Monday, December 11, 2017

Air Terjun Kembang Soka - pesona duo air terjun 1 lokasi

Dari keberadaan ke 3 lokasi aliran air terjun yang bersumber utama dari sebuah mata air besar di sebuah gua di Girimulyo dan ketiganya bercirikan adanya bebatuan karst berwarna kuning di aliran airnya ... , lokasi wisata air terjun Kembang Soka inilah yang paling cocok jadi pilihan untuk para traveller yang lebih menyukai jenis petualangan alam.
Dan lokasi ini jugalah yang paling terlihat masih natural pemandangan alam di seluruh areanya dibandingkan dengan tampilan 2 air terjun lainnya, air terjun Kedut Pedut dan air terjun Ekowisata Sungai Mudal.
Kesan sebagai seorang trip adventure terasa melekat kuat saat aku berada di lokasi ini.

Trip Of Mine
Aliran air terjun Kembang Soka

Pemandangan alamnya masih dibiarkan tumbuh apa adanya, hanya tampak sedikit telah adanya polesan.
Itupun hanya sebatas polesan area di sedikit jalan masuk beberapa meter, adanya beberapa jembatan terbuat dari bambu yang memang sengaja dibuat untuk menghubungkan satu bagian ke bagian yang lain dan adanya beberapa bangunan  warung makanan minuman di dalam areanya.
Selebihnya, alamnya benar-benar terlihat masih sangat natural.

Trip Of Mine
Pemandangan natural air terjun Kembang Soka

Bukan hanya pemandangan alamnya saja yang masih tampak alami sebagai pembeda dengan kedua air terjun lainnya, tapi di lokasi ini terdapat 2 air terjun besar : air terjun Kembang Soka dan air Terjun Kalimiri yang akan kalian temui.

2 air terjun besar itu ditopang oleh 7 mata air sekaligus : mata air gua di Girimulyo, mata air Kembang Soka atau Toyotombo, mata air Tok Jaran sumber rejeki,mata air Kalimiri,mata air Sepanggal,mata air Pandan dan mata air Bangki.

" Nah, jadi bisa dibayangkan kan seberapa luasnya area ini dan seberapa kencang suara derasnya gemuruh limpahan air terjun yang mengalir dari ke 7 mata air berbeda saat berada di dalam area ini ? ".

Selain itu, suasana dibalik pesona keindahannya yang memang memikat mata area wisata Kembang Soka ini masih terasa kuat aura mistisnya.
Terkesan asing dan misterius, sekaligus menakjubkan.
Itu yang aku rasakan.
Sewaktu aku berada di dalam area ini ada 'sosok' yang aktif terus mengikutiku, sesekali tampak sekelebatan dan terkadang tampak jelas berada di dekatku.
'Sosoknya' seorang lelaki menggunakan pakaian khas Jawa dan 'sosok' benda berwarna merah yang terkadang melintas melayang di atas dekat kepalaku.
Entah benda apakah itu sebenarnya ...

Aura gaib itu mulai aku rasakan saat mulai menuruni undakan tangga yang mengarah ke spot pertama, sumber mata air yang dinamakan Tok Jaran sumber rejeki yang aliran mata airnya dilimpahkan ke kolam berair tenang berwarna menakjubkan, hijau tosqa.

Trip Of Mine
Kolam berwarna menakjubkan hijau tosqa

Jelajahi ke seluruh area terus kulanjutkan setelah mengucapkan salam dalam hati dan minta ijin untuk berada di area ini ke 'sosok' yang terasa terus terlihat aktif mengikutiku selama aku berada di dalam area, tanpa perlu punya rasa takut.
Toh, aku tidak punya maksud tujuan tidak baik selama berada di area ini karena selain memang bertujuan untuk liburan dan juga untuk mengumpulkan informasi untuk catatan artikel blog ku ini.

Trip Of Mine
Rute area air terjun Kembang Soka

Trip Of Mine
Undakan bebatuan

Bukan tujuanku bermaksud mencari sensasi atau sengaja menakut-nakuti menceritakan pengalaman gaib yang kutemui di dalam area air terjun Kembang Soka ini, tapi setidaknya untuk bekal informasi untuk kalian jika suatu hari kalian akan berlibur ke lokasi wisata ini untuk selalu tetap berkata dan bersikap dengan baik selama berada di dalam areanya, juga mentaati semua peraturan yang ada dan tentunya ikut menjaga kelestarian alam dan hayati yang ada disana.

Rute berikutnya kulalui melalui beberapa jembatan penghubung yang terbuat dari bambu untuk menghubungkan satu bagian area ke bagian area yang lain dengan aliran deras air terjun dibawahnya.

Sensasi paling seru kurasakan saat aku berada di atas jembatan panjang di dekat aliran air terjun posisi terbawah bernama air terjun Kalimiri dan di dekat tebing besar berwarna merah kecoklatan.
Dari atas jembatan yang lumayan tinggi ini tampak jelas dari atas palung kolam air terjun berwarna hijau tosqa yang dinamai kolam ciblon Tempuran dengan kedalaman kolam 2,5 meter yang bisa digunakan oleh traveller untuk berenang atau bermain air disana, dibarengi dengan suara kepungan gemuruh limpahan air terjun Kalimiri dan suara aliran air terjun Kembang Soka.
Sesekali air air terjun terbawa angin mengenai badanku ..., sensasinya menyenangkan !.

Trip Of Mine
Derasnya aliran air terjun

Trip Of Mine
Kolam ciblon Tempuran

Trip Of Mine
Kolam ciblon Tempuran berwarna hijau tosqa

Dilihat dari tampilan fisik air terjun yang bertingkat-tingkat dengan adanya palung atau kolam di setiap tingkatannya dan adanya bebatuan karst atau kapur berwarna kuning di aliran air terjun Kembang Soka ini, memiliki kemiripan dengan tampilan air terjun Kedung Pedut dan air terjun Ekowisata Sungai Mudal.

Keunikan yang paling mencolok yang berada di area wisata air terjun Kembang Soka dan tidak terdapat di 2 lokasi air terjun lainnya adalah adanya tebing batuan berukuran besar berwarna merah kecoklatan yang keberadaannya tepat di sisi sebelah air terjun Kalimiri.
Warna tebing merah kecoklatan terlihat sangat kontras dengan warna hijau tosqa kolamnya.

Tebing berwarna merah kecoklatan ini memiliki sifat unik.
Disebut unik, karena jika ditimpa oleh limpahan air hujan terus menerus struktur tanah batuannya bukan akan menjadi lunak atau lembek, tapi justru malah mengeras.
Sedangkan di musim kemarau dengan panas sinar matahari berkelimpahan, struktur tanah batuannya justru akan berubah menjadi lunak.

Fakta unik,bukan ?.

Karena sifat keunikannya inilah tebing besar berwarna merah kecoklatan ini pernah diteliti oleh badan riset dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta dan hasil risetnya menunjukkan bahwa tebing batu tersebut ternyata memiliki kandungan mineral batu bara muda.

Trip Of Mine
Tebing coklat kemerahan

Area air terjun Kembang Soka merupakan area pelestarian habitat alami kelompok Herpetofauna ( Bahasa Yunani, Herpeton = melata dan Fauna = binatang ) yang terdiri dari binatang : amfibi, kadal dan ular.
Sebenarnya aku takut dengan hewan ular dan agak ragu memasuki area setelah mendapat informasi lokasi wisata ini adalah habitat alami hewan ular.
Tapi secara kebetulan, aku tak melihat seekor ular pun saat berada di lokasi ini.

Setelah aku selesai menjelajahi semua area dan kembali ke arah area parkir melalui jalur yang dibuat sama dengan jalur kedatangan, misteri siapakah sebenarnya 'sosok' gaib yang aktif mengikutiku di dalam area tadi, terjawab sudah setelah kuceritakan pengalamanku ke bapak Ngatiman, ketua pengelola disana yang kebetulan rumahnya berada di dekat area masuk lokasi wisata dan halaman rumahnya digunakan untuk lahan parkir.

Bapak itu menceritakan sejarah masa lalu air terjun ini adalah sebuah area petilasan pertapaan dan air dari terjun ini dapat menyembuhkan anak kecil yang mengalami sakit ringan maupun sakit kronis dengan cara memandikan di bawah pancuran mata air. 
Selain itu, area air terjun ini dipercaya sebagai area untuk memohon kelancaran usaha dan rejeki.
Dengan penjelasan seperti itu, aku jadi paham tentang siapakah sebenarnya 'sosok' yang terus mengikutiku didalam area dan sesekali menampakkan dirinya.
'Sosok' itu adalah ternyata sosok sang pertapa.




Lokasi :
Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo,Kulon Progo, DIY

Harga Tiket :
Rp. 6.000
( Info harga tiket sewaktu-waktu dapat berubah )

Info Tambahan :

• Jam operasional 24 jam
• Untuk keperluan informasi lokasi melalui WA 085292122131 bapak Giyono,wakil ketua pengurus.
• Sewa kaos dan celana pendek Rp. 5.000.
• Sewa Hammock selfie Rp. 10.000.
• Sewa ban pelambung Rp. 10.000.
• Sewa lazy bag Rp. 30.000

Tips berlibur di air terjun Kembang Soka : 

• Gunakan tabir surya untuk wajah dan badan untuk melindungi paparan sinar matahari.
• Gunakan alas kaki yang nyaman. Sepatu sport atau sandal gunung lebih disarankan.
• Untuk mendapatkan suasana area tidak padat pengunjung, datanglah pagi hari atau di hari biasa ( Senin - Jumat ), buka di hari Sabtu - Minggu atau hari libur nasional.

• Untuk melihat cekungan atau palung kolam tampak lebih berwarna hijau tosqa, berliburlah di lokasi ini di saat musim kemarau.

• Siapkan kendaraan dengan kondisi baik, mengingat lokasi melalui jalan berliku.









23 comments:

  1. Yang membedakan tempat wisata air terjun ini dengan tempat wisata air terjun laiinya yaitu :
    - Pemandangan alam yang masih sangat alami natura asli..
    - Terdapat dua air terjun yang ditopangi oleh tujuh mata air yang berbeda.
    Di samping pemandangan alamnya yang terlihat masih benar2 alami.. ternyata juga terasa ada nuansa mistis ya di lokasi air terjun ini ya? Seperti yang dialami brader dengan diperlihatkan sesuatu sosok ghaib berbentuk orang berpakaian adat jawa.. mungkin sosok tsb ingin menunjukan bahwa dia adalah "penunggu" yang menguasailokasi area tsb. Jadi pengunjung yang memasuki area tsb diharuskan bersikap baik dan meminta ijin dulu srperti mengatakan permisi kulonuwun dulu. kira2 seperti itu ya brader? dan ternyata ada aturan-aturan yang harus dipatuhi.
    Selanjutnya di air terjun yang kedua masih di lokasi yang sama yaiti air terjun kalimiri.. Apakah di area ini terasa suasana yang agak ceria brader? dengan adanya pemandangan yang indah air terjun dengan kolam air ciblon tempuran yg berwarna hijau tosca dengan tebing batu berwarna merah kecoklatan? terasa sensasi yang berbeda di sini brader? Nggak nyoba berenang di kolamair terjun ini brader? Hehehe..
    Oh Tebing bebatuan merah kecoklatan ini kalau musim hujan ternyata strukturnya akam.mengeras.. tapi bila musim kemarau sttuktur bebatuan tebing maalah melunak karena mengandung batu bara muda. Unik ya?
    Ooh ternyata wisata air terjun kembang soka ini juga merupakan tempat pelestarian habitat hewan melata seperti kadal dan ular ya ? Wah ada seremnya juga ya kalau ntar terlihat ada ular di area tsb hehehe...
    Apakah okasi air terjun kembang soka ini memang masih belum. begitu banyak dikenal oleh pengunjung wisata yang lain brader? Apa masih belum terlalu ramai pengunjunnv ya ? dan masih perlu diperkenalkan diekspos ya supaya lebih terkenal lagi sampai mancanegara.
    Btw.. nuansa alami air terjun soka ini memang wisata yang cocok bagi seorang traverller adventure..petualang travelling.. :)

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya air terjun Kembang Soka ini sudah cukup populer namanya,cukup banyak didatangi traveller.
    Terutama di hari libur atau Sabtu dan Minggu.
    Kebetulan aku ke lokasi ini paling awal datangnya,jadi suasana lokasi benar-benar sepi.
    Hanya ada aku dan 4 orang yang punya warung didalam area sebesar itu.

    Mungkin sosok gaib itu benar apa yang dikatakan sista ingin menunjukkan kalau tempat ini dulunya adalah tempat pertapaannya.
    Sewaktu aku tanyakan ke bapak pengelola (minta maaf lupa namanya,seingatku kakaknya pak Yono) yang rumahnya tepat berada di dekat gerbang masuk area dan satu2nya rumah yang ada di situ juga halaman rumahnya dibuat area parkir ...... Bapak itu langsung kaget dan balik bertanya ' O, mas lihat ya ?, yang dilihat mas sosoknya seperti apa ?, Laki-laki atau perempuan ? '.
    Kujelaskan sosoknya berupa laki-laki berpakaian khas Jawa dan juga tampak benda berwarna merah sering terlihat melayang di dekat atas kepalaku.
    Lalu bapak itu menjelaskan secara detil dulunya lokasi ini fungsinya untuk apa dan menjelaskan itu sosok yang bertapa disini.
    Juga menceritakan awal kisahnya akan membuka area ini menjadi lahan wisata untuk umum dengan rembugan bersama seluruh penduduk desa terlebih dahulu akhirnya disetujui untuk dijadikan area wisata,dengan ketentuan seluruh pengunjung tidak boleh berbicara dan bersikap jorok/tidak sopan.
    Ketentuan itu tertulis di papan keterangan yang dipasang di sebelah gerbang masuk yang dibuat sederhana.
    Bapak itu juga menceritakan sejumlah pengalaman pengunjung yang mengalami kejadian tidak diinginkan setelah mengucapkan kata2 berkomentar yang tidak baik tentang lokasi wisata ini,juga menceritakan pengalaman pengunjung yang kembali ke lokasi air terjun ini setelah niatannya terkabulkan.

    Aku ngga mencoba berenang di kolam ciblon Tempuran itu,sista.
    Soalnya rada gamang karena sendirian tanpa traveller lain ada di area.
    Kedalamannya 2,5 meter.
    Tentu itu juga tidak rata kedalaman bagian bawahnya karena bentukan alam, bukan kolam buatan.
    Sebenarnya keren ya mencoba pelampung lazy bag di kolamnya .......

    Iya, aku sebenarnya rada keder dan ragu setelah tau lokasi ini adalah habitat alami hewan ular.
    Untungnya ngga papasan sama ular, yang terlihat hanya beberapa kadal yang warnanya beda sama yang pernah kulihat. Warnanya hitam pekat mengkilat.

    ReplyDelete
  3. Ooh sebenarnya lokasi wisata air terjun kembang soka ini sudah cukup terkenal ya dan sudah banyak wisatawan yg berkunjung ke wisata air terjun ini terutama hari2 weekend Bagus kalau demikian.
    Oh iya apakah wisata air terjun kembang soka ini yang mengelola adalah perorangan ya brader? Seperti yang brader tulis di atas Ketua pengelolanya bapak Ngatiman apakah beliau dan wakilnya yang mengelola juga dibantu warga setempat juga ? Jadi bukan dikelola oleh suatu lembaga yayasan perusahaan atau pemerintah ya ?
    Ooh bapak2 pengelola tsb menjelaskan kalau lokasi wisata air terjun ini dulu fungsinya sebagai tempat pertapaan ya ? Jadi maklum.ya bila ada pengunjung yang datang ke tempat ini mengalami hal2 ghaib seperti yang dialami brader diperlihat suatu sosok ghaib seseorang laki-laki berpakaian adat jawa. dan menurut brader penampakan sosok tsb itu adalah dulunya seorabg pertapa ya ? sekaligus penunggu area air terjun kembang soka ya ?
    Jadi awal dibentuknya tempat wisata ini juga atas persetujuan warga desa setempat.. disetujui fan disepakati air terjun kembang soka ini untuk dijadikan suatu tempat wisata tapi tetap ada peraturan2 yang wajib dipatuhi oleh semua pengunjung..
    Peraturan-peraturan tsb antara lain tidak boleh mengeluarkan kata2 jorok.. tidak boleh mengeluarkan kata-kata yang tidak sopan karena tempat ini dulunya adalah tempat pertapaan dan bisa dibilang tempat keramat ya brader?
    Ooh ternyata ada pengalaman pengunjung yang berkomentar nggak sopan kemudian mengalami kejadian2 yang tidak diinginkan? apakah pengunjung tsb mengalami suatu musibah? apakah kemudian dia selamat dari musibah itu? agak merinding juga ya ceritanya.

    Jadi brader nggak nyoba berenang di kolam ciblon yang airnya berwarna hijau tosca itu karena ada keraguan juga ya ? Wah dalamnya 2,5 meter? dalam banget ya kolam.ciblon tempuran tsb ? Oh jadi ini kolam asli ya bukan kolam buatan? Iya ya kurang sreg ya dibuat berenang? Ooh brader sebenarnya pengen nyewa pelampung lazy bag ya untuk di kolam? Hehehe.. bukannya pelampung lazy bag lebih oke kalau digunakan di pantai brader ? Hehehe..,:)

    ReplyDelete
  4. Hehehehe ....
    Kalau sewaktu di area ada traveller lain yang berenang atau bermain air di kolam ciblon Tempuran juga,aku berani nyoba nyewa ban pelampung atau nyewa lazy bag atau malah berenang disana.
    Lazy bag lebih cocoknya digunain di kolam,sista ....
    Jadi sambil nyantai di atas permukaan air bisa nikmati sensasi diatas air.

    Menurut pengakuan pak Ngatiman tidak semua pengunjung melihat hal gaib seperti pengalamanku,sista.
    Cuma beliau menceritakan pernah ada pengunjung yang mengomentari area dengan kata yang kurang pantas,entah suatu kebetulan musibah atau kecerobohannya pengunjung itu terjatuh di jalan tanjakan yang menuju ke jalan raya utama.
    Jalan ke area wisata air terjun Kembang Soka ini turun menukik tajam dan demikian jalan pulangnya naik menukik tajam,jadi harus hati-hati.

    Area wisata ini dikelola bukan perseorangan tapi dikelola kelola Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) melibatkan warga setempat.
    Diketuai oleh pak Ngadiman.

    ReplyDelete
  5. Oh kalau ada traveller lain yang berenang di kolam ciblon tempuran.. brader juga nggak ragu untuk berenang ya? dan emang kenapa kalau nggak ada yg berenang . brader ragu berenang sendirian ? takut ada sosok yang "mengamati" kali ya ? Hehehe... :)
    Ouw lazy bag itu lebih cocok dipakai di kolam ya.? Kalau aq pengennya pakai lazy bag di pinggir pantai aja.. sambil memandang view pantai... hehehe..:)
    Jadi menurut pak Ngatiman nggak semua pengunjung bisa melihat "sosok" ghaib ya?. hanya orang2 tertentu yang mempunyai sixthsense ajs yang bisa merasakan dan melihat "sosok" tsb.
    Dari cerita pak Ngatiman memang ada pengunjung yang berkomentar nggak sopan ya sehingga waktu sepulangnnya dari wosata air terjun kembang soka ini.. orang tersebut mengalami musibah terjatuh di jalan tanjakan.. Hiii.. Seremm..! berarti ada kuwalatnya ya bila nggak sopan berkomentar ini itu.. namanya juga tempat wisata air terjun ino dulunya tempat pertapaan jadi masih keramat..
    Jalan menuju lokasi wisata air terjun ini.. menukik tajam ya? Wuih.. serem ya medannya.. Jadi harus ekstra hati-hati.
    Oh begitu ya.. area wisata air terjun ini dikelola oleh Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) ketuanys pak Ngatiman. beranggotakan warga setempat.
    Oh ya brader rata2 tempat wisata yang dikunjungi terletak di area DIY ya? Kalau ke arah Solo wisata nya apa aja? Lebih jauh ya ke arah Solo ketimbang ke Yogya ?

    ReplyDelete
  6. Sebelumnya maaf ada kata yang salah menyebutkan nama Pak Ngatiman di komen sebelumnya,sista.
    Tertulis pak Ngadiman,yang benar pak Ngatiman.

    Rute memasuki area wisata alam ini memang menukik tajam,tapi terbayar dengan keindahan wisatanya,sista.
    Udara dan lingkungannya terjaga bersih ......
    Berada di dalam area ini terasa dikepung aliran air terjun,terutama berada di atas jembatan bambu penghubung ke air terjun Kalimiri yang sisinya terdapat tebing merah kecoklatan .....
    Rasanya pengin nyebur dari atas jembatan .... Hahaha ....

    Iya,benar.
    Memasuki area wisata ini para pengunjung diwajibkan bersikap dan berkata yang sopan seperti tertulis di papan di depan area masuk.

    Sementara ini ulasan artikel postinganku masih seputar area Yogyakarta,sista karena keterbatasan waktu yang masih terikat kerja dengan jam kerja panjang,juga tidak ada cuti tahunan.
    Semoga kelak aku bisa jadi traveller sejati,bekerja secara penuh waktu sebagai penulis dan dapat mendapatkan sponsor untuk dapat datang berkunjung ke banyak tempat wisata dan mengulasnya.
    Bantu doanya ya,sista.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  7. Oh ada yang salah dalam komenku sebelymnta ya brader? Aku salah nyebutin nama pak Ngatiman ? Mohon maaf ya pak .. nggak sengaja soalnya aku komennya malam hari jadi mungkin aku salah ketik mohon maaf.

    Oh tujuan ke lokasi wisata air terjun kembang soka ini medannya berat dengan rute jalan menukik tajam ya ?
    Tapi terbayar semua setelah sampai di tempat lokasi air terjun dengan pemandangan alam yang indah dan alami ya brader ? Nuansa alamnya masih benar2 asli natural... pasti segar udaranya..
    Ouw berada di area wosata ini terasa dikepung oleh air terjun..? Wouw amazing.. ya..? jarang ada satu tempat wisata yang dikelilingi oleh air terjun.. :)
    waktu berada di atas jembatan bambu dekat air terjun kalimiri.. pengen terjun ya ke air ? Kok nggak nyebur aja ? Asyik lhp nyebur dari atas kayak bolang..? Hahaha.. :)
    Iya datang ke tempat wisata di mana saja sudah seharusnya kita pengunjung wajib bersikap dan berkata yang sopan menghormati alam sekitarnya.

    Oh untuk sementara artikel blog brader.. postingannya masih di seputar daerah Yogyakarta ya? Iya nggak apa-apa brader.. Aku maklum brader waktunya terbatas karena kerjaan... jadi belum ada waktu dan kesempatan yang memungkinkan traveling di luar Yogyakarta.
    Iya pasti aku ikut mendoakan agar kelak suatu saat brader bisa full menjadi seorang traveller sejati sebagai blogger travelling dan bisa mendapat sponsor untuk berlibur traveling around the world. Amin.. Semangka..! Semangat. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiiiin .....
      Terimakasih doa dan supportnya ya,sista.
      Semoga Tuhan memberikan kemudahan untuk itu kelak.

      Hehehehe ...
      Kita kok jadi saling ralat komentar ya,sista ....
      Aku nya yang pertamanya salah ketik di kolom komentar,kok.

      Suatu saat jika sista berkesempatan liburan ke tempat ini pasti akan merasakan sensasi seru seperti dikepung oleh air terjun ......
      Rasanya mendebarkan juga menyenangkan.
      Seperti benar-benar menyatu dengan alam.

      Delete
  8. Maaf brader aku ralat karena salah nulis
    Sebelymnta = Sebelumnya
    wosata = wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal yang biasa kok jika kita salah mengetikkan suatu kalimat,sista ...
      Hehehehe ....
      Itu juga terjadi dengan aku yang pernah salah mengetik di kolom komentar.
      Untungnya aku ngga pernah terjadi,semoga ngga pernah terjadi salah mengetik di kolom artikel ......
      Untuk itu aku teliti ulang sebelum ku posting.
      Takut mengecewakan pembaca kalau sampai terjadi salah huruf atau kurang huruf suatu kalimat.

      Delete
    2. Hehehe... Iya brader makasih.. Aku ssering salah nulis kalimat karena ingin cepat2. Mulai sekarang aku akan lebih teliti memeriksa kembali ketikan komentarku apa ada kalimat yang masih salah atau nggak .. baru setelah itu akan aku posting.. aku harus lebih teliti lagi.. Hehehe :)

      Delete
  9. Amin... Sama-sama brader.. Semoga Tuhan mempermudah dan mengabulkan keinginan brader travelling around the world.

    Iya kkita saling ralat komentar.. Aku pikir aku yg salah komentar ternyata bukan.. Hehehe.. Nggak apa meralat artinya sama juga dengan mengoreksi kekeliruan yang tidak disengaja.. hehehe...

    Iya brader mungkin suatu saat kalau aku punya kesempatan berwisata ke sini.. Aku pingin tahu rasanya berada di kelilingi air terjun.. Sensasinya seperti apa.. yg pasti azmazing ya ? hehehe...

    ReplyDelete
  10. Amin,sista.
    Semoga Tuhan membukakan jalan untuk itu.

    Aku janji suatu saat nanti terkabulkan keinginanku untuk bisa keliling dunia mendatangi banyak lokasi wisata, aku akan bawakan kenang-kenangan buat sista dari setiap negara yang kukunjungi.
    Karena support dari sista selalu sangat besar buatku.
    Tidak cuma support tapi juga doa dan memberi masukan-masukan buatku.
    Terimakasih banyak, sista.

    Sensasinya benar-benar seru,sista .....
    Diatas jembatan lihat sekitar aliran-aliran air terjun kita seperti dikepung air terjun.
    Sesekali tampias air kena tiupan angin kena ke tubuh kita ditambah suara gemuruh....
    Rasanya amazing !

    ReplyDelete
  11. Amin brader..
    Semoga dikabulkan Tuhan..Amin

    Wah beneran nich ? Serius.? misalnya ntar kalau dikabulkan sama Tuhan brader bisa travelling around the world.. brader mau bawakan aku kenang2 an dari setiap negara yang dikunjungi..? Yes..! Asyiik..! Matur nuwun danke makasih banyak atas kebaikan brader.. Tapi semua itu bukan aku yang minta lho ya? yang ngomong brader sendiri lho.. Hehehe ..:)

    Aku kasih support masukan dan doa buat brader semua itu aku ikhlas dan itu semampu aku aja kok brader.. Nggak perlu dibesar-besarkan... Hehehe..
    Aku senang kalau ternyata masukan aku yg nggak seberapa itu bisa bermanfaat buat brader..
    Sama-sama aku juga berterima kasih buat brader yang selama ini juga sering banyak membantu ngasih masukan dan ngasih info2 penting.. yang bermanfaat saat aku perlukan.. It means a lot to me.. Thank you brader..
    Aku juga mendapat banyak ilmu dari brader..
    Jadi bisa dikatakan kita saling berbagi ilmu info dan saling kasih support dan masukan membuat kita merasa lebih semangat dan optimis lagi menjalani hidup yang nggak mudah ini..
    Wah ngomong apa aku ini ? Ngelantur kayak motivator aja.. Hihihi.. :)

    Ouw ya?. Aku jadi penasaran nich ingin merasakan berada di tempat yang dikelilingi air terjun.dan ingin merasakan sensasi seru kena tampiasan air terjun ..wouw.. really fantastic..!

    ReplyDelete
  12. Benar,sista.
    Jika suatu saat nanti aku terlaksana keinginanku menjadi traveller blogger,benar-benar total bekerja sebagai penulis wisata sampai ke manca negara ..... Aku akan tepati janjiku untuk membawakan oleh-oleh souvernir di setiap negara yang kukunjungi.
    Doakan terus ya,sista,terimakasih.

    Betul,kita harus semampu mungkin untuk selalu optimis meski kadang tidak mudah mempraktekannya setiap hari.
    Kadang ada kendala yang bikin kita drop sementara,kadang malah berkepanjangan terbawa pikiran.
    Tapi itulah hidup.

    Yup,
    Ntar kapan sista kesampaian travelling ke lokasi ini ..... Sista akan merasakan sensasi seru kena cipratan tampias air terjun ... Menyenangkan.

    ReplyDelete
  13. Iya suatu saat atas ijin Tuhan brader bisa travelling keliling dunia... dan kemudian menjadi penulis blog.. totalnaebagai travellinc blogger. Dan aku percaya juga brader tipe orang yang akan menepati janjinya.. janji untuk bawakan aku kenang-kenangan souvenir dari setiap negara yg dikunjungi.. Siip..! aku juga janji akan selalu bantu mendoakan brader agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam mewujudkan semua impian cita2 around the world. Pokoknya brader senang aku juga ikut senang..:)

    Iya hidup itu nggak mudah.. tapi semampu kita harus selalu optimis karena hidup itu anugerah.. meski kadang2 ada kejadian yg bikin kita jadi drop tapi harus bangkit lagi.. . hidup itu perjuanfan.. life must go on... hidup terus berjalan..
    Gunanya pentingnya mempunyai teman/sahabat bisa saling berbagi salibg support.. Hehehe..

    Kalau travelling emang enak yang ada objeknya air nya ya brader ? bisa dengar suara gemericik air terjun. dengar suara ombak pantai. apalagi kena tampiasan air.. Segar dan Sensasinya Seru..! Hehehe..

    ReplyDelete
  14. Terimakasih banyak,sista ...
    Aku senang bisa punya sahabat yang berkenan saling memberi support,masukan juga mendoakan.

    Kebetulan karakterku itu selalu konsekuen,sista ....
    Bilang A ya A,bukan jadi C.
    Tepatnya bukan kaku,sih tapi aku senang jadi orang yang bisa dipegang bicaranya.
    Duh,kok jadi curhat .... hehehehe ...

    ReplyDelete
  15. Iya sama-sama brader..
    Aku juga senang punya sahabat baik bisa buat sharing.. yg bisa saling support ngasih masukan juga .bisa saling mendoakan... Thanks a lot brader and I am grateful to know you.. :)

    Lho kok sama ya aku juga kalau sudah bilang A ya tetap A nggak akan berubah jadi.B.. Itu bukan sifat kaku brader tapi sikap orang yg punya prinsip punya pegangan nggak mudah dipengaruhi..
    Aku juga respek dengan orang yg bisa dipegang omongannya..
    Nggak curhat kok hanya berbagi hehehe..:)

    ReplyDelete
  16. Terimakasih kembali,sista.
    Selama ini sudah dinilai sering memberi masukan dan support buat sista.

    Yup,
    Prinsip kita sama ternyata,ya.
    Aku senang jadi orang yang bisa dipegang kata-katanya seperti itu,meski penilaian orang lain kadang banyak yang menilai terkesan kaku dan sombong.

    ReplyDelete
  17. Iya sama-sama kembali brader..
    Semua support dan masukan baik besar dan kecil tetap membuat seseorang menjadi optimis dan semangat.. dan orang yang selalu ikhlas memberi support dan masukan pasti sudah mendapat nilai plus di mata Tuhan. Siapa yg menanam kebaikan pasti akan menuai kebaikan. Begitupun sebaliknya.

    Iya ternyata prinsip kita kurang lebih sama.. Berpegang teguh pada sesuatu yang diyakini benar dan nggak gampang berubah. Orang yang baik itu orang bisa dipegang kata-katanya.. pasti bisa mendapat kepercayaan dari orang lain. syukurlah brader juga punya prinsip seperti itu.
    Biarkan saja orang lain menganggap kalau sikap tsb kaku atau sombong.. Toh masih lebih baik orang yang memiliki prinsip daripada yang nggak. Karena memiliki prinsip berarti memiliki pegangan dalam dirinya nggak gampang dipengaruhi orang lain.
    Orang yg nggak mau bersosialisasi dengan orang lain itulah yg bisa dikatakan sombong.. Tapi kalau orang yg punya prinsip kuat tapi tetap bisa bersosialisasi dengan sesama.. terus dibilang orang sombong.. itu nggak bener nggak beralasan untuk dibilang sombong.. setiap orang kan berhak mempunyai prinsip masing-masing yang berbeda..
    Dan kita juga pasti akan menghormati prinsip orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow,surprise membaca komentar tentang penjelasan sista tentang prinsip hidup.
      Menurutku itu betul banget dan bagus untuk diterapkan dalam kehidupan.

      Delete
  18. Hehehe.. Maturnuwun brader.. Makasih pendapat brader.. Mungkin pendapatku dinilai agak idealis ya brader? Hehehe...
    I don't mind what they think about me.. as long as I am the right side.. :)

    ReplyDelete
  19. Kerennnn...keindahan plus kisah mistisnya, membaca tentang sosok ghaib berbentuk orang berpakaian adat jawa kok tiba2 sy jadi kebayang lagi sosok laki2 berbaju putih yg sy liat di Linggarjati..hahaha.

    Btw...sy suka banget liat kolam yg berwarna hijau tosqa mas..beautiful !

    ReplyDelete