Friday, December 22, 2017

Benteng Fort Willem I - Benteng muram sarat sejarah

" Masuk,masuk ...", teriakan lantang aba-aba dari seorang ibu di belakangku saat ia masih berada diatas motornya, berada di belakangku.
Spontan aku menoleh mendengar teriakannya.
Ibu itu memerintahkan dengan nada tegas  sekali lagi " Masuk ! ", sambil mendongakkan dagunya sebagai isyarat menunjuk ke lokasi dimana aku harus memarkirkan kendaraanku.
Si ibu itu yang suara tegasnya dan perawakannya terlihat seperti seorang anggota kemiliteran memerintahkan motorku untuk diparkir di dalam ruangan tengah sebuah bangunan rumah sederhana yang tak ada satupun barang tergeletak disana.

Sejurus kemudian setelah kuparkirkan kendaraanku ditempat yang ia perintahkan dan ibu itu juga terlihat telah memarkirkan kendaraannya di depan halaman rumah tempat aku memarkirkan kendaraanku, ibu itu kudatangi dan kutanyai terlebih dulu sebelum dia sempat menanyaiku.

Kutanyakan boleh tidaknya untuk berkunjung ke dalam area dan kujelaskan maksud tujuan kedatanganku ke benteng Fort Willem I ini.
Awalnya sewaktu dia kutanyai, ekspresinya masih tetap terlihat datar seperti yang terlihat saat aku melihatnya pertama kali bertemu berpapasan dengannya di persimpangan jalan kecil menuju ke lokasi ini dan sewaktu dia meneriakkan perintah untuk memarkirkan kendaraanku ditempat yang ia tunjukkan, tapi setelah kutanyai tak kusangka ibu itu menjawab dengan suara melunak dan tersenyum ramah untuk memperbolehkan masuk area setelah mengisi dana administrasi Rp.5.000 ,-.

Blaaaa ... aast !.
Plong rasanya mendengar jawabannya.
Ternyata ijin memasuki areanya, tidaklah sesulit yang aku bayangkan sebelumnya.
Ketegasan bicara dan sikap ibu itu baru kupahami setelah kulihat sebuah papan tulisan berukuran kecil yang bertuliskan ' Tanah milik TNI AD ' yang didirikan di seberang rumah tempat aku memarkirkan kendaraanku.
Kemungkinan besar ibu itu adalah memang salah satu anggota TNI yang sedang bertugas di jalur belakang area lokasi bangunan ini.
Pantas saja, perawakan dan suaranya sangat tegas seperti itu.

Tadinya aku sempat akan mengurungkan niatku untuk datang ke lokasi ini setelah mendapat informasi dari petugas kepolisian yang kutemui di depan terminal Ambarawa, saat ia terlihat  sedang berpatroli mengatur lalu lintas disana.
Menurut penjelasannya, sekarang ini untuk dapat memasuki areanya harus melalui prosedur perijinan terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya ke petugas jaga markas TNI yang berada di jalur depan lokasi.

" Waduh, bakalan lama nih proses perijinannya ", pikirku dalam hati.

Tapi aku tak lantas patah semangat untuk mencoba mendatangi lokasi dan mencoba mencari informasi tambahan lagi demi memenuhi rasa penasaranku untuk bisa melihat langsung lokasi.

Informasi selanjutnya kuperoleh dari seorang pedagang makanan yang berada di pinggir rel kereta api dekat lokasi.
Dari pedagang makanan ini, kuperoleh informasi bahwa untuk dapat memasuki area bangunannya dengan mudah tanpa harus melewati proses perijinan terlebih dahulu, aku disarankan masuk ke lokasi melalui sebuah gapura saja yang berada di samping rumah sakit RSUD.

Mendapat informasi seperti itu, aku memantapkan hati untuk terus mencoba mendatangi lokasi.
Dan dari jalur belakang area bangunan inilah akhirnya aku tiba di lokasi, bukan melalui jalur depan tempat markas TNI berada.

Sebenarnya, bangunan benteng Willem Fort I atau lebih dikenal oleh masyarakat dengan nama benteng pendem Ambarawa ini bukanlah sebuah lokasi wisata.
Tepatnya, belum ditetapkan sebagai destinasi wisata oleh pemerintah sampai sekarang ini, meski keindahan arsitektur bangunan dan sejarah dibaliknya sangat mendukung untuk ditetapkan sebagai destinasi wisata cagar budaya yang potensial, mendatangkan banyak kunjungan dari traveller domestik ataupun traveller mancanegara.

Trip Of Mine
~ Benteng Fort Wiilem I ~ 

Fungsi benteng Fort Willem I saat ini masih digunakan tempat tinggal sejumlah warga di bagian atas bangunan benteng di sebelah utara dan juga sebagai Lembaga Pemasyarakatan di bangunan sebelah barat.
Selebihnya hampir keseluruhan area bangunannya dibiarkan terlantar begitu saja, tanpa ada penanganan dan perawatan berarti.
Rumput-rumput dan tanaman liar tumbuh subur menjulang tinggi terlihat dibeberapa dinding bangunan dan terlihat pohon besar tumbuh menempel di salah satu dinding gedung yang mulai terlihat rusak, dibawahnya berserakan tumpukan sampah.
Hanya di bagian tengah area yang difungsikan sebagai jalan saja yang tampak sedikit lebih rapi.

Trip Of Mine
Salah satu bagian benteng yang terpisah dari bangunan induk

2 bagian bangunan benteng terlihat terpisah dari bangunan induk dan berada di genangan air pertengahan persawahan mulai terlihat tak jauh setelah masuk melalui jalan kecil melewati sebuah gerbang yang tepat berada di samping rumah sakit angkatan darat Ambarawa.

Uniknya, tembok gerbang yang dicat berwarna putih kelabu itu tak menuliskan kata benteng tapi ' beteng '.
Mungkin penulisannya seperti itu mengikuti dialek gaya bahasa Jawa pada jaman dulu.
Itu terbukti dari percakapanku dengan beberapa warga setempat sewaktu mereka bertanya dari kota mana asalku, mereka menyebut nama kotaku dengan ' Megelang ', bukan ' Magelang ' , setelah kujelaskan dari mana kota asalku.

Jalan kecil menuju ke lokasi dibuat sangat sederhana , di paving tanpa diplester semen yang menyebabkan tanah menjadi becek dan cukup licin terkena air hujan saat dilalui.
Dari gerbang melewati perkampungan di sebelah kiri dan persawahan di sebelah kanan, selanjutnya tampak pemandangan 2 bagian bangunan benteng berukuran besar yang terkesan menakutkan itu.

1 bangunan benteng berukuran besar di sebelah kanan berbentuk kotak, kondisi bagian atasnya ditumbuhi oleh semak - semak tanaman liar.
Di sebelah kiri tampak bangunan benteng yang juga berukuran besar dan tampilannya dilengkapi dengan lengkungan-lengkungan yang ditumbuhi semak belukar didalam dan sekitarnya.

Kedua bangunan benteng ini jaraknya terpisah beberapa meter satu sama lain dilihat dari jalan kecil yang kulalui.
Banyaknya koloni burung-burung sriti berterbangan diatas persawahan dan di sekitar benteng menambah kesan misterius dan keangkeran lokasi bangunan indah ini.

Trip Of Mine
Sisi luar benteng bagian utara

Bangunan inti benteng Willem Fort I sendiri berada di sejajar garis lurus jalan yang kulalui dan tak jauh dari bangunan rumah tempat area parkir.
Indah struktur bangunannya, tapi pasti menakutkan buat siapapun yang pertamakali melihatnya.
Bangunan terlihat membujur memanjang dibuat 2 lantai, dilengkapi terowongan sebagai akses keluar masuk area.
Bangunan benteng tampak kokoh meski tampilan luar dindingnya terlihat telah banyak mengalami kerusakan.
Banyak dinding mengelupas, terlihat batu bata bagian dalamnya yang ditumbuhi beberapa tanaman liar dan tampak jemuran pakaian bergelantungan di bagian atas bangunan milik para warga yang mendiami lantai 2 benteng.

Saat aku mulai mencoba memasuki terowongan, area hawa mistis dan aroma lembab sangat terasa berada di dalam sana ...

Trip Of Mine
Bangunan dilihat dari terowongan area

Keseluruhan dinding benteng bagian dalam area tak berbeda jauh dengan kondisi dinding benteng bagian luar, sama-sama mengalami banyak kerusakan yang terlihat memprihatinkan.

Ditengah area terdapat jembatan kayu yang dulu difungsikan sebagai penghubung bangunan utara dan bangunan barat, namun kini sudah tak dapat lagi berfungsi akibat mengalami kerusakan.

Trip Of Mine
Jembatan kayu yang kini tak berfungsi

Trip Of Mine
Salah satu dinding ditumbuhi tanaman liar

Pengunjung hanya diperkenankan mengitari area di bagian utara, sebatas area berbentuk U mengelilingi badan gedung.
Di tiap ujung U areanya menyambung ke markas militer yang dipergunakan sebagai area penjara atau Lembaga Pemasyarakatan dan untuk dapat memasukinya memerlukan perijinan khusus sebelumnya.
Larangan berikutnya untuk pengunjung, tidak diperkenankan menaiki bangunan lantai 2 yang ditempati oleh beberapa anggota keluarga disana.

Trip Of Mine
Tangga menuju bagian atas benteng

Trip Of Mine
Arsitektur benteng yang megah dan menawan

Trip Of Mine
Deretan lengkungan berderet rapi

Trip Of Mine
Benteng Fort Willem I salah satu saksi bisu kejayaan VOC di pulau Jawa


Sejarah benteng Fort Willem I

Benteng Fort Willem I dibangun oleh VOC di kota Ambarawa pada tahun 1834 saat berkuasa menduduki pulau Jawa.
Pembangunannya selesai pada tahun 1845.
Benteng berbentuk bujur sangkar ini dibangun berada di bawah tanah atau terkubur di dalam tanah sebagai strategi perang melawan musuh dan sekeliling bangunannya dilengkapi saluran parit untuk memaksimalkan pertahanan.

Karena dulu keberadaanya didalam tanah inilah masyarakat sekitar menyebutnya dengan benteng pendem ( Bahasa Jawa, Pendem : terkubur, terpendam ).

Arsitektur bangunan yang dilengkapi desain lengkungan-lengkungan jendela dan tidak terdapat lubang dinding untuk meletakkan meriam di bagian atas benteng tersebut, menandakan fungsi bangunan ini dulu pada masanya digunakan bukan hanya sebatas untuk benteng pertahanan menghadapi musuh saja, tetapi fungsinya juga merangkap sebagai ruang penyimpanan data logistik.

Dugaan itu diperkuat dengan jarak keberadaan lokasi benteng cukup dekat dengan stasiun kereta api yang juga dibangun pada masa pemerintahan VOC dan sama-sama menggunakan nama Willem I di kedua bangunannya.
Lokasi stasiun itu, kini difungsikan sebagai museum kereta api Indonesia.

Lalu siapakah sebenarnya sosok Willem I yang namanya dipergunakan sebagai nama bangunan benteng ini, juga namanya dipergunakan untuk sebuah benteng kecil di kota Ungaran dan nama sebuah stasiun kereta api di Ambarawa ?.

Willem I adalah raja Belanda yang bertakhta di kala itu dan sebagai bentuk penghormatan dari kepemerintahan VOC di Indonesia, nama raja Willem diabadikan di ke 3 bangunan tersebut.

Kota Ambarawa dipilih oleh VOC karena dianggap kota berada di lokasi strategis untuk membangun basis kekuatan militernya saat itu.
Lokasi Ambarawa merupakan jalur pertemuan antara kota Semarang, kota Yogyakarta dan kota Surakarta.
Belanda tak hanya membangun sebuah benteng berbentuk modern ini saja, tetapi juga membangun benteng-benteng dan kamp-kamp militer di sepanjang kota Semarang, kota Ungaran, kota Salatiga dan kota Surakarta .
Hal ini dilakukan oleh Belanda agar selalu mudah berhubungan dengan kerajaan Mataram.


Riwayat panjang benteng Fort Willem I 

• 1834 - 1845 =  pelaksanaan dan penyelesaian pembangunan benteng.

• 1853 - 1927 =  digunakan sebagai barak militer KNII yang terhubung dengan kota Magelang, kota Yogyakarta dan kota Semarang.

• 1865 =  terjadi gempa bumi besar yang menyebabkan beberapa bagian bangunan mengalami kehancuran.

• 1927  = fungsi benteng yang semula dari penjara untuk anak-anak menjadi penjara tahanan politik dan tahanan dewasa.

• 1942 - 1945 = dikuasai oleh Jepang dan digunakan sebagai kamp militer.

• 1945 = sebagai markas Tentara Keamanan Rakyat.

• 1950 = sebagai penjara dewasa dan barak militer.

• 1985 = sebagai penjara anak-anak dan barak militer.

• 1991 = sebagai penjara kelas II B dan barak militer.

• 2003 - sekarang = sebagai lembaga pemasyarakatan atau penjara kelas II A dan barak militer.


Melihat pesona keindahan arsitektur bangunan benteng dan catatan panjang sejarah dibaliknya ... , bangunan bersejarah ini jika suatu hari nanti terealisasikan menjadi destinasi wisata seperti museum Lawang Sewu di Semarang, bisa dipastikan keberadaannya menjadi tujuan wisata yang banyak menarik minat traveller lokal dan mancanegara untuk berdatangan mengunjunginya.

Trip Of Mine
~ Arsitektur menawan benteng Fort Willem I ~


Lokasi :
Lodoyong, kota Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa-Tengah

Tiket : 
Rp. 5.000 + berikut beaya parkir
( Sebenarnya bukan beaya tiket tapi pengisi kas administrasi. Kondisi sewaktu-waktu dapat berubah )

Info tambahan :

• Jam berkunjung jam 08.00 - 17.00
• Lokasi berada tepat di belakang RSUD Ambarawa dan dibelakang markas Ksatrian Turangga Ceta TNI.

Tips berkunjung ke benteng Fort Willem I :

• Pergunakanlah alas kaki yang nyaman, mengingat semua area masih berupa tanah. Terutama saat musim penghujan, kondisi permukaan tanah menjadi becek untuk dilalui.
• Perhatikan tata tertib yang berlaku dengan baik.









25 comments:

  1. Wouw... baru aja sampai .. brader sudah disambut dengan teriakan lantang tegas seorang ibu.. yang ada brader pasti kaget dan agak keder juga ya? Hehehe... Tapi setelah brader berjalan dan mendekati untuk bertanya kepada ibu tsb ekspresinya lantas berubah menjadi lebih ramah.. Hehehe.. . Apakah sikap ibu tsb karena beliau memang anggota TNI Angkatan Darat ya brader?

    Dan untuk memasuki lokasi benteng ini nggak perlu birokrasi perijinan yg berbelit2 ya? seperti info pertama yg diperoleh brader..
    Untunglah brader nggak nyerah dan rajin bertanya pada siapa aja.. dan ternyata memang ada jalan yang lebih mudah untuk memasuki area benteng tsb yaitu bisa melalui jalur belakang bukan jalur depan.
    Beruntung brader karena bertanya dan mendapat petunjuk dari pedagang makanan..
    Semoga pedagang makanan yang baik tsb mendapat kemudahan dalam hidupnya ya karena dia membantu mempermudah urusan orang lain.. :)

    Ooh ternyata benteng peninggalan peninggalan Belanda ini bersebelahan dengan Rumah Sakit Umum milik Angkatan Darat juga ya?

    Oh jadi benteng pendem Ambarawa ini belum.ditetapkan sebagai lokasi tujuan wisata oleh pemerintah ya? Karena sebagian bangunan benteng ini masih difungsikan sebagai lembaga pemasyarakatan dan lantai dua nya digunakan sebagai pemukiman warga.
    Jadi benteng ini masih belum bisa dijadikan cagar budaya ya brader?

    Kalau boleh tahu di lantai dua benteng pendem Ambarawa ini dihuni oleh warga angkatan darat juga atau oleh warga sipil biasa? Aku bertanya2.. penghuni lantai dua tsb.. Kok mereka berani ya? nggak takut mendiami bangunan peninggalan jaman Belanda dulu.. Apa kalau malam mereka nggak terganggu oleh hal2 gaib yang mungkin ada mengingat bangunan benteng ini kan sudah tua? sudah berumur ratusan tahun lamanya sejak jaman VOC dulu..
    Membayangkan seperti itu rasanya kok serem ya? Hihihihi...

    Oh ya ? Seperti yang tertulis di atas bahwa pertama dibangun.. benteng Fort Willem I ini berada di bawah tanah sebagai pertahanan melawan musuh saag itu.. dan di bagian manakah bangunan benteng yang terletak di bawah tanah itu? apakah brader juga sudah memotret mengambil gambar bangunan benteng di bawah tanah itu?

    Bangunan benteng rata-rata mempunyai ciri khas bangunan dengan arsitektur Belanda..yang unik..ya? dan bangunan benteng peninggalan Belanda ini selain sebagai bangunan bersejarah juga baik bila dijadikan Cagar Budaya dan sebagai lokasi destinasi wisata domestik dan mancanegara :)





    ReplyDelete
  2. Hehehehe ....
    Iya kaget waktu denger teriakannya,sista.
    Kirain akan kena tegur dan langsung teringat info yang harus memerlukan ijin khusus sebelumnya untuk memasuki area benteng.

    Iya,mbak pedagang makanan soto yang ngasi info rute jalur belakang benteng itu baik banget,ramah orangnya.
    Dengan teliti dia menunjukkan rutenya.
    Semoga usaha dagangannya lebih lancar,Amin.

    Lantai 2 di bagian Utara benteng ini menurut informasi ditempati oleh sebagian besar keluarga TNI.
    Aku juga sempat berpikiran seperti sista ..... Kok ya mereka bernyali besar tinggal di bangunan ratusan tahun lalu dan rusak terbilang parah seperti itu .....
    Sebelum melewati pintu terowongan, di sebelah kiri tampak deretan toilet yang rusak dan ditumbuhi rumput lebat dan tinggi.
    Foto dinding yang kufoto yang ditanami pohon liar itu areanya menakutkan dilihat aslinya. Tanaman liar dan sampah menumpuk dibawahnya.
    Ada satu area blok bangunan di posisi U yang tembus ke halaman markas TNI dan penjara yang semak belukarnya sampai tinggi nyaris sampai tengah badan bangunan ....dan aku ngga berani melewatinya,takut ada ular disana.
    Lokasi benteng ini pernah dijadikan shooting reality show oleh komedian terkenal untuk mengulas hal gaib di lokasi,sista.

    Bangunan benteng ini dulunya di bawah tanah,sista.
    Sekarang tampak dari permukaan tanah,jadi yang terlihat sekarang ini adalah bangunan yang dulu sekitarnya terpendam di bawah tanah untuk strategi perang,tidak tampak dari luar.

    ReplyDelete
  3. Hehehe... Untung ya brader cuma diteriakin lantang oleh si ibu tegas tsb.. Coba misalkan sama si ibu tsb brader disuruh baris berbaris dulu untuk syarat masuk ke benteng pendem ini..? Hahahaha..

    Oh sebelah utara benteng ini di lantai 2: didiami oleh keluarga TNI ya?
    Ternyata brader juga berpikiran sama dengan aku.. Kalau keluarga yang mendiami di lantai 2 benteng ini memang berani mempunyai nyali tinggal di banguna tua berumur ratusan tahun peninggalan Belanda ini.

    Ouw dinding yang ada di foto ino dtumbuhi tanaman liar ini aslinya menakutkan ya brader? Kok sayang ya bangunan benteng inii ditumbuhi banyak tanaman liar sehingga kesannya kurang perawatan..
    Ada area bangunan yang menghubungkan langsung dengan markas TNI.. dan bangunan ini ditumbuhi semak belukar yang tinggi? Wah siapa yang berani melewatinya ? Kemungkinan besar ada ularnya...

    Oh di lokasi benteng Fort Willem I ini pernah dibuat syuting reality show Om Tukul Jalan-Jalan ya brader? Reality show tsb memang sering diadakan di bangunan2 tua untuk mengulas hal-hsl ghaib.

    Jadi bbangunan enteng ini dulunya memang di bawah tanah? Maksudnya bagaimana brader? Apa Sekarang bangunan yang terpendam di bawah tanah nggak tampak dari luar? bangunan yang di bawah tanah apa nggak bisa dipotret utk diambil gambarnya brader?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahhaaahaha ....
      Apa jadinya ya kalo aku beneran di setrap untuk melakukan gerakan baris berbaris ala militer seorang diri masuk ke area benteng ......
      Gara-gara aku pengin banget masuk benteng.

      Sewaktu aku melihat deretan jemuran di lantai atas yang terlihat dari sisi dinding luar benteng pikiranku langsung bilang berani banget mereka berada di situ tengah malam ........
      Bisa dibayangkan seperti apa sepi dan gelapnya suasana sekitar benteng saat malam hari ......

      Area benteng di bentuk U yang nembus ke halaman markas dan lapas yang ditumbuhi semak belukar nyaris setengah badan tinggi benteng aku duganya juga kemungkinan besar jadi tempat persembunyian hewan,entah ular atau apa .... Mengingat area benteng bersebelahan dengan persawahan.

      Wuiiih ....
      Sista hafal nama komedian pembawa acara reality show itu.
      Ngefans ya ....
      Hehehehe ...

      Keseluruhan benteng yang terlihat masyarakat umum ini dulu nya terpendam dalam tanah,sista.
      Entah, kalau di dalam ruang yang digunakan sebagai penjara saat ini .... Itu ada bagian benteng yang berada di dalam tanah atau ngga nya.
      Mungkin ada ya .....
      Kalo melihat struktur bangunan Belanda seperti gedung Lawang Sewu itu kan juga ada ruangan bawah tanah nya ,ya .....
      Kemungkinan benteng ini pun juga ada tapi tidak atau belum di ekspos keseluruhan areanya.

      Misterius,ya ...

      Delete
  4. Hahahaha.. Iya aku bayangin seandainya brader bener disuruh baris berbaris ala militer seoranv diri.. dan baris nya mengelilingi markas TNI.. Astaga..! :)

    Iya ya keluarga yang bertempat tinggal di lantai 2 benteng memang betah ya tinggal di suasana gelap dan sepi di malam hari.

    Ohb area benteng berbentuk U yang ditumbuhi semak belukar lebat dan tonggi ya? kalau rimbun brgitu.. bisa jadi untuk tempat persembunyian hewan seperti ular. Sayangnya kok dibiarkan seperti itu ya?
    Seandainya dipotong semak belukarnya dan tanaman2 liar lainnya pasti akan terlihat lebih indab.

    Ooh jadi dulunya memang keseluruhan bangunan benteng ini terpendam.di bawah tanah..
    Iya di area benteng yang dipakai sebagai penjara tsb mungkin ada ruangan bawah tanahnya ya? seperti bangunan bersejarah Lawang Sewu.. Tapi belum diketahui karena belum diekspos untuk umum.
    Iya Misterius.. Masih bbelum.ditetapkan sebagai cagar budaya..

    btw jadi aku benar kan? lokasi ini pernah dibuat syuting acara Om.Tukul.jalan-jalan..yang acaranya itu meliput tentang hal-hal ghaib.
    Hehehe.. Aku nggak ngefans kok sama komedian tsb.. Aku jarang nonton acara tsb..karena kurang demen ngelihat acara horor2 begitu.. takutnya malah nggak bisa tidur kalau malam..
    Hihihihi.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ....
      Untung ngga terjadi seperti itu....

      Tebakan nama komedian itu betul banget.
      Sewaktu tayangan tentang info benteng ini aku cuma lihat sebentar karena keburu ngantuk waktu itu.

      Ouu ... Sista takut ya nonton acara seperti itu ?.
      Kalau aku dulu iya,takut lihat tayangan seperti itu.
      Tapi seiring usia ngga takut lagi nonton acara tv seperti itu.
      Kalau nyata,bukan di tv atau bioskop ... Tergantung tempat dan feeling-nya.
      Kalo feeling mengatakan ada 'penunggunya' baru timbul rasa seram.

      Delete
  5. Hihihi.. Iya bener untung nggak kejadian brader baris berbaris.. :)

    Iya sewaktu acara yang dibawakan komedian tsb.. minggu malam tayangnya ya di tv? ..sebenarnya aku pengen sekali nonton acaranya itu dari awal sampai akhir karena penasaran dengan cerita ttg hal ghaib yg terjadi pada suatu rumah atau bangunan tua.. Tapi berhubung aku nontonnya sendirian.. Jadi rasa takutku mengalahkan rasa penasaranku.. Hehehe..:)

    Kalau brader sich.. seneng aja nonton acara2 tentang hal2 ghaib begitu ya kan? Hahahaha...

    Oh dalam kejadian yg benar2 nyata .. sering ya brader punya feeling suatu tempat ada "penunggunya".. Kalau feeling nya bilang ada.. pasti ada ya?
    Berarti feeling brader. itu kuat dan tajam terhadap sesuatu hal yang ghaib ya?
    Nggak semua orang bisa merasakan seperti demikian.
    Aku yakin brader dianugerahi kelebihan. Sixthsense..
    Anugerah dan karunia kelebihan yang patut disyukuri.. :)

    ReplyDelete
  6. Hehehehe ...
    Ntar tau-tau ada sosok yang nemenin disamping sista waktu nonton tayangan gaib seperti itu kalo nonton sendirian loh ...

    O, 'bakat' seperti itu suatu anugerah ya,sista ?.
    Tapi malah menakutkan dan sering membuat bingung loh kalo pas ngga sengaja lihat penampakan begitu ....
    Jadi nebak-nebak sendiri sebenarnya apa dan siapa sosok itu.
    Palingan ku anggap mungkin penjaga suatu tempat.

    Ada satu cerita lucu loh di lokasi ini,sista ....
    Saat aku mau melewati pintu terowongan setelah lihat2 area dalam paparan sama cowok cewek yang mau lihat area juga ... Tau2 cowoknya bilang 'ngga mau akh takut' si cewek narik tangan si cowok 'ngga apa-apa ayooo' .....
    Akhirnya cowok itu mau diajak masuk area.
    Aku sempat geli lihat adegan itu ...
    Lah kok cowoknya yang malah yang mau mundur masuk lokasi ... itu gimanaaaa ? ...Hahahahaaha

    ReplyDelete
  7. OouW My God? .No..!.No..! Ogaah..!! Aduuuhh..! Jangan sampai ya ada sosok yg nemani aku kalau nonton tayangan ghaib sendirian?? Bisa sport jantung langsung lemes aku.! Hiiii..! Brader kok malah nakut-nakutin aku sich..??
    J-a-h-a-t..! Hihihi..! :)

    Iya seseorang yang punya bakat " melihat" hal2 ghaib bisa disebut anugerah karena dikaruniai bakat kelebihan sixthsense oleh Tuhan.. itu bisa juga terjadi karena turun temurun dari pihak orang tua atau pihak kakek nenek.. Mungkin saja tanpa disadari.. brader memiliki bakat turunan yang bisa "melihat" dengan feeling yang sangat peka terhadap hal-hal ghaib.. dan itu semua nggak bisa dihindari ya kan?

    Iya ya bener juga.. punya kelebihan yaitu bakat bisa "melihat" itu kadang-kadang malah menakutkan ya brader? Karena siap nggak siap harus tetap melihat suatu penampakan yang entah itu apa dan siapa.. dan berwujud ghaib..
    Tapi brader bisa mengatasinya ya dengan berpikiran dan menganggap bahwa sosok penampakan itu pasti adalah sosok penunggu area tsb.

    Ooh sast itu nggak hanya brader seorang yang mengunjungi lokasi benteng imi ya..? Kebetulan ada pengunjung laun sepasang cowok cewek yang juga berada di lokasi area benteng fort willem I ini...
    What..?? Jadi yang nyalinya ciut takut malah yang cowok? Whuahahahahs..! Ngakak geli aku..! Lucuu..! Masa yang cewek lebih pemberani masuk ke dalam terowongan benteng ketimbang yang cowok? Astaga..! bagaimana itu? kebalik itu.. namanya..? Itu cowok penakut namanya.!! Pas lihat adegan lucu itu. apa brader nggak pengen ngakak? Hahahaha...!

    ReplyDelete
  8. Saat aku lihat mereka tarik-tarikan tangan itu aku sebenarnya pengin ngajak tapi kutahan cuma mesem ...takut mereka kesinggung,sista.
    Mereka kuajak senyum saja ngga balas senyuman entah malu atau memang lagi fokus jadi ngga nya masuk area karena tarik-tarikan tangan itu .....
    Hehehehe

    Syukurlah seiring waktu 'kemampuan'ku yang dianggap sista sebagai suatu anugerah itu ngga sejelas dulu waktu aku kecil,sista.
    Dulu waktu aku kecil bisa lihat sangat jelas sosok seperti itu,kalau sekarang lebih sering terlihat seperti samar-samar saja,hanya sekali waktu saja lihat jelas.

    ..... Hahahahaaha !
    Kok takut siih ....
    Diajak ngobrol ato diajak barengan ngemil aja kalo tiba-tiba ada yang nongol dari belakang sofa yang sista dudukin ........
    Kan seruuuu tuh ....
    Ada yang bisa diajak sharing bahas adegan film yang ditonton ....
    Hahahahaaha ...

    ReplyDelete
  9. Maaf, maksudku bukan 'ngajak' di kalimat ... tapi kutahan cuma mesem, takut mereka tersinggung.
    Semestinya 'ngakak'

    ReplyDelete
  10. Ooh saat ngelihat mereka cowok cewek itu tarik-tarikan sebenarnya brader sudah pengen ngakak ya tapi ditahan... Hahaha.. Kalau aku yang ngelihat mungkin sudah nggak tahan.. tertawa tapi sambil noleh ke tempat lain.. habis lucu sich adegan cowok lebih penakut dari cewek..?
    Oh iya pas brader kasih senyum tapu nggak dibalas senyum oleh mereka.. mungkin karena mereka lagi malu dilihat orang sedang tarik-tarikan begitu mau masuk atau nggak ke dalam terowongan benteng.. Hehehe...

    Sekarang kelebihan brader bisa " melihat" sesuatu sosok sudah berkurang nggak setajam sewaktu masih kecil ya? Tapi tetap masih bisa "melihat" sesuatu meski samar-samar.. Tapi memiluki feeling kuat terhadap sesuatu yang ghaib masih tetap terasa nggak berkurang sampai sekarang kan brader?

    What?.. Ya Jelas.. Takutlah...! bagaimana sich brader..?
    Lah wong lagi nonton tiba-tiba ada yang nongol duduk di ksebelah itu bukan manusia tapi.. syetan..?? Oh... Nggak usah ya..?? Nggaak..! Ogaah..! Ogaah.. ! 1000 X
    Haa..? Seru..?? Aoanya yang Seru..?? Astaga.. Amit-Amit..! 1000X
    Bikin merinding aja brader..?? Hiii..!!

    ReplyDelete
  11. Hahahaha !
    Serunya pasti rame oleh teriakan kaget sista .... Panik pontang panting kalo tiba-tiba lihat penampakan gaib seperti itu ..

    Bisa jadi, cowok yang takut mau masukin area benteng itu punya indra penglihatan jelas kali,sista ... Jadi dia takut duluan.
    Kulihatin wajahnya saat bicara seperti itu memang terlihat pucat dan cemas.

    ReplyDelete
  12. Hahaha... Iya pastinya kaget lari kabur.. Ngapain juga ditemeni mahluk ghaib..? Nggak usah ya? Ogaaah..!
    Ooh brader seneng ya lihat aku lari ketakutan seperti begitu..? Tega.! J-a-h-at.! Hihihihi..:)

    Ooh bisa jadi ya itu cowok punya indera keenam..? Tapi kan biasanya orang-orang yang punya kelebihan sixthsense itu rata-rata pemberani.. iya kan?
    Tapi mungkin juga itu cowok nggak siap punya sixthsense.. kali ya? Jadinya dia tambah takut melihat sosok penampakan.. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuahahahahhaaa ....
      Aku jadi ingat waktu sista bilang lari ketakutan ...
      Aku ingat pernah nonton didepan wahana rumah hantu.
      Buuanyaak banget yang lari pontang panting sampai terjatuh sekeluar dari wahana !.
      Lucunya, waktu aku bareng teman2 nyoba ikutan masuk wahana .... yang terjadi aku ikutan panik gara2 teman2 ku panik teriak2 ketakutan salah lewati lorong yang buntu dan ada pocong nya ....lalu pocong jejadian itu ngejar kami !.
      Teman2 ku lari balik arah dan nabrak aku sampai jatuh dan aku ikutan panik .... Cakaran tangan temanku saking paniknya nyengkeram kencang dan berbekas di tangan kiriku Hahahahhaaahaha !!

      Kayaknya sih begitu cowok itu,sista ....
      Jadi dia takut duluan ditambah lihat lokasi yang banyak yang rusak dan kolom-kolom ruangan gelap seperti itu.
      Buat yang pertama kesitu pasti merasakan sensasi misterius.
      Apalagi di salah satu sudut bangunan ada satu area yang di tutup pagar teralis besi tinggi menjulang yang berkarat dan ada lingkaran lubang sumur atau lubang apa itu ..... Aku ngga bisa ngintip soalnya digembok ngga bisa masuk,cuma ngamati dari luar pagar teralis besi.
      Lubang besar itu areanya ditumbuhi semak belukar dan dinding areanya ditumbuhi tanaman2 menjalar .... Persis tampilan rumah2 di film horror.
      Sayangnya ngga kufoto lokasinya.

      Delete
  13. Hahahaha... ikutan ngakak baca cerita brader saat masuk rumah hantu.. Yang tadinya nggak takut malah brader jadi ikutan panik lihat teman-teman dan orang-orang yang lari pontang panting..
    Malah di dalam rumah hantu.. brader kena tabrak teman sendiri yang lari sampai jatuh..! bahkan tangan brader sampai kena cakaran saking takutnx mereka.. Astaga..! Hahahaha.. :)
    Itu kejadian waktu wisata di rumah hantu mana brader?

    Iya ya maklum juga kalau si pengunjung cowok itu takut masuk ke area terowongan benteng.. melihat banyak ruangan-ruangan yang rusak dan gelap..mungkin dia sudah merasakan ada aura2 aneh jika terua masuk ke dalam ruangan dan terowongan tsb.

    Oh brader juga merasakan sesuatu sensasi yang misterius ya di area benteng pendem tsb?

    Ooh ada pada sudut banguna ada suatu area yang dipagari teralis besi dan digembok.. dalam teralis itu ada semacam sebuah sumur yang sudah ditumbuhi tanaman2 semak belukar yang menjulang tinggi? tampilannya persis kayak dalam film2 horror? Wuih ngeri banget ya? Apa mungkin pernah terjadi sesuatu dalam lubang yang dipagari teralis besi tsb ya brader? Makanya digembok.juga.. Tapi auranya malah terasa negatif ya melihat keadaannya seperti begitu?
    Iya brader lupa foto area yang mirip film horror tsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuahahahahhaaa .....
      Aku saja kalo ingat kejadian lucu itu masih sering mesem2 sendiri,sista ..
      Lah kok kayak ketakutan setengah mati spt itu,padahal cuma dibohong2i sama hantu jadi2an!.
      Kejadian lucu itu di mal Depok Jakarta yg lagi ada acara rumah hantu. Kami teman kerja berenam kesana sepulang jam kerja.
      Yang lucu itu setelah kami terjatuh rame2 karena berbalik arah dari salah lorong eh pocong itu ikutan ngejar kami sampai batas keluar area ..... Jadinya kami lari panik semua !.
      Pasti aktor pocong itu pengin ngajak lihat aksi konyol kami ....
      Hahahahhaaahaha !

      Iya,aku merasa ada aura gaib di tempat ini.
      Seperti dingin dan ganjil.
      Pasti banyak 'sesuatu' di bangunan yang terbengkalai ratusan tahun ini ya,sista ....

      Kayaknya sih kalo sista ke tempat ini sendirian belum tentu berani ya ?

      Delete
  14. Hahaha.. Iya orang-orang dewasa pun kalau sudah masuk ke dalam ruang hantu.. pasti tingkahnya jadi seperti anak kecil yang ketakutan.. Padahal yang ditakuti setengah mati itu hanya hantu bohong-bohongan... Hehehe..
    Tapi mungkin kalau sudah masuk ke ruang hantu.. yang sengaja dibuat remang-remang bahkan ada yang gelag.. kemudian dengan musik dan efek-efek suara yang seram.. membuat suasana di dalam ruangan jadi mencekam dan seram.. Memang pengunjung dibuat untuk menjadi ketakutan betada di dalam rumah hantu.. Yang tadinya pemberani jadi terpengaruh ikut-ikutan panik dan takut melihat dan mendengar banyak orang yang berteriak-teriak histeris ketakutan sambil berlari pintang panting kesana kemari nyari selamat sendiri-sendiri.. Hehehe... .
    Aku bayangin cerita brader.. Setelah terjatuh semua.. eh malah dikejar hantu picong sampai batas keluar.. pada panik ketakutan lari semua termasuk brader.. .Hahaha .

    Hehehe... Kejadian- kejadian lucu dan konyol seperti begitu akan selalu terekam dalam memori ya? karena meski lucu juga berkesan menjadi kenangan yang indah..
    Jadi seandainta brader pas lagi sedih.. Ingat aja kejadian rumah hantu tsb bersama-sama teman kerja dulu.. Pasti brader bakal ngakak sendiri.. niscaya bisa berkurang sedihnya. Hitung-hitung lumayan sebagai obat pelipur lara. Hehehe...:)

    Ooh di area yang dipagari dan berteralis besi itu.. brader juga merasa ada aura ghaib ya di tempat tsb. . Rasanya dingin dan ganjil ya ? Hiii.. bikin merinding..!
    Iya bener brader.. pasti banyak sosok"sesuatu di bangunan yang dibiarkan terbengkalai ratusan tahun.. mungkin banyak aura negatif yang dirasakan orang-orang yang mempunyai kelebihan sixthsense..

    What ? Aku ke tempat ini sendirian tanpa teman? Oh Terima kasih aja.. Nggak berani aku brader.. Hiiii.!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali ngga nyoba memberanikan diri datang ke lokasi yang banyak dibicarakan orang katanya angker,sista ?.

      Itung-itung buat uji nyali ....
      Hehehehe

      Delete
    2. Hehehe... Kalau datang sendirian tetap aku nggak berani untuk uji nyali brader.. bisa sport jantung aku.. Tapi Kalau barengan rame - rame mungkin aku lebih berani .:)

      Delete
  15. Betuuul ... Betuuul,sista :)
    Aku kalo lagi feelingdown nyoba nginget hal-hal yang lucu ...
    Kadang malah jadi mesem2 sendiri setelahnya.
    Betul, setting rumah hantu kadang dibuat sangat menyeramkan ditambahi efek suara seperti lengkingan dan tertawa cekikikan wanita misterius juga ruangannya sengaja dipasangi dupa dengan aroma menyengat dan bikin ruangan jadi penuh asap ....udah gitu ruangannya nyaris gelap.
    Para pemainnya dengan kostum ala hantu beneran ada yang nangkring di atas settingan makam, ada yang ala-ala ngesot dengan rambut panjang nutupin wajah dan ngejar penonton .... Pasti jadi bikin penonton antara ketawa juga ketakutan !

    Tapi beda loh dengan setting rumah hantu di trans studio Bandung,sista.
    Meski bentuk rumahnya besar ala rumah Eropa kayak setting rumah dracula dan ruangan dalamnya banyak tokoh hantu ....suasananya ngga menakutkan.
    Aku malah geli ngelihatnya ....Lah wong para hantunya cuma boneka ....
    Hahahahahhaahhaa !

    ReplyDelete
  16. Iya bener ya kalau kita lagi feeling down.. mendingan ingat aja kejadian-kejadian lucu yang bikin kita bisa tertawa ngakak.. otomatis hati pun bisa terhibur paling nggak kenangan- kenangan lucu tsb bisa jadi obat pelipur lara.. Hehehe...

    Bener.. ruangan-ruangan pada rumah hantu disetting sefemikian rupa dengan tata lampu yang remang-remang gelap suara2 tangisan.. suara2 tertawa melengking yang menyeramkan.. Zmembuat bulu kuduk berdiri. juga aroma-aroma ghaib seperti bau dupa dan kemenyan.. bikin orang makin merinding.. Tampilan aktor-aktor yang menjadi hantu-hantuan semakin membuat nyali orang makin kecil.. orang-orang akan makin ketakutan.. Mungkin bukan saja takut brader.. tapi merasakan apa ya? Istilahnya perasaan pengunjung jadi "gilo" melihat hantu-hantu palsu tsb.. Reflek pada berteriak histeris sambil lari pontang panting.. Hehehe... :)

    Ooh kalau di Transtudio Bandung.. meski rumah nya bergaya dracula tapi suasananya nggak menakuykan ya brader?... What.? hantu2 nya cuma boneka doang ? Astaga..! Kok nggak ada aktor-aktor yang jadi Hantu. ? Nggak seru dong rumah hantu nya di sana brader? Hehehe.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,sih menurutku kurang spooky trik permainannya di rumah hantu trans studio Bandung.
      Cuman, desain setting bangunannya dan animasi di dalamnya cukup diacungi jempol ...
      Lukisan-lukisan di dindingnya bisa bergerak ... , kayak di film Harry Potter.

      Jadi,ntar sista jangan kaget kalo ntar kesana ... di dalam ruangan gelap temaram, tau-tau lukisannya melototin sista disertai bunti nyaring cekikian ... seolah mau mencelat keluar 😅

      Delete
  17. Kalau dilihat dari foto-fotonya, Benteng Fort Willem I ini suasananya sangat romantis, teduh, dan sejuk. Dan sangat mendukung pencarian ide untuk menulis artikel...hehehe seperti mengingat masa lalu yang penuh cerita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suiit... suiit 😉 ... mas Dody jadi teringat masa lalu nih 😁

      Yups,aku juga sependapat dengan mas Dody tentang lokasi ini.
      Suasana di benteng megah ini bener-bener romantis terlebih jika diolah jadi tempat wisata ... dan cocok untuk mencari ide nulis artikel 👍

      Sayangnya,
      sampai sekarang masih terbengkelai.

      Delete