Tuesday, February 6, 2018

Fenomena Unik Kawah Sikidang

Trip Of Mine
Pemandangan unik dan memukau kawah Sikidang.

Kawah Sikidang adalah lubang kepundan vulkanik aktif.
Berada di dataran tinggi gunung api raksasa Dieng, kabupaten Banjarnegara dengan ketinggian 2000 mdpl dan bertemperatur 12-20° celcius saat di siang hari, sedangkan malam hari mencapai 6 - 10° celcius.
Lokasi tepatnya terletak di desa Dieng Kulon, kecamatan Batur.

Kawah Sikidang merupakan salah satu area kawah di Dieng yang aman dikunjungi dari ketiga kawah lainnya, yaitu : kawah Candradimuka, kawah Sileri dan kawah Sikendang karena kawah-kawah ini mengeluarkan gas senyawa, tidak berbahaya jika terhirup oleh pernafasan, tentunya dengan batas normal.

Trip Of Mine

Berbeda kondisi dengan 2 kawah lainnya yang berada di Dieng yang mengeluarkan gas beracun : kawah Sinila dan kawah Timbang yang berbahaya untuk dikunjungi.
Kedua kawah berbahaya ini terpisah jauh lokasinya dari lokasi wisata utama Dieng, sekitar 8 kilometer.
Jadi, jelajahi dan berliburlah di kawah Sikidang tanpa rasa khawatir.

Trip Of Mine
Perpaduan warna putih silver - tembaga dan hijaunya alam, memikat mata.

Kawah Sikidang dengan panorama alam unik dan spektakuler ini merupakan area kawah terbesar di Dieng dan merupakan perpaduan luasnya lahan berwarna putih silver - tembaga pengaruh kandungan warna sulfur dan menghijaunya alam dari kejauhan menandakan suburnya tanah di Dieng.

Keunikan yang dimiliki kawah Sikidang adalah lokasinya yang berbeda dengan lokasi kawah gunung aktif yang rata-rata berada di puncak gunung, kawah Sikidang ini lokasinya justru berada di dataran yang cukup datar sehingga memudahkan pengunjung melihat langsung kawah dari jarak dekat pergerakan kuat letupan-letupan lumpur vulkanik disertai bunyi menggelegak dan asap uap putih tebal mengandung belerang mengepul di udara dari permukaan kawah utama dan terkadang berputar mengitari tubuh, tanpa perlu mendaki di ketinggian gunung.
Sekeliling kawah utama berdiameter sekitar 35 meter diberi pagar pengaman terbuat dari bambu sebagai batas untuk menghindari pengunjung tercebur ke dalam kawah utama.

Trip Of Mine
Letupan lumpur vulkanik kawah utama.

Trip Of Mine
Tebalnya asap uap belerang kawah utama

Dan satu lagi keistimewaan kawah Sikidang yang tidak ditemui di kawah lain adalah lokasi kawah utama selalu berpindah-pindah lokasinya, tidak menetap.
Fenomena alam unik dan menakjubkan ini terjadi rata-rata sekali dalam kurun waktu 4 tahun.
Kolam kawah akan berpindah, terlihat seolah-olah melompat dari satu lokasi ke lokasi lain dalam satu kawasan yang luas.
Karena keunikannya inilah kawah dinamakan Sikidang ( Bahasa Jawa, Kidang = Kijang ) yang menggambarkan karakteristik seekor kijang yang senang melompat-lompat ...

Trip Of Mine
Kawah Sikidang negeri di atas awan.

Trip Of Mine
Puncak bukit kawah Sikidang.

Aroma kuat khas belerang mulai tercium dari lokasi jalan masuk area yang terdapat saluran pipa-pipa berukuran besar Pembangkit Listrik Tenaga Uap.
Memasuki kawasan kawah Sikidang terlihat beberapa lubang-lubang besar, sebagian masih mengeluarkan asap namun tidak begitu tebal dan ada pula lubang yang telah tidak aktif mengeluarkan asapnya.
Lubang-lubang tersebut merupakan kawah utama di masa lalu.
Selain itu, di kawasan juga terdapat kawah-kawah kecil yang diperkirakan akan menjadi lokasi kawah utama kelak, menggantikan lokasi kawah utama saat ini.

Trip Of Mine
Dimanakah kelak kawah utama akan muncul, menggantikan lokasi kawah utama saat ini ?.


Legenda kawah Sikidang

Pada masa lampau, di kawasan ini hidup seorang gadis cantik jelita bernama Shinta Dewi.
Berkat pesona kecantikannya, namanya dikenal hingga ke seluruh penjuru daerah dan membuat banyak pemuda jatuh hati padanya.
Namun sayangnya, persyaratan yang diajukan Shinta Dewi untuk dapat meminangnya membuat langkah mundur banyak pemuda dikarenakan Shinta Dewi mengajukan permintaan mas kawin yang besar untuk dapat menjadikannya sebagai seorang istri..

Hingga suatu saat, berita pesona kecantikan Shinta Dewi terdengar oleh seorang pangeran kaya raya bernama Kidang Garungan.
Meski pangeran Kidang Garungan kaya raya, namun sosoknya bukanlah layaknya sosok orang pada umumnya.
Sosoknya bertubuh manusia, namun kepalanya berwujud kijang. Maka pangeran ini dinamakan Kidang ( Bahasa Jawa, kidang = kijang ) .
Karena keinginan besar pangeran Kidang Garungan memiliki Shinta Dewi sebagai istrinya, ia pun segera mengutus pengawalnya untuk menyampaikan lamaran perkawinan dan menyerahkan mas kawin dalam jumlah yang sangat besar.
Melihat banyaknya jumlah mas kawin yang disampaikan oleh pengawal pangeran Kidang Garungan, seperti yang diharapkan oleh Shinta Dewi selama ini, lamaran itu diterimanya.

Beberapa waktu berselang setelah penyerahan mas kawin berlangsung, betapa terkejutnya Shinta Dewi melihat pertama kalinya sosok pangeran Kidang Garungan.
Sosok pangeran tak seperti yang ada di dalam benaknya, pastilah seseorang bergelar pangeran pasti kaya raya dan berwajah tampan rupawan.
Namun apa daya, mas kawin telah ia terima dan hari pernikahan akan segera ditetapkan.
Gadis cantik ini pun akhirnya mencari akal untuk memusnahkan pangeran ...

Shinta Dewi mengajukan persyaratan tambahan yang harus dilaksanakan oleh pangeran Kidang Garungan sendiri, tanpa bantuan oleh siapapun untuk membuat sebuah sumur besar dengan alasan warga desanya seringkali mengalami kesulitan mendapatkan air.
Permintaan itu harus diselesaikan dalam satu hari.

Pangeran Kidang Garungan menyanggupi permintaan tersebut.
Dengan tangkas, pangeran kaya raya itu menggali tanah menggunakan tangannya dan sesekali mempergunakan tanduknya.
Tak sampai lama, lubang sumur itu mulai terlihat dalam dan pangeran tetap melanjutkan menggali tanah sebelum tanah galian mengeluarkan air.
Melihat ketangkasan itu, Shinta Dewi panik dan khawatir jika pangeran Kidang Garungan berhasil menyelesaikan permintaannya, maka ia bergegas berlari menemui warga desa dan meminta seluruh warga untuk segera menimbun sumur itu, sementara pangeran Kidang Garungan masih berada di dalamnya.
Akhirnya, pangeran malang itu terkubur hidup-hidup ...

Amarah besar pangeran Kidang Garungan itulah akhirnya menciptakan kawah Sikidang sekarang ini.
Letupan-letupan kawah dipercaya warga sebagai pertanda amarah dan lokasi kawah berpindah-pindah menunjukkan karakter sifat kijang yang memang senang melompat-lompat.


Trip seru yang bisa dilakukan di kawah Sikidang 

• Trekking

Trip Of Mine

Jelajahi seluruh area dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak dan lokasi bebatuan kawah.
Tak perlu khawatir kelelahan karena keseluruhan lokasi terbilang tidak begitu mendaki untuk dilalui, namun tetap perhatikan batas keamanan area yang ditetapkan pengelola.

• Bersepeda, ATV atau motorcross

Pilihan jelajahi area area selain trekking, bisa menjajal 3 pilihan transportasi yang disediakan pengelola.
Sepedaan, bermobil ATV atau naik motor traill dengan motorcross layaknya seorang pembalap.
Tentukan warna kesukaan dan jelajahi area eksotisnya.

• Berkuda

Jika ingin mencoba merasakan sensasi mengelilingi area selain trekking dan menggunakan alat transportasi, pilihlah sarana kuda tunggang.
Saat berkuda kalian akan didampingi joki sebagai penunjuk jalannya.

• Merebus telur di kawah

Belilah telur dan kail bambu pengait yang banyak disediakan di kios pedagang dan jajallah sensasi merebus telur sendiri yang kalian beli ke dalam kubangan kawah panas.
Tak ada 5 menit, telur akan matang sempurna.
Cara merebus telur ke dalam kawah dengan cara membungkus telur dengan kantong plastik, lalu kaitkan kantong plastik tersebut ke kail bambu dengan tali.
Lokasi kawah untuk merebus telur ini bukan berada di lokasi kawah utama, namun berada di sebuah kawah kecil, terletak di belakang deretan kios pedagang.

• Berfoto

Trip Of Mine
Spot alat angkut tambang belerang.

Liburan tak berfoto, tak seru.
Dan tak lengkap rasanya.
Benar,bukan ?.

Keseluruhan lokasi kawasan kawah ini sangat memukau disertai adanya latar belakang asap kawah putih tebal jadi obyek foto memikat.
Nah, yang kelupaan membawa kamera atau saat kehabisan baterai kamera atau smartphone bisa menyewa jasa fotografer di lokasi dan hasil foto akan jadi seketika dengan ukuran yang dapat dipilih.
Sebagai pelengkap foto, keberadaan burung hantu jinak bisa jadi obyek tambahan foto menarik disana.

Trip Of Mine
Spot selfie kekinian juga ada di lokasi kawah Sikidang.

• Kuliner

Tersedia beragam olahan hasil utama petani Dieng, kentang dan beragam olahan buah khas Dieng, Carica dan akar tanaman ginseng Jawa, Purwoceng untuk stamina tubuh.

• Belanja

Trip Of Mine
Salah satu kios pedagang cinderamata di lokasi.

Beragam ukuran bongkahan padat belerang dan kemasan serbuk belerang yang berasal dari kawah Sikidang bisa jadi pilihan belanja menarik dan unik.
Kandungan belerang berfungsi mengobati beragam sakit kulit.
Selain belerang, pedagang juga menyediakan tanaman hias dalam pot, ragam pakaian dan atribut pelengkapnya bertuliskan wisata Dieng.



Trip Of Mine
Dieng ~ Kawah Sikidang.



Lokasi :
Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara.

Tiket :
Rp. 15.000 / Berikut 1 tiket paket dengan kompleks candi Arjuna.
[ Info harga tiket sewaktu - waktu dapat berubah ]

Jam operasional :
07.00 - 16.00

Tips trip di kawah Sikidang :

• Persiapkan fungsi kendaraan dengan baik.
• Gunakanlah baju tebal atau jaket untuk mengurangi udara dingin, jika dirasa perlu gunakan kupluk, syal dan sarung tangan.
• Gunakanlah alas kaki yang nyaman tertutup rapat.
• Persiapkan jas hujan atau payung, sewaktu-waktu dapat terjadi turun hujan.
• Jika perlu pergunakan masker untuk mengurangi kadar belerang masuk pernafasan.
• Persiapkan kamera dan smartphone kalian dengan baik, banyak obyek menarik di lokasi.

86 comments:

  1. Kali ini trip travelling brader ke kawah.. :)
    Ooh ternyata pegunungan Dieng ini memiliki beberapa kawah yang terbagi atas kawah yang berbahaya dan yang tidak berbahaya yaitu kawah mengeluarkan senyawa yang tidak berbahaya bila terhirup oleh nafas...
    Dan ada 4 kawah Dieng yang nggak berbahaya dan aman untuk dikunjungi seperti :
    Kawah Candradimuka, kawah Sileri, kawah Sikendang dan kawah Sikidang..

    Oouw.. berada di lereng pegunungan Dieng siang aja suhunya 6-10°C ?? Bisa dibayangkan cuacanya yang dingin banget.

    Ooh di area sekitae kawah Sikidang ini terdapat panorama alam yang unik dan indah ya brader? karena tampak perpaduan warna alami alam yang bisa ditemui di sini..
    Iya aku lihat foto selain ada pasir putih ada juga pasir dengan warna tembaga.. Unik..

    Jujur baru kali ini tahu aku kalau ada area kawah pegunungan tapi lokasinya nggak berada di puncak gunung.. melainkan kawah lokasinya berada pada dataran pegunungan yang datar.. Cukup unik ya kawah Sikidang ini? Sehingga bisa diperkirakan medannya tidak sulit untuk dijangkau ya brader?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum aku menjawab pertanyaan komentar sista Fidy,aku mau bilang kalau keseluruhan area lokasi ini ..... Spektakuler pemandangan alamnya,super keren !.
      Terutama di lokasi aku berfoto yang kujadiin foto profil artikel ini,terlihat eksotis dan mistis dengan latar belakang asap dan kabut pekatnya.

      Udara di lokasi ini dingin banget,sista.
      Sewaktu aku sampai di Dieng nyaris hujan terus,cuaca cerah cuma sebentar.
      Meliput lokasi dan pemotretan ini sambil hujan2an ... tambah jadi dingin.
      Kulihat temperatur 13° celcius saat itu.

      Diantara sejumlah keunikan yang ada di lokasi,salah satunya letak lokasi yang berada di dataran yang rendah, tidak di puncak gunung seperti pada umumnya keberadaan kawah.

      Di dekat kawah utama,saat itu asap uap semakin tebal pekat ... bahkan ada jalan setapak pinggir kawah sama sekali tidak terlihat, seakan tak berujung.
      Saat pemotretan berkali2 asap tebal mengitari tubuhku ....
      Benar2 eksotis !

      Delete
  2. Ouw..?? Seluruh area lokasi kawah di pegunungan Dieng ini pemandangan alamnya super keren dan Spektakuler..?? Wouw. Great..! Really Amazing..! jadi kalau melakukan travelling ke kawah Sikidang ini.. para traveller seperti mendapatkan bonus ya brader? bonus panorama alam yang Spektakuler dan keren banget.. Hehehe...:)

    Dengan temperatur 13°C itu apa brader nggak merasa menggiggil kedinginan di siang hari di area kawah pegunungan Dieng tsb? Apa cuaca yang dingin banget tsb nggak mengganggu aktivitas travelling brader?

    Ouw lokasi area yang dijadikan foto profil brader ini dengan latar belakang kawah dengan asap dan kabut tebal nampak kesan eksotis dan mistis... Kenapa kok ada kesan mistisnya juga brader? Hehehe..:)

    Ooh kawah Sikidang ini ternyata memiliki sejumlah keunikan ya? di antaranya lokasi kawah yang terletak di dataran rendah bukan di puncak gunung... Suatu kelebihan yang benar-benar unik... dan dengan dataran rendah tsb medannya juga nggak sulit untuk dijangkau ya brader?

    Wah semakin dekat ke lokasi kawah.. Kabut semakin pekat ya sehingga jalan setapak dekat kawah pun sampai nggak terlihat..??
    Ouw.. Saat pemotretan tubuh brader berulang-ulang dikelilingi asap tebal..?? Wouw..That's Cool.. Really Eksotis..! dan bagaimana seperti apa sensasi rasanya brader? campur aduk ya? dekat asap dan kabut tebal seakan - akan berada di dunia yang berbeda ya brader? Hehehe..

    Oh iya seperti diinfokan di atas.. Terdapat fenomena alam yang terjadi 4 tahun sekali pada Kawah Sikidang... yaitu kolam kawah akan berpindah-pindah seolah-olah kolam kawah melompat dari satu ke lokasi yang lain.. Wah benar-benar fenomena alam yang sangat unik dan menarik..



    ReplyDelete
    Replies
    1. Jempol banget keseluruhan pemandangan alamnya,sista.
      Seperti lukisan.
      Terkesan mistis/misterius lokasi foto aku di profil artikel ini karena luasnya area dan berwarna dominan putih silver disertai gabungan asap uap dan kabut ....
      Luas banget areanya,tampak seperti hamparan gurun pasir disana.
      Itu adalah lokasi kawah utama masa lalu.

      Dingin banget udaranya,sista.
      Begitu sampai di depan lokasi ini turun hujan besar,jadinya berteduh di pos penjaga berjam-jam sambil tutupan rapat pakai jaket,kupluk dan kaos kaki.
      Beruntung petugas parkir yang ikut berteduh membuat perapian dari tungku,jadi ruangan terbuka itu terbantu ngurangi udara dingin.
      Jadi umum pemandangan disana,saat siang hari penduduknya berselimutkan sarung di badan.


      Sensasi berada di dekat kawah utama dan sesekali tubuh diputari asap uap kawah ... woow banget rasanya.
      Antara speechless,kagum dan ketar-ketir ... hehehe ....
      Saat berfoto dekat kawah utama ada fotoku memakai kacamata hitam ... dan tau2 asap uap ngitari tubuh seakan aku lenyap,badan ngga kliatan terbungkus asap uap.
      Dan asap uap memenuhi kacamata bagian dalam, alhasil aku gelagapan karena asap uap masuk juga ke hidung ..

      Yups, satu keistimewaan yang tidak diketemui di kawah lain ... kawah Sikidang ini lokasinya ngga berada di puncak gunung dan kawah utamanya bisa berpindah-pindah lokasi.
      Siklus unik ini terjadi rata-rata per 4 tahun sekali.
      Menakjubkan ya !.

      Yang jadi pertanyaan, kalau ... sewaktu-waktu terjadi kawah utama berpindah lokasi tanpa diketahui kemunculan lokasi kawah utama baru dimana .....
      Tau-tau mendadak lokasi kawah utama saat ini tidak aktif dan tau-tau berpindah di lokasi dekat kios-kios pedagang pada saat banyak pengunjung bagaimana jadinya,ya ?.

      Delete
  3. Wuih Jempol banget ya panorama alam kawah Sikidang ini.. Wonderful place..! Pemandangan alamnya mirip lukisan hidup? Wouw... Menakjubkan banget..!
    Oouw.. Suasana alamm kawah Sukidang ini berkesan mistis / misterius xkarena area sekitar kawah yang sangat luas dengan dominan warna putih mirip sebuah gurun pasir yang diliputi uap asap dan kabut tebal di mana-mana.. Iya juga ya suasana alamnya jadi agak terkesan misterius dan dingin..

    Ooh . jadi sewaktu brader tiba di lokasi.. hujan besar turun? dan akhirnya berteduh di pos penjaga.. Untung ya petugas yang ikut berteduh membuat perapian.. Sehingga bisa mengatasi cuaca yang sangat dingin waktu hujan turun. Wah.. aku bisa bayangin bagaimana kalau nggak ada perapian?? tubuh pasti akan menggigil kedinginan berjam-jam..

    Ooh.. saat berada di kawah utama dan pas brader dikelilingi asap dan kabut pekat tebal itu.. sensasi rasanya yaitu antara kagum speechless dan perasaan ketar-ketir..?? jadi campur-campur ya kalau begitu sensasi rasanya.. Hehehe..:)

    Oh saat berfoto di kawah utama tiba-tiba tubuh brader dikelilingi uap asap tebal sampai terhirup.dan nggak kelihatan apa-apa seakan-akan tubuh brader lenyap hilang tertutup uap asap tebal.. Mungkin seolah-olah uap asap tebal itu mengucapkan "Selamat datang di kawah utama" Wuih rada serem juga ya? Hehehe..

    Keistimewaan yang dimiliki kawah Sikidang ini adalah fenomena alam.luar biasa yang terjadi 4 tahun sekali.. di mana kawah utama berpindah-pindah lokasinya.. Sangat unik dan menakjubkan.. Really Amazing..!

    Uya benar juga ya.. kakau sewaktu-waktu kawah utama karena sudah nggak aktif lagi lantas berpindah-pindah dan nggsk bisa ditebak di lokasi sebelah mana yang akan jadi kawah utama sekanjutnya..
    Dan apabila tiba-tiba muncul kawah utama aktif di sekitar lokasi area dekat kios-kios pedagang pada saat ramainya banyaknya pengunjung... Wouw.. apa yang bakal akan terjadi.?? Sudah pasti kondisi suasana di lokasi akan sangat heboh dengan kepanikan oengunjung yang berhamburan lari ketakutan.. mirip seperto dalam sebuah film..! Tapi kalau bisa jangan samoai dech kejadian seperti itu..
    Karena bila terjadi muncul kawah aktif di lokasi tengah-tengah keramaian pengunjung.. bisa dipastikan akan menimbulkan koraban..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar,terkesan misterius lokasi tempat aku berfoto jadi foto profil artikel ini.
      Secara kebetulan saat berfoto situasi masih turun hujan ngga gitu besar jadi lokasi terlihat tak ada siapapun disana.

      Yang paling kerasa ngilu kalo kedinginan aku di bagian kuping,sista.
      Nggigil ...
      Bicara saja keluar uap tebal dari mulut, gitu juga mengeluarkan nafas dari hidung.
      Minuman panas yang dipesan dan diminum terasa ngga panas,cuma anget .... padahal jelas2 permukaan gelas berasap tanda panas airnya.

      Wkwkwwk ...
      Bisa jadi benar ya asap uap belerang ngiteri tubuh dan bikin aku seakan lenyap dalam asap itu ... ngajak kenalan dan ngucapin selamat datang brother Hino .... :D !

      Letupan2 hebat lumpur dalam kawah utama suaranya kenceng,sista.
      Sesekali berdesis bunyinya.
      Kita bisa lihat dari jarak sangat dekat,tapi jangan sesekali berani memasuki batas pagar pengaman .... bisa2 tanah yang dipijak langsung amblas dan menyeret tubuh masuk ke dalam kawah panas itu.

      Iya,semoga kemunculan lokasi kawah utama baru sudah ada prediksi tepat dimana lokasinya akan muncul, jadi tidak sampai ada korban.
      Mungkin team vulkanologi bisa dengan tepat menentukan lokasi baru kawah utama akan muncul dimana menggantikan kawah utama saat ini.

      Delete
  4. Iya dalam foto profil brader.. pada area sekitar kawah suasna alam yang diminan putih terkesan misterius.

    Ooh pas cuaca sangat dingin saat itu yang paling terasa menggigil itu di bagian kuping..?? Lho Kenapa kok demikian? Biasanya kan tubuh yang menggigil brader?
    Saking dinginnya cuaca sampai saat mengeluarkan nafas dan saat bicara keluar asap dari mulut..?? Wouw..! Really Cool weather..! Jadi sedikit mirip seperti musim dingin.. Snow winter di luar negeri ya? hanya bedanya pada waktu itu nggak ada salju.. Hehehe..:)

    Iya Kepulan asap tebal yang mengelilingi tubuh brader.. Seakan seperti suatu sambutan yang mengucapkan "Welcome brother Hino to my world" dan
    Hehehe..:)

    Ouw letupan-letupan lumpur panas dalam kawah suaranya terdengar kencang...? Wuih serem ya bayangin suhu lumpur yang sangat panas meletup-letup..
    Jadi agak kontras ya iklim cuaca di sekitar area kawah suhunya dingin... tapi area kawah suhunya panas.. Unik ya brader?
    Ouw.. bisa melihat langsung dari jarak dekat letupan lumpur panas dalam kawah tapi dilarang melewati batas pagar pengaman.. Skalau nggak ingin terseret masuk ke dalam kawah . Ngeri juga ya.? Tetap wajib berhati-hati bila berada dekat dengan area kawah..

    Selain itu ada beberapa fasilitas transportasi menarik yang ditawarkan bagi wisatawan yaitu : berkendara ATV, motorcross,dan berkuda untuk mengelilingi lokasi area pegunungan Dieng..

    Iya kita berharap nanti sebelum muncul kawah utama baru sudah ada pemberitahuan berupa prediksi dari pihak tim vulkanologi dan BMKG sebelymnya kepada masyarakat.. dan semoga prediksi kemunculan kawah aktif baru tepat sehingga nggak sampai ada korban..




    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ... tubuh memang menggigil,sista. Tapi paling kerasa dingin dibagian kuping.
      Asap keluar dari mulut & hidung terlihat tebal,terlihat mengepul.
      Jadi,saat bicara uap keluar dari mulut kita ... kayak winter season,ya.

      Suhu kontras di dekat kawah utama,sista.
      Panas sekitar kawah utama bisa mencapai 80-90° & uap yang mengelilingi tubuh kerasa panas tapi beruntung saat itu dibarengi hujan,jadi kerasa anget dibadan.
      Beberapakali lensa kamera dan kacamata di lap dari air uap yang menempel.
      Ngga bisa bayangin kalo sampai ada yang terperosok masuk ke dalam kawah panas meletup2 akibat ngga mentaati peraturan nekad menerobos batas pagar pengaman ... , sereeem !.

      Yups,lokasi wisata alam ini dilengkapi sarana tambahan dan spot selfie kekinian agar makin variatif.

      Betul,
      Lokasi kemunculan lokasi kawah baru sebelumnya bisa diprediksi dengan tepat akurat agar jauh2 hari sudah bisa diketemukan lokasi kawah utama pengganti.

      Delete
  5. Ooh.. Jadi badan juga terasa menggigil ya? Tapi yang paling hebat dinginnya terasa di bagian kuping ya? mungkin brader harus pakai penutup kuping saat suhu dingin seperti itu..

    Iya bila saat bicara.. asap tebal keluar dari mulut dan hidung.. Saking dinginnya jadi seperti winter season di luar negeri..

    Wouw.. panas sekitar kawah dengan suhu 80°C - 90°C ? hingga asap uap tebal yang mengelilingi tubuh pun terasa agak panas untung dibarengi hujan ya jadi terasa hangat...
    Coba kalau misalnya nggak turun hujan.. Uap asap tebal kawah akan terasa semakin panas..

    Bila ada pengunjung yang nggak mentaati melanggar peraturan dan kemudian terperosok masuk sampai ke kawah.. Wah ngeri..! serem.. ! Jangan sampai terjadi seperti itu..

    Lokasi wisata kawah Sikidang ini panorama alamnya spektakuler.. Tetapi tetap harus berhati-hati bila mendekati kawah.. Tetap wajib mentaati peraturan dengan tidak melewati batas pagar pengaman.. Untuk keselamatan pengunjung juga..:)

    Oh iya waktu itu brader juga mencoba merebus telur di kawah? Coba kalau ada fasilitas pemanggang untuk ayam ikan dan daging di kawah.. tentunya sebelumnya pengunjung diharuskan membeli dulu.. di kios depan misalnya... Wah pasti seru tuch..!! bisa jadi pesta bakar ayam bakar ikan.. Hehehe...:)

    Iya benar semoga saja jauh-jauh hari kemunculan kawah aktif baru bisa diprediksi yang tepat dan akurat dari pihak vulkanologi dan BMKG.. sehingga membantu kelancaran tempat wisata di area sekitar kawah.. Agar traveller / wisatawan tetap merasa aman dan nyaman berkunjung ke lokasi sekitar kawah Sikidang pegunungan Dieng ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah pakai kupluk juga buat nutup kuping,sista.
      Tetep aja dingiiin banget udaranya, terutama saat hujan turun seperti waktu itu.
      Jadi pengalaman unik berada di sana .. uap tebal keluar dari mulut saat bicara .. hehehe.
      Pernah sih punya pengalaman mulut beruap saat bicara, pengalaman itu di desa nenek buyutku sana tapi ngga setebal di Dieng ini keadaannya.

      Betul, pengunjung harus patuh mentaati peraturan berada di kawah bumi ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi.

      Pemanggang daging di lokasi ?.
      Maksudnya sista, fasilitas tambahan pemanggang buatan untuk memanggang daging di lokasi ?.
      Tentunya dilarang kegiatan itu di area lokasi,sista ...... tidak diperbolehkan.
      Karena merokok saja tidak diperbolehkan, terutama di dekat kawah utama dan kawah-kawah kecil di kawasannya ... api dapat dengan cepat menyulut gas kawah menjadi menyala dan terjadi ledakan kebakaran.

      Delete
  6. Ooh. Sudah pakai kupluk sekaligus juga bisa sebagai penurup kuping.. Tapi nggak menpan ya? tetap kuping masih merasa menggigil kedinginan.. Terlebih saat hujan turun cuaca menjadi sangat dingin di pegunungan Dieng..

    Meski kedinginan demikian tapi brader jadi mempunyai suatu pengalaman unik yaitu pas berbicara.. Uap tebal keluar dari mulut.. Great Experience..! Dan pengalaman uap asap keluar dari mulut saat berbicara ternyata juga pernah dialami brader saat berada di desa nenek buyut dulu... Dingin banget kalau begitu ya desa nya nenek brader?

    Hehehe... tenang brader.. benar pemanggang.. Tapi maksudku bukan alat pemanggang daging yang dilengkapi bahan bakar .. No.! Bukan seperti itu.. Maksudku itu adalah alat pemanggang sederhana yang bahannya terbuat dari kawat.. Itu lho pemanggang kawat yang bisa dibuat untuk menjepit ikan atau ayam bakar. Jadi nggak menggunakan bahan bakar apa pun.. Kan di atas ditulis pengunjung bisa merebus telur mentah menjadi matang dengan menggunakan kail dari bambu di atas kawah kecil dekat kios..
    Apakah hal yang sama bisa dipraktekan selain telur misalnya dengan daging atau ayam? tapi bukan menggunakan kail bambu tapi pemanggang kawat terus dipegang diletakan di atas kawah kecil seperti telur.. Apakah bisa brade?
    Hehehe... Kayak orang yang lagi berkemah aja mau bakar ini itu .. Tapi bedanya di kawah ino nggak menggunakan bahan bakar apapun.. Hanya mengandalkan suhu panas dari kawah kecil..


    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,sista di desa nenek buyutku seringkali berudara dingin,terutama mulai sore hari.
      Aku masih ingat dulu kami sering mengelilingi tungku perapian dari tanah buat ngurangi udara yang dingin.

      Mungkin kalau ayam atau udang rebus bisa,sista ... hehehe ...
      Tapi kalau pemanggang sepertinya tidak bisa dipraktekan di kawasan kawah karena pemanggang memerlukan api untuk menyalakan perapian untuk memanggang.
      Yang ditakutkan sumber api akan menyulut ledakan dan kebakaran karena kawasan dipenuhi gas kawah.
      Hehehe ... iya bener kayak mau kemping,ya..
      Seru juga sebenarnya jika kondisi kawah memungkinkan untuk itu.

      Delete
  7. Ooh di desa nenek buyut brader bila sore tiba mulai perubahan cuaca menjadi dingin..
    Ouw sampai menyalakan tungku perapian.. itu berarti udaranya sangat dingin..
    Apakah desa tempat nenek buyut brader itu lokasinya terletak pada dataran tinggi? yang sama dengan dataran tinggi di pegunungan..? Apakah sampai saat ini iklim cuaca di sana masih sama sedingin seperti dulu brader? Tiap hari bakalan seperti winter season ya brader? Hehehe..:)

    Ooh. begitu ya? Jadi alat pemanggang nggak bisa dipraktekan untuk memanggang di kawasan kawah? Maksudku begini brader.. Cara memanggang tapi tanpa perapian.. tanpa bahan bakar apapun.. hanya alat pemanggang kawat sederhana yang terdiri dari 2 sisi atas dan bawah berbahan kawat..
    Tanpa bahan bakar.. dan tanpa api.. Caranya begini.. ambil ayam / daging kemudian letakkan di antara 2 sisi alat pemanggan kawat sederhana.. Lantas ayam / daging itu terjepit pemanggang kawat.. selanjutnya dipegang panggangan nya sambil di bolak balik dengan posisi pas di atas kawah kecil yang panas.. Karena suhu kawah yang sangat panas.. ayam / daging pasti bisa matang dengan sendirinya tanpa api.. Bagaimana..? Apa kira-kira bisa dipraktekan cara memanggang tanpa api tsb? Hanya di bolak balik aja.. dan hanya mengandalkan suhu panas kawah kecil.. Hehehe... Kalau iya bisa dipraktekan bakalan seru.. bisa kemping di area sekitar kawah .. Hahaha... Just kidding brader.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Desa nenek buyutku berada di kaki pegunungan Merbabu,sista.
      Kesehariannya disana berudara sejuk dingin,kalau mulai menjelang sore tingkat dinginnya bertambah sampai pagi hari.

      Pendapat komentar sista tepatnya bukan memanggang di atas kawah kecil,tapi mengasapi daging ayam/udang lebih tepatnya,ya.
      Karena permukaan kawah ngga mengeluarkan api,sista.
      Terkecuali ada sumber penyulut apa berada di sekitar kawah,tapi itu berbahaya dilakukan menyalakan sumber api berada di kawasan kawah bisa langsung terjadi ledakan atau api menyambar sekitar.

      Delete
  8. Jadi desa nenek buyut brader tempat tinggalnya di kaki pegunungan Merbabu ya?
    Ooh makanya iklim cuacanya dingin ya? terutama sore menjelang malam.. dingin sekali bahkan sampai pagi ya? Wah kuat ya keluarga besar nenek buyut brader.. Tiap hari kayak winter sonata.. eh naksudnya winter season Hehehe..

    Ooh iya pendapatku itu agak salah ya brader? Seharusnya bukan memanggang daging / ayam. Tapi yang benar itu Mengasapi ya? Karena kalau memanggang itu butuh bahan bakar api . dan api nggak boleh digunakan di area sekitar kawah karena api bisa menyulut terjadinya ledakan di lokasi kawah dan bisa menyambar area sekitarnya..
    Jadi maksudku memasak tanpa bahan bakar apapun itu.. hanya dengan mengandalkan asap yang bersuhu sangat panas dari kawah kecil.. Jadi itu sama saja istilahnya dengan Mengasapi ya? Mengasapi daging / ayam sampai matang . Hehehe.. Makasih brader untuk ralatnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya,begitulah lokasi asal nenek buyut dari keluarga papaku .. hehehe..

      Mengasapi atau disebut di steam,ya,sista.
      Kalau direbus dg cara spt merebus telur yang diwadahkan kedalam kantung plastik sebelum direbus ke dlm air kawah,mungkinkah daging ayam atau udang juga akan dapat matang dg sempurna ?

      Delete
  9. Iya apakah di sekitar area lokasi kaki gunung Merbabu dekat tempat tinggal nenek buyut brader mungkin terdapat tempat wisata unik yang bisa dikunjungi traveller ? Kalau iya kapan brader akan travelling ke sana dan meliputnya di blog? Hehehe..

    I think not Steam.. Mengasapi is smoky.. Diasapi is smoked.. Like Smoked Beef.. Right brader?
    Kalau dengan cara seperti merebus telur yang dimasuk kan ke dalam kantung plastik.. terus diletakan di dalam air kawah yang panas..mungkin kalau udang bisa cepat matang tapi kalau ayam belum bisa matang dengab sempurna..

    Oh iya di atas dotulis keberadaan burung hantu jinak bisa melengkapi objek foto.. Lantas si Owl burhan favorit kok nggak difoto brader? Hehehe..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa lokasi wisata di dekat rumah nenek buyutku,spt: Kragilan dg beragam spot selfie,air terjun Grenjengan kembar,Ketep pass & lain2nya,sista.
      Betul,daging ayam tak kan bisa matang sempurna jika dimasak dg cara dibungkus plastik spt merebus telur di kawah ini.
      Hehehe ... aku kok teringat Jojo tiap kali lihat burung hantu,jadinya aku ngga berfoto sama burung hantu lain.
      Sebenarnya sih gpp,ya berfoto selain dengan Jojo ...

      Delete
  10. Ouw banyak juga ya lokaai wusata yang berdekatan dengan tempat tinggal nenek buyut brader... Nggak ingin travelling ke sana lagi brader?
    Kalau nggak salah.. tempat wisata Kragilan itu. sudah pernah dikunjungi brader ya? Tapi wisata tentang apa ya? Aku lupa.. cuma ingat pernah baca tentang Kragilan.. Ketep pass juga sudah ya? Hehehe..

    Iya daging ayam nggak akan matang sempurna seperti cara masak telur di dalamp lastik.. Daging ayam memerlukan bahan bakar supaya dapat matang dengan semputna.

    Btw.. Ooh Setiap melihat burung hantu lain brader jadi teringat dengan Jojo ya? Trus kenapa kok jadi brader jadi enggan dan nggak mau berfoto dengan burung hantu lain? Kan nggak apa-apa brader? Apa takut si Jojo nanti marah ya? Hihihi... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. O,sista masih ingat ttg Kragilan ya ?. Itu loh salah satu hasil fotonya yg ada di slide foto blog ku ini,sayap malaikat ...
      Hehehe .. disana banyak spot unik,salah satunya favoritku itu.

      Hahahaha ... Iya ... merasanya kok takut Jojo patah hati kalo Jojo lihat fotoku bareng berfoto sama burung hantu lain ...
      Gila,ya :D !

      Delete
  11. Iya aku masih ingat nama Kragilan... Tp detailnya agak lupa.. Hehehe..:)
    Ooh jadi Spot yang ada saya malaikat itu ya? Yang brader duduk di Spot Ayunan Bersayap di atas ketinggian dengan background hutan pohon pinus itu kan? Oh iya jadi ingat aku kalau itu lokasinya di hutan Kragilan... :)

    What? Jadi kalau brader foto sama Owl burung hantu yang lain.. takut si Jojo lihat dan patah hati..? Oh Em Ji..! Astaga..!! Hahahaha...! Speechless..! Masa sich? Sampai segitunya? Brader aja yang keGeeRan.. Hahahahs..!
    Mungkin juga si Jojo itu bukan hewan yang cemburuan... Jojo itu si Burhan yang lucu hatinya seputih salju.. Wkwkwkwk..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... keGe-eR & baper diri sendiri namanya ..
      Abis kalo ingat Jojo ngliatin wajahku terus ngga mau noleh2 ngadep kamera dan sekalinya mau ngadep kamera wajahnya balik lagi ke wajahku... rasanya pengalaman excited banget,surprise !.

      Yup,betul,sista.
      Kragilan itu lokasinya dihutan pinus dan akses masuk area terbilang cukup curam.

      Delete
  12. Hahahaha,.. Jadi ngakak.. kok bisa jadi baper begitu terhadap burung hantu brader? Ouw..awalnya karena si Jojo burung hanru itu yang ngelihatin ke arah brader terus menerus dan nggak mau noleh ke arah kamera.. sewaktu mau di foto... pas noleh ke kamera sebentar.. eh..noleh lagi ke arah brader... Hihihi.. Lucu ya? Itu yang buat brader jadi GeeR dan baper? Hahahaha... Adaaa aja.. cerita yang lucu dan bikin geli.. Hehehe...

    Jadi bener ya ingatanku Kragilani itu yang ada hutan pinusnya.. Ouw jadi akses masuk ke Kragilan itu cukup curam medan nya.. Lokasinya dekat dengan gunung Merbabu ya brader?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa..karena pengalaman unik itu jadi kesengsem sama si Jojo..tiap lihat burung hantu lain jadi punya perasaan segan berfoto. Maunya sama si Jojo ..
      Apa mungkin sikap spt ini termasuk kategori phobia ya,sista ?.

      Betul,Kragilan ada di lereng gunung Merbabu,temperaturnya termasuk dingin disana.
      Penduduk disana rata2 berpipi semu merah akibat dinginnya udara :)

      Delete
  13. Hahaha... Jadi brader kesengsem sama siJ ojo? Sampai nggak mau berfoto dengan burung hantu yang lain?
    Itu semacam gangguan phobia brader.. Aku sudah browsing di google.. Isinya demikian :
    Rasa ketertarikan yang berlebihan pada hewan secara emosional melebihi kepada manusia.. gangguan ini disebut Zoophilia..
    Disebutkan juga oleh para ahli bahwa sedekat apapu manusia dengan hewan.. Terdapat perbedaan-perbedaan mendasar antara manusia dengan hewan. Perlu diingat juga bahwa hewan dapat membawa penyakit potensial terhadap manusia.
    Memang hewan adalah teman yang menyenangkan.. Mereka nggak pernah mengajukan pertanyaan dan menilai dengan kritikan..(George Elliot)

    Ooh penduduk di lereng gunung Merbabu.. rata-rata berpipi semu merah ya? Wah.. bagus itu wajah jadi tampak berseri-seri karena pipi yang bersemu kemerahan... Hehehe...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. OhmyGod ... Unik banget istilahnya, Zoophilia !.
      Hahahaha... sista sampai browsing cari tahu kira2 kesengsem sama si Jojo itu termasuk phobia ngganya :D
      Hebat ya analisis George Elliot itu,sampai detil mengungkap psikologi antara hewan & manusia.
      Lucunya dl aku wkt punya kucing persia Himalaya motif loreng2 jg gitu.. malas berfoto sama kucing yg lain peliharaanku juga.

      Iya,unik juga punya pipi semu2 merah spt itu :)
      Anak kecil lbh terlihat lagi semu2 merah pipinya.

      Delete
  14. Hehehe... Iya unik namanya Zoophilia.. Karena setelah membaca kisah brader yang kesengsem sama si Jojo burubg hantu... aku jadi penasaran apakah hal itu termasuk gangguan phobia atau nggak.. jadi aku browsing di google..
    Ooh jadi kisah yang hampir sama ssebelumnya pernah terjadi juga.. brader kesengsem kepada hewan peliharaan brader seekor kucing persia Himalaya motif loreng? Sampai nggak mau berfoto dengan kucing peliharaan yang lain..? Aq baca juga di google gangguan ini. disebut dengan Ailurophilia yaitu istilah untuk seseorang yang mencintai kucing secara berlebihan..
    Ailurophilia merupakan bagian dari Zoophilia..
    Iya hebat pakar George Elliot yang menganalisis hubungan psikologis antara manusia dan hewan.. Dikatakan juga oleh para ahli bahwa rasa ketertarikan yang berlebihan terhadap hewan bisa menimbulkan gangguan psikologis pada seseorang.. Itu menurut para ahli.

    Iya jadi penduduk di lereng pegunungan mempunyai cir ikhas yang unik ya? rata-rata memiliki pipi bersemu merah terlebih terluhat pada anak-anak kecil.. Nice..! :)


    ReplyDelete
    Replies
    1. Auouwooo .. sekarang aku dapat julukan baru selain Zoophilia,dapat julukan lagi Ailurophillia ..hahahaa... Nama yang unik :D !.
      Tapi aku sama mereka ngga kesengsem banget,loh.Mungkin aku dengan si Jojo dan si Anum kucing loreng persiaku itu ada semacam hubungan psikologis,ya karena sikap mereka berdua itu sama persis sewaktu awal mereka ketemu aku.
      Jojo ngliatin berlama2, Anum pun juga sama....mata bulat mereka sama2 ngliatin wajahku sambil sesekali kepala mereka digerakin.
      Jangan-jangaaan ... aku pantas jadi pawang hewan ....
      Xixixii ;)

      Delete
  15. Aauuuwoo...! Jadi kayak tarzan dong..? Hahahaha..
    Aku hanya sekedar ngasih info dari Google brader.. bahwa ada istilah Ailurophilia merupakan bagian dari Zoophilia... Istilah bagi orang yang mencintai hewan secara berlebihan.. Menurut ahli hal Itu bisa menjadi gangguan psikologis bagi manusia..

    Syukurlah kalau brader ternyata bukan termasuk Zoophilia dan Ailurophilia...
    Iya bisa jadi karena ada hubungan psikologis antara brader dengan kedua hewan tsb.. Karena ada kesamaan antara si Jojo burung hantu dengan si Anum kucing persia milik brader dulu.. sehingga mengingstkan kembali waktu masih mempunyai hewan peliharaan dulu.. Asal brader jangan jadi enggan berfoto dengan hewan lain karena sayang sama si Jojo dan si Anum hehehe .
    Oh iya... bener banget mungkin brader sebagai penyayang hewan ini punya bakat jadi pawang hewan. Tapi si Jojo bur-han dan si Anum kycing loreng Persia itu.. mereka kan sudah jinak brader? Kalau begitu apabrader Jadi pawang hewan buas aja kali ya? Hahahaha... Serem.!:)


    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkkkwkk !.
      Tarzan kota yg setia sama burung hantu & kucing persia!.
      Kalo gitu,ntar saat aku travelling ketemu lg sama si burung hantu lain akan kubuat foto ... iya juga sih,burung hantu kan banyak motif bulunya dan macam bentuk fisiknya,tentunya ngga kalah terlihat eksotis dg tampilan si Jojo.

      Kalo jadi pawang hewan buas .. serem juga,ya .. soalnya mereka terlihat tenang saat dilihat tapi tau2 mendadak bisa garang.
      Terutama macan & singa.
      Padahal ke 2 hewan itu pengin banget aku bisa foto sama mereka..

      Delete
  16. Hihihi... Tarzan tapi milih-milih nich.. yang disukai cuma burung hantu su Jojo dan kucing persia.. Hahaha.. :)

    Nah begitu dong.. Ntar kalau travelling terus nemu burung hantu lain yang unik dan lucu.. diajak berfoto.. iya jenis burung hantu kan banyak juga bulunya bermacam-macam motif dan warnanya.. pasti unik dan eksotis akan tampil fotogenik dalam foto..

    Iya bener juga kalau jadi pawang hewan buas itu nggak gampang serem.. Karena binatang buas nggak bisa ditebak kelakuan.. tiba-tiba naluri buasnya muncul.. Ngeri banget..!
    Ooh.. brader punya keinginan untuk foto bareng raja hutan macan dan singa..?
    Begini aja.. macan dan singa nya dikasih obat bius dulu biar rada ngantuk jadi brader bisa foto bareng raja hutan yang ngantuk tapi kan aman... Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkwkk ...
      Soalnya kedua hewan favoritku itu cakep banget wajahnya,jadi tarzan suka itu :D !.
      Selain kedua hewan itu,aku juga suka dg tampilan hewan singa,harimau dan jerapah
      Kalo sista suka hewan apa saja ?

      Hehehe ...
      Kasian ngga kalo tiap orang yg pada pengin berfoto sama singa atau macan,mereka itu dibius dulu ?.
      Hasil fotonya kan juga kurang fotogenik,sista ...karena saat dibius pose nya cuma tertidur sambil mangap mulutnya .. atau malah sambil keluar air liurnya ... wkkkkwwk !

      Delete
  17. Ouw... Tarzan favoritnya itu kucing persia n burung hantu ya? ditambah jerapah. Okelah Tarzan kota.. Hehehe..
    Kalau aku suka banget sama hewan Panda hitam putih karena lucu imut.. menggemaskan.. Tapi sayangnya di Jatim Park nggak nemu Panda..
    Selain itu aku juga suka burung Kakatua Brazil yang warna warni itu.. kalau kakatua jenis ini ada di Jatim Park2.. Iya aku juga suka Jerapah kelihatan gagah dengan lehernya yang jenjang..

    Hehehe... Iya juga sich kalau setiap macan dan singa harus dibius dulu.. Ntar kalau pas difoto bareng pengunjung.. Macan dan singa nya malah ngantuk ngeces keluar air liurnya.. Hihihihi.. nggak fotogenik..
    Tapi bagaimana solusinya bila pengunjung mau foto dengan macan atau singa tanpa dibius.. bakal menjamin su raja hutan itu nggak melukai pengunjung? Mungkin harus ada pawang di dekatnya ya? Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh,hewan favorit sista itu panda dari China dan kakaktua dari Brazil ...
      Yups,2 hewan itu juga sangat lucu dan cakep.
      Aku pernah berfoto sama kakaktua Brazil di Taman Safari Cisarua,sista.
      Sayangnya file foto ikut ngilang.

      Skr di Taman Safari Cisarua udah kedatangan 2 panda dari China loh,sista ...
      Utk nyambut kedatangan mereka sampai dibangun kandang mewah dg bangunan bentuk khas rumah traditional China.
      Sayang skr lokasinya jauh dari domisiliku,harus kapan punya waktu travelling kesana lagi.

      Iya,sih.
      Harus ada pawang & perawat keseharian mereka,jadi nurut ngga galak2 sama yg mau selfie bareng mereka ...hahaha ..., galak jewer !

      Delete
  18. Hehehe .. Iya hewan favoritku Panda dari China dan Kakatua Brazi.. keduanya hewan yang lucu dan menggemaskan..
    Brader sudah pernah foto bareng Kakatua Brazil ya? Aku belum pernah.. mungkin someday hehehe...

    Ooh ya? Sekarang di Taman Safari Cisarua Bogor penghuninya sudah ada Panda yang didatangkan dari China? Ouw sampai dibangun kandang mewah berbentuk rumah tradisional China? Wouw... Great..! Bener-bener dipersiapkan ya? VSemoga saja Panda-Panda yang lucu dan menggemaskan itu bisa betah ya di Indonesia.. dengan iklim yang berbeda dengan China. Tapi pasti semua sudah dipersiapkan maintenance nya untuk Panda.

    Bener ya harus ada pawangnya supaya Harimau dan Singa nya jadi lulut nurut sama pawangnya..
    Iya bener itu kalau ada Macan atau Singa yang galak ke pengunjung yang mau selfie.. Kupibg macan atau singa mending dijewer aja.. Hahahaha.. Kayak bocah aja dijewer? Nah bagaimana kalau pas dijewer sang raja hutan kaget marah dan tersinggung? Apa macan dan singa nggak langsung balas menggaruk / mencakar sang pawang brader? Sepintar-pintarnnya pawang misalnya.. Paati berbahaya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,sista aku pernah berfoto sama kakaktua Brazil. Cengkeraman tangannya kuat,jambulnya bentar2 kena wajahku krn sering goyang2 kepalanya.Lucu...

      2 panda pinjaman dari China itu bernama Cai Tao & Hu Chun benar2 disiapkan secara maksimal kedatangannya & lahan barunya.
      Terlebih panda merupakan hewan sangat langka dan sensitif.
      Panda tdk suka suara berisik & peka terhadap blitz kamera,jd pengunjung tdk boleh memotret mereka.

      Wkkwkk ...
      Abis kalo ngga dijewer, diapain sista ?.
      Dicambuk atau dipukul kasian,ngga tega .....
      Dijewer aja dengan manja ;)

      Delete
  19. Siip.. brader punya pengalaman foto berdua bareng kakatua Brazil... Ooh cengkeramannya sangat kuat bisa melukai kulit nggak brader? Wkwkwkwk... Jambul Kakatua nya bergerak-gerak sebentar2 mengenai wajah brader... Hahaha... Lucu banget kakatuanya..:)

    Ouw brader hafal nama panda-panda lucu itu hehehe...
    Iya ya persiapan menyambut kedatangan panda sangat maksimal ya? Mengingat Panda China sangat sensitif jadi harus dirawat secara intensif supaya bisa bertahan hidup di Indonesia yang iklimnya berbeda dengan China..
    Oouw.. Panda peka terhadap cahaya blitz ya? Jadi pengunjung nggak dibolehkan membawa masuk kamera apalagi memotretnya panda.. Wah termasuk hewan.eksklusif ya pasti amggaran yang dikeluarkan pengelola nggak sedikit..

    Hehehe... raja hutan macan dan singa di jewer dengan maanja? Hahahaha... Itu sih namanya dibelai bukan dijewer brader?
    Bagaimana kalau nggak dijewer macan dan singa itu dijitakin aja pelan-pelan sama pawangnya biar nurut? Hihihihi... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,lucu polah kakaktua waktu itu..ngga bisa anteng.
      Seingatku warna bulunya rada kekuningan.
      Meski cengkeramannya kuat,ngga melukai kulit kok,sista.Kukunya ngga tajam, mungkin abis di menikur kali yaa ... hahaha!

      Iya,pastinya dana perawatan kedua panda itu ngga murah.
      Hanya negara2 tertentu yg diberi ijin utk merawat panda dari China / Tiongkok itu.
      Lucu banget ya lihat tingkah pola bayi panda di tv, kayak bola !

      Hahaha ...
      Aku tuh penasaran dg cara menjinakkan hewan yg dilakukan para pawang.
      Kok bisa ya, hewan buas bisa tunduk perintahnya.

      Delete
  20. Hehehe... Lucu ya lihat polah kakatua Brazil itu... nggak bisa diam.. Mungkin kakatuanya Kegirangan diajak selfie bergaya di depan kamera.. Sampai pencilak an si kakatua saking excited nya.. Hehehe..:)
    Oh meskipun cengkeraman nya sangat kuat tapi nggak melukai ya karena kukunya habis di menikur pedikur. hihihi:)

    Oh begitu ya mungkin banyak sekali nggak mudah persyaratannya ya? hanya negara yang bener-bener bisa memenuhi syarat aja ya yang diberi ijin memelihara dan merawat Panda lucu itu.. Jadi terkesan Panda itu hewan yang ekslusif ya brader? Hehehe .
    Iya lucu banget lihat tingkag laku Panda kecil seperti bola juga sepert boneka.. menggemaskan.…

    Hehehe... Iya benar penasaran bagaimana cara menakhlukan dan menjinakan hewan buas seperti macan dan singa..
    Pasti ada sekolahnya atau kursus pelatihan untuk menjadi pawang hewan buas..
    Untuk menjadi pawang mungkin harus tipe orang pencinta hewan ya brader? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,ya...kalo lihat tingkah polah hewan itu nyenengin,lucu..Spt pengalamanku :
      Yg kakaktua pencilakan ngga bisa anteng,yg burung hantu anteeeng banget terus mandangin wajahku.
      Beruntung, fotoku dg jojo ngga hilang ...
      Yaah jojo lagi..jojo lagiii :D

      Yups,persiapan kedatangan & penanganan panda terkesan eksklusif krn panda sangat langka.
      Salah satu persyaratan dari pinjaman panda itu : jika mereka memiliki anak, anak panda tersebut wajib diserahkan ke pemerintah Tiongkok.
      Kebijakan itu tentunya utk eksklusivitas bahwa hewan panda adl ciri khas hewan dari negara Tiongkok.

      Apa ada sekolah pawang,sista ?.
      Kalau dilihat disuatu daerah/wilayah ada seseorang yg pandai menjinakkan hewan,mungkin itu bakat bawaan,ya?.
      Contohnya di India : pandai menaklukkan hewan mematikan,ular kobra.

      Delete
  21. Hehehe...iya lucu lihat kelakuan Kakatua Brazil yang pencilakan nggak bisa diam.Tapi kok dibandingkan sama tingkah antengnya si Jojo burung hantu..?? Wah.. Jojo lagi... Jojo lagi?.hehehe.. Tapi waspada ntar brader termasuk Zoophilia...! Hihihihi...
    Panda memang hewan yang ekslusif dan langka.
    Jadi salah satu persyaratan.. Jika Panda yang dipinjamkan itu punya anak.. Maka anak panda itu harus / wajib dikembalikan kepada pemerintah China.. Syaratnya nggak main-main ya? Mungkin takut bila Panda akan berkembang biak di negara lain.. Padahal Panda sebagai ciri khas hewan yang berasal dari negara China.

    Kemungkinan ada sekolah pawang brader... Masa hanya mengandalkan bakat pawang bawaan dari seseorang brader? Sering aku lihat di kebun binatang seperti di Jatim Park atau di taman safari prigen.. Pawang hewannya itu menggunakan pakaian seragam yang sama seperti pegawai lainnya di kebun binatang.. Bisa jadi pegawai yang disekolahkan lagi atau di kursuskan lagi untuk menjadi seorang pawang hewan buas.
    Entah kalau pawang hewan selain di kebun binatang.. Aku kurang tahu brader..


    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwwk... Mau ngga yaaa termasuk Zoophilia :D ?
      O,iya hewan apa sajakah yang pernah sista ajak berfoto bareng ?.

      Betul,kebijakan pemerintah Tiongkok memberlakukan peraturan spt itu pastinya tujuannya agar hewan panda tetap terjaga habitat asal negara panda.
      Waah ... jd bayangin kalo kesampaian ke habitat alam asli di Tiongkok sana melihat langsung keluarga panda, kayak apa amazing nya yaaaaa ....

      O,iya betul.
      Taman safari Prigen yg satu group dg taman safari Cisarua kesemuanya staffnya gunain seragam hijau saat bertugas.
      Keren ya lihat aksi mereka terlihat akrab banget sama hewan binaannya.
      Rasanya pengin ikut nyentuh & bermain2 sama mereka ..

      Delete
  22. Nah Bingung kan termaauk Zoophilia atau nggak? semua gara-gara s Jojo..? Hahaha..
    Hewan yang pernah aku ajak foto bareng... cuma kuda aja yang pernah aku naiki waktu umur 5 tahun brader.. Hehehe

    Iya benar juga kebijaksanaan pemerintah Tiongkok untuk menerapkan persyaratan mengambil kembali bayi panda.. Tujuannya agar menjaga agar habitat asli panda tsb asalnya tetap harus berasal dari China bukan dari negara lain.
    Iya ya kalau misalnya kita ketedmu keluarga panda d negarai China sana... Wah.. Amazing banget..pengalaman yang Seru banget..! ! Bener+bener moment langka dan unik..

    Iya keren aksi para petugas Taman Safari berseragam terhadap hewan yang dibinanya.. Hehehe.. pengen ya brader nyentuh hewan buas seperti yang dilakukan petugas? Ntar ada tulisan Warning " Hati-hati jangan coba untuk meniru adegan membahayakan ini hanya dilakukan oleh ahlinya" hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁😊 semua gegara si cakep Jojo..

      Tentunya jadi pengalaman berkesan naik kuda saat usia 5 tahun ya,sista.
      Masih ingat sensasinya ngga ?.

      Wkwkkwk 😅 ..
      Antara penasaran dan takut tentunya berani menyentuh hewan buas di arena sirkus !.
      Tapi aku pernah loh ngelus2 gajah di kandang....
      Saat itu aku masih kecil & ada show sirkus.
      Diluar arena sirkus ada kandang gajah krn penasaran aku dekati & kuelus2... diem aja kok,ngga galak.
      Tapi itu... gajah balita ... wkwkk😃

      Delete
  23. Hehehe... Iya saat aku umur 5 tahun pertamakali punya pengalaman naik kuda.. Kalau ditanya sensasinya saat naik kuda dulu? Sensasinya campur-aduk..
    Aku menikmati.. tatp dengan perasaan tegang dan takut.. padahal kuda yg aku naikin itu dituntun terus sama penjaga kuda... Hihihi... Jadi hasil fotoku nggak banget.! Hehehe..

    Ooh brader dulu punya pengalaman pernah menyentuh anak gajah ya? Wah lucu dan seru pastinya... Iya nggak galak dong... yang dipegang brader itu ternyata bayi gajah..!Hehehe..:) coba dulu brader sempat dijepret bareng gajah bayi itu.. Hehehw..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁 kok ngga banget ekspresinya sih,sista ?.
      Pasti ekspresinya gabungan antara cemas dan mewek kaaan ... 😂?
      Wkwkwk !

      Sst,waktu aku ke lokasi sirkus yg diadain di alun2 kota itu aku diam2 pulang sekolah langsung nyelonong kesana tanpa pamit dulu ke ortu 😁 .. jadi ngga bawa kamera.
      Eh malamnya diajak ortu nonton sirkus dan aku seneng kegirangan banget lihat penampilan anak gajah yg siangnya kuelus2 itu... tepuk tangan seru ..
      Mungkin saat itu ortuku ngiranya aku seneng lihat aksi anak gajah cerdas itu, padahal aku kegirangan krn siangnya aku berhasil ngelus2 anak gajah itu 😃

      Delete
  24. Hehehe... Iya.. seingatku.. dulu itu waktu kecil naik kuda itu.. ekspresiku nggak banget..! Nggak mewek juga karena sebenarnya seneng sich tap pas duduk di atas kuda rasanya tegang dan takut jatuh karena kudanya lumayan tinggi untuk ukuran anak usia 5 tahun..Jadi ekspresinya tegang dan nggak fotogenik..Hehehe..:)

    Oouw... Ternyata waktu kecil brader termasuk selonong boy juga ya? Hahaha.. habis pulang sekolah keluar nyelonong nggak pamit sama ortu.. bela-belain mau nonton sirkys ana-anak gajah di alun-alun.. Wah nakal..! Hihihi...
    Tapi akhirnya di tempat sirkus kesampaian ya brader megang dan mengelus-eslus anak-anak gajah yang lucu dan imut itu.. Kulit anak gajah itu apakah lunak atau keras brader? Kasihan ya masih kecil-kecil tapi sudah diajak bermaim sirkus..
    Malamnya diajak ortu nonton sirkus lagi? Bonus ya sehari bisa ketemu anak gajah terus? Lucu anak gajah dong ketimbang Jojo brader? Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sstt 🤔 ..
      Gimana kalo file foto sista nunggang kuda itu ketemu .. ntar dijadiin pelengkap foto di blog baru sista 😉 ?.
      Aku pengin liat nih ekspresinya sista saat nunggang kuda .. hehehe 😁
      Setuju ?

      Hahaha .. itu belum seberapa ulah nyelonong boy saat aku kecil,sistaaa 😂 ...
      Masih seabreeek kejahilanku lainnya 🤣
      Saat kuelus2 tubuh gajah itu kulitnya kasar,rada keras dan ada sedikit bulu2 yg juga teksturnya kasar.
      Mungkin kalo udah jadi gajah gede,kulitnya jadi keras,ya ..

      Saat udah dewasa gini,aku blm pernah nyobain naik gajah tunggang.
      Padahal bbrpkali ke lokasi wisata spt di bonbin Ragunan Jakarta & candi Borobudur ada gajah tunggang loh,sista ..

      Delete
  25. What? kalau file fotoku lg naik kuda ketemu dipasang utk pelengkap blog? Ooh No.! No Way.! Ogah la ya? Ntar apa kata dunia ?? Nggak brader aq nggak setuju..! Hehehe...

    Ooh brader saat kecil dulu selain jadi si selonong boy masih banyak kelakuan heboh lainnya ya? Hehehe...:)

    Ooh. gajah kecil itu waktu dipegang kulitnya sudah terasa kasar ya? berarti kulit gajah dari kecil nggak ada yang lunak ya? Apalagi kalau sudah dewasa kulit gajah keras semua.

    Ooh ya? di candi Borobudur ada fasilitas gajah tunggang ya? Asyik tuch. Ayo dicoba brader naik gajahnya.. Ntar fotonya brader naik gajah dipasang di blog.. keren dan unik kan? Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh 😲 ...kok ngga setuju pasang foto naik kuda?. Padahal pasti unik loh buat pelengkap artikel blog nanti.
      Dunia pasti pada berkata : Nah itu oke kok fotonya ... 😉

      Yups,kulitnya bayi gajah udah kerasa kasar.Lucunya,kalo diamatin mulut rata2 bayi itu rata2 kayak lagi tersenyum.

      Ntar coba ya,kalo aku travelling lagi ke candi Borobudur kalo pas fasilitas gajah tunggang diadain,aku akan coba berfoto diatasnya.

      Delete
  26. Ooh.. Dunia berkata foto naik kuda itu udah jadul. nggak banget. nggak fotogenik Jangan diupload ya fid malu-maluin... Hihihihi..:)

    Ouw.. anak-anak gajah itu kalau diamati tampak senyum ya? Lucu banget ya anak gajahnya?

    Alright ntar ditunggu ya foto brader lagi nunggang gajah.. Kayak di India.. Hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😉 Lihat aja foto kecilku di artikel Perkenalanku, sista.
      Kliatan jadul juga,kan ?
      Hehehe 😁

      Malah kliatan unique dan beda dengan tampilan foto zaman now 😃

      Kuusahin ya bisa berfoto dengan gajah tunggang.
      Semoga waktu ntar kesana waktunya bertepatan dengan jadwal gajah tunggang.

      Delete
  27. Hehehe... Iya bener di artikel perkenalan foto brader masa kecil gambarnya terlihat unik, antik tapi bagus juga... Hehehe
    Masalahnya foto aku naik kuda itu diambil jaraknya agak dekat jadi ekspresinya terlihat jelas nggak banget.. nggak fotogenik.. Hahaha...:D
    Ntar dech aku cari foto jadul lain yang bisa dipasang.. Hehehe.. :)

    Alright semoga brader ntar kalau kr Borobudur jadwalnya pad bisa foto pose naik gajah tunggang.. sambil niup.seruling kali ya? Hihihi...! ntar dipasang di blog dan medsos... wah.. Asyik.. Asyikk.. Siip!:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiik,bakalan surprise nih ntar lihat foto jadul punya sista 😁..

      Kalo kesampaian naik gajah tunggang, aku malah pengin pakai kostum ala mas Nunu alias Keanu Reeves di film Buddha saat ia memerankan tokoh Sidharta Gautama muda .....
      Kostumnya unik,berwarna merah mahroon 😍

      Delete
  28. Hehehe... Tapi nggak akan dipasang di blog lho ya? Ntar foto jadulnx aku pasang di sosmed yang nggak seorang pun tahu :)

    Ouw.. Ya? Misalkan ntar kalau kesampaian naik gajah tunggang brader mau pakai kostum merah seperti yang dipakai mas Nunu Keanu Reeves dalam film Little Budha? Tapi ntar rambut brader juga harus digondrongin ya? biar lebih mirip mas Nunu dalam film..Hehehe..
    Asyik tuch brader tampil rambut gondrong naik gajah ntar.. fotonya diposting buat di blog dan di sosmed.. Wouw.. That's a cool picture.. :)


    ReplyDelete
    Replies
    1. 😲🤔 what ?, foto dipasang tapi tak seorangpun tau ?.
      Gimana ceritanya itu,sista 😃 ?.
      Fotonya di private,ya ...
      Xixixi ..

      Pengin,sih pakai kostum ala mas Nunu saat meranin tokoh pangeran Sidharta saat muda tapi kostumnya cari dimana .....
      Ngga mungkin kan pinjam kostum dari biksu 😂 ?

      Delete
  29. Iya fotonya di pasang tapi ntar digembok alias di private... Xixixi.. :)

    Iya ya kostum yang dipakai mas Nunu dalam film "Llittle Buddha" sayangnya nggak mungkin bisa pinjam dari biksu.
    Kalau begitu pakai kostum lain seperti kostum daerah khas budaya Indonesia aja Hehehe..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuakakakaaka 😂 ..
      Daripada di gembok private,gini aja,sista ....
      Nitip dimasukin ke kantong pesulap ...
      Siapa tau ntar foto sista berubah jadi sekotak permen cokelat dan boneka kelinci imut 🐰
      Xixixi ...

      Nah itu juga yang sulit nyari penyewaan kostum daerah atau wayang,sista.
      Sampai sekarang, aku belum nemuin infonya.

      Delete
    2. Wkwkwkwk.. Iya daripada digembok mending foto jadul dititipin ke Magician aja trus disulap "Abakadabra" berubah menjadi satu box jumbo berisi penuh cokelat dan sebuah boneka panda imut.. Wouw.. Asyik..!boleh..! boleh..! Good idea brader.:)

      Iya bener juga.. sulit nyari tempat sewa kostum daerah dan kostum wayang...
      Bagaiman kalau misalkan brader jadi nunggang gajah ntar pakai Kostum ala Tarzan aja ya? Lebih simpel praktis dan ekonomis juga tampak Oke dan keren kan?. Hehehe..

      Delete
    3. Moga aja berubahnya beneran jadi sekotak chocholate & boneka beruang 😁 ..
      Kalo ngga, apa jadinya tuh... misal berubah jadi sekelompok terong ??
      Wuahahhaahaa 🤣

      What, pakai kostum tarzan ?.
      Wkkkwkk ...wadoooh ...😅

      Delete
    4. What..?? Sama Magician foto nya disulap jadi sekumpulan terong..?? Astaga..!!Hahahaha .! Mau diapain terong sebanyak itu? dimasak juga bakalan nggak habis2.. Ya udah ntar aq bagi ke brader ya terongnya?

      Iya kalau ntar nunggang gajah brader pakai kostum Tarzan ya? Kan simpel, praktis, ekonomis dan unik.. ya kan? Hehehe... Kenapa kok ragu? Trus pakai kostum apa dong yang cocok buat nunggang gajah?

      Delete
    5. 🤣😂 Wuakakaka...
      Kumpulan terong hasil abrakadabra dari perubahan sulap foto sista... dijadiin manisan aja,yoook ... 😂

      Semribiiit... 🍃
      Kalo pakai kostum ala Tarzan 😃
      Hahaha !

      Kalo ada,sih .. kostum ala pangeran Sidharta Gautama yang diperanin mas Nunu atau .. pakai kostum Arjuna ..
      Waaah, pasti keren 😎

      Delete
    6. Iya... ayok hasil Sulapan Magician.. Sekumpulan terong itu kita buat manisan, buat ice cream terong bikin coklat isi terong.. bikin gorengan dari terong terus semuanya olahan terong tadi kita jual ntar hasilnya bisa buat brader travelling keliling dunia.. Asyik.. kan? Hehehe...:)

      Ooh kalau pakai kostum Tarzan rasanya Semribit..? Wkwlwkwk..:) Maksudnya Semriwing begitu? Ntar bisa masuk angin ya? Hahaha..!
      Oh jadi kalau ada pengennya brader kostum seperti yang dipakai mas Nunu atau kostum Arjuna ya? Misalnya nggak ada kostum seperti itu.. lantas nggak jadi naik gajah dong brader?

      Delete
    7. Oh 😲
      Wow 😄
      Berkat olahan terong bisa buat keliling dunia ... , Mantap bangeet itu 😃

      Belom tau nih,sista.
      Itupun juga timing nya pas tepat,pas jadwal atraksi gajah tunggang berlangsung ☺.
      Rute gajah tunggang di candi Borobudur hanya terbatas di area tamannya yang luas saja,sista.
      Ngga mendekati candi.
      Jadi,jika berfoto naik gajah tunggang candi Borobudur tampil utuh dilihat dari kamera.

      Delete
    8. Iya berkat bisnis olahan terong bisa travelling keliling dunia.. :)

      Ooh belum tahu ya kapan brader punya waktu yang sesuai dengan jadwal atraksi gajah di area taman candi Borobudur..
      Iya tapi jangan karena alasan nggak ada kostum sewa yang mirip kostum mas Nunu atau kostum wayang Arjuma nggak ada terus.. brader malah nggak jadi naik gajah tunggang.. Semoga suatu saat bener-bener kesampaian brader bisa travelling berfoto naik gajah tunggang..:)

      Delete
    9. Amiiin...moga terlaksana ya ☺.
      Hehehe

      Delete
    10. Amin... Moga tercapai keinginan Selfie naik gajah tunggang..
      Pokoknya ntar kalau sudah ada waktu dan kesempatan.. ada atau nggak ada kostum unik harus tetap naik gajah..bila saatnya tepat.. Right brader? Hehehe... :)

      Delete
  30. Wah mantap sekali ini kawah Sikidang. Saya waktu wisata ke Dieng tidak sempat main kesini. Udara disana memang sangat dingin. Tahun 2003 saya pernah touring naik motor ke dieng, tanjakannya lumayan juga. Saya demen beli Purwaceng kalau kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaap 👍
      Mas Dody pernah touring ke Dieng.
      Kapan akan diulangi lagi,mas ☺ ?

      Bener,tanjakan jalanannya lumayan hati2 buat ditempuh dan sepanjang perjalanan cukup membuat menggigil 😁

      Cieeeh ... borong beli purwoceng yaa 😉 ?.
      Buat stamina memang oke.
      Rasanya rada2 pahit getir ya,mas ☺

      Delete
  31. wah keren bangett ya kak kawahnyaaa.. kapan coba saya main kesana.. tar deh kalau uda lahiran main kesana wkwkkw.. tanjakannyaa duhh bikin gak kuattt

    ReplyDelete
    Replies
    1. O,kak Vika saat ini lagi menanti kelahiran anak ya,kak ?.
      Kudoakan segala sesuatunya lancar ya,kak .....
      Dan barangkali anaknya kak Vika nanti punya hobi travelling kayak aku 😁
      Hehehe ...

      Tanjakan jalannya di kawah ini ngga tinggi,kak.
      Tapi untuk ke gunung Dieng jalannya memang tinggi dan penuh tikungan.

      Di artikel Gedong Songo juga eksotis,kak Vika.
      Silahkan kak Vika kunjungi artikelnya ☺

      Delete
  32. Aduhhhh...yang seperti ini sy suka bangetttttt !! keren banget view nya.
    Konon kata ibu sy pernah diajak kesana waktu kecil, tapi sy ga ingat sama sekali..hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa 😃 ...
      Memang saat itu usia kak Desi berapa tahun diajak ke Dieng ?.
      Masih baby kah ?.
      Waah ... baby cantik bernama Desi pasti diselimutin tebel sama mamanya yaa, biar ngga menggigil kedinginan 😁

      Ayoo ke Dieng bareng suami,kak Desi ... lihat kawah dari dekat banget jaraknya.

      Delete
  33. Satuu yang menyesal gak dilakukan waktu kesini, makan telur yang direbus di lumpur panasnya!

    Waktu kesana, cuaca seang cerah dengan langit biru. Tempat ini bagus banget juga untuk edukasi anak-anak tentang alam, trus aktivitas vulkanik, dll heheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ...
      Jangan nyesel kelamaan,kak Zahrah ... ,ntar kebawa mimpi terus loh ... hehehe 😁

      Travelling lagi ke kawah Sikidang ini,kak ...
      Lalu ngerebus telur rame-rame di kawah kecilnya 😉
      Enaaak rasanya ...

      Delete
  34. Replies
    1. Ya,kak Sandra 😁

      Ayook, lokasi ini dijadiin travellinglist wajib kak Sandra ...

      Lokasinya bener-bener eksotik dan banyak spot unik untuk berfoto di area kawahnya 👍

      Delete
  35. Waduhhhh....ramai sekali orang2 Koment, kayak dipasar...hehehe....

    Sensasi berwisata di Kawah Gunung atau pun naik gunung belum saya rasakan mas...... :) maklumlah saya cuma anak yg mainnya tidak jauh dari sungai. :)

    Tpi liat aksi mas disana....ahhhh rasanya saya jadi terpikat oleh pemandangan kawahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaha 😂 !
      Kayak pasar apa, mas ?.
      Pasar malam atau pasar subuh dini hari 🤣 ?
      Bisa aja nih, kang Nata...

      Ajak-ajak aku napaaa main ke sungai,kang ...
      Aku juga suka loh main di sungai.

      Kecilnya aku dulu pernah ngelayap ke sungai besar bareng temen-temen,mas ... diem-diem pergi ngga pamit ke ortu, ngga taunya malah ketemu pamanku yang tinggal di desa lagi nyuci disitu karena air didesanya ngga ngalir.
      Besoknya dilaporin ke papaku ..., abislah aku dimarah2in 😁

      Delete
  36. Jadi ingat belum sempat bikin artikel ttg kawah Sikidang ini.. hahaha.. waktu itu sempat lihat ada kuda putih di sana, ternyata untuk ditunggangi ya.. kirain properti foto prewedding...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kalo udah dibikin artikel, kasi tau ya, Gio ☺
      Aku ingin baca reviewnya.

      Selain kuda untuk sarana kuda tunggang traveller, juga ada koleksi burung hantu imut untuk keperluan foto.

      Delete
  37. Gaya foto pertamanya oke juga bang. Hahahha, salam kenalan ya bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, mas Wahyu 😁⚘
      Sesekali ingin berfoto tampil beda ...
      Hehehe

      Salam kenal kembali dari saya,mas.

      Kapan ada waktu travellinglah ke lokasi kawah unik ini.

      Delete
  38. waahh sekarang makin pesat aja kemajuannya disni. dulu pas kesini blm ada spot selfie nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,sekarang lokasinya dipercantik dengan spot selfie dan tambahan jenis2 burung hantu buat pelengkap berfoto, kak Ainun

      Delete
  39. Dapatkan PROMO Bonus Di SAHABATKARTU
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Referal 15%
    Ayo gabung sekarang juga..!
    SILAKAN HUBUNGI CS KAMI DI :
    Livechat : www*sahabatkartu*biz
    W.A : +85581734028
    PIN BB : 2BCDBEE2

    ReplyDelete