Kamis, 07 Desember 2017

Ekowisata Sungai Mudal tampilannya bak spa resort kelas dunia

Sepagi itu saat aku tiba berada ditempat untuk berlibur jelajahi areanya dan tiba sebelum jam berkunjung semestinya berlangsung, telah mulai tampak adanya kesibukan aktivitas dari para pengelola wisata, para pelaku usaha kuliner yang tampak sibuk mempersiapkan dagangan di warungnya juga telah tampak beberapa traveller berlalu-lalang berada disana.

Sesekali terdengar teriakan seru dan gelak tawa candaan di antara mereka dibarengi dengan suara gemuruh dari derasnya aliran air terjun yang sudah mulai terdengar dari area parkir.
Suara gemuruh aliran air terjun yang mengalir ke sungai itu makin terdengar kencang suaranya di warung pertama yang letaknya berada di sebelah kanan sedikit berdekatan dengan area parkir dan posisinya membelakangi aliran sungai, tempat aku beristirahat sejenak sembari menikmati segelas kopi hitam panas untuk melawan rasa dingin selama di perjalanan.

Trip Of Mine

Trip adventure ku ke lokasi wisata di pegunungan Menoreh dengan ketinggian 2000 mdpl yang dulu saat pertamakalinya aku datang ke tempat ini masih bernama Taman Sungai Mudal dan kini telah berganti nama menjadi Ekowisata Sungai Mudal setelah di dukung pengembangannya oleh PT. PLN , adalah merupakan kedatanganku yang kedua kalinya dengan jalur rute tempuh kedatangan yang berbeda dari jalur rute sebelumnya.

Dulu kedatanganku yang pertama melalui jalur rute tempuh dari kota Yogyakarta.
Dan kali ini aku mencoba jalur rute tempuh alternatif melalui jalan Nasional , Muntilan yang berada di jalur utama kota Magelang - kota Yogyakarta.
Perjalanan melalui jalur alternatif dari kota Magelang ini kutempuh lebih cepat sekitar 1,5 jam tiba di lokasi dibandingkan dengan lamanya waktu tempuh kedatanganku yang pertama.

Selain memang kondisi rute jalan yang terbilang tidak begitu mudah dilalui ke lokasi wisata ini, banyak tikungan jalan turun naik tanjakan dengan sudut jarak tikungan yang sempit perlu kewaspadaan yang tinggi untuk melaluinya, melewati jalan pegunungan yang sepi, hanya tampak sesekali saja pengendara yang terlihat melintas disana.
Ditambah dengan adanya kerusakan badan jalan di sepanjang beberapa kilometer di desa Sido Mulyo kecamatan Pengasih yang mengalami kerusakan parah, jalannya bergelombang dan berlubang-lubang.
Karena adanya kerusakan badan jalan parah seperti itulah, di beberapa lokasi sepanjang jalan terlihat spanduk 'kreatif' yang dibuat oleh warga bertuliskan bahasa Jawa sebagai ungkapan kekecewaan dari warga akibat rusaknya jalan di daerah mereka.
Jika tak ada kerusakan badan jalan seperti itu, lamanya jarak tempuh ke lokasi wisata yang terkesan playfull ini akan lebih singkat waktunya kulalui.

Bukan sebuah sungai,seperti penamaannya

Sejatinya lokasi wisata ini bukanlah merupakan sebuah sungai seperti penamaan lokasinya.
Tetapi tepatnya adalah sebuah aliran air terjun alami berciri khas bebatuan karst berwarna kuning dan merupakan lokasi aliran pertama dari sebuah mata air besar yang berada di dalam sebuah gua yang bertebingkan gunung Kelir, Girimulyo.
Letak mata air besar tersebut lokasinya tepat berada di bagian teratas lokasi Ekowisata Sungai Mudal, dekat dengan kolam bagian atas berada.

Airnya setia mengalir, tanpa pernah berhenti

Penggunaan istilah kata sungai oleh warga dan dipergunakan sampai sekarang karena warga sekitar berkesimpulan airnya terus menerus mengalir tanpa pernah berhenti di sepanjang waktu, sekalipun di saat musim kemarau berkepanjangan.

Trip Of Mine
Tampilan air terjun Ekowisata Sungai Mudal dari atas

Selain untuk sarana wisata, sumber mata air besar itu dipergunakan untuk keperluan warga sehari-hari.
Air disalurkan melalui pipa yang tertanam rapi dialirkan ke rumah-rumah penduduk.

" Jadi jika kalian datang berlibur ke lokasi ini di saat musim kemarau ..., tak usah khawatir aliran airnya akan tetap deras mengalir. Dan kalian akan tetap dapat berenang-renang di cekungan kolamnya ... Aman, asalkan tentunya kalian bisa berenang, ya ".

Trip Of Mine

" Kalau di saat musim penghujan kira-kira aman ngga ya berlibur di lokasi ini ?, Banjir ngga ? ".

" Tenang saja.
Tetap aman,kok.
Air terjun alami ini ngga pernah terjadi banjir.
Saat musim penghujan tiba, debit air dari sumber mata air ini memang keluar lebih deras dibandingin di saat musim kemarau,tapi tetap tidak akan pernah terjadi adanya banjir kiriman.
Cuma yang perlu lebih diperhatiin di saat musim penghujan untuk lebih berhati-hati saat melangkah karena undakan anak tangga dan ditumbuhi lumut jadi licin dilalui ".

Trip Of Mine

Licinnya tanah berlumut di salah satu sisi lokasi pinggir aliran air terjun yang kebetulan tanpa adanya penambahan pagar pembatas disisinya, nyaris membuatku jatuh meluncur ke dalam aliran air terjun setinggi 3 meteran sewaktu aku bermaksud mengambil gambar tampilan air terjun dilihat dari atas dan dalam perjalanan rute turun untuk menuju ke area parkir setelah dari area cekungan kolam ke 2.
Mendadak tubuhku terpelanting.
Beruntung aku sigap meraih batu besar untuk berpegangan dan badan ku bisa berhenti meluncur.
Kalau tidak,entah apa jadinya ... ,
Terluka parah atau malah ... ?.
Kamera dan smartphone yang kupegang terpental jauh ke anak tangga sebelah kiri.
Pakaian belakangku jadi belepotan terkena lumut dan tanah.
Tapi aku bersyukur, Tuhan telah menyelamatkanku dan jadi pelajaran berharga buatku untuk nantinya lebih berhati-hati dan lebih cermat melihat kondisi dimanapun.
Malam harinya badanku mulai terasa meriang akibat terkilir di paha kiri, punggung kanan dan tangan kanan.

" Tanya nih,kak ...
Kalau yang ngga bisa berenang tapi pengin tetap main-main air di cekungan kolam air terjun ... , caranya gimana, nih ? ".

Jika kalian tak bisa berenang pun tak jadi masalah.
Pengelola taman wisata telah menyediakan sejumlah ban pelampung yang dapat dipergunakan oleh para traveller sebagai alat bantu mengapung untuk bermain-main air di 2 cekungan air terjun disana.

Trip Of Mine
Fasilitas ban pelampung untuk traveller

Tak mau menunggu waktu lama, aku juga ikut mencoba menggunakan ban pelampung untuk merasakan sensasi menggunakan ban pelampung berada di cekungan kolam aliran air terjun berair bersih dan sejuk ini.

" Rasanya seru dan menyenangkan ...., karena seperti diseret oleh arus gelombang air yang deras dan harus berjuang melawan arus untuk kembali ke arah semula.
Terkadang ban pelampung melintir tak mengikuti arus, menandakan ketidakseimbangan tubuh mengikuti laju arus air ...".

Trip Of Mine
Sensasi bermain ban pelampung

Trip Of Mine
Ekowisata sungai mudal tampilannya bak spa resort kelas dunia

2 tampilan kolam menawan 

Cekungan kolam air terjun di area wisata Ekowisata Sungai Mudal ini terdiri dari 2 cekungan kolam berukuran besar dan dibuat menyerupai kolam yang dilengkapi rimbunnya tanaman alami dan beraneka tanaman hias disekelilingnya.
Tampilan nya memang bak spa resort kelas dunia ...

Cekungan kolam pertama lokasinya berada di bawah di dekat area awal kedatangan dengan kedalaman cekungan kolam sedalam 2 meter.
Cekungan kolam kedua dengan kedalaman cekungan sedalam 1,5 meter berada di bagian area teratas.
Lokasi kedua cekungan kolam terpisah berada 50 meter ketinggiannya dengan naik ke atas melalui sisi cekungan kolam pertama, melewati jembatan yang terbuat dari bambu dan melalui undakan anak tangga di sisi aliran air terjun yang sebagian sisinya diberi pagar pengaman terbuat dari bambu.

Sesampainya di bagian teratas tempat cekungan kolam kedua berada, undakan anak tangga dibuat bertemu 'membedah' di tengah badan jembatan penghubung melintang yang menghubungkan sisi kanan berupa sarana ibadah dan sarana ruang ganti setelah bermain air.
Dan jembatan menghubungkan sebelah kiri berupa area taman untuk bersantai yang dilengkapi dengan beberapa gazebo unik beratap ijuk, lokasi rumah anggrek dan lokasi camping ground area.
Di bagian teratas ini ,suasana terasa lebih teduh dengan rimbunnya pepohonan dan adanya tebing gunung Kelir yang menjulang tinggi dan besar yang menghalangi dari panas teriknya sengatan sinar matahari saat siang hari.

Trip Of Mine
Area taman dilengkapi gazebo
Trip Of Mine
Jembatan penghubung bagian teratas

" Meski kedua cekungan kolam itu aman digunakan untuk berenang, berendam atau aktivitas seru-seruan disana ... tapi ingat, kolam itu hanya dikhususkan untuk usia dewasa, ya.
Tidak disarankan dipergunakan untuk anak-anak ".
Anak-anak perlu didampingi orang tua atau keluarga saat travelling menyusuri ke seluruh area di lokasi wisata ini.

Trip Of Mine
Airnya sejuk menyegarkan ...


Fasilitas dan program pendukung 

Keseluruhan area wisata Ekowisata Sungai Mudal ditata dengan apik dipadu dengan tanaman alami dan tanaman hias, terutama adanya beberapa tanaman pakis yang terlihat tumbuh subur di pinggir aliran air terjun dan di pinggir cekungan kolam memberikan kesan khas sebagai bagian dari area hutan negara tropis ini dilengkapi dengan fasilitas free wi-fi yang dapat digunakan oleh para traveller untuk berselancar.
Selain itu kegiatan alam canyoning, rapelling juga permainan pemicu adrenalin flying fox bisa kalian coba disini.

Untuk menjaga kelestarian dan lingkungan alam, pengelola memberlakukan larangan membawa makanan minuman kemasan plastik, botol dan styrofoam ke dalam area.
Program berikutnya yang dibuat oleh pengelola adalah program Trees Of Hope yang mengajak para traveller untuk ikut serta menyumbangkan bibit tanaman hias yang akan ditanam di seluruh area untuk makin memperindah tampilan taman air terjun mempesona ini.



Lokasi :
Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo,
Kabupaten Kulon Progo, DIY

Harga Tiket :
Rp. 6.000
(Info harga sewaktu-waktu dapat berubah)

Info Tambahan :

• Jam berkunjung jam 08.00 - 17.30.
• Kegiatan di area diluar jam berkunjung harus seijin pengelola.
• Kegiatan alam outbound, canyoning, camping dan rapelling diwajibkan untuk menghubungi pengelola sebelumnya.

Tips berlibur di Ekowisata Sungai Mudal :

• Gunakan lotion tabir surya di wajah dan badan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
• Gunakan alas kaki yang nyaman. Sepatu sport atau sandal gunung bisa jadi pilihan.
• Pastikan untuk makan dan minum terlebih dahulu sebelum memasuki batas area larangan membawa bekal makanan minuman yang terbuat dari kaca,plastik dan Styrofoam.
• Bawalah baju ganti dan handuk untuk setelah kegiatan berenang atau bermain air.
• Bawalah topi, persediaan mantol dan payung.
• Jika berlibur di musim penghujan, waspadai licinnya anak tangga dan tanah berlumut.





66 komentar:

  1. Ekowisata sungai mudal ini ternyata bukan suatu sungai ya seperti nama tempatnya.. Ternyata merupakan suatu aliran air terjun.. Jadi bisa juga dikatakan wisata air terjun ya brader?
    Ooh saat musim kemarau air mengalir terus menerus warga nggak bakalan kekurangan air ya? Musim hujan juga masih aman ya berwisata di sungai mudal ini karena nggak bakalan banjir... yang harus diswaspadai itu licinnx undak2 annx ..
    Ooh jadi di lokasi wisata ini ya kejadian brader jatuh karena licin. Untung ya ada batu besar yg bisa diraih untuk pegangan sehingga brader nggak sampai jatuh terpleset ke bawah..
    Selain diperbolehkan berenang di kolam.. juga disediakan pelampung ya berupa ban bagi yg nggak bisa berenang. Brader kelihatan asyik berenang juga menikmati duduk di atas pelampung ban hehehe...
    Lokasi Ekowisata sungai mudal.ini dikelola tampaknx dikelola dengan baik ya? Terlihat dari eksteriornx yang seperti tampilan hotel2 resort yg berkelas mewah.. Aku senang lihat tampilan kolam taman dan gazebo nya yang tertata apik unik.asri alami dan tetap artistik.. Tampak segar dan menarik. Beautiful View beautiful place..

    BalasHapus
  2. Keren banget lokasi wisata satu ini ya,sista .......
    Kayak spa resort premium.
    Aku menebak kalau seandainya air terjun ini keberadaanya ada di negara Eropa ......
    Pasti sudah dijadikan suatu spa resort mahal karena kondisi alamnya sangat mendukung untuk dijadikan suatu tempat rileksasi berkelas.
    Beruntung,lokasi air terjun cantik ini berada di Indonesia .....
    Hehehehe

    Betul,
    Lokasi ini sesungguhnya bukanlah sebuah aliran sungai.
    Tapi sebuah aliran air terjun yang tak pernah surut airnya dan tidak pernah mengalami banjir.

    Iya,sista.
    Di lokasi air terjun ini aku terpelanting keras nyaris aku kecebur ke dalam aliran airnya.
    Beruntung Tuhan menyelamatkan aku.
    Kalau tidak entah apa yang terjadi.

    BalasHapus
  3. Iya keren banget lokasi wisata ini brader..
    Bener tampilanx bagus seperti Soa dan Resort yg berkelas dan berstandar premium..:)
    Hehehe.. Tebakan brader seandainx air terjun sungai mudal ini ada berada di Eropa mmungkin sudah menjadi suatu tempat Spa yang mahal lux n berkelas.. Ada benarnx juga.. tapi bukanx kondisi alam serta pemandangan sungai mudal ini kan semuanx bernuansa tropis ? Apa bisa diterapkan di negara2 Eropa yg beriklim empat musim.? Maaf jangan marah lho ya.? ini hanya sekedat opiniku aja.. Kalau boleh kasih pendapat nich.. menurutku wisata ini akan jadi Spa dan Resort berkelas mewah juga seandainx berada di Hawaii.. atau di neg2 Amerika Selatan seperti Mexico Venezuela krn semuanx kondisi iklimnx tropis kurang lebih sama dengan Indonesia.. Tapi yg paling beruntung sich neg Indonesia karena dianugerahi tempat wisata yg cantik unik keren eksotis seperti ekowisata sungai mudal ini :)

    Iya beruntung brader masih dilindungi Tuhan..waktu terpleset.. terpelanting tapi masih bisa selamat dengan berpegangan pada sebuah batu besar sehingga nggak sampai terjatuh dari ketinggian.. Puji syukur brader nggak apa2

    BalasHapus
  4. Iya,Puji Tuhan aku terselamatkan,tidak sampai terjun bebas meluncur yang pastinya akan celaka kalau sampai tidak bisa berkesempatan meraih pegangan.
    Aku kalau ingat kejadian itu ketar-ketir juga rasanya.

    Betul,sista.
    Seandainya lokasi wisata air terjun cantik ini berada di Hawaii,Mexico atau Venezuela..... Bukan di negara-negara Eropa seperti komentarku sebelumnya ....,lokasi indah seperti ini pasti sudah dijadikan area spa resort premium dan sangat mahal harganya untuk dapat berkesempatan melakukan treatment atau sekedar berlibur disana ........

    Wah,
    Kita beruntung,sista.
    Negara kita punya tempat wisata alam 'resort' yang terjangkau ini .....

    BalasHapus
  5. Iya bersyukur brader selamat.. Tapi peristiwa terpleset saat itu nggak membuat kapok untuk travelling kan ? yang penting brader kudu waspada dan lebih hati-hati lagi..

    Sependapat ya brader kalau wisata sungai mudal ini sangat cocok seandainya diterapkan berada di pulau Hawaii.. Mexico.. Venezuela.. karena semuanya beriklim dan bernuansa tropis.. :)
    Yup setuju.. lokasi wisata seperti sungai mudal ini bakal menjadi sebuah resort premium yg mewah berkelas.. dan hanya orang2 tertentu yang bisa membeli dan menikmati fasilitas spa resort yang indah nyaman eksotis ini dengan harga yang mahal.. dan hal ini hanya akan terjadi di mancanegara..

    Yes kita sangat sangat beruntung dan bersyukur banget karena wisata model spa resort seperti ini masih bisa dinikmati oleh siapa saja dengan harga terjangkau dan hanya bisa ditemui di lokasi Ekowisata Sungai Mudal ini.. :)

    BalasHapus
  6. Hehehehe ...
    Ngga kapok travelling setelah terjatuh,sista.
    Cuman selanjutnya lebih berhati-hati dan pandai melihat suatu kondisi agar ngga terulang kecerobohan seperti itu lagi.

    Sangat setuju dengan pendapat sista tentang seandainya tempat wisata seeksotis ini berada di Hawaii, Venezuela ...... Bukan di negara Eropa yang berbeda iklim,bukan di negara tropis.

    BalasHapus
  7. Sudah pasti nggak kapok ya travelling lagi? ... karena nggak mungkin kapok.. traverlling itu kan sudah mendarah daging dalam diri brader.. Hehehe...
    Iya selanjutnya hanya perlu lebih hati- hati lagi.

    Yes sependapat ya brader? Makaaih.. Memang negara2 yang beriklim tropis lah yang paling cocok dibuat sebagai lokasi wisata dengan fasilitas model spa resort begini.. karena iklim trpiis memvuat nuansa resort yang alami dan eksotis.. :)

    Ekowisata sungai mudal ini berpotensi banget bila dibuat menjadi spa resort yang modern dan berkelas. Tapi ntar kslau itu benar dilakukan oleh pengelolanya..dipastikan nggak semua orang bisa mengunjungi tempat wisata ini.. Lebih baik nggak usah ya? dikelola sengan harga terjangkau seperti sekarang aja hehehe..:)

    BalasHapus
  8. Hahahahhaaahaha .....
    Sista tau banget nih .....
    Lucunya, kalo aku ngga travelling tuh badan dan pikiranku jadi loyo,ngga semangat.
    Aku seneng banget ada di lokasi wisata,meski sesekali cuma diam duduk agak lamaaan sambil lihat-lihat pemandangan ...... Udah bikin pikiran jadi seneng.
    Apalagi kalo bisa berinteraksi sama warga lokal tentang hal apapun,cerita ini itu .......kayak lagi curhat .... hehehehe..
    Tapi itu ngga selalu mudah dilakukan,sista.
    Kadang ada yang baik banget dan enak diajak ngobrol ,tapi ada juga yang kurang merespon apa yang kutanya,terkesan cuek.

    Betul,
    Sebaiknya wisata keren ini tetap dipertahankan seperti ini statusnya.
    Tetap untuk umum,tanpa dijadikan spa resort premium yang hanya bisa dimasukin oleh orang dengan kemampuan finansial tinggi.

    Kalau dilihat kedalaman cekungan kolam hampir sebatas leher ku itu .... Kira-kira sista berani ngga nyoba nyebur dan bermain air di air terjun ini ?

    BalasHapus
  9. Iya tau dong pakai banget..! Hehehe..:)
    Ouw. ya..?? Kalau sampai brader nggak travelling... badan dan pikiran jadi loyo nggak bergairah dan nggak semangat ? Oh sampai segitunya ya ? Itu berarti brader sudah kecanduan travelling..?? Hahahaha.. Tapi ini candu yang positif kok candu travelling ke tempat2 wisata..
    Iya aku bisa bayangin kok bagaimana asyik kalau berada di tempat wisata.. meskipyn kadang hanya duduk2 untuk melihat pemandangan alam yang hijau..membuat pikiran dan hati jadi lebih tenang.. senang dan nyaman.. Intinya traveling itu mencariitu mencari melihat berganti suasana di lokasi wisata dengan tujuan untuk refreshing..menyegarkan pikiran kembali. dan menjadikan semangat baru.. Hehehe...
    Oh saat traveling di suatu lokasi wisata.. brader senang juga ya berinteraksi berkomunikaai dengan warga setempat ? Meski bukan hanya untuk penulisan artikel blog ya?
    Nggak semua warga bisa diajak ngobrol yg enak dan cerita2 ya? Ada yg merespon ada yang nggak ya?

    Ooh kedalaman kolam air terjun ini sampai hampur setinggi leher brader ya ?
    Wah aku kayaknya nggak berani nyebur... ke dala kolam. kecuali dengan bantuan pelampung ban .
    I can't swim.. Hehehe norak ya aku ini brader ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaaa .....
      Aku dapat kosakata baru nih dari sista : candu travelling.
      Hahahahhaaahaha ......
      Keren loh istilah itu.
      Semoga seijin Tuhan nanti terlaksana keinginanku jadi traveller sejati,Amin.
      Semiga terlaksana menyalurkan hobiku bisa melihat tempat-tempat unik di Indonesua dan dunia.

      Berkomunikasi dengan penduduk lokal menyenangkan,sista .....
      Bisa tau banyak hal tentang suatu daerah.
      Kendalanya ya kadang ketemu kenalan baru yang ramah kadang juga ngga antusias menjawabnya.
      Hehehehe ..

      Oh,sista belum mahir berenang,ya .....
      Pasti punya rasa ketakutan tersendiri sebelum memberanikan diri nyebur ke kolam renang atau kolam alam seperti ini,ya ......
      Solusinya gunain ban pelampung,tapi ya sebaiknya jangan sendirian.
      Harus ada teman yang pinter berenang buat jaga2 keamanan.

      Hapus
  10. Maaf ada komenku yang kelupaan belum aku tulis..
    Aku sependapat dan setuju dengan brader.. Kalau Sebaiknya wisata sungai mudal ini dipertahankan saja statusnya seperti sekarang nggak perlu dirubah menjadi spa resort yang mahal lux dan berkelas..
    Agar semua semua orang dari seluruh lapisan bisa ikut merasakan dan menikmati keindahan dan kenyamanan wisata sungai mudal yang cantik indah dan eksotis ini.. Bangga.. Senang dan bersyukur pastinya ya brader? karena Ekowisata sungai mudal ini berada di area Yogyakarta yang nggak jauh dari Magelang..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat setuju untuk tetap dipertahankan seperti sekarang ini,tetap untuk fasilitas umum.
      Tanpa dikelola menjadi spa resort yang akan jadi sangat mahal tarifnya.

      Hapus
  11. Wahhh jernih banget airnya om .. it aliran dr pegunungan ap langsung dari sumber kayak yg ad d rumah saya it om ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup,jernih banget airnya dan segeeer ......

      Air terjun ini mata air nya berasal dari sumber mata air di dalam gua yang lokasinya dekat dengan dengan area ini,pakde .....
      Jadi airnya terasa sejuk banget.

      O,ditempat pakde juga ada mata air ya ?.
      Namanya apa dan berupa air terjun jugakah ?

      Hapus
  12. Iya kosa kata baru ya? candu traveling..? Hehehe...
    Iya semoga brader jadi seorang traveller sejati.. Around the world.. Amin.. Aq juga ikut senang kalau brader bisa punya pengalaman traveling keliling dunia.. Jangan lupa ke pegunungan Himalaya.kesukaan brader..hehehe..
    Oh iya benar juga kalau aku di kolam renang memakai ban pelampung harus bawa teman yg pinter berenang.. Makasih banyak ya saranya brader.. Tapi aku pikir nggak mau ngrepotin orang gara2 aku nggak bisa berenang jadi harus bawa teman.. Mendingan aku ke pantai aja.. jadi bisa main2 di tepi pantai merasa sensasi ombak pantai... Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin ...
      Thanks a lot for your praying,sista.
      I hope will be come true, Amin.

      Hehehe 😁
      Jadi lebih pilih main-main air di tepi pantai, ya ...
      Ngga takut gosong nih, yakiiiin ... ? 😃

      Hapus
    2. You:re welcome brader..:)
      Someday ypur dream will be come true. Amin..

      Yeah main-main pasir di tepi pantai kan asyik.. ..! Hehehe... Nggak apa-apa kulit gosong kan pakai sun block cream..? yang penting seru nikmatin suasana dan view pantai yang ceria..
      I like beach more.. :)

      Hapus
    3. Terkadang meski udah pakai sunblock, kulit tetap terlihat menghitam setelahnya, loooh ... 😁

      Meski ada bedanya antara pakai dan ngga pakai sunblock.
      Kalo pake sunblock, kulit ngga terasa terbakar setelah bermain-main ditepian pantai ☺

      Coba kalo ngga pakai ...
      Howaaa, aku pernah jadi panas dingin meriang setelah nekad sunbathing ngga pake sunblock.
      Kejadian itu saat aku di pantai Kuta, sewaktu trainning disana.

      Hapus
    4. Iya bener.. terkadang meski sudah pakai sunblock.. Kulit masih aja bisa terlihat menghitam... Tapi. nggak apa-apa nanti kan lama kelamaan hilang warna gelapnya dan bisa kembali ke warna kulit kita yang asli hehehe :)

      Iya bener tetap ada bedanya pakai dan nggak pakai sunblock.. Kalau nggak pakai kulut terasa terbakar ya.. itu juga pernah aku alami sewaktu main di pantai Natsepa.. Aku main pasir berjam-jam dengan pakaian renang punggung belakang open without sunblock cream.. dan so pasti besok paginya kulit punggung pun mengelupas dan terasa perih.. sampai badan ini sulit digerakan.. Apa aku kapok.? Nggak dong? Terlanjur suka sama pantai.. Hehehe.:)

      Ouw ternyata brader juga pernah nekat berjemur tanpa sun block cream.. berapa jam terpapar sinar matahari? Selain meroang panas dingin.. Apa kulitnya nggak mengelupas brader?

      Katanya kalau kulit tetlalu sering terkena matahari langsung tanpa tabir surya / sunblock cream.. bisa menyebabkan resiko.terkena kanker kulit ya brader?

      Hapus
    5. O,pernah juga ngalamin kulit iritasi dan perih akibat kelamaan terpapar sinar matahari ya ?.
      Perihnya ...,sampai kena pakaian yang kita pakai saja kulit rasanya kayak disobek2 dan badan jadi sulit digerakin.

      Menurut medis sih begitu,terpapar lama sinar matahari bisa nimbulin sakit kanker.
      Lah ..., itu profesi safeguard gimana ya 🤔 ?

      Hapus
  13. airnya masih bening ya jadi makin betah untuk renang di tambah sekitar yang masih alami, kayaknya cocok nih untuk refreshing dari seharian bekerja dan penatnya kota, tiketnya murah lagi di tambah ada free wifi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener,Hen ...
      Airnya bening banget dan ceeeez ... segeer rasanya !

      Begitu nyebur, pegel badan diperjalanan yang rutenya meliuk-liuk ke lokasi ini ... langsung ilang.

      Setelah itu surfing pake wi-fi gratis ..., mantaaaap.

      Hapus
  14. Kalo liat yang kayak gini jadi pengen nyebur jadinya mas, hahaha.
    Seger banget deh kayaknya.
    Eh untung masnya gak kenapa2 ya.
    Lain kali harus lebih hati2 lagi mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak nasehat dari kamu,lain kali aku akan dan harus lebih hati-hati dimanapum, Hans.
      Hans juga selalu hati-hati, terutama di lokasi liburan yang ada unsur airnya karena licin.

      Ayook ... travelling main-main air kesini,Hans 😁.

      Hapus
  15. Tempatnya keren, tapi ngeri juga kalau sampai jatuh seperti itu, ya. Lain kali memang harus lebih hati-hati lagi ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih nasehatnya ya,kak Muyasaroh.
      Aku akan lebih berhati-hati,terutama saat di lokasi air terjun atau di lokasi yang ada unsur airnya.

      Hapus
  16. Yogya ternyata punya tempat wisata air terjun dan sungai yang indah, ya mas.

    Saya lebih suka menikmati suasananya yang asri sambil melihat sungai dan air terjunnya sambil foto-foto saja sih.

    Tapi kalau untuk nyemplung enggak deh, selain nggak bisa berenang juga suka pusing jika berada ditengah-tengah air, hehe.. katrok yaa..

    Namun tempat ini recommnded sekali buat yang suka berwisata air nih, keren.. :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ... kak Anjar takut bermain air ya ?.
      Adikku paling kecil juga iya seperti kak Anjar,ngga berani berlama-lama disana.

      Kalo gitu, ntar kalo kak Anjar kesini wi-fian di gazebo taman aja,kak.
      Wi-fi nya ngebut dan free pula 😁

      Iya,kak.
      Kabupaten Yogya punya sederet air terjun keren dan difungsikan bisa untuk berenang-renang.

      Hapus
  17. Sip. Mainan air nih. Enak adem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main ke lokasi ini,Adi ☺
      Ngadem main air juga sambil wi-fian.

      Cuman kalo ke lokasi,pastikan dulu fungsi rem kendaraan dengan baik.
      Rute jalannya ... wuih,naik turun tajam.

      Hapus
  18. Kak himawan kayanya emang suka banget traveling dan pergi ke wisata alam ya kak.. Keren banget pemandangannya. Ak kira air sungat ternyata air terjun alami yaa.. itu foto selfie pake ban keyen banget hehe jadi pengen ikutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ... ayok kak Vika ikutan main air pake ban 😁
      Sensasinya seru kak naik ban, bentar-bentar ban melintir kebawa arus 😃

      Iya,kak aku suka banget travelling.
      Semoga ya kak suatu saat nanti aku kesampaian jadi fulltime blogger travelling ☺

      Hapus
    2. Wah..curang ini teh Vika nggak ngajak-ngajak ya...hehehe

      Hapus
  19. Wah seru kayaknya tu, murah lagi. Pokoknya semangat terus mas dan hati hati kalau lagi berpetualang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih nasehatnya,Timoti.
      Kamu juga ya.

      Kapan-kapan travelling kesini,ajak temen-temen kamu biar rame 😁

      Hapus
  20. Wew.. Kok sepi banget..
    Boleh tah masuk sebelum jam buka..?

    Kalau pas weekdays emang sepi tu Sungai Mudal, tapi kalo weekend atau liburan pasti ruame..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya rada rame saat aku kesini,cuman aku sengaja berfoto ngga kliatan banyak orang.

      Boleh,masuk ke lokasi ini.
      Ngga ada portalnya.
      Cuman kalo mau kemping atau datang lebih awal dari jam buka tinggal bilang ke petugas disana.

      Yups,kalo weekend lokasi ini rame kayak dawet 😁 ...
      Tapi tetep seru juga loh kalo banyak orang di kolam pake ban pelampung ... pasti jadi tabrak-tabrakan 😁

      Hapus
  21. Tiketnya murah, pemandangan bagus, kolamnya seru. Aku pernah KKN di daerah menoreh sih tapi disana nggak ada sungai, malah air agak sulit, harus ambil dari tuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuiih ... KKN nya di desa mana saat itu,kak Lusi ?.
      Pengin kesana pengin lihat tuk nya.

      Jadi kak Lusi belum sempat ke lokasi ini ya sewaktu KKN dulu ?.
      Ntar kapan ada waktu,dolan ke air terjun ini, kak ...

      Seru main-main air disana 😁

      Hapus
  22. Waah tulisan lama bersemi kembali nih.. Ku belum pernah kesini, pengiiin dong main air pakai pelampung takut tenggelem sih.. Hhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha kak Ella bisa aja niih 😅 ...
      Kushare ulang di G+ agar temen-temen tau lokasi ini,kak.

      Ngga dalem kok kolamnya,cuma sebatas dada orang dewasa ☺
      Travelling kesini,kak ...

      Dari Banjarnegara kota kak Ella tinggal jauh juga sih kesini,ya ...
      Bisa jadi sekitar 6 jam kurang.

      Hapus
    2. Tenang mba Ella, saya siap jadi "pelampung" biar mba Ella nggak tenggelem...wkwkwk

      Hapus
    3. Hellow, kak Ella ....
      Kak Ella mana niih 🤔 ?
      Tuh ada mas Dody yang siap jadi 'pelampung' dadakan ...
      biar kak Ella ngga kelelep 😉

      Hahahahaha ...
      Mantaaap aakh ... 😃

      Hapus
  23. segerr uwer uwer...bisa mandi dan berenang di lokasi wisata seperti ini
    harga tiket terjangkau
    hati2 untuk anak kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups,segeeer banget,mas 😁

      Anak kecil wajib didampingi terus oleh orang dewasa main ke lokasi ini, takutnya ngga terawasi dengan baik bisa membahayakan keselamatan mereka.

      Hapus
  24. Aaarrghh... Fix.. aku butuh liburan yang seperti ini nih. Dah terlalu lama memandangi gedung2 tinggi yang nyebelin dan membosankan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung mas ke sana aja

      Hapus
    2. Ayoook,kesini,kak Miftha 😁
      Langsung fresh pikiran dan ilang bete ngliatin gedung2 tinggi ...

      Berenang-renang di air alami dan wi-fian gratis disini 😉

      Hapus
  25. wah... tiket masuknya murah sekali mas..
    harga segitu dan dapat pemandangan yang bagus dan keren.. sekitarnya hijau banget..
    plus kolamnya asri sekali..

    dan tidak terlalu banyak orang juga ya disana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan dan bisa buat contoh lokasi wisata lain harga tiketnya di lokasi ini murah terjangkau, kak ...
      Ngga perlu lokasi wisata lain mematok harga tinggi.

      Ayook,travelling kesini ...
      Seru loh renang-renang dikolamnya.

      Kalo pas weekend rame kayak dawet kak 😃
      Tapi kalo hari biasa, lumayan rame.
      Aku memang sengaja berfoto di lokasi ini ngga kliatan banyak pengunjung 😁

      Hapus
  26. saya kalau dah lihat air jernih didampingi pepohonan nan indah dengan angin sepoi2, pasti betah dan ngak mau pulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini nih lokasi kesukaan mas Ibrahim 😁
      Sekalian nyobain berenang dikolamnya sewaktu ntar ke lokasi ini,mas ...
      Seru,loh 😉

      Berkemah juga disana ntar,mas.
      Atau bermalam di rumah pengelola yang ada di halaman wisata.

      Hapus
  27. pemandangan alamnya sepertinya sangat indah sekali Mas, semua orang pasti betah liburan disana.

    Pengambilan fotonya juga sangat bagus, tapi ada yang saya heran.....

    " Mas bisa terbang yach " .... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahahahaha 😂
      Aku kan manuk kutilang,kang Nata ...
      Jadi bisa adegan terbang melayang 😉

      Terimakasih ya udah dipuji pengambilan gambarnya bagus, jadi tersandung ... ,eh tersanjung 😊

      Main kesini,kang ...
      Ngadem main-main air 😉
      Ada ban pelampung kok kalo takut berenang 😁

      Hapus
    2. hahahah.... saya mah Anak Bolang Mas, soal berenang paling anti pakai pelampung soalnya pasti diketawain oleh teman2, mereka pasti bilang " anak Mama nich yeee......pakai pelampung segala," :)

      Hapus
    3. Wuiih mantaaap ...
      Brarti kang Nata ini jago berenang ya 😁 ...

      Dikasi pelampung,pasti langsung disingkirin ... ,langsung nyebur renang ngga pake alat pengaman 😃

      Hapus
  28. Waah.. dikembangkan oleh PT PLN, semoga kolamnya ndak nyetrum heheheh becanda... kok dibantu pengembangannya oleh PLN bro? Apa aliran airnya digunakan sebagai sumber PLTA?

    2000mdpl apa disana airnya tidak dingin banget?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha .. 😃
      Tenang aja, airnya aman ngga nyetrum kok, bro.
      Main-main air kesini, bro ....
      Airnya ... brrrr ... sejuk dingiiin 😉
      Suerr !
      Pasti, betah renang-renang disana 😉

      Dibina PT.PLN untuk tampilan lokasinya ditata lebih oke, bro ... seperti yang terlihat sekarang ini.
      Ada taman dilengkapi gazebo, taman anggrek untuk edukasi anak, pipa saluran air untuk ke sekitar 135 warga penduduk, dllnya.

      Hapus
  29. Wih, kok air sungainya deras gitu yaa. Saya mah takut hanyut kalau gitu, wkwk. Soalnya saya gak handal berenang. Tapi kalau ada pendamping mungkin berani kali ya, karena lebih safe :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh 😲
      Wkkkwwk ...
      Jangaan ... jangaan takut duluan,kak Anisa 😂

      Pake pelampung aja main-main airnya, kak 😉

      Di kolam terbawah lebih safety digunain, karena ditampung dengan pagar lingkaran pengaman.

      Kalo kolam yang atas seperti yang kugunain di fotoku ini, sekelilingnya benar-benar alami dan pembatasnya berupa pagar bambu untuk ngalirin air ke lokasi dibawahnya.

      Hapus
  30. Masih alami banget.. Tinggal dipoles dikit sudah bisa menyaingi wisata dunia.. Semoga pengunjung yg dtg tangannya nnggak gatel bikin rusak yg ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sependapat,mas Heri...
      Seandainya lokasi ini dibenahi sedikit, misalnya warung makan dibentuk lebih modern menyerupai kafe ... lokasi ini bisa mendunia namanya.

      Hapus
  31. asyik tu mas buat arum jeram, sungainya bersih lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dilihat susunan bebatuan aliran airnya tegak lurus hampir 90 derajat,kayaknya ngga memungkinkan buat arung jeram,mas Maschun.
      Ntar yang ada, terjun bebas 😁

      Iya,airnya jerniih banget ... dan sejuk dingin.
      Nyebur ke kolamnya, langsung seger ... hehehe

      Hapus