Kamis, 22 Maret 2018

Kragilan : pecinta selfie wajib kesini, nih !

Trip Of Mine
Spot Balon udara, warna warni memikat mata !.

Siapa sih hari gini dan jaman now ngga suka selfie ?. Kayaknya dari 100 orang kalo ditanya seperti itu, baik cewek maupun cowok, 20 % nya bilang ngga suka dan 80 % pasti bilang suka. Eiiitss, meski pada suka selfie tapi kadang - kadang aku tanpa sengaja masih sering lihat seseorang sedang selfie ... masih malu - malu selfienya. Mau terlihat senyum manis di kamera, eh malah senyumnya jadi ragu ngembangin senyumannya ... kayak ada lem kertas tanpa sengaja nempel dibibirnya, alot gitu nariknya. Ada juga yang super tampil pede dan bikin pose foto kece badai saat berselfie ria. Nah ini ... , yang bikin banyak orang melongo, bikin banyak mata ngikutin jurus pose andalan apa lagi yang akan diperagainnya di foto selfie berikutnya. Atau ... mereka - mereka yang pada melongo itu mungkin sambil pada membatin, ya " kira - kira nanti aku berani ngga ya berpose sepede dia" ... he he he.

Segala bentuk ekspresi keseruan traveller berfoto seperti itu juga kutemui di Kragilan, lokasi wisata alam hutan pinus dipadu wisata kekinian.
Lokasi tepatnya berada di kaki gunung Merbabu berudara sejuk cenderung dingin dan di tepi hutan pinus jalan masuk ke sebuah desa pemukiman warga.
Sejatinya, lokasi ini memang jalan masuk menuju ke sebuah desa, namun berkat keindahan lansekap pemandangan dimulai dari jalan setapak menurun tajam memasuki desa dan hutan pinus disisinya jadi inisiatif para warga desanya menyulap lokasi jadi destinasi wisata dengan puluhan spot selfie kreatif pilihan dan beragam keunikan modelnya.

Dari semula sebuah desa biasa yang sebagian mata pencaharian warganya mengandalkan pemasukan dari bertani, kini sebagian warga beralih profesi jadi fotografer profesional dadakan melayani keinginan traveller berfoto di spot selfie yang diinginkan.
Jadi jangan heran, di jalan lokasinya seringkali bersileweran kendaraan keluar masuk desa dan hilir mudik para pemuda menenteng kamera menawarkan jasa pemotretan ke traveller.

Trip Of Mine

Kragilan resmi dibuka sebagai lokasi wisata pada tahun 2005 lalu, saat itu masih mempergunakan nama lokasi wisata Kragilan.
Seiiring waktu semakin bertambah ramainya kunjungan traveller hingga saat ini dan ramainya pembicaraan unggahan foto para pengguna sosial media berfoto di lokasi, nama Kragilan kini dilengkapi dengan nama Top Selfie Pinusan Kragilan atau TSPK.

Di kunjunganku yang ketiga kalinya ini, areanya semakin dilengkapi dengan beragam pilihan spot - spot selfie baru bermunculan disana dan bentuk spot - spotnya semakin kreatif memanjakan pecinta fotografi.

Trip Of Mine
Deretan spot selfie di area atas.

Deretan area Spot Selfie Pinusan Kragilan kini dibagi menjadi 2 area : di bagian atas atau akses awal memasuki area dan di bagian bawah  berbatasan dengan perkampungan warga.
Area bagian atas ini merupakan kawasan pengembangan dari area di bawah yang telah lebih dahulu populer.

Trip Of Mine
Spot burung rajawali.

Deretan spot selfie di area atas yang bisa kita pilih diantaranya : spot burung rajawali raksasa, spot parasut terjun payung berwarna - warni (sayangnya, saat itu pemilik spot belum tiba di lokasi, jadi perlengkapan aksi terjun payung belum tersedia di lokasi ... , padahal spot ini salah satu favoritku), spot sepeda jaman baheula diatas tumpukan salju dilengkapi 2 boneka panda imut, spot rumah di film animasi Up lengkap dengan sekumpulan balon aneka warna diatasnya, spot menara dan beberapa spot lainnya.

Trip Of Mine
Spot sepeda baheula dan spot rumah film ' Up '.

Setelah menjajal berfoto di salah satu deretan spot selfie di area atas, perjalanan kulanjutkan melewati depan deretan warung dan selanjutnya menuruni jalan setapak curam untuk menuju ke deretan spot selfie di area bawah.
Perlu hati - hati saat menuruninya, terutama di musim penghujan tiba, kondisi jalanan ini sangatlah curam.
Tapi justru berkat kecuramannya itulah, jalan setapak ini tampak dramatis, sangat keren terlihat di kamera dan jadi salah satu lokasi favorit berfoto para traveller.

Trip Of Mine
Jalan setapak hutan pinus Kragilan.

Ingin berfoto disini ? ...
Syaratnya wajib bersabar menunggu waktu yang tepat bergantian berfoto dengan traveller lain dan wajib segera minggir menepi jika akan ada kendaraan datang melintas.

Atau tak mau menunggu waktu lama berfoto di tengah jalan, spot papan pijakan berada di kiri dan kanan atas jalan bisa jadi pilihan, tentunya tak kalah keren berfoto berada di atas sana.
Untuk berada di atas spot papan pijakan, kita harus menaiki undakan anak tangga kayu. Untuk memudahkan sarana berpegangan agar tak terjatuh menuju ke atas dan sekembali menuruni spot papan panggung, badan pohon pinus telah dilengkapi dengan tali besar.

Di area hutan pinus tepi jalan setapak ini dilengkapi beberapa spot hammock beraneka warna, disusun melintang berderet dikaitkan di antara 2 batang pohon.
Spot hammock tentunya akan lebih seru jika digunakan berfoto secara bersamaan dengan beberapa teman disana.

Trip Of Mine
Spot hammock.

Deretan spot selfie di area bawah lokasinya berbatasan langsung dengan perkampungan warga dan berhadapan dengan lahan area parkir kendaraan.

Trip Of Mine
Puncak gunung Merbabu terlihat dari area bawah.


Trip Of Mine
Jejeran spot selfie di area bawah.

Jumlah spot selfie di area bawah ini lebih banyak dan beragam pilihan bentuk spot selfie unik - unik, diantaranya : spot sepeda melayang, spot meja melayang, spot sayap malaikat, spot kereta kuda terbang, spot sangkar burung, spot balon terbang, spot rumah kekinian, spot telephone box khas negara Inggris, spot balon udara, spot jembatan gantung dan masih banyak lagi spot unik lainnya.
Jumlahnya ada sekitar lebih dari 30 spot selfie tersebar disana.

Trip Of Mine
Spot rumah bambu.

Semua spot selfie di lokasi area atas dan area bawah kesemuanya memasang tarif Rp. 5.000 per pengunjung untuk berfoto.
Dan untuk menyewa jasa fotografer, 1 bidikan hasil foto yang diinginkan dikenai tarif Rp. 2.500 per fotonya. Hasil bidikan kamera fotografer dilihat dan dipilih dari layar ponsel milik fotografer, selanjutnya file yang dipilih akan di transfer melalui aplikasi pengirim file di smartphone milik kita.

Selama beberapa lama berlibur di lokasi ini, kuperhatikan cukup bamyak traveller berusia mapan tak lagi muda, berlalu - lalang sibuk memilih spot selfie favorit, terkadang sesekali terlihat ikut mengarahkan gaya teman - teman sebayanya berfoto. Dan serunya ... mereka saling bergantian bergiliran berfoto sambil sesekali diiringi derai tawa setelahnya. Menyenangkan melihat keceriaan mereka ... Memang benar, jaman now siapa sih yang tak suka selfie ?

Trip Of Mine
Jalan setapak fotogenik Kragilan, jadi incaran para traveller berfoto.



Bagaimana cara dan rute kesana ?

Lokasi spot selfie yang digandrungi segala lapisan usia ini ditempuh dari pusat kota Magelang sekitar 30 menit atau sekitar 14 kilometer melalui jalur alternatif Magelang - Kopeng - Salatiga.
Dan apabila ditempuh dari arah kota Salatiga memerlukan waktu tempuh sekitar 47 menit atau 26, 5 kilometer.
Namun, jika tidak menggunakan kendaraan pribadi baik ditempuh dari arah pusat kota Magelang atau kota Salatiga, transportasi umum minibus hanya melewati depan jalan utama area Kaponan, tidak berbelok ke arah lokasi Kragilan. Selanjutnya harus ditempuh dengan ojek, tak ada angkutan umum melintasi depan lokasi.
Tak perlu takut kesasar arah, karena di di depan belokan jalan kecil  di area Kaponan menuju ke arah lokasi terdapat papan petunjuk lokasi wisata gardu pemantau aktivitas gunung Merapi, Ketep Pass.
Ya, lokasi wisata Kragilan ini berada sejalur dengan lokasi Ketep pass.
Lokasi Kragilan jika ditempuh dari kota Yogyakarta dapat ditempuh melalui jalur alternatif Sawangan, tepatnya melalui jalan kecil setelah melewati bekas pabrik kertas Blabak dengan jarak tempuh sekitar 52 kilometer atau sekitar 1 jam 45 menit.

Apakah ada sarana penginapan di sekitar lokasi ini ?

Di sekitar lokasi wisata top selfie pinusan Kragilan ini tak ada sarana penginapan. Jika kalian ingin bermalam untuk menghabiskan waktu berlibur mengunjungi beberapa lokasi wisata di area kaki gunung Merbabu, deretan penginapan losmen, homestay dan hotel terdapat di area Kopeng.


Lokasi :
Kragilan, Pakis, Magelang

Tiket :

▪ Memasuki area Rp. 10.000 berikut free air mineral dan beaya parkir.
▪ Spot selfie Rp. 5.000 setiap kali digunakan untuk berfoto.
( informasi tiket dan kondisi sewaktu - waktu dapat berubah )

Tips trip di Kragilan Top Selfie Pinusan Kragilan :

▪ Pastikan kendaraan berfungsi dengan baik. Kondisi jalan menuju ke lokasi ini banyak tikungan naik turun tanjakan.

▪  Untuk menentukan fotografer yang dipilih tak ada salahnya melihat terlebih dahulu contoh hasil foto cara bidikan lensa si fotografer di layar kameranya agar berfoto di lokasi terlihat maksimal.

▪ Datanglah pagi hari jika ingin berfoto berlatar belakang pemandangan alam hutan pinus berkabut.






128 komentar:

  1. Viewnya bagus2 ya. Mana tahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,kak Lina pemandangan alam dan spot-spot selfie beragam pilihan koleksinya di lokasi ini bikin traveller betah berlama-lama dan bikin pengen berfoto 😁

      Hapus
  2. Aku sekarang lebih senang mem-foto anakku, ketimbang foto sendiri. Btw, hutan pinusnya bagus ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...
      Bener,kak Iik, apalagi anak lagi lucu-lucunya pasti nyenengin menfoto segala aktivitasnya 😁

      Yups,kak jalan setapak di hutan pinus ini jadi antrian panjang buat berfoto disana ...

      Hapus
  3. Wow mantep pemandangan nya keren bang :D
    Wajib dikunjungi nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip,kak Mayuf ...πŸ˜‰
      Lokasi ini dimasukkin travelinglist kak Mayuf dan berselfie ria disana 😁

      Tadi aku udah mampir ke blog kak Mayuf tapi ngga ketemu kolom berkomentar di artikel film anime.

      Hapus
  4. Mesti hati-hati y kalo ke Kragilan
    Lokasinya itu loh yang berada di kaki gunung Merbabu, takutnya pas ke sana keinjek sama kaki gunung Merbabu
    Wih udah kayak Angling darma aja naik burung raksasa
    Hebat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuahahaha πŸ˜‚
      Gunungnya baik,kok ... kaki nya ngga bakalan nginjek kita 🀣

      Hahahaha ... Angling darma jaman now ...
      Ayook, ikutan terbang siniiii πŸ˜‰

      Hapus
  5. beuh kakak himawant ini selalu cetar membahana foto2nyaaa.. selfie di tempa yang asik terus yaaa.. itu di kragilan ya kak, banyak banget ya pengunjungnyaa.. orang pasti kesana tujuannya foto selfie baru traveling ehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... kak Vika bisa aja niih πŸ˜ƒπŸ˜Š

      Tebakan kak Vika hampir bener banget, pengunjung ke lokasi ini tujuan utamanya pasti foto selfie dulu,setelah itu baru travelling di hutan pinus dan ke kebun strawberry sekitaran lokasi ini 😁

      Hapus
  6. Merbabu oh merbabu..rindu sangat rasanya !
    Dari semua gunung yg pernah sy daki, hanya pada pendakian merbabu sy ga mandi..airnya super duper dingiiinnnn...haha.

    Paling suka view jalan setapaknya mas..keren banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai,Merbabu...
      taukah kau jika kau dirindukan oleh kak Desi Oe πŸ˜‰ ?
      Hehehe...

      O iya,kak ... paling dingin sepanjang pengalaman kak Desi mendaki gunung adalah saat berada di gunung Merbabu ?.

      Bisa bayangin ... super dinginnya kayak apa rasanya, waktu aku dulu kecil diajak papaku berada di desa tertinggi di Merbabu ... belum malam hari saja dinginnya ... cezzzs terasa di kulit.

      Yups,jalan setapak ini paling banyak diincar jadi lokasi foto para traveller,kak.

      Hapus
  7. Jalan setapaknya keren banget mas, kaya di LN 😁😁.. Eh yg lainnya juga kece.. Murah pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalan setapaknya kayak di film korea 'winter sonata' ya 😁 ?

      Betul, duluuuu banget waktu populer2nya film itu, lokasi ini (belum setenar sekarang) pernah dikasi nama winter sonata ... 😁

      Travelling buat selfie kapan2 ke lokasi ini, kak Lia πŸ˜‰

      Hapus
  8. Memasuki area hanya Rp. 10.000 plus free air mineral dan beaya parkir.

    Spot selfie Rp. 5.000 setiap kali berfoto ? ini tarif yang jauh lebih murah Mas...dibanding harga tarif rata rata di daerah Makassar,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh taukah rata-rata harga di Makassar buat masuk ke lokasi wisata seperti ini berapa, mas ?.

      Dulu masuk lokasi wisata ini malah sama sekali free alias gratis,mas.
      Setelah spot selfie di area pertama (atas) dibuka, mulai dikenai tarif masuk.

      Hapus
  9. Magelang - Kopeng - Salatiga. Ambarawa- ungaran-Merapi...ini rute saya hari hari mas, saat dulu saya masih bawa mobil truk tronton, maklum kerjaanya ngangkut pasir dari puncar merapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantaap pekerjaannya,mas ... Salut πŸ‘
      Bukan pekerjaan yang mudah dan penuh resiko pekerjaan yang dilakoni sewaktu berada di aliran bekas lahar Merapi.
      Tiba2 mendadak bisa terjadi banjir,kan ...

      O,sekarang tinggal di Makassar,mas ?.
      Udah lama pindah kesana ?.

      Hapus
  10. Fix pacar gue nggak boleh tau artikel ini. Nanti daftar lokasi liburan jadi bertambah. HAHAHAHAHA.

    Gue aja sempat bengong waktu liat foto-fotonya (emang faktor kamera juga sih kualitasnya jadi bagus). Tapi kalau buat wisata sama keluarga sendiri sih kayaknya boleh (karena dibayarin orangtua). HAHAHA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha πŸ˜‚ ...
      AwaaS ... ntar pacarmu ngintip artikel ini loooh ..
      Dan bikin dia merengek minta datang ke lokasi ini 😁

      Tepat,lokasi wisata ini cocok buat liburan bareng keluarga.
      Bisa foto2 di spot selfie pilihan selera.
      Dan sepanjang ke jalur lokasi ini ada beberapa wisata kebun strawberry petik sendiri.

      Hapus
  11. Saya ga suka tuh mas.. ���� sampe sekarang pun tetap ga suka selfie. Kalau dipaksa istri yg udah manyun saja baru mau. Itupun ga sering.

    Saya lebih suka di belakang kamera jadi fotografernya dibandingkan ada di depan kamera. Mungkin karena itu saya sampe sekarang ga punya foto sendiri.. hahahahaha.

    Pernah sampai ditanya kok nggak pernah lihat fotonya sih.. yah krn memang ga suka.

    Btw foto terbagus dari yg ada di atas itu yg jongkok di jalan hutan pinus. Fotografernya pinter memanfaatkan ruang kosong di belakang. Sayangnya mungkin karena pakai lensa kit 18-55 mm jadi kurang bokeh/blur. Tapi, bagus banget tuh backgroundnya.. Saya juga nyambi ahh jadi tukang poto di kebun raya .. daripada jadi blogger...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... ayo mas sesekali mas berfoto agar kita semua kenal wajah mas Anton 😁
      Siapa tau,suatu saat di jalan ketemu bisa langsung saling kenal ☺

      Terimakasih buat pujian salah satu hasil foto diatas, pasti fotografernya yang barangkali melihat artikel ini senyum senang tuh ... 😁

      Sembari jadi fotografer,tetap terus jadi blogger,mas Anton ... Tetap semangaat !
      Tadi aku mau berkomentar di artikel mas tentang 'tidak cantik tidak ganteng tapi bagus di foto' ... cuman kolom komentarnya kucari kok tidak ketemu, ya ?

      Hapus
    2. Yah jadi blogger sudah, jadi fotografer jalanan juga sudah...:-D cuma repot.

      Itu juga alasan kenapa di blog yang itu kolom komentar ditutup. Tidak cukup waktunya. Kalau dibuka, malah takut mengecewakan orang yang komentar karena takut nggak sempat balas...:-D

      Hapus
    3. Yaaah,mas ...
      Ayoo dibuka doong ...
      Kan kita jadi bisa berbalas komen

      Bukaa .. buka .. bukaa ... πŸ˜‰πŸ˜
      (Suara orang pada menyupporti )

      Ntar pada kecewa loh,ngga bisa ngomentarin foto-foto kreasi mas Anton yang keren-keren.
      Buka ya, mas ...
      (Maksa dikit, hehe)

      Ayook,tetap semangat ngeblog dan tetap semangat memotret...

      Hapus
  12. Tahun lalu aku pernah kesini, tp spot fotonya blm sebanyak ini deh mas.. Kapan hari harus coba ke Kragilan lagi nih, hhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,kak Ella sekarang deretan spot selfienya ada tambahan di area atas dan di area bawah ada sejumlah spot baru.

      Kapan2 main kesini lagi,kak ☺

      Hapus
    2. Wah iya mas.. Harus, kapan2 main ke kragilan lagi😁

      Hapus
    3. Siiip, kak Ella ...
      Happy travelling ya ☺

      Hapus
  13. wahh cantiknya tempat ni. teringin nak pergi sana. tapi tak tahu bila dapat pergi.. salam kenal dari www.mamajue.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks for your visiting and comment, myblogger friend from Malaysia, Jueliza.
      Salam kenal kembali dari saya ☺

      Saya ikut mendoakan kelak Kak Jueliza tercapai travelling ke Indonesia.

      Hapus
  14. Ya Tuhan, jujur saya iri melihat orang ini punya poto sebagus ini, saya tak satupun punya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ... Ayook ke sini,kak Junita 😁
      Mau berfoto di depan rumah film 'Up', meja melayang atau ... naik rajawali kayak angling darma πŸ˜ƒ ?

      Hapus
  15. Hloh ini top selfie toh gan ??
    terakhir kesini belum sebanyak itu spot selfienya :D Hahahaha
    mantappp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga,gan ...
      He'eh,gan ini top selfie yang dulu pernah kamu datangin πŸ˜‰

      Yups,sekarang banyak penambahan spot baru 😁

      Hapus
  16. tempatnya keren banyak spot bagus u tuk selfie apalagi yg burung rajawali aku mau kesana trus pose kaya sasuke uciha :)

    BalasHapus
  17. Saya masuk ke dalam golongan yang 20 % mas, hehehhe....

    Tapi klu melihat Spot cakep di Kragilan ini, mungkin saya akan lompat ke GOlongan 80 % , sebab rugi kalau tidak selfie pemandangan di kaki gunungnya bagussss sekali, apalagi naik balon terbang.Asikkkk... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe 😁 ... Kang Nata mendadak loncat jadi golongan ke 80%, mendadak selfie di lokasi ...
      Mantaab!

      Hapus
    2. Asal jangan kebablasan naik balon terbangnya Kang Nata...ntar nggak bisa pulang lho? Hehehe...

      Hapus
  18. Pose andalan Sasuke Uciha yang kamu suka kayak apa posenya ya πŸ€” ?

    Angkat kaki satu, tangan meragain kayak bangau mau matuk, bukan 😁 ?

    BalasHapus
  19. wah cantik banget aplagi kalau dari atas udara selfie nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, komentar dari mas Kadir ini ide bagus buat pengembangan cara pengelola membuat foto dari atas ...

      Pakai kamera drone waah pasti tambah oke hasil foto di spot selfienya ... terutama di spot balon udara, spot rajawali dan spot parasut.

      Hapus
  20. Spot Selfie menurutku yang menarik adalah... Spot balon terbang warna warni, Spot burung rajawali, dan yang paling bagus itu adalah Spot jalan setapak yang kiri kanannya dikelilingi pohon pinus..
    View jalan setspak dengan hutan pinus ini tampak dan terkesan seperti View hutan-hutan di luar negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups,jalan setapak ini memang paling banyak diminati traveller berfoto ...
      Antrian sabar giliran berfoto wajib dilakukan di spot satu ini (kebetulan free charge).
      Sampai jalan benar-benar terlihat sepi tanpa terlihat pengunjung lain di badan jalan atau kendaraan lewat wajib sabar menungggu waktu...

      Hapus
    2. Jadi Jalan Setapak ini memang benar-benar favorit pengunjung ya brader? Sampai harus super sabar nunggu antrian.. Apalagi free charge jadi pengunjung bela-belain ngantri demi bisa berfoto di jalan setapak dengan kiri kanan nya hutan pinus ini .. Really, Awesome View.. Bukan nggak mungkin lama-lama Spot Selfie favorit in bisa jadi Waiting List bagi pengunjung.. Hehehe..:)

      Hapus
    3. Yups betul.
      Suatu saat sista kesampaian travelling ke lokasi ini jangan heran kalo nunggu antrian giliran dengan pengunjung lain ☺

      Sesekali ada bangku panjang ditaruh di tengah jalan buat berfoto rombongan, begitu ada mobil mau lewat...kursi panjang dipindah ke pinggir dan gitu seterusnya.
      Tapi kebetulan aku kurang suka berfoto di tengah jalan pakai kursi 😁

      Hapus
    4. Iya kalau kesampaian ke sana bakal harus extra sabar antri nunggu giliran foto di jalan setapak hutan pinus yang indah ini.. Paling juga nggak kesampaian soalnya kejauhan hehehe :)

      Iya menurutku kalau berfoto dengan menggunakan kursi di tengah jalan setapak akan terlihat kurang alami hasilnya.. Masih mending duduk langsung aja di atas jalan setapak.. terlihat lebih bagus dan alami..:)

      Hapus
    5. Who knows ... siapa tau,tiba-tiba aja ada jalan mudah buat travelling ke lokasi ini, ya kan ?.

      Kebetulan,ada fotoku duduk di atas papan tempat aku berfoto berdiri di atas jalan setapak itu.
      Unik juga sih,kliatan motor lewat dibawahnya ... tapi ngga kusertain di artikel ini, hehehe

      Hapus
    6. Yes . Who knows ya ada jalan.. kemudahan travelling ke sana dan bisa berfoto di jalan setapak dengan view hutan pinus... Thanks brader buat supportnya.. :)

      Ooh ada foto brader lagi duduk di atas papan tapi nggak diupload ya? kenapa? Apa nggak termasuk.kategori terbaik untuk diupload di blog brader? foto duduk itu di atas papan tangga kayu tempat brader berdiri dekat pohon ini ya?

      Apa lokasi kragilan ini sama dengan yang dulu brader selfie di atas ayunan dengan background hutan pinus itu?

      Hapus
    7. Your welcome ☺
      Optimis sambil berdoa dan siapa tau Tuhan berkendak,jadi hal yang sepertinya tidak mungkin bisa saja terjadi.

      Yups,aku duduk nangkring di atas papan itu,sista.
      Cukup 2 foto saja yang ada di jalan hutan pinus yang kusertain buat artikel ini ☺.

      Betul,lokasi Kragilan ini yang dulu pernah kugunain buat berfoto.
      Buat variasi koleksi foto,kali ini aku ngga berfoto ulang di spot terfavoritku itu ... hehehe 😁

      Hapus
  21. Spot selfienya menarik banget ya mas.
    Apalagi pot selfie diatas burung rajawali.
    Berasa lagi main di film laga Indosiar, bhahhaha :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha πŸ˜ƒ ... Angling Darma ?.

      Ntar kalo Hans ke lokasi ini, semoga disana udah ada property kostum ala pendekar Angling Darma naikin burung rajawali ...

      Dan bersiaplah berpose berdiri di atas burungnya 😁

      Hapus
  22. Kayanya saya harus kesana bereng keluarga nih, selain bisa hunting foto juga sekalian rekreasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip, mas Kojek πŸ‘Œ
      Dimasukin daftar lokasi liburan mas Kojek bareng keluarga,ya ... siap ajak anggota keluarga seru2an gaya di spot selfie 😁

      Hapus
  23. nah ini hahahah saya ga berani selfie hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ... Kenapa hayooo πŸ˜ƒπŸ€” ?

      Hapus
    2. takut bro....






      takut ketagihan wahahaha

      Hapus
    3. Wuahahaha 🀣 ...
      Ntar kalo terlanjur ketagihan ... ngga mau pulaang ... ngga mau pulaaang ... πŸ˜‚

      Bawaannya nangkring terus di spot selfie ...
      Hahahaha

      Hapus
  24. Wah itu "burungnya" gede banget bang Himawan? Hehehe...maksud saya burung rajawalinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho'Oh mas burungku,eh burungnya jumbooo, mas 😁😊

      Gagah gede perkasa,kuat tahan lama ... ngga capek-capek mengepakkan sayapnya ... hahaha 🀣

      Hapus
  25. Keren banget tempatnya.
    Terus spot burungnya juga keren.
    Jadi ngerasa liat di acara tv. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuahahhaa 🀣 ...
      Hampir semuanya pada berkomentar tentang Angling Darma ...

      Yuk,terbang,Rudi ....

      Hapus
  26. Wow, cantik bgt tempatnya. Bookmark dulu ah. Terimakasih infonya��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama,kak Farida ☺
      Aku juga senang kasi info lokasi koleksi spot selfie lengkap ini,bisa buat bekal bookmark travelling kak Farida selanjutnya...

      Happy trip,kak ☺

      Hapus
  27. waw pemandangan, lokasi, viewnya background dan lain-lain semuanya kelihatan kerend dan sangat bagus untuk di pandang, apa lagi yang suka foto-foto, gak ada abis-abisnya motret. hhmm pokoknya mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih udah mampir berkomentar,Fikal.
      Salam kenal ☺

      Siapa tau kelak lokasi ini bermanfaat buat Fatir dan teman2 bikin foto unik2 di hutan pinus ini ...

      Hapus
  28. wah segala aktivitas di situ kayaknya akan sangat baik jika diabadikan. Apalagi memakai kamera terbaru, walah jadi betah selfi selfi di lokasi ini

    yang paling menarik dari gambar yakni balonm bertuliskan selfie yang menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups,mas...
      Lokasi ini sering dijadiin lokasi pemotretan prewedding dan kegiatan pemotretan komersil lainnya.

      Ntar mas dolan kesini jangan lupa bawa kamera terbaru,ya dan siap berburu foto di spot pilihan 😁

      Hapus
  29. Spotnya sungguh indah dan alami sekali. Pecinta selfie wajib kemari. Dan harga tiketnya juga sangatlah murah.
    Maaf nih, kalau bisa huruf fontnya dibuat agak lebih besar sedikit, biar nyaman dimata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak masukannya untuk artikel berikutnya font hurufnya akan kubesarin ukurannya,mas Djangkaru.

      Ya,mas harga tiketnya murah, padahal dulu free ... hehehe.
      Mungkin kini buat beaya perawatan jalan dan kas pemasukan desa.

      Kreatif warga desa ini,ya ...
      Bisa buat contoh desa lain memanfaatkan kekayaan alam ditambahi spot foto kekinian dg koleksi bentuk yang beragam.

      Hapus
  30. Duh, makin keren aja ni Kragilan..

    Musti dateng ke sini ni buat foto-foto.. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ... πŸ˜ƒ
      Ayoo penuhi memory cardmu dengan berfoto selfie di lokasi ini...

      Setelah itu share ke ig kamu, Anggara ☺

      Hapus
  31. saya bukan pecinta selfie mas, tapi sumpah tempatnya keren abis.

    kalau wajib di kunjungi nih. Murah meriah lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti mas Masandi masuk yang 20% ngga suka selfie ☺, ngga apa-apa,mas.

      Yups,lokasi ini cocok buat berburu foto unik dan beda dengan latar belakang berfoto.

      Kapan2 mas Masandi travelling kesini ajak keluarga dan teman2 ☺

      Hapus
  32. Ngomong-ngomong soal selfie, boleh lah di bisikin pake kamera apa yang bagus mas? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merk kamera apa ya yang bagus πŸ€” ?

      Aku pahamnya kalau aperture kamera semakin kecil, hasil foto akan lebih jernih dan detil,mas ☺

      Hapus
    2. wkwkwk, maksud saya pakai handphone apa? atau kamera slr kah?

      Hapus
    3. Ohh, maksudnya itu ...
      Kamera apa yang kugunain πŸ˜ƒ ?

      Ini,mas Manual (eh, kok mas Manual lagi manggilnya ya 😁 ? ) :

      3 foto diatas pakai kamera kepunyaan fotografer disana, aku tinggal pasang gaya dan ... action πŸ˜ƒ
      Seingatku sih, dia pakai merk Nikon.

      Kalau travelling sementara ini aku pakai kamera Brica dan handphone Samsung.

      Hapus
  33. Kalau saya ke tempat ini, bisa gak pulang-pulang nih. Ajib semua, bikin mata gak berkedip.

    Inovatif ya masyarakat di sana, bisa menyediakan berbagai spot berbeda. Jadi, pengunjung punya banyak pilihan.

    Rajawalinya keren,besok-besok mungkin ada garuda πŸ˜ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangaaan ...
      Jangaan ngga pulang~pulaang ... 🀣
      Ntar kamu mau bermalam di spot papan hutan pinus ... ?,hahaha πŸ˜‚

      Soalnya di sekitar ini ngga ada penginapan satupun.

      Iya,betul.
      Aku juga salut sama kreatifitas mereka.

      Kayaknya besok2 ngga cuman ada burung garuda ...
      Bisa jadi burung emprit, burung cucak rowo yang banyak bulunya juga kayaknya bakalan ada deeh ...
      hahaha πŸ˜ƒ

      Hapus
  34. Wuah banyak spot kece di sini, terutama jalan setapak hutan pinusnya, cantik bangeeet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups,kak Lianny ☺
      Kapan-kapan lokasi ini bisa jadi tujuan travelling kak Lianny dan keluarga... berfoto di puluhan spot selfie dan jalan setapak yang terkesan romantis ini 😁

      Hapus
  35. makin menarik saja ya kragilan bagi penyuka selfie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,mas Hendri Kragilan ini termasuk kreatif terus menambah spot-spot selfie baru, biar ngga bosen.
      Bagus buat contoh lokasi wisata selfie lainnya

      Hapus
  36. itu jalan dihutan pinusnya bagus banget mas.. pasti jadi incaran para pengunjung itu..

    udaranya sejuk, penat pasti hilang langsung..
    hehe...

    sekarang semakin banyak saja tempat semacam ini, jadi banyak pilihan untuk liburan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, jalan setapak ini lokasi paling jadi incaran traveller berfoto disana.

      Yups,mas Eka lokasi liburan seperti ini banyak bermunculan di beberapa kota ... ikut senang tentunya.
      Tapi,spot-spotnya kudu kreatif ya,berbeda dengan lokasi yang lain.

      Hapus
  37. Saya rasa tempat ini tidak hanya cocok untuk tempat selfie mas. Tapi cocok juga nih sebagai tempat buat video dokumenter maupun vlog. cocok nih buat yang suka ngevlog.

    Bahkan setelah saya melihat foto-fotonya mas himawan, tempat ini juga cocok untuk dijadikan sebagai tempat syuting film.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sependapat,mas Tri.
      Aku juga terlintas pikiran seperti itu...
      Lokasi hutan pinus dengan latar belakang gunung Merbabu ini cocok buat lokasi syuting film seperti film Twillight Saga ... atau juga buat vlog.

      Terutama di jalan setapak, adegan film action dilokasi itu pasti keren ... apalagi di shooting dari atas pakai kamera drone.

      Hapus
  38. Mantap-mantap spotnya di kragilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups,kreatif mereka membuat spot unik-unik dan beragam pilihan digunain traveller disana.

      Ada banyak pilihan spot lain yang ngga kusertain di foto artikel ini,mas.

      Hapus
  39. Woaw spot selfie nya ada banyak bangettt. Yaakk kids jaman modern memang pada suka selfie, mata dibuat terbelalak kalau tahu ada spot selfie macam diatas itu. Jadi pingin, tapi lagi-lagi diluar kota. Bener-bener deh, mba nana baru tau diluar kota juga banyak wisata yang gak kalah bagusnya sayangnya enggak begitu dikenal dikalangan kota metropolitan ya.

    Setiap selfie dikenakan tarif? Wowww semakin banyak yang selfie disitu semakin tebal juga hasil dari biaya selfinya. Lumayan spot-spotnya bagus, bisa buat spot untuk preweddd juga yaaa huehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,kak Nana ...
      Ya,kak di luar kota metropolitan Jakarta banyak lokasi wisata alam dipadu wisata kekinian seperti ini.
      Lokasi seperti ini diminati banyak pengunjung dari dalam dan luar kota buat feed instagram mereka ☺.
      Kulihatin plat kendaraan datang dari luar kota di lokasi ini.

      Hehehe ... mereka kreatif ya, semakin banyak orang selfie di spot,makin gendut dompet mereka 😁

      Kita bikin juga spot selfie yuk,kaaak ... hahaha πŸ˜ƒ

      Hapus
  40. kece-kece memang buat foto, saya paling suka yang Kragilan :) yang terlalu fake nggak suka, yang ilusi gitu bolehlah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe 😁 ...
      Maksudnya, lokasi yang jalan setapak itu yang paling disukai kan, kak Rina ?.

      Hapus
  41. saya suka yang naik burung itu mas, keren seolah kita terbang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,mas Ibrahim ☺
      Seandainya sling baja pengaitnya bisa ngga kliatan di kamera ... bisa lebih terlihat nyata sedang terbang ya 😁

      Hapus
  42. wah yang suka jepret sana sini oke sekali mampir ke tempat ini. Apalagi pecinta fotografer sepertinya tempat ini boleh jadi rekemendasi dech mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul,mas Maschun.
      Lokasi ini dan sekitarannya terutama background gunung Merbabu cocok untuk para pecinta fotografi.

      Buat anak-anak dan remaja spot-spot selfienya jadi lokasi liburan.
      Kalau yang dewasa biasanya lebih suka berfoto di jalan setapak hutan pinus.

      Hapus
  43. Amazing vieww!
    Dan banyak banget spot spot yang instagrammable yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo, mainlah ke lokasi ini lagi, Aul ...
      Naik rajawali dan bergaya seru diatasnya 😁

      Hapus
  44. Spot selfienya bnyk bngt, dulu pas kesana awal2 hits blm selengkap itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoook,kesini lagi mas Idris ...

      Sekarang makin banyak spot foto baru,ada 30 spot lebih disana.

      Hapus
  45. Wah mantep nih, tapi biasanya yang bagus kaya gini perjalanannya juga menantang adrenalin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ... beneer,Hen 😁
      Keberadaan lokasi-lokasi keren kayak gini perjalanan kesananya menantang adrenalin.
      Jalannya meliuk-liuk.
      Kalau di tanjakan ada mobil yg bawa beban rada berat ... kendaraan kita di stop dulu oleh petugas pengatur jalan, biar ngga ada musibah mobil merosot.

      Hapus
  46. Saya tidak suka selfie. Tapi saya suka jalan-jalan. Hanya saja untuk keluar daerah, waktu dan anggarannya masih terbatas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar ya,kak Nissa.
      Keterbatasan yang dimiliki kakak, aku juga ngalaminnya sekarang ini kok,kak.

      Semoga kedepannya kita2 diberi kemudahan jalan untuk jalan-jalan ke luar daerah dan syukur2 bisa ke beberapa negara.

      Hapus
  47. Aku termasuk yg ga PD tiap kali foto hahahaha. . Pasti kalo difoto, ya begitu2 aja gayanya :p. Beda ama suami yg lbh narsis :p. Makanya suka kagum jg ama temen2 yg kalo foto itu bagus2 dan cocok gayanya ama tempat fotonya :p.

    Kemarin aku baru dr maribaya, dan ngeliat orang2 foto di spot2 kerennya, dan aku baru tau kalo fotographernya pd heboh ngarahin gaya. "yak, tangan di pinggang, jari di pipi, peluk tiangnya" , wkwkwkwk... Sumpah mas, aku yg mau foto, gara2 dgr gaya arahannya aneh2, lgs mundur hihihihi.. Ya ampun ga kebayang aku foto dengan model jari di pipi hahahahh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahahhaa ... πŸ˜‚
      Aku reflek ketawa ngakak baca cerita kak Fanny panas dingin mundur teratur setelah lihat arahan fotografer sibuk ngarahin gaya ke pengunjung ...

      Dicoba saja kaaak ... πŸ˜‰
      Kayak suami kak Fanny itu loh, pede di foto.

      Ssst, tapi kita kalo foto ngga usah pasang gaya berfoto dengan model jari di pipi ... , ntar kesannya kayak bocah baru tumbuh gede dikit ... hahaha 🀣

      Hapus
  48. Jalan setapak di hutan pinus itu seperti bukan di Indonesia ya, mirip di Eropa loh....hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁 hehehe ...
      Bedanya ngga ada salju ya,mas.

      Coba seandainya dkasi property salju-saljuan di atas jalan setapak ...
      Waah pasti orang ngertinya lagi di hutan pinus Eropa sana 😁

      Hapus
  49. Wah backgroundnya kalau cerah dapet merbabu ya mas? eh btw tumben itu jalan setapak hutan pinus kragilan bisa sesepi ituu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo cuaca lagi cerah gunung Merbabu terlihat jelas banget dan foto kita jadi lebih terlihat apik ☺

      Hahaha ...
      Itu gara-gara aku dan fotografer samaan 'bawel' nya,kaak ... 🀣
      Aku dan fotografer kebetulan sama-sama pengin bikin foto jalan setapak kelihatan sepi sama sekali ... ngga kliatan kendaraan juga orang berada disana.

      Meski,fotonya jadi nunggu waktu lamaaa biar jalanan kliatan sepi ... πŸ˜ƒ

      Kak Dwi pernah juga ya berlibur ke Kragilan ini ?.

      Hapus
  50. Wowwwwww mupeeengggggg...
    Lucu-lucu banget spot fotonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁
      Kapan ada waktu, tuntasin mupeng kak Reyne kesini, ya ....

      Berfoto di semua spot 30 lebih 😁

      Hapus
  51. Makin kern aja nih tempat tempat yang di kunjungi nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih,kak ⚘
      Kapan ada waktu, travelling kesini buat bikin foto-foto kekinian 😁

      Sukses buat usaha yang dijalani ya,kak.

      Hapus
  52. Spot fotonya keren2 om, Jogja blm ada yg konsepny kayak Kragilan gt ( yg baloon udara terutama)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ...
      Kok manggilnya om, sih 😁 ?.
      Moga aja kepanjangannya bukan ... om girang ...
      Hahaha πŸ˜‚ !

      O,di Yogya belum ada spot foto konsep seperti di Kragilan ini, ya, mas ?

      Beberapa wisata alam yang digabung wisata kekinian di daerah Bantul yang pernah kudatangi, juga kulihat belum ada spot-spot foto heboh kayak di lokasi ini.

      Padahal kalo dibikin keren juga ya, tapi tentunya bentuk spot-spot fotonya dibuat berbeda.
      Misalnya : spot roket , seolah kita lagi naikin roket terbang ...
      Kan seru,yaa 😁

      Hapus
  53. Balonnya gak bisa terbang yaa Mz?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gas nya belum dipesan, jadi ngga bisa terbang, kak 😁

      Kalo bisa terbang ...
      Kak Risna mau jadi yang pertama jajal naik balon ya πŸ˜ƒ ?

      Hapus
  54. Belom pernah sama sekali naik motor aja gk bisa πŸ˜‚, pengen naik sampe ke bulan πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oyaaa .. serius kak Risna belum bisa naik motor πŸ™„ ?.
      Kenapa ngga beraniin buat belajar , kak ?.

      ... Hahahaahaa ... Aku juga mauuuu terbang sampe ke bulan πŸ˜…
      Ntar disana kita mungutin batu meteor buat koleksi .. πŸ˜‰

      Hapus
    2. Tar aja minta ajarin misua 😊, buat apaan batu Mz? Jadiin batu akik ya hihi

      Hapus
    3. Tuuh kak Risna taauu πŸ˜‰ ...
      Buat jualan buka kios khusus akik dari planet Bulan
      Hahaha !

      Hapus
    4. Hahaha yang beli freza dan kawan kawan ya Mz? Yang ada bulannya hancur kena kame hame ha πŸ˜‚

      Hapus
  55. Tempatnya gila banget ini aduh instagramable yaa. :D Aku kalau ke sini pasti pulang bawa foto-foto kece, huhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapin kamera maksimal ya buat berburu foto di spot-spot kece, kak 😁

      Hapus
  56. Cool deh liat Mas Hino fotoan di atas burung rajawali dan hutan pinus :) Kereeen! Murah ya htm dan biaya per foto per spot. Aku mau dooong ke sini. Bisa seharian ini, ga bisa cum abentar doang wkwkkwkw... Balon udara dll kece banget ya. Zaman sekarang desa biasa disulap jadi tempat wisata bagus, sangat kreatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh,aku mendadak mesem ke Ge-eRan niih,kak Nurul ... 😁😊
      Hehehe

      Kak Nurul terlanjur suka lokasi ini,ntar kalo suatu saat kesini .. jangan-jangan ngga mau buru-buru diajak rombongan pindah ke lokasi wisata lain,sebelum ... kesampaian foto2 di lebih dari 30 spot foto semuanya niih ...
      Hahahaa πŸ˜…
      Puasin foto,baru pindah ke lokasi wisata lainnya.

      Unik2 semua spotnya disini,kak.
      Kalo datengnya weekend, antri giliran berfotonya panjaang ...

      Hapus