Monday, February 12, 2018

Watu Goyang : batu bergoyang tanpa terjatuh

Trip Of Mine

Bila travelling ingin melihat setengah lingkaran lebih pemandangan kota Yogyakarta dari suatu ketinggian dengan cara sedikit berbeda, sembari merasakan sensasi melewati jembatan bambu penghubung yang dipasang di sisi tebing bukit .... , atur jadwal dan datanglah berlibur di lokasi wisata alam bernama unik yang dipadu dengan spot wisata kekinian, Watu Goyang.

Trip Of Mine

Trip Of Mine


Titian jembatan bambu menempel di sisi tebing bukit dan tiang - tiangnya yang tertanam cukup tinggi dari dataran dibawahnya ini tak tampak dari bukit area depan lokasi wisata arah kedatangan.
Letaknya berada di bagian balik bukit.

Saat berada di puncak bukit yang terbilang tidak begitu luas areanya, setelah melewati jembatan bambu tak hanya pemandangan sebagian kota Yogyakarta saja yang terlihat, tapi juga terlihat pemandangan puncak bukit Merak tempat keberadaan lokasi Imogiri pemakaman raja - raja dan keluarga raja dari Kasultanan Mataram, serta pemandangan indah kali Opak, muara pantai Parangtritis juga gunung Merapi.

Namanya yang unik Watu ( Bahasa Jawa, watu = batu ) Goyang pasti membuat orang mengerenyitkan kening bagi yang pertamakali mendengar namanya atau juga bagi yang pertamakali melewati keberadaan depan lokasi, demikian juga aku.
Menebak dalam pikiran kira - kira apakah sebabnya bukit kecil di desa Mangunan ini dinamai Watu Goyang yang bisa diartikan sebagai batu bergoyang, ...
apakah memang benar ada batu yang sungguh dapat bergoyang disana ?.
Ternyata memang benar - benar ada !.

Keberadaan batu yang bisa bergoyang jika didorong atau digerakkan dengan kencang sekalipun tanpa bisa terjatuh dari posisinya itu, lokasinya ada di bagian puncak bukit.
Terdiri dari 3 susunan batu besar saling tumpang tindih dan batu posisi teratas adalah batu yang bisa bergoyang jika didorong ....
Batu akan bergoyang - goyang, seperti memiliki engsel didalamnya.
Unik juga, ya !.

Trip Of Mine
Inilah batu yang bisa bergoyang tanpa terjatuh, Watu Goyang

Pendakian ke puncak bukitnya tidak banyak menguras tenaga karena medannya tidak terjal, hanya saja cukup berhati - hati terutama dilalui saat musim penghujan karena undakan bukit terbuat dari susunan batu tanpa diplester untuk mempertahankan keaslian lahan bukit.

Trip Of Mine

Kalaupun dirasa kelelahan mendaki juga, bisa sejenak bersantai dan berfoto di lahan datar perkebunan bunga yang berada di sisi kanan dan kiri undakan.
Beragam tanaman hias tertata rapi ada disana, diantaranya tanaman bunga matahari.


Trip Of Mine
Perkebunan bunga berada di sisi kanan dan kiri undakan tangga

Mendekati puncak bukit, jalur pendakian terpisah oleh tebing batu besar menjadi 2 jalur alternatif, jalur mana terlebih dahulu yang akan ditempuh untuk menuju ke puncak bukit.

Trip Of Mine
Undakan tangga batu menuju puncak bukit

Jika ke arah jalur kiri akan langsung menuju ke lokasi batu unik berada, Watu Goyang.
Sedangkan ke arah jalur kanan akan melewati keberadaan lokasi Gubug Renungan dan Watu Lincip.

Trip Of Mine
Watu Lincip


Memilih ke arah jalur kanan menuju ke puncak bukit disinilah lokasi jembatan bambu penghubung yang dipasang di sisi tebing itu berada ....

Trip Of Mine
Jembatan bambu di sisi tebing

Seperti pada umumnya melewati jembatan bambu, susunan bambu akan sedikit bergoyang dan berbunyi saat dipijak.
Di jembatan bambu ini pun juga sama.
Mungkin, bagi penyuka tantangan seperti aku tak ada artinya dengan ketinggian pemandangan dari atas jembatan bambu ini, tapi tentu berbeda bagi para paranoid suatu ketinggian.
Pasti muncul rasa takut duluan sebelum memberanikan diri maju melangkah melanjutkan perjalanan.
Buat si penakut ketinggian tak ada salahnya sebelum melangkah di atas jembatan bambu menenangkan diri dan menghibur diri dulu dengan berfoto di spot papan pijakan kupu - kupu yang berada di dataran sebelah jembatan bambu.
Berfoto di spot papan pijakan kupu - kupu ini lansekap pemandangannya terlihat keren. Bukaan pemandangan luas deretan perbukitan dan awan jadi latar belakang obyek foto menarik disana.

" Kucoba juga,sih berfoto di tengah - tengah papan spot pijakan kupu - kupu, tapi ........... woaaaa ... aaa ..... , Kok papan pijakannya membal - membal kayak mau ambrol ? .... Jadinya aku cepet - cepet balik ke pinggir spot, takut terjatuh ..... hahahaha ! "
Trip Of Mine
Spot papan pijakan kupu-kupu

Setelah melewati lebih dari setengah badan jalan bambu penghubung, terdapat spot terbuka tempat lokasi memandang bentangan pemandangan dari sisi yang lebih luas.
Spot terbuka ini dilengkapi patung kijang terbuat dari kayu yang dapat digunakan sebagai pelengkap berfoto.

Trip Of Mine
Spot panggung
Ada patung kijang unik disana !


Tak jauh jarak dari spot terbuka dan kembali melewati sedikit jembatan bambu, sampailah di lokasi keberadaan Watu Goyang yang sekitarnya dilengkapi spot kayu bernama lokasi.

Trip Of Mine
Spot papan kayu artistik Watu Goyang

Dan juga dilengkapi spot berfoto kekinian unik lainnya  :

Trip Of Mine
Spot helikopter
Terbuat dari anyaman bambu, baling-balingnya muter beneran ..

Trip Of Mine
Pelataran taman Watu Goyang


Lokasi bukit Watu Goyang berada di pedukuhan Cempluk, Mangunan, Dlingo ini rutenya ditempuh sekitar 31 menit atau 13,4 kilometer dari kota Yogyakarta dan dipercaya dahulu kala merupakan lokasi napak tilas Sultan Agung atau Sultan Mataram III Prabu Hanyokrokusumo dalam menjalankan keperluan pencarian lokasi lahan yang tepat yang kelak digunakan untuk lokasi pemakaman raja - raja Mataram.
Untuk mengenang keberadaan lokasi sejarah napak tilas beliau dan untuk keperluan melestarikan kesenian budaya yang terdapat di pedukuhan Cempluk nama lokasi Watu Goyang dilengkapi dengan nama Desa Wisata Tapak Tilas Sultan Agung.


Lokasi :
Cempluk, Mangunan, Dlingo, Bantul

Tiket :
Rp. 2.000
( Harga Tiket sewaktu-waktu dapat berubah )

Jam operasional :
06.00 - 23.00
( Kunjungan di luar jam tersebut, termasuk kegiatan camping seijin pengelola terlebih dahulu )

Tips trip di Watu Goyang :

• Pergunakan sepatu atau alas kaki yang nyaman.
• Datanglah pagi hari jika ingin melihat dan berfoto di lokasi dengan latar belakang pemandangan alam sekitar dipenuhi kabut.
• Keberadaan lokasi menghadap ke arah barat dan cocok sebagai lokasi untuk melihat pemandangan matahari terbenam atau sunset.
• Lokasi berada di pinggir jalan dan tepat di tikungan tanjakan, waspadai lalu lintas sekitar baik untuk menuju dan sekembali dari lokasi.






31 comments:

  1. Wah ada Tempat wisata dataran tinggi yang unik dan bagus..
    Kini para wisataean bisa melihat pemandangan kota Yogyakarta dari atas ketinggian dengan menyusuri jembatan bambu yang panjang dan unik. Bila melewati jembatan bambu ini apakah dilengkapi dengan alat keamanan lalin mengingat tempatnya ada di tepi tebing tinggi yang cukup curam atau jembatan hanya dibatasi dengan pinggiran pagar pada sisi kanan kiri nya saja?
    Jembatan yang pijakannya bambu ini kalau diinjak akan berbunyi.. Sensasinya melewati jembatan di atas ketinggian ini bagaimana brader? Biasa-biasa saja kah? atau seperti uji nyali juga? Hehehe. .

    ReplyDelete
  2. Yups,bisa lihat luasnya kota Yogya dari ketinggian dg cara berbeda,melewati jembatan bambu.. :)
    Hanya pagar saja sbg pengaman jembatannya.
    Buatku lewati jembatan itu biasa saja, bagaimana kalo seandainya sista yg lewatin berani ngga kira2 :) ?

    ReplyDelete
  3. Lihar pemandangan kota Yogyakarta dari atas ketinggian puncak bukit seru ya brader?

    Jadi nggak ada alat pengaman lagi hanya pagar pembatas saja di sisi kanan dan kiri jembatan bambu...
    Oh bagi brader rasanya biasa-biasa aja melewati jembatan bambu.? Kalau aku pasti sudah merinding duluan... nggak akan.. mending aku pilih jalur satu lainnya aja untuk mencapai puncak bukit Hehehe..:)

    Btw... Setelah sampai di puncak bukit baru bisa menemukan watu goyang ya brader? Seperti ada engselnya ya di dalam batu sehingga bisa bergoyang. Penasaran goyangan batunya seperti apa brader? Bisa berrgoyang sendiri batu nya? goyangan batu yang bagaimana? Kok brader nggak ikut bergoyang juga? Kan seru? Hahahaha... :)


    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk .. aku ikut goyang kayak Watu Goyang ?. Ntar yg ada jadi duel goyang di lokasi :D

      Batu akan bergoyang jika didorong. Pergerakannya bergeser dari tempatnya bertengger, maju mundur seolah mau menggelinding.
      Stttt, tapi bukan ...maju mundur cantik yaa .. wkwwkkk !

      Aku dah nebak, sista pasti paranoid duluan setelah lihat foto kondisi jembatan ... xixixi

      Delete
  4. Iya kalau brader ikut goyang seperti Watu goyang... Ntar di puncak bukit terdapat Duel goyang ngebor dan ngecor... hahahaha.. Just Kidding..:)

    Ooh batu bergoyang bila didorng pengunjung? Dan kemudian batu pun bergerak maju mundur seperti mau menggelinding tapi nggak terjatuh ya?
    Iya tentu bukan seperti maju.. mundur.. cantik.. maju.. mundur .. cantik..?? Kayak kata-kata si Princess itu?Hehehe...

    Wkwkwkwk .. brader udah bisa nebak kan kalau aku pparanoid duluan lihat foto jembatan bambu yang tinggi dan posisinya di tepi tebing yang curan.. Kan terdapat 2 jalur ya? Pasti aku lebih memilih jalur lainnya yang bisa dilewati untuk menuju puncak bukit. Oh iya perjalaban menuju bukit sebelum terpisah menjadi 2 jalur...pada sisi kanan kiri terdapat perkebunan bunga ya? yaitu taman bunga matahari? Wah pasti indah ya? Apakah tempat ini yang sebelumnya yang pernah brader katakan akan travelling ke kebun bunga matahari? atau lokasi yang di maksud berbeda dengan lokasi yang ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa .. pilih jalur yang aman saja,ya?.Ngga apa2 kok melewati jembatan bambu ini,malah berkesan beda rasanya sambil melihat pemandangan dibawahnya.

      Bukan taman bunga matahari yg kumaksud wkt itu,sista.Kalo yg taman di lokasi ini terdiri dari campuran tanaman bunga selain bunga matahari.
      Kalo yg kumaksud itu khusus bunga matahari semua 1 kebun :)

      Delete
  5. Iya dong... kan harus pilih jalur yang benar aman dan nyaman? Hahaha.:)
    Iya sich.. kalau pilih jalur yang melewati jembatab bambu memang sensasi nya beda bisa melihat pemandangan apalagi yang pas di tepi tebing yang tinggi dan curam. tapi.. rasanya kok taruhannya nyawa juga ya? Hihihi... Ngga berani aku.. takut ntar bikin deg-degan lemas.. Kalau ntar antungan kan malah berbahaya?
    Hehehe .

    Ooh yang dimaksud brader bukan taman bunga di sini ya? Karena di tempat wisata Watu goyang ini terdapat campuran beraneka macam bunga.. Sedang yang dimaksud brader itu tempat wisata khusus kebun bunga matahari.. Wouw keren pasti kebun bunga nya.. Sudah pernah dikunjungi brader? Trus kapan diliput menjadi artikel blog? hehehe...

    Btw lokasi Spot-Spot untuk berfoto di wisata Watu Goyang ini bagus.. lucu dan Unik ya? Seperti Spot Rusa dan Spot Helipkoter... Hehehe..:)

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya phobia ketinggian sista bermula dari mana ya,atau bawaan ?.
    Hehehe .. iya,utk sampai di lokasi batu unik ini dpt dilalui tanpa melewati jembatan bambu tinggi.
    Sama2 oke viewnya :)
    Iya,nih belum sempat ke kebun bunga matahari,skr udah ada tambahan kebun lain yaitu kebun bunga chrisant yg ngga kalah oke.
    Iya ya kreatif juga spot selfie di Watu Goyang ini,terutama helikopter bambu. Lucu ..

    ReplyDelete
  7. Hehehe... Sebenarnya waktu kecil dulu aku berani-berani aja semasa sekolah sampai SMA aku nggak pernah takut dengan ketinggian..Tapi entah kenapa beranjak dewasa aku malah jadi takut akan ketinggian. Awal mula aku merasa phobia ketinggian itu aku naik wahana Tsunami di area wisata Jatim Park2 sekitar 3,5 tahun yang lalu.. Berada di atas ketunggian dan digoyang2 keras dengan kecepatan tinggi rasanya pusing dan takut terlempar jatuh.. Jantungku berdegup kencang.. Aku pikir ah pasti nanti hilang paniknya tapi lama kelamaan rasa panik itu nggak hilang malah aku semakin ketakutan luar biasa di atas ketinggian.. Aku pikir lama-lama bisa jantungan aku.. Turun dari wahana tsunami kakiku serasa lemas seperti oleng .. Saat itu aku berjanji terakhir kali aku naik wahana . Nggak akan mau lagi berada di atas ketinggian.. Jera.. kapok kwadrat.. Padahal semasa sekolah dan remaja aku nggak kapok naik wahana tinggi.. dan setelah dewasa sekian lama nggak naik terus mulai naik wahana lagi di atas ketinggian malah aku jadi ketakutan dan kapok.. Hehehe..:)
    Jadi sekarang kalau berada di atas ketinggian kepalaku mulai pusing harus cepat-cepat turun.. Jadi kalau boleh memilih.. Aku lebih memilih jalur yang aman menghindar ketinggian..

    Ooh jadi brader belum sempat travelling ke kebun bunga matahari? Malah sekarang ada tambahan kebun bunga chrisant..? Wah keren ya? Hehehe..
    Bagaimana dengan wisata di kebun buah brader? Misalnya wisata petik buah? Pasti seru..! Hehehe..

    Yang belum pernah ada itu adalah wisata panjat pohon pinang.. Hihihihi... Kayak acara lomba 17 agustusan aja ya? Hehehe..


    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkkwwk .. kapok kwadrat :D ?!.
      Huushh,kena phobia kok diketawain,loh ya!.Don'be angry,sista :)
      Oh,jd asal mula punya gejala phobia spt itu critanya.. semoga seiring waktu bisa hilang phobia ketinggian itu.
      Ada sih,di dkt rumah nenek buyutku ada wisata petik buah strawberry,ntar kpn2 akan kuulas,ya.
      Apaa wisata panjat pinang ?.
      Hahaha ... tapi unik juga kalo ada destinasi wisata spt itu ya.

      Delete
  8. Hahaha.. It's Okay.. I am not angry brader... Nggak apa-apa kenyataannya aku memang phobia ketianggian.. bila berada di atas ketinggian.. kepala ku jadi pusing.. dan kalau naik wahana jadi kapok kwadrat.. Hehehe..
    Iya makasih brader.. Semoga berangsur-angsur nabti phobiaku terhadap ketinggian bisa hilang...

    Ooh ada ya lokasi wisata petik buah strawberry dekar dengan tempat tinggal nenek buyut brader?. Siip .. Alrght..! Ntar aku tunggu ulasannya ya?

    Hihihi... Iya wisata panjat pinang.. Unik dan seru kan? ntar siapa aja peserta yang berhasil manjat sampai di atas bakal dapat banyak hadiah-hadiah menarik bagi peserta...
    Ntar nggak perlu ikutan manjat.. brader hanya cukup memotret dan meliput mengulas aktivitas memanjat pohon pinang tsb.. Pasti bakal menjadi liputan artikel yang menarik dan unik untuk dibaca oleh wisatawan dari luar.. Hehehe.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nuwun,udah ngga marah akibat aku ketawa baca penjelasan sista.Kumaklumin tiap orang berbeda tingkat fobia suatu ketinggian juga terhadap sesuatu hal.
      Mungkin sista punya ide membuat lokasi wisata khusus panjat pinang ?
      Hehehe ... ntar aku yang pertama diundang untuk meliput lokasi,ya

      Delete
  9. Iya sami-sami brader... Santai aja brader..Hehehe.. Aku nggak marah kok kalau ada orang yang tertawa gara-gara aku phobia terhadap ketinggian.. bahkan dibilang penakut pun aku nggak apa-apa karena emang kenyataannya demikian.. aku ini phobia dan penakut :)
    Makasih juga sudah maklum brader..

    Hehehe... Ide ku kalau ada suatu area yang penuh lumpur daripada dibiarkan begitu saja mendingan dimanfaatkan dibuka sebagai tempat wisata panjat pinang.. pohon pinang yg licin dilumuri minyak tsb membuat para peserta banyak yang melorot jatuh nggak berhasil sampai puncak pohon.. Peserta yang melorot jatuhnya ke dalam lumpur.. Hihihi... Yang berhasil sampai puncak disediakan hadiah menarik tiket wisata gratis.. Hehehe.. Tapi ada nggak ya pengelola yang mau mewujudkan ide nyentrik dan gila ini? Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good alternative idea also,sista ;) .. Semoga jadi masukan buat para pengelola.
      Benar,daripada terkena serangan jantungan dg permainan ketinggian lbh baik sista cukup cari amannya saja.

      Delete
  10. Hehehe... Thanks brader.. Itu hanya sekedar ide saja. Mungkin bisa dijadikan alternatif oleh pengelola tempat wisata...

    Iya benar daripada naik wahana tinggi ntar jadi bikin masalah mendingan nggak naik. Hehehe..
    Makasih brader supportnya..

    Oh ya.. Watu Bergoyang selain letaknya di puncak bukit juga lokasinya berdekatan dengan pegunungan ya brader?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami-sami,sista.
      Lokasi wisata satu ini berjarak cukup jauh dari pegunungan,meski kawasan Dlingo Bantul ini sendiri berada di dataran cukup tinggi,jadi berada di suatu ketinggian lokasi spt ini pemandangan di depan mata terlihat deretan beberapa pegunungan dan perbukitan.

      Delete
  11. Ooh lokasi wisata Watu Goyang yang berada di atas ketinggian di kawasan Dlingo Bantul ini berada cukup jauh ya dari pegunungan.. Dari atas bukit bisa terlihat deretan pegunungan.. Nice View..!

    Oh ya brader apakah nggak ingin lagi untuk travelling ke pegunungan Merapi? Ntar bisa diliput sebagai artikel di blog brader ini... Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,jauh ke 2 lokasi wisata ini,sista.
      Akses ke Tebing Breksi terbilang relatif lebih mudah ditempuh, meski tetap berhati2 oleh padatnya lalu-lintas di wilayah candi Prambanan.
      Ya, Tebing Breksi hampir berdekatan dengan candi Prambanan.

      Pasti suatu saat aku trip ke gunung Merapi,sista.
      Disana ada beberapa lokasi wisata,termasuk yang pengin kudatangi rumah penduduk yg terkena musibah letusan gunung Merapi yg sekarang dijadiin rumah display 'museum' & memajang perabotan yg terselamatkan.

      Delete
    2. Oh wisata Tebing Breksi berdekatan dengan candi Prambanan ya? Nice..

      Iya brader aku tunggu artikelnya tentang gunung Merapi..:)
      Wah pasti seru.. banyak cerita unik tentang rumah penduduk yang terkena ledakan gunung Merapi dan sekarang dijadikan display museum... jadi nggak sabar nunggu liputannya.. hehehe..:)

      Delete
  12. Bicara Jogja, timbul lagi kerinduan akan kota yang penuh kenangan ini, apalagi kalo melihatnya dari sudut ketinggian alam yang sejuk. Wisata Watu Goyang sekaligus dapat view kota Jogjakarta, semoga suatu saat bisa kesini.

    ReplyDelete
  13. Amin, ikut kudoakan agar mas Sunardi bisa segera terlaksana travelling ke Yogya lagi dan datang ke lokasi ini.

    Datang ke lokasi ini pas musim kemarau akan lebih keren view nya,mas ... tampak sangat jelas view setengah lingkaran lebih kota Yogyakarta.

    Juga pas sunset ... view nya jadi dramatis.
    Langit jadi hitam keoranyean 😎

    ReplyDelete
  14. Jadi batunya bisa digerakkan (walau nggak jatuh)? Kok malah seram ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, batu di bagian teratas beneran bisa digerakkan tanpa bisa terjatuh.
      Gerakannya maju mundur...
      Tapi pengunjung dilarang naik diatas batu itu .. hehehe.
      Serem ngelihatnya ya, Diah 😁 ?

      Delete
    2. wkwkwkwk saya aja serem mbak Dyah liatnya... Kak himawan hebat nihhh

      Delete
  15. wah aneh bin ajaib ini
    watu bisa bergoyang sendiri tanpa jatuh lagi, bagaimana mungkin
    pasti ada sesuatu dibalik semua ini kenapa bisa goyang dan tidak jatuh

    ReplyDelete
  16. 😁 Iya, kak ... ajaib dan aneh batu ini.
    Digoyang2 ngga pernah bisa terjatuh dari tempatnya.

    Aku juga penasaran,sebenarnya ada hal apa dibalik atau dibawah batu itu 🤔

    ReplyDelete
  17. hai kak,, nengok ke blog ini kakaknya lagi jalan2 lagi yaa xixiiixx,, itu ga takut kak jalan d jembtannyaa? Ngeliatnya kok serem tkt jatuh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga,kak Vika... ketemu lagi ☺

      Ngga takut kok,kak 😁
      Aku kan pemberani .... jiaaahhh .. 😉

      Padahal kalo jembatan bergoyang kencang, aku juga kabuuur ...
      Takut jatuh.
      Hahahaa 🤣

      Delete
  18. pemandangannya benar benar bagus banget tuh kak. jadi ingin deh pergi liburan ke watu gooyang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...selain pemandangannya bagus,melewati jembatan bambu di tepi tebing juga...seruu,kak 😁
      Apalagi pas ada angin agak besar, sensasinya bertambah 😉

      Delete