, kaaak ... 😉
      Pernah kan kesana, kak ?.

      Aku pernah kesana.
      Airnya ngga gitu besar alirannya.
      Tapi bentuk batuan besar dan kolam2nya eksotik ... ukuran kolamnya bervariasi dan berundak2 ...

      Hapus
  58. wah asyik banget tuh bang berendam air panas, banyak manfaatnya tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yok ke lokasi ini,mas Joe.
      Bermanfaat buat kesehatan dan tiketnya ngga nguras dompet ☺

      Hapus
  59. Harga tiketnya murah sekali kak.. Kapan kapan nyba ah kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip,kak 👌
      Lokasi ini dijadiin bucklist buat next trip,ya.

      Happy trip,kak ☺

      Hapus
  60. Lucu juga ya ada buat berendam berempat Rp 5000 biar ada privacy �� Parkir juga murce hanya Rp 2.000. Bagus nih air rendaman memgandung belerang buat mengobati masalah penyakit kulit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Nurul,kolam rendamnya 4 ruangan.
      Bukan digunain untuk 4 orang.
      Tapi mungkin muat juga kali,ya digunain 4 orang sekaligus didalam sana 😁

      Ya,kak.
      Selain bagus untuk kesehatan kulit juga bagus untuk meredakan stress dan kelancaran peredaran darah kita.

      Hapus
  61. Jadi ingat pemandian air panas di daerah Toba, modelnya mirip2 dan sederhana kaya begitu. Biasanya lahir dari gunung api purba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lokasinya sangat menarik pastinya yang di daerah Toba ya,mas ...
      Nama lokasi apa,mas ?.
      Aku pengin lihat foto lokasinya.

      Iya,betul.
      Biasanya lokasi sumber air panas belerang seperti ini berada di gunung api purba.
      Di gunung Ungaran juga ada,mas... udah dibentuk kayak kolam renang.

      Hapus
  62. Mungkin akan menjadi kebanggaan tersendiri yo mas, berwisata ke tempat yg mungkin belum banyak yg tahu. Bisa menjadi yg pertama mengenalkanya pada dunia sungguh hal yg luar biasa sebelum menjadi tempat yg besar nantinya. Hmm...

    Pasti badan terasa seger setelah berendam, fress dan rilek...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inggih,mas.
      Setidaknya bisa memberikan info lokasi ke banyak orang untuk datang berlibur ke lokasi yang belum ternama.
      Dan secara ngga langsung ikut mempromosikan lokasi dan membantu perekonomian warga disana.

      Ayook main ke lokasi ini,mas.
      Setelah berendam, pegel2 badan langsung ilang ☺

      Hapus
  63. Ya ampun enak bangat itu mandinya, suka bngat liat gunung Sindoro via parkirnya. Keren 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu'um ... enak banget rendaman disini,Idris 😁

      Begitu nyebur, langsung kerasa ceeeeeez panasnya ...

      Yook kesini, Idris ..

      Hapus
  64. wahhh tapi ini gak pake semburan lumpur macam yg di bagian timur itu kan yah hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan ngga, mas Prio 😁
      Jadi enak berendam dan mandi di pancuran deras di kolam kecil semi terbuka ruangannya itu ...
      Hehehe

      Hapus