Rabu, 04 April 2018

Air Terjun Seloprojo, permata yang belum terpoles

Ditengah perjalanan, sebenarnya terselip muncul satu rasa kekhawatiran tersendiri apakah kondisi lokasi liburanku kali ini sudah cukup aman untuk dikunjungi. 
Kekhawatiran ini sempat membuatku berhenti sebentar di sebuah kedai makan sambil memikirkan kira - kira aman tidaknya di lokasi.
Bukan karena apa, tetapi saat ini yang seharusnya sudah memasuki musim kemarau, kenyataannya masih sesekali turun hujan mendadak ditengah cuaca terlihat tanpa adanya awan mendung sama sekali sebelumnya.
Yang dikhawatirkan terjadi datangnya banjir kiriman dari area lokasi yang lebih tinggi diatasnya.
Memungkinkan terjadi kondisi demikian juga, bukan ? ...
Cuaca di lokasi sih dalam keadaan cerah, tetapi cuaca di area yang lebih tinggi bisa saja telah atau sedang terjadi hujan besar yang menyebabkan debit air menjadi lebih banyak, keruh dan bisa mengakibatkan terjadi banjir kiriman di lokasi.

Trip Of Mine
Air terjun Seloprojo, permata yang belum terpoles 

Tapi,
yakin saja liburanku ke lokasi air terjun Seloprojo ini akan aman - aman saja.
Kadung sudah di tengah perjalanan sambil membesarkan hati dan berusaha membuang jauh - jauh kekhawatiran yang melintas di kepalaku, akhirnya perjalanan tetap kulanjutkan menuju ke lokasi untuk berlibur dan jelajahi area disana.

Seperti biasa persiapan perbekalan berlibur sudah kupersiapkan di malam sebelumnya, malah pernah saking semangatnya berlibur ke suatu lokasi persiapan perbekalan liburannya telah kusiapkan beberapa hari sebelumnya, terutama saat akan berlibur ke lokasi incaran.
Mulai dari mempersiapkan kamera, tripod, pakain dan pernak - pernik pelengkapnya yang akan kugunakan untuk berfoto, juga tak ketinggalan kusiapkan minyak angin buat jaga - jaga jika dibutuhkan di perjalanan.
Duh, ribet ya ?,
ha ha ha ...
Tapi begitulah kebiasaanku,
selalu mempersiapkan ini itunya dengan teliti lebih dulu agar tak ada perlengkapan yang diperlukan ketinggalan tak terbawa.
Aku juga membuat semacam tulisan catatan daftar kecil untuk mengecek ulang, jika perlengkapan yang akan dibawa sudah masuk ke dalam tas, daftarnya kucentang.

Setelah melewati rute perjalanan dari persimpangan jalan raya utama Semarang - Magelang yang padat lalu lintas, kemudian berbelok di persimpangan jalan di daerah Grabag untuk terus mengikuti arah jalan lurus menuju ke arah pasar Grabag.
Di perempatan pasar Grabag kulanjutkan ke arah kiri, kemudian berbelok kanan setelah beberapa meter dari depan pasar.
Dari jalan kecil masuk ke desa yang dipinggirnya terdapat saluran air ini lurus saja mengikuti arah jalan membedah lereng gunung Telomoyo. Disepanjang jalan ini kutemui deretan rumah penduduk beberapa desa dan pemandangan indah gunung Andong dan gunung Telomoyo membentang tampak dari kejauhan.

Kondisi jalannya terbilang tak mudah dilalui, selain hanya sanggup dilalui oleh 2 kendaraan berlawanan arah juga banyak tikungan - tikungan sempit dan tajam, sangat perlu kewaspadaan untuk melaluinya.
Setelah melewati tikungan demi tikungan, akhirnya aku tiba di depan gapura desa dipinggir kiri jalan bertuliskan " Selamat datang di air terjun Sumuran, air terjun Seloprojo".
Loh, kok 2 nama ... ?.
Memang ada 2 air terjun di satu lokasi ini ?.
Karena penasaran, aku bertanya ke seorang warga desa yang kebetulan tengah melintas di dekat gapura sambil menggendong setumpuk sayur mayur hasil berladangnya.
Menurut penjelasannya, di lokasi ini hanya ada 1 aliran air terjun, tidak ada 2 seperti nama yang tertulis di gapura.
Lantas kenapa dinamakan 2 nama berbeda, ya ?.
Ternyata, dahulu dinamakan warga dengan air terjun Sumuran karena di atas lokasi limpahan air terjun terdapat lubang cekungan besar dan berkedalaman sekitar 10 meter menyerupai sebuah sumur ... , Oh !.

Namun seiiring waktu agar nama desa keberadaan lokasi air terjun ini lebih dikenal masyarakat luas, terutama wisatawan nama air terjun Sumuran berganti nama menjadi air terjun Seloprojo, tanpa meniadakan nama lama air terjun di gapuranya.

Kekhawatiran yang keliru, ternyata ...

Setelah berbincang dengan bapak petani yang selalu tersenyum ramah di gapura itu, perjalanan kulanjutkan lagi dengan mengikuti jalan yang lumayan menurun tajam berpemandangan sawah dan kebun, kemudian naik dan berbelok curam ke arah kanan menuju ke perkampungan desa.
Tak jauh dari situ, terlihat ada gapura lagi.
Kali ini gapura yang kedua hanya bertuliskan ' air terjun Seloprojo ', tanpa ada embel - embel nama penyerta lokasi yang lain.

Trip Of Mine
Gapura kedua air terjun Seloprojo.

Dan setelah melalui gapura, melewati jalan desa yang dipenuhi deretan padat rumah penduduk di kiri dan kanan jalan ... dari sinilah kekhawatiranku di perjalanan tadi ternyata keliru.
Kulihat parit di pinggir jalan kampung ada beberapa ibu muda yang tengah mencuci terpal disana, ternyata airnya jernih.
Menandakan aliran air terjun jauh disana airnya jernih, tidak keruh dan tidak sedang dalam kondisi membahayakan.
Senangnya ... , pikiranku langsung mendadak lega.

Air terjunnya kecil sih, tapi ...

Beberapa meter setelah melewati jalan desa padat rumah penduduk dan terdapat parit itu, bertemu jalan setapak yang membingungkan, tanpa ada keterangan penunjuk jalan sama sekali disana.
Terdapat 2 persimpangan ke arah mana yang benar menuju ke lokasi air terjun dan terdapat bangunan kecil kamar mandi umum di tengah persimpangan jalan setapak.
Celingukan tak tau arah, mencoba mampir bertanya ke rumah penduduk yang terlihat pintunya terbuka beberapakali mengucapkan salam namun tak ada jawaban, akhirnya tanpa modal informasi jalur kanan kupilih ...
ternyata makin lama kok jalannya semakin menyempit melewati kiri kanan persawahan dan berujung di hadapan tebing batu besar.
Aku kesasar arah ... !.

Akhirnya aku berbalik arah dengan susah payah memutar badan motorku untuk kembali ke lokasi aku celingukan menentukan arah tadi.
Sesampai kembali di persimpangan jalan yang membingungkan tadi, beruntung bertemu dengan seorang ibu dan anak kecilnya berada di depan kamar mandi umum.
Ibu muda itu menjelaskan dengan ramah jika rute yang benar menuju ke lokasi air terjun melalui jalan setapak yang berada di belakang kamar mandi umum, jalannya menanjak.
Tak jauh dari situ, tampaklah pos gardu loket dan area parkir lokasi wisata alam air terjun.
Tapi lagi - lagi dibuat bingung karena sesampai siang itu tak tampak petugas penjaga loket berada disana, hanya terlihat sesekali para petani berjalan kaki ke kebun.
Sekian menit menunggu kedatangan petugas loket yang tak kunjung tiba juga, kuputuskan memarkirkan kendaraanku di area parkir dan melanjutkan perjalanan ke lokasi air terjun dengan berjalan kaki tanpa membeli tiket masuk area.

Menyenangkan trekking sejauh 1,5 kilometer di jalan setapak kecil yang hanya sanggup dilewati 2 orang berpapasan ini ...
Di kanan kiri tampak kebun pertanian penduduk desa. Tanaman kol, pepaya, cabai tampak tumbuh subur disana.

Trip Of Mine
Jalan setapak menuju lokasi air terjun Seloprojo.

Pemandangan alamnya terbentang luas tampak di depan mata, gunung Telomoyo tampak bertengger gagah di sebelah kanan berdampingan dengan perbukitan tempat lokasi air terjun yang mulai tampak dari kejauhan ... , keberadaannya bersebelahan dengan rimbunnya hutan pinus.

Trip Of Mine
Gunung Telemoyo berdiri gagah disana.


Air terjunnya kecil,sih tapi ...
tampilannya sangat menawan dan keren untuk lokasi berfoto, istilah banyak orang instagramable banget.

Trip Of Mine
Pesona eksotik air terjun Seloprojo.

Ketinggian air terjunnya mencapai sekitar 35 meter dengan aliran air yang mengalir deras jatuh di tampungan kolam yang dibuat 2 susun.
Berada di sekitaran lokasi air terjun, akan terlihat percikan - percikan berhamburan di udara tertiup angin.
Di kedua kolam dengan kedalaman sekitar 1,5 meter ini traveller bisa berenang - renang disana atau bermain air di tepian kolamnya.
Uniknya, kedua kolam itu masing - masing dilengkapi pancuran berbentuk ornamen kepala singa yang menyerupai kepala gajah karena memiliki belalai diatasnya, untuk mengalirkan derasnya air ke lokasi yang lebih rendah.

Trip Of Mine
Lihat, pancuran airnya unik.

Meski ornamen pancuran tersebut bukanlah merupakan situs peninggalan purbakala, tampilannya berhasil menambah eksotik air terjun berair sejuk dingin ini.

Trip Of Mine
Jembatan kecil beraneka warna di depan lokasi air terjun dan kolam.

Di depan air terjun dan kolam dilengkapi jembatan kecil penghubung area di cat beraneka warna dan dibawahnya mengalir deras aliran air terjun untuk disalurkan ke irigasi pertanian dan sarana kebutuhan air untuk warga desa..
Area sekitarnya di lengkapi 1 gazebo, sarana kamar mandi bilas dan warung sederhana  berbilik bambu yang tak ada satupun penjaja terlihat disana menjajakan dagangannya.
Juga tak terlihat traveller berlibur, sepi.
Yang tampak hanya penduduk desa sesekali melintas membawa tumpukan ranting kayu dari hasil pencariannya di hutan sekitar.

Setelah berlama - lama memandangi keindahan air terjun eksotik yang belum terpoles maksimal ini dan tanpa mencoba berenang di kolamnya serta berfoto adegan berenang disana ...

Ssst, bukan apa, loh karena saat itu kondisi kolam ke 2 sedang dibuka penyumbat salurannya, pertanda kolam akan dikuras karena dasar kolam mulai berlumut. Selain itu juga ... badanku ngga six-pac , malu buka - bukaan ngadep depan ... ha ha ha !.
Trip Of Mine
Kolam 2 susun, disini kalian bisa berenang - renang menikmati sejuknya air terjun.

... , waktunya menyudahi jam liburanku dan kembali menuju ke lokasi area parkir.

Sesampai di area parkir dan gardu loket, tetap saja sepi, tanpa ada petugas loket sama sekali tampak berada disana.
Bagaimana aku mau membayar restribusi tiket masuk dan parkir ?.
Uang digeletakkan begitu saja di gardu loket juga tidak memungkinkan kondisinya.
Ya sudah, jadinya liburanku kali ini dapat lokasi gratis lagi.
Mungkin inilah berkah dari ketetapan hati tetap melanjutkan perjalanan yang sempat terhenti karena kekhawatiran di tengah perjalanan ...
he he he





Lokasi : 
Seloprojo, Ngablak, Magelang

Tips trip di air terjun Seloprojo :

¤ Pastikan fungsi kendaraan bekerja dengan baik, mengingat lokasi ditempuh melalui jalan berliku dan curam.

¤ Disarankan mempergunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke lokasi.
Angkutan umum desa hanya melewati jalan utama pasar Grabag - Ngablak, tidak melewati dekat lokasi air terjun.

¤ Pergunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin dipergunakan untuk menghindari pijakan licin.

¤ Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari terpaan sinar matahari.

125 komentar:

  1. Wah indah bang air terjun nya, topinya juga keren hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih,Mayuf ☺
      Terimakasih buat semuanya, termasuk pengomentar pertama.

      Yook, travelling kesini, Mayuf πŸ˜‰

      Hapus
    2. saya malah fokus sama topinya...belinya mahal Mas...

      biarpun disuguhin air terjun dan pemandangan indah tetapi saya tetap fokus sama topinya...

      boleh saya minta Mas,,?

      Hapus
    3. Hahahaa ... kok malah jadi fokus ke topi sih πŸ˜ƒ ?.

      Ntar ya kalo aku dapat hadiah topi kayak gini lagi dari adikku, kukasi deh ☺



      Hapus
    4. mana topinya katanya sudah dikirim kok belum nyampai sih,,,, wah Mas Admin ngapusi....

      Hapus
    5. air tenjunya sepeti dingin banget Mas, pas buat mandi mandi bagi muda muda yang menginginkan kesegaran alami air terjun Seloprojo.

      lanjuuut ke wahana lainya nanti di kesempatan berikutnya....

      Hapus
    6. Hahahaa πŸ˜…
      Mas News sabaaar dong akh ...
      'Kan aku belum dapet kado topi lagi kayak gini dari adikku πŸ˜‰

      Eh,kok aku manggilnya mas News 😲 ?.
      Siapa sih nama aslinya, yak ?.
      Mas Fikri juga bukan ini πŸ€” ?

      Hapus
  2. kayaknya emang belum terkenal ya..

    lebih terkenal Air Terjun Sekar Langit sama Pemandian Candi Umbul yang ada di kecamatan sebelahnya; Grabag soalnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups,Anggara.
      Air terjun Sekar Langit lebih populer berkat legenda yang berada disana ... , kisah Joko Tarub.

      Pernah ke air terjun Sekar Langit juga ya ?

      Hapus
  3. wah wah gratis nih bang mantap dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkkkwwk πŸ˜ƒ ...
      Ngga sengaja,mas.
      Lagian ngga ada petugas sama sekali.

      Hapus
  4. Wah aku baru tau air terjun seloprojo ini mas.. Mayan trakkingnya ya, hhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren sih,kak Ella ... cuma kalo travelling kesana pastikan dulu kendaraan berfungsi dengan baik,ya.
      Rute jalannya aduhai 😁

      Hapus
    2. Wah apalah aku yg cuma mental mboncenganπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Kebalik sama aku kalo gitu,kak ... πŸ˜ƒ

      Mentalku sampai sekarang belum berani ato pinter mboncengin orang dewasa ...
      Bisanya cuma brani mboncengin anak-anak kecil kayak para ponakanku πŸ˜…

      Hapus
  5. Persiapannya mantap banget. Sampai dicek ulang biar ga kelupaan. Saya yg pelupa malah suka asal2an.

    Air terjunnya ga terlalu tinggi tapi unik ya. Seger banget pasti udaranya hmmm 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe 😁 takut ada perlengkapan yang ketinggalan,kak.
      Mungkin setelah ini kak Anggun juga bersemangat bikin catatan kecil daftar perlengkapan yang akan dibawa bepergian ☺

      Udaranya di lokasi air terjun ini seger banget,kak ... airnya disentuh juga kerasa ceeeesz ... dingiiin

      Hapus
  6. Bagus juga nih tempatnya :D Boleh lah dikunjungi kapan-kapan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,kak Imaniar ☺
      Kapan-kapan travelling kesini,kak.
      Alamnya masih asri dan pengelolaannya masih sederhana.

      Seandainya,lokasi ini dibenahi dengan maksimal ...
      Waah bakalan jadi cakep banget,kak.
      Karena air terjunnya berada di tengah bentangan perbukitan ... dan sebelah kanannya tumbuh subur hutan pinus, dikirinya membentang gunung Telomoyo.

      Hapus
  7. Kayak air terjun pribadi. Kok gak mandi sekalian mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya ya kayak air terjun pribadi 😁
      Seorang diri pula aku disana saat itu ...

      Ngga mandi karena saat itu udaranya dingin banget dan rada khawatir ada banjir kiriman 😁

      Hapus
  8. Air terjun Seloprojo... Ternyata namanya hampir sama dengan wisata bendungan Selorejo daerah Ngantang Jatim.
    Hehehe... ada kata "kadung" yang bikin aku tertawa..wkwkwkwk..:)

    Ooh di tengah perjalanan menuju tempat wisata.. sempat berhenti karena awan mendung ya brader? nggak selamanya mendung itu bakal hujan kan?
    Cuaca di lokasi air terjun Seloprojo ini dingin banget ya sampai brader pakai syal? Hehehe..
    Jalan setapak yang berjarak 1,5 km itu dilewati dengan naik motor atau berjalan kaki brader?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh,iya,ya ... hanya beda nama huruf P aja ☺
      Sama-sama berunsur air, mungkin masih sodaraan kali yaa 😁

      Hahahaa ...
      Kenapa sih baca kata kadung kok ketawa πŸ˜ƒ ?.
      Bayangin apaan siih ya ?

      Sempet brenti ditengah perjalanan ngga ada mendung,sih .. cuma khawatir saja daerah atasnya lokasi air terjun tau2 abis atau sedang hujan kan aku ngga tau, ya ...

      Jalan kaki dong melewati jalan setapak sejauh 1,5 km.
      Kan udah kuceritain diartikel ...
      Hehehe 😁

      Hapus
    2. Iya nama lokasi wisatanya hampir sama.. Seloprojo dan Selorejo yang sama-sama wisata air.. kedua tempat wisata ini masih seduluran kali ya?

      Baca kata kadung itu aku nggak bayangin apa-apa kok..! suwer..! hehehe... kata kadung itu kan bahasa Jowo.. Kok tumben aja brader pakai bahasa Jawa di blog.. Hehehe..:)

      Ouw jalan setapaknya 1,5 km di lalui dengan jalan kaki.. Asyik jogging tuch..:)

      Eh ternyata ada kolam renangnya juga ya?
      Biasanya kan brader kum-kum eh.. berenang.. Kali ini nggak ya? alasannya malu karena nggak sixpack? Hahahaha. wong banyak orang yang bodi nya triplek aja nggak malu kok berenang hihihi... :)

      Hapus
    3. Mungkin 😁
      Masih sepupuan ... hehehe
      #jusykidding

      Bukankah kadung sering digunain juga di percakapan bahasa Indonesia, ya ?.

      Unik kan kolamnya ya 😁 ...
      Dibentuk menyerupai setengah lingkaran terdiri dari 2 susun ...
      Bisa geguyuran mandi-mandi imut di pancurannya πŸ˜‰

      OopSz ,
      Apa ada sih body orang setipis papan triplek πŸ˜²πŸ€” ?
      Kayak apakah itu body ?

      Hapus
  9. Balasan
    1. Siap-siap nyebur main-main air ntar pas ke lokasi ini,ya kak Vani ... airnya sejuk dingin loh 😁

      Hapus
  10. Air terjun disetiap daerah itu selalu menarik untuk dikunjungi. Trek dan suguhan alam menuju lokasi itu yang sangat menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, kak ... ngga bosenin trekking di jalur ke lokasi air terjun.
      Bisa lihat kerennya pemandangan alam dan lihat aliran air di sungainya.
      Cakep !

      Hapus
  11. memang cantik dan tenteram untuk berlibur di air terjun.

    boleh dapat ilham untuk penulis blog macam kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. That's correct,friend.
      Lokasi berlibur seperti ini dapat memberikan kita inspirasi menulis artikel.

      Salam kenal dan regards from Indonesia ☺

      Hapus
  12. Aduh sudah jalannya penuh tikungan. Sampai sana kok air terjunnya kecil gitu ya? Kalau saya mah sudah kecewa berat tu. Percuma bawa pernak-pernik dan kamera. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh,
      Sebagai pengobat kecewa ... mas Djangkaru bisa nyobain berenang-renang di 2 kolamnya πŸ˜‰
      Airnya segeeeer loh,mas ...
      Khas mata air alami 😁

      Hapus
  13. meskipun kecil tapi juga air yang meluncur ke bawah
    karena cipratan airnya yang kontinyu membuat udara sekitarnya jadi dingin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups,tepat,mas πŸ‘Œ
      Berada di sekitar air terjun ini udara memang jadi lebih dingin ... terlebih kena cipratan bias-bias air yang terlihat berhamburan di udara ...

      Segeeer rasanya

      Hapus
  14. Bagian yang tak kalah menyenangkan dari sebuah perjalanan itu adalah persiapannya ya Mas, sama kita. Hihi... Semangat aja gitu menyambut hari jalan-jalannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe kita samaan,kak ... sibuk nyiapin ini itunya sampe detil buat perlengkapan liburan 😁

      Takut kecewa kalo sampe ada yang tertinggal ☺

      Hapus
  15. Pemandangan air terjunnya cukup indah, namun ada yang lebih menarik perhatian, yaitu Foto Model yang tampak di depan air terjun Seloprojo. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuahahahaha ...
      Apaan sih, kaaang πŸ˜‚ ...
      Yang mana yang dimaksud ?, foto model tanamannya ?

      Hapus
  16. Ini wisata belum banyak di ekspose ya mas.. saya aja baru tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups,lokasi air terjun ini kurang diekspos media,kak.
      Jadi belum banyak yang tau infonya nih.

      Kapan ada waktu travelling main-main air ke sini, kak ☺

      Hapus
  17. Beuh, apa saya aja ya kak himawant yang baper dan gagal fokus liat syalnya keren bangettt warna merah merona wkwkkwkw.. Wisatanya juga bagus banget ya pemandangannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😊 wkkkwwwkkk ... merah merona menggoda kayak kostum foto profilnya blog kak Vika 😁

      Terimakasih udah mampir, kak Vika.

      Hapus
  18. sampai air terjun kok ga basah-basahan sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi dingiiin cuacanya,kak 😁

      Hapus
  19. bagus juga pemandangannya ya gan, bisa menjadi tujuan wisata baru nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Catet lokasinya ya,gan.
      Ntar jadi lokasi liburan selanjutnya buat agan Dzaky πŸ˜‰

      Hapus
  20. Harus gua akuin keren dan keceh, cuman satu hal yang nggak gua sukain, air terjun kenapa nggak ditolongin, kasian ckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahahahaa πŸ˜‚
      Iya yaaaah ...
      Air jatuh kok ngga ditolongin 😲

      Kaaan kasiaaan ... bonyok deh tuh body si air 🀣

      Hapus
  21. Bahayanya kalau liburan ke curug pas cuaca nggak menentu ya gitu mas. Kudu siap-siap, sapa tau hujan turun dan bisa banjir. Pernah saya pas jaman SMA dulu, main ke curug, sorenya hujan. Wah, airnya jadi deres dan "butek" banget.

    Dapet tempat piknik yang gratis itu adalah suatu kenikmatan tersendiri. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah,
      Benar itu,Tri.
      Kalo cuaca belum stabil berganti musim kemarau dari musim penghujan rada rawan berada di dekat air terjun ...
      Takutnya mendadak datang banjir kiriman.
      Selain itu, seperti yang Tri pernah temui, air jadi butek dan deres banget.

      Hahaha ...
      Iya nih bonus piknik gratis dari niatan nglanjutin perjalanan πŸ˜ƒ

      Hapus
  22. 1,5 kilometer jalan kaki mas? :D
    walaupun capek tapi sepertinya terbayar juga pas sampai lokasi air terjun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deket kan 1,5 kilo itu,mas πŸ˜‰ ...
      Trekking biar selalu slimfit, hahaha ...

      Mas Manual, maaf aku lupa nama aslinya mas ... kemarin udah dikasi tau,tapi aku kelupaan.
      Mas Freddy bukan ?

      Hapus
    2. Sambil nyelam minum air nih, traveling ke daerah tinggi/pegunungan jalan kaki sambil olahraga.

      Haha, panggil aja Fikri kalau lupa ya Manual aja, wkwk...

      Hapus
    3. Oh,Fikri namanya ...
      Aku akan ingat baik2 sekarang.
      Aku ingatnya kemarin depannya huruf F.
      Tapi F siapa aku nyoba ingat-ingat dari kemarin 😁


      Yups,sambil travelling joging skalian, Fik 😎

      Hapus
  23. Bagus air terjunnya Mas terus pemandangan menuju kesana juga keliatan asri banget, pengen maen kesini heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan-kapan main kesini, mas Didy.
      Alamnya masih asri dan belum banyak polesan,selain dibuat 2 kolam untuk mandi-mandi disana.

      Selebihnya,masih banyak yang harus ditambahi dan dibenahi fasilitasnya biar tambah keren jadi lokasi wisata andalan.

      Hapus
  24. Wow air terjuunnnn. Sejuknya kayaknya di situ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups,kak April 😁
      Udaranya sejuk dan airnya adeeem ...

      Aku disana cuma main-main air, ngga renang-renang.
      Soalnya saat itu dingin banget sih πŸ˜ƒ

      Hapus
  25. wah masnya ngetrip terus to
    apa tidak capek ya...
    wisata curug atau air terjun selalu diminati warga di Indonesia karena hawanya dingin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ...
      Lucunya kalo ngga ngetrip, badan dan pikiranku malah kerasa lemes, mas 😁

      Beneran,
      Kalo saja ada yang berminat sponsorin aku mengulas lokasi buat artikel ke seluruh Indonesia pasti langsung kuterima jobnya.
      Hehehe ...

      Betul,udara sekitar air terjun terasa adem dingin, jadi diminati banyak pengunjung.

      Hapus
  26. Top banget deh.

    Sudah pemandangannya keren, orangnya juga modis banget meski di lokasi alam.

    Kontras keindahan yang kece 😊

    Indonesia emang kayaaa banget dengan wisata alamnya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woow ...
      Pagi-pagi gini udah dapat pujian dari kak Reyne ...
      Makasih makasih banyak ya,kak 😊⚘

      Ulasan blog dan penampilan kak Reyne juga keren πŸ‘

      Hapus
  27. Ternyata ada air terjun sekecil itu ya.. kolamnya juga kecil kayanya? Klo musim ramai banyak ga ya yang berendem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukuran aslinya terbilang rada besar dan tinggi kok, kak Dewi ☺

      Ukuran kolamnya juga luas.
      Kayaknya 30 orang sekaligus berada di kolamnya, masih sanggup nampung 😁

      Main ke lokasi air terjun ini, kak ... dan berenang disana πŸ˜‰

      Hapus
  28. Jalan jalan terus ni Mz 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁 ngga jalan-jalan, badanku lemes, kak Risna ...
      Hahaha πŸ˜ƒ
      Beneran,kak.

      Hapus
    2. Maksutnya traveling πŸ˜‘

      Hapus
    3. Iya, kak Risna.

      Lucunya tuh, kalo aku ngga travelling atau jalan-jalan ... badanku kok lemes ya πŸ˜ƒ ?.

      Kenapa gitu ya kak penyebabnya πŸ˜ƒ ?

      Hapus
  29. Kebanyakan air terjun begitu masih belum luas dikenal ya, untung ada travel blogger yang membagikannya. Seger euy lihat yang ijo-ijo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ☺ Terimakasih,kak.
      Semoga artikel ini ikut membantu lokasi air terjun bisa dikenal dan dikunjungi banyak orang nantinya.

      Kapan ada waktu,travelling ke lokasi ini, kak ☺
      Sejuk dan asri tempatnya.

      Hapus
  30. wah sepertinya orang pertama yang memoleskan kakinya ke air terjun seloprojo nich,mantap bener, jalan-jalan terus nich bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ...
      Benar, jadi orang pertama paling awal datang ke lokasi hari itu ... πŸ˜…, gratis pula.

      Yok, jalan-jalan bareng mas ☺

      Hapus
  31. Belum pernah nih ke air terjun seloprojo, mungkin lain kali diagendakan dulu :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip, kak Anissa πŸ˜‰
      Kapan ada waktu travellinglah ke lokasi air terjun kece satu ini.

      Hapus
  32. Balasan
    1. Ya,kak.
      Kapan ada waktu, travelling ke lokasi ini, kak ...
      Ngadem dan bermain-main air disana 😁

      Hapus
  33. pengunjungnya belum banyak ya jadi enak buat foto dan kayaknya sampahnya juga masih terjaga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yok travelling kesini, Hend.
      Kebetulan pengunjung disini udah sadar kebersihan lingkungan, jadi ngga ada sampah berserakan.

      Hapus
  34. Semoga tempat wisata seperti itu tetap terjaga dari ulah pengunjung-pengunjung nakal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ikut support pesan mas Mukhsin πŸ‘Œ

      Stop, aksi tangan-tangan ngga bertanggung jawab.
      Perlu ditindak tegas jika ada yang yang berani melanggar.

      Hapus
  35. walaupun blom di poles, tapi indah juga air terjunnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sependapat,Hendi.
      Air terjun ini keren tampilannya dan pemandangan alamnya sekitarnya juga apik, cuman sayangnya belum maksimal ditangani.

      Hapus
  36. Kok kayaknya dekat dengan rumah temanku di daerah sana ya. Kudu ngajak dia main kalau begitu hahahhahah. Jos, jadi ada alasan main :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itu dapat alasan tepat buat main ... hahaha πŸ˜ƒ
      Wah,kudu pakai alasan ke ortu ya kalo lagi mau main kemana gitu.
      Ckckck ...
      Ketauan nih kalo Nasirullah anak kesayangan πŸ˜‰

      Hapus
  37. Jadi kangen sama air terjun gini, udah lama nggak maen ke air terjun. Meskipun nggak nyebur, tapi setiap aku datang ke air terjun selalu dapet ketenangan, serasa fres gitu, terlebih disaat mendengar suara air yang mengalir dengan derasnya..

    Terakhir ke air terjun sepertinya waktu saya gowes ke curug banyunibo, Mas..hehe
    Tapi sayang waktu itu sedang nggak ada airnya, cuma sedikit..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget tuh mas andi, terakhir saya maen ke air terjun itu di semarang yaaa curug lawe, keren banget lah kalo udah di deket air terjun.., apalagi air terjun yang dikunjungi oleh mas hiwa ini, pasti seru banget, dan menarik buat balik lagi kesana :D

      Hapus
    2. Yok, main kesini,mas.

      Sama kayak aku, meski ngga selalu nyoba nyebur di lokasi air terjun berada disana rasanya adem pikiran.
      Seneng lihat percikan air beterbangan di sekitarnya.

      Aku belum pernah ke curug Silawe nih, tapi nama air terjun itu ngga asing namanya.
      Perlu dimasukin bucketlist buat travelling selanjutnya ☺

      Hapus
  38. @ Andrie Kristianto

    Kapan ada waktu mas Andrie mainlah ke air terjun satu ini.
    Dan nyobain berenang dikolamnya 😁

    BalasHapus
  39. Jika nanti permata itu sudah bersinar terang, maka akan menjadi "kenikmatan kenangan" tersendiri ya, mas.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,betul, mas Dirman.
      Suatu saat kelak lokasi ini setelah dipoles jadi destinasi wisata berkelas ...
      Akan jadi kenangan buat siapapun yang pernah kesini, jika dulu hanya ditata sederhana.

      Hapus
  40. travelling kali ini kece banged nih... air terjun..
    beberapa bulan yg lalu juga sya jalan2 bang bersama teman2 ke tempat wisata air terjun yg ada di jawa timur. mantaapp...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, mas Hujan Bulan Juni.
      Boleh tau ngga, nama aslinya mas siapa ya ☺ ?.

      Mantaap tuh jalan-jalan bareng temen-temen ke air terjun juga...
      Ajak-ajak aku dong ...
      Hehehe

      Hapus
  41. Gpp air terjunnya kecil, yang penting judulnya air terjun, lumayan bisa kena percikan-percikan manja airnya dikit2, dan bisa foto2, hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixi ... 😁
      Beneeer,kak.
      Kena percikan manja air terjun, bikin jadi betah bermanja-manja kena air disana ...
      Bikin ngga pengin buru-buru balik πŸ˜ƒ

      Hapus
  42. WAAAHH MASIH PERDESAAN BANGET SUASANANYA! KAYAK AIR TERJUN DI CILILIN, deket daerah Dangdeur!

    Sampai ganti nama buat rebranding gitu ya πŸ˜‚

    Tapi rute perjalannya lumayan ngerti tuh. Enakan pake motor kali ya kalau ke sana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku langsung bayangin air terjun di Cililin niih, Gip ...
      Pasti juga kece disana πŸ˜‰

      Hahaha ...
      Bener juga,yak ... sampe ganti rebranding biar nama desanya ikut terangkat namanya 😁

      Yups, pake motor lebih cepat sampai ke lokasi.
      Kalo mobil kudu pelan saat naik nikung lewat tanjakan, apalagi mobil penuh muatan.

      Hapus
  43. sebelum sampe lokasinya aja, pemandangan disana udah bagus banget ya Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,kak Firda.
      Pemandangannya sebelum sampai lokasi udah kece.
      Dari kejauhan, air terjun diapit hutan pinus di sebelah kiri dan bukit serta gunung Telomoyo di sebelah kanan ...
      Udaranya sejuk dingin.

      Kapan-kapan main kesini,kak ☺

      Hapus
  44. Tempatnya ini kudu wajib lah orang-orang ketahui. Bagus banget yah dijadikan objek wisata. Semoga besok-besok aku bisa main kesana. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin, aku ikut doakan agar kak Suryani kesampaian liburan kesini.

      Betul,kak.
      Andaikan lokasi ini digarap maksimal, pasti jadi lokasi wisata yang dikunjungi banyak orang dari beragam kota.

      Hapus
  45. Air terjunnya bagus, jd pengen main di air terjun lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,kak Ria.
      Terimakasih ya udah berkomentar.

      Kapan-kapan main kesini,kak ☺

      Hapus
  46. untung gak jadi kesasar ya, sempat bingung tapi nemu juga deh, gak sekalian nyebur aja, adem deh ngeliatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,beruntung,kak akhirnya aku bisa ngatur badan motorku dari jalan setapak yang salah arah.

      Ngga sekalian nyebur karena saat itu udaranya terasa dingin banget,kak.
      Airnya buat cuci tangan saja ... brrrr ... dingiiin 😁

      Hapus
  47. pas lokasi air terjun, suasananya sangat pantas untuk membayar kelelahan.

    JArang jaeang ada kolah di sekitar air terjun. Ngusung material pas mau bangun kolam aja udah mumet duluan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ...
      Ojo mumet-mumet tow, mas πŸ˜…

      Buruan kesini saja dan mandi-mandi tampan di kolamnya ...
      Langsung ilang semua kelelahan 😁

      Hapus
  48. Wah, sepertinya seru nih. Tapi nggak ada kendaraan umum ya. Mungkin nggak, kalau pakai ojek, ambil dari tempat pemberhentian angkot terdekat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,kak Dyah untuk sampai ke lokasi loket air terjun ngga ada angkot sampai kesana.

      Jalan kaki juga jauh ...
      Mungkin membutuhkan waktu lebih dari 30 menit berjalan kaki.

      Tapi jangan khawatir,kak.
      Di gapura pertama di pinggir jalan tempat lokasi desa air terjun berada ... banyak sepeda motor warga sering kelihatan ngetem disana.
      Dengan senang hati mereka akan mengantar.
      Ramah2 kok penduduk disana, sering menyapa / memberi senyuman, meski ngga kenal.

      Hapus
  49. Iya ya AIR TERJUN nya kecil...tapi lumayan buat foto foto

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁 hehehe ...
      Iya, mas.
      Seandainya lokasi ini dipoles lebih baik, pasti keren banget karena posisinya berada di tengah-tengah perbukitan.

      Hapus
  50. Asiikkk ya mas jalan2 terus ke tempat2 indah...mantabbbb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih,kak Desi 😁⚘
      Iya,kak seneng bisa jalan-jalan ke banyak lokasi ☺
      Pengin sekali-kali ikut gabung mendaki gunung dengan rombongan kak Desi.
      Semoga kesampaian,ya ..

      Hapus
  51. Aku pun kalau berkunjung ke lokasi wisata air terjun selalu khawatir, takut-takut ada kiriman air dari tempat yang lebih tinggi. hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,kak Ambar.
      Lebih baik pastikan dulu cuaca benar-benar berada dalam musim kemarau.
      Kalau cuaca masih masa peralihan, yang dikhawatirkan tau2 ada banjir kiriman dari daerah atasnya.

      Hapus
  52. Wahh,, butuh perjuangan juga ya menuju lokasi air terjun nya.. Tapi puas setelah melihat real lokasi nya yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ... iya,kak.
      Pakai acara kesasar ke arah lokasi segala 😁.
      Sayang ya, ngga ada papan penunjuk arah disana melewati jalur setapak mana yang benar.
      Pengunjung pasti dibuat celingukan kalo pas di persimpangan jalur.

      Hapus
  53. Aku suka banget wisata ke air terjun, karena selain alami berasa banget, kebanyakan air terjun letaknya gak dipinggir jalan jdi kita harus tracking dulu. Sensasi tracking bareng temen" itu asik banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener,kak ... 😁
      seru trekking menuju ke lokasi air terjun ya..
      Lihat pemandangan alam sekitar jadi nyegerin mata dan pikiran.

      Hapus
  54. Waaaaaaa...... kereeeennnnnnn sejukkk bgt yaaa inii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa alamnya masih asri dan udaranya sejuk banget ...
      Asik buat santai-santai dipinggiran kolam air terjun 😁

      Hapus
  55. keliatannya seger ngetrip di air terjun selopuro... belom pernah kesana aku.. mungkin kalau ada kesempatan keliatannya asik untuk disinggahi ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip,mas Gus Chandra ...
      Kapan ada waktu luang, cobalah berlibur ke lokasi air terjun ini dan berenang-renang dikolamnya ☺

      Jangan lupa,bawa perlengkapan mandi,mas.
      Ada kamar mandi bilasnya juga disana.

      Hapus
  56. Wah masih tetep joss ya bang, ane udah 2 kali maen kesana :D yang pertama malah dapat kenalan.. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cie..cie..ciee .. yang dapat kenalan disana πŸ˜‰
      Gimana, jadinya jadian ngga setelah itu 😁 ?
      #kepodikit

      Air terjunnya tetep joss .., cuman kurang dipoles sarananya.

      Hapus