Friday, March 16, 2018

Gereja Ayam ~ Ikonik Baru Wisata Indonesia

Ketenaran gedung berbentuk unik, nyeleneh dan berbeda bentuk tampilan dengan gedung bangunan - bangunan pada umumnya ini sebenarnya sudah lama terdengar keberadaannya, terutama untuk warga kota Magelang dan para traveller domestik dan traveller mancanegara setelah berkunjung ke sejumlah lokasi wisata di sekitar candi Borobudur, jauh sudah terkenal lebih dulu sebelum dipergunakan sebagai lokasi shooting film sekuel " Ada Apa Dengan Cinta ".
Kemudian namanya lebih terkenal di seluruh penjuru Indonesia setelah adanya pemutaran film bergenre remaja itu.

Beberapakali saat aku mengambil cuti tahunan pulang kampung ke kota kelahiranku, Magelang, teman - teman dan sebagian orang masih sering membicarakan kisah dibalik pembangunan gedungnya, keunikan bentuk bangunannya sampai cerita mistis yang muncul di lokasi setelah penyelesaian pembangunannya terhenti pada tahun 2000 dan bangunan jadi terbengkelai setelahnya.

Diliputi rasa penasaran ingin membuktikan semua cerita yang beredar tentang keberadaan gedung itu, pada masa liburan cuti tahunan saat itu kucoba datangi bangunan yang sebenarnya dinamai pemiliknya bernama Gereja Merpati.
Lokasinya berjarak sekitar 2,5 kilometer ke arah barat dari candi Borobudur, tepatnya berada terpencil cukup jauh di atas bukit Rhema di dusun Gombong, desa Kembanglimus, kecamatan Borobudur, Magelang.
Untuk sampai tiba di lokasi, melewati lahan pepohonan beberapa meter, jembatan sungai dan setelahnya melewati perkampungan warga.
Tak sampai disitu, perjalanan dilanjutkan kembali dengan mendaki bukit cukup terjal medannya dan perlu kehati - hatian ekstra saat melaluinya.
Disanalah bangunan unik Gereja Merpati itu berada ...

Saat itu travellingku yang pertamakalinya ke Gereja Merpati tak kesemuanya ruangan bangunannya berani kutelusuri, terutama di ruang bawah tanah.
Selain terkesan menakutkan karena sekitar bangunannya ditumbuhi semak belukar juga beberapa bagian areanya mengalami kerusakan, ditumbuhi jamur dan dindingnya banyak dihiasi vandalisme, kurang layak dikunjungi.

Berbeda dengan sekarang di kunjunganku yang kedua kalinya ...


Trip Of Mine
Aula Gereja Ayam
Lihat, desain langit-langitnya unik

Seiring semakin bertambahnya kunjungan wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara ke bangunan gedung yang memiliki banyak penamaan dari para traveller ini, diantaranya : Dove Church, Pigeon Hill, Gereja Burung dan Gereja Ayam, jalur pendakian ke puncak bukit tempat Gereja Merpati berada kini telah dibuat undakan untuk pejalan kaki, bersisian dengan jalur khusus rental mobil jeep off road melayani rute dari halaman parkir ke atas bukit untuk pengunjung yang dirasa kelelahan mendaki bukit dan juga melayani Borobudur trip tour package.

Kendaraan pribadi tidak diperkenankan dikendarai sampai ke atas bukit, wajib diparkirkan di halaman rumah seorang warga karena terjalnya medan dilalui untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi.
Semak belukar sekitar gedung Gereja Merpati yang dulu kulihat kini sudah tak ada lagi, berganti taman yang cukup asri dan seluruh area bangunan bagian dalamnya tak tampak lagi menakutkan ditelusuri.

Uniknya, dari kesemua penamaan bangunannya, nama sebutan Gereja Ayam lebih populer di kalangan traveller domestik dan traveller mancanegara, mengalahkan nama asli bangunan yang diberikan nama pemiliknya.
Mungkin dikarenakan bentuknya menyerupai seekor ayam, memilki jambul di bagian atasnya.
Bangunan ini akan lebih terlihat menyerupai seekor ayam raksasa jika dilihat dari ketingggian atau dilihat menggunakan kamera drone, terlihat seolah sedang duduk mengerami diantara rerimbunan pepohonan.


Kisah Sejarah Gereja Merpati atau Gereja Ayam

Gereja Merpati dibangun oleh seorang pengusaha asal Lampung, Daniel Alamsyah ,setelah beliau mendapat wahyu atau amanat dari Tuhan melalui mimpi untuk membangun rumah peribadatan berbentuk seekor burung merpati lambang cinta kasih.

Pada saat beliau dan istrinya mengunjungi kota asal istrinya, Magelang, beliau menemukan lokasi yang tepat seperti yang ada di dalam mimpinya saat itu ... berada di sebuah ketinggian bukit berpemandangan indah.
Beliau beberapa malam berdoa disana memohon petunjuk dari Tuhan bahwa lokasi inilah yang memang tepat Ia tunjukkan padanya.

Dan benar, Gereja Merpati mulai dilaksanakan pembangunannya pada tahun 1990.
Namun sayangnya, pada tahun 2000 pembangunannya terhenti, gedung tak selesai sempurna karena keterbatasan dana.

Meski gedung tak selesai sempurna, Gereja Merpati tetap di pergunakan sebagai rumah ibadah dan menyandang nama Gereja, rumah ibadah ini tak mengkhususkan sebagai rumah peribadatan untuk agama Kristen saja, tapi juga diperuntukkan sebagai rumah ibadah agama lainnya : Islam, Buddha, Hindu dan Katholik.
Slogan yang diusung beliau adalah rumah doa segala bangsa atau the house of prayer for all nation.
Selain dipergunakan sebagai rumah ibadah, fungsi bangunan juga pernah digunakan untuk rumah pengobatan.


Keseluruhan bagian utama gedung Gereja Ayam yang dapat ditelusuri

Bangunan unik berbentuk seekor merpati tengah mengeram ini secara garis besar terbagi menjadi 3 bagian utama yang dapat kalian telusuri, yaitu  : 

Badan

Berada di lantai dasar.
Terbagi menjadi 2 area : 

• Aula 

Berupa ruangan luas, dindingnya dihiasi jendela - jendela berukir bunga.
Lengkungan langit - langit terlihat artistik dan di bagian tengah langit - langit terdapat ornamen salib berukuran besar.
Di tengah halaman aula dilengkapi 2 partisi display foto - foto sejarah pembangunan rumah doa Gereja Merpati dan beragam aktivitasnya.
Di sudut arah ke bangunan kepala Gereja Merpati difungsikan sebagai konter display penjualan kerajinan kain batik, dibelakangnya terdapat ruangan informasi Panti Rehabilitasi Betesda.
Di sudut arah ke bangunan ekor Gereja Merpati dan Ruang Bawah Tanah terdapat balkon kecil, difungsikan untuk display beragam kerajinan tembikar.


Trip Of Mine

• Ruang Bawah Tanah 

Ruangannya terdiri dari beberapa lorong dengan pencahayaan agak remang - remang.


Trip Of Mine
Lorong bawah tanah 

Sepanjang lorong terdapat 25 Ruang Doa Pribadi atau private prayer room yang dapat dipergunakan oleh siapapun dan penganut agama apapun untuk berdoa disana.


Trip Of Mine
Spot Bukit Rhema di ruang bawah tanah

Tiap ujung lorong terhubung ke aula cukup besar yang dinamakan Aula Doa Bersama.



Trip Of Mine
Aula Doa Bersama

Di ruangan bawah tanah ini terdapat hal menarik, selain menelusuri lorong demi lorong ... ada Papan Doa.
Papan Doa digunakan untuk mencantumkan kertas bertuliskan doa dan harapan yang kita tulis di kertas putih yang telah disediakan.
Papannya dipenuhi tumpukan - tumpukan kertas tulisan dari pengunjung, mungkin jumlahnya mencapai ratusan kertas.


Trip Of Mine
Spot papan doa

Menoleh ke arah kanan, terdapat 1 ruangan gelap tanpa penerangan sama sekali, berteralis jeruji dan digembok.
Ruangan apakah itu ? ...

Ruangan di bawah tanah ini dulu pernah digunakan sebagai pusat rehabilitasi para pecandu narkoba, terapi untuk anak - anak penderita cacat, keterbelakangan mental dan gangguan kejiwaan.
Mungkin, ruangan gelap berteralis jeruji dan digembok itu dulunya dipergunakan sebagai ruangan pengaman sementara untuk terapi pasien gangguan kejiwaan ...

Kepala

Terbagi menjadi 5 tingkat : 

• Tingkat 1, tingkat 2  dan tingkat 3 adalah bagian leher.


Trip Of Mine
Tangga menuju ke bagian kepala Gereja Ayam

Dinding dalam tingkat 1 dipenuhi seni mural kreatif berwarna - warni menggambarkan efek negatif akibat menggunakan zat terlarang.


Trip Of Mine

Dinding tingkat 2 dipenuhi seni lukis beragam adat kebudayaan seluruh Indonesia.
Dinding tingkat 3 dihiasi lukisan - lukisan gunung yang mengelilingi candi Borobudur dan destinasi - destinasi wisata dunia.
Masing - masing tingkat dihiasi bukaan jendela untuk melihat pemandangan luar.


Trip Of Mine


• Tingkat 4 adalah bagian kepala dan paruh.

Di bagian paruh luas ruangannya lebih kecil dan di bagian paruh yang terbuka dibatasi pagar pengaman untuk melihat pemandangan luar.
Di sudut ruangan terdapat anak tangga berukuran kecil yang hanya cukup dilalui 1 orang untuk menuju ke puncak gedung.

• Tingkat 5 adalah bagian atas kepala dan mahkota.
Dari atas ruangan terbuka inilah, traveller disuguhi pemandangan alam luar biasa memukau ...


Trip Of Mine

Trip Of Mine

Pemandangan terbentang luas 360° di depan mata.
Dikelilingi oleh gunung - gunung Merbabu, Tidar, Merapi, puncak Suroloyo dan deretan bukit - bukit sekitarnya.
Candi Borobudur terlihat jelas dari lantai teratas ini.


Trip Of Mine
Bisa tebak, dimanakah letak candi Borobudur berada 

Ekor

Terbagi menjadi 2 tingkat dan masing - masing digunakan sebagai kafetaria.


Trip Of Mine
Gedung bagian ekor Gereja Ayam

Dari bagian bangunan ekor ini, terlihat jelas keseruan aktivitas traveller berfoto di lantai teratas kepala merpati bermahkota.



Icip - icip menu kuliner di kafetaria Gereja Ayam

Kafetaria berkonsep ruang semi terbuka ini berada di bangunan bagian ekor burung merpati dan terbagi menjadi 2 area bertingkat yang bisa kalian pilih untuk duduk menikmati hidangan di area mana yang kalian sukai.
Jika ingin menikmati hidangan sembari menikmati pemandangan indahnya alam sekitar dengan leluasa, deretan kursi dan meja di pinggir pagar pembatas jadi pilihan yang tepat.

Trip Of Mine
Kafetaria lantai 1

Menu yang dihidangkan di kafetaria lantai 1 menyajikan beberapa pilihan kuliner dengan harga terjangkau, sekaligus sebagai lokasi penukaran kupon penyerta free camilan singkong goreng di lembar tiket masuk lokasi wisata.
Menu pilihan yang disajikan di kafetaria Gereja Ayam lantai 1, diantaranya :

• Nasi oseng - oseng tempe Rp. 5.000
• Nasi sambal teri Rp. 5.000
• Nasi tongseng ayam Rp. 5.000
• Gorengan tahu, tempe, pisang Rp. 3.000
• Aneka sate Rp. 5.000
• Singkong original Rp. 10.000
• Singkong cokelat keju Rp. 15.000

Kafetaria Gereja Ayam lantai 2 lebih mengkhususkan sebagai konter minuman dilengkapi dengan meja bar, namun tak ada salahnya kalian memilih duduk di lantai 2 setelah memesan makanan di kafetaria lantai 1.

Trip Of Mine
Kafetaria lantai 2

Minuman yang disajikan disini mulai dari teh, kopi dan olahan minuman kemasan berbahan dasar susu.
Varian beberapa rasa minuman yang bisa kalian pilih dengan harga Rp. 10.000 per cup, diantaranya hazelnut, chocholate avocado dan white chocholate.
Sedangkan minuman kopi, baik kopi susu dan kopi daerah dibanderol dengan harga Rp. 25.000 per gelasnya.
Aku menjajal menu nasi sambal teri karena penasaran dengan harga murahnya, tak seperti rata - rata harga makanan di lokasi wisata yang memasang harga cukup tinggi perporsinya.
Rasanya cukup enak, bercirikan cita rasa selera lidah khas orang Jawa yang menyukai masakan rasa cenderung manis pedas.
Porsinya cukup mengenyangkan untuk menemani menikmati camilan singkong goreng gratis.

Trip Of Mine




Berkat keunikan arsitektur bentuk bangunan gedung, sejarah latar belakang pendirian gedung dan pemandangan menakjubkan di lantai teratas Gereja Ayam seringkali dipergunakan untuk lokasi pemotretan, shooting film dan tak sedikit pasangan yang melangsungkan pernikahan disana.
Magnetnya mampu menarik kunjungan traveller dari berbagai negara dan traveller domestik dari berbagai kota.
Gereja Ayam kini masuk dalam top 20 golden toursm central java and Yogyakarta dan layak menjadi salah satu ikonik wisata Indonesia.


Trip Of Mine
Gereja Ayam ikonik baru wisata Indonesia



Lokasi :
Dusun Gombong, Kembanglimus, Magelang

Tiket :
Rp. 15.000 + free singkong goreng 
( Harga tiket dan kondisi sewaktu - waktu dapat berubah )

Jam operasional :
06.00 - 17.00

Tips trip di Gereja Ayam :

▪ Sebaiknya mempergunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke lokasi karena lokasi tidak dilalui oleh kendaraan umum.
Transportasi ojek dan transportasi traditional andong bisa jadi alternatif menuju ke lokasi. Titik kumpul transportasi ini berada di dekat tugu pasar Borobudur.
Atau, memilih mengikuti Borobudur tour trip package dengan start dari halaman parkir candi Borobudur untuk travelling sekaligus ke obyek - obyek wisata di sekitar candi Borobudur.

▪ Jika ingin melihat sunrise di lantai teratas Gereja Ayam, datanglah khusus di hari Sabtu dan Minggu dengan jam operasional buka lebih awal, jam 05.00 dini hari.
Untuk melihat momentum sunrise dikenai beaya tiket tambahan Rp. 5.000 dari harga normal.

▪ Perhatikan kapasitas maksimal jumlah pengunjung berada di lantai teratas Gereja Ayam, maksimal 10 orang.
Hal ini dilakukan untuk menghindari kelebihan beban daya muat pijakan.
Jadi, pastikan memesan tempat dan atur jadwal terlebih dahulu ke pengelola untuk melihat sunrise.

▪ Di sekitar lokasi Gereja Ayam tidak terdapat homestay, losmen dan hotel.
Menumpang bermalam di rumah warga untuk melihat sunrise keesokan harinya bisa jadi pilihan.

▪ Perhatikan lubang tangga dan berhati - hati menuruni anak tangga di lantai teratas.
Lubang tangga hanya mampu dilalui oleh 1 orang secara bergantian.









137 comments:

  1. Wih unik ada paruh ayamnya
    Lah bisa gitu y
    Ruang bawah serem juga apalagi yg tempat gelapnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁 Unik ya bangunannya,mas Niki...

      Kalau ngga ada paruhnya, ntar ngga kayak merpati atau ayam ...
      Hehehe

      Sekarang ruang bawah tanah ngga serem lagi kok,mas.
      Kalau dulu saat terbengkelai memang ... iya.
      Karena untuk masuk ke lorong bawah tanah ngga ada penerangan sama sekali, cuma pakai senter.

      Delete
    2. pada lantai tingkat lima, itu selvei nya diatas cengger ayam Ya mas,,,?


      nggak takut ngglorot...?

      Delete
    3. Di atas kepalanya,kak.

      Ngga takut melorot karena area bagian kepala dilingkari pagar besi mahkota.

      Tapi, pagar mahkota ngga boleh disandarin juga dipanjat, kak ... bisa rubuh 😁

      Delete
  2. Wah wah ternyata ini yah yang jadi lokasi syuting AADC 2 kemaren. Emang keren banget sih arsitekturnya. Setuju dah pokoke kalo bangunan ini jadi ikon baru wisata Indonesia. ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih udah visit dan sependapat kalau Gereja Ayam ini layak jadi ikonik baru wisata Indonesia,kak Suryani ⚘

      Iya,kak tempatnya keren ...
      Dan sekarang makin cantik dan unik tampilannya setelah ditambahi sarana kafe ☺

      Delete
  3. Oh jadi bangunan ini nama aslinya Dove Church Pigeon Hill atau Gereja Merpati ya brader? Tapi jauh lebih terkenal dengan nama Gereja Ayam? Hehehe.. Unik ya model arsitektur bangunannya.. dan sekarang menjadi salah satu ikon wisata Indonesia .. Top 20 Golden Tourism Central Java .. Great..!

    Wah di ruang bawah tanah ada 25 lorong doa pribadi Private Room Prayer.. untuk siapa pun dan untuk agama apapun.. Wouw Great.!
    Bikin penasaram juga katanya ada ruangan bawah tanah yang gelap tanpa penerangan apapun.. Wuih serem nggak? Hehehe.. ruangan untuk rehabilutasi ya brader?

    Nah yang bikin aku tertarik juga itu menu kulinernya yang harganya murmer.. kok bisa murah ya nasi harganya 5 ribua? porsinya kecil atau sedang? makan enak tapi nggak nguras kantong.. Asyik aku suka ada singkong gorengnya juga..hehehe..:)
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama sebenarnya yang diberikan oleh pemiliknya bernama Gereja Merpati,sista.

      Kalau Dove Church itu pemberian nama dari para traveller mancanegara.

      Betul,di ruang bawah tanah terdapat 25 ruang doa pribadi yang dapat digunakan oleh pemeluk agama apapun.
      Ya rada kaget saat lihat 1 ruang gelap berteralis dan digembok itu ...
      Awalnya aku ngga ngeh ruangan gelap itu, setelah nulis doa di kertas untuk ditempelkan di papan doa dan selesai membuat dokumen foto ... aku noleh dan lihat ruang gelap itu persis disebelahnya.
      Tapi aku ngga berani mendekat, cukup lihat dari spot papan doa.

      Kuliner murmer dan mengangkat makanan traditional jadi lebih banyak dikenal orang, terutama traveller manacanegara di Gereja Ayam ini bagus buat contoh diaplikasikan di lokasi wisata lain 👍

      Delete
    2. Ooh nama aslinya Gereja Merpati ya?

      Pada ruang bawah tanah itu. Spot papan doa pas bersebelahan dengan ruangan gelap yang berteralis dan bergembok itu . karena gelap Jadi aura nya agak serem ya brader? Misalnya kalau ada lampu kecil aja mungkin akan terlihat lebih ceria.

      Iya Kuliner yang murmer dan sangat terjangkau ini.. bisa menjadi contoh kuliner di lokasi wisata lain yang umumnya memasang tarif makanan mahal.

      Btw brader naik sampai ke tingkat teratas itu tingkat 5 ya? yang juga merupakan ruangan terbuka luas . ke atas bisa melihat langit ke bawah melihat pemandangan indah dari atas ketinggian..

      Ternyata lokasi gereja ayam ini dekat ya dengan candi Borobudur.. Jadi bisa satu paketan tour sekaligus.. :)

      Delete
    3. Naik ke lantai teratas,dong ...
      Duh,rugi bangeeet kalo ngga sekalian naik lantai teratas 😉
      Dari lantai teratas ini pemandangannya luar biasa kece ...

      Ini nih komentar yang sering aku dengar dari pengunjung setelah tiba di lantai teratas :

      • ' wow, gila..kereen banget '
      • ' astaga, bagus banget '
      • ' bener-bener keren '

      Itu sebagian komentar yang aku denger,sista 😁
      Ruangan atasnya ngga luas luas amat, terbilang sedikit sempit malah.
      Jadi,kalo berfoto kudu perhatikan baik2 lubang tangga menganga di atas sana.

      Biar lebih detil pemandangan candi Borobudur dilihat dari lantai teratas Gereja Ayam nanti akan kusertakan foto tambahan ☺

      Delete
    4. Iya rugi banget dan nggak mungkin kalau brader nggak naik sampai ke lantai teratas ruangan outdoornya.. Hehehe..:)

      Dari lantai teratas tsb banyak komentar kagum ya dari pengunjung.. Tapi harus hati-hati ya karena ada lubang tangga.

      Iya sudah ada foto tambahan.. Terlihat kok pemandangan candi Borobudur dari lantai teratas.. Tampak dari kejauhan ada suatu bangunan berwana gelap di depan gunung..

      Delete
    5. Wuakakakaka 😂
      Aku tau,komentar sista kemarin itu cuma ngetest doang kan ... kira-kira beneran ngga aku naik ke lantai teratas yang dikelilingi mahkota ...
      So,pastiii ... aku naik,atuh ...
      Kan aku suka lihat pemandangan dari ketinggian 😉
      Cuman kadang, awal berdiri di suatu ketinggian pasti kaki merasa lemas setiba disana 😁

      Kliatan ya candi Borobudurnya,sista☺ ?

      Jadi, bisa bayangin kan seberapa tingginya lokasi bukit dan gedung ini ?.

      Delete
    6. Hehehe.. Ngerti aja kalau ditest ? :)
      So pasti brader bakal manjat naik ke lantai teratas.. karena demen lihat view dari ketinggian..:)

      Iya kelihatan kok bangunan candi Borobudur meski seperti agak gelap...
      Iya tinggi banget ya lokasi bukit dan gedung ini? Tapi memang jadi kelihatan unik ya gedung Gereja Ayam yang menjadi tempat wisata ini di bangun di atas bukit.. Nice location..:)

      Delete
    7. Hahaha ... tau doong 😅
      Kan udah beberapakali sista lihat fotoku lagi nangkring (buruung kali aakh 😃 ) di atas ketinggian.

      Yups,bangunan candi besar kelihatan gelap tampilannya.
      Lokasi lantai teratas gereja ayam ini salah satu lokasi buat melihat sunrise diantara beberapa bukit di sekitaran candi Borobudur,sista ... yaitu : punthuk Setumbu, punthuk Mongkrong dan lainnya.

      Delete
    8. Hahaha... Nangkring di atas dahan... Eh nangkring di atas ketinggian..:)

      Ouh asyik ya kalau begitu..dari lokasi outdoor lantai teratas bisa ngelihat langsung saat sunrise tiba.. Wouw keren..! berarti pengunjung harus bermalam ya? dan pagi buta naik lagi ke lantai teratas untuk menghadang Sunrise..

      Kalau bukit punthuk setumbu pernah diliput ya artikelnya brader? Agak lupa aku hehehe.:)

      Delete
    9. Hahaha 😂 patah deh itu dahan...🐦🍃

      Di sekitar lokasi ini ngga ada penginapan,sista.
      Jadi kalo mau bermalam untuk subuh keesokan harinya melihat sunrise,bisa numpang bermalam di rumah warga.
      Tentunya jadi pengalaman berkesan ya, bermalam di desa dan berinteraksi dengan warga.
      Merasakan bermalam di suasana pedesaan.

      Punthuk Setumbu belum pernah kuulas artikelnya,sista.
      Tapi kalau di ig pernah kuaplod fotonya ☺

      Delete
    10. Ooh nggak disediakan fasilitas menginap ya bagi pengunjung yang ingin melihat Sunrise.. Jadi harus numpang bermalam di rumah warga.
      Iya menginap di rumah warga setempat.. bakal bisa mendapat pengalaman yang menarik bila berinteraksi dan bersosialisasi dengan warga desa yang ramah dan merasakan suasana pedesaan.

      Ouw iya..! makanya kok kayak pernah baca tentang punthuk setumbu.. ternyata ada di Ig fotonya... hehehe..:)

      Delete
    11. Pengin deh sesekali nyobain numpang bermalam di pedesaan rumah warga dekat lokasi kayak di desa dekat gereja ayam ini...
      Buat nostalgia dulu masa kecil sering bermalam di desa nenek buyut ☺

      Hahaha 😃
      Iya di ig foto di punthuk setumbu itu, lagi-lagi pose nongkrong di ketinggian

      Delete
  4. Pertama lihat di AADC, jadi penasaran dengan bentuk aslinya. Ternyata tempatnya emang keren ya.

    Lorong doa pribadinya terlihat lengang dan sunyi. Seakan kalau berdoa disana bakal khusyuk banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Qudsi nonton film AADC ya ?.
      Aku malah ngga nonton 😁 ...
      Aku tau lokasi Gereja Ayam jadi lokasi shooting AADC2 dari adikku yang nonton film itu di bioskop dan tau infonya dari sosmed yang ramai membicarakan setting lokasi filmya .....
      Mereka pada berkomentar sangat unik bangunannya ☺

      Keseluruhan bangunannya memang keren ditelusuri, termasuk ruang bawah tanah.
      Betul, berdoa di ruang bawah tanah bisa khusyuk karena suasananya adem dan sepi ...

      Delete
  5. Pas ke magelang gak tertarik buat ngunjungi, karena ulasan tentang bukit rhema gak begitu menarik bagiku. Ternyata selengkap itu yaa,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah,sayang ya saat itu mas Idris ngga sekalian travelling ke lokasi unik ini ...

      Semoga setelah artikel tentang Gereja Ayam ini kuposting dengan lengkap, bisa menarik minat mas Idris dan teman-teman travelling ke lokasi ini ☺

      Delete
  6. Sesuai nama nya, jadi ikonnya Ayam ya kak. Magelang banyak wisatnya, jadi pengen traveling ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaa 😅
      Kok ikonnya ayam sih ?

      Ya ngga loh,ya ...
      Salah satu ikon baru dunia kepariwisataan Indonesia.

      Ayoo .... ke Magelang, kak Ahmad.
      Di Magelang ada seabrek lokasi wisata yang keren dikunjungi, termasuk lokasi wisata yang belum banyak dikenal namanya di media.

      Delete
  7. Satu gedung memiliki berbagai nama bahkan mengalahkan nama aslinya itu sendiri. Saya penasaran dengan lantai bawah tanahnya. Keren dan mantap sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,mas.
      Karena banyaknya turis dari berbagai negara ke lokasi ini nama gedungnya diberi nama julukan banyak versi ....
      Jadinya unik, satu gedung punya banyak nama.

      Kapan-kapan ke lokasi ini, mas Djangkaru.
      Telusuri lorong-lorong bawah tanahnya ... ☺
      Dan siap kagum dengan pemandangan alam di lantai teratasnya.

      Delete
  8. banyak spot bagus ya.. itu masih dalam satu kawasan kah bang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya,mas.
      Semua lokasi di satu gedung.
      Gedungnya sangat besar.

      Delete
  9. Perlu dijadwalkan ini ke gereja ayam kalau pas mudik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip,kak 👍
      Jadi jadwal liburan saat mudik nanti.

      Betewe, asalnya dari kota Magelang kah ?

      Delete
  10. Unik sekali bangunannya, ya. Dan yang bikin tertarik menunya murmer banget..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya,kak Muyassaroh ... bangunannya sangat unik dan ruangan dalamnya juga keren ditelusuri ☺

      Menu kafenya juga murmer, ngga matok harga tinggi.
      Selain itu, bonus menu singkong goreng jadi sekalian ngenalin makanan tradisional Indonesia ke traveller mancanegara.
      Patut ditiru oleh pengelola wisata yang lain 👍

      Delete
  11. Sejarahnya luar biasa ya,dari sebuah mimpi dan benar2 diwujudkan :)

    mungkin ini mulai dirawat lg juga berkat film aadc yg adegannya diambil disana ya. Jadi banyak yg membicarakan dan penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul,kak Anggun ☺
      Luar biasa sejarah dibalik dibangunnya gedung ini ... bermula dari wahyu dari Tuhan di mimpi bapak Daniel untuk membangun rumah doa untuk semua pemeluk agama 👍

      Kapan-kapan travelling ke lokasi ini,kak ☺
      Siap-siap lihat pemandangan dari lantai teratasnya yang bikin .... speechless 😉

      Delete
  12. Loh ini di Magelang, ya? Owalah, cedhak soko Klaten, nggih, hiihii.... Aku selalu suka ngunjungi tempat bersejarah, walau belum traveling banyak. Ada semacam energi kebaikan yg bisa dirasakan. Jadi mbayangin betapa antusiasnya pak Daniel, semua energinya mesti tersalur ke sana, dalam mewujudkan wahyu Tuhannya menjadi sebuah bangunan ikonik <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eaalaaah ... ternyata kak Ayu ini bisa ngomong bahasa Jawa yaa ... 😃 ...
      Kirain asli berasal dari Bali dan tinggal di Bali 😁

      Main kesini,kak 😉
      Dekat kan sama tinggalnya kak Ayu.
      Iya,kak Gereja Ayam ini lokasinya di Magelang.

      Betul,kak
      Salut sama usaha pak Daniel mewujudkan mimpi wahyu dari Tuhan 👍

      Tak semua orang bisa punya kesempatan dan mampu seperti pak Daniel mewujudkan hal itu.

      Akhirnya,bangunan ini didatangi orang dari berbagai negara dan ikut mengangkat nama Indonesia ke seluruh dunia 👍

      Delete
  13. namanya sangat unik gereja ayam ikonik
    masih mending gereja merpati saja mas

    hati2 yang lewat tangga, bisa terjatuh karena hanya bisa dilewati satu orang saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁 hehehe ...
      Terlanjur terkenalnya pakai nama gereja ayam,mas ... ,mengalahkan nama aslinya.

      Yups,harus berhati-hati dengan lubang tangga saat berada di lantai teratasnya ... jangan gegara keasyikan berfoto disana,tau-tau kejeblos 😃

      Saat menuruni anak tangga dari lantai teratas juga wajib perhatikan dengan baik untuk bergantian dengan pengunjung lain.

      Delete
  14. Oalaaah jd nama sebenernya gereja merpati yaaaa.. Tp gara2 jambul mahkotanya, hd lbh mirip ke ayam -_- . Merinding pas liat bagian atasnya mas, kebayang sih megahnya bisa melihat deratan gunung dan candi borobudur dr atas. Itu candinya kliatan imut bgt.. Berarti tingginya lumayan itu :D. Pokoknya kalo liburan kesana aku hrs paksa suami ke gereja ini deh.

    Dan aku suka konsepnya yg bisa dipakai utk semua penganut agama. Jempol :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya,kak Fanny ... paksa suami kudu mau ke lokasi ini ... hehehe 😁
      Kalau ngga mau, kak Fanny pura-pura nangis aja 😂
      Hahaha

      Betul,kak.
      Nama sebenarnya tuh gereja merpati.
      Tapi karena rada-rada mirip seekor ayam, kebanyakan orang ngertinya itu seekor ayam dan jadinya dinamai gereja ayam ☺

      Ntar kak Fanny berada di lantai teratas, kakinya jangan lemes gemetaran ya lihat candi Borobudur jadi sekecil itu 😃

      Yups, aku juga suka dengan konsepnya .... 👍

      Delete
  15. Sepanjang baca tulisan penasaran dgn bentuk bangunan ayamnya ? ternyata ada di foto terahir..hihi, unik banget bentuknya.
    Dan yg bikin sy tertarik adalah melihat bagian lorong dan kulinernya yg murah banget mas..jadi lapar..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ... mari kita sambil makan,kak 😃 ...
      Iya,murmer tarif kulinernya, enak juga looh 😉
      Ini bisa jadi contoh buat lokasi wisata lain ya,kak Desi ...
      Ngga pasang tarif kuliner mahal di lokasi wisata 👍

      Hehehe ...
      Iya,foto gedungnya kuletakin dibawah biar kak Desi penasaran dan membaca seluruh artikelnya 😁

      Delete
    2. Sudah pasti sy baca seluruh artikelnya mas...maklum gemar membaca dan gemar penasaran..haha.

      Sayangnya kalau di Jawa Barat kuliner mahal2 jika di lokasi wisata, tidak seperti di Jawa Tengah yg murah2 ya

      Delete
    3. Hehehe 😁 ...
      Terimakasih kak Desi selalu membaca artikelku dari awal sampai selesai ⚘

      Iya ya kenapa kuliner di lokasi wisata Jawa Barat pasang tarif cukup tinggi begitu ...

      Dulu sewaktu aku kerja di Jakarta, beberapakali main ke daerah Lembang.
      Rata2 disana mematok harga mahal kulineran di lokasi wisatanya.
      Sayang sebenarnya hal itu diterapkan ... takutnya jadi mengurangi kunjungan traveller.

      Delete
  16. Baru ngeh kalau ini lokasi aadc2 setelah lihat atapnya, wah cool!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya,kak Dila gedung ini lokasi shooting aadc2 ...
      Adegan yang paling banyak diingat dan dibicarakan di sosmed ... saat mereka berdua di lantai teratas melihat kemunculan sunrise 😁

      ... Sunrise disini keren banget pemandangannya ... bola besar kemerahan perlahan muncul dari balik gunung dan sinar-sinarnya menembus perbukitan ....
      Keceeee !

      Delete
  17. Dari dulu sudah banyak baca tentang Gereja Ayam ini, tapi belum pernah sempat mampir ke sini. Mungkin memang harus dijadwalkan kalau lagi pulang kampung ke Solo ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kapan saat pulang kampung ke Solo lagi bikin jadwal travelling ke gereja ayam ini sekalian,kak Dyah ☺

      Delete
  18. hikks jadi sedih mas borobudur aja belum aku kunjungi eh muncul lagi tempat menarik lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ...cup...cup...cup... jangan sedih dan berlinang air mata, mas Kadir 😅

      Aku doain mas Rusdi segera kesampaian travelling ke candi terbesar di dunia itu.

      Juga sekalian travelling ke lokasi gedung unik ini ☺

      Delete
  19. Wow..keren yaah... aku belum berkunjung ke sini nih, jadi terima kasih sekali utk liputannya nan detil..jadi makin semangat utk ke sini nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali,kak Mechta ⚘
      Aku senang kak Mechta dan teman-teman membaca liputan artikelku ini


      Kudoain kak Mechta segera kesampaian travelling ke lokasi ini.

      Jangan lupa ntar saat travelling ke gereja ayam ini, mampir juga ke taman buddhist monastery yang kece buat foto-foto ☺

      Delete
  20. SUMPAH deh baru tau, gedung seperti ini bisa toleransi sama agama lain, kenapa kita gak bisa ya???
    Kalau aja masnya posting tulisan ini awal januari 2016 pas saya lagi liburan di Magelang, mungkin saya udah prnah ke sana kali ya wkwkwkw


    Oh iya, singgah bentar di blog saya ya mas ^^
    http://nheyta.blogspot.co.id/2018/03/cukup-sekali-saya-menderita-dua-kali.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkkwkkwkk 😃 ...
      Aku baru aktif jadi penulis blog baru tahun kemarin,kak.
      Jadi sebenarnya udah banyak lokasi wisata yang kudatangi tapi ngga kuulas di artikel karena file foto lokasi ada yang hilang dan kurang lengkap foto-fotonya.
      Ntar saat travelling ke Magelang lagi, mampir ke gedung unik ini, kak ....
      Jangan lupa 😉


      Slogan yang diusung pak Daniel selaku pendiri = rumah doa semua bangsa dan agama tanpa memandang agama apapun ... sungguh patut diacungi jempol 👍

      Dan patut jadi teladan buat kita semua ... pemeluk agama apapun wajib saling menghormati keyakinan pemeluk agama lain.
      Tanpa membeda-bedakan.


      Siap,kak Junita ...
      Aku pasti mampir balik ke blog nya kak Junita dan semua blog teman-teman yang mampir berkomentar di blog ku.

      Salam kenal ☺

      Delete
  21. Suka banget lorong bawah tanahnya! Berasa kayak lagi ngikutin Dan Brown waktu di Italia masuk-masuk ke bawah tanah kota Roma gitu.

    Bener deh, selalu amazed dengan bangunan yang terlihat dibuat dari tanah liat. Kan penampang dindingnya jadi gak rata, but it looks unique!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Great, kak Zahrah suka lihat lorong-lorong bawah tanah 😁👍
      Kebetulan dinding penampang di lorong bawah tanah ini ngga rata strukturnya ...
      Sengaja dibuat sealami mungkin tampilannya.

      Waah ...
      Aku yakin kalo dulu lorong bawah tanah ini belum dilengkapi lampu-lampu temaram seperti sekarang ini ... , cuma ngandelin penerangan senter buat masuk ke lorong-lorongnya .... pastiii kak Zahrar akan amazed bangeet masukinnya 😃 !

      Delete
  22. Wiiiih, ternyata dalemnya uda kece bgt ya. Sampai ini tempat sehits sekarang ku belum pernah ke sana. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,mas Aji sekarang bagian dalamnya makin kece tampilannya ... tiap lantai di bagian leher dindingnya dipenuhi lukisan mural kreatif.

      Ayok,kesini mas Aji 😉
      Berada di lantai teratasnya ... bakalan speechless lihat pemandangan 360 derajat, jempol banget 👍

      Delete
  23. itu arsiteknya kreatif bener ya mas bisa sampai kepikiran untuk membuat gereja berbentuk ayam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul,mas Ibrahim.
      Arsitektur gedungnya dibangun sama persis sesuai petunjuk dari Tuhan di mimpi pendiri dan pemilik bangunan.

      Ada satu cerita unik kepemilikan gedung ini ...
      Gedung berbentuk merpati ini 3 kali pernah dicoba dijual oleh pemiliknya, tapi transaksi penjualan gedung selalu gagal.
      Tuhan tetap berkehendak ... kepemilikan gedung tetap milik pak Daniel selaku yang diutus oleh Tuhan untuk mendirikan bangunan ini.

      Tak disangka,di kemudian hari gedung ini namanya mendunia ...

      Delete
  24. Pingin ke sini juga deh, kepalanya unik berbentuk ayam, apalagi pemandangannya cakeppp alamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gedung gereja ayam ini dimasukin di agenda travelling selanjutnya, kak Evrina, ya ...

      Aku doain kak Evrina segera kesampaian travelling lihat gedung unik ini dan lihat pemandangan kece dari lantai teratasnya ... ☺

      Delete
  25. Wah cakep nih...apalagi lorong bawah tanahnya (bagus buat photo prewed).

    Lebih kerennya, bisa liat candi Borobudur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuiih 😉 ...
      Lorong bawah tanahnya buat lokasi foto prewed ...
      Ide mantaap, mas Anton 👌

      Mungkin,
      Adegan foto prewednya seolah lagi lari berdua di sepanjang lorong, ya .. ☺

      Yups,mas.
      Candi Borobudur terlihat jelas dari lantai teratasnya ... keren banget

      Delete
  26. Kalau lihat penampakannya memang seperti burung merpati ya,
    Nggak yangka bagian dalamnya begitu unik dan lengkap
    dari Lampung? Kalau gitu dari daerahku tinggal dong
    alhamdulillah berdirinya di Magelang karena kampung halaman sang isteri
    lahkalau di bangun di LN?
    Bangunannya kan bisa jadi aset wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. O,iya kak ...
      Kak Maya berasal dari Lampung.
      Aku pernah 1 kali ke Lampung, pas nyebrang pakai fery ... kebetulan lautnya lagi pasang.
      Badan kapal goyang2 naik turun 😃

      Syukur ya,kak bangunan unik ini dibangun di Indonesia jadi kita semua bisa travelling kesana dan kepopulerannya di turis mancanegara ikut membawa nama Indonesia ke destinasi International 👍

      Delete
  27. Mantab sekali, akhirnya tercerahkan, sebenarnya tempat apa dan untuk apa. Dibangun oleh siapa. Jd dg informasi ini mencerahkan. Keberagaman dan perbedaan bukan halangan untuk memanjatkan doa kepada Yang Esa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih,mas ⚘
      Artikel saya tentang gereja ayam ini dinilai bisa mencerahkan semua pembaca.

      Setuju dan sependapat keberagaman dan perbedaan bukan suatu halangan untuk memanjatkan doa kepada Yang Mahakuasa 👍

      Delete
  28. Waaahhhh keren
    betul-betul kayak ayam ya bangunannyaa
    aku pikir namanya aja yang begitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁 hehehe ...
      Beneran kayak ayam,eh burung merpati ding, Aul

      Lokasi keren ini bisa jadi agenda travelling Aul selanjutnya, ... jangan lupa sekalian ke taman buddhist monastery 😉

      Delete
  29. ini ngehits gara2 AADC
    klo ke geraja Katolik/Ortodoks, aku suka banget malah sama ikon2nya
    kemarin sempat ke Gereja Ortodoks Yogya (GOY), takjub juga sama bangunannya
    tapi di gereja ayam ini yang paling asyik liat magelangd air ketinggian
    luar biasa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gereja Ortodoks di Yogyakarta itu yang dekat sama jalan setelah lintasan kereta api bukan ya, Ikrom ?.
      Dekat sama kios-kios pedagang bunga bukan ?.
      Aku jadi penasaran nih ...

      Yups, di masyarakat Indonesia gedung ini populer setelah digunain shooting aadc2.
      Tapi kalo di Magelang dan mancanegara gedung ini udah populer lebih dulu, jauh sebelum digunain shooting film itu.

      Delete
  30. Waaaa keyen kak namanya gereja ayam, aula bersamanya bagus ya, ada kafetaria jg. Jd yg kelaperan bs langsung ngopi diatas ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... iya,kak.
      Kalo mendadak kerasa laper abis ngelilingi gedung dan foto-foto disana bisa langsung ngafe sambil mantengin pemandangan keren 😁

      Delete
  31. Tempatnya unik sekali, tapi lumayan horor di bagian bawah tanahnya. Saya baru dengar ada tempat seperti ini di Magelang. Padahal banyak teman asli Magelang. Bisa jadi wishtrip nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good,lokasi ini jadi wishtrip travelling selanjutnya kak Aisyah dan keluarga saat ke Magelang nanti 👍

      Teman-teman kak Aisyah yang asli Magelang pasti tau gedung unik ini, mungkin mereka belum cerita ke kakak ☺

      Delete
  32. Luas banget berarti ya. Suka amaze sama bangunan-bangunan tua seperti ini. Kurang satu mas, pengen lihat porsi makanan yang murah2 diatas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,gedung ini berukuran besar banget dan luas areanya, Suga.
      Di foto sih kelihatannya kecil ukurannya, tapi aslinya gedeee ... 😁

      Hahaha 😃
      Waktu itu makananya udah kutelan duluan, lupa kufotoin ...
      Keburu laper soalnya 😁

      Delete
  33. Bangunannya sangat unik dan menarik, apakah sudah ada wisatawan mancanegara disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak turis mancanegara ke lokasi ini,kak.
      Beberapakali kesana aku ketemu sama turis mancanegara solo travelling dan rombongan.

      Kesini,kak
      Keren bangunannya 👍

      Delete
  34. Aku belum pernah kesini mas. Dulu tahu bangunan ini pas hunting sunrise di punthuk setumbu. Namun belum minat berkunjung ke sana. Sekarang juga belum berminat.

    Sekarang bangunannya dilengkapi dengan berbagai fasilitas yaa, jdi menghilangkan kesan menyeramkan pada bangunan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,lokasi gedung gereja ayam ini berada bersebelahan sedikit dengan punthuk setumbu,mas.
      Tapi, untuk ke lokasi ini menurutku lebih muda dari arah barat candi Borobudur, mas ...
      Kecuali memang penyuka trekking alam, sekalian melalui jalur perbukitan punthuk setumbu.

      Gimana kesan lihat sunrise di punthuk setumbu,mas ?.
      Keren ya ?

      Ayoo, kapan2 travelinglah ke gereja ayam ini,mas ...
      Bisa ngafe diatas sana sambil lihat pemandangan keren.

      Delete
  35. Ruang bawah tanahnya serem banget. Apalagi yang pas lorong lorong nya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga ada horor disana kok,kak 😁 ... paling-paling kaget bentaran kalo pas lewat lorong tau-tau ada orang yang mau keluar dari pintu ruang doa ...

      Hehehe

      Delete
  36. ♥ ♠ ♦ ♣ TAIPANPOKER ♥ ♠ ♦ ♣
    Menang Besar Dengan Bonus Melimpah .
    Hanya Bersama Kami taipanpoker .org
    NEW GAMES NEW LUCK
    Buruan Coba Hokimu Di Permainan Baru Kami
    ***BANDAR66***

    8 GAME POKER DALAM 1 AKUN :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - *NEW*Bandar66

    Nikmati Bonus-Bonus Melimpah Yang Bisa Anda Dapatkan Di
    Situs Kami taipanpoker .org Situs Resmi, Aman Dan
    Terpercaya ^^ Keunggulan TAIPANPOKER :
    - Rating Kemenangan Terbesar
    - Bonus TurnOver Atau Cashback 0.3% Di Bagikan Setiap 5
    Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan
    Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Proses Deposit / Withdraw Cepat
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain
    Di Seluruh Indonesia,
    - NO ADMIN l NO ROBOT 100% Player Vs Player

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Jadi Tunggu apa lagi ?
    Ambil Gadgetmu Dan Bergabung Berasama Kami
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami

    CONTACT US :
    BBM : D86F2BAD
    WA : +85587554605

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih visit dan infonya,kak.
      Semoga bermanfaat untuk pembaca yang membutuhkan.

      Delete
  37. Unik babang mas, semoga bisa main kesana hehe jadi inget Rangga deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin ... ,aku doakan agar kak Sandra bisa kesampaian travelling ke lokasi ini.

      Ntar kalo kesampaian ke lokasi ini, bikin foto-foto seru dilantai teratasnya, ya 😉

      Delete
  38. tempatnya istimewa sekali. pas untuk mengisi hari libur..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Travelling ke lokasi ini,kak.
      Keren banget lokasinya 👍

      Delete
  39. Kota Magelang Punya Pesona...
    Wajib masuk wishlish para traveller nich...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu,mas Wahab... 👌
      Magelang punya destinasi wisata kece-kece dan recommended buat wishlist para traveller

      Delete
  40. Ini yg tempat syuting aadc2 itu ya? Asyik ada kafetarianya jg... Pgn deh main ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,tepat 💯 ... hehehe
      Lokasi ini terutama di lantai teratas tempat adegan mereka menunggu kemunculan sunrise.

      Travelling ke lokasi ini,kak ☺
      Recommended buat dimasukin travellinglist liburan kak Nathalia

      Delete
  41. Wah gerejanya unik juga yah, bentuknya seperti ayam persis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya,mas gedung ini bentuknya unik dan menarik buat ditelusuri.

      Liburan ke lokasi ini,mas.
      Keren tempatnya ...

      Delete
  42. Itu anak tangga, aula, tempat berdoa, dan dinding di lantai bagian leher udah bagus dari dulu, apa baru baru ini mas? Isunya kan sempet nggak terawat dan mulai terkenal belum lama ini, tapi kok beberapa spot di foto, masih tampak bagus banget.

    Sayangnya, bagian luar masih belum diperbaiki ya? Mungkin kalau "dipoles" lagi, ini tempat bakal jadi lebih femes dan ramai pastinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepatnya bagian anak tangga,aula dan dinding dipermak jadi kece sebelum digunain buat lokasi shooting aadc2, Wisnu.
      Kalau bagian lorong bawah tanah direnov setelah shooting aadc2.
      Saat aku kesana yg ke 2 kalinya setelah digunain shooting film itu, lorong bawah tanah sedang dikerjakan renovnya.

      Yups,benar ...
      Seandainya bagian luar direnov sedikit (misal : dihilangin jamur yg nempel di dinding) tampilannya akan jadi lebih oke.

      Delete
  43. Mantap gan. Indonesia semakin terkenal hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sependapat 👍

      Dan ikut senang Indonesia punya banyak destinasi wisata unik dan diminati traveller mancanegara.

      Delete
  44. Wah baru tahu ada gereja bentuknya seperti ini hehe..Makasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama,kak Ida.
      Terimakasih juga udah visiting artikelku ini.

      Jalan-jalan ke lokasi ini,kak ☺

      Delete
  45. Wooooh, ini yang dibuat syuting aadc yaaa

    Hmm aku baru tau kalo nama aslinya gereja merpati
    Kalau dilihat-lihat, hmm lebih mirip merpati sih daripada ayam

    Juga aku baru tau kalo ada lorongnya

    Dan makanannya murah2 baaaangeeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betuuul ... hehehe 😁
      Nonton filmnya ya ?.
      Aku malah ngga nonton,jadi kayak apa tampilannya di film 😊

      Iya, aku ngelihatnya juga lebih mirip merpati dibandingin bentuk ayam ☺

      Jalan-jalan kesini, Rhos ...
      Ngga bikin kantong boros, tiketnya udah free singkong goreng dan menu2 lainnya murmer 😁

      Delete
  46. Sempet mau kesini beberapa waktu lalu sama temen2, tp gagal nih blm jadi.. Duuh, ku pengin makan singkong gorengnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaah,sayang ya,kak ... gagal ke gedung unik ini.

      Lain kali,travelling ke lokasi ini,kak.
      Pemandangannya dari lantai teratas kereeen banget ..., kayak lukisan.

      Yups,kak ... lumayan loh porsi singkong gorengnya 😁
      Enak pula

      Delete
  47. wah baru direnovasi lagi ya gereja ayam ini, dulu waktu kesana belum seperti ini bagusnya, dulu di dalamnya masih banyak core-coretan dan kumuh, wak jadi pengen lagi kesana lagi

    ReplyDelete
  48. Betul,Maschun...
    Dulu memang sempat ngga terawat dan banyak vandalisme seperti Maschun dan aku lihat.

    Sekarang...wow tampilannya.
    Tertata apik dan diberi banyak lighting.
    Keren dikunjungi ...

    Kesini lagi,mas ☺

    ReplyDelete
  49. Wow, baru tahu ada bangunan gereja yang begitu unik, pemandangannya pun keren, ya

    ReplyDelete
  50. ☺ Ya,kak Rani ... bangunannya sangat unik, diruangan dalamnya pun juga oke.
    Di lantai teratasnya ... wow banget pemandangannya.

    Main ke lokasi ini,kak.

    ReplyDelete
  51. aku kagum sekali dgn desain dri bangunan gereja merpati .. klo ada dana aku akan kesana untuk melihat secara langsung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin,aku doakan Rioz segera kesampaian travelling ke gereja merpati ini.

      Aku lihat Rioz punya bakat melukis, coba bangunan unik ini dilukis,ya ... he he he

      Delete
    2. amin... makasih gan jd ada ide pengen jdi traveler lukis melekuis indonesia pasti asik

      Delete
    3. Sama-sama, Rioz.

      Ayook jadi traveller sambil melukis tiap lokasi yang didatangi ... pasti tambah pinter ngelukisnya ntar ☺

      Delete
  52. Sayang jauh dari tempat tinggal ane, pp 4 jam kelar gak yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelar,mas.
      Meski kalo ngga bermalam kerasa capek juga karena total 8 jam pp.

      Semoga ya kesampaian ke lokasi ini,mas Kojek.

      Delete
  53. Kemarin waktu ke Jogja aku gak sempat kesini sih.
    Selain emang lumayan jauh kalo dari Jogja, kayaknya udah mainstream juga ya, wkwkwkw :P
    Tapi kira2 kalo sunrise atau sunsetan disini keren gak mas? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe bener,Hans 😁 ...
      Lokasi ini udah mainstream, populer.
      Dari Yogya ke lokasi ini kira-kira ditempuh sekitar 1 jam lebih dikit, Hans.


      Kalo lihat sunrise di lokasi ini aku belum pernah lihat langsung.
      Pastinya keren ya, Hans karena dipilih jadi lokasi film adegan lihat sunrise di aadc2.

      Kapan ke Yogya lagi,mampir berlibur kesini, Hans.

      Delete
  54. Wah, menarik juga sekarang udah rapih, dan ada penjual makanan juga. :)
    Belum pernah sih, jalan ke sana. Tapi menarik nih :) #TFS yaa, Himawan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih dan salam sukses juga, Murni ☺

      Kapan saat punya kesempatan waktu,liburan kesini, Murni.

      Kalo memungkinkan waktunya, lihat fenomena sunrise juga di lantai teratasnya (bagian mahkota burung merpati)

      Delete
  55. Tempat ini jadi momen terindah saya bersama teman-teman, artikelnya malah bikin saya sedih, karena semua album kenangan disini hilang bersama ponselnya :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut prihatin,mas.
      Semoga kejadian ngga ngenakin itu ngga terulang lagi.

      Kapan ada waktu buat liburan, main ke lokasi ini lagi,mas.
      Sekarang ineteriornya udah ditata lebih bagus lagi.

      Delete
  56. kita yang muslim boleh kesana nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang tertulis diatas, rumah peribadatan ini diperuntukkan untuk semua agama, slogannya aja "RUmah doa segala bangsa " mba manda, melihat gambarnya jadi inget film AADC :D mas hima jadi rangganya

      Delete
    2. @ Amanda Ratih =

      Sangat diperbolehkan, kak Amanda.
      Lokasi ini ngga mengkhususkan untuk dikunjungi oleh penganut agama tertentu saja.
      Dan terbukti saat aku kesana, terlihat beberapa pemeluk agama Islam sedang melakukan sholat.


      Ayook datang berlibur kesini,kak ...
      Apik banget bentuk gedung dan lokasinya buat foto-foto.

      Delete
    3. @ Harmansyah =

      Wuahahahahaaa .. 😂
      Mas Harman bisa ajaaaa ...
      Ntar Nicholas Saputra ngambek loh baca komentar mas Harman ... posisinya sebagai Rangga digeser sama aku 😅

      Benar seperti yang kucantumkan diatas dan penjelasan mas Harman ke kak Amanda Ratih kalau gedung berbentuk unik ini ngga mengkhususkan hanya boleh didatangi oleh agama tertentu saja, tapi untuk semua penganut agama apapun.
      Slogannya : Rumah Doa Segala Bangsa atau The House Of Prayer For All Nation.

      Delete
  57. ini Greja oikumene atau Katolik mas, pernah di Jogja dan mendaptakan cerita tentang gereja ini namun belum sempat ke sana. Mohon pencerahan ini gereja oikumene?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemilik gereja ini nasrani Kristen Protestan, mas Martin.
      Luar biasa ya pak Daniel benar-benar merealisasikan membangun gereja ini atas petunjuk dari Tuhan melalui mimpinya ..., harus diakui tak semua orang diberi wahyu seperti itu dan sanggup mendirikannya.
      Dan juga sesuai petunjuk dari Tuhan, bangunan ini dari awal difungsikan untuk semua kalangan agama.

      Kudoakan suatu saat nanti mas Martin kesampaian ke gereja ayam untuk melihat keunikan bangunan, berdoa dan berfoto di tiap area bangunan ...
      Jangan gemeteran kakinya yaa berdiri berada di puncak gedung (bagian mahkota) ... soalnya tinggi juga lokasinya 😅
      Candi Borobudur aja kliatan keciiil dari ketinggiannya.

      Delete
  58. Saya pernah berada persis di depan gereja ini, tapi tidak tahu kalau di dalamnya seindah dan unik seperti ini. sabang hari pasti de hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Looh .. kenapa mas Martin saat itu kok ngga masuk ke bagian dalam gereja ayam ini, kenapa mas ?.

      Apa saat kesana, area gedungnya bagian luarnya masih banyak ilalang jadi takut masuk ke area dalamnnyakah ?.

      Delete
  59. Anda merasa binggung mau cari Situs judi online yang terpercaya ???
    gabung & buktikan sendiri di Sahabatkartu
    Di Sahabatkartu memiliki promo bonus terbesar
    SILAKAN HUBUNGI KAMI DI :
    Livechat : www*Sahabatkartu*biz
    W.A : +85581734028
    PIN BB : 2BCDBEE2

    ReplyDelete
  60. mas him...ntu tempat kan boleh untuk smua pemeluk agama,trus apakah ada tempat2 khusus yang dah di pisah2in gt atawa hanya aula saja..trus mgkn lukisan2 dan ornamen cenderung ke agama tertentu atawa bijimane mas him

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilokasinya,terutama di bawah tanah terdapat ruangan kamar khusus disekat-sekat digunakan untuk sembahyang semua agam,mas.

      Lukisan dan ornamen yang ada disana tak mewakili agama tertentu, tapi mewakiki semua agama.
      Dan lukisan2 muralnya dilukis dengan apik tentang destinasi-destinasi wisata sekitar candi Borobudur, beberapa negara, kebudayaan daerah di Indonesia juga slogan anti narkoba.

      Bagus sekali lokasi ini,mas.
      Cocok untuk lokasi liburan edukasi seluruh keluarga.

      Delete
  61. ini gara2 film aadc kan..grejanya jadi banyak yg pingin kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heumm, tepatnya setelah film aadc2 tayang jadilah turis lokal jadi pada pengin datang kesini.

      Ayok kesini mas Riza, apik banget loh pemandangannya.

      Delete
  62. Saya sudah dua kali ke Gereja Ayam. Bangunanya unik dan viewnya emang keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan mas Arispun mengakui kalo bangunannya memanglah unik dan view dari atasnya ... keren banget 👍

      Delete