Selasa, 06 Maret 2018

Trekking Eksotis di Gumuk Pasir Barchan

Penunjuk waktu ditanganku menunjukkan angka 13.31 dan 28° celcius di penanda temperatur suhu smartphone.
Cuacanya panas ?.
Itu sebenarnya tak seberapa panas cuacanya, karena saat ini iklim masih berada di musim peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau.
Cuaca sesekali masih seringkali diselingi adanya turun hujan, jadi suhu udara dan terik panas matahari tidak terasa begitu menyengat kulit saat aku tiba berada di lokasi satu - satunya gurun pasir type Barchan yang terdapat di Indonesia, Gumuk Pasir.
Meski saat itu tak terasa begitu panas suhu temperatur cuacanya, hembusan angin laut cepat membuat tubuh terasa haus.
Dan air kelapa utuh yang cukup banyak dijajakan di beberapa warung di depan jalan lokasi jadi pilihan terbaik buatku untuk menetralkan suhu tubuh beradaptasi dengan cuaca sekitar.

Sewajarnya dengan kondisi iklim Indonesia yang beriklim tropika basah, fenomena bentukan alam padang pasir type Barchan tak mungkin bisa terbentuk, tapi uniknya .....

Trip Of Mine
Ini bukan gurun pasir di Mexico atau di Africa, tapi ini gurun pasir di Indonesia.
Keren, ya ....

Mungkin sebagian sebagian dari kita sudah mengenal nama padang pasir satu ini, tapi aku juga yakin tak kurang sebagian orang juga sudah mengetahui dengan pasti jika negara Indonesia benar - benar memiliki destinasi wisata padang pasir dengan bentangan luas dan tampilan alamnya layaknya gurun sahara di benua Africa ....

Area gurun pasir fenomena alam seluas sekitar  190 hektar ini dinamakan Gumuk Pasir, bukan dengan penyebutan padang pasir atau gurun pasir.
Penamaan lokasinya dengan kata gumuk berdasarkan dari bahasa Jawa yang artinya gundukan, jadi areanya bisa diartikan dengan keberadaan gundukan - gundukan pasir di lokasi.
Yups, Gumuk Pasir areanya bukan hanya gurun pasir datar biasa, tapi berupa adanya banyak gundukan - gundukan setinggi sekitar 5 sampai 15 meter dan juga membentuk cekungan melengkung, istilah ilmiahnya disebut dengan gurun pasir Sand Dunes atau berbentuk Bulan Sabit.
Jadi saat kita mendaki dan menuruni gundukan demi gundukan terasa seperti mendaki dan menuruni sejumlah bukit.
Nah, jelajahi keseluruhan areanya jadi satu pengalaman travelling seru, kan .... ,
Terkesan sangat eksotis berada di tengah hamparan padang pasir.

Trip Of Mine
~ Gurun pasir Barchan berbentuk bulan sabit atau Sand Dunes ~

Fakta keunikan dan keistimewaan yang dimiliki Gumuk Pasir

Sewajarnya dengan kondisi iklim Indonesia beriklim tropis basah, fenomena bentukan alam padang pasir type Barchan tak mungkin bisa terbentuk, tapi uniknya ...... type gurun pasir satu ini bisa terbentuk tidak sesuai dengan kondisi iklimnya.
Semestinya gurun pasir type Barchan hanya bisa terbentuk oleh alam di negara beriklim kering atau arid dan negara beriklim setengah kering atau semi arid.
Unik ya bisa begitu ...

Berdasarkan perbedaan iklim basah dan kering ini, jenis gurun pasir dibedakan nama :


  • Hummock Dunes atau gurun pasir berbentuk membusut dan Parabolic Dunes atau gurun pasir berbentuk parabolik = untuk di negara yang beriklim basah.
  • Barchan = untuk di negara beriklim kering dan negara beriklim setengan kering.

Sedangkan berdasarkan geologisnya atau lokasi gurun pasir, gurun pasir di Yogyakarta ini termasuk dalam gurun pasir pesisir atau berada dipinggir pantai, disebut dengan Coastal Dunes.
Coastal Dunes lainnya yang berada di Asia Tenggara terdapat di negara Vietnam, lokasinya dinamakan Mui Ne Sand Dunes dan di negara Philipine, bernama La Paz Sand Dunes.


Trip Of Mine
Jelajahi hamparan eksotisnya ...

Gumuk pasir terbentuk oleh hasil aktivitas erupsi gunung Merapi berlangsung sejak dari ribuan tahun lalu. Endapan erupsi vulkanik tersebut terbawa oleh aliran beberapa sungai, diantaranya sungai Progo dan sungai Opak yang proses selanjutnya bermuara di pantai selatan.
Setelah terendap di tepi pantai, partikel - partikel halus ini terbawa oleh angin samudera Hindia dan membentuk bentangan alam gurun pasir eksotik ini.

Trip Of Mine
Genangan sisa air hujan, makin menambah tampilan Gumuk Pasir terlihat eksotis .....
Seakan ada oase di tengah padang pasir.



Berada di lokasi saat siang hari akan terasa sangat panas terik dan pada malam hari akan berubah menjadi sangat dingin.
Temperatur suhu di gurun pasir type Barchan dan berbentuk bulan sabit atau disebut Sand Dunes di Yogyakarta ini terbilang ekstrim, terutama terjadi pada saat musim kemarau.
Perbedaan temperatur suhu yang kontras pada saat siang hari dan malam hari, pernah aku dan ketiga temanku buktikan.
Karena penasaran, kami berempat memberanikan diri mencoba melewati jalan utama depan keberadaan lokasi dan berdiri mendekati hamparan Gumuk pasir pada tengah malam .... tanpa adanya penerangan lampu jalan sama sekali.
Temperatur suhu memang terasa dingin dan ditambah adanya faktor angin laut cukup membuat badan kedinginan.

Trip Of Mine
~ Spot papan nama kupu - kupu ~
Uniknya, keseluruhan rangkaian pola gambar papan nama ini dibuat dari tutup botol bekas. 

Keseruan travelling di hamparan Gumuk Pasir pada siang hari, selain trekking keseluruhan area eksotisnya di jelajahi dan hunting lokasi membuat koleksi foto keren, kalian bisa menjajal keseruan bermain sandboarding meluncur dari atas gundukan - gundukan pasir.

Trip Of Mine
~ papan sandboarding ~
Siap meluncur ...

Jika tak mahir menguasai tehnik bermainnya, kalian akan didampingi oleh petugas yang tak segan memperagakan contoh gerakan keseimbangan tubuh yang benar saat bermain Sandboarding.
Gimana, seru kan ?

Trip Of Mine
Sandboarding meluncur dimulai ....
" Minggiiir, aku mau lewat ... hahaha "
Seru ternyata !

Lokasi Gumuk Pasir berada di kawasan Parangtritis Geomaritime, Samudera Hindia.
Lokasinya berhadapan dengan deretan beberapa pantai yang bisa kalian jelajahi sekaligus dengan pembelian 1 tiket masuk area.
Pantai Depok dan pantai Parangtritis berada di bagian terujung, seolah mengapit keberadaan lokasi Gumuk Pasir.

Karena lokasi Gumuk pasir tepat berhadapan dengan akses masuk ke lokasi beberapa pantai sekaligus, jalan utama yang berpemandangan indah, sepanjang kiri dan kanan jalan ditumbuhi deretan rerimbunan pohon cemara, tak kalah jadi lokasi incaran perburuan latar belakang berfoto para traveller selama berada di kawasan.
Berkat keindahan pemandangannya, lokasi jalanan ini juga sering dijadikan lokasi pemotretan komersial, video clip juga prewedding.

" Jadi, jika kalian ingin berfoto mendapatkan view yang diinginkan di jalan utama ini bersabarlah menunggu giliran .... hehehe ... Tidak cuma harus sabar menunggu giliran berfoto dengan pengunjung lain, tapi juga wajib sabar menunggu waktu situasi jalanan sepi, tak ada kendaraan yang akan melintas dari kedua arahnya "
Akupun juga begitu, beberapa kali mengalah menepi, minggir duluan setelah dari kejauhan terlihat ada kendaraan yang akan melintas.

Trip Of Mine
~ Jump ~
Jalanannya keren buat latar belakang berfoto.

" Ngga lucu,kan .... lagi seru - serunya pasang aksi banyak gaya dan fotografer sibuk membidik kamera berulangkali, eh ..... kesamber ketabrak kendaraan dari belakang ..... hahahaha ... , Apa jadinya ?. Mending kalau ngga terluka parah, cuma luka ringan ..... tapi dijamin malunya itu ngga ketulungan karena bakalan jadi tontonan para 'penonton' dadakan yang pada lagi ngantri giliran berfoto "

Setelah sekian waktu berada di Gumuk Pasir, menikmati pemandangan unik dan seru - seruan menjajal bermain sandboarding, perjalanan travelling kulanjutkan ke Geomaritime Science Park Museum yang masih berada dalam satu kawasan Parangtritis Geomaritime.
Lokasinya terpisah cukup jauh, sekitar 4 kilometer dari lokasi Gumuk Pasir.
Di museum ini diantaranya menyimpan berbagai jenis batuan, pasir dan herbarium. Dilengkapi pula dengan ruang audio visual tentang sejarah terbentuknya Gumuk Pasir.
Yang tak kalah menarik, memasuki museum ini traveller tanpa dikenai beaya masuk alias free.

Trip Of Mine
~ Geomaritime Science Park Museum ~


Lokasi :
Jalan. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tiket :
Rp. 7.000 / untuk sekaligus ke beberapa pantai dan lokasi wisata lainnya.
( Harga tiket sewaktu - waktu dapat berubah )

Tips trip di Gumuk Pasir :

Sebaiknya pergunakan kendaraan pribadi datang ke lokasi gurun pasir ini. Kendaraan umum minibus tidak sampai di depan lokasi, hanya berhenti di dekat jalur masuk ke pantai Parangtritis.
Gunakanlah krim tabir surya di wajah dan badan untuk melindungi paparan panas sinar matahari
• Gunakanlah pakaian nyaman yang mudah menyerap keringat
• Jika perlu, pergunakan penutup kepala dan sunglasses
• Jika waktu berlibur dirasa kurang cukup untuk menjelajahi keseluruhan obyek wisata yang terdapat di kawasan Parangtritis Geomaritime ini, cobalah bermalam di penginapan pilihan yang kalian suka di sekitaran area. Tarif bermalam berkisar Rp. 75.000 ,_ permalamnya.





102 komentar:

  1. Ouw yeah.. travelling ke Gumuk Pasir lagi ya brader? hehehe..
    Beberapa waktu lalu sempat terlintas dalam pikiranku.. Kenapa ya kok tempat wisata yg mirip padang pasir itu nggak pernah dibuat artikel lagi sama brader? Eh ternyata... Ini dia postingannya..! Hehehs.. Gurun pasir/ Gumuk pasir di area Parangkusumo ini memang terlihat unik dan keren..
    Terutama tanaman tinggi kaktus menambah kesan eksotis suasana gurun pasir.. Great..!
    Kaktus berduri.. Ciri khas tanaman daerah beriklim tropis Keren ya kaktusnya?

    Ouw brader juga sempat nyoba fasilitas Sandboarding nya juga? Meluncurnya kenceng dan jauh nggak ? Hehehe..

    Waduch..! Ada yang action Jumph nich..! Jumph... Jumph... as high as you can..! Awas mendaratnya hati-hati.. Jangan sampai kepleset brader..! Hehehe..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. O,ya 😁 pernah terlintas dipikiran sista kalau aku ngga ngetrip lagi di padang pasir .. hehehe...,thanks sista ⚘

      Nah ini hasil laporan ngetrip seru & dokumen fotonya 😁
      Seru ya ...

      Lokasi padang pasir ini memang eksotis.
      Elemen alam dan beberapa properti pendukung spot selfie disana bikin foto jadi unik.
      Tanaman kaktus itu salah satunya 🌵 ... jadi seperti di lokasi gurun pasir Mexico dan Texas ☺

      Seru jajal main sandboarding,sista 😁
      Ssst, taukah kalo aku jajal main sandboarding ini tanpa dikenai beaya 😃 ...

      Loncatku tinggi kayak terbang mencelat,ya .. hahaha 😂

      Hapus
    2. Iya sempat terlintas di pikiranku. Trip ke padang pasir/ gumuck pasir kok nggak diposting artikelnya seperti yang kemarin itu.. Kalau begitu ini traveling yang kedua kalinya ke Gumuck Pasir ya brader?

      Iya mirip padang pasir di Meksiko..apalagi ada pohon kaktusnya.. keren..! Ada yang kurang sich... kurang sosok Cowboy aja...Hehehe...
      Kalau ada Cowboynya asyik tuch bisa syuting film.! Wkwkwkwk... :)

      Oh ya? brader naik Sandboarding tanpa dikenakan biaya sewa?.kok bisa begitu?.bagaimana ceritanya brader? Asyik dong? Pasti seru ya main Sandboarding? Meluncur di atas pasir.. sensasinya seperti apa?
      Sewa sandboardingnya dikenakan biaya mahal nggak brader?

      Iya acton high jump nya brader seolah loncat tinggi banget mau nyeberang jalan.. Hehehe..:) Yang ngambil gambarnya ini pinter.. pakai fotografer ya brader?

      Hapus
    3. Ini ke 4 x nya trip ke lokasi gurun pasir ini,sista 😁 .. :
      2 x utk keperluan artikel blog yang berbeda (blog satunya error krn pemindahan instalasi & skr sudah tak berfungsi lagi) & 2 x utk kepentingan job tambahan.

      Oh,harusnya aku pakai topi cowboy di lokasi ya 🤔😉 ?.
      Kelupaan nih bawa propertynya.

      Yes, aku dapat free kesempatan main sandboarding... hehehe 😁
      Ceritanya : aku kenal baik sama salah satu pengelola disana sejak kedatanganku yg pertama dulu, namanya mas Raden Junio.
      Orangnya baik loh ...hehehe..
      Sayangnya, saat aku terakhir kesini ngga ketemu sama mas Raden Junio.
      Waktu aku tanya ke temennya sesama pengelola,eh aku dipersilahkan main sandboarding free 😃 !
      Yaaa seruu sista ... papan sandboarding bisa meluncur deras dari atas gundukan pasir 😎👍.
      Utk sewa papan sandboarding dikenai tarif 50 Ribu main sepuasnya.

      Fotographernya sodaraku sendiri.
      Kami sering berdiskusi & bertukar pikiran utk ambil angle yang baik di lokasi bagaimana.

      Hapus
    4. Ooh jadi ini sudah yang ke 4 kalinya ya ke padang pasir / Gumuck Pasir Parangkusumo ini ya brader?
      Jadi bisa dibilang sampai sudah "ngelontok" banget ya hafal seluk beluk wisata dan Spot selfie di sini.. Hehehe...:)

      Ouw.. gegara kenal dengan ssalah satu pengelola di sana.. Jadi brader nggak disangka-sangka brader dapat bonus main Sandboard gratis.. Asyik ya..? Tapi kok pas berselancar meluncur dari atas gundukan pasir.. kok nggak difoto sich brader? Wah. fotografernya mana fotogeafer? Hehehe..:)

      Di atas juga ada gambar museum yang unik..
      Terdapat koleksi apa aja dalam museum ini dan nggak boleh di foto ya dalam museum ini brader?

      Hapus
    5. Hehehe 😁...
      Bener, ibaratnya udah kenal baik sampai nglotok lokasi ini, sista.
      Areanya udah kujelajahi semua, sampai ujung lokasi pun udah pernah kulakuin...
      Ketemu penggembala domba di pinggir pojok pelosok padang pasir jauh dari lokasi utama juga pernah kutemui 🌵😉 ...

      Ngga kusertain foto meluncur dari atas gundukan di blog karena beberapakali terjatuh .. ekspresinya lucu banget difoto 😂.

      Pengunjung berfoto didalam gedung museum tentunya diperbolehkan ☺
      Koleksinya beragam dari jenis batuan dan jenis pasir.
      Halaman belakangnya ada gundukan pasir menjulang tinggi, hampir setinggi atap bangunan biru mentereng ini.

      Hapus
    6. Jadi memang brader sudah nglontok banget ya? familiar banget sama padang pasir unik ini.. sampai ngerti pelosok dan ujung-ujung Gumuk Pasir ini.. hingga brader pernah bertemu dengan penggembala domba ya? Tapi apakah juga terdapat rerumputan di area padang pasir ini buat makanan domba-domba itu brader?

      Jadi museum ini berisi koleksi bermacam jenis batuan dan pasir..
      Pengunjung juga dibolehkan berfoto di dalam museum.. Terus kenapa brader kok nggak sempat berfoto di dalam bangunan biru unik ini?
      Mengapa di halaman belakang bangunan museum terdapat gundukan pasir hampir setinggi atap? Apakah ada maksudnya atau fungsinya dibuat seperti itu brader?

      Hapus
    7. Di gurun pasir ini uniknya terdapat beberapa tanaman & semak belukar yang sanggup bertahan hidup yang bisa jadi makanan buat ternak seperti domba.
      Menandakan negara kita negara subur,sista.

      Ngga berfoto di museum ☺ ?.
      Ntar ya,nanti akan jadi artikel tersendiri,terpisah dari artikel ini.

      Hapus
    8. Oh begitu.. Jadi di Gumuk Pasir ini.. Nggak melulu ada padang pasir dan tanaman kaktus aja ya? Tapi juga terdapat tanaman semak belukar yang bisa dibuat makan ternak domba. Yes I see.. Negara kita memang negara yang subur makmur .. gemah ripah loh jinawi.. :)

      Oh iya katanya ada foto brader waktu maun Sandbording meluncur di atas gundukan pasir tapi pas jatuh jadi ekspresinya lucu..?? Aq jadi pengen lihat ekspresi wajah brader saat main Sandboarding tapi terjatuh..Di upload ya? Hehehe.. Pasti ntar jawabannya..nggak..! Sudah kuduga..:)

      Oh jadi foto di museum itu bakal jadi artikel selanjutnya? Alright brader.. Siip..! Aku tunggu artikelnya..:)

      Hapus
    9. Yups,betul ☺
      Lihat saja foto lokasi gurun pasir ini, ada beberapa tanaman sanggup tumbuh disana kan ?

      Hahaha 😅 ...
      Tepat jawabannya.
      Aku harus selektif mengunggah foto.
      Foto yang sekiranya ngga atau kurang bagus tak akan kusertakan, langsung hapus.

      Hapus
    10. Iya.. di tempat wisata Gumuk Pasir ini tampak ada beberapa tanaman liar dan semak belukar yang bisa bertahan tumbuh di area padang pasir.. Jadi bukan hanya tanaman kaktus yg bisa bertahan hidup di sana.

      Nah kan? sudah kuduga nggak bakalan mau brader upload foto yang dirasa kurang sreg.. alasannya harus srlektif milih foto.. Jadi foto yang eksoresinya lucu itu sudah dihapus ? yaaa.. kalau begitu curang ya brader? aku diminta upload foto jadulku yang nggak fotogenik.. padahal brader sendiri nggak mau upload foto yang ekspresinya lucu pas main Sandboarding.. Untungnya aku juga nggak bakal mau upload foto jadulku.. Hehehe..:)

      Hapus
    11. Wuakakaka 😂 ...
      Oh,kirain foto jadul milik sista itu bukan termasuk foto yang di kategorikan selektif 😅
      Jadi okai okai aja diupload 😉

      Hapus
    12. Wkwkwkwkwk.... bisaaa aja brader ini ngeles ditanya soal foto... Ya pasti dong foto jadulku itu termasuk kategori yang harus diseleksi.. dan setelah diseleksi super ketat ternyata.. foto jadulku itu memang nggak layak untuk di ekspos diupload di sosmed manapun.. ngisin - ngisini..! :)

      Hapus
    13. Hahahha 🤣 ...
      Nah gitu,sista selektiflah memilah dan memilih foto yang akan diupload 😉

      Sst,jangan ketat-ketat...ntar ngga bisa nafas,loh ... xixixi

      Hapus
    14. Iya benar memang kita harus selektif banget memilah milih foto yang tepat buat diupload di blog atau sosmed... menghindari di bully orang.. Hehehe..

      Ouw.. Iya benar... kalau super ketat ntar nggak bisa nafas ya? Xixixi.. #Ngakak Ssstt...! Ini juga sudah dilonggarkan dikit dikurangi ketatnya... biar bisa nafas lega.. tenggorokannya maksudnya.. Hahaha..:) .

      Hapus
    15. Huahahaha 🤣 ...
      Jangan mangap lama-lama atuh tenggorokannya ...

      Awaaaz .. ada mosquito nyasar ..

      Hapus
    16. Ooh sorry ya? yang mangap kan brader sendiri.? . Ngakak terus awas kemasukan cecak..xixixi..

      Hapus
    17. Weuuw .. ngga loh yaa 😜
      Hayooo, siapa yang tadi bilang ketat duluan 😀 ?

      Hapus
    18. Tanyakan saja pada rumput yang bergoyang...
      Hehehe..

      Hapus
    19. Rerumputannya udah ngga bergoyang 😁
      Anginnya lagi main ke padang pasir ..

      Hapus
    20. Tanyakan saja pada angin yang lagi berhembus di padang pasir..

      Hapus
  2. menarik neh mas, bisa ambil foto kayak digrun pasir, klo ke jogja mesti kepantai ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget,bro 😁
      Unik,menarik dan keren lokasi gurun pasir satu ini ...

      Setelah puas main2 di gurun pasir,tinggal nyebrang jalan ... sampai deh ke pantai 😉🤽‍♀️

      Hapus
  3. Indahnyaaa

    Skill levitasi nya keren banget ya mas
    Kayak nggak loncat

    BalasHapus
  4. Terimakasih, Aul Howler ☺

    Lokasi gurun pasir ini memang indaaah banget .. bisa buat lokasi hunting foto-foto keren.

    Hahahaa 😀
    Loncatnya beberapakali kulakuin di depan kamera sampe akhirnya nemu aksi satu ini ...
    Setelahnya paha kerasa pegel-pegel 😂

    BalasHapus
  5. Pernah ke pantai Parangtritis tapi belum sempat mampir ke Gumuk Pasir ini. Mungkin area ini lebih cocok untuk anak muda yang suka tantangan ya mas, bukan untuk ibu-ibu macam saya hehe. Entahlah kalau anak-anak, mungkin harus ada pendampingan dari ortu mengingat medannya lumayan berat.

    Saya pikir disini akan banyak debu beterbangan sehingga lumayan mengganggu yaa..

    Tiketnya murah dan bisa jadi alternatif wisata bagi yang suka petualangan. Spot fotonya bagus-bagus tuh :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah,sayang ya kak Anjar waktu ke Parangtritis ngga sempat travelling ke gurun pasir ini..
      Ntar kapan2 mampir,kak udah lumayan deket sama Parangtritis (tapi kalo jalan kaki ya cukup aduhai panasnya 😃 dan jauh ) View nya keren kayak padang pasir di luar negri ☺

      Yups,kak.
      Anak2 kecil perlu pendampingan ortu travelling ke lokasi ini.
      Jangan diperbolehkan main lempar2an pasir, ntar masuk ke mata.
      Berbahaya tentunya.

      Pasir halusnya ngga beterbangan kok,kak.
      Teksturnya sangat halus, beda dengan pasir biasanya.
      Di hamparan gurun pasir kita bisa lihat pola yang terbentuk oleh angin di atas pasirnya ....
      Keren banget 👍

      Hapus
  6. Wowwww...keren banget mas, wajib dikunjungi kalau sy ke jogja nih,suka banget liat foto2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih menyukai foto2 artikel ini, kak Desi Oe ⚘

      Ya,kak jangan kelupaan masukin travelling list lokasi gurun pasir ini saat ntar akan ke Yogya ☺

      Foto2 kak Desi pasti jadi tambah kece di lokasi gurun pasir ..

      Hapus
  7. tempat yang keren sekali...terus update mas gan biar tambah tenar..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih supportnya, mas Muhtar ⚘

      Ntar ke Yogya, travelling ke gurun pasir ini,mas ....
      Keren banget buat foto2.

      Hapus
  8. Beberapa kali aku pernah ke gumuk pasir ini.. Pas lagi panas2nya.. Hhh
    Tetep aja aku narsis meskipun kaya lagi di padang safana.. Wk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkkwkk 😃 ...
      Ngga apa-apa pepanasan di gurun pasir ya, kak Ella ...demi foto-foto keren di lokasi 😅

      Ada foto dan artikelnya tentang Gumuk Pasir ngga di blog kak Ella ?.
      Kalau ada, kukomentarin ya ☺

      Hapus
  9. nggak sakit gitu ya kalau glinding di gumuk pasir :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😂 hahahaha ...
      Ngga sakit,kok,Sari..
      Paling2 pasir pada masuk ke pakaian jadinya.

      Hapus
  10. kayak dimana gitu ya ada padang pasir gitu,, kayak di timurtengah sana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups,Alfan ☺ ...
      Berasa kayak lagi di padang pasir Timur Tengah,Mexico dan Africa sana..

      Areanya eksotis dan jadi perburuan para pecinta fotografi.

      Travelling ke lokasi ini, Alfan ☺

      Hapus
  11. wah keren tempatnya.. kapan2 mau ah jalan2 ke sana. makasih yaa infonya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga udah mampir & berkomentar,Zata ⚘
      Salam kenal.

      Yups,Zata gurun pasir di Indonesia ini keren banget... apik buat foto-foto ☺

      Hapus
  12. Btw sandboarding disana,itu kita di tarik dgn tali apa usaha sendiri dengan mencari bidang yang menurun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita main sandboarding ngga ditarik tali,kak.
      Kita meluncur sendiri dari puncak -puncak gundukan.

      Seruuu banget ...
      Badan harus seimbang, kalo ngga pasti tergelincir 😃

      Hapus
  13. spot kupu-kupunya sangat indah mas
    museumnya terlihat unik bangunannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,mas ☺
      Kreatif ya ...
      Dari kejauhan ngga kliatan kalo itu disusun dari tutup botol minuman berbagai merk.

      Gedung museumnya juga artistik.
      Halaman belakangnya ada gundukan pasir Barchan menjulang tinggi ..

      Hapus
  14. Udah lama gak ke Jogja. Next trip kayaknya harus ke sini juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimasukin travelling list ya liburan ke gurun pasir ini kalo ntar mas Dzulfikar ke Yogya lagi ...
      Dan siap2 bikin foto-foto keren dilokasi 😉

      Hapus
  15. wihh.. ada gurun pasir.. deket laut kah bang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deket banget,mas.
      Tinggal nyebrang jalan udah sampai laut.
      Terpisah oleh lahan pohon cemara tempat aku berfoto ☺

      Pantai yang tepat di depan gurun pasir ini namanya pantai Barchan.

      Hapus
  16. Lama sekali saya tidak main ke parangtritis, ternyata ada wahana atau area wisata baru. Dulu kalau malam minggu hampir kesana, cuci hati dan cuci mata.
    gumuk sendiri sebenarnya bahasa orang kebumen, gundukan tanah akibat hewan laron.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuihh mantaaap ..
      Dulu mas Djangkaru sering cuci hati dan cuci mata 👀 di Parangtritis ...
      Segeeer ya lihat pemandangan laut, mas ☺

      Kapan ke Parangtritis lagi sekalian ke Gumuk Pasir, mas ?.
      Jaraknya sekitar 4 kilometer keduanya.

      O,gumuk itu rumah laron dari bahasa Kebumen.
      Mas sekarang di Kebumen kah ?

      Hapus
  17. Waktu mau foto di tengah jalan, musti di tutup dulu jalannya mas, ditulis "ada kondangan" hahahahahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkkwwk 😂 ...

      Biar lebih meyakinkan, gimana kalo sekalian dipasangi janur kuning ... ?
      Jadi ngga ada kendaran yang berani lewat 😃

      Hapus
  18. Aku sering lewat gumuk pasir, tapi belum ada rasa pengen motret ahhahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah,kenapa ngga pengin motret disitu, mas 🤔 ?

      Takut gosong kulitnya ya .. ?
      Hahaha

      Hapus
  19. Saya pertama kali tahu sandboarding itu di Mesir, eh ternyata di Yogyakarta ada juga toh.

    Demi dapat hasil foto yang bagus, ya memang butuh kesabaran. Termasuk menunggu nggak ada kendaraan yang lewat. Dateng pagi-pagi banget kali ya biar keadaannya masih cukup sepi. Ehehe. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,mas Yoga.
      Bisa dicobain nih main sandboarding di gurun pasirnya Indonesia 😉

      Hehehe ...
      Pagi juga terbilang cukup rame jalanan ini,mas.
      Dilewati kendaraan para nelayan dan traveller yang rela antri berfoto 😁

      Kita harus sabar2 nunggu timing yang tepat buat berfoto di jalanan yang sering dijadiin lokasi pemotretan & shooting.

      Hapus
  20. Seperti yang ada di luar negeri itu ya, jadi bisa maen perosotan di pasir sambiil guling guling wk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk 😂 ....
      Ayooo ... main perosotan sambil guling-guling heboh di gurun pasir ...

      Pasti seruuu ...

      Hapus
  21. Aku cukup akrab dengan Yogya dan paris-nya, tapi blum pernah ke gumuk pasir ini. Baguss tempatnya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus lokasinya, Evy 👍
      Keren buat bikin foto-foto disana ☺

      Cobalah Evy travelling ke lokasi ini, apalagi udah cukup akrab sama Yogya & Paris (tanpa menara Eiffel 😁) ....
      Udah deket kok lokasinya sama Paris.

      Hapus
  22. Ada tanaman kaktusnya jadi kayak di film kartun kadal gurun itu 😂
    Kerenn banget tempatnya iniih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁 hehehe... aku juga pernah nonton sekilas film kartun kadal di padang pasir itu, lucu filmnya ..

      Ya,kak Anggun .. lokasi gurun pasir ini keren banget.
      Apalagi berada di tengah2 gurun pasir, wuiih .... rasanya kita kayak dikepung lautan pasir 😁

      Hapus
  23. ya ampun, jadi pengen kesini. siap2 kamera. kece banget mas >,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap-siap jadi daftar list liburanmu selanjutnya, Lya 😉

      Siapin kamera dengan baik buat pasang banyak gaya oke di lokasi 🏜📸

      Masih banyak spot foto lainnya dilokasi, diantaranya : ayunan, gardu pandang,panggung pijakan buat main sandboarding berwarna merah menyala, dll ...


      Hapus
  24. Pasirnya seperti yang d Bromo kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tekstur pasir di gurun pasir ini lebih halus dibandingkan di Bromo, mas.
      Lembut banget ☺

      Warna dominannya putih dan sebagian kecoklatan.

      Hapus
  25. ada penari padang pasirnya ngk Mas ? :)

    saya baru tahu ternyata di Tanah air ada padang pasirnya walau tidak begitu luas,

    Mas..lompat dijalannya pakai ilmu apa yach... ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkkwwwk 😂 ...
      Yooook, kita adain acara disana dengan hiburan para penari padang pasir ...
      Eksotis banget pastinya yaa 😃.

      Aslinya cukup luas areanya,mas.
      Mencapai 190 hektar.

      Ilmu apa ya 🤔😁 ?
      Puasa 30 hari tanpa makan minum nonstop, mas ....
      Jadi tubuh bisa loncat melayang kayak kapas ... hahahaaha 😂

      Hapus
  26. Jujur baru tahu mas tentang gumuk pasir ini, dikira buatan he he ternyata ada di Yogyakarta toh, dan hampir semua komentar disini terpesona dengan foto terbangnya keren sekali dan jelas tidak berbayang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sebelumnya, kak Linda ⚘☺

      Foto aku meloncat ini beberapakali diulangi lagi motretnya.
      Gaya kurang pas... diulang, ada kendaraan akan lewat... diulangi lagi 😁
      Pegel juga sih, tapi aku senang,kak .. hasilnya bikin kak Linda & teman2 senang ngelihatnya.

      Kapan-kapan kak Linda travelling ke gurun pasir bentukan alam ini,kak 😉
      Lokasinya keren buat bikin foto-foto unik..

      Hapus
  27. Kapan ya bisa main kesini.. Dari pada jauh-jauh ke gurun sahara. hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁 Hehehe ...
      Beneeer, daripada belom kelaksana ke gurun sahara ... ke gurun pasir barchan ini saja dulu 😉

      Kalo mau background foto lebih dramatis, cobalah kapan Vhita ke lokasi ini sore hari ...
      Langit akan jadi oranye dan hasil foto jadi dramatis banget, paduan warna putih kecoklatan pasirnya dan langit oranye kehitaman ....

      Cakeep !

      Hapus
  28. Keren ya tempat nya. Jadi pengen main kesana dehh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups,lokasinya keren banget, Ambar 👍

      Eksotis buat bikin foto-foto unik disana.
      Siapin jadi daftar libiran kamu selanjutnya,ya ☺

      Hapus
  29. keren mas tempat dan asyik juga suasananya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups,mas Maschun ☺
      Lokasi ini keren banget...
      Buat pecinta fotografi lokasi ini juga jadi incaran.

      Hapus
  30. Keren mas ternyata gumuk pasir ini, harga tiket masuknya murah ya, harga penginapan juga terbilang murah
    Btw foto mas yg lagi loncat itu keren euy

    Di batam kalo siang hari lagi panas2nya suhu berkisar 34-37 mas, mendung baru deh bisa 28, hujan 25-26, jiahhh jadi laporan suhu udara neh he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih komentar buat fotoku,kak Monica ☺⚘

      Betul,kak, lokasi gurun pasir ini keren banget, apalagi buat pecinta fotografi dan penyuka liburan antimainstream 😁

      Disekitaran Jawa-Tengah ini kebetulan tiket masuk lokasi wisatanya terbilang terjangkau.
      Ini yang patut diterapkan di seluruh Indonesia.

      What 34-37° Celcius 😲 ?
      Woow ... panas banget cuaca kesehariannya di Batam,kak.
      Jadi penasaran,pengin ke Batam ...
      Doain ya,kak moga kesampaian suatu saat nanti aku travelling ke Batam.

      Hapus
    2. he eh mas kalau lagi panas ya segitu biasanya, asli ga betah lama-lama di luar ruangan

      semoga kesampaian ya bisa jalan-jalan ke Batam..

      Hapus
  31. kira-kira kalo pasir yang ada di gumuk psairnya dijadiin bahan bangunan, bisa sampe berapa rumah yang dibuat om?
    kok foto sandboardingnya engga jalan om?
    kalo kita telanjang sambil tiduran selama seharian di sana, mateng engga om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah,jangaaaan ... 😲
      Pasir ini jangan sampai dibuat bahan bangunan,om Nikiii ..
      Pasir di gurun pasir ini masuk cagar budaya,loh.
      Keberadaannya dilindungi UU ☺.

      Ya,om fotonya yang kupilih yang lagi mau siap2 meluncur.

      Hahahaha 😂..
      Mateng luar dalam pastinya.

      Hapus
  32. Waaaah jd inget wisata gurun di dubai :p. Yg pake landrover itu. . Coba kalo gumuk pasir di sini dibikin wisata yg sama. Bukan cm sand boarding. Wisata seru begini aku oaking suka ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantaaap... Fanny udah ngerasain travelling naik landrover di Dubai 👍
      Iya,ya seandainya di lokasi eksotis ini ada fasilitas tour pakai landrover kayak di Dubai dan Africa ... pasti lebih spekta.

      Lokasi gurun pasir ini dimasukin travelling list Fanny ya kalo kelak Fanny ke Indonesia lagi ☺
      Dan siap-siap bikin foto kece disana 😉

      Hapus
  33. Waaaah padang pasir
    Sepertinya tak panas tapi semilir
    Kapan ya aku mampir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku doain ya kak Anisayu punya kesempatan ke padang pasir ini ☺

      Semilirnya saat berada di jalan yang dipenuhi rerimbunan pohon,kak.
      Di padang pasirnya panaaas 😁

      Hapus
  34. Owalah barchan itu tipenya to heheheee.... Baca dari atas nggak ada lokasinya, pdhl mirip parang kusumo. Kebawah lagi baru nemu ternyata memang benar di Jogja. Tahun baru kemarin terakhir kesana pasirnya tinggal dikit. Sayang banget. Sepertinya garis pantai makin maju ke pemukiman. Jaman dulu gumuknya luas sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya,kak Lusi 😁
      Judul artikelnya kupilih Barchan karena namanya unik.

      Ya,kak Lusi.
      Area gurun pasirnya dari yang semula sekitar 300 hektar lebih,menyusut jadi 190 hektar sekarang ini akibat adanya penambangan liar dan apa kata kak Lusi bilang kalau garis pantai makin maju ke pemukiman.
      Sekarang ini beberapa bangunan yang ada di dekat lokasi gurun pasir sudah dibongkar.

      Hapus
  35. Woawww gumuk pasirnya gak kalah kayak punya afrika dan teman-temannya yaaa. Kalau di foto sih enggak keliatan lagi cuaca panas sepanas panasnya, kelihatannya adem aja gitu. Tapi mungkin real nya memang panas banget yaa? Btw apa ada pohon disitu buat tempat meneduh sementara? hehehe

    Museumnya unik. Jadi dibuat penasaran. Kalau dilihat-lihat ternyata di indonesia banyak yah wisata buat liburan, hanya saja orang-orang kebanyakan hanya tau wisata yang udah cukup terkenal, sama kayak saya. Wisata-wisata sepi yang masih belum terdengar di masyarakat jarang ada yang tahu, atau mba nana aja yang kurang update soal wisata-wisata di indo? Huahaha ah jadi malu X(

    willynana.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,kak Nana ☺
      Gurun pasir ini ngga kalah eksotis dengan gurun pasir di Africa,Mexico, Philipine dan negara lainnya.
      Waktu aku trip kesini cuacanya memang lagi musim peralihan,jadi ngga gitu panas menyengat.
      Dan uniknya karena gurun pasir ini di negara tropis jadi ada tanaman yang sanggup hidup disana dan bisa buat berteduh dari kepanasan 😁

      Hebaat, kak Nana sudah banyak travelling ke banyak negara 👍
      Kira-kira aku kapan ya punya kesempatan seperti kak Nana 😓 ?

      Hapus
  36. wah pasti serasa di padang pasir ya mas, apalagi ditambah dengan suhu yang begitu mencekam kulit, mantap perjalanan liburannya ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap banget,mas 😁
      Liburan di area yang tidak biasa ada di Indonesia.
      Antara senang juga kagum lihat ada gurun pasir di negara kita.

      Hapus
  37. euuh kakak kece ini jalan2 terus yyaaaa.. kapan donk ajakin bumil main ke gumuk pasir.. tapi kayanya saya gakuat lama2 deh kak soalnya panas yaaa.. hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁😊 Terimakasih dibilang kece kak,Vika ... Waah, jadi Ge-eR nih.

      Ayoo,travelling bareng,kak ☺
      Kalau ngga kuat panas, ada payung kok ... 😁

      Hapus
  38. seperti berada di padang pasir luar negeri ini bang, cantik nian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,mas Kadir ... pemandangannya persis seperti padang pasir di luar negeri.

      Pemandangan pasar pasir ini akan lebih spektakular saat sunset,mas.
      Warna pasir akan berkilau keoranyean ditimpa sinar matahari sore ....

      Ayook,travelling kesini,mas ☺

      Hapus
  39. wah keren viewnya ya kak, di tengah gunung ada padang pasir. Semoga aku bisa traveling ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ....
      Aku ikut mendoakan kelak Ahmad kesampaian travelling ke padang pasir ini.

      Unik,ya padang pasir negara kita ada gunung di latar belakangnya ... dan ada tanaman yang sanggup bertahan hidup disana ☺

      Hapus
  40. Wah, lama di Jogja tapi malah belum pernah main ke Gumuk Pasir ini.. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha 😁 ...
      Emang kenapa belum ke Gumuk Pasir sih ?.
      Kan dekeet ....
      Lagipula tinggalnya di Yogya.

      Ayoooo kesana ...
      Hehehe 😁

      Hapus
  41. Saya sudah pernah kesana, tapi panasnya kebangatan.
    Keren mah buat fhoto2,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ... panasnya kebangetan ya,mas 😁
      Kayak beneran berada di gurun pasir negara Timur Tengah sana.

      Betul,mas.
      Buat lokasi foto-foto ... lokasi ini apik banget dan foto terlihat eksotis

      Hapus
  42. yup pengen banget deh explor jogya, main ke pantai ini pantai itu, bukit ini itu, saking banyaknya sampe ga bingung sendiri, waktunya kudu banyak juga kalo mau lebih lama explorenya. Nasib orang kantoran nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya sama,kak .. aku juga 'nasib' orang kantoran 😓.
      Semoga kedepannya kita kelaksana jadi freelancer ya .. bisa mengeksplorasi banyak lokasi wisata dan setelah itu bikin artikel yang bermanfaat buat banyak pembaca, Amiiin ☺

      Ya,kak saking banyaknya lokasi wisata di Yogya dan kota sekitaran Yogya,perlu beberapa hari untuk menjelajah kesemuanya.
      Seminggupun kurasa ngga cukup waktu 😁

      Hapus