Tuesday, April 24, 2018

Panorama Alam Epik, Kali Biru

Setelah kupastikan kendaraanku selesai di servis berkala di hari itu dengan maksimal pengerjaannya oleh tekhnisi di dealer langgananku, segera laju kendaraan ku arahkan ke tujuan lokasi agenda liburanku kali ini ke suatu bukit di kawasan hutan milik negara di kabupaten Kulon Progo.
Alasan aku memilih memastikan terlebih dahulu jika mesin kendaraanku dalam keadaan pasti aman sebelum kugunakan di perjalanan menuju le lokasi tujuan berliburku kali ini, karena rute yang dilalui untuk menuju kesana memang memerlukan fungsi kendaraan bekerja dengan maksimal dan perlu konsentrasi cukup tinggi saat melaluinya, baik di rute keberangkatan ke lokasi dan sepulang dari lokasi.

Kali Biru,destinasi wisata alam di suatu ketinggian bukit berpanorama alam epik dengan latar belakang pemandangan waduk Sermo dan jejeran perbukitan Menoreh ... , disinilah lokasi agenda liburanku kali ini.


Trip Of Mine
Terbang melayang di Kali Biru.

Nama Kali Biru sebenarnya bukanlah nama sebuah sungai seperti penyebutan namanya, tapi berupa sebuah bukit di atas ketinggian 450 mdpl berhawa sejuk.
Lokasi tepatnya berada di desa Hargowilis, kecamatan Kokap, Kulon Progo.


Rute tempuh alternatif

Karena aku berdomisili di sebelah utara kota Yogyakarta, aku memilih jalur alternatif untuk menuju ke lokasi Kulon Progo, tanpa mengarah perjalanan ke kota Yogyakarta terlebih dahulu.
Melewati jalur alternatif ini lebih cepat ditempuh daripada harus mengitari kota Yogyakarta.
Rute jalan alternatif melewati jalan pedesaan ini juga bisa dilalui oleh mobil dan bus besar dengan kondisi jalan tidak padat lalu lintas.
Rute yang kupilih sebagai berikut :


Melewati jalan putaran di depan taman Bambu Runcing,Muntilan - putar arah - setelah itu berbelok ke arah kiri sebelum jembatan besar - lurus sampai bertemu gapura, berbelok ke arah kanan - desa Sriwedari - desa Kalibawang - traffict light pasar Dekso lurus - persimpangan jalan belok ke arah kanan - lurus - traffict light desa Pengasih belok ke arah kanan - sekitar 15 meter bertemu persimpangan 2 arah ke Kalibiru, jalur rute mana yang akan ditempuh, via Clereng atau via Sermo.

Rute perjalanan yang hmm ...

Setelah tiba berada tak jauh dari traffic light persimpangan jalan area Pengasih, disinilah terlihat papan penunjuk rute arah berada di tepi jalan.


Trip Of Mine
Persimpangan rute ke arah Kali Biru.

Jika berbelok ke arah kanan menuju ke lokasi Kali Biru melalui jalur via Clereng dan jika rute lurus yang diambil akan melewati lokasi wisata waduk Sermo.


Melalui jalur via Clereng ini di ruas jalan terdapat beberapa markas lokasi info dan parkir area penyedia jasa paket tour untuk wisatawan ke lokasi Kali Biru dan ke lokasi wisata sekitarnya dengan mempergunakan sarana transportasi mobil jeep dan motor traill melewati jalur hutan berpemandangan indah dan jurang di sebelah sisinya.

Jalur tempuh via Clereng inilah yang kutempuh untuk menuju ke lokasi Kali Biru, tetap dengan kendaraan pribadi tanpa mengikuti paket tour dengan mobil jeep atau motor traill.

" Penyedia jasa paket tour mempergunakan sarana transportasi berdaya kuat mobil jeep dan motor traill untuk menuju ke lokasi ?. Nah, kebayang kan rutenya seperti apa yang harus dilalui ? ... ".

Jika dari traffict light persimpangan Pengasih lurus terus rute yang dipilih, tidak memilih berbelok ke arah kanan melalui jalur via Clereng, maka jalur yang ditempuh menuju ke lokasi Kali Biru akan melalui sisi lokasi wisata waduk Sermo.

Baik melalui jalur via Clereng maupun jalur via Sermo pemandangan alam yang akan ditemui sama indahnya dan tingkat kesulitan jalur yang ditempuh sama - sama menantangnya.

Bonusnya jika melalui jalur via Sermo, tentunya dapat sekalian mampir berlibur di lokasi waduk Sermo terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan ke Kali Biru.

Setelah berbelok ke arah kiri melewati pasar Clereng, tingkat kesulitan melewati jalur dimulai ...
Badan jalan banyak mengalami kerusakan, berlubang, bergelombang dan sebagian aspal jalan hilang.
Beberapa meter setelah melewati jalan dalam keadaan rusak, jalur terus dipenuhi tikungan sempit dan terus mendaki nyaris tegak lurus 45 - 50 derajat dengan sisi jurang di sebelah rute.

Di sepanjang jalur terbilang tak mudah dilalui ini, terlihat para petugas berseragam staff pengelola wisata Kali Biru berjaga di beberapa titik lokasi dengan berdiri sigap disana memantau laju kendaraan dilengkapi sarana alat komunikasi handy talky antar staff.

Karena khawatir kendaraanku tak kuat menanjak dan takut merosot tak terkendali melewati rute perjalanan yang hmm ... , beberapa meter melewati jalan mendaki kakiku kuposisikan di sisi kendaraan untuk mengimbangi.

Kulihat beberapa kendaraan pribadi juga merangkak pelan disana ...


Apa saja yang bisa dilakukan berada di puncak bukit sana ?

▪ Berfoto di spot

Di atas bukit hutan kemasyarakatan milik negara ini terdapat 6 pilihan spot foto berbeda bentuk, tersebar di beberapa titik lokasi.

6 pilihan spot foto disana yang bisa kalian pilih sesuai keinginan : spot panggung, spot bundar, spot oval, spot 1, spot 2 dan spot 3.
Dan tersedia jasa fotografer di tiap lokasi spot, siap membidik aksi berfoto kalian.


Trip Of Mine
Spot papan Kali Biru.
Tak perlu khawatir menaiki undakan anak tangga dan berfoto di atas papan spot foto dengan ketinggian sekitar 3 meter, karena setiap badan pengunjung dilengkapi sabuk pengaman terlebih dahulu oleh staff untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi.


Trip Of Mine
Panorama alam epik, Kali Biru.
Perbukitan Menoreh dan waduk Sermo tampil memikat disana.
Mau berfoto gaya levitasi atau duduk manis di pinggir spot ... , aman.
Toh seandainya sampai salah mendarat setelah berfoto gaya levitasi, masih ada sabuk penyelamat yang kuat mengait tubuh hingga tubuh tak jatuh mendarat di permukaan tanah.


Trip Of Mine
Skema obyek wisata Kali Biru
Untuk berfoto di atas spot, masing - masing spot dikenakan tarif berbeda dan jasa fotografer untuk 1 hasil foto yang dipilih dikenai beaya Rp. 5.000,_ dengan jumlah minimal 4 foto yang dipilih dari layar komputer, setelah itu ditransfer via kabel data ke peranti gadget kita.

▪  Bermain High Rope Games

Merupakan permainan pemicu adrenalin, diantaranya : flying fox, panjat tebing, meniti jembatan pijakan papan kayu dan sensasi melewati jembatan jaring.


Trip Of Mine
Spot High Rope Games.

Di High Rope Games, tubuh pengunjung juga dilengkapi alat pengaman berikut helm, untuk melewati semua rintangan permainan.
Untuk menjajal semua sensasi permainan seru ini, pengunjung ditetapkan harga paket seharga Rp. 35.000 ,_ .
Di area ini juga tersedia jasa fotografer untuk membidik gambar keseruan bermain pemicu adrenalin.


▪ Trekking

Tak lengkap rasanya, jika telah berfoto di spot untuk kenang - kenangan pernah berlibur di lokasi berpemandangan epik ini dan menjajal keseruan bermain di High Rope Games, tak sekalian ikut mencoba paket trekking.



Trip Of Mine
Jalur trekking Kali Biru
Aku mencoba jelajahi jalur trekking jalur pendek 2 - 3 kilometer melalui jalan setapak area hutan, ke pemukiman penduduk dan berakhir kembali di lokasi wisata Kali Biru.


Trip Of Mine
Papan penunjuk spot di atas bukit.

▪  Menginap di Cottage 

Jika dirasa kurang waktu berlibur di lokasi ini atau berkeinginan menikmati pemandangan indah sunrise keesokan harinya dan sekalian berlibur di sekitaran lokasi Kali Biru, memilih mencoba bermalam di cottage berdesain pondok kayu dengan tarif Rp. 300.000 ,_ permalamnya, bisa jadi agenda menarik untuk menikmati udara dingin khas pegunungan malam hari.


Trip Of Mine
Deretan cottage Kali Biru
Selain cottage juga terdapat rumah penduduk di sekitar kawasan lokasi yang difungsikan sebagai home stay atau rumah singgah, jika berkeinginan memilih bermalam di rumah warga dan bersosialisasi menikmati suasana pedesaan.

Tak terasa aku telah 4 jam lebih berlibur di atas bukit.
Berlama - lama memandangi indahnya pemandangan alam, mengantri panjang giliran berfoto dengan pengunjung lain dan mengikuti kegiatan trekking.

Waktunya aku menyudahi liburanku di lokasi Kali Biru, untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan berlibur menuju ke lokasi wisata lain ...



Lokasi :
Kali Biru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo

Tiket :
Rp. 10.000 ,_
[ Info harga tiket sewaktu-waktu dapat berubah ]

Tips trip ke Kali Biru :

•  Pastikan kendaraan berfungsi dengan maksimal, baik menuju dan setelah dari lokasi.

▪  Tidak ada angkutan umum menuju ke lokasi.
Angkutan umum hanya tersedia di jalan area Pengasih.Disarankan menggunakan kendaraan pribadi.

▪ Memilih memarkirkan kendaraan pribadi di salah satu info dan rest area, dan mengikuti paket tour dengan kendaraan jeep atau motor traill dapat jadi pilihan, jika merasa khawatir mempergunakan kendaraan pribadi melewati jalur mendaki menuju ke lokasi dan sekembali dari lokasi.











129 comments:

  1. epik banget mas itu bisa melayang gitu fotonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁 loncat tinggi saat dibidik kamera, mas ... hehehe

      Apik pemandangannya ya,mas.
      Kayak lukisan.

      Delete
    2. 2014 atau 2015 ya saya ke kalibiru lupa, sampe maghrib juga disitu..hehe
      Jadi pengen kesana lagi, Mas..he

      Delete
    3. Wuih .. sampe maghrib berada disana, mas Andi ?.

      Apa ngga gelap pulangnya melewati jalan hutan ?.

      Sekarang jalur mendaki setelah area parkir udah dibuat semenan,mas.
      Naiknya juga menanjak 45 derajat.

      Delete
    4. Saya jadi pengen kesana, ingin numpang gaya photo.

      Delete
  2. Awalnya aku pikir ada aliran sungai yang berwarna biru, dalam mindaku kali artinya sungai, ternyata bukit ya mas,
    keren tempatnya menggoda untuk dikunjungi
    jadi harus bawa kendaraan pribadi untuk sampai lokasi, tak masalah juga hehe
    mungkin serunya rame-rame ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti kak Hani,aku dan kebanyakan orang pasti ngertinya juga ada kali [sungai] disana.
      Ternyata sungainya dibawah bukit dan bukan dibukitnya.
      Hehehe ..

      Iya,kalo rame2 pasti seru melewati jalur mendaki,kak.
      Kalo sendirian seperti aku ini, deg2an juga nglewati jalurnya 😁

      Delete
    2. Jalan-jalan sendirian ya nggak asyik dong, ajak tuh gengnya biar rame
      sendirian? itu yang ambil fotonya siapa ya
      hehe

      Delete
    3. Dibikin sebisa mungkin asik aja, kak 😁 ... , solo travelling dan travelling rame2 ada keunikannya yg ditemui kok,kak Hani..
      Hehehe

      Yang ambil foto, fotografer disana kak.
      Fotografer motret pake tele nangkring di atas bukit seberang spot foto ☺

      Delete
  3. 300 ribu permalam itu satu orang atau satu pondok untuk banyak orang?
    Saya pernah ke daerah kulon progo, aksesnya itu lo memang bikin hati dan jantung berdetak cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beaya 1 cottage Rp.300 ribu itu bisa digunain bermalam rame2,mas.
      Ada dapurnya juga bisa digunain buat masak2 karena warung sekitaran cottage ngga buka sampai malam.

      Iya,bener ...
      Rutenya bikin deg2an.
      Apalagi kalo bepergian sendirian seperti yang kulakuin.

      Delete
    2. kakak himawant ganteung syaa tunggu lho artikel selanjutnyaaa.. Pengen liat jalan2 laginih.. xixixixi seger liatnyaaaa

      Delete
    3. Terimakasih supportnya kak Vika cantik ☺⚘

      Doain ya agar blog ku bisa sesukses blognya kak Vika.

      Delete
  4. Wah tiketnya cukup murah ya cuma 10rb, penginapannya juga lumayan murah 300rb permalam. Cuma sayang agak jauh dari Banten ya karena aku tinggal di Banten.πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. O,mas Agus tinggalnya di Banten ... , cukup jauh juga ke lokasi ini,mas.

      Kapan2 saat liburan ke sekitaran Yogya, lokasi ini bisa didatangin,mas.

      Yups,tiketnya terbilang terjangkau.
      Plus foto 4 yang dipilih [jika berkeinginan berfoto tentunya],dana yang dikeluarin jadi 30 ribu.

      Delete
    2. Iya kang, tepatnya di kab Serang. Saya jarang jalan jalan kang karena sudah punya keluarga. Aslinya pengin jalan2 juga cuma kadang terbentur dompet.πŸ˜‚

      Delete
    3. Salam buat kota Serang ya,mas Agus ☺

      Iya,sih mas kalo udah berkeluarga kebutuhan pasti tambah banyak.
      Sesekali saja berliburnya, biar kebutuhan lain tercukupi.
      Sesekali juga jalan-jalan biar pikiran jadi lebih fresh setelahnya.

      Semangaat,mas πŸ‘Œ

      Delete
  5. Subhanallah, indahnya kali biru ini. Selalu menjadi destinasi utama jika meluncur ke Kulonprogo. belum kesampain sampe sekarang kesana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudoain ya agar mas Idris segera kesampaian ke lokasi ini, Amin.

      Kali Biru ini termasuk wisata unggulan Kulon Progo yang lagi disiapin jadi kawasan bandara international.
      Ntar kalo bandara udah beroperasional ... bisa jadi saat berfoto akan terlihat pesawat terbang melintas di atas waduk ...
      Dan jadi pelengkap foto makin terlihat kece ☺

      Delete
    2. Iyaa mas, dulu gak jadi kesana karen tracknya sudah kata teman jadi lbh memilih destinasi gunung kidul. Dan lumayan jauh juga dari Jogjanya

      Delete
  6. cantiknya tempat ni... kalau mereka yang sukakan nature, pasti akan ke sini berkali-kali... tak jemu mata memandang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Right,kak Anies.
      Penyuka alam,pasti betah berlama-lama disini.

      Kulihat banyak traveller mancanegara seperti dari Malaysia dan Singapore berlibur disana.

      Delete
    2. yalah... setahun bekerja, pasti mata pun mahu relaks juga kan... ;-)

      Delete
    3. p/s mas himawan pernah sampai Timor Leste? kalau pernah sampai sana, boleh share dengan kami itinerary ke sana? saya kepingin untuk ke sana suatu hari nanti.

      Delete
  7. Ngeri mas saya lihatnya, kalau tinggi-tinggi takutnya kebawa terbang wkwk, apalagi badan saya kecil :D

    Tapi bagus banget ni tempatnya buat foto-foto, apalagi kalau pagi atau sore hari sambil lihat matahari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga usah ngeri,mas Fikry ...
      Tubuh kita dipasangi safety belt bertali panjang, kok 😁

      Tubuhku juga kecil, ngga terbawa angin kan ?
      Hahaha...

      Yups,betul .. kalo pagi subuh dan sore hari pemandangan akan lebih spektakular.

      Delete
  8. Asyiknya oyyy..... duduk diatas pohon, bisa lihat pemandagan alam sepuasnya, heheheh.....

    Ohya,,,tulisan dan pengalaman Mas ini asik sekali loh, tapi kalau boleh saran, Mbok yach,,, ukuran hurufnya diperbesar Mas, sebab kalau dibuka via dekstop ukuran hurufnya imut sekali mas. maaf yach atas sarannya kalau tidak berkenan, salam bloggerrrrr.... :) Merdekaaa...!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak sarannya ya, kang Nata.
      Nanti malam akan ku edit ukuran tulisannya jadi terlihat lebih besar.

      Aku juga ngelihatnya huruf kliatan imut .. hehehe

      Salam blogger kembali,mas ...
      Semangaat !!

      Delete
  9. Wih, dengan hanya membayar tiket masuk 10rb sudah bisa menikmati alam indah dengan spot-spot keren di dalamnya. Seru ...πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terjangkau tiketnya ya,mas ...
      Mantaaap πŸ‘Œ

      Tiket terjangkaunya bisa jadi contoh lokasi wisata lain,tanpa perlu memasang tarif tiket masuk dengan harga melambung mahalnya.

      Kapan ada waktu,mainlah ke lokasi ini,mas ☺

      Delete
  10. Asyiik, keren uy bisa terbang lagi di atas pohon, sembari menikmati pemandangannya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ... mari terbaaang,mas 😁
      Asiik banget loh gaya levitasi di atas ketinggian πŸ˜‰

      Ntar kapan ke lokasi ini, siaplah adegan terbang melayang juga ... biar seruuu πŸ˜ƒ

      Delete
  11. hati2 mas
    talinya harus kuat dulu baru terbang..
    oh banyak spot juga di sana tertera di tulisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya,mas Awan.
      Terimakasih nasehatnya.
      Saat itu sebelumnya kupastikan juga sabuk pengaman udah dipasang oleh staff dengan tepat sebelum loncat berfoto 😁 ...

      Delete
    2. jangan loncat beneran lho mas
      tar berguling-guling

      Delete
    3. Wuahahaha .. πŸ˜‚
      Lucu juga kali yaa abis loncat,eh .. tanpa sengaja jatuh guling-guling ngegantung pake tali pengaman ..

      Malunya pasti pake banget .. karena jadi tontonan pengunjung πŸ˜…

      Delete
    4. yo malu dunk jadinya...
      ditertawakan banyak orang hehe...

      Delete
    5. Iya beneer .. hehehe ...
      Apalagi ngga sengaja kerekam video dan diunggah di Youtube ... bisa jadi viral πŸ˜ƒ

      Delete
    6. hiyo mas
      sekarang banyak kamera berkeliaran di mana2
      bikin ngeri saja, think negatif

      Delete
    7. Betul ��
      Terutama di jalan raya.
      Skr jalan raya sudah banyak dipasang cctv, jadi harus tertib berlalu lintas dan jangan pipis disembarang tempat, ntar kerekam .. xixixi

      Delete
  12. Weih... Nyantai banget duduknya, saya kok jadi ngeri ya? Hihihi...

    Tapi seru jga keliatanya, melihat pemandangan dari ketinggian pasti punya kesan beda, hmmm... Mantab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi ... ngelihatnya bikin deg-deg an ya mas 😁 ?.

      Kebetulan saat itu angin ngga gitu kencang,mas.
      Kalo pas ada angin kencang ...tubuh akan terasa ikut bergoyang saat duduk nangkring di pinggiran spot foto.

      Yook kesini,mas πŸ˜‰
      Bikin gaya levitasi terbang melayang ..

      Delete
    2. Wah mas nozy harus diajak kang, soalnya dia pengin terbang melayang pakai baling baling bambu Doraemon. 😁

      Delete
    3. Wuakakakakaka ... ntar kalo nozy diajak foto bareng, kupanggilin doraemon yaa πŸ˜‚

      Seru & unik pastinya berfoto pakai kincir ala-ala baling bambu

      Delete
  13. Wah lengkap sekali mas reviewnya dan fotonya keren keren sekali. Jadi rindu yogya, jadi pengen ke yogya lagi, jadi iri dengan kalian yang tinggal di yogya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih,kak Lustikasari.

      Kapan ada waktu luang, berlibur lagi ke Yogya ya,kak.

      Delete
  14. Awalnya kirain kali biru itu sungai.. ternyata suatu bukit ya? Hehehe..

    Lokasi wisata ini milik dan dikelola oleh pemerintah ya?
    Wah rute menuju ke lokasi medannya cukup terjal dan menantang ya?
    Medannya mungkin cocok dibuat rally motor dan mobil ya? Hehehe..

    Spot selfie tempat brader brrpose terbang dan duduk di atas panggung dari atas ketinggian itu View nya bagus banget.. tampak perbukitan menoreh dan waduk Sermo yang kebiruan.. Siip Keren..!:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih,sista.
      Gimana,setelah lihat fotoku di spot tinggi itu ... kira-kira berani ngga jajal nangkring foto disitu 😁 ?

      Rutenya memang hmm ...
      Tapi sebanding dengan keindahan pemandangan dari atas bukit.

      Delete
    2. Iya Sami-sami brader..
      Setelah lihat foto-foto brader yang nangkring di ataa spot panggung.. Wouw.. Hmm.. Hmm.. ada safety belt nya nggak? kalau ada aku masih mau nyoba foto di atas spot ketinggian tsb karena view dari atas spot panggung keren banget like a painting.. :)

      Delete
    3. Heuumm,
      Hayoo ... sista baca yang detil loh,yaa πŸ˜‰

      Kan ada sabuk pengaman disana.
      Setiap pengunjung yang akan berfoto pasti dipasangi sabuk pengaman.
      Dobel malah sabuk pengamannya.

      Delete
    4. Ooh iya.. Sorry soalnya baca artikel ini semalam sambil ngantuk jadi kurang teliti bacanya hehehe..
      Ini sudah aku baca lagi.. ternyata ada fasilitas safety belt malah dobel ya sabuk pengamannya.. jadi pasti lumayan safe.. Baguslah..
      Kalau begitu aku mungkin berani nyoba selfie di spot ketinggian sambil nikmatin View yang keren ini..:)

      Ada high rope games juga yang memacu adtenalin seperti flying fox, panjat tebing, jalan di atas jembatan jaring...
      Jadi pingin nyoba tapi yang flying fox doang hahaha...
      Kok brader nggak ada fotonya di high rope games ini?

      Tempat wisata kali biru ino ada cottage nya juga ya.. Nice..!
      Hanya mungkin rute menuju lokasi wisata perlu di perbaiki lagi ya agar jalannya nggak terlalu curam medannya... hehehe..:)

      Delete
    5. Sebaiknya,saat mata mengantuk diistirahatkan dulu loh agar tak salah membaca & menulis ...
      Ntar gegara kebayang mas Nunu Reeves di pelupuk mata akibat ngantuk ... jadi salah pencet tuh πŸ˜…

      Curamnya rute memang mengikuti kontur tanah pegunungan.
      Jadi ngga memungkinkan dibuat jalur lain, kecuali dibuat semacam jalan layang,ya.

      Delete
  15. Waduhhh itu mas himawan loncat diketinggian..jadi serem sendiri liatnya,,hehe.
    kerennn..jalan2 mulu nih mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe .. seruuu loncat di ketinggian,kak 😁
      Ngerasain kayak burung terbang beneran

      Terimakasih,kak Desi Oe.
      Yuk kapan-kapan jalan2 bareng yuk ☺

      Delete
  16. Kok jadi pengin ikutan trekking ya? Kayaknya itu momen paling seru dan memorable selama wisata di Kali Biru. :P

    Harganya relatif murah! Edan sih ini! \m/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajak doi kamu kesini,Gip ...
      Ajakin trekking dan bikin foto loncatan2 seru di atas spot 😁

      Delete
  17. Cukup merogoh kocek 10.000 bisa puas menikmati panoarama epik kali biru....cocoklah untuk hiburan keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,tiketnya cukup terjangkau,mas Dwi.
      Lokasinya juga dikelola cukup baik.

      Delete
  18. Badan jalan banyak mengalami kerusakan, berlubang, bergelombang dan sebagian aspal jalan hilang.
    Ih serem badannya rusak berlubang bergelombang
    Itu aspal yg hilang, hilangnya kemana?
    Coba mas fotonya gelantungan di pohon, biar lebih keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa yaa ... pada kemana tuh aspal jalan,ya πŸ€” ?.
      Ditugasin buat lewat kendaraan, eeh .. kok malah pergi main sih tuh aspal ... πŸ˜…

      Wuakakakakaa ...
      Tadinya sih kepikiran Iya.
      Pengin nyoba bikin foto gelantungan di pohon ... tapi kok yaaa ... ngga ada kostum ala Sun Go Kong disana ...

      Ya udah deh,jadinya berfoto terbang ala burung dan nongki manis disana πŸ˜‰

      Delete
  19. kakak himawant keren banget si jalan2 terus.. kapan donk ajak2 blogger lain ngapa yaaa. hehehehe kak himawant kayanya happy banget main di epik kali biru, btw ka himawant kayanya pengusaha yaa jalan2 terus wkwkwkw

    ReplyDelete
  20. Wkkwkk ...
    Amiiiin doanya kak Vika cantik ini.
    Ucapan adalah doa ya,kak .. semoga beneran jadi pengusaha suatu saat nanti.

    Ayook,kapan bisa liburan bareng2 sesama blogger,kak ...
    Pasti seru, berkesan banget dan 1 lokasi dibikin artikel berbeda versi masing2 blogger ☺

    ReplyDelete
  21. tidak dinafikan tempat ini sangat cantik dan mengujakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih,pakcik Hanafi.

      Pakcik,
      Saya lihat dilokasi ini banyak tourist dari negara Malaysia berlibur disana.
      Saya hafal dengan logatnya.

      Delete
  22. Dari dulu gw pengen kesitu tapi belom kesampean. Padahal ada adek gw di jogja dua biji-___-'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sia-siakan ajakan dua biji itu ... untuk disempatkan berlibut ke Kali Biru.
      Wuuakakaa πŸ˜… ..

      Kok nyebut adiknya 2 biji,ya πŸ˜ƒ .. hahaha

      Delete
  23. Saya pernah kesini, dan memang bener, jalanan nanjak setelah melewati waduk sermo itu sukses bikin deg-deg ser. Takut kalau kendaraan nggak bakal sampai lokasi. Wah ada jalur trekkingnya juga sekarang mas? Dulu nggak ada..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneer ... jalannya memang bikin deg-deg ser seperti yang mas Tri bilang 😁
      Saat rute pulang...jalannya terasa turun curam,takut rem blong.
      Tapi, pemandangannya memang keren ya.

      Yups,sekarang disana dilengkapi program trekking.

      Delete
  24. Awalnya mengira foto terbang itu karena bermain semacam paralayang, ternyata hanya untuk foto ya. Salah duga nih, hehehe.

    Coba ada kereta gantungnya pasti lebih seru buat menikmati alamnya yang indah, *ngarep, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ... Iya,terbang hanya untuk adegan foto,kak 😁.

      S e p e n d a p a t bangeeet dengan ide kak Qudsi πŸ‘
      Seandainya lokasi ini dilengkapi kereta gantung ....
      Bener-bener keren dan seruuu πŸ‘Œ

      Delete
    2. Semoga nanti beneran ada kereta gantungnya. Aamiin.

      Delete
  25. Pantes gak nemu-nemu gambar kali-ne, lah ternyata bukan kali hehehe

    ReplyDelete
  26. 😁 Iya,lokasi utamanya adalah ketinggian bukit berpanorama perbukitan dan waduk sermo, mas Prio.

    ReplyDelete
  27. sesekali aja ceweknya lah bang... hahay..
    rutenya dari jalan utama, masuknya itu jauh kah bang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooops,doi ngga mau diekspose, mas 😁 ...

      Rute dari jalan raya utama ke lokasi jauh,mas.
      Kalo jalan kaki ... ya, pasti bikin betis jadi lebih kekar setelahnya 😁

      Tapi ada jasa paket tour pakai jeep atau motor traill kok, mas.
      Seru kaan naik motor traill ala crosser naik pegunungan

      Delete
  28. Ada cottage, wahana buat uji adrenalin juga yah, kayak perpaduan antara Lodge Maribaya sama Umbul Sidomukti deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, rada mirip Umbul Sidomukti, kak Onix.

      Bedanya di Umbul Sidomukti viewnya danau Rawa Pening,ya.

      Delete
  29. Seru... Di Batam nggak ada pemandangan yang seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. O,gitu,ya.
      Apa mungkin letak geografis Batam ngga ada bukit setinggi itu ya, mas ?.

      Delete
  30. Dulu 2015 aku pernah kesini, masih ramai2nya.. Mau foto aja ngantri smpe 100 org, akhirnya aku menyerah. Yakali, nungguin giliran lama banget.. Hhh
    Pan kapan aku ulas ah di blog, kaya pengalaman mas himawan iniπŸ˜‰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip,kak Ela 😁
      Ntar aku pasti baca artikel kak Ella.

      Kemarin aku dapat antrian foto 28 ... Buat pelengkap artikel kubela2in sabar mengantri,hahaha ...

      Delete
  31. cottagenya itu bisa buat rame-rame ya? murah dong kalau segitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener,kalo buat digunain rane-rame,jatuhnya murah .. bisa sharing antar temen.

      Kapan2 bisa mampir ke lokasi ini,kak.. jajal sensasi rutenya yang hmm ... 😁

      Delete
  32. uwaaaaaa
    aku juga mau ke Kali Biruuuuu
    asyik ya, ada jasa fotografernya
    mengerti banget atas kehausan eksis anak muda
    XD

    ReplyDelete
  33. Hayooo ke Kali Biru, kak Rhos 😁
    Bikin foto gaya nge-jump disana,ya ...
    Ntar ati-ati loncatnya .. hehehe

    ReplyDelete
  34. Replies
    1. Siiip,kak Zefy
      Someday,this location becomes the destination of your trip.

      Ntar disana bikin foto loncatan seru,kak ..

      Delete
  35. Wuih, Kali Biru ini emang populer banget ya. Sangking populernya, banyak objek wisata di Lampung dibuat ala-ala Kali Biru, terutama platform yang dibuat di pohon itu. Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,lokasi wisata Kali Biru ini langsung populer sejak diresmiin tahun 2008 lalu, Siregar.
      Sampai sekarang ini masih banyak didatengin traveller negara2 tetangga.

      Waah ...ikut senang, di Lampung banyak dibuat lokasi seperti ini.
      Adanya lokasi wisata kayak gini secara ngga langsung mengangkat nama desa jadi terkenal.
      Good !

      Delete
  36. Panorama alam bernuansa epik lagi naik daun ya mas... booming banget saat sekarang ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kang Maman.
      Lokasi berpemandangan alam buat latar belakang berfoto di banyak daerah seperti ini lagi booming dan disukai banyak wisatawan.

      Delete
  37. Jadi pengen kesana juga. Dari foto-fotonya keliatan banget kalo suasananya enak gitu mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan ada waktu travelling ke sini,kak Suryani.
      Ya,kak suasananya terbilang asri banyak pepohonan dan karena banyak angin jadi cepet ngilangin ngos-ngosan setelah trekking ☺

      Delete
  38. Aku berencana liburan ke Jogja nih pas lebaran nanti. Cottage bawa anak 2 cocok ga ya? Hehe mau bawa mbl dr Jakarta sih nyetir gantian sm suami. Aku baca2 ah petualangan mas Hino di sini. Bisa jadi inspirasi siapa tau jadi ke Kali Biru hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aseeek .. kak Nurul dan keluarga siap2 travelling ke Jogja.
      Ntar hati-hati diperjalanan,kak.
      Bisa melipir ke lokasi-lokasi wisata di kota sepanjang rute Jakarta ke Yogya ☺πŸ‘

      Petunjuk rutenya ke Kali Biru ada di artikelku ini ya,kak.

      Delete
  39. Bagus ya wisata di kali biru kayak di bandung gitu wisatanya. Harga per wisata juga termasuk standart ya enggak sampai harga diatas lima puluh ribu. Itu gaya levitasi di kali biru apa gak ngeri takut jatoh waduh hehehe serem euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rada ser-ser an juga sih,kak.. ,tapi wajib kupraktekin aja gaya levitasi biar kayak terbang beneran hehehe ...

      Yups,kak Nana lokasinya masih terbilang standart,ngga masang tarif ketinggian.
      Jadi terjangkau buat semua kalangan.

      Delete
  40. Wah sering lihat foto temen2 liburan kesini nih. Biaya2nya murah ya. Bahkan untuk penginapannya pun. Tiap kali ke Jogja belum pernah wisata alam begini. Next trip bisa dicoba nih kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip,next lokasi ini dijadiin tujuan trip saat ke Jogja,kak Vitri.
      Foto2 di lokasi buat nambah feeds ig ☺

      Delete
  41. nah itu baru keren mas, penduduk juga dilibatkan dalam industri pariwisata, mereka bisa menyewakan rumahnya dan mendapatkan pemasukan..

    ide yang cakep!!

    Btw mas himawant kenceng banget liburannya, jalan-jalan terus..
    hahaha..

    ReplyDelete
  42. Hahaha ... sekenceng tali pengaman ngiket tubuhku, mas Eka πŸ˜‰

    Iya,aku juga salut dengan ide melibatkan warga sekitaran lokasi wisata jadi ikut peran aktif di sektor kepariwisataan ....
    Semestinya seperti ini diterapkan di semua lokasi wisata.

    ReplyDelete
  43. Wah, keren-keren spot fotonya.
    Ngomong-ngomong ada sabuk pengamannya nggak mas ?.
    Kalau ada aku masih berani coba, kalau nggak ada makasi dulu deh. hehehe
    Ngomong-ngomong juga, itu Kalibaru daerah Banyuwangi bukan mas ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada safety beltnya,kak Reiyana.
      Dipasang dobel klik pake 2 safety belt.
      Safety belt dipasang sebelum kita naik tangga ke atas spot foto setinggi sekitar 3 meter.

      Begitu sampai di atas spot ... whoaaaa ... pemandangannya dilihat terkesan lebih dramatis.
      Tinggi bangeeet !

      Kali Biru ini lokasinya di dekat Jogja,kak.

      Delete
  44. Wah pasti asik banget ya mas, bisa buat ngilangin jenuh nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, bener banget,Mayuf .. πŸ‘Œ

      Selain bisa ngilangin jenuh,melewati rutenya menuju ke lokasi juga bisa melatih kita lebih terampil mengendarai kendaraan 😁

      Delete
  45. Pemandangannya bagus banget, tapi jalanan menuju ke sana kelihatan ngeri ya...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya bisa ikut jasa paket tour gunain jeep jika dirasa khawatir naik kendaraan pribadi,kak Elin ☺

      Ada juga kok yang pada berani gunain kendaraan pribadi kesana,kak.
      Cuman kudu hati2 konsen dengan baik melewati rutenya ☺

      Delete
  46. Replies
    1. Suatu saat yakin pasti bisa kesampaian liburan ke lokasi ini, Amin ☺

      Delete
  47. Pemandangannya keren banget, masya Allah..sy juga pengen foto sambil lompat di situ *mimpi kesiangan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo,kak Muyassaroh ... wujudkan mimpi kesiangan itu.
      Udah menjelang sore, nih ... 😁
      Hehehe

      Aku ikut doakan ya agar kak Muyassaroh segera kesampain ke lokasi ini.
      Dan jangan lupa, ntar disana foto pose loncat gaya tinggi melayang kayak kupu-kupu, ya 😁

      Delete
  48. foto paling atas... asli keren.. bagus mas...

    wah pemandangan di kali biru memang bagus ya mas... hmmm ada penginapan juga ya.. wah boleh juga nih kalau libur bersama keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih,kak Monica ⚘
      Apa kabar,kak ?.
      Udah lama ngga kelihatan, lagi sibuk ya,kak ?.

      Ya,kak pemandangannya bagus lokasi Kali Biru ini.
      Fasilitasnya juga terbilang lengkap, bisa digunain buat berlibur keluarga.

      Delete
  49. masyaAlloh keren bangets ini :) coba masih single ku jabanin nijh keisni hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaahaha ...
      Bisa aja nih,kak Herva πŸ˜ƒ

      Ajak suami travelling kesini,kak.
      Bikin aksi foto seru2an di spot tingginya 😁

      Delete
  50. rekomendasi sekali nih buat liburan, banyak spot yang bagus ditampah tiketnya sangat terjangkau,, nice infonya mimin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, mas Abdul.
      Kapan ada waktu,liburan ke sini,mas ☺

      Delete
  51. Tempat itu bisa banget buat ngilangin penat akibat stress.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,kak.
      Kapan ada waktu ajakin keluarga travelling ke lokasi ini,kak Reiyana ☺

      Delete
  52. Aku sering baca sih jalan menuju kalibiru memang menantang :p. Tp itulah yg bikin penasaran utk kesana :). Cuma kalo foto2nya aku ga tertarik. Lbh pengen cobain yg meniti jembatan kayu itu :p. Apalagi kalo sampe goyang2 hahahaha, adrenalin rush bgt itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaa ... Pastilah itu khas kak Fanny banget ... hobbynya pemicu adrenalin πŸ˜ƒπŸ‘

      Aku kagum loh waktu baca artikel kak Fanny bungee jumping ... , kereeen ..., pemberani banget !.
      Pantas diapresiasi komentar banyak banget oleh pembaca.

      Kapan2 cobain ke lokasi ini ya,kak ....
      Kalo memungkinkan, coba jajal sewa motor traill di jasa penyedia paket tour.

      Bruumm .. bruum .. bruum ... tancap gas meliuk-liuk melewati rute 🏍

      Delete
  53. Rasanya gak habis-habis nih ide buat jalan2nya, tempat wisata yg dituju juga terjangkau dan apik2 secara saya penyuka gunung, gantian ah nanti saya yg jalan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaa .. Ayooolah kak Evrina juga jalan-jalaan ... πŸ˜ƒ

      Gantian yaaa ...
      Ntar aku giliran liburan ke gunung, kak Evrina liburan ke tempat yang udah kudatangi πŸ˜‰

      Delete
  54. nggak nyobain river tubing juga nih om? kayaknya river tubing yg hits itu juga di daerah kalibiru ya, aku lupa namanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan di Kali Biru ngga ada river tubing,kak Ainun.

      Delete
  55. Oh kali biru mas hehehe, tempat ini satu kenangan lucu dan memalukan terjadi. Saat itu mendampingi anak-anak live in dan kami pernah singgah di tempat ini dan saya... ah ga usah diceritakan. malu-maluin ntar kwkwkw. thanks mas. postingan ini mengingatkanku tentang tempat ini dan cerita dibaliknya. Mungkin suatu saat saya tulis di blog saya hehehe

    ReplyDelete